Pages


Senin, 15 Februari 2016

Gelombang Gravitasi ditemukan, Revolusi Sains Berkibar


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:MUKADIMAHQuote:Uraikan.com – Tim fisikawan internasional yang tergabung dalam Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) berhasil mendengar dan merekam gelombang dari alam semesta yang berasal dari peristiwa bersatunya dua lubang hitam.

LIGO merupakan dua fasilitas riset yang terletak di Washington dan Lousiana. Keduanya terhubung oleh pipa kecil hampa udara sepanjang 4 kilometer. Fasilitas itulah yang menangkap adanya gelombang dari alam semesta.

Quote:Seberapa jauh agan mengenali gelombang gravtasi?


Quote:WELCOME TO MY THREAD

GELOMBANG GRAVITASI DITEMUKAN, REVOLUSI SAINS BERKIBAR



Quote:APA ITU GELOMBANG GRAVITASI
Beberapa hari ini, internet seolah olah meledak oleh pemberitaan tentang sebuah penemuan gelombang gravitasi. Penemuan tersebut merupakan hasil penelitian dari sebuah kelompok peneliti bernama Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory (LIGO) di Amerika Serikat. Kelompok tersebut telah mendeteksi gelombang gravitasi yang keberadaannya telah diprediksi Albert Einstein sejak 100 tahun lalu.
Quote:Namun, apakah sebenarnya Gelombang gravitasi itu?
Spoiler for gelombang:

Quote:Gelombang gravitasi adalah riak yang terjadi di medium ruang dan waktu. Gravitasi (bukan gelombang gravitasi) terjadi karena dimensi ruang dan waktu melengkung akibat besarnya massa sebuah objek. Gravitasi berbeda dengan gelombang gravitasi. Gravitasilah yang menyebabkan kelengkungan dalam dimensi ruang dan waktu itu muncul. Jika objek tersebut bergerak, maka kelengkungan tersebut akan berubah menjadi riak di dimensi ruang dan waktu. Riak tersebut berkelana dalam bentuk gelombang yang ahkirnya sampai kebumi.

Analogi Sederhana
Bayangkan dimensi ruang dan waktu adalah selembar kain datar. Lalu bayangkan sebuah objek bulat (planet) dijatuhkan diatasnya. Maka kain akan melengkung (lengkungan ini adalah analogi dari gravitasi). Lalu bayangkan kamu menggererak gerakan bola itu dengan cepat. Maka dalam kain tesebut akan terjadi sebuah ripple (gelombang) kecil akibat pergerakan objek bola tersebut. Nah, riak tersebut merupakan analogi dari gelombang gravitasi yang terdeteksi
Spoiler for analogi:

Dalam kasus ini, gelombang radiasi dihasilkan oleh dua lubang hitam (blackhole) yang bertabrakan. Karena masifnya massa dua objek tersebut, maka gelombang gravitasi yang dihasilkan mampu mencampai observatorium LIGO di Amerika Serikat.


Quote:KOK BISA KETEMU?
Mungkin hal ini menjadi pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh agan agan sekalian. Gimana gelombang yang jaraknya jutaan taun cahaya bisa terdeteksi sampai bumi? Apa gak ketuker sama gelombang radio sama tv tetangga? Sebenernya bagaimana cara menemukan gelombang gravitasi ini?
Spoiler for ligo:

Semuanya berawal dari observatorium LIGO yang berlokasi di Amerika Serikat. Pendektesi cahaya ini diprakarsai sejak tahun 1972 oleh seorang peneliti muda dari Amerika Serikat. LIGO mulai didanai sejak tahun 1992 oleh MIT dan beroperasi sejak tahun 2002. Lipo bahkan dibangun sejak lama karena para peneliti meyakini bahwa apa yang dikatakan Einstein tentang Gelombang Gravitasi adalah benar. Mereka menunggu sangat lama sampai hari ini. Hingga ahkirnya LIGO berhasil mendeteksi gelombang gravitsai.

LIGO sendiri memiliki gedung observatorium yang berbentuk huruf L. Setiap gedung memancarkan sebuah laser kepada sebuah cermin yang diletakan ditengah bangunan. Laser tersebut dikurung dalam sebuah pipa khusus yang mengisolasi laser tersebut dalam keadaan tanpa gangguan. Sehingga laser ini benar benar ditujukan hanya untuk mendeteksi gelombang yang berasal dari gravitasi saja.

Spoiler for device-ligo:

Penemuan tentang gelombang gravitasi terjadi sekitar awal bulan September. Laser yang seharusnya memiliki gelombang yang normal mengalami perubahan sebesar ukuran nano. Hal yang sama terjadi di LIGO yang berada di Livingstone, observatorium ini rupanya juga mendeteksi hal yang sama! Hal ini menjadi dasar pijakan dari bukti gelombang gravitasi yang baru baru ini ditemukan.


Quote:APA SIH SPESIALNYA GELOMBANG GRAVITASI??
Banyak orang bergumam dalam hati, apa sih spesialnya gelombang gravitasi? Itu kan cuman gelombang !
Spoiler for gel-grav:

Perlu kamu ketahui bahwa gelombang sendiri juga memiliki klasifikasinya sendiri. Contohnya gelombang elektromagnetik, nuklir kuat, nuklir lemah, mekanik dan jangan lupa gravitasi. Dari berbagai gelombang tersebut gelombang gravitasi merupakan gelombang yang paling sulit dideteksi. Gelombang gravitasi sendiri tercipta melalui berbagai macam kejadian super yang terjadi di alam semesta kita. Seperti bigbang, neutron star, supernova, dan lubang hitam. Tidak seperti gelombang elektromagnetik yang bisa dibuat miniaturnya di laboratorium, gelombang gravitasi tidak bisa dibuat di dalam lab. Hal itulah yang menyebabkan teori Einstein perihal gelombang gravitasi sangat sulit untuk dibuktikan.


TERUS KENAPA??
Apa sih pentingnya penemuan ini? Sembako masih mahal, banjir masih ada, macet juga gak terurai.Njuk terus? (Lha terus?)
Spoiler for paradigma:


Quote:PARADIGMA
Gelombang Gravitasi merupakan sebuah puzzle dari teori relativitas Einstein. Beliau sendiri sudah memprediksikan teori tentang gelombang gravitasi ini semenjak 100 tahun yang lalu. Penemuan tentang gelombang gravitasi ini merupakan hal yang membuka cakrawala para peneliti dalam mendalami teori fisika modern. Istilahnya dengan ditemukannya gelombang gravitasi para ilmuwan akan lebih mudah menguak berbagai misteri alam semesta seperti dark-energy, dark-matter dan berbagai teori fisika modern lainnya.

Ingat nggak? Dahulu, berbagai ilmuwan dan peneliti dibuang dan dibunuh karena dianggap penelitiannya tidak memberikan sumbangsih pada dunia dan dianggap menyesatkan. Ingat ketika Copernicus dicemooh karena penemuannya tentang HelioSentris tidak dipercaya? Atau ketika Newton disebut sebut sebagai penyembah berhala ketika ia meluncurkan buku tentang gravitasinya? Sekarang dunia sangat berutang budi pada dua ilmuwan diatas. Banyak sekali penemuan penemuan yang berdasarkarkan teori atasnama Copernicus dan Newton



Quote:KESIMPULAN
Jadi, penemuan gelombang gravitasi ini merupakan terobosan baru dalam dunia sains. Gelombang gravitasi membuka cakrwala dunia tentang teori fisika modern, membantu kita untuk lebih mengenal dan memahami alam semesta, dan tidak lupa sebagai cikal bakal berbagai penemuan penemuan yang akan dilakukan oleh ilmuan masa depan.
Spoiler for einstein:


Quote:TRIVIA TIME !!
Spoiler for Marco Drako, orang pertama yang mendeteksi gelombang gravitasi di LIGO:
Spoiler for ilmuwan penting LIGO:
Spoiler for ilustrasi lubang hitam bertabrakan:
Spoiler for gambar frekuensi dari dua stasiun LIGO:
Spoiler for LISA, proyek lanjutan LIGO:
Spoiler for peneliti sedang mengecek alat di LIGO:
Spoiler for seorang teknisi LIGO:



Quote:Catatan kaki dan Pranala luar
http://www.bbc.com/indonesia/multime...mbanggravitasi
http://www.nytimes.com/2016/02/12/sc...tein.html?_r=0
https://www.ligo.caltech.edu/page/what-are-gw
www.uraikan.com/
http://gizmodo.com/heres-why-finding...a-b-1752286165
https://en.wikipedia.org/wiki/Gravitational_wave
http://www.newyorker.com/tech/elemen...lly-found-them
http://www.extremetech.com/extreme/2...eve-found-them


Spoiler for JANGAN LUPA:
[/CENTER]








REKOMENDASI HT


Quote:Original Posted By forex.v1
dibawah videonya


http://goo.gl/ifY8mk


wow



FUNGSI VPNLOKAL

 • KONEKSI SATELIT UNTUK INTERNETAN
 • GRATIS TANPA PERLU KUOTA, CUKUP PAKAI SERVER KAMI
 • DOWNLOAD DAN UPLOAD DATA AMAN
 • ANTI BLOKIR SITUS, GAME ,DLL
 • KEAMANAN DALAM TRANSAKSI
 • KECEPATAN BERMAIN GAME DISELURUH DUNIA
 • STREAMING DI SELURUH DUNIA
 • SHARE KONEKSI ANDA BERSAMA TEMAN
 • ANTI PHISING, MALWARE DAN VIRUS BERBAHAYA
 • KONEKSI SATELIT DIMANAPUN

STEP PEMASANGAN

1. DOWNLOAD APLIKASI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA
2. SETTING MANUAL JALUR AKSES ANDA SESUAI PANDUAN VIA EMAIL
3. MASUKKAN USERNAME DAN PASSWORD ANDA
4. TUNGGU BEBERAPA SAAT UNTUK PAIRING TO SATELIT
5. DONE

MENGAPA VPNLOKAL RESMI DAN BERGARANSI

1.GARANSI DISESUAIKAN SECARA WAKTU
2.VPNLOKAL MENGGUNAKAN SERVER SATELITE YANG LEBIH PROFESIONAL
3.VPNLOKAL TIDAK TERBATAS UNTUK DIGUNAKAN DISELURUH DUNIA
4.VPNLOKAL BUKAN TRIK INJETC, TRIK GRATIS, NAMUN REAL SERVER.

APA YANG ANDA SIAPKAN ?
1.EMAIL UNTUK MENERIMA EMAIL SETTINGAN MANUAL
2.PERANGKAT YANG ANDA INGIN GUNA

kunjungi : http://goo.gl/ifY8mk
atau : vpnlokal.com

pin bb : 5ba6e646
terobosan baru dalam dunia sains ya
Wew, baru tau ane bray...
Ane taunya gravitasi itu bikin aple jatuh kebawah.

Tapi kayanya ini rumit banget.. .
Bentar Ane baca pelan pelan dulu.. .

Keren tp ane penasaran apakah black hole benar2 eksis disemesta kita ya gan?
Iklan diatas ganggu banget
gan ane bingun ini pengertian agan disini tentang gravitasi sama ama kita kita apa gimana ya gan bingung ane gravitasi kan gaya tarik bumi knpa bisa jadi ada gelombang logika gelombang itu horizontal menyamping gravitasi ke bawah atau vertical bingung ane gan
nambah lagi pr buat ane cari tau tentang luar angkasa..
Wah lengkap bgt nih gan infoya. Dari berbagai sumber lagi.. Good job! Moga ht.
Quote:Original Posted By sensenapril
Iklan diatas ganggu banget


Merusak konsen pembaca...
Quote:Original Posted By wahyudimam
Wew, baru tau ane bray...
Ane taunya gravitasi itu bikin aple jatuh kebawah.

Tapi kayanya ini rumit banget.. .
Bentar Ane baca pelan pelan dulu.. .



Monggo kalau masih bingung boleh tanya dimari

dan lagi2 karya dari otak para jews, mengapa kebanyakan mereka jenius yah??istimewa banget mereka jadi iri ane
Dan ane pun puyeng
hebat lah tuh orang
ane sih ngiranya itu bisa bikin wormhole
menarik gan. di trit sebelah ane dikatain kaskuser lain gara2 nanya apa gunanya penemuan kayak gini. trit agan cukup lengkap. lanjutgan!
bagaimana tu gan, jadi kita mulai menguak 1 rahasia di luar sana ya gan
haciim
Quote:Original Posted By ortes
menarik gan. di trit sebelah ane dikatain kaskuser lain gara2 nanya apa gunanya penemuan kayak gini. trit agan cukup lengkap. lanjutgan!


terimakasih gan ! gapapa, kalau agan bingung, berarti agan sedang dalam proses belajar
perasaan ane udah baca deh thread model gini ya ? tapi ini lebih menarik sih lebih rapih , semakin maju aja ilmu fisika , btw ane gembok dulu ya page one
Asli keren
Lama-lama bisa kebuka semua tentang pengetahuan yang suka bikin logika keder Gan
Penasaran dah apa yang ada di balik BlackHole 😁
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar