Pages


Senin, 28 September 2015

JENIS-JENIS HARMONIKA

JENIS-JENIS HARMONIKA


Spoiler for HOT THREAD PERTAMA ANE. MAKASI BUAT SEMUANYA ! :
Quote:


HARMONIKA adalah kata yang dibentuk dari gabungan 3 suku kata, yaitu Hormon dan Mau Nikah. Maka jika digabung akan menjadi kata HARMONIKA yang dimana dapat didefinisikan sebagai seseorang yang kadar hormonnya uda diujung puncak dan cuma mikir maunya nikah-nikah aje.

SKIP SKIP

Asal muasal ane pengen bikin thread ini gegara baru aja kemarin ane beli sebuah Harmonika, bukan Harmonika pertama ane sih. Dulu skitar bbrapa tahun yang lalu juga pernah punya alat musik ini gegara liat si Iwan Fals nyanyi manggung sambil main harmonika dan gitar. Pas udah dibeli eh malah gk betah belajarnya. Alhasil cuma jadi pajangan dan sekarang hilang entah kemana. (SIAPA YANG NYOLONG WOI ? ) (lah jadi curhat )

Sekarang ane uda punya nih Harmonika baru. HALGA MULAH HAAA. MED IN CHAINA HAAA...(pake logat nya si ling ling di kelas internasional )

Btw, sewaktu ane di toko musik yg ngejual Harmonica, ane ditunjukin tuh macem-macem harmonica yang dijual. Ade yang pake tombol lah, ada yang lobangnya dua tingkat kayak rumah susun lah, ada yg gede dan ada yg kecil juga kayak punya agan
Tapi tetap ajeh ane ngambil Harmonika yang biasa alias Harmonika Standard.

Nah di thread ini ane mau sekadar berbagi informasi singkat mengenai MACAM-MACAM HARMONIKA.

Spoiler for APA ITU HARMONIKA ?:
Harmonika adalah salah satu alat musik tiup yang berasal dari Tiongkok. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara
.


Spoiler for MACAM-MACAM HARMONIKA:
Spoiler for HARMONIKA DIATONIK:
Quote:
Harmonika yang juga dikenal dengan Blues Harp ini memiliki ciri fisik yang terdiri dari 10 lobang, yang berarti memiliki 2 1/2 oktav. Biasanya digunakan pada musik Blues, Folk, dan Country. Memiliki susunan nada Ritcher-Tuned, harmonika ini memang lebih dikhususkan untuk memainkan musik Blues. Tetapi seiring bertambahnya waktu, dengan adanya custom tuning maka diatonik juga mampu menyentuh Reggae, Pop, bahkan Jazz.
Ini Harmonika kayak punya TS gan Harmonika Standard yang paling banyak beredar dipasaran


Spoiler for HARMONIKA KROMATIK:
Quote:Nah, ini harmonika yang unik nih gan. Soalnye ada tombol yang nongol yang berfungsi untuk menaikan nada yang ada. Karena memiliki suara yang terbilang lembut dan merdu, harmonika jenis ini pada awalnya digunakan untuk memainkan solo pada musik Classic dan Swing Jazz. Tapi seiring bertambahnya waktu, kini harmonika jenis ini juga dimainkan untuk jenis Pop, Irish, Tanggo, dan juga Blues. Beberapa artis dunia yang sudah terkenal dengan permainan kromatiknya adalah Larry Adler, Toots Thielmans, Hugo Diaz, dan Stevie Wonder.
.
Harmonica ini yg dipake sama Aiden dan Evelyn buat cover lagu di yutub


Spoiler for HARMONIKA OKTAF:

Harmonika ini biasanya dikenal juga sebagai Harmonica Tremolo/Echo/Octave. Ciri fisik paling mudah yang bisa kita ketahui adalah memiliki lubang berjajar atas bawah dan biasanya lebih dari 15 lobang.Fungsi awalnya adalah sebagai instrument pengisi ruang kosong pada sebuah lagu, dan sedikit solo. Pada umumnya harmonika jenis ini digunakan untuk memainkan musik jenis Bluegrass, Irish, Folk, dan Celtic. Beberapa musisi dunia yang menggunakan harmonika jenis ini adalah CiarĂ¡n Bourke, Patrick Clancy, dan Maki Yamaguchi
.


Spoiler for HARMONICA CHORD:

Sesuai namanye, Harmonika ini berfungsi sebagai Rythm Chord. Ciri fisiknya itu ukurannya yang cenderung lebih besar daripada Harmonika laen karena Harmonika ini mampu memainkan 48 chrod yang ada baik major, seventh, minor, augmented dan diminished. Biasanya harmonika jenis ini terdiri dari 2 susun harmonika yang pada tiap susunnya melambangkan chord yang mampu dimainkan. (atas untuk major, dan bawah untuk minor.) Biasanya Harmonika jenis ini digunakan untuk memainkan Swing Jazz yang berpadu dengan Classic
.


Spoiler for HARMONICA BASS:

Enggak cuma gitar yang ade bass nya. Harmonica ternyate juga ade gan !
Bentuknya nih mirip ame Harmonika Chord, harmonika jenis ini memiliki ukuran yang besar. Biasa terdiri dari 19 lobang untuk bagian atas, dan 20 lobang untuk bagian bawah. Bagian atas adalah not cres atau mol, dan bagian bawah untuk not major. Biasa ditemukan pada sebuah harmonika group ensemble yang sangat populer di era 30an-50an dengan musik Swing Jazz berpadu dengan Classic
.


Spoiler for HARMONICA MAK EROT:



punye nye om Marty gan




Spoiler for HARMONICA TS:


Oke, sekarang ane punya Harmonica baru
saatnya buktikan kalo ane juga bisa maen Harmonica
kagak mau kayak dulu lagi, habis beli eh ditelantarin
hmmm tapi ntar deh belajarnye, tunggu tahun kucing dulu


Yang pernah punya Harmonica , mari dishare penampakannye

SEE YA !

Spoiler for NGAREP CENDOL (AWAS BB):


Quote:SUMBER
WIKIPEDIA
GOOGLE
YOUTUBE
dulu pas ane kecil pernah beli gan, tapi sekedar ditiup tiup doang gak bisa mainin lagu
napas sering kempat kempot kalo iseng tiup ginian maklum perokok
alat musik waktu sd selain angklung dan pianika
Quote:Original Posted By bounce
dulu pas ane kecil pernah beli gan, tapi sekedar ditiup tiup doang gak bisa mainin lagu


skarang nasib ane sama gan. udah beli gk tau mau diapain


Quote:Original Posted By Zebhir
napas sering kempat kempot kalo iseng tiup ginian maklum perokok


iye tuhhh. napas mesti kenceng mah

Quote:Original Posted By approve.cc
alat musik waktu sd selain angklung dan pianika




Ane punya nih yg suzuki folkmaster tp ga bisa mainin

banyak juga tipe harmonika .
kirain cuma semacem doang
btw dlu belajar harmonika cuma ga bsa"

pas baru belahjar neh

maish make yg kunci C soalnya khusus pemula
Kalo punya nya iwan fals harmonika tipe yang mana ya ?

► Original posted by zedaefide
Copyright © 2015

dulu prnh punya harmonika tp skarang udh ilang gan
sulit lho harmonika itu maenin-nya, ane aj dri dlu ga bs2
ane kira harmonika itu sama aja ternyata ber macam2
Ane ada nii gan harmonika diatonik kunci g merk golden cup ,, kali ada yg mau nampung
ane punya tuh yang diatonik (punya bokap). awalnya cuman bisa niup2 asal2an doang lama2 tau juga cara mainnya. pernah waktu sd ane bawa buat praktek senbud bawain lagu halo-halo bandung, nada awalnya sih pas lama kelamaan ngawur gan nadanya :capede
kalo ane taunya Holy Kingdom of Harmonia, kerajaan di game Suikoden wkwk
Quote:Original Posted By gipgipompong
Ane punya nih yg suzuki folkmaster tp ga bisa mainin


HAHAHA MASA GAK BISA MAIN?

Sama gan
Quote:Original Posted By natzten

banyak juga tipe harmonika .
kirain cuma semacem doang
btw dlu belajar harmonika cuma ga bsa"



Sulit ye gan. Mesti ada soul soul blues gimanaaa gituh. Soalnya nii alat musik identik sama aliran blues.
Quote:Original Posted By choushinkai97
ane punya tuh yang diatonik (punya bokap). awalnya cuman bisa niup2 asal2an doang lama2 tau juga cara mainnya. pernah waktu sd ane bawa buat praktek senbud bawain lagu halo-halo bandung, nada awalnya sih pas lama kelamaan ngawur gan nadanya :capede



Kelamaan jd mnyimpang ya gan nadanya?
Btw Persib bandung menang nih hbs lwn borneo
Quote:Original Posted By choop
Ane ada nii gan harmonika diatonik kunci g merk golden cup ,, kali ada yg mau nampung


Wah namanya ade golden. Dari emas ye gan?
Quote:Original Posted By kesbah
ane kira harmonika itu sama aja ternyata ber macam2


Iye nih. Pertama ane juga mkir bgitu... pas di kasi liat sama penjual, jeng jeng jeng.. bentuk harmonica nya beda beda sis
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar