Pages


Kamis, 19 Maret 2015

Setuju kah agan, Jika Negara Indonesia dibagi menjadi beberapa bagian ?

Quote:Hot Thread Pertama Selama Join di Kaskus

Terima Kasih Buat Admin Kaskus,dan Seluruh Warga Kaskus


Quote:DI Larang Untuk Post Berbau Sara, atauapun Hal-hal yang berdampak Negatif.
,Karena Disini TS mengajak semua kaskuser untuk memberikan Komentar Yang Jenius


Quote:Thread Pertama Ane Gan, Selama Join di KasKus, Biasanya ane silent reader

Quote:Karena gak tau mau nyampein kemana pendapat ane, ane buat thread aja di Kaskus, biar semua warga kaskus termasuk semua generasi muda dari sabang sampai merauke dapat membaca, dan memberikan komentar-komentar nya yang Jenius,Bukan yang menjatuhkan

Quote: Mudah-mudahan tidak Repost ya gan
Spoiler for check repost:


Quote:
Quote:Mengapa Negara Indonesia kita yang begitu besarnya, dari sabang sampai merauke, dari pulau sumatera sampai dengan pulau papua, hanya berpusat atau dapat dikatakan memiliki induk di pulau jawa?

Quote:Mungkinkah, Jika Negara Indonesia Raya kita yang tercinta ini, dapat dibagi menjadi beberapa negara bagian, seperti :
Negara Indonesia Bagian Timur, Negara Indonesia Bagian Barat, Dan Negara Indonesia Bagian Tengah


Quote:Contoh yang dapat di lihat di benua Asia yaitu Negara Berdaulat (Korea Utara dan Selatan), dengan total jumlah penduduk korea utara dan korea selatan hanya 75.12 juta (pada tahun 2013) membagi negara nya menjadi dua bagian dengan dua pemimpin, dua sistem pemerintahan yang berbeda, sedangkan negara kita negara Indonesia dengan jumlah penduduk melebihi dari 249,9 juta jiwa (pada tahun 2013) hanya dikontrol oleh satu presiden, satu wakil presiden dan jajaran-jajarannya.

Apakah negara kita cukup hebat gan ? okelah jika presiden kita yang baru memiliki inovasi-inovasi yang baru, ide-ide yang cemerlang, sistem-sistem yang baru, gagasan-gagasan pemikiran yang baru,tapi apakah itu semua bisa di laksanakan dengan mudah, jika ruang lingkupnya sangat luas?

Bukankah menjadi lebih mudah jika ruang lingkup yang di kerjakan lebih sempit?


Quote:Ane berpendapat bahwa selama ini ekonomi negara Indonesia kita ini, tidak merata disebabkan oleh banyak faktor gan, termasuk yang satu ini yaitu dimana sebuah negara terluas kedua di benua Asia dengan jumlah penduduk melebihi 249,9 juta jiwa (Tahun 2013) terpisah kan oleh 5 pulau besar, dan ribuan pulau kecil, HANYA BERPUSAT di satu pulau yaitu pulau Jawa, dengan ibukota Jakarta.

Hal inilah yang mungkin menyebabkan tidak ada nya keseimbangan ekonomi antara satu daerah dengan daerah lainnya,tidak adanya keseimbangan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia yang tidak merata, dan masih banyak lagi dari aspek-aspek yang lainnya.

Maka dari itu saya mengajak agan-agan sekalian untuk memberikan masukan, pendapat, kritikan, atau apapun itu juga mengenai pembagian negara kita ini. Setuju kah agan, Jika Negara Indonesia dibagi menjadi beberapa bagian ?
jika agan SETUJU berikan penjelasanya, jika TIDak SETUJU beri juga penjelasannya


Quote:Quote:Bukan maksud ane untuk memisahkan Negara Indonesia ya gan, ataupun memecah belah negara kita, ane hanya mencoba menuangkan apa yang ada di kepala ane ini dalam bentuk thread dan berpikir positif, siapa tau dengan adanya pembagian negara diIndonesia, negara kita bisa menjadi lebih kedepannya

Quote:ane jadi ingat kata-kata yang mungkin juga agan sering dengar yaitu "Semua hal yang dipaksakan HASILnya tidak akan bagus". sama halnya dengan negara kita ini jika dipaksakan hanya satu orang yang memimpin negara ini,dengan satu sistem pemerintahan, maka percayalah sulit untuk membangun nya dan memerlukan jangka waktu yang sangat panjang dan merata setiap tempat


Quote:cukup sekian thread ane gan,maaf jika masih berantakan,dan singkat, maklum baru pertama kali buat thread gan

Quote:
Quote:Data Jumlah Penduduk Negara Indonesia Pada Tahun 2013
Spoiler for Indonesia:

Quote:Data Jumlah Penduduk Korea Utara dan Korea Selatan Pada Tahun 2013
Spoiler for Korea Utara:

Spoiler for Korea Selatan:


Quote:Sumber : pemikiran ane sendiri dan mbah google

Quote:Komentar Kaskuser [Setuju dan Tidak Setuju]
Spoiler for Komentar SETUJU:

Quote:
Quote:Quote:Original Posted By Montor.Banlap
Setuju sekali !!!
Puluhan tahun merdeka, pembangunan hanya terkonsentrasi di 'pulau terpadat' saja. Yang di luar pulau tersebut jangan banyak MIMPI supaya bisa nyamain 'pulau terpadat' !!
Mendingan setiap provinsi mengelola PAD dan SDA nya masing2. Langsung kelihatan jelas benderang terang silau bahwa sebagian besar kabupaten/ kota di 'pulau terpadat' ternyata sudah tak sanggup mandiri tanpa netek ke pusat (APBN).
Kasihan melihat daerah luar pulau yang SDA nya dikeruk tapi pembangunan di daerah nya tidak mendapat perhatian. Wacana tola laut yang menghubungkan tiap2 pulau di nusantara juga hanya merupakan kedok agar distribusi SDA dari luar pulau bisa dikirim lebih lancar dan lebih banyak ke 'pulau terpadat' sehingga bisa di olah di pulau terpadat saja. Makin hancur lah luar pulau ini benar2 pure jadi sapi perah. NKRI tetap harga mati, tapi PAD dan SDA masing2 provinsi. BERANI GAK ??!!!

Quote:Original Posted By buyunghk
ane hargai ide ts,tapi ane lebih setuju kalo misalkan ibu kota dan pusat pemerintahan dipindah ke wilayah indonesia timur/tengah...siapa tau pembangunan bisa lebih merata gan.
sori ini cuman ide ngawur dari ane yang masih amatir masalah beginian......

Quote:Original Posted By nodifach
ide TS bagus tapi salah dalam membandingkan, kalo konsep negara bagian/state mungkin lbh tepatnya bisa melihat ke US bukan Korea.
Kalo Korea itu bukan negara bagian, tapi 2 negara yg berdaulat dan merdeka dimana mereka berhak untuk menentukan arah pemerintahan dan ideologi yg dianut. Seandainya TS pengen seperti Korea, itu namanya memecah belah NKRI.
Kalo misal state seperti US diterapkan, apakah setiap kepala daerah dan SDM nya sudah siap. Ane sih setuju aja kalo misalnya hasil SDA & PAD dikelola oleh daerah itu sendiri supaya pembangunan bisa lebih merata selama pemerintahan setempat bisa menjalankan amanah dengan baik. Dan untuk daerah yg mungkin SDA nya sedikit bisa mencari sumber penghasilan lain dr sektor pariwisata dll.

[QUOTE=jerecoz;55090062529a45931a8b456e]gagasan bagus gan !! ane 100% setuju, Indonesia dibagi aja jadi beberapa negara bagian kayak Amerika kan jadi mempermudah ngaturnya.
Pendapat ane dibagi 3 bagian, Indonesia Barat, Timur, Tenggara yang memiliki Prime Minyster sendiri tapi tetep memiliki pusat pemerintahan.
Kira-kira pada berani ga ya revolusi super besar kayak gini ?

Quote:Original Posted By jejehan
Kalau saya setuju juga, indonesia terlalu besar. lebih baik dipisahkan saja. jangan terpusat dijawa saja.
kasian pulau lain diexploitasi jawa semua. kenapa pembanguan gak ke pulau lain. kasihan kan.
Mungkin setiap pulau harus memiliki pemerintahan sendiri.

Quote:Original Posted By ciromobile
boleh juga, tapi mendingan jadi negara federasi kayak belgia yang kebagi jadi dua tapi tiap negara bagian ini membawahi provinsi2. Kalo di belgia dibagi jadi 2 negara bagian: flanders (orang belanda) dan walloon (keturunan prancis), karena orang prancis dan belanda di sono agak2 gak akur jadinya mending dipisah aja teritorinya, supaya masing2 bisa berkembang
kalo andai indonesia dibagi jadi gitu barang kali bisa gini, jadi tiga: barat, tengah, papua. Yang barat ibukotanya di pekanbaru, yang tengah di makassar, di timur ya di jayapura. tiap negara bagian membawahi provinsi2nya sendiri
tapi jujur masalah utama kita bukan sentralisasi, otonomi daerah gitu2 juga banyak daerah yang diuntungkan, misalnya pekanbaru, palembang, balikpapan, makassar yang dulu kek kota mati sekarang ekonominya berkembang, kesejahteraan naik. yang jadi masalah utama itu adalah pemerintah pusat dan daerah menolak keras2 pembangunan infrastruktur, dan malah konsen ke hal2 seperti pendidikan dan pengobatan gratis/murah. padahal IMHO yang sebaiknya lebih dulu itu pembangunan infrastruktur untuk men-sustain pertumbuhan ekonomi dan memberi pemerataan, dan menaikkan pendapatan daerah dengan cepat (lebih cepat lagi tepatnya), dari dana yang didapat dari perputaran ekonomi baru deh bisa kasih pendidikan dan pengobatan gratis. jadinya gak perlu ngemis banyak2 dari pusat dan memberikan bargaining power yang besar terhadap pusat.
TS tolong taruh depan

Quote:Original Posted By barari
setuju tapi dengan sayarat
negara2 yg merdekanya (kecuali jawa) harus bisa bangkit sendiri di bidang pangan
jadi mereka gak ngimpor kenagara lain sedangkan jawa fokus ke research and development technology
lalu mereka semua
harus tunduk kepada jawa, kalau bahasa terserah tapi kalau mata uang mesti gunakan rupiah lalu negara baru itu tidak boleh punya pasukan militer tapi militer di negara jawa nyang bertugas menjaga mereka
jadi jawa itu seperti amerika
dan negara2 lain seperti israel,inggris,jepang,singapura,dll

Quote:Original Posted By MpooRicky
Gue setuju, sangat setuju. Namun, kita ga boleh hanya mengatasnamakan "siapa tau". Siapa tau dengan pembagian negara indonesia bisa jadi lebih baik, siapa tau ini, siapa tau itu. Jangan hanya berspekulatif, di Indonesia lumayan banyak orang pintar, hanya dengan ngandelin 'siapa tau', mereka ga akan mau dengerin, karena dari kalimatnya aja secara psikologis udah ga meyakinkan, terlalu ragu dan penuh pendugaan.
Terus gimana caranya? Tentu dengan komunikasi yang baik dan perumusan masalah yang tepat.
Yang pertama, Ganti "siapa tau" jadi "pasti bisa". Contoh: Jikalau Indonesia dibagi dalam beberapa negara bagian PASTI BISA lebih baik. Liat? lebih meyakinkan yang mana?
Kedua, perumusan masalahnya juga harus benar. Tunjukkan masyarakat 'sebab-sebab' , jangan beri 'alasan-alasan'. Karena yang namanya alasan ya cuma alasan. Beritau mereka penyebabnya mengapa harus dibagi dalam beberapa negara bagian.
Contohnya seperti yang dibilang tadi, kita perlu mewujudkan hal ini disebabkan pembangunan yang tidak merata dll. Jangan justru menyalahkan dengan mengatakan "kita perlu mewujudkan hal ini, alasannya banyak korupsi/koruptor di negara ini." Kalo hanya korupsi dan koruptor, ga perlu repot2 membagi negara, cukup rombak pemerintah dan aparat berwenang aja, agar suap-menyuap menghilang dari atas, yang dibawah cukup ajarkan pendidikan normatif. Sisanya atur hukum seketat mungkin serta awasi dengan baik, bijak dan benar.
Tapi kalau sebab seperti tadi, misalkan pembangunan yang tak merata diakibatkan terlalu terpusatnya Indonesia (serta penduduknya) kepada pulau jawa terutama Jakarta, ya sudah itu penyebab yang sulit di selesaikan, karena ya penduduknya sendiri udah ga percaya. misalkan bisnis properti mereka ga bakalan laku diluar pulau jawa soalnya yang di luar pulau jawa pada sibuk pergi ke pulau jawa akibat berbagai fasilitas yang tersedia dan kualitas yang (katanya) terjamin, hasilnya pada pindah ke pulau jawa, pulau jawa membludak, kebutuhan fasilitas umum meningkat akibat peningkatan jumlah penduduk. Lagi-lagi pulau jawa dimanjakan. Jadi ya mungkin solusinya hanya ini aja, pembagian negara Indonesia.
Satu hal lagi menurut gue, mereka yang ga pernah ngerasain betapa susahnya hidup di daerah terpencil itulah yang pasti ujungnya ga setuju dengan hal ini. Tapi coba kalo mereka yang pernah ngerasain susahnya hidup di luar jawa, tanpa tersedianya berbagai fasilitas umum yang layak. Mereka yang besar di Jakarta, yang biasa dimanjakan dengan berbagai fasilitas umum, sekolah di sekolah yang terawat dan berkualitas ga akan pernah ngerti perasaan mereka yang besar di daerah terpencil, yang sekolah pun harus melawan maut dengan melewati jembatan yang ga layak pakai. Sampai di sekolah, guru hanya ada satu atau dua, sekolahnya pun ancur tanpa perawatan. Padahal itu sekolah negri. Kalau memang kalian mau berbicara tentang kesatuan, coba deh sekali-kali tengok ke daerah terpencil, menyatulah dengan mereka. Jangan hanya bersimpati, berempatilah. Tempati posisi mereka, rasakan dan pikirkan. Sudahkan kalian merasa Indonesia menyatu? lalu, apa itu yang disebut kesatuan?
Itu kalo menurut gue, maaf yaa kalo misalkan salah, sotau dan kurang sopan. Namanya juga opini, jadi ya konsep Individual Differences berperan besar.




Spoiler for Komentar TIDAK SETUJU:

Quote:
Quote:Original Posted By stacheldraht27
saya gak setuju, nih sebagai contoh daerah yg pernah lepas dari indonesia baca nih  (regional.kompasiana.com)
sebetulnya tanpa di bikin jadi negara bagian kan sudah ada yg namanya otonomi daerah, contoh wilayah" yg sekarang maju, surabaya karena pemimpinya yg bagus, bandung, balikpapan(kota terbersih di asean), 7 provinsi apbd terbesar di indonesia (Sumut, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatera Selatan)
yg terpusat aja banyak korupsi, gimana kl terpisah, makin bebas aja ga ada atasan nya

Quote:Original Posted By dyno88
Gue gak setuju gan, alasan ane adalah adanya pembagian secata negara bagian karena akan menimbulkan pembengkakan biaya/anggatan dengan manfaat yang mungkin emg gak signifikan
Ide tersebut mungkin sama kyk pemekaran wilayah ya, yg mana sebenernya gue bener2 gak setuju setiap tahun selalu ada kabupaten/kota/provinsi baru
Pemekaran wilayah/negara bagian mungkin terjadi hanya karna alasan politis BUKAN PEMBANGUNAN
Btw ane agak heran kenapa ya banyak kaskuser yg ngamuk2

Quote:Original Posted By ariph_zenkai
Sebenernya gan, dari namanya NKRI itu semestinya terdiri dari negara2 yang bersatu... Negara kesatuan (United States) sama kan?
Nah , disitu Saya Ga Setuju sebenernya, kalo namanya bgtu hrus nya kaya sperti ide agan ini yang sbetulnya sya ga steju, karna cuma bkin bibit perpecahan antar suku, atau bibit belahan2 yang gampang disusupin / diprovokasi asing.
Belom lagi ke tidak-becusan pemimpinnya nanti, liat contoh berapa banyak kasus otonomi yang malah jd nyengsarain daerahnya sendiri (korupsi, pembebasan lahan ga jelas, eksploitasi sda,dll)
Jdi ane lebih setu disebut :Negara Kepulauan Republik Indonesia Atau Negara Nusantara Republik Indonesia.. Itu bru sesuai.. Harus BERSATU, TERPIMPIN PUSAT, TIDAK TERPECAH BELAH. Kalo berkenan ts bisa taro pejwan. Thx

Quote:Original Posted By stacheldraht27
saya gak setuju, nih sebagai contoh daerah yg pernah lepas dari indonesia baca nih  (regional.kompasiana.com)
sebetulnya tanpa di bikin jadi negara bagian kan sudah ada yg namanya otonomi daerah, contoh wilayah" yg sekarang maju, surabaya karena pemimpinya yg bagus, bandung, balikpapan(kota terbersih di asean), 7 provinsi apbd terbesar di indonesia (Sumut, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Riau, dan Sumatera Selatan)
yg terpusat aja banyak korupsi, gimana kl terpisah, makin bebas aja ga ada atasan nya

Quote:Original Posted By Faumenh
Loe salah bandingin sama Korea gan, inget korea itu bukan jadi 2 negara bagian, tapi negara yang berbeda, beda jauh, ga ada hubungan orang korea utara dengan selatan dalam memakmurkan, artinya kalo selatan makmur ya untuk selatan aja. mereka juga masih berstatus perang.
kalo mau bandingin, bandingkan dengan USA atau India atau Malaysia, itu namanya negara federal (googling lah biar paham). mereka negara dengan 1 presiden, tapi terbagi beberapa wilayah yang punya otoritas masing2, tapi pun tetep 1 negara juga.
kalo loe mau negara kita pecah, ya jadilah kayak korea utara / selatan, artinya kalo loe mau kita jadi timur, tengah, barat atau whatever, dengan masing2 punya presiden dan punya sistem beda2 berarti loe pengen negara ini pecah.
belajar lagi lah loe baca2 buku tentang sistem pemerintahan.
lagian negara kita ini udah ada otonomi daerah, dimana daerah mengelola sebagian besar pendapatannya kok, baca2 lagi lah......
pajang pejwan kalo berani loe.

Quote:Original Posted By gaelic
kalau balik lagi ke jaman Republik Indonesia Serikat spertinya sudah tidak memungkinkan gan, soalnya liat aja tuh jaman RIS negara kita itu nggak cocok make sistem pemerintahan federal yang menganut negara bagian.
namanya juga NKRI (Negara KESATUAN Republik Indonesia), ini pun istilahnya juga dari cita-cita para proklamator kita kok
memang sih dewasa ini daerah-daerah luar Jawa jadi kurang merata pembangunannya, toh setelah era reformasi kan ada istilah DESENTRALISASI. Apa nggak dimanfaatkan itu dengan baik oleh pemda setempat ?
jangan cuma komplen pemerintah pusat doang, liat juga dong kinerja pemda setempat
kalau sistem Otonomi Daerah dan Desentralisasi berjalan baik kedepannya, ane yakin Indonesia juga bakal maju dan nggak perlu deh pake istilah-istilah "state-statean" segala dah
Intinya ane tidak setuju dengan opini agan
tapi ini kan negara demokrasi, bebas mengemukakan pendapat tentunya
Pejwan kalo berkenan

Quote:Original Posted By ch1pss
skrg kan sudah jaman otoda. dimana ada bagi hasil antara PAD dengan APBN pusat. pembagian PAD yg dikelola pemda dan pusat itu aja yg harusnya dibenerin. lagipula, org Indonesia itu mentalnya oportunis gan. noh liat sejak adanya otoda, banyak bermunculan "raja - raja" kecil didaerah.
NKRI harga mati.

Quote:Original Posted By gfy
memang sistem negara federal baik diterapkan bagi negara yg mempunyai wilayah luas, terbentuk dari banyak kepulauan, let's say seperti Indonesia ini. jadi pemda berhak penuh dalam menentukan masa depan daerah yg bersangkutan, sebab semua departemen dan lembaga yg ada mempunyai tanggung jawab kpd gubernur setempat sebagai pimpinan tertinggi. serta didukung peran aparat keamanan yg mensupport gubernur. dan hal inipun cenderung lebih efektif nan efisien karena dalam mementukan suatu kebijakan atau keputusan yg penting dan strategis tidak perlu menunggu perintah dan petunjuk dari pemerintah pusat.
sebetulnya sih sekarang dengan diberlakukan otonomi daerah pun udah kayak negara federal, tapi karena otonomi daerah yg diberikan ke pemda masih terbatas bgt, jadi hasilnya dan perubahan di daerah belum tercapai dgn maksimal dan signifikan. ini yg bikin banyak daerah-daerah tidak merasakan secuil kesejahteraan, bagai dua sisi mata uang, daerahnya berpotensi dgn kekayaan alam tapi pemerintah pusat yg merasakannya. ada baiknya pemerintah pusat memberikan otonomi daerah yg lebih luas ke pemda, drpd membentuk negara federal. karena harus dilihat dari kesiapan masyarakat baik pemahaman teori akan sistem negara federal.
mohon maap atas kesoktahuannya
salam



Quote:Sebenarnya Masih Banyak Komentar Warga Kaskuser Lainnya, Hanya Saja Keterbatasan Space Thread, sehingga yang di pajang hanya beberapa saja
Quote: Terima Kasih Buat Para Warga Kaskus, Yang Telah Memberikan Pendapat & Kritikannya


ini ramalan dan akan terjadi di tahun 2015-2020 kira2 gitu
ane pernah denger di radio gan
jadi negara bagian tu terdiri dari suku2 yg ada
bisa saja. namun nanti yg ada hanya menciptakan masalah baru trs ujung-ujungnya malah perang saudara.
NKRI harga mati
Asli begok kali si TS nya..
Masak indonesia disamakan sama negara semenanjung korea..
Pernah Sekolah gak sih TS..
GUA RASA SI TS PUNYA AGENDA TERTENTU NI..
HATI HATI BAGI AGAN AGAN SEMUA JANGAN SAMPAI TERPROVOKASI APALAGI SAMPAI PRO DENGAN TS
Kayak negeri Paman Sam gitu gan?

enggk akh,ane gak setuju
Quote:Original Posted By pertamaxeceran.
ini ramalan dan akan terjadi di tahun 2015-2020 kira2 gitu
ane pernah denger di radio gan
jadi negara bagian tu terdiri dari suku2 yg ada


kalau pembagian negara berdasarkan suku-suku yang ada , kyak bisa pecah bela negara kita gan.
ane belum pernah dengar langsung dari radio gan

ia ane tau gan NKRI harga mati, tapi kalau gak ada perubahan yang merata harga mati nya dimana gan?
apa emang betul-betul mati harganya.

Quote:Original Posted By gfy
bisa saja. namun nanti yg ada hanya menciptakan masalah baru trs ujung-ujungnya malah perang saudara.
NKRI harga mati

ia itu yang ditakutkan gan, tapi kembali lagi ke kita nya gan, kalau emang mau berubah menjadi yang lebih baik gak akan ada pemikiran perang saudara

Quote:Original Posted By proxy.id
Asli begok kali si TS nya..
Masak indonesia disamakan sama negara semenanjung korea..
Pernah Sekolah gak sih TS..

bukan menyamakan gan, hanya mengambil contoh saja,
yang ane ambil contohnya hanya lah jumlah penduduk nya gan beserta sistem pemerintahannya.

Quote:ente tau bener ane gak sekolah gan
Quote:Original Posted By putra.debata.r.


kalau pembagian negara berdasarkan suku-suku yang ada , kyak bisa pecah bela negara kita gan.
ane belum pernah dengar langsung dari radio gan


ia itu yang ditakutkan gan, tapi kembali lagi ke kita nya gan, kalau emang mau berubah menjadi yang lebih baik gak akan ada pemikiran perang saudara


bukan menyamakan gan, hanya mengambil contoh saja,
yang ane ambil contohnya hanya lah jumlah penduduk nya gan beserta sistem pemerintahannya.



LU RMS KAN??
Ts mau bikin tread apa bikin rusuh keadaan..
Quote:Original Posted By proxy.id
GUA RASA SI TS PUNYA AGENDA TERTENTU NI..
HATI HATI BAGI AGAN AGAN SEMUA JANGAN SAMPAI TERPROVOKASI APALAGI SAMPAI PRO DENGAN TS

maaf gan, baca sekali lagi thread ane gan, tidak ada terpikir sekali pun untuk memprovokasi ataupun hal-hal yang lain bersifat negatif. ane hanya coba mengajak agan-agan semua , untuk memberikan komentarnya. gak salah toh?

Quote:Original Posted By giveawayy
Kayak negeri Paman Sam gitu gan?

enggk akh,ane gak setuju

gak setuju dimana gan, beri penjelasannya donk

Quote:Original Posted By proxy.id


LU RMS KAN??

RMS apaan ya gan?

kalo ane gak setuju yang perlu di bubarkan itu ya pemerintahanya ane setuju banget kalo perlu bunuh mereka satu satu
Jangan gan, ntar kesenggol dikit, pada tawuran lagi
Quote:Original Posted By Tim.Hore
kalo ane gak setuju yang perlu di bubarkan itu ya pemerintahanya ane setuju banget kalo perlu bunuh mereka satu satu

lah kalau pemerintahan kita dibunuh atu peratu, terus siapa donk gan yang mau ngatur negara kita ? kaskus ?
ada-ada aja agan ini
Indonesia dulu pernah jd negara federal (Republik Indonesia Serikat) tp g bertahan lama, balik lg ke negara kesatuan (NKRI).
Sekarang dah jamanya otonomi, kalau daerahmu g ada perubahan, ya salahin tuh pemerintah daerahmu
Quote:Original Posted By putra.debata.r.

maaf gan, baca sekali lagi thread ane gan, tidak ada terpikir sekali pun untuk memprovokasi ataupun hal-hal yang lain bersifat negatif. ane hanya coba mengajak agan-agan semua , untuk memberikan komentarnya. gak salah toh?


gak setuju dimana gan, beri penjelasannya donk


RMS apaan ya gan?



Lu itu membuat OPINI baru..
Gimana lu pikir kalau orang awam sampai termakan opini trit lu?
Lu gak sukak NKRI?
OPM?RMS atau bahkan Komunis lu?
tidak setubuh eh salah tidak setuju
jangan sampai ada peepecahan lagi sampai indonesia bisa mengembalikan luask lagi seperti waktu zaman Majapahit dulu
LU liat TS..
Banyak kan yang KONTRA sama lu?
Mikir bro!!
Buat trit itu hati2 dong..
Mereka yang kontra karena berpikir DEWASA gak kayak lu..
Quote:Original Posted By putra.debata.r.

gak setuju dimana gan, beri penjelasannya donk


Ya kalo negara kita jadi dibagi2 begitu,ntar yang ada malah kesenjangan antara negara bagian yang satu dengan negara bagian yang lain,dan pasti yg paling makmur yang ada di timur dong karena hasil tambangnya yang melimpah

memang sistem negara federal baik diterapkan bagi negara yg mempunyai wilayah luas, terbentuk dari banyak kepulauan, let's say seperti Indonesia ini. jadi pemda berhak penuh dalam menentukan masa depan daerah yg bersangkutan, sebab semua departemen dan lembaga yg ada mempunyai tanggung jawab kpd gubernur setempat sebagai pimpinan tertinggi. serta didukung peran aparat keamanan yg mensupport gubernur. dan hal inipun cenderung lebih efektif nan efisien karena dalam mementukan suatu kebijakan atau keputusan yg penting dan strategis tidak perlu menunggu perintah dan petunjuk dari pemerintah pusat.

sebetulnya sih sekarang dengan diberlakukan otonomi daerah pun udah kayak negara federal, tapi karena otonomi daerah yg diberikan ke pemda masih terbatas bgt, jadi hasilnya dan perubahan di daerah belum tercapai dgn maksimal dan signifikan. ini yg bikin banyak daerah-daerah tidak merasakan secuil kesejahteraan, bagai dua sisi mata uang, daerahnya berpotensi dgn kekayaan alam tapi pemerintah pusat yg merasakannya. ada baiknya pemerintah pusat memberikan otonomi daerah yg lebih luas ke pemda, drpd membentuk negara federal. karena harus dilihat dari kesiapan masyarakat baik pemahaman teori akan sistem negara federal.

mohon maap atas kesoktahuannya
salam
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar