Pages


Jumat, 21 Oktober 2016

Berapa Banyak Uang yang Bisa Agan Hasilin dari Youtube?

Berapa Banyak Uang yang Bisa Agan Hasilin dari Youtube?

Agan pasti akrab dong dengan situs Youtube, malah mungkin sekarang lagi buka di tab lain. Pernah dong ketemu video dengan view yang berjuta-juta, misalnya video clip Gangnam Style oleh PSY - sampai thread ini dibikin sudah ditonton 2.6 milyar kali.

Berapa kira-kira uang yang dihasilkan dari mengupload video di youtube?

Pertama, kita harus tau kalau youtub-ers dibayar oled AdSense, bukan oleh YouTube itu sendiri. Dengan kata lain YouTube dimonetisasi oleh AdSense.

AdSense sendiri mencetak mulyaran dolar untuk Google (sebagian besar pemasukan untuk Google), mungkin AdSense adalah aset yang paaling berharga yang dipunya Google. AdSense sendiri adalah produk berupa artificial intelligent yang fenomenal, gak bisa dicurangin, dan punya cara yang sangat kompleks untuk untuk menampilkan suatu iklan (ads) dan membayar publisher atau si pembuat konten dengan formula CPM.

Google bilang:
Quote:Tidak ada jawaban yang pasti, pemasukan anda bergantung pada banyak faktor.

YouTube berbasis CPM
Quote:Cost per mile (CPM) biasa disebut Cost ‰ atau bahasa Indonesianya per seribu, adalah berarti agan akan dibayar untuk setiap seribu iklan yang ditayangkan di video yang agan upload ke YouTube.

Sumur

Kalau CPM-nya 1$, berarti mereka akan membayar 1$ untuk 1.000 iklan yang berhasil ditayangkan di video agan. CPM bisa 1,0$ sampai 10,0$ tergantung dari pangsa video yang agan pilih (video game, video clip musik, pendidikan, otomotif, dll)

Berdasarkan laporan rata-rata nilai CPM YouTube adalah 7,6$ artinya agan rata-rata dibayat 7,6$ setiap 1.000 iklan yang ditayangkan (tonton).


Sekarang coba kita hitung:

1.000 view 1,0$
10.000 view 10,0$
100.000 view 100,0$
1.000.000 view 1.000,0$
10.000.000 view 10.000,0$
100.000.000 view 100.000,0$
1.000.000.000 view 1.000.000,0$

Sekarang kalau kita pakai CPM 7,0$:

1.000 view 7,0$
10.000 view 70,0$
100.000 view 700,0$
1.000.000 view 7.000,0$
10.000.000 view 70.000,0$
100.000.000 view 700.000,0$
1.000.000.000 view 7.000.000,0$

Beberpara point penting yang perlu diperhatikan:
  • Tidak semua video akan menampilkan iklan. Jumlah video view tidak sama dengan jumlah tayangan iklan. AdSense akan memilah-milah iklan mana yang ditayangkan kepada penonton mana. Kadang-kadang tidak ada tayangan iklan sama sekali.
  • Banyak orang menggunakan ekstensi ad-blocker yang bisa menghadang iklan untuk ditayangkan, dan tayangan iklan tidak akan dihitung (hanya pada browser, di smartphone juga ada sih tapi tidak umum)
  • Setengah penonton YouTube berasal dari mobile (Sumur). Dugaan ane sih sebagian besar menggunakan apps YouTube yang iklannya tidak bisa diblokir.


Sekarang mari kita lihat contoh nyatanya:

Psy - Gangnam Style

Quote:Di tahun 2013 video ini mencapai Top Player dengan viewnya mencapai 1.000.000.000 dan mencetak 7.900.000,0$ dengan CPM-nya 7,9$ yang termasuk tinggi!

Sumber: Google: Psy’s ‘Gangnam Style’ Has Earned $8 Million On YouTube Alone


PewDiePie

Quote:Berapa Banyak Uang yang Bisa Agan Hasilin dari Youtube?
Catetan: Sudah mencetak 1 milyar view lagi saat gambar di atas dibuat, jadi total mencetak view di angka 9 milyar

Penghasilan bersihnya dilaporkan 12.000.000,0$ (Rp. 156 Milyar dengan kurs Rp. 13.000) dengan CPM yang cukup tinggi juga.
Sumur


Masih banyak lagi contoh lainnya, di mana YouTube sudah mencetak banyak jutawan yang sebagiannya hanya membuat "junk video", coba baca di mari:
YouTube Stars' Huge Earnings Will Make You Question All Your Life Choices

DisneyCollectorBR menghasilkan total 23.4 juta USD dari mengupload video sedang bermain dengan mainan anaknya

Pertanyaannya:

Quote:Berapa penghasilan yang didapat Google?
Sebenernya, yang paling untung adalah Google walaupun 68% penghasilan iklan diberikan ke publisher (Beberapa orang bilang untuk AdSense di YouTube presentasinya adalah 55%) dan 32%-nya untuk Google. Untuk contoh video Gangnam Style, 7.900.000,0$ dihasilkan oleh PSY, 3.840.000,0$-nya dihasilkan oleh Google.
Sumur


Quote:Apakah pembuat konten perlu mengeluarkan biaya?
Tentu tidak! Inilah indahnya YouTube, Google bisa menyiarkan berPeta-PetaByte (1 PetaByte = 1000 TeraByte) video per detiknya tanpa agan-agan harus membayar sepeser pun (berkat Google Cloud Computing, Hosting Services & APIs). Selain itu, Google juga secara konstan dan drastis, meningkatkan layanan YouTube misalnya dengan HTML5 yang semakin hari semakin canggih peningkatan di sisi kompresi video dan teknologi penyiaran dan hosting video.


Mencari uang lewat YouTube saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Sudah banyak orang yang menjadi "Full-time YouTuber" yang artinya mereka benar-benar mencari makan dari membuat konten di YouTube. YouTube mengklaim ada lebih dari satu juta pengiklan yang menggunakan platform iklan punya Google, dan YouTube dikunjungin sekitar satu milyar orang yang berbeda tiap bulannya dan lebih dari 6 milyar jam video ditonton setiap bulannya.
Sumur

Tentu saja kalau agan baru ingin mulai bikin Chanel YouTube di 2015-2016 pasti bakal sulit karena kompetisinya sudah ramai, no pain no gain; jadi kalau agan bener-bener kepengen menjadi selebritis YouTube (bukan one hit wonder) pastikan Chanel agan bener-bener uniq, tidak tiru sana-sini, kalau bisa yang bermanfaat. Kalau diseriusin pasti bisa kebayar deh.


Pandangan dari agan
Quote:Original Posted By ironman.jarvis
No modal? Okelah .. untuk menjadi youtubers gagal bin buntung memang benar gak perlu modal sama sekali .. Bahkan gak pake ilmu pun bisa dilakukan selama punya koneksi Internet mumpuni untuk upload video ke youtube.

Terus gimana caranya untuk menjadi Youtubers sukses? Yang pastinya butuh modal layaknya ente mau buka warung .. minimal 10 juta harus keluar untuk peralatan nya saja bahkan lebih .. selain internet ente kudu punya seminimalnya Kamera digital, Microphone (Jangan buat video bisu kalau memang mau untung dari Youtube), Komputer Model Terbaru dan Terupdate ente tau sendiri Software2 Video Editing butuh Resource Komputer yang tidak sedikit, Keahlian Edit Video minimal ente harus bisa nyortir gambar, buang frame,masukkin audio,mengolah teks di video dan bikin slideshow yang menarik (jangan pake software gratisan dijamin buntung karena limited features dari software gratisan), jangan lupakan juga marketingnya, tanpa marketing dan SEO yang baik dan benar, paling banter video yang sudah ente buat dan upload susah2 hanya mendapat sekitaran 30.000 views dan itu pun sudah terhitung bagus .. Tapi kalau dihitung dengan Kurs TS, 30.000 views itu akan menghasilkan 30 x 7.0 = $ 210 seumur hidup dalam waktu paling cepat sekitar 6 bulanan .. Jangan tertipu sama video views yang tertera di video Youtube, karena itu Video View Dari mulai Video di Upload bukan VideoView Bulanan, kecuali Video VEVO dan Video Official Lainnya. Youtuber awal dapat 200View sehari saja sudah terbilang BAGUS jadi pastikan juga DETERMINATION ente kuat untuk berkompetisi di Youtube karena Jack Ma saja tidak mendapatkan penghasilan 1 usd pun ketika awal mendirikan Alibaba.com selama 3 Tahun lebih ..

Intinya sih jangan hanya melihat Keatas doang, diluar sana banyak yang sudah mencoba jadi Youtubers dan GAGAL. Pastikan juga ente secara moril dan materil siap untuk berkompetisi dengan Uploader lain .. karena Persaiingan di Youtube itu bukan Persaingan skala Nasional tapi persaingan Internasional .. Vidoe ente akan bersangin dengan Uploader dari Seluruh Dunia bukan hanya Uploader Indonesia saja ..

Apakah ada harapan? Ada .. tapi jangan berharap ente akan sukses hanya dengan modal dengkul doang .. dan tipsnya dari gw, bikin video original dengan Bahasa Inggris sehingga video ente bisa ditonton oleh Youtuber Internasional bukan hanya Youtuber Indonesia. Dan jangan Upload video berekstensi CC (Creative Content), malah gw sarankan kalau memang benar serius dan ingin sukses .. jangan nyari video yang udah diupload di Internet untuk di upload ke Youtube, darimana pun itu misalnya video dari Vimeo, Vidio dll..

Dan terakhir, semoga sukses .. Angkat pejwan dan cendolin gw kalau berkenan


Ada juga pengalaman agan adyandana:
Quote:Original Posted By adyandana
entah ane baca ini thread sambil senyam senyum ketawa2 sendiri :')
hahahaha. ane mau bagi pengalaman aja deh ya. Ane gatau ane ini youtuber atau apa. Yang pasti ane punya channel youtube dengan krg lbh 10 video, dan channel ane umurnya masih jalan 2 bulan. Termasuknya masih baru.
Tapi meskipun masih channel "kemaren sore", jumlah subscribers, viewers, dan likers ane udah lumayan gan. Mgkn krna channel ane termasuk jenis channel tutorial, jd peminatnya lumayan byk. Video-video ane bkn hasil reupload, dan ane buat sendiri gan.Jd bisa dimonetasi di youtube.
Awal ane bikin channel sih krna emng tertarik sama pendapatan as youtuber, apalagi ada web socialblade.com yg isinya mentaksir pendapatan channel2 youtube di seluruh dunia, yg menurut ane HALU bgt datanya. hahaha.
Langsung aja deh tanpa banyak cingcong, ane kasih screenshot pendapatan ane. Bandingkan dgn thread ente, dan simpulkan sendiri ya gan )

Berapa Banyak Uang yang Bisa Agan Hasilin dari Youtube?

utk beli gado gado aja masih kurang gan, hahahaha. btw ane ngambil positifnya gan, seengaknya ada ilmu yg ane share di channel ane, karena channel ane adalah jenis channel tutorial. Meskipun ga dpt dollar, yaaa semoga aja dapatnya pahala utk berbagi ilmu. hehehehe
btw, videonya ane sensor ya, kalo boleh sih taruh di pejwan gan


Sharing lagi pengalaman dari agan nightonly323
Quote:Original Posted By nightonly323
mau cb sharing jg kyk agan di dpn

Channel Youtube

itu itung"an nya rada mleset
ane youtube baru bgd, cmn pny 6 video sjauh ini & content nya gaming
bs dliat viewer nya udh 6rb lbih, revenue hny $1 lbih sdkit
buat yg mau jd youtuber, mndg fokus dl bkin video yg bgs & menarik buat org bnyk, jgn niat utk lsg meraup rupiah krn psti nyerah dluan nantinya

Berapa Banyak Uang yang Bisa Agan Hasilin dari Youtube?



Thread ane yang laen gan

Joking around
Ketika Dikaruniai Anak di Hari Tua
Mata Lebam-lebam







uda A1 belum ini infonya bray?
lebih suka youporn si daripada youtube
ane lebih sering pantengin suk*t*r*.com sih om
Youjizz lebih dari yusup
Gue bukan youtuber bre

bigo live tapi pakai hp temen lebih mantap om.

kuota punya doi juga tentunya..
sayangnya untuk indonesia masih belum ada konten yg bener2 unik dan beda
Quote:Original Posted By arsene.winer
Youjizz lebih dari yusup


Pake proxy jgn lupa bre
Coba pamer tetek di bigo dapet duit,mungkin cewe2 ga perlu open BO
thanks info nya gan
Profesi yang lagi naik daun
Maaf ane bukan youtuber jadi nggak bisa share berapa yang pernah ane dapat...hehehehe....biro boro dapet upload aja kagak.
AlhaMdululilah sebulan ane dapet 25jt dari youtube....
Ane pny kontrakan 1000pintu jd gak penting maenan yusup
malas ngitungnya
si ucup ini emang keren abis bray
yusupp gitu lohh
Quote:Original Posted By thefathony
Setengah penonton YouTube berasal dari mobile (Sumur). Dugaan ane sih sebagian besar menggunakan apps YouTube yang iklannya tidak bisa diblokir.



dugaan ente salah gans
makannya itu pewdiepie cepet sugeh
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar