Pages


Rabu, 06 Mei 2015

Kecelakaan Truk Berisi Asam Sulfat di Tol Bandara Soetta

Gan ada peristiwa mengerikan tadi pagi.. Ada kecelakaan truk tangki dengan truk lainnya. Masalahnya isi dari tangki yang di tabrak tersebut merupakan zat kimia yang bernama Asam Sulfat, cairan ini bocor dan menimbulkan korban jiwa. Konon ban dari mobil yang sedang melintas di jalan tersebut juga hancur. Berikut beritanya :



Truk Terguling Warnai Lalu Lintas Ibukota Pagi Ini Quote:Liputan6.com, Jakarta - Twitter TMC Polda Metro Jaya mengabarkan kondisi lalu lintas Ibukota pagi ini terpantau cukup padat disejumlah ruas jalan. Meski demikian ada beberapa titik lalu lintas yang terpantau lancar.

Seperti di Tol Bekasi Timur arah Cawang. Di ruas jalan ini lalu lintas mulai padat merayap dari KM 16. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah volume kendaraan yang hendak beraktivitas di pagi ini.

Lalu lintas juga mulai padat dari Pesing arah Jalan Tubagus Angke, Green Garden dan Kedoya. Lalu lintas dari Cengkareng, Jembatan Gantung ke Pesing juga merayap.

Kondisi ini diperparah dengan adanya beberapa kecelakaan lalu lintas yang terjadi dibeberapa titik ruas jalan. Pertama 2 truk yang bermuatan asam sulfat tumpah ke jalan di KM 17 Tol Angke, dan sebuah truk terguling di KM 14.800 arah Bintaro yang kini masih dalam penangan petugas pemadam kebakaran DKI.

Berikut pantauan arus lalu lintas Ibukota dan sekitarnya yang dihimpun Liputan6.com dari akun Twitter Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro, Selasa (5/5/2015) pagi:

06.52 Lalu lintas dari Rawabelong-Pal Merah-Slipi padat jelang Pasar Pal Merah.
06.50 Lalu lintas Grogol-Roxy-Gajahmada terpantau padat di Layang Roxy.
06.50 Lalu lintas Latumenten arah Grogol saat ini terpantau padat.
06.50 Lalu lintas dari Cengkareng arah Puri Kembangan Ramai cenderung Padat kedua arah.
06.50 Lalu lintas dari Pesing arah Jl Tubagus Angke saat ini terpantau Padat kedua arah.
06.49 Lalu lintas dari Pesing-Green Garden-Kedoya ramai cenderung padat kedua arah.
06.48 Lalu lintas Flyover Pesing-Indosiar-Grogol padat kedua arah.

06.48 Lalulintas dari Cengkareng-Jembatan Gantung-Pesing padat merayap, sebaliknya ramai lancar.
06.48 Lalulintas dari Kebayoran Lama arah Pakubuwono padat Imbas Proyek jalan layang Tendean-Ciledug.
06.45 Lalulintas Tol Halim arah Cawang saat ini terpantau padat.
06.45 Lalulintas Tol Cililitan arah Cawang saat ini terpantau padat, sebaliknya Lancar.
06.45 Lalulintas Tol Bekasi Barat arah Halim saat ini sudah terpantau padat.
06.45 Lalulintas Cipulir arah Kebayoran Lama saat ini padat kedua arah Imbas proyek jalan layang Tendean-Ciledug.


06.43 Lalulintas Ciledug arah Cipulir saat ini terpantau padat kedua arah.
06.42 Lalulintas Tol Grogol arah Slipi terpantau padat imbas antrean kendaraan di Exit Tol Dharmais.
06.40 Truk alami kecelakaan di KM 30.100 menjelang Exit Tol Cikarang Barat, Lalu lintas tersendat.
06.38 Lalulintas Tol Kebun Jeruk arah Tomang saat ini terpantau Padat.
06.38 Lalulintas Tol Karang Tengah arah Kebon Jeruk saat ini padat.
06.35 Truk H 1875 F Terguling di Tol Ciledug arah Bintaro KM 14.800 , lalu lintas tersendat.

06:19 Kecelakaan Truk Tangki terguling di KM 14,800 Tol Ciledug (arah ke Bintaro) dan masih penanganan Polri.
06:01 Tol Bekasi Timur arah Cawang lalin padat merayap mulai dr KM 16.
05:48 Ada tumpahan Asam Sulfat di lokasi kecelakaan 2 Truk KM 17 Tol Angke (arah Bandara).
05:41 Kecelakaan 2 Truk di KM 17 Tol Angke (arah ke Pluit), lalin tersendat dan masih penanganan Polri.
05:36 Kebakaran Ruko di Perumahan Arinda Jalan Pondok Aren Tangsel dan masih penanganan DPK.
05:30 Tol Cawang/Halim arah ke Pancoran dan sebaliknya lancar.


Kecelakaan Truk di Tol Angke, Muatan Asam Sulfat Tumpah ke Jalan Quote:Detik - Kecelakaan di KM 17+800 Tol Angke arah Bandara Soekarno-Hatta ternyata melibatkan 4 kendaraan. Kecelakaan bermula dari tabrakan dua truk.

Dikutip dari laman facebook TMC Polda Metro Jaya, kecelakaan ini terjadi pukul 03.48 WIB, Selasa (5/5/2015). Empat kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah truk Kontainer B 9107 BEH, truk tangki L 8370 UN, Taksi B 1431 KTH dan Nissan Livina B 1416 SQP.

Petugas Operator Radio Trunking Satuan PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Darno menerangkan, kecelakaan terjadi saat truk tangki yang berjalan di lajur kiri dari Slipi arah Pluit ditabrak truk kontainer.

"Akibat ditabrak, truk tangki alami kebocoran dan muatan asam sulfat tumpah ke jalan," kata Aiptu Darno.

Pada saat yang bersamaan, taksi B 1431 KTH dari arah yang sama, bersenggolan dengan Nissan Livina karena sopir diduga kaget dan membuang kemudi ke jalur kanan.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Petugas PJR dan Unit Laka Ditlantas Polda masih melakukan penanganan.

Jasamarga melalui akun twitternya menyebut evakuasi kecelakaan ini membuat arus lalu lintas jelang lokasi ke arah Cengkareng padat.


Truk Bermuatan Bahan Kimia Kecelakaan di Tol Grogol, Satu Tewas Quote:WARTA KOTA, GROGOL PETAMBURAN - Kecelakaan terjadi di Jalan Tol Km. 17 arah dari Grogol menuju Tubagus Angke pada Selasa (5/5/2015) pagi. Kejadian tersebut memakan satu korban jiwa.Pada peristiwa itu mobil truk bermuatan bahan kimia ditubruk oleh mobil truk lainnya dibagian belakang. Sontak mobil yang berisikan bahan kimia tersebut terguncang hebat. Akibat guncangan tersebut pipa berbahan kimia ini bocor. Cairan menetes mengalir ke bawah kolong tol. "Dari kecelakaan itu ada warga yang tinggal di bawah kolong tol tewas karena terkena cairan kimia," ujar Kasatlantas Polrestro Jakarta Barat, AKBP Ipung Purnomo kepada Wartakotalive.com pada Selasa (5/5/2015) siang. Korban diketahui bernama Kusmiati (28) yang merupakan seorang gelandangan bermukim di bawah kolong tol.
Perempuan berusia 28 tahun ini mengalami sesak pernapasan yang kronis akibat menghirup asap dari cairan kimia tersebut. "Korban dilarikan ke Rumah Sakit Atma Jaya, namun nyawanya tak bisa diselamatkan. Kini jenzah korban dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," ucap Ipung. Dalam kejadian ini kedua sopir truk selamat dari maut. Mereka hanya mengalami luka ringan dan dalam proses pemeriksaan.


1 Orang Jadi Korban Tumpahan Asam Sulfat Kecelakaan Truk di Tol Angke Quote:Detik - Kecelakaan yang terjadi di KM 17+800 Tol Angke yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta menyebabkan cairan asam sulfat dari truk tangki tumpah ke jalan. Akibat dari kecelakaan tersebut satu orang menjadi korban.

Menurut Kasat Lantas Jakarta Barat, AKBP Ipung Purnomo, korban bernama Rusniati (28). Korban menghirup asap asam sulfat karena saat kejadian korban berada di bawah Tol Angke KM 17+800.

"Iya korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Cipto karena mengalami sesak saluran pernapasan," terang Ipung saat dikonfirmasi, Selasa (5/5/2015).

Ipung mengatakan, Kecelakaan itu melibatkan dua truk, taksi, dan mobil Nissan Grand Livina. Kedua truk tersebut adalah truk kontainer dan truk tangki.

Muatan truk tangki berupa cairan asam sulfat tumpah setelah ditabrak oleh kontainer di lajur kiri dari arah Slipi, dan kini tengah dibersihkan petugas. Truk sendiri sudah dievakuasi oleh petugas.


Cairan Asam Sulfat Bekas Kecelakaan Truk Sedang di Bersihkan PetugasQuote:BERITAENAM.COM Kecelakaan yang terjadi di KM 17+800 Tol Angke yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta menyebabkan cairan asam sulfat dari truk tangki tumpah ke jalan. Kecelakaan itu melibatkan dua truk, taksi, dan mobil Nissan Grand Livina.

Kedua truk tersebut adalah truk kontainer dan truk tangki. Muatan truk tangki berupa cairan asam sulfat tumpah setelah ditabrak oleh kontainer di lajur kiri dari arah Slipi, dan kini tengah dibersihkan petugas.

"Petugas Pemadam Kebakaran akan segera ke lokasi untuk membersihkan. Kami nelum mengetahui ada berapa unit yang akan diterjunkan," kata petugas layanan informasi Jasamarga Linda saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (5/5/2015).

Akibat dari tumpahan ini lalu lintas di sekitar lokasi tersendat. Kondisi lalu lintas di Tol Angke yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta saat ini terpantau ramai.

"Dari pantauan CCTV kami belum terlihat adanya antrean kendaraan. Lalu lintas padat dari arah yang mengarah ke lokasi saja," imbuh Linda.

Sementara itu dari akun @TMCPoldaMetro terlihat unit pemadam kebakaran tengah menyirami cairan asam sulfat. Tampak arus lalu lintas tersendat di belakang unit pemadam kebakaran tersebut. (cp/dtk)


BBM Quote:[05/05 13:00] Seane1: Terjadi kecelakaan diruas toll, Arah grogol ke arah bandara, Asam sulfat dari tangki tumpah di jln toll, Mengakibatkan bann mobil pd mengelupas berbahaya sekali utk mobil yg melintas diatas jelambar, Banyak mobil yg hancur bannya, Berita dari radio Elsinta
[05/05 13:00] Seane1: Friends ..Betul itu beritanya,, ada yg meninggal, cairan kimianya mengalir ke bawah jembatan n ada orang di bawahnya,, jadi ada yg meninggal di daerah angke, kata nya. Jadi jangan lewat situ dulu..!!! Bahaya.
Besi pun bs langsung kemakan dan karatan. Asam sulfat encer tetap berbahaya. Jd mesti disiram dgn air yg banyak, atau pakai bahan alkali utk menetralisir, tergantung mana yg lbh murah. Disarankan jangan lewat sana. Kalau terkena cipratan genangan airnya saja, kulit bs langsung gosong loh !
Forward ke tmn2 ataw kenalan kt...


Poto - Poto :



Pertanyaannya apa itu Asam Sulfat??

Quote:Asam sulfat, H2SO4, merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air pada semua perbandingan. Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Produksi dunia asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton, dengan nilai perdagangan seharga US$8 juta. Kegunaan utamanya termasuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak. sumur  (id.wikipedia.org)


Quote:Asam sulfat memang berbahaya bila terkena pada jaringan seperti kulit, efek yang ditimbulkan akibat sifat asam sulfat sebagai senyawa korosif dan penarik air yang kuat dapat menyebabkan kulit seperti terkena luka bakar.

Luka bakar akibat asam sulfat berpotensi lebih buruk daripada luka bakar akibat asam kuat lainnya, hal ini dikarenakan adanya tambahan kerusakan jaringan dikarenakan senyawa H dan O dari jaringan ditarik sebagai H2O (dehidrasi) dan juga akan terjadi kerusakan termal sekunder akibat pelepasan panas oleh reaksi asam sulfat dengan air. Bahaya akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi asam sulfat. Namun, bahkan asam sulfat encer (sekitar 1 M, 10%) akan dapat mendehidrasi kertas apabila tetesan asam sulfat tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Oleh karenanya, larutan asam sulfat yang sama atau lebih dari 1,5 M diberi label “CORROSIVE” (korosif), dan larutan lebih besar dari 0,5 M dan lebih kecil dari 1,5 M diberi label “IRRITANT” (iritan).

Selain berbahaya untuk kulit atau jaringan, jenis asam sulfat pekat berasap (oleum) dapat berbahaya untuk saluran pernapasan. Oleum mengeluarkan asap berupa gas SO2 yang sangat reaktif. Gas ini sangat berpotensi merusak paru-paru bila terhirup, reaksi dengan air terjadi seperti berikut :

SO2 + H2O –> H2SO4

Bila terjadi kecelakaan terpapar asam sulfat pada kulit (kejadian ini paling sering terjadi dilaboratorium) harus dilakukan penanganan yang cepat dan benar. Perawatan pertama yang standar dalam menangani tumpahnya asam sulfat ke kulit adalah dengan membilas kulit tersebut dengan air sebanyak-banyaknya (air harus mengalir). Pembilasan dilanjutkan selama 10 sampai 15 menit untuk mendinginkan jaringan disekitar luka bakar asam dan untuk menghindari kerusakan sekunder. Pakaian yang terkontaminasi oleh asam sulfat harulah dilepaskan dengan segera dan segera bilas kulit yang berkontak dengan pakaian tersebut.

Tingkat bahaya yang tinggi dengan kejadian yang sering terjadi disebabkan karena senyawa ini tidak dapat digantikan fungsinya di laboratorium ataupun industri, sifat fisik dan sifat kimia asam sulfat khas dan sangat penting untuk banyak reaksi. Untuk itu walaupun bahaya bukan berarti harus takut dan tidak bekerja dengan asam sulfat, karena dengan penanganan yang benar kecelakaan dapat dihindarkan.


Wah ngeri juga ya gan.. banyak - banyak berdoa deh kalo di jalan.. Kita gak ada yang pernah tahu kapan kecelekaan akan terjadi... Di tunggu komennya Gan!
poto2nya mana coy ?
mana gan gambar truknya
SEREMMM...untung ga terbakar.

Kalo isisnya Cabe2an maknyus tuh
aseli ni?blm liat tipi.soalnya

utg bukan d bandung
Serem bener gan bisa gitu
Nunggu update foto
Kecelakaan ngga ada yg tau kapan datangnya
Turut berduka buat korban
wow ngeri juga itu
bahan kimia sampai meluber ke jalan
waduh serem ya

Spoiler for foto bugil abg 17+:
wah kasian korban nya

perasaan td nih di longe siapa yg mindah ke bp ?
wihh serem bacanya

ga kebayang kena zat asam
Serem amat yang tumpahnya
Coba kalau emas yang tumpah
Wahhh
Parah itu..!
Semoga korban diberikan tempat yg layakk
Aamiin
ngeri banget kejadiannya udah kaya di pelem pelem
Asam sulfat (sulphuric acid), H2SO4 sangat berbahaya bagi jaringan tubuh kita gan karena sifatnya yg sangat higroskopis (menarik air) terutama yg pekat. Saat terjadi kontak dgn jaringan tubuh maka air yg ada akan ditarik oleh asam sulfat pekat shg mengakibatkan luka bakar yg serius (bahkan bisa lebih parah dari terbakar api) karena lukanya bisa berlanjut menyerang terus ke jaringan yg lebih dalam jika tidak segera dibilas atau dinetralkan. Kontak asam sulfat pekat dgn air perbandingan 1:1 by volume akan menimbulkan panas reaksi yang cukup utk membuat campuran mendidih diserati ledakan...
ngeri juga klo kecelakaan kayak gini
2 mobil besar senggolan
apalagi ditambah bonus angkutannya berupa benda berbahaya

untungnya tidak ada korban jiwa yang terlibat langsung dalam kecelakaan tersebut
walau akhirnya ada 1 korban jiwa meninggal dunia yang apes, karena tinggal di kolong jalan tol
Hati-hati bagi kendaraan yg melintas di bawah jln toll tempat terjadinya kecelakaan ini, hindari tetesan larutan asam sulfat yg meskipun encer tetap korosif. Karatan mengancam logam yg terpapar tetesan tsb.
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar