Pages


Rabu, 12 Oktober 2016

Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!


 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!
"People don't care about what you say, they care about what you build."
-Mark Zuckerberg

 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!
Tidak ada yang pernah menduga bahwa Facebook akan sebesar sekarang ini Gan. Menjadi salah satu website yang dikunjungi oleh orang diseluruh dunia. Padahal, pada saat pertama kali hadir tidak ada yang melirik hasil karya Mark Zuckerberg ini. Tapi, coba lihat sekarang Gan, ane yakin ente semua pasti punya akun Facebook! Hasil dari jerih payah dan kerja kerasnya, Mark sukses mencatatkan namanya di buku sejarah. Serta menjadi miliader yang tidak pernah diduga.

Nah untuk menjadi seorang yang berhasil menciptakan sesuatu, kita harus paham dulu nih apa yang akan kita buat, dan seperti apa bentuknya.

Pada dasarnya kita harus tau istilah yang namanya product design, supaya gak kesulitan ada sia-sia usaha yang telah dilakukan. Product design itu sendiri, simplenya adalah sebuah bidang yang menentukan bentuk sebuah produk agar sesuai dan pas dengan kegunaannya. Jadi kalo misalnya Agan bikin kandang Naga gak cuma sekedar bagus, tapi juga aman supaya Naga-nya gak lepas. Simplenya sih gitu Gan.



Nah berikut ini ane punya beberapa contoh produk design yang oke punya Gan!



Quote:Photonsynthetis

 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!

Produk yang diciptakan oleh Vivien Muller ini memiliki konsep sederhana namun briliant Gan. Dia memanfaatkan 54 photovoltaic panels kecil yang dikonvert menjadi energi listrik untuk mengisi daya berbagai alat elektronik Gan. Selain itu, bentuknya juga bikin kita pengen punya Gan!

LEDoorHandle

 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!

Ini simpel sih Gan, tapi kok kepikiran aja ya bikinin handle pintu yang bisa nyala. Handel pintu yang diciptakan oleh hee Kim, Kei Shimizu & Nguyen-vu Dang ini memudahkan kita menemukan lokasi pintu karena ada lampunya. Jenius!

Tongsis

 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!

Nah, ini dia barang fenomenal yang orang gak pernah nyangka bakal jadi hip! Coba jaman dulu siapa yang tau kalo tongkat buat foto selfie ini bakal jadi virus dunia. Walaupun, ada perdebatan antara siapa penemu yang sesungguhnya tongsis tetap jadi barang yang gak bakal ada matinya Gan.



Gimana Gan, menarik kan yang namanya product design? Setidaknya dengan mengenal product design kita jadi lebih paham hal-hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan sesuatu. Kalo GanSis emang tertarik buat menciptakan sebuah produk, apalagi berbau dengan internet (kan ngikutin jaman), ada beberapa langkah yang harus Agan lakukan. Nih Cekidot langkah-langkahnya.
Quote:
Teliti dan lihat masalahnya

Hal ini adalah tahap paling awal dari hadirnya sebuah produk design. Kenapa, kok bisa? Iyalah Gan, kalo kita sendiri gak tau ada masalah apa kita gak akan pernah membuat design produk untuk malasah yang tidak ada.

Riset

Setelah Agan tau masalah yang mau ditanggulangi, lakukanlah riset. Riset tentang bagaimana masalah tersebut bisa diselesaikan, karena kalo kita cuma menciptakan sesuatu dari sudut pandang kita tanpa melakukan riset dahulu, belum tentu orang lain bisa menerim Gan.

Kemukakan Idenya

Riset kan udah nih Gan, pasti udah tau dong gambaran kebutuhan orang itu kayak gimana. Barulah kita buat ide besar dalam menanggulangi masalah tersebut bagaimana. makin seru nih Gan!

Membuat Prototype

Kalo udah ketemu idenya, produk apa yang akan dibikin untuk memecahkan masalah yang ada. Waktunya Agan membuat sampel atau protoype-nya. Nantinya prototype itu akan diteliti lagi apakah bisa memecahkan masalah yang ada?

Final Design

Ketika prototype yang Agan buat ternyata sudah berhasil dan maksimal dalam fungsinya, tahap selanjutnya adalah final design. Ini merupakan tahap dimana Agan mengkimpoikan antara fungsi dan desain produk yang akan Agan produksi.

Testing
Ini dia Gan tahap yang paling krusial, benar-benar menentukan apakah produk Agan akan bisa diterima oleh calon konsumen Agan. Tapi, selama Agan yakin dan percaya bahwa produk Agan secara konsep dan fungsi udah mateng, pasti lancar Gan!

Produksi Masal
Waktunya Agan mengucap syukur nih di tahap ini, berarti Agan udah berhasil menciptakan sebuah produk yang secara fungsi dan desain bisa diterima oleh konsumen. Berarti pada tahap terakhir ini, waktunya membuat produk Agan mendunia!


Gimana, udah paham dong seenggaknya kalo Agan mau jadi seorang innovator. Sekarang kan lagi zaman dan eranya digital nih Gan. Hampir segara sesuatunya berhubungan dengan internet. Iya dong, kalo gak percaya coba tengok barang yang Agan tenteng kemana-mana, smartphone. Semenjak smartphone jadi sesuatu yang primer, produk design pun jadi semakin luas bidangnya Gan. Gak cuma terbatas itu-itu aja. Kalo Agan merasa punya sesuatu yang layak mendunia dan bisa bermanfaat untuk orang banyak, coba deh ikutan product design Blackinnovation 2016. Siapa tau Agan bisa jadi innovator bidang internet berikutnya, mumpung masih muda Gan!


Kebetulan product design BlackInnovation 2016[/url] ini lagi keliling-keliling kampus buat mencari para innovator muda yang punya bakat dan passion di bidang produk design, terutama yang berhubungan dengan internet. Pengen tau kampus mana aja yang bakal disambangi sama BIV 2016? Langsung aja cekidot Gan!


Quote:Jakarta

Universitas Mercu Buana (MERUYA)
7 September 2016

13:30 - 15:00 WIB

INSTITUT KESENIAN JAKARTA
3 Oktober 2016

12:00 WIB - Selesai

Semarang

UNIVERSITAS DIPONEGORO
21 September 2016

12:00 - 15:00 WIB

Yogyakarta

UNIVERSITAS GAJAH MADA
23 September 2016

14:00 WIB - Selesai

Malang

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
27 September 2016

13:00 - 16:00 WIB

Bandung

Coming Soon

Klik aja disini kalo pengen tau info lebih lanjutnya Gan




Selain memberikan kesempatan kepada Agan untuk menjadi seorang innovator muda, Black Innovation 2016 ini juga akan menghadirkan para sosok innovator product design yang keren banget Gan. Salah satunya,
M. Yukka Harlanda
emang dia siapa sih Gan?

Quote:
 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!

M. Yukka Harlanda atau yang lebih akrab dipanggil Yukka ini merupakan CEO dari PT. Brodo Ganesha Indonesia. Berawal dari keberanian dan kegigihan Yukka untuk mewujudkan idenya yaitu memulai bisnis fashion khusus pria, lulusan dari Fakultas Teknik Industri ITB ini mendirikan Brodo pada tahun 2010.
Yukka berhasil membawa brodo menjadi fashion brand ternama yang mampu menjual 4.500 pasang sepatu perbulan. Saat ini Brodo juga berhasil menjual produk pakaian, dan aksesoris. Bahkan pada tahun 2015 Brodo mendapatkan gelar sebagai The Most Creative Company di Indonesia oleh majalah SWA. Selain itu keberhasilan Brodo dalam bisnis online juga sukses dikupas menjadi salah satu kisah di halaman Facebook for Business.


Nah jadi jangan terlalu lama bengong dan diem aja Gan, ayok kemukakan ide-ide kreatif Agan dalam menciptakan sebuah produk design. Mumpung masih muda Gan!


 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!









wew tongsis

makasih nih bray

design-in produk ane dong
setahu ane ada jurusanya nih di kampus

Ah Yang Boneng ?
 Mumpung Masih Muda, Kenalan Dengan Product Design Yuk!
.suka...
Ada tuh jurusan skr d kampus-kampus...
barang2 sederhana tpjadi keren gan
inspiratif
wah kesukaan ane nih om
ane mau bikin ID kaskus dengan desaign dan teknologi supaya menang kasquiz terus di kaskus


Jadi pingin mengenal lebih jauh lagi.
bole juga nih design produk
udah kenalan bro sama orang orang kreatif ini
Di UGM pasti ane ikut gan, wong kampus ane
Produkan itu bikin pusing bisa sampe gk tidur berhari hari, apalagi bagi anak tekim yg harus pikir industrial side dan simulasi produksinya
Keren ni acaranya
boleh juga nih gan
pejwan dulu
design layangan gak ada gan? kayak di luar negeri layangan bisa berharga sangat tinggi..

Yok kenalan
Dulu ane pengen kuliah masuk jurusan ini padahal
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar