Pages


Senin, 25 Juli 2016

- [#beliRUMAH : Sharing Cara Beli Rumah ala Fresh Grad] -

Quote:
Seri ini sebenernya seri yang gue tulis di blog gue, gan. Soal sharing cara gue beli rumah saat gue awal kerja. Sengaja gue share di Kaskus karena gue liat disini banyak yang butuh juga. Thread ini akan gue update sesuai progress dan respon. Stay tune!


Quote:Halo!

Salah satu skill yang paling penting setelah lulus kuliah adalah ngendaliin duit. Banyak gue lihat temen-temen gue yang belum dewasa dalam hal ngatur duit. Contohnya: beli barang-barang yang sebenernya ga dibutuhin pake kartu kredit. Shit. Atau malah, buang-buang duit buat hura-hura. Sialnya, cara ngendaliin duit ga diajarin di sekolah

- [#beliRUMAH : Sharing Cara Beli Rumah ala Fresh Grad] -
Apa lo?! Sumber

Sejak hari pertama gue masuk kerja, gue mulai dari 0. Gue nabung dikit-dikit, alhamdulillah, tahun lalu gue berhasil ngumpulin duit buat DP rumah. 100% dari kantong gue sendiri. Suatu keberhasilan buat gue karena rumah jadi bukti keseriusan gue dalam ngejalanin hidup.

Gue akan share prinsip-prinsip dasar yang gue pegang selama ini buat kredit rumah. Background gue ekonomi, gue ngerti prinsip-prinsip dasarnya dan gue pegang bener. Jadi prinsip-prinsip ini pasti udah gue test dan pasti bisa lo terapin. Gue tulis berseri karena ya Allah, lama bener nulisnya padahal gue pengen cepet share. Biar gampang, gue akan ambil perumpamaan balapan F1. Anyway, ready? Let’s start!

Quote:#1 Tentuin Tujuan Lo

- [#beliRUMAH : Sharing Cara Beli Rumah ala Fresh Grad] -
Ini Baku Street Circuit – Azerbaijan. Sumber


Kalo balapan F1, tujuannya udah jelas, contohnya: “Nyelesein 51 laps dengan waktu tercepat”. See?

Sama halnya dengan beli rumah. Ini tujuan yang harus lo jawab:
Quote:
Gue akan beli rumah seharga Rp“A”. Untuk itu, gue harus nyiapin dana awal untuk kredit rumah sebesar Rp “B”. Sebelum ambil kredit, pendapatan per bulan gue harus “C”. Semua itu harus gue dapet dalam "D" tahun ke depan.


Untuk ngisi poin-poin diatas, gue udah bikin file excel buat ngebantu lo buat ngitung. Gue taruh di link yang ada iklannya soalnya gue butuh modal kimpoi: filenya ; kalo lo ga ikhlas, gue juga ada yang ga pake iklan, filenya ada disini.

FYI: Dalam file itu udah ada masukin asumsi-asumsi dasar, seperti minimal DP, minimal pendapatan per bulan dan perkiraan cicilan. Semuanya sudah sesuai dengan prosedur KPR Bank, kecuali ada perubahan dari BI/OJK.


Kalo lo udah ngisi perkiraan dan asumsi diatas, lo akan tau berapa sebenernya uang yang harus lo tabung dan lo hasilkan perbulan. Memang awalnya keliatan gede, tapi lo coba bagi per bulan biar lo punya motivasi. Tekan pengeluaran lo, dan naikin jumlah uang yang lo tabung. Jumlah tabungan yang aman minimal 40%, lebih bagus kalo bisa lebih. Jangan lupa konsistensinya.

Quote:
Segala macem pertanyaan, tolong masukin di kolom reply / email / line, i’ll happily answer any kind of question. Please share, kalo lo ngerasa artikel ini berguna



Quote:Gue masih kerja 9 jam sehari di kantor. Gue tukang baca dan minat nulis.

Tulisan gue yang lain:
Pelajaran Entrepreneurship Rp 25 Juta, gue share gratis tis
Gue share pelajaran dari 8 tahun jatuh bangun usaha

Apa Rasanya Hidup Tanpa TV dan Sosmed di Tahun Segini? Ini Jawabannya!
Pelajaran yang gue dapet setelah 3 tahunan tanpa TV dan Sosmed

Gue juga ada di wordpress:
Daily Mumble | HomeWorXout

Quote:Original Posted By homeworxout
Halo,


Thanks buat admin dan officer Kaskus atas HTnya. Makasih juga buat agan-agan yang udah komen.

Mohon subscribe ya karena akan ane update berkala thread/topik ini. Update selanjutnya:

- Konsumsi
- Cara nabung/investasi efektif
- Bagaimana pilih rumah
- Serba-serbi KPR

Mungkin kalo ada yg mau nambahin/kasih ide, akan ane bahas juga.
Semoga bisa berguna buat semua.



reserved lagi daripada nanti harus update di page belakang. Minta ijin ya mod :
waduh ternyata ente lg penulisnya
btw share gaji + pengeluaran ente per bulan dong
Quote:Original Posted By penjualtrekjing
waduh ternyata ente lg penulisnya
btw share gaji + pengeluaran ente per bulan dong


Semacam dejavu ya, bre?
Masukannya ane tampung dulu ya. Nanti ane bikin di post ke 2
suka nih gue sama ini "Suatu keberhasilan buat gue karena rumah jadi bukti keseriusan gue dalam ngejalanin hidup."

Emang dari awal kerja harus bener2 di niatin, diseriusin. Daripada nanti pontang panting ngontrak sana sini.

Quote:Original Posted By harlemshake
suka nih gue sama ini "Suatu keberhasilan buat gue karena rumah jadi bukti keseriusan gue dalam ngejalanin hidup."

Emang dari awal kerja harus bener2 di niatin, diseriusin. Daripada nanti pontang panting ngontrak sana sini.


Makasih apresiasinya, gan

Kalo kata senior ane, beli rumah harus dipaksain, gan Hidup susah ditelen dulu. Karena kalo dipikir logis, kenaikan harga rumah ga bisa dikejar dengan kenaikan gaji
thread thread ente gokil.
udah ane subscribe semuanya

keep writing, posting, and kaskus-ing gan!
Gan bener tuh yang diatas, rinciin gaji sama pengeluaran ente sebulan
mantap nih, ditunggu updatenya ya gan
ok sy terapin gan
thankkisss inpohnya
mangsatb dah
moga taun depan bisa kesampaian rumah
Mejeng pejwan trit hate
paksain beli rumah... karena ente masih single...

kalo dah dobel susah lho.. apalagi tripel... emnding kalo goyang dribel...

wajib beli rumah selagi muda bro...

rumah adalah investasi jangka panjang
keren ni bisa bwt rencana di masa depan
Wah, jadi hate lagi makasih ya officer kaskus dan adminnya. jadi semangat bikin thread
gileee

org semuda ane hobinya jajan sepuasnya.. blum kepikiran nabung
Alhamdulillah, ane jg pake prinsip ini sejak lulus kuliah...
ikut nyimak kelanjutannya gan, ane juga punya target begitu, skrng ane masih kuliah dan kerja sambilan
bener banget gan.....dari pada ngontrak mening beli rmh sendiri kalau udah bisa. mah
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar