Pages


Senin, 07 November 2016

[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet

Mungkin ini penyebab laptop agan lelet

Quote:[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Untuk menmbah nambah penghasilan buat jajan ane sering nyambi jadi tukang install laptop dadakan , Selama beberapa tahun pengalaman ane nginstall ulang laptop orang orang ane selalu menjumpai kasus yang sama dengan pola yang serupa, akhirnya setelah ane telaah lebih lanjut ane simpulkan mungkin ini factor factor yang menjadikan laptop agan menjadi lelet, booting windows yang buang buang waktu

Quote:1. Anti virus bajakan yang gak bisa update
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Anti virus adalah program untuk menghidari laptop dari serangan virus (ingat bukan serangan maling). Dan anti virus bajakan ini selalu ada di setiap laptop client ane, kenapa hal ini tidak baik? Sudah jelas karena ini adalah barang bajakan, dan tentunya tidak mendapat update dari server, otomatis saat melakukan scan program tidak berjalan dengan semestinya, tetapi bukan berarti tidak memakai antivirus bajakan tapi malah gak pakai antivirus samasekali , beberapa kasus juga ada yang malah gak ada antivirusnya, atau hanya mengandalkan smadav


Quote:2. Program gak berguna sejenins Pc booster, pc clean, dll
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Tau tentang program itu? beberapa orang gak tau dengan fungsi program itu tetapi ada di laptopnya , kenapa hal ini terjadi?, karena program ini kadang menginstall dirinya sendiri tampa di perintah oleh admin, atau malah sang admin gak tau apa apa da nasal klik aja sehingga program program gak jelas itu terinstall ddengan lancer


Quote:3. Task manager dan notification area yang penuh
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Hal ini masih berkaitan dengan point nomer 2, akibat dari banyaknya program program gak jelas yang install dengan sendirinya, tentunya bakal memberatkan starting windowsnya, tentunya hal ini sangat memberatkan kita karena program program yang berjalan itu sebenarnya makan kapasitas ram yang sedikit, tapi karena kuantitasnya yang tinggi jadi tetap aja laptop kalian lelet


Quote:4. Program startup yang banyak
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
nah bisanya kalau ane mau install ulang kan backup driver dulu tuh, saat starting biasanya sangat lama, rasanya pengen ane tabok tuh laptop saking gak biasanya starting lama lama, dan saat starting setelah masuk desktop kita harus bersabar lagi kalau menjalankan program atau hanya sekedar membuka explorer, nah disini bakal kelihatan tuh program gak guna yang ada di laptop pada bermunculan paling sering ane lihat itu BAIDU, wtf baidu!!. Dan banyak lagi program program sejenis biasanya program program seperti di point 3, program speed pc, up performance dll.
ane suka heran dngan orang yang rela nunggu lama lama bahkan sampai hitungan menit hanya untuk starting windows, padahal ane hitungan detik aja udah langsung bisa buka program tampa nunggu (karena ane memang cuman hibernate gak pernah shutdown),


Quote:5. Browser yang banyak plugin dan banyak pop up
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Ini juga efek dari suka install program sembarangan ini, beban juga ke browser karena biasany saat install program program gak jelas,, bahkan program yang jelas sekalipun dalam proses installnya menyertakan featured tambahan yang gak di saddari adminnya, jadilah browser agan terlalu banyak plugin, atau bisa juga karena terlalu banyak pop up yang muncul sehingga proses browsing jadi berat, paling jengkel kalau browsing di laptop laptop kayak gini ya itu, klik satu munculya sampe 3 tab, dan isinya cuman iklan iklan gak guna,


Quote:6. Program yang tidak teruninstall denan benar
[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Ini mungkin tidak terlalu berpengaruh ke kenirja hanya saja biasany memberatkan di kapasitas hardisk, gak ada salahnya pakai program tambahan untuk uninstall, karena kadang kalau uninstall itu data programnya gak terhapus semua, ada yang masih nyangkut di regedit, dan di C kadang masih ada berkas pemulihannya, (tapi jangan sembarangan hapus data pemulihannya ya gan, ane pernah sembarangan hapus bermaksud untuk menambah kapasitas dengan meghapus data recovery yang nyampe GB eh malah rusak program program ane


6 point di atas itu yang sering ane temui di laptop laptop yang ane install ulang, sebenarnya tidak perlu menginstall ulang kalau cuman kejadian kejadian di atas, cuman ini Indonesia bung, warganya demen bajakan, jadi fitur fitur bawan Microsoft gak jalan sepenuhnya, jadi dari pada buang buang waktu untuk tuneup ini dan itu mending dibuat lahir kembali saja yang notabenenya lebih singkat paling cuman 1 jam kurang

hal hal itu ane pelajari dan ane terapkan juga sih dan hasilnya laptop ane selama 4 tahun tidak pernah install ualng dan lancer jaya softwarenya, kalau hardwarenya gak beres gan, soalnya kalau ane di luar suka tidur sembarangan kadang tas ae jadikan bantal, biasany rusak itu LCDnya,


Quote:oke ane lanjut, kurang rasanya kalau gak dikasih saran ya, di bawah ini ane jabarkan saran saran yang ane terapkan dan membuat laptop ane selalu berada di kondisi prima
Quote:[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
Quote:1. Gunakan program program asli,
Gunakan program asli gan biar tenang, sebenarnnya kalau laptop banyak kok yang pakai OS asli, cuman biasanya kalau agan pernah install ulang sama orang lain biasanya di installkana bajakan, coba agan cek di bawah laptop agan kalau laptop bawaan windows biasanya ada logo wondows + serial numernya, cukup sesuaikan OSnya dan install sesuai versi, toh kalau agan gak mampu atau bingung beli yang ori ya pakailah program bajakan yang terpercaya webnya, banyak kok kracking Indonesia yang program bajakannya gak rewel dan bagus,
Bukannya mengajarkan untuk membajak, tapi program bajakan itu untuk di Indonesia masih di butuhkan untuk perkembangan SDM dan ekonomi kedepannya


Quote:2. Gunakan antivirus resmi Microsoft
Lu pakai Microsoft logikanya yang ngerti OS lu kan pastinya microsoft ya janganlah pakai antivirus lain, pakai aja Microsoft, udah gratis updatenya gratis juga, bagus lagi, gak berat buat laptop, jadi gunakan lah MSE (Microsoft security essential)


Quote:3. Jangan gunakan smadav
Apasih bagusnya smadav, bukannya menjelek jelekkan produck dalam negeri, tapi smadav ini kurang inovasi dan cuman bikin lelet starting, proteksi untuk flasdisk juga MSE bawaan windows juga udah punya, tinggal di aktifkan aja, kalau soal virus local, paling sama scriptnya dengan yang internasioanl, MSE udah lebih dari cukup untuk membasmi


Quote:4. Hati hati mencolok flasdisk
Sama kayak manusia kalau laptop agan sering gonta ganti pasangan flasdisk resiko kena penyakitnya tinggi , tapi solusinya bukan flasdisknya di kasih plastic pengaman ;ngakaks, aktifkan feature scan removable di MSE (jngan ngandalkan smadav


Quote:5. Kalau install program baca semua intruksinya
Install program gak semudah net next doing gan, ada beberapa ceklist yang harus di matikan karena gak pelu, biasany yang berhubungan dengan plugin tambaha atau install paket download baru


Quote:6. Selalu awasi jumlah starting program
Untuk menghindari lelet coba awasi di startup atau servise startupnya, cara ceknya gunakan box “msconfig.exe” browsing aja di google cara pakainya


Quote:7. Awasi notifikasi area atau task manager
Kalau di rasa lelet coba buka taskmanager atau expand notifikasi area, barangkalai ada program gak guna yag erjalan, cukup endtast atau exit lalu uninstall saja


Quote:8. Pastikan kalau agan download lakukan dengan benar
Kalau download perhatikan baik baik tombol downloadnya mana yang bener, kemaren pernah lihat MEME yang intinnya cari tombol download itu ibarat mau motong kabel buat BOM, , ane piker ada benarnya sih ini, karena kalau salah salah yang ada malah bisa install program gak jelas, btw males ane ngangkat memenya lupa ane lihat dimana soalnya


Quote:9. Gunakan addblock pada browser agan
Gunakan addblock gan di browser, untuk meminimalisir pop up, gak apa, biasanya situ situs tertentu minta matikan addblock ya matikan aja khusus situs itu, padahal pop up itu gak guna, yang buat script pop up aj nyesal karena sudah ngerepotin dunia maya


Quote:10. Untuk booting lebih cepat coba tidak usah mematikan laptop cukup sleep atau hibernate saja
Seirng sering shut down juga gak efisien kok gan, kana da fasilits hibernet atau sleep, gak usah takut rusak, fitur itu ada untuk di pakai bukan untuk dihindari, buktinya laptop ane 4 tahun gak sampe 100 kali shutdown, ini laptop yang ane pakai ngetik terakhir shutdown itu bulan September lalu, itupun karena di shutdown sama temen karena di pinjam, sisanya sampe sekarang hibernet doing,


untuk masalah antivirus kenapa antivirus luar itu gak detect virus lokal karena dari laptop lokal sendiri gak ngasih warn ke system pusat, jadinya gak ada update untuk virus lokal, kendalanya ya karena AV yang di pakai kita kita versinya bajakan, kalau untuk MSE sejak windows defender jadi setelan default di windows 8.1 sampai 10 sekarang MSE udah cukup kuat buat ngatasin virus lokal

Sekian dari ane gan, tadinya mau ane pisah sih sarannya, tapi rasanya gak afdol kalau di pisah, jadi sekalian aja

Tolong di tambahkan gan, soalnya ane gak begitu ahli dalam bidang ini, cuman mengandalkan pengalaman, jadi kalau ada ilmu yang mumpuni coba di share ntar ane angkut ke pejawen,
Tapi ane yakin sih isi thread ini semua warga kaskus udah paham dan udah nerapin, tapi cobalah kita berbagi mana tau thread ini bisa berguna bagi orang lain


________________

Quote:Btw ane punya beberapa tulisan juga tentang tutorial, kali aja berguna buat agan agan sekalian
kunjungin aja profile ane di Academia.edu
Tambahan Saran

1. Penyesuaian jenis aplikasi dan OS
Quote:Original Posted By cipakcipok
driver dan aplikasi yg gk cocok ama tipe OS juga.

Quote:Original Posted By cipakcipok


iyaa.
sama jgn lupa batre ganti mode ke high perfomance khusus laptop.


2. Matikan autoplay pada device
tujuannya adalah untuk menggurangai virus yang masuk menggunakan featuredd auto play, cara mematikannya ke control panel > hardware and sound> auto play hilangkan ceklis pada auto play
Quote:Original Posted By rpwars
antivirus ataupun software bajakan lain gak masalah buat ane...
tambahan, mungkin sebelum mencolokan flashdisk ke pc, sebaiknya matikan dulu / tidak perlu menghidupkan autoplay device pada pc / laptop.


3. Kenali Spec Komputer agan
Quote:Original Posted By bravemanray7
moga hate ya om

gua mau nambahin nih...
biasanya sih, orang mau nyari yg murah meriah laptopnya
imbasnya ya kena ke spesifikasi dan kualitas-nya itu sendiri
laptop 4 juta dipake gaming far cry 4 misalnya lo tau sendiri lah endingnya

yg wajar lah pemakaian, kenali spesifikasinya... gunakan yg sesuai
agar performa tetap wajar...

more tips
- ketika ada listrik, sebaiknya di colok aja,
- kalo mati listrik dan laptop sedang tidak digunakan hal yg penting, matikan saja
- ketika browsing (yg ini tergantung spek lagi) jumlah tab yg aktif harus sewajarnya
- rajin defrag (kalo pake ssd jangan di defrag!)
- file essential (macam dokumen, video, musik, foto) sebaiknya dipindahkan di partisi yg berbeda
misal D:\ (yg ini sangat berguna nantinya, jika ada gangguan di OS)

cek kulkas ya om


4. CCleaner + Revo Uninstaller
Quote:Original Posted By mgrama
kombinasi ccleaner+revo uninstaller...
pc was wes wos lagi
dan ane kalo install software ato naruh file hampir gk pernah taruh di disc C.
browser plugin cuma pake adblock ama eagleget download manager, bukan pake idm.
oya startup cuma program bawaan aja..itupun ada beberapa program bawaan yg disidable. sortcut di desktop cuma recycle bin ama microsoft office, tema windows pun ane buat classic

ane pake cara diatas pc dah lama tapi berasa kaya pertama kali diinstall/direset


5. Defrag HDD bagi yang pakai IDM
Quote:Original Posted By wowoteck
Tambahan ini buat agan agan yang sering download.. Terutama yang pakai downloader (macam IDM).

Selalu defrag dan optimalkan Hardisk anda. Terutama pada partisi windows (C: /). Jangan sampai lebih dari 10% ter fragmen.
Fragmented file artinya secara fisik file yang tersimpan tidak berurutan / tercacah. Info :https://en.wikipedia.org/wiki/File_system_fragmentation

Pakai windows defragment and optimize udah cukup. Dibuat automatis aja. Atau aplikasi gratis banyak bertebaran
Ane pake https://sourceforge.net/projects/ultradefrag/

Pengalaman : ane pernah disuruh ngebenerin laptop yang swuper lemot.. Ternyata 78% partisi C:/ terfragmen
Itu gara gara suka download video youtube.

Quote:Original Posted By azomega

Quote:Original Posted By yuliusaryanto
defrag ya yg bagus klo pas windowsnya ga aktif alias pake livecd, soale klo defrag pas windowsnya aktif, ga bs ke defrag secara optimal, MSE bagus tp untuk virus2 yg agak ganas mah blm tangguh, klo cari yg bagus n cukup ringan bisa cari bajakannya eset smart security atau eset nod32 atau avira/avg/avast yg free, utk yg virus2 lokal tetep butuh smadav, mau lebih aman tp ribet makenya ya pakein deepfreeze hehe

tambahan lagi, alternatif lice CD bisa pakai Win PE Builder cari aja di google



4. CCleaner + Revo Uninstaller

Revo Uninstaller itu berbayar dan kemungkinan krack-crakan, bisa pake alternatif iobit Uninstaller

5. Defrag HDD bagi yang pakai IDM

IDM bisa pake alternatf eagle get download manager. ini gratis dan sama powerfull nya.






6. Tema yang rumit
Quote:Original Posted By cahyo72
Tema yang terlalu rumit juga bisa mempengaruhi performa pc atau laptop

+hindari rainmeter kalau RAM agan kecil

7. jangan lupa faktor Hardware yang uzur
Quote:Original Posted By ryuchigo
jangan kesampingkan faktor hardware yg udah uzur, bisa jdi lelet karena itu kalau kayak gitu mau di bersihin laptopnya oleh berbagai aplikasi percuma aja


7. addblock ultimate
Quote:Original Posted By yunabid
saran nih ya gan

1. disable autoplay, ini berguna banget buat yg sering colok2in flashdisk. caranya ketik turn off autoplay di search bar (win 7 keatas) atau kalo masih bingung cek google buat cara disable nya. cara buat mencegah gan, kalau fd dicolokin gak akan otomatis tertular virus dari fd tersebut gan. karena salah satu cara virus 'menyebar' dengan cara di akses gan, nah autoplay tersebut malah bikin pc/laptop akses file virus tanpa kita perintahkan

2. gunakan adblock ultimate, rekomendasi adblock menurut ane sih gan, adblock yg lain kadang masih munculin iklan, jadi gak semua iklan kena block. dan adblock ultimate ini yg menurut ane paling recommended.

3. selalu update antivirus, antivirus cuukup satu aja gan, yg RESMI tapi masih free gak masalah gan, download aja di situs resminya. dan yg terpenting selalu update antivirus. kalo mau lebih aman ya pake yg berbayar


8. Ganti HDD dengan SSD atau ganti dengan HDD Ber RPM tingi
Quote:Original Posted By johnchristh
wah mantaf gan... itu semua ane sering lakuin biar performa laptop ane terjaga. tp pernah kondisi software aman semua gan bebas masalah bahkan virus tp laptop lama booting bs 15-20 menit gan -_- g taunya HDD ane jebol gan hahaha

akhirnya ane ganti HDD ane yg sblmnya 5400rpm ane upgrade jd yg 7200rpm skrg booting cmn pencet udh tinggal ketik password. mungkin bs jadi tambahan bwt TS nih. klo semua yg TS kasih udh ente lakuin tp laptop ente masih lemot dan g seperti biasanya coba cek HDD ente gan, apalagi bwt laptop2 yg sering d pake mobile alias sering d bawa2 kali aja ada masalah di HDDnya. klo udh HDDnya yg kena ya lebih baik ente backup semua datanya trus siapin duit bwt beli HDD baru

*note: klo bisa upgrade spek HDD ente kaya yang ane lakuin biar performanya makin wuss wuss wuss


driver dan aplikasi yg gk cocok ama tipe OS juga.
Quote:Original Posted By cipakcipok
driver dan aplikasi yg gk cocok ama tipe OS juga.


maksudnya yang 32 bit ato 64 bit itu kah gan?
kebanyakan film parno juga bisa jadi penyebabnya
Quote:Original Posted By Ahsin02
maksudnya yang 32 bit ato 64 bit itu kah gan?


iyaa.
sama jgn lupa batre ganti mode ke high perfomance khusus laptop.
Quote:Original Posted By kltrs
kebanyakan film parno juga bisa jadi penyebabnya


bener gan
pake win 8/10 boot lbh cepat
upgrade lah, pake win 10 kok masih dual core ram 4gb

itu mah cocoknya windows xp
hdd badsector
antivirus ataupun software bajakan lain gak masalah buat ane...
tambahan, mungkin sebelum mencolokan flashdisk ke pc, sebaiknya matikan dulu / tidak perlu menghidupkan autoplay device pada pc / laptop.
Quote:Original Posted By rpwars
antivirus ataupun software bajakan lain gak masalah buat ane...
tambahan, mungkin sebelum mencolokan flashdisk ke pc, sebaiknya matikan dulu / tidak perlu menghidupkan autoplay device pada pc / laptop.


oh iya bener ini

[Opini?] Mungkin ini penyebab laptop agan lelet
adek sayang pak tani
Kok TS nya kayak ngepromosiin anti virus mikocok bro ?
Kalo leptop ane juga sehat sehat aja bro
Windosnya juga kebal ama virus manapun
mas bikin kyk gini jgn mihak ke mikocok dong yak.. emg ente dibayar ma mikocok buat bikin trit ginian ya?
laptop ane lelet purely krn spek, gaada hubungan sama yg berbau mikocok
masuk nih infonya
ya karna ente ga merawat gan
setiap barang punya jiwa yg harus ente rawat dan jaga
Quote:Original Posted By rizkybond
Kok TS nya kayak ngepromosiin anti virus mikocok bro ?
Kalo leptop ane juga sehat sehat aja bro
Windosnya juga kebal ama virus manapun


Quote:Original Posted By ccxex29
mas bikin kyk gini jgn mihak ke mikocok dong yak.. emg ente dibayar ma mikocok buat bikin trit ginian ya?
laptop ane lelet purely krn spek, gaada hubungan sama yg berbau mikocok


bukannya memihak gan cuman menurut pengalaman ane memang itu yang terbaik, lagian ngapain ane promosiin demi uang, toh anivirus mikocok itu gratisan, tujuannya sih memang supaya lebih banyak yang makai, jadi kalau banyak yang makai kalau ada virus jenis baru system otomatis ngasih tau server utama, dan server ngeluncurin update baru, kan jadi lebih aman juga komputer kita
keep calm and love PAK TANI !


Edit : GEMBOKED ! yang lain, dibelakang aja ye
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar