Pages


Kamis, 28 Januari 2016

Riki Son – Leadership Performance



Pria kelahiran Bandung ini merupakan lulusan Politeknik ITB jurusan Teknik Mesin yang mengawali karirnya sebagai HSE Officer (keselamatan kerja) di salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Asia. Empat tahun bekerja di perusahaan tersebut, Riki dan team berhasil memberikan kontribusi positifnya dengan menjadi juara umum dua tahun berturut-turut pada kompetisi tahunan perusahaan tahun 2009-2010 dimana waktu itu Riki menjabat sebagai Manager Team.

Riki melanjutkan karirnya di perusahaan oil and gas di Balikpapan sebagai HSE Manager pada akhir tahun 2011. Di perusahaan ini pun Riki berhasil memberikan kontribusi terbaiknya dengan score tender yang tinggi untuk kategori keselamatan kerja, sehingga perusahaan dimana Riki bekerja bisa mengikuti tender dengan nominal yang sangat tinggi.

Di perusahaan yang sama Riki dipercaya untuk menjadi Project Manager dalam project peningkatan performa perusahaan di segala aspek yang mana Riki harus memimpin belasan manager dari divisi lainnya. Dan team yang diberi nama SMART Team ini pun berhasil memberikan hasil yang luar biasa untuk perusahaan. Tahun 2014, Riki pun masuk menjadi nominator Young Executor Awards salah satu majalah ternama di dunia versi Indonesia.

Awal tahun 2015, Riki bergabung di PT YOT Inspirasi Nusantara, perusahaan yang bergerak dalam bidang event management, digital media dan community sebagai Marcomm Manager dan diangkat menjadi General Manager di awal tahun 2016 ini. Riki percaya bahwa ketika kita bekerja di posisi apapun tetap harus memberikan yang terbaik. Namun posisinya saat ini menjadikan Riki mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dalam hal pengembangan perusahaan, team maupun komunitas.

Dengan semangat #MAKEITHAPPEN Riki percaya bahwa dia dan team akan mampu memberikan performa terbaiknya untuk perusahaan, partner /client dan tentunya untuk komunitas anak muda “Young On Top” yang tidak akan pernah terpisahkan dari perusahaan.

Alasan gabung dengan PT YOT Inspirasi Nusantara

Pada tahun 2011 saat itu Riki bekerja sebagai manager di salah satu perusahaan batubara and oil gas. Riki menulis di blognya dengan tema “daftar buku yang mempengaruhi hidupku”,no. 1 tertulis buku Young On Top yang menceritakan 30 kunci sukses di usia muda yang saya baca pada tahun 2009.

Chapter demi chapter Riki implementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Waktu itu Riki tidak tahu kalau Young On Top merupakan suatu komunitas bahkan perusahaan, yang Riki tahu Young On Top adalah sebuah buku.

Tahun 2014, nama Young On Top pun semakin meluas karena gerakan anak mudanya yang sangat inspiratif hingga berdirinya PT YOT Inspirasi Nusantara yang mewadahi komunitas tersebut. Dari sanalah awal mula Riki tertarik untuk gabung dengan komunitas Young On Top di kota Balikpapan. Ketika Riki tahu ada kesempatan bekerja di perusahaan PT YOT Inspirasi Nusantara, Riki tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, karena Riki percaya jika values yang ada di buku tersebutlah yang membuatnya seperti saat iini dan Riki sangat ingin semua anak muda Indonesia mengetahui values yang ada di buku tersebut.

Dengan bergabung di PT YOT Inspirasi Nusantara Riki yakin bisa berkontribusi dalam pengembangan skill, knowledge dan attitude anak muda Indonesia melalui apa semua kegitan perusahaan dan komunitasnya.



Sudut padang terhadap perkembangan komunitas YOT dan komunitas lain di Indonesia

Menurut Riki, Young On Top salah satu komunitas yang sangat fokus terhadap pengembangan anak muda terutama Mahasiswa, dengan visi “to create the next stronger generation in Indonesia”, kini komunitas YOT sudah tersebar di puluhan kota di Indonesai dengan puluhan ribu member aktif melakukan kegiatan yang sangat positif dan inspiratif sesuai dengan moto YOT yaitu Learn and Share.

Tidak hanya komunitas YOT, saat ini sudah terdapat ratusan bahkan ribuan komunitas yang ada di Indonesia. Komunitas yang sebagian besar di dominasi oleh generasi muda banyak yang mengusung misi sosial baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan, kemanusiaan dan sebagainya ini menurut Riki wajib diwadahi oleh lembaga pemerintahan yang fokus terhadap komunitas yang ada di Indonesia.

Peta Kekuatan Anak Muda Indonesia dalam hal karir terutama menghadapi MEA

Ada pepatah lama yang berbunyi “Life Begin at Forty” sepertinya pepatah tersebut tidak berlaku lagi di era digital saat ini, dimana anak muda dengan prestasi yang besar di berbagai bidang sudah banyak bermunculan. Itu artinya bahwa hidup dimulai bukan ketika kita berumur 40 tahun tetapi pada saat ini juga, saat muda. Banyak perusahaan multi nasional di Indonesia yang dipimpin oleh anak muda. Riki berfikir era dulu dan saat ini terdapat di banyak hal salah satunya di bidang teknologi.

Sehingga anak muda sekarang lebih muda mengakses informasi apapun yang diinginkan, sehingga banyak kesempatan terbuka untuk anak muda terutama yang melek teknologi. Begitu juga dengan masuknya MEA di awal tahun 2016, Riki yakin bahwa generasi muda Indonesia jauh lebih siap dibandingkan dengan anak muda negara asia lainnya. Kemampuan dan kompetensi anak muda Indonesia tidak perlu diragukan lagi, terbukti dengan berbagai kompetisi dunia banyak dimenangkan oleh anak bangsa.

Menjadi Startup

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemudahan dalam mendapatkan informasi, dimanfaatkan oleh anak muda untuk membuka startup company baik dalam bidang teknologi, fashion, kuliner dan masih banyak lagi. Namun tidak sedikit dari para startup tersebut yang harus berhenti ditengah jalan. Banyak faktor yang membuat para startup muda ini harus menutup bisnisnya tersebut mulai dari alasan modal, kemampuan managerial, kemampuan teknis, pengalaman dan beberapa faktor lainnya. Hal ini tentunya menjadi PR kita bersama terutama lembaga yang terkait dengan pengembangan wirausaha di Indonesia. Bagaimana memberikan bekal kepada startup muda ini dalam menjalankan perusahaannya, bagaimana cara untuk mendapatkan dana untuk usaha dan bagaimana cara meningkatkan startupnya bisa berkembang.

What Next untuk YOT maupun Pribadi

Pada tahun 2016 komunitas YOT dan PT YOT Inspirasi Nusantara sudah membuat suatu kalender event yang mengarah ke satu tujuan yaitu memberikan inspirasi bagi anak muda di Indonesia. Mulai dari event seminar di belasan kota, kelas leadership, kelas karir, kelas startup hingga berkoneksi dengan para CEO, pengusaha sampai level venture capitalist. Harapan dari semua kegiatan di tahun ini yaitu dapat membantu anak muda Indonesia memperoleh informasi dan ilmu dari para praktisi yang sudah terbukti berhasil di bidang mereka.

Mengenai rencana pribadi pada tahun 2016 ini, Riki masih akan fokus terhadap perusahaan yang kini dipercayakan kepadanya. Melalukan yang terbaik dan hasil yang optimal untuk apa yang dikerjakannya. Riki juga berharap bisa mampu membantu anak muda Indonesia bisa mengetahui potensinya sejak awal melalui perusahaan PT YOT Inspirasi Nusantara. Kebahagiaan terbesar Riki ketika bisa melihat orang-orang yang ada disekelilingnya berkembang yang salah satunya dikarenakan keterlibatan Riki dalam pengembangan tersebut. Tidak ada hal lain yang membahagiakan selain bisa melihat orang lain sukses, tentunya kita harus bisa sukses terlebih dahulu

Dari pengalaman Riki selama bekerja ternyata sifat kepemimpinanlah yang membuat dirinya mampu mencapai posisi puncak dan sukses mencapai mimpinya. Karena itu penting buat kamu untuk belajar Leadership di level manapun. Tidak hanya di lingkungan pekerjaan tapi kepemimpinan bisa diterapkan dimana saja. Dan salah satu tempat untuk belajar Leadership ada di #YOTAcademy http://www.youngontop.com/yotacademy



Info lengkap hubungi Ery Meirani 0838.9989.3957
hmm harus banyak belajar kepemimpinan dari doi nih

ke Tkp ah mo belajar disana

neplok di pejawan dulu
Keren juga gan
Pejwan

coba ke TKP dulu ah
See you on the top..
wow....
keren gaaaan
mantab mantab, YOT kaskus
ane seh kenal org ini gan!
kereeeeenn
Harus ikutan nih
Inspiratif...life not begin at forty..but life begin when you were born hehe
Baru tau YOt itu berupa company
nice gan..
keep post yeee
Aih tumben dapat pekiwan di HT





Mayan
sangat menginspirasi gan
mw ikt belajar juga nih

pejwan gemboked

Luar biasa sekali gan.. ane senang pengalaman hidupnya bisa dishare disini, jadi tahu sekarang, background Teknik bisa juga mengambil Management dengan baik..

Thanks for share !
bagus gan thread nya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar