Pages


Minggu, 20 November 2016

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Tanpa ucapan salam yang aneh-aneh, bukti search, bukti repost, banner markas pembuat trit tak bermutu, dan embel-embel lainnya, trit ini saya buka dengan mengucapkan:

Assalammu'alaikum!

Berawal dari ane membaca trit ini: Seperti Apa Sih Trotoar Jakarta, di Masa Depan?
Yang ternyata adalah Hot Thread Kaskus tanggal 18 November 2016

Maka gue mau meng-counter impian si TS, betapa trotoar yang nyaman dan bersih itu hanyalah impian belaka. Manusia Indonesia belum siap secara mental dan budaya untuk mengikuti kota-kota lain yang lebih bersih seperti Singapura.

Mau tau kenapa? Nih ane beberkan alasannya:
(gambar hanya ilustrasi)

Spoiler for Pertamax:
1. Buang Sampah Sembarangan

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Yang paling sederhana dulu aja, SAMPAH! Ente coba liat di Jakarta, terutama jalanan di Thamrin, Sudirman, atau malah perumahan elit macam Menteng atau Pejaten, ada tong sampah banyak di sepanjang trotoar (ga banyak banget juga sih, yang penting ada). Apakah jalanan trotoar itu bersih? Ga sama sekali! Tetep aja ada yang buang bungkus rokok, puntung rokok, plastik sisa otak-otak atau tusukan sate.



Kalo ente tanya ke orang yang buang sampah, gue jamin mereka akan menjawab dengan dua jawaban ini:
- Ah, orang lain juga buang sembarangan tuh, biasa aja kalee
- Ah, kan nanti ada pasukan oranye yang bersihin, lagian tong sampahya jauh, males jalan ke sana

SOLUSI: Petugas kepolisian maupun Pamong Praja harus super duper tegas buat para pelaku pembuang sampah sembarangan ini. Perda buang sampah sembarangan kena denda sekian juta itu hanyalah omong kosong belaka kalau di lapangan ga ada penindakan.


Spoiler for Keduax:
2. Meludah dan buang ingus sembarangan!

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Hal paling jorok yang amat sangat gue benci! Trotoar udah rapi pun kayak di Thamrin masih ada aja yang buang ludah sembarangan, hooek cuih, gitu... idiih... jorok banget... malahan ada yang buang ingus, trus tangannya di lap di bajunya sendiri... hooek...



Dulu gue pikir cuma orang-orang di daerah-daerah aja yang suka kayak gini, eh taunya di kota besar ada juga yang suka meludah sembarangan. (No offense buat kaskuser anak daerah, gue juga dari kampung kok dan yang ngeludah sembarangan banyak apalagi pas gue naek motor, beuh... meludah dari motor atau jendela angkot udah jadi pemandangan sehari-hari... tebak aja kota mana)

SOLUSI: Tiongkok yang kita tau orangnya banyak yang jorok sekarang mulai memberlakukan UNDANG-UNDANG pelarangan meludah dan pipis sembarangan di seluruh kota. Undang-Undang lho! Bukan Perda, dan itu berlaku Nasional, Indonesia mana?


Spoiler for Ketigax:
3. Copet

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee



Di halte busway aja copet udah berani beraksi. Di trotoar juga tindakan kriminal mulai berani di siang bolong. Lagi jalan bawa tas, tau-tau udah kebuka aja itu tas ente... Gimana mau nyaman jalan kaki di kota besar Indonesia kalo berjalan aja mata kriminal udah asyik nyari mangsa.

SOLUSI: polisi tuh harusnya jangan suka nongkrong di pos atau makan siomay aja... harusnya polisi juga patroli di trotoar yang ramai... Pamong Praja juga bisa di berdayakan tuh


Spoiler for Keempatx:
4. Pengamen

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee



Mending kalo suaranya bagus dan si pengamennya emang niat, lah ini kadang pengamennya males-malesan... Malahan ada Waria ngamen modal suara cempreng sama mini audiobox... Aduh... mana tahan deh gue... Di Eropa sana ya, pengamennya itu bawa full set alat lengkap kayak mau mini konser... Orang Indonesia? ada sih, tapi bisa diitung jari... sisanya pengamen yang kalo cuma di kasi gopek langsung ngedumel dan sumpah serapah

SOLUSI: Pengamen harus di seleksi... yang suaranya ga sekelas D'Academy mendingan nyingkir aja deh... Di Eropa sana ada pengamen juga kok tapi mereka beneran niat kalo bermusik itu...


Spoiler for Kelimax:
5. Anak Jalanan dan Peminta-minta

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee



Mau trotoarnya rapi dan lebar pun, kebersihan dan kenyamannya akan ternoda kalo ada anak jalanan dan pengemis... Untungnya di Jakarta jalanan gede kayak Thamrin Sudirman bersih dari anak jalanan dan pengemis, tapi itu cuma kamuflase! Mereka ngumpet di gang-gang samping perkantoran atau di jembatan penyeberangan!

SOLUSI: Katanya fakir miskin dan anak terlantar akan dipelihara negara... mendingan pejabat buktiin aja deh janji-janji suci mereka pas di lantik


Spoiler for Keenamx:
6. Pedagang Asongan dan Pedagang Nyampah

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Gue denger nanti jalan trotoar di Thamrin dan Sudirman akan diperlebar dan akan didirikan kafe-kafe mini... That's good dan gue mengapresiasi banget... Tapi sayangnya masih ada aja tuh pedagang asongan atau pedagang otak-otak yang nangkring di pinggir jalan atau dibawah jembatan penyeberangan (gue heran deh, di setiap jembatan penyeberangan pedagang otak-otak itu selalu ada, apa ini udah ciri khas?).

SOLUSI: Pedagang asongan ini hanya membuat pemandangan jadi ga nyaman. Asalkan mereka rapi dan tertata, pedagang-pedagang ini bisa jadi ciri khas trotoar di kota besar di Indonesia.


Spoiler for Ketujuhx:
7. Polusi

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Buat apa gue jalan kaki di trotoar jakarta kalo polusi METROMINI dan KOPAJA masih bertebaran!? Udah panas, bau, ga sehat lagi... Gue jalan kaki karena pengen menghirup udara yang bersih, segar, dan menyehatkan... Trotoar itu seharusnya jadi ajang buat mengajak warga kota supaya cinta lingkungan dan ga membuat polusi udara, caranya yang dengan berjalan kaki atau bersepeda dalam bepergian...

SOLUSI: Orang Indonesia itu banyak malasnya... Jalan kaki dari halte Tosari ke Grand Indonesia masih ada aja yang ngeluh kejauhan, panas, keringetan, dan pegel... gileee.. harusnya pemerintah mengkampanyekan gerakan ayo jalan kaki ke kantor dengan lebih intense, bukan cuma sekali sebulan aja...

Gue denger Ahok mau menghapuskan KOPAJA dan METROMINI, itu bagus banget biar udara ga sesak ama asep knalpot bus yang umurnya udah 20 tahun... TAPI? Faktanya para sopir protes, mereka bilang itu menghancurkan penghasilan rakyat... WTF? Kan mereka udah diajak gabung jadi sopirnya Busway... Gajinya lebih gede lagi... (Sori, gue bukan pendukung Ahok, cuma mengutip salah satu kebijakannya)




Nah, segitu dulu ya, gan/sis
Silahkan jangan lupa cendolnya kalo suka ama trit gue

Inti dari trit ini adalah MENTAL dan BUDAYA Indonesia-lah yang harus diubah... Percuma ngabisin duit triliunan buat bangun fasum, kalo tabiat orangnya masih jorok dan ngasal...

UPDATE:

Gile langsung jadi HT...

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee


KOMENG PARA KASKUSER

Quote:Original Posted By argantoz
okeh setelah liat trit ini seengganya gue ada solusi utk masalahnya coy. u know wat?

gue mau buka bisnis reparasi otak coy! ini dibutuhin utk org2 yg demen buang sampah lempar2 seenaknye macem supir angkot coy! buat para riders yg demen naek trotoar coy! buat org2 kota yg klekuannye kampungan buang reak dmne2 coy! dan buat mereka2 yg otaknye geser & bebel coy!


Quote:Original Posted By chigo.ji3
Iya sih gan sehebat atau sebagus apapun trotoar di indon kalo mental masyarakatnya yang amburadul & pemerintah yg tidak tegas, sampai kapan pun sarana publik di indon yaa gini-gini aja nggak akan bisa maju, kecuali semua warga indonesia dibawa kesingapura trus ditraining disana baru indon bisa maju.
SELAMAT BERMIMPI


Quote:Original Posted By alexalbs
Gue setuju banget sama TS.
Hal2 yg sangat gue dambakan di jakarta dari dulu.

Harusnya jgn hanya di Thamrin aja trotoarnya di perbesar, tapi keseluruhan tempat yg trafik pekerjanya banyak seperti di Sudirman dll. Its okay lah kalo awal2 di Tamrin dulu.

Ga hanya itu, pemerintah jg harus memikirkan gmn caranya agar pejalan kaki utk semua kalangan mau JALAN. Setelah yg TS ucapin diatas gue mau nambahin versi gue. Gue pengen di pusat trotoar perbanyak pohon, trus keramiknya di benerin (pengalaman kalo keramik jelek dan rusak, bahkan lobang2 krn bekas perbaikan apalah itu udh bikin malas jalan bro, sampai mendingan jalan di pinggir jalan daripada melalui trotoar ). Perbanyak tanaman disekitar trotoar, serta ajak para figure, tokoh terkenal, utk mulai memperdayakan jalan kaki di trotoar dulu. Gue yakin ini bakal diikuti seluruh penduduk di Jakarta.

Gue mendabakan jakarta itu mau kemana2 jalan kaki bre, ke kantor jalan kaki, mau makan jalan kaki ramean, mau belanja jalan kaki.

Fakta, orang2 di Korea atau dmn pun yg memperdayakan jalan kaki ke mana2 memperlihatkan dgn kita bahwa hidup mereka sehat2, badan mereka bagus2.

TS tolong pejwan jika berkenan


Quote:Original Posted By fadyz
bener sekali gan,

paling risih liat orang yang merokok trus dengan santainya puntung rokok dibuang sambil disentil dijalan.
mereka pikir itu keren apa? "ahhh nanti kan ada yang bersihin"
how lowly pemikirannya

ane orang daerah gan, walau di daerah ane sebenernya juga gak jorok2 amat karena petugas kebersihannya rajin ngebersihin, tapi tetep aja semua keliatan bersih sesaat aja, karena bukan dijaga tapi akrena dibersihin sama orang yang dibayar.

ada juga dikota ane dibangun trotoar agak besaran gitu disepanjang sungai biar kaya diluar2 negeri gitu dan tebak apa yg terjadi?
buat gelar tikar orang alay2 dan sepanjang jalannya diisi tukang bakso, tukang siomay dll
idenya sih bagus tp pelaksanaannya nol, jd kumuh bangetlah kalo gitu

dan yang terakhir ane paling sebel sama salah satu ayat dari UUD 1945 yang bunyinya "fakir mikir dan anak terlantar dipelihara oleh negara"
UUD udah dibuat bagus tapi kembali algi pelaksaannya nol besar
kenapa ditiap persimpangan jalan ada pengemisnya? ditiap jembatan penyeberangan jadi basecamp gelandangan?
trus yang memelihara siapa? btw biasakan jangan memberi kepada pengemis gan, mereka ogah direhabilitasi karena dijalan amsih ada agan2 yang kasih uang lebih banyak daripada mereka kerja. Bila kita gak ngasih maka pemerintah akan gak punya alsan lagi tidak merehabilitasi mereka


Quote:Original Posted By magnadefender
Semua "kebiasaan buruk" yang TS jabarin sudah menjadi budaya gan... Budaya itu lahir dari kebiasaan banyak orang yang dilakukan secara berulang dan terus menerus. Budaya susah diubah, balik lagi, karena itu udah menjadi kebiasaan mereka sendiri. Budaya "buruk" bisa diubah dengan kebiasaan "baik" yang harus dijalanin sama banyak orang, catet, banyak orang, itu yg susah ...


Quote:Original Posted By uchin46
Mental kita emang blom mampu punya barang bagus bray,,,

contoh sederhana kota ane, lagi sibuk-sibuk mempercantik diri buat nyambut Asian Games 2018, trotoar pun di percantik sedemikian rupa,,, blom ilang keringet yang bagusin ntu trotoar,,, dh mulai rusak lagi kena proyek lain plus toko2 yang didepannya ada trotoar pada bongkar muat barang kategori berat diatas trotoar!! bangke banget dahh!!

miris banget liatnya!!


Quote:Original Posted By daisukeasakura
trit tandingan

yg "disana" emang terlalu naif sih
sekarang emang bukan infrastruktur doang yg diperlukan
otak otak warganya yg perlu di restrukturisasi
masalahnya, bisa nggak? bingung jawab bisa atau nggaknya, jawabnya itu amat sangat susah

pikiran kolot, bebal "dihalusin" malah ngelunjak
"dikasarin"? berontak, ancur lebur, luluh lantak

andaikan "pembinasaan" itu "halal"



Quote:Original Posted By omahgedek
mungkin bukan mimpi gan .. bisa aja hal tsb terwujud, tp gtw 50 tahun kedepan maybe??

kalo dlm waktu dkt sih ane setuju garis keras ama ente gan ,, GA MUNGKIN!!!

sekarang trotoar di tertibin ama satpol PP aja besoknya uda nongol lagi

tp sayangnya petugas juga kurang aktif dan belum punya cara yg jitu buat membersihkan trotoar gan .. kesanya petugas cuma seperti petani yang menghalau burung di sawah padinya yang luas dengan mengejar burung tsb satu per satu, jadi ketika dia mengejar burung ke satu sisi, sisi lain akan di hinggapi burung lagi, begitu terus sampe sampe akhirnya padi habis dan tak menghasilkan .. harusnya dia membuat orang"an sawah di tiap2 sisi sebagai penjagaan agar tidak kebobolan ..


Quote:Original Posted By yansah1
Ga bakal mungkin sih, karna sudah kebiasaan masyarakat nya sudah berakar banget kaya jamur. misal nya buang sampah sembarangan sampe ngeludah di jalanan itu biasa banget.

Point ane setuju banget itu nomer :

Spoiler for NOMER 1:
1. (Buang sampah sembarangan)
Ini masih jadi kebiasaan, entah karna emang males atau karna ga ada kotak sampah di sekitar. Jujur aja, ane suka buang sampah sembarangan karna tempat sampah ga ada di sekitar ane. kalo sampahnya kaya permen atau masih bisa ane kantongin/masukin tas ane bakalan taro tas dan begitu ada tempat sampah ane buang. Yang paling utama ane rasa puntung rokok, bahkan sampe diatas motor aja orang buang sembarangan yang kadang sampe mental kebelakang (bukan kesamping jadinya bahayain pengendara motor dibelakang nya)

Spoiler for NOMER 2:
2. Meludah
Ini yang paling bikin jijik, kadang buang ludah sama dahak-dahak nya sekalian. ya ente bayangin ndiri aja. ane pernah baca buku novel pengarang indo, di bukunya dia cerita tentang indo dan singapur sekaligus bandingin (ane paling ga suka sih ngebandingin, tapi...) antara indo sama singapur. disana untuk pejalan kaki nya nyaman! ga takut bakalan injek ludah orang kalo jalan di trotoar. dan pastinya ga ada polusi udara kaya kopaja dan kawan2 nya ~

Spoiler for NOMER 3:
3. Copet
Ga di kendaraan umum ga di tempat umum copet kabeh ane di transportasi umum, mau di copet. ane turun dari halte bustrans, mau di copet. untung semua nya ga pernah kecolongan. ane selalu waspada dan langsung jauh dari TKP ketika ane hampir jadi korban. bahkan setelah ane sedikit jauh dari TKP , si tukang copet sama kroni2 nya masih aja beraksi dan mau copet orang lain juga. orang2 sekitar? mana ada yang berani bantu wong mereka banyak. dan komplotan sama pedagang asongan sekitar nya juga. pffft~

Spoiler for NOMER 5 & 6:
5. Pengemis (yang bukan pengemis asli alias dijadiin profesi) / homeless (yang beneran ga punya tempat tinggal lagi)
Ane pernah liat (bahkan dimana2 juga banyak ya kalo di perhatiin) emak ama anaknye minta-minta di pinggiran trotoar,jembatan penyebrangan, atau tempat yang banyak orang lewat nya. Emaknye sambil ngadain tangan sama gelas akuwa, anaknye ane liat lagi belajar sambil nulis di buku nye. Miris sih ane ngeliat nya. mau bantu tapi nanti dia ga bakalan jera. bukan nya milih-milih untuk nolong orang lain, tapi ane lebih menghargai orang yang masih berusaha walaupun hidup nya sulit banget. Misalnya jadi pemulung, itu masih jauh lebih baik lagi~

6. Pedangan kaki lima / Pedangan asongan
Dengan mu aku kadang merasa tertolong , tanpamu kadang aku merasa sengsara. Tapi memang kehadiranmu menggangu lingkungan sekitar ~
Selagi Trotoar masih di jadiin ajang untuk nyari nafkah, trotoar dimari ga bakal bisa sekelas Singapur. apalagi jepang apalagi eropa
Kaya di salah satu mall di daerah deket GBK, itu ane paham banget. butuh sih yang namanya pedangan di trotoar karna apa? karyawan yang kerja di dalem ga mungkin mau jajan di mall juga. kan mahal cyin! di trotoar nasgor dkk harga nya 15rb , dibandingkan di dalem mall harga bisa 25-50rb makanan. itu juga porsi nya ga bakalan bikin kenyang~
Bahkan ga cuma karyawan di mall aja, di samping2 nya jg pada beli di trotoar karna ga ada jajanan murah selain di situ. walaupun di dalem mall biasanya basement mereka nyediain kantin, tapi kantin ga buka sampe malem. dan karyawan yang kerja bisa sampe jam 12 malem. bayangin aja tuh.


Itu sih menurut ane, ndak tau menurut yang laen sekian dan terimakasih




PERTAMAX is mine only...!!!



UPDATE
FOTO TROTOAR DI EROPA
SUMBANGAN KASKUSER


Quote:Original Posted By thezahat
ane mau tambahin saat pengalaman jalan di Eropa nih...
biarlah gambar yg bicara dan menyimpulkan

Saat d Frankfurt - Jerman
Spoiler for 1:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 2:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 3:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 4:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 5:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 6:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for seniman jalanan:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee


Saat di London - Inggris
Spoiler for 1:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 2:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 3:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for 4:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for pengamen jalanan:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for pengamen jalanan:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for Telp Umum..haha masih ada:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for parkiran pinggir jalan ko ga ada tukang parkirnya ya?:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

Spoiler for Parkiran tanpa tukang parkir:
[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee


Sekian dulu ah...pegel jg milih foto2 yg cocok agar sesuai judul, heheh
nanti lanjut deh kita bandingkan jg ketika lg di Brisbane-Australia



Hmm

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee
Coba ane tela'ah dulu Jon >.<


Baguslah, ada niatan minimal, entarnya jadi gmn kn belum tau
Tapi yang pasti itu trotoar ngambil lahannya jalan utama, jalan utama jadi makin sempet = macet
cuma masalah ketegasan dan keberanian aja 😊
mulusnya jng pke yg keadaan luar bre soalnya masih lebih bagus mulus di luar dari pada realita di indonesia
iya juga ya
selamat bermimpi
Quote:Original Posted By Cupetot
Hmm

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee
Coba ane tela'ah dulu Jon >.<


Baguslah, ada niatan minimal, entarnya jadi gmn kn belum tau
Tapi yang pasti itu trotoar ngambil lahannya jalan utama, jalan utama jadi makin sempet = macet


makanya jangan make kendaraan pribadi
RIP trotoar indonesia
buset udah ada yg counter aja.. mudah2an jadi HT gan
bangun woi indo indo
emang apa yang mau diharapkan dari sebuah negara yang penduduknya masih percaya sama tuyul
dan penggandaan uang

nah ada tandingannya ..
setuju juga apa kata TS sih
Trotoar Indonesia bisa lebih bagus dari tetangga kalo orang bodoh di Indonesia udah pada sadar gan
wew trit tandingan, mudah-mudahan ht
udah tanding belum? jadi thread siapa nih yang menang?
Mental orang sini gan.. mental kere semua...!!



Kayakny bakal ada counter attack lagi neh dari trit yg belom lama gua baca tadi.. lanjutkan gan..
Buka ssc sih klo mau liat proyekan trotoar jakarta.
Okay..
Apapun itu, impian dan harapan nggak bole mati.. Tapi juga harus realistis.. [COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee
Gembok yah bray..

Plis motor pake otak dikit..
Trotoar jgn di embat.. [COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee

[COUNTER] Trotoar di Indonesia Mau Sekelas Eropa? Ngimpi Kali yeee
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar