Pages


Rabu, 25 Mei 2016

Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?

Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?


INTRO
Quote:Halo Agan-agan Sudah lama ane ga ngekaskus. Kali ini ane akan membahas mengenai makanan. Wow pasti bikin lapar ya gan? tapi kali ini ane hanya akan membahas sisa makanan di pring agan.

Semua tulisan ini dijamin ga bakal soalnya ini ane ambil dari Blog ane sendiri. jadi kita langsung



Quote:Makanan sudah menjadi kebutuhan bagi tubuh kita. Bayangkan apabila kita tidak makan sehari saja tubuh kita pastinya akan merasa lemas dan sulit sekali untuk fokus untuk melakukan kegiatan apapun.

Namun pernahkan agan menyisakan makanan baik ketika makan di rumah, di warteg maupun di restoran? Sebagian besar dari kita pasti menjawab iya. Ya walupun hanya beberapa nasi maupun lauk di piring yang kita sisakan.

Menurut salah satu riset yang dilakukan United Nation Food and Agriculture Organization setidaknya ada 1,3 juta Ton terbuang percuma. Yang lebih mengherankannya lagi jumlah itu setara dengan sepertiga jumlah makanan yang mampu diproduksi di dunia.

Quote:
Spoiler for sampah makanan:
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?


Mari kita ulik lagi seberapa besar presentase atau jumlah penduduk yang mengalami kelaparan. Menurut Organisasi Pangan Dunia (FAO), diperkirakan sebanyak 19,4 juta penduduk Indonesia masih mengalami kelaparan. Hampir 20 juta orang mengalami kelaparan stiap harinya.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mereka yang kelaparan? Apa kita harus memberi makanan juga? Ya kalau memang agan punya waktu untuk membantu itu sangatlah bermanfaat bagi mereka. Namun apabila kita belum sempat membantu.Kembali pada diri agan sendiri untuk lebih menghargai makanan kita. Oke saya sebagai penulis mencoba menjabarkan mengapa selalu saja ada makanan sisa.


1.Lapar Mata
Quote:
Spoiler for :
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?

Bila kita berada di restoran kita secara tidak sadar terlalu banyak memesan makanan. Ya kita hanya mungkin hanya penasaran dengan rasa dari berbagai menu yang di tawarkan di restoran tersebut.

Tanpa memikarkan apakah kita sanggup mengahibskan makanan tersebut apa tidak. Sehingga pada akhirnya akan selalu ada makanan yang tidak habis


2.Buat Selfie/Foto
Quote:
Spoiler for :
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?


Media sosial sudah tidak bisa terlepas dari gaya hidup orang jaman sekarang. Bayangkan kebiasaan untuk foto dulu sebelum makan sudah menjadi hal yang lumrah di zaman sekarang.

Ya sehingga para tempat makan/restoran sekarang juga mementingkan aspek tampilan agar enak untuk difoto. Sehingga beberapa orang lebih mementingkan gengsi dari makanan ketimbang menghabiskan makanan itu sendiri.


3. Merasa bisa membayar lebih
Quote:
Spoiler for :
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?

Mungkin ini bagian yang paling ane secara pribadi kurang menyukai tipe orang yang seperti ini. Ya agan berhak atas makanan yang anda makan karena anda membayarnya. Namun di sisi lain apabila makanan yang kita pesan tidak habis secara tidak langsung anda akan membuang salah satu sumber pangan yang ada di negri kita sendiri.



Kesimpulan
Quote:Alangkah lebih baiknya kita bisa menghargai makanan yang kita beli. Karena di balik semua makanan itu ada para petani maupun peternak yang dengan susah payah menyediakan makanan yang ada di piring anda sekarang.

Dan jangan lupa untuk bersyukur karena kita termasuk orang yang sangat mudah mendapatkan makanan ketimbang Negara-negara yang sedang mengalami kesulitan pangan.

Dan ane sebagai penulis mohon maaf bila kurang berkenaan di hati agan2 sekalian. terima kasih


Mungkin agan ingin menambahkan bisa Komeng di bawah #Tanggapan dari agan2. Kalau agan senang dengan thread ane boleh gan dan terima kasih
[/size]

Quote:
Sumur Blog Ane dijamin bukan jebakan batman
Seberapa Banyak Sisa Makanan di pringmu |urdha
Urdha clothing and blog



Quote:
Thread Kaskus Ane yang Lain
Dosa terbesar para sarjana muda #HT
Sisi Lain Pengendara Sepeda yang mungkin agan tidak ketahui #HT

Beberapa tanggapa dari agan2

Tanggapan yang perlu diresapi

Spoiler for tanggapan:

Quote:Quote:Original Posted By onta56
Kalo ane makan porsinya kecil soalnya menurut ane lebih baik nambah daripada nyisa, tapi kalo misalnya beli kan diporsiin sama orang lain ya ane harus abisin sampe gk ada 1 butir nasipun, karena itu yang ibu ane tanamkan sejak masih kecil dulu, dan itu bermanfaat setidaknya beberapa tahun lalu pas ane jadi taruna di stm yang pendidikannya semi militer, sisa 1 butir nasi = 10 reps push up, kalo liat orang makan sisa setengah piring ane suka ngebayangin gimana ni orang kalo sekolah di stm gw dulu, mungkin sekarang dia sukses jadi mr olympia (juara dunia binaraga) dan mengharumkan nama bangsa


[QUOTE=reinmord;5743a8f3c0d770d7208b4569]satu lagi gan,

kalau lagi di undangan/pesta sering liat orang2 terutama emak2 kampungan yang sering ngambil banyak makanan tapi ga pernah diabisin. Meskipun gw belum nikah tapi gw ngerasain gimana susahnya ngumpulin uang buat bikin acara kaya gini dan emang ga sopan en bertanggungjawab aja kalau ada orang yang kaya gitu...Gratis bukan berarti kita bisa ngambil sesuka kita tanpa bertanggungjawab, karena menghabiskan makanan yang kita ambil menjadi bentuk menghargai dan menghormati sang tuan rumah yang telah memberikan kita makanan

nitip page 1 gan


Quote:Original Posted By Denizinaction
Tergantung makanan nya klo aneh rasanya boro2 lanjut sendok kdua.. kdg bener jg si mkn harus habis karna menghargai petani dll.. tp klo.mnrt ane makan secukup nya.. even itu nyisa yah gpp. Mau gmna lg ? Ga dosa kok nyisaiin makanan bkn berarti ga bersyukur..


Quote:Original Posted By realkopites
kalo yg ane heran nih ya gan skrg itu banyak org baik yg non alay apa lagi yg alay suka fotoin tuh makanannya trus diupload di sosmed, apalagi kalo dia makan ditempat yg lumayan elit,

ngapain cobak?
biar orang2 pada tau dia lagi makan enak?
itu namanya pamer

Quote:Original Posted By 64m64n9s
wah kalau ane pantang menyisakan makanan di piring yang ane pakai untuk makan karena itu adalah mubazir dan merupakan perbuatan dosa. walau pun sebagian orang menganggapnya sebagai orang rakus. mereka sudah keliru mengikuti cara berpikirnya orang barat yagn memang sengaja tidak menghabiskan makanannya dan menyisakannya.

terutama ketika ane makan dengan tangan secara langsung (tanpa sendok atau garpu). maka sampai seluruh jari tangan yang ane pakai untuk makan itu ane jilatin untuk membersihkannya dan menghilangkan sisa makanan yang melekat. karena itu merupakan sunnah rosulullah dan menyehatkan untuk mempercepat pembusukan makan di dalam perut.



Quote:Original Posted By dicerkun
Kalau dri dulu mah selalu diingetin ortu buat ngabisin makanan, beliau selalu memberi tahu betapa penting makanan yg kita makan. Mulai dri bagimana susah payahnya para petani nanam beras sayur dsb, smpe waktu yg dpakai ibu kita buat memasak. Jadi ane sangat sangat menghargai makanan yang ane makan apalagi buatan ane sendiri
Secara dalam pikiran sudah tertanam bahwa orang yg memasak selalu ada pengorbanannya, waktubya dan juga dedikasinya untuk membuat makanan itu seenak2nya sehingga orang yg memakan bisa puas, apalagi yg dimasakin orang yg penting di hidup kita
Nah trlebih kalau ane kebayang orang2 yg lagi kelaparan selagi kita bisa makan enak, serasa makanan apapun tu makanan paling enak yg bisa kita makan.


Quote:Original Posted By sulthanaliaz
mungkin baiknya makanan di restaurant mencantumkan berat produknya dan porsi untuk berapa orang agar konsumen dapat memperhitungkan jumblah yang dipesan,juga baiknya restaurant membuka hari untuk orang kelaparan dimana pengunjung boleh membayarkan makanan untuk nantinya dibagi cuma cuma kepada yang membutuhkan


Quote:Original Posted By arieffree
gue pernah kerja di hotel, di bagian banquet, kerjaan gue jadi waiter kalo ada acara pernikahan
nah, itu makanan yg di sajikan setiap acara selalu nggak habis, total nya mmungkin masih cukup buat seratus porsi bahkan lebih
karena yg punya acara nggak mau repot buat bawa pulang, dan hotel tmpat gue kerja jg punya peraturan, sisa makanan nggak boleh di makan karyawan, hasilnya itu makanan terbuang percuma
bayangin gan, makanan buat seratus porsi lebih terbuang percuma, padhal klo buat kasih makan orang2 yg gx mampu, mereka pasti sneng bngt bisa makan makanan hotel bintang lima

klo gue pribadi sih, selalu menghabiskan makanan yg gue makan, bahkan satu butir nasi dan lauk2nya yg ada di piring gue, selain emang sunnah rasul, pas lgi nyuci piring nya gue gx perlu repot2 buang sisa makanan gue ke tmpat sampah


Quote:Original Posted By amolaxina
ane selalu habiskan makanan yang dimasak di rumah maupun beli diluar. pokoknya habis,sampai perut mau meledak/kekenyangan!
hargai anugrah Tuhan,hargai para petani,hargai orang susah/miskin/yang kelaparan,dan hargai tukang masak/yang memasaknya. berkat mereka kita bisa menikmati makanan tersebut dan menghargai sebutir makanan yang berguna bagi orang yang kelaparan,jadi tanda pengingat bahwa di dunia ini kamu tidak hidup untuk diri sendiri,tapi harus berguna bagi orang lain.


Quote:Original Posted By reinmord
satu lagi gan,

kalau lagi di undangan/pesta sering liat orang2 terutama emak2 kampungan yang sering ngambil banyak makanan tapi ga pernah diabisin. Meskipun gw belum nikah tapi gw ngerasain gimana susahnya ngumpulin uang buat bikin acara kaya gini dan emang ga sopan en bertanggungjawab aja kalau ada orang yang kaya gitu...Gratis bukan berarti kita bisa ngambil sesuka kita tanpa bertanggungjawab, karena menghabiskan makanan yang kita ambil menjadi bentuk menghargai dan menghormati sang tuan rumah yang telah memberikan kita makanan

nitip page 1 gan




beberapa tanggapan kocak dari agan2

Spoiler for kocak:

Quote:Original Posted By the.darn.knight
ane selalu ngabisin makananapapaun yang ane pesen

makanya ane mau masang trend baru: upload foto piring yang bersih setelah makanannya dimakan

keren itu bisa makan sampai piring bersih bukan upload foto sebelum dimakan




Quote:Original Posted By amkuss
ane selalu makan sampe habis ga bersisa, ampe piring kinclong. nah, kebiasaan ini sampe terbawa ketika ane kondangan. kadang ane malah dapet tatapan aneh dari org sekitar yg ngeliat piring ane bersih. Yg paling sering ane denger tu setelah selesai makan mereka nanya "laper ya?" sambil ketawa" gaje.


Quote:Original Posted By ican.x
ane sebagai anak kost yang baik , yang sadar akan sulitnya mendapatkan makanan di tanah perantauan ini, dan sadar akan keberadaan kost-er2 lain yang tak seberuntung ane . jadi ane gak pernah menyia-nyiakan makanan dan gak pernah ada sisa makanan di piring ane.


Quote:Original Posted By dilute_31
Gara2 TS nulis trit ginian ane jd inget pesen ibu ane ..Ane selalu ngabisin makanan ane sampe bersih ga ada nasi sebutirpun di piring.. Nasehatnya gini gan dan klo bole pejwan

Pas ane kecil Ibu Ane pernah bilang klo makanan jgn di sisain kasian, kasian nanti nangis soalnya udh di tanem lama2 trus malah di buang krn makanan ga abis

Pas udh aga gede emak ane bilang ke Ane klo makanan jgn di sisain nanti dapet istri nya jerawatan mukanya, dan ternya Alhamdulillah Ane dapet istri cantik dan mukanya bersih ga ada bekas jerawat

Naah sebeliknya gan, Bini ane klo makan suka ga abis jadi ane kebagian hikmahnya makanin lauknya dan Ane suka bilang ke bini "elo si makanan suka ga di abisin, jadinya dapet gw kan yg mukanya kotor (tp tetep ane ganteng gam cuma kotor bekas jerawat ama luka codet ada 5 )"



agan2 yang mengirim gambar

Spoiler for gambar:
Quote:Original Posted By VickySultan
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?



Quote:Original Posted By dadundut
Ane kalo makan pas lagi laper biasanya gini gan...

Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?


klo ane sih, makan ampe abis gan..
kalo ane sih habis tanpa sisa.. soalnya beneran laper kalau lagi makan
Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?

ane abisin semua oy
Ane kalo makan selalu habis kgk bersisa, disamping ane laper. Ane inget kata emak.

"Abisin makannya, kalo kgk habis ntar makanannya nangis loh"

ane selalu makan yg bersih gan


ntapz gan infonya

makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang, gitu kata guru ane gan



Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?




sisa makanan gw?
kaga ada lah
sisa makanan bini aja gw embat


Seberapa Banyak Sisa Makanan di Piringmu?



Salam Namut
Buat TS

...Gua abisin kali...
Iya kali mau gemuk kalo makan sedikit



ane habis kagak tersisa gan,ane g'suka mubazir,g'pernah narok banyak2 klu mau makan
Gue mah gak pernah di sisain.
klo saiya mah tak abisin ampe tandes.
klo mo nyisain ya cuman nyisain piring ma sendoknya.
Kalo ane sih ambil secukupnya aja gan
jadi pasti abis dan tak tersisa gan
kalau makanannya nyisa di gampar bapak ane gan







mampir di thread ini gan, ada info promo + berhadiah gopro h4
Ane baru selesai makan gan dan hanya menyisakan beberapa biji pete aja
Setuju gan.
Ane sebisa mungkin harus habis kecuali kalau emang ga bisa ya jangan dipaksa.
Tergantung cih, kalo gak enak ya cinca buang makanan na
Kata emak ane klo makan nasi ga diabisin,nasinya ntar nangis bray,makanya ane klo makan ambil porsi sedikit aj dlu klo emng kurang kan gampang nambah
ga pernaahh sisaa
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar