Pages


Jumat, 29 Januari 2016

Jujur Walau Menyakitkan atau Bohong Demi Kebaikan?


Spoiler for HT4:

Quote:HT4 thanks buat mimin,officer,momod,juga agan2 semua
Thanks juga yg udah ngasih cendol,rate,abu,juga yg udah mampir

Quote:Quote:Hellow agan-agan sista-sista dimanapun kalian berada.Welcome To My Thread
Bicara tentang kejujuran dan kebohongan memank tak ada habisnya karena keduanya akan ada disekitar kita.kali ini yg akan ane bahas tentang"Jujur Walau menyakitkan Atau Bohong Demi Kebaikan?"
Keduanya mungkin dibenak kita mempunyai tujuan yg sama yaitu tujuan positif.
"Kejujuran" satu kata tp beribu makna.Terkadang kita sulit buat berkata jujur apalagi jika kejujuran itu malah membuat orang sakit hati.Apakah Kejujuran merupakan modal kita untuk menjadi orang sukses?jawabanya tidak.Banyak kok pembohong-pembohong besar yg sukses anda bisa lihat sendiri disekitar anda tak perlu ane sebutkan.Tapi anda harus percaya bahwa sukses gk menjamin kebahagiaan,karena kebahagiaan sejati adalah jika kita menerima sesuatu dengan ikhlas dan mensyukuri dalam menjalani kehidupan.
"Kebohongan",yap mungkin jika mendengar kata ini kita otomatis berasumsi negatif.Tp memank kenyataannya gitu kan?hehe.


Quote:
Spoiler for foto:

Quote:Jujur Walau Menyakitkan
Mungkin kalian tanpa disadari pernah melakukan kejujuran yg membuat org lain sakit hati tp percayalah bahwa anda melakukan tindakan yg tepat.Jika anda berkata jujur saat kondisi yg mungkin anda tak tau harus berkata apa,berarti anda sudah berfikir jangka panjang karena kebohongan walau indah suatu saat nanti akan terbongkar juga.Beberapa contoh kejujuran yang menyakitkan dalam kehidupan sehari-hari,cekidot


Quote:
Spoiler for foto:

Quote:1.Jujur Tentang Kekurangan Anda Kepada Kekasih

"Sayang,sebelum kita melanjutkan ke hubungan yg lebih serius bolehkan aku jujur?terserah kamu mau lanjutin hubungan kita atau enggak"
"Apa sayang?"
"Aku sebenernya mandul sayang"
"Gpp kok sayang aku yg tempramen,cerewet,suka ngatur kamu,tp kamu hadapinya dengan sabar.Itu udah cukup membuktikan kok bahwa kamu memank pantas untuk ku pertahankan.Aku bisa kok terima kekurangan mu sayang kan kita bisa adopsi anak"
"Aku sayang kamu"
"Aku juga"
Terlalu drama gk sih gan contohnya?hehe.
Itu contoh kejujuran dlm percintaan.Dlm asmara memank kita harus saling terbuka antara pasangan supaya tidak terjadi hal-hal yg tdk diinginkan suatu saat nanti



Quote:
Spoiler for foto:

Quote:1.Tidak Mencontek Dalam Ujian

Contoh kecil lainnya adalah tidak mecontek dalam pelajaran,Jika anda misalnya sebagai pelajar yg mempunyai otak yg tidak terlalu pintar(maaf) pasti sering kepikiran untuk mencontek
Walaupun sepele tp percayalah itu tindakan yg tidak terpuji gan.Mungkin mencontek sudah menjadi budaya tergantung diri kita sendiri berani jujur dengan resiko nilai cenderung buruk Atau mencontek dng resiko jangka panjang nya yg membuat kita terus dan ketagihan melakukan hal yg sama


Quote:
Spoiler for foto:


Quote:3.Mengkritik Seseorang

"Pak,mohon maaf pekerjaan anda kurang rapih lain kali perbaiki ya"
"Siap Pak"
Contoh kecil selanjutnya adalah ketika mengkritik kekurangan seseorang/kelompok.Tp ane lihat terkadang kritikan itu lebih condong ke sinis/benci,menurut ane itu bukan kejujuran tp kebencian.



Quote:
Spoiler for foto:


Quote:Bohong Demi Kebaikan

Kebohongan tetaplah kebohongan walaupun dikemas dengan cara apapun,tp bgaimana jika kita berbohong demi kebaikan?yuk kita lihat contohnya dlm kehidupan sehari-hari



Quote:
Spoiler for foto:


Quote:1.Kebohongan Ibu Kepada Anaknya

Saat dirumah sendirian:
"Wah kue nya enak banget kesukaan aku nih kebetulan lapar banget nih"
Saat anaknya datang:
"mah ini kue buat aku ya?aku laper mah"
"Ambil aja nak,itu mamah siapin buat kamu kok"
"mamah udah makan?"
"mamah udah kenyang kok"
Coba anda bayangkan betapa besarnya pengorbanan ibu anda mulai dari saat anda di dalam kandungan ibu.Ibu terus berjuang sampai melahirkan yg menyakitkan dan melelahkan ditambah saat anda sudah beranjak dewasa ibu anda akan tetap sayang bahkan ibu anda mungkin pernah melakukan kebohongan-kebohongan kecil untuk anda maka sayangilah ibu kalian ya gan .


Quote:
Spoiler for foto:



Quote:2.Kebohongan Ayah Kepada Anaknya

"Nak,Sini papah bawain makanan nih buat kalian dan ibumu"
"Asyik,laper bgt nih pah"
"Yaudah dimakan ya sayang"
"Mas,udah makan?"
"papah kok gk ikutan sih?"
"Papah udah kenyang kok kalian saja yg makan"
Kebohongan-kebohongan kecil ayah juga tak kalah banyaknya dari ibu gan.Saat kalian dilahirkan dengan selamat yg pertama senyum dan bersyukur siapa coba?Pasti ayah kamu.Ayah rela banting tulang demi keluarganya,menjelang anda dewasa dan sukses pasti ayahmu akan bangga gan.Hmm betapa besar gan pengorbanan ayah gan


Quote:
Spoiler for foto:


Quote:3.Kebohongan Suami Kepada Istri

"mah,masakan mamah top deh makin sayang aja papah(padhal keasinan)"
"thanks ya pah,mamah juga sayang papah"
Pernahkah anda sebagai suami melakukan hal ini?ane juga tau itu untuk kebaikan tp secara tidak sadar membuat istri anda tidak mengoreksi seakan-akan anda suka.Betapa besarnya gan pengorbanan suami sampe rela berbohong demi istriny gan



Quote:
Spoiler for foto:


Quote:4.Kebohongan Sahabat

Dibalik kritikan-kritikan yg membangun secara tidak disadari pasti sahabat anda pernah melakukan kebohongan-kebohongan kecil demi membahagiakan anda.


Quote:Quote:
Penutup
Apakah agan setuju dengan artikel ane?kalo tidak setuju boleh berbagi pendapatnya disini
Sekian thread dari ane gan mohon maaf bila ada kesalahan kata karena itulah ane apa ada nya,ane bukan seorang penulis bukan juga org bijak bukan juga org bersih karena ane hanya manusia biasa gan.Ane sebagai Ts akan senang jika agan mengapresiasi thread yg sederhana ini dengan bahkan ane senang kalo dilempar yg ijo2 jangan ane ya gan ane jg rasain betapa sakitnya dilempar apalgi kalo ke jidat sakitnya tuh dijidat


Quote:Sumber
Artikel:Ts
Gambar:Mbah Google



Quote:Quote:Trit-trit ori ane lainnya:
Nostalgia Acara TV Beberapa Tahun Silam HT1

Jenis-Jenis Maho Versi Ane JFF

Tipe Cewek Berdasarkan Umur dan Cara Mendapatkannya JFF

Pelajaran Hidup dari Game Clash Of Clans HT2

Apa Sih Stalker Itu?Kita Bahas Yuk

Agan JOMBLO?Masuk Sini Gan

Hebat Mana Orang Zaman Dahulu Dengan Sekarang?HT3

Lagu-Lagu Guitar Hero Yang Enak Didengar Saat Santai

SUKA DUKA CEWEK BERWAJAH JUTEK



Quote:Quote:
Buat Diskusi:

Quote:Original Posted By teengkuu
kayak obat, pait, tapi ntar ilang dan bisa buat kita sembuh



wah bagus bgt nih perumpamaan nya

Quote:Original Posted By mcdle
Yg pernah ane baca, Bohong Demi Kebaikan itu cuma boleh semisal..

"2 kubu lagi berantem nah kita sbgai pihak ke 3 berusaha gimana caranya supaya mereka baikan lagi walaupun dgn cara bohong"
Lain2 nya ngga ada


baru tau ane lumayan nambah pengetahuan

Quote:Original Posted By m00n2718
dua duany boleh lah gan, yang jujur walau menyakitkan itu sangat harus yang bohong demi kebaikan itu juga terkadang " perlu" dilakukan


bener gan tp bagi org yg berfikir jangka panjang pasti memilih untuk tidak berbohong karena suatu saat jika terbongkar kebohongannya akan berabe urusan tp kalo kebohongan untuk membuat orang lain senang sih bisa dimaklumin karena tujuan nya baik meskipun memank caranya yg salah


Quote:Original Posted By ajid48



Nyahahahahahahaha... Mantap deh gan..


Jangan terlalu banyak di bohongin demi kebaikan, nantinya dia bakal susah menerima kenyataan gan



#Pejwan dong#


ok gan

Quote:Original Posted By olanyu
udah jujur aja deh... apalagi urusan masakan istri... kalo kesinan bilang aja keasinan... daripada lo tiap hari dimasakin keasinan.. yang ada ntar lo darah tinggi


pengalaman nih kayaknya

Quote:Original Posted By Mexalyth
Tapi, apa pun alasan dan tujuannya, bohong itu adalah dosa. Emang pernah ada di kitab suci bilang jangan berbohong terus dikasih bintang kecil di akhirnya dengan keterangan dibawahnya syarat dan ketentuan berlaku?


yap agama manapun melarang kebohongan.ane gk nyantumin tentang ajaran tertentu karena ini forum umum gan.Ane cuma menerapakan kejadian di kehidupan sehari hari

Quote:Original Posted By megatron21
Kalo bohongnya kayak gitu mah bisa dimaklumi gan.

Tapi kalo untuk hal2 krusial yg memang berpotensi menyakitkan, daripada bohong kalo ane lebih baik jujur.

Toh, menyakitkan atau nggak tergantung cara penyampaiannya kok.

Contoh :
Ane punya temen, badannya bau trus duduk di sebelah ane
"Jon, bisa tukeran tempat duduk gak?" Tanya ane
"Kenapa?" Doi nanya balik
"Biar gw kaga pingsan kalo ada angin ngarah ke gw, wkwkwkwk"
"Sue, wkwkwkwk"



kalo sama sahabat memank kita cenderung lebih jujur gan.setau ane ciri sahabat salah satunya tau sifat2 kita jadi ketika kita ngomong blak blakan kepada sahabat kita dia akan menerima dan tidak tersinggung seperti yg agan sebutkan diatas



Quote:Original Posted By ecluides
btw, kalo mencontek, itu salah pada dunia pendidikannya. seorang siswa di paksa untuk menjadi yang terbaik (nilai) bukan ilmu nya. maka dari itu orang berlomba lomba mendapat kan nilai. bukan ilmu. terbukti ane dulu sma suka nyontek karena ga tau arah tujuan pelajaran ipa mgarah ke mana. sekarang saat mahasiswa. di fakultas yang ane sukai ane cintai, terasa bahwa ane mengejar ilmu. nilai menjadi tak berarti sat kuliah, yang jelas keadaan berbeda saat sma yg oenuh contek menyontek dan saat sma


intinya mencontek karena terpaksa ya gan?

Quote:Original Posted By adrianalima
gw tipe orang yang berprinsip katakanlah kejujuran walaupun pahit.
ga ada yg namanya berbohong demi kebaikan.
case diatas ibu pada anaknya, mungkin baik bagi si anak, tapi kan tidak baik bagi si ibu, kelaperan, nggak makan.. ntar sakit dll.
atau seperti komen diatas, sebagai pihak ketiga yg mendamaikan, kalo seandainya kedua pihak tau pihak ke3 bohong gimana ?

berbohong adalah tindakan bodoh, saat kita berbohong orang yg pertama dibohongi adalah diri sendiri.
intinya berbohong itu seperti bom waktu saja, sekalipun 'disaat' itu kita selamat dan aman tapi itu bersifat sementara.
belum lagi hidup kita gak tenang jika berada dalam kebohongan

lagian hidup jujur dan apa adanya gw rasa jauh lebih baik,
bener2 enjoy..

tidak mengatakan yg sebenarnya; bisa dengan diam atau jelaskan jika untuk saat ini kita memang tidak bisa mengatakannya.
jauh lebih bijak daripada berbohong.




itu sudah


nah ada sanggahan nih tentang komeng agan no 2.ane sedikit nambahin gan yg tentang si ibu,agan mungkin tau anak2 lebih sensitif?itu menurut ane kbohongan kecil org tua yg bersifat refleks si ibu gk tau resiko jangka panjangnya yg penting buat si anak bhagia.gimanapun juga tujuan smw org tua baik yaitu untuk kebahagiaan anaknya

Quote:Original Posted By zaay
itu bukan pilihan gan menurut ane hehe ,
Logikanya, jika kita tahu ada sebuah kesalahan, otomatis kita juga pasti tahu apa yang seharusnya menjadi kebenaran. Kita tahu ini salah karena kita tahu yang benar adalah itu. Jadi, dalam konteks tadi, kita tahu yang benar adalah jujur tanpa (niat) menyakitkan tapi untuk kebaikan ya walaupun kadang orang merasa menyakitkan . Jadi, pertanyaan ini pasti akan dijawab hanya dengan satu jawaban di luar pilihan hahahaha

setuju sama agan ini tp ane sedikit koreksi ya gan boleh kan?
ane buat trit membandingkan sesuatu yg berlawanan tp bermakna sama sama positif.kalo membandingkan jujur menyakitkan atau bohong menyakitkan agak rancu buat perbandingan terasa berat sebelah gan.ternyata banyak yg antusias nih bahas tentang kejujuran.thanks gan sharenya

Quote:Original Posted By anglingkasmala
di dalam kehidupan di kantor/instansi/lembaga..ini yang terjadi.


awal dari kebohongan....sering ngomongin ga jelas(tapi dibuat jelas;up date status,bahkan di "bumbui" kata kata biar jadi "greng"
Orang yang berbohong akan beranak pada kebohongan berikutnya....



kebanyakan orang yang suka cari muka/ga bisa kerja/tapi omongannya di percaya....secara orang yang munafik adalah orang yang cerdas/pengetahuannya boleh di bilang handal(namun karena berjiwa pemalas,pakai cara jilat atas dan bawah,ga usah kerja keras bakal dapet apa yang di pengenin...pastinya ada yang dikorbankan oleh si munafik)
biasanya si munafik ga sendirian(biasanya "tim"/"Kelompok")....

berani JUJUR!..meskipun pait..manisnya akan terasa nikmat di akhir.
Ga Rugi Jadi orang berintegritas..pikirin yang bakal di dapet di akhirat..jangan mikirin dunia aja...inget MATI..bisa kapanpun dan dimanapun.
salam sukses


wow lumayan buat perbandingan meski tujuan nya agan mendukung jujur walau menyakitnkan ane angkat ke atas.thanks sharenya

Quote:Original Posted By lovric
lebih prefer bohong dulu sampe akhirnya nemuin waktu yang tepat untuk jujur sih kalo ane, salah nggak sih? (._.")>


mungkin agan tipe org yg gk berani ambil resiko tinggi selama agan nyaman jalanin aja tp ingat gan semakin agan berbohong semakin agan merasa bersalah bahkan agan akan terus menutupi kebohongan.tp ane garis bawahi jika agan memank niatnya baik gk ada salah nya berbohong tp dosa ditanggung penumpang
Quote:Original Posted By Tomytr3
Kalo menurut ane dua2 nya perlu gan
sesuaikan dengan kondisi kasusnya yang dihadapi
kadang kita memang perlu jujur walaupun itu menyakitkan contohnya itu tentang jawa, atau lagi dalam bahaya
kadang juga kita harus bisa berbohong untuk kebaikan contoh yang mungkin sudah ada juragan disini sebutkan
untuk mendapaikan orang yang lagi berantem kadang kita harus ada berbohongnya supaya mereka bisa berdamai

IMHO


bener gan ane angkat pejwan
Quote:Original Posted By prabu52
nambahin contoh berbohong demi kebaikan gan

kalo misal ada maling lagi diuber masa terus ngunpet di rumah kita, lebih baik berbohong kepada masa daripada tuh maling mati digebukin gan
trus selanjutnya kita bawa tu maling ke yang berwenang gan

numpang pak iwan


wkwkwk ok gan
Quote:Original Posted By xinclaire1
Didunia ini kebohongan malah dianggap bener sekarang,banyak org mempergunakan kebohongan untuk kepentingan y pribadi,kebohongan hanya dinikmati sementara sedangkan kejujuran akan kita nikmati sampai seterus y...
Jujur tu kita merasa legah sedangkan kebohongan kita merasakan resah
Biar pun kita merasakan tersakiti tu cuma sementara tapi yang diatas akan mengungkapkan semua kebenaran y suatu saat nanti


yap bener bgt.tp bnyk jg lho pembohong2 yg hidupnyau sukses.kesenangan semu menurut ane


Quote:Original Posted By f0r54k3n
Jujur. Darimana bisa ada bohong utk kebaikan? Ngaco bgt


mungkin quote ini bisa menjelaskan sedikit tentang kamsud agan


Quote:Original Posted By nashiru
dalam keyakinan ane ada 3 jenis kebohongan yg diperbolehkan :
1. Bohong dalam keadaan perang
2. Bohong untuk mendamaikan perselisihan antar manusia
3. Bohongnya suami untuk menyenangkan hati istri / sebaliknya

diperbolehkan bukan berarti bebas, tapi ada keringanan karena dibalik kebohongan itu ada kemaslahatan yg lebih besar..
Spoiler for no sara:
“Aku tidaklah mendengar sesuatu yang diberi keringanan untuk berdusta di dalamnya kecuali pada tiga perkara, “Peperangan, mendamaikan yang berselisih, dan perkataan suami pada istri atau istri pada suami (dengan tujuan untuk membawa kebaikan rumah tangga).” (HR. Bukhari no. 2692 dan Muslim no. 2605, lafazh Muslim).




Quote:Original Posted By fadlan2889
3 hal dalam islam yg diperbolehkan untuk berbohong,

1. berbohong untuk menyenangkan istri
"mas, aku cantik gk?mas, bajuku bagus gk?" silahkan dicoba kalo pengen di tabok, kecuali bini ente sifatnya cuek2 aja

2. berbohong ketika keadaan perang
pasukan A berapa sih? 3juta orang, padahal cuma 300 orang

3. berbohong untuk mendamaikan saudara
A : si B mah kelakuannya kayak
C : ah, gk kok..si B mah baek, malah suka omongin kebaikan lu kalo ngobrol sm gw, salah paham aja kali..kapan2 kita bareng2 ketemu deh

meanwhile
B : si A mah kelakuannya kayak
C : ah, gk kok..si A mah baek, malah suka omongin kebaikan lu kalo ngobrol sm gw, salah paham aja kali..kapan2 kita bareng2 ketemu deh

selebihnya mending jujur deh, segimana paitnya..justru kalo boong, bakal timbul masalah baru, dan lu bakal ngebohong lagi buat nutupin kebohongan sebelumnya



Quote:Original Posted By Chen21
kalau di strategi negoisasi, tidak boleh berbohong pada siapapun, karena nanti akan tidak dipercaya lagi kalau negoisasi atau pas jual barang. kalau di strategi negoisasi, kejujurannya yang menyakitkan harus dibumbui/diberi frame yang membuat tidak terlalu menyakitkan.
kalau jujur, pertama-tama akan tidak disukai, karena seperti omongan kita menyakitkan. tapi lama-lama orang sadar dengan kejujuran kita dan akan sering bertanya pendapat kita kalau ingin pendapat yang jujur daripada kebohongan.


kalo itu memank gk boleh gan soalnya takut ada pihak lain yg dirugikan

Quote:Original Posted By figonaya
Biasanya ada saat utk berbohong dan jujur. Ga bisa juga kita paksakan harus jujur sementara mengancam keselamatan anda, seperti anda ditanya atasan anda ttg penampilannya yang nota bene jelek banget nah g mungkin dong agan bilang jelek bos wah bisa dipecat. Nah untuk ibu dan anak ane setuju tuh tapi kalo suami bolehlah bohong ama istri tentang masakan tapi itu ga ngebangun juga. Kalo masakan bininya ga keruan rasanya nah agan bilang enak trus kapan istri instropeksi diri.
Jadi poinnya ada saatnya kita harus jujur dan ada saatnya kita harus bohong. Dan perlu diingat juga kalo agan sekali berbohong pasti akan diikuti oleh kebohongan lagi untuk menutupi kebohongan yang sudah ada


setuju dengan pernyataan agan.pejwan

Quote:Original Posted By ahfidina
Jadi inget ibu ane, pernah beliau bawa makanan enak tapi cuma buat ane sama adek terus bilangnya udah kenyang padahal baru pulang kerja dan belum makan


itulah besarnya pengorbanan ibu gan salut ama ibu nt moga sehat2 aja ya gan ibu nt


Quote:Original Posted By minkyymomo
menurut gue malah kalo sohib beneran yang uda kentel banget (apasih?) ga bakalan boong remeh temeh gitu.
sebangke2nya gue dimata sohib2 gue mereka tetep feel free nerima diri kita masing2 apa adanya..

misal : ada sohib yang salah potong rambut, ga bakal bisa nahan ketawa pas pertama kali liat
tapii setelah itu kita bantu dong ngakal gmn cara hair disaster-nya bisa berakhir bantuin permak ke salon yang oke

contoh lain : sohib 'salahjalan'. Jadian ma laki orang, jelas gue katain goblok-lah.. tapi setelah itu bakal gue therapy ma sohib2 yang lain biar doi balik lagi ke jalan yang benar atas kesadaran doi sendiri...


kalo masih saling puja dan puji cantik biasanya fake-best-friend... (imho)


itulah yg namanya sahabat gan kita seolah tidak segan mengkritik atau membully karena pasti doi akan memaklumi hehe


Quote:Original Posted By wyzZzzz
ane suka merinding gan kalo tentang ibu....apalgi gambar photo itu....pengen nangis beneran gan,,inget ibu ane.....


kalo boong2 ke bini masalah makanan ane kadang sering sih...tapi paling akhirnya bilang gini...ehmmm tapi kalo agak asin dikit,,atau kurangin asinnya pastinya mantep!!!...hehehehehe....

kalo antara jujur =sakit atau boong = biarkan berjalan...ane pernah gara2 gtu ribut ama sepupu ane...gara2 sepupu ane dimainin doang ama cw...kampret!


waduh terus jadinya gmana tuh gan masalahnya?
Quote:Original Posted By voxeu
Kata kunci dalam kehidupan itu adalah keseimbangan gan.

Ada kalanya kita harus jujur. Dan ada kalanya kita perlu tidak mengungkapkan kejujuran atau tidak sepenuhnya jujur. Melakukan kesalahan yang lebih kecil untuk menghindari kesalahan yang lebih besar seringkali harus dilakukan gan.

Menjadi orang ekstrimis itu mudah gan, terlalu jujur itu sama mudahnya dengan selalu berbohong. Yang sulit itu seimbang, memutuskan untuk melakukan suatu hal dalam porsi yang tepat untuk hal yang tepat di momen yang tepat agar hasilnya optimal. Itu yang susah...

Kenapa? karena untuk bisa menjadi seimbang itu butuh otak, kreativitas dan hati nurani... itu sebabnya orang bijak langka, orang ekstrim banyak dan orang mediocre melimpah...

cmiiw


bijak bgt gan pendapat nt



pejwan penuh
thanks gan yg udah mampir
setubuh gan ;D


kadang2 boihong itu bisa melegakan perasaan seseorang
tergsntung sikon gan
ane pernah boong sih

tapi demi kebaikan bersama
Lebih baik taqiyah.
mending ane bohong aja deh ke gebetan kalo ane ini sebenernya udah punya pacar
jd inget sm orang tua bray, banyak banget dosa ini
moga aja gak keulang lagi gan boongnya

kalo ane milih jujur aja gan gak banyak beban buat nutup2pin
Kedua itu bukan pilihan yg harus itu jujur demi kebaikan
tergantung situasi dan kondisi
Orang tua yang biasa bohong dan ngalah buat anak anaknya gan
lbh baek jujur tuk kebaikan gan


Quote:Original Posted By roketterbang
setubuh gan ;D


kadang2 boihong itu bisa melegakan perasaan seseorang


jangan keseringan lho gan bahaya hehe
Quote:Original Posted By widiasari
tergsntung sikon gan


kamsud nt ada saatnya buat berbohong ada saatnya buat jujur ya
Quote:Original Posted By tusbol.maho
reserved


jir nama id nya

Quote:Original Posted By tokomapan
ane pernah boong sih

tapi demi kebaikan bersama


wah bohong ke istri ya gan

Quote:Original Posted By yazid69
Lebih baik taqiyah.


bener juga ya
Quote:Original Posted By onlyone.yellowc
bbsjakanb

Mantra gue amankan dulu...

Jujur itu harus* tapiii...
jga harus liat "Waktu" yang tepat untuk mngatakannya!
ya intinya emang tergantung sitkon, tapi kalo lagi laper mending jujur kacang ijo atau jujur ayam
Tergantung situasi aja gan
kayak obat, pait, tapi ntar ilang dan bisa buat kita sembuh


Quote:Original Posted By pfapb
mending ane bohong aja deh ke gebetan kalo ane ini sebenernya udah punya pacar


nah itu lebih baik gan

Quote:Original Posted By cupets
jd inget sm orang tua bray, banyak banget dosa ini


yap gan kalo ortu nt masih ada sayangi mereka gan hehe

Quote:Original Posted By roleplay
moga aja gak keulang lagi gan boongnya

kalo ane milih jujur aja gan gak banyak beban buat nutup2pin


bener bgt kata nt gan hehe

Quote:Original Posted By mr.odang
Kedua itu bukan pilihan yg harus itu jujur demi kebaikan



Quote:Original Posted By approve.cc
tergantung situasi dan kondisi


bener gan

Quote:Original Posted By chocoterra
Orang tua yang biasa bohong dan ngalah buat anak anaknya gan


bener gan

Quote:Original Posted By atrit66
lbh baek jujur tuk kebaikan gan


kalo jujur sih pasti untuk kebaikan gan
lebih baik jujur gan walau menyakitkan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar