Pages


Selasa, 12 Mei 2015

10 Penyakit di Indonesia yang Paling Diwaspadai Wisatawan



SELAMAT SIANG/MALAM GAN SIST
SEMOGA SEMUANYA DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT DAN SELALU DILIPUTI KEBAHAGIAAN




10 Penyakit di Indonesia yang Paling Diwaspadai Wisatawan
Spoiler for Cek Repost:

ALHAMDULILLAH HT #27 THANKS ATAS DUKUNGANNYA




Quote:
Indonesia merupakan negara tropis dengan dua jenis musim saja yakni penghujan dan panas. Meskipun hanya memiliki dua jenis musim, saat pergantian musim warga Indonesia tidak terlepas dari beragam jenis penyakit yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Terlebih pengaruh kebersihan diri dan lingkungan yang menambah daftar panjang antrian orang yang terkena sakit di klinik dan rumah sakit.

Sebagai negara beriklim tropis alias memiliki suhu menengah hingga tinggi, penyakit malaria dan TB menjadi penyakit paling banyak dialami masyarakat Indonesia, bahkan wisatawan sekalipun sangat menjaga dan waspada terhadap jenis penyakit yang kemungkinan akan mereka alami saat memasuki wilayah Indonesia.

Banyak media membahas tentang hidup di Indonesia, serta penyakit yang harus diwaspadai oleh para wisatawan di negara tropis termasuk salah satunya di Indonesia. Bahkan di beberapa media menjelaskan secara detail jenis penyakit dan apa yang harus dilakukan sebelum dan setelah berada di Indonesia termasuk melakukan vaksinasi terhadap beberapa penyakit yang mungkin dialami.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita ketahui beragam jenis penyakit yang banyak dialami warga Indonesia.

Berdasarkan Journal yang diterbitkan 27 Februari 2014 dengan judul “Indonesia: An Emerging Market Economy Beset by Neglected Tropical Diseases (NTDs)” oleh Tan M, Kusriastuti R, Savioli L, Hotez PJ yang dipublikasikan melalui journals.plos.org, menjelaskan terdapat kurang lebih 10 jenis penyakit yang beresiko tinggi banyak dialami masyarakat Indonesia seperti pada tabel berikut ini:

Dari data diatas, bahwa salah satu resiko paling tinggi merupakan penyakit Trichuriasis atau yang menyebabkan Diare, hal ini terjadi karena kurang baiknya sanitasi di Indonesia terutama dibeberapa daerah yang padat penduduk dengan perairan tidak bersih. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara kedua terbanyak setelah India dengan warganya yang mengalami penyakit Diare. Selain itu penyakit paling banyak dialami dan beresiko kematian tertinggi adalah penyakit malaria dan demam berdarah atau Dengue yang diakibatkan nyamuk. Indonesia termasuk urutan teratas yang beresiko penyakit ini selain Afrika. Sehingga tak heran wisatawan pun sangat waspada terhadap penyebaran penyakit akibat nyamuk ganas tersebut.


Berikut adalah 10 penyakit di Indonesia yang paling diwaspadai wisatawan:

Berdasarkan beberapa media seperti lonelyplanet.com, expat.or.id, indexmudi.com, essensialtravel.co.uk sepakat menyatakan bahwa terdapat 10 penyakit yang perlu diwaspadai wisatawan asing saat akan berlibur atau tinggal beberapa bulan di Indonesia, diantaranya:

Quote:1. Malaria
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Penyakit malaria memang tidak bisa dianggap enteng karena dapat beresiko kematian. Malaria sangat sering dijumpai di Indonesia, Meksiko dan Afrika, karena iklimnya yang sangat cocok untuk perkembangan nyamuk pembawa malaria tersebut.

Sel tunggal Plasmodium parasit protozoa, ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles betina, parasit berkembang biak di hati menyerang sel-sel darah merah yang mengakibatkan siklus demam, menggigil, dan berkeringat disertai anemia. Parahnya kematian karena kerusakan organ vital dan gangguan suplai darah ke otak ini mencapai 90% yang tidak terselamatkan.

Namun demikian, terdapat beberapa hal mudah yang bisa dilakukan dalam mencegah diantaranya mengoleskan lotion obat nyamuk, menggunakan obat nyamuk dimalam hari dan menggunakan kelambu saat tidur, meskipun saat ini kelambu jarang dipakai masyarakat modern saat ini


Quote:2. Tuberculosis
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Indonesia termasuk negara dengan masyarakatnya yang beresiko tinggi mengalami TB. Bahkan tahun 90-an penyakit terbanyak dialami adalah Tuberculosis, dikarenakan menular dengan cepat lewat kontak fisik seperti bayi yang sedang meminum susu yang tidak dipasteurisasi. Akan tetapi saat ini TB mulai berkurang dengan adanya vaksinasi.

Wisatawan sendiri sudah paham akan penyakit ini, karena TB bisa dialami siapapun di seluruh dunia, namun karena faktor wisatawan tidak tahu tinggal dengan orang yang memiliki TB kemungkinan terjangkit sangat besar, karena di barat biasanya vaksin dilakukan saat usia dini dan berlangsung selama 10 tahun.


Quote:3. Hepatitis A
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Hepatitis A memang memiliki resiko lebih rendah, namun bukan berarti kita tidak harus waspada. Karena kenyataannya penyakit ini bisa berbahaya saat naik level menjadi Hepatitis B. Penyakit fungsi hati ini terjadi karena makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan kotoran, terutama di daerah dengan sanitasi yang buruk. Vaksin hepatitis pun tersebida di Indonesia bagi para wisatawan.


Quote:4. Demam Tifoid
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Sama halnya dengan Hepatitis A, demam tifoid terjadi karena makanan yang terkontaminasi kotoran. Bakteri yang menyebar ditubuh akan menimbulkan demam tinggi, bahkan tercatat 20% dari orang yang mengalami penyakit ini tidak bisa diselamatkan.


Quote:5. Demam Berdarah
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Nyamuk (Aedes aegypti) penyakit virus yang terkait dengan lingkungan perkotaan yang buruk, dengan gejala penyakit yang tiba-tiba demam dan sakit kepala parah, kadang-kadang membuat pendarahan yang menyebabkan kematian pada 5% kasus.


Quote:6. Chikungunya
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Masih karena nyamuk (Aedes aegypti) penyakit virus yang juga berkaitan erat dengan lingkungan perkotaa, dengan kasus mirip Demam Berdarah, ditandai dengan demam mendadak, ruam, dan nyeri sendi yang parah biasanya berlangsung 3-7 hari, beberapa kasus mengakibatkan arthritis persisten.


Quote:7. Schistosomiasis
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Penyakit ini disebabkan oleh parasit cacing pipih trematoda Schistosoma. Siput air tawar bertindak sebagai penyebab utama yangmelepaskan bentuk larva parasit yang menembus kulit orang terkena air yang telah terkontaminasi. Cacing dewasa dan bereproduksi di dalam pembuluh darah, hati, ginjal, dan usus melepaskan telur, yang terperangkap dalam jaringan memicu respon imun, dapat menimbulkan penyakit kemih atau usus bahkan pada level selanjutnya menimbulkan kanker kandung kemih. Hal ini endemik di 74 negara-negara berkembang dengan 80% dari orang yang terinfeksi tinggal di sub-Sahara Afrika, dan sedikit di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri penyakit ini, lebih banyak ditemukan di daerah Sulawesi. Solusi pencegahan agar tidak mengalami penyakit ini, adalah selalu meminum air bersih, atau air yang direbus terlebih dahulu.


Quote:8. Japanese Encephalitis B
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Japanese Encephalitis B ditemukan di bagian Asia terutama timur selatan Asia. Hal ini ditularkan oleh nyamuk, yang berkembang biak di sawah, dalam banyak cara yang sama seperti malaria. Penyakit ini memang terbilang langka, dan kemungkinan besar terjadi di Jepang tak terkecuali Bali. Akan tetapi penyakit ini telah menyebar di bagian Asia dan jika terinfeksi bisa mengalami penyakit parah seperti halnya Malaria.

Culex tritaeniorhynchusa adalah nyamuk penyebab penyakit ini, dengan gejala akut seperti kelumpuhan hingga koma, bahkan 30% yang mengelaminya tak terselamatkan.


Quote:9. Rabies
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Penyakit virus mamalia biasanya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi, paling sering anjing. Virus mempengaruhi sistem saraf pusat yang menyebabkan perubahan otak dan kematian. Gejala awalnya adalah demam non-spesifik dan sakit kepala yang kemudia ke gejala neurologis, kematian terjadi dalam beberapa hari setelah timbulnya gejala. Di Indonesia sendiri tercatat sekitar 22 provinsi dengan Anjing terinfeksi Rabies.


Quote:10. Polio
Spoiler for Penjelasan:
Quote:
Vaksin polio termasuk dalam hampir setiap program vaksinasi masa kanak-kanak di seluruh dunia, sehingga seharusnya tidak ada risiko tertular di zona berisiko tinggi. Satu-satunya tempat di mana masih umum termasuk Nigeria, dan bagian dari India. Bagi wisatwan yang belum yakin sudah melakukan vaksinasi polio sebaiknya mengunjungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut.


Daftar penyakit-penyakit di atas, sebenarnya tidak hanya harus diwaspadai oleh wisatawan namun juga kita sebagai warga negara Indonesia, yang harus lebih waspada dan mencegah semua terjadi. Bahkan terlihat bahwa kebanyakan penyakit ditimbulkan oleh kita sendiri yang tidak menjaga lingkungan tetap bersih. Oleh karena itu, hidup bersih, hidup sehat lingkungan bersih, lingkungan sehat, sanitasi baik, maka Indonesia pun akan sehat, jiwapun lebih tenang.

Quote:Referensi:
http://www.indexmundi.com/indonesia/..._diseases.html
http://www.expat.or.id/medical/trave...indonesia.html
http://journals.plos.org/plosntds/ar...l.pntd.0002449
https://www.lonelyplanet.com/indonesia/health
http://www.essentialtravel.co.uk/mag...l-diseases.asp

Kalo Trit Ini Menarik, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT



MOGA BERMANFAAT

Quote: TRIT MENARIK LAINNYA
Spoiler for List:

10 Ide Unik Karya Recycle Barang Bekas yang Dapat Ditemukan di Rumah  (kask.us)
Darimana Air di Bumi Berasal dan Mungkinkah Air Habis? HT#25  (kask.us)
Inilah Makanan Favorit Presiden Pertama RI   (kask.us)
Fakta Seram Polusi Yang Bikin Kamu Merinding   (kask.us)
Tradisi Unik Sekolah di Korea Selatan   (kask.us)
Rahasia Angker Aokigahara, Hutan Kematian di Jepang HT#24  (kask.us)
Kamu Tak Akan Menduga Benda Asli Yang Ada di Foto Ini   (kask.us)
Nostalgia, Ini Lho Soal Matematika Paling Susah Waktu SD! Ingat?HT#23  (kask.us)
9 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita DiabetesHT#22  (kask.us)
Membuat Anak senang Mengerjakan PRHT#21  (kask.us)
7 Mie Instan Terlezat di Dunia, 3 Dari Indonesia Lhoh!   (kask.us)
Biadab Bak Monster, Inilah Ibu-Ibu Paling Sadis di Dunia! HT#20  (kask.us)
Cantik Sih, Tapi Apa Cowok Mau Nikah Waktu Tahu Foto Jadulnya?  (kask.us)
Yakin Kamu Penjelajah Yang Berani? Coba Kunjungi Tempat Ini  (kask.us)
[JUST FOR FUN] Fenomena BRA yang Mengganggu  (kask.us)
10 Kriteria Agar Pacarmu Mendapat Restu Orang Tua  (kask.us)
Ini, Benda-Benda Yang Lebih Mengerikan Dari Annabelle!HT#19  (kask.us)
7 Wanita Cantik Ini Paling Bikin Heboh Indonesia di 2014!HT#18  (kask.us)
5 Jenis Air yang Dilarang untuk di MinumHT#17  (kask.us)
Kenalkan, Ini 7 Putri Pejabat Indonesia Yang Super Cantik!HT#16  (kask.us)
10 Cara Sederhana yang Bikin Kemampuan Berpikirmu Tetap Prima  (kask.us)
Traveling Ke Desa Wisata Tradisional, Memberimu Pengalaman yang Anti Mainstream  (kask.us)
Arsitek Hewan dan Keindahan Rumah Yang Mereka Bangun  (kask.us)
Beginilah Tomoko Takeda "MENGAGUMI" Sebuah BukuHT#15  (kask.us)
Pengguna Internet Sedunia Coba Pecahkan Kode Ini  (kask.us)
Konyol, Jangan Kamu Ajak Anak Kecil ke Taman Bermain Ini!  (kask.us)
10 Tanda Bahwa Pacarmu Saat ini Adalah Jodoh yang Tepat  (kask.us)
12 Tanda Kamu Terlahir Sebagai Calon Pengusaha, Bukan Karyawan BiasaHT#14  (kask.us)
Yang Kamu Rasakan Setelah Genap Setahun BerpacaranHT#13  (kask.us)
Hal Mewah dan Mahal di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu MelongoHT#12  (kask.us)
Cantik-Cantik Sadis, Para Wanita Seksi Ini Ternyata Pembunuh  (kask.us)
Hal-Hal Gila Ini Terjadi Saat...Operasi! HT#11  (kask.us)
Nikmati Tidur di Bantal Unik, Bisa Buat Kepalamu 'Berdarah' Lho HT#10  (kask.us)
Makanan Menjijikkan Ini Pasti Buatmu Tak Selera Makan  (kask.us)
Foto-Foto Konyol Ini Buktikan Kalau Karma Itu Ada!  (kask.us)
Cantik, Intip Resepsi Pernikahan Seindah Surga di Dubai Ini HT#9  (kask.us)
Yuk, Sulap Kamar Kos Sederhanamu Jadi Senyaman Istana!  (kask.us)
Guyonan Kocak Soal iPhone 6 Yang Mudah Melengkung!  (kask.us)
Hal-Hal Yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mulai PDKT-in Gebetan  (kask.us)
Meja Berdesain Unik, Mulai Milik Hantu Hingga Penuh Kilau  (kask.us)
18 Tindakan Sederhana yang Bisa Bikin Hati Cewek Meleleh HT#8  (kask.us)
Hal-hal Spontan Ketika Berada Ditempat Umum HT#7  (kask.us)
7 Makanan Terlezat Indonesia, Sudah Pernah Coba?  (kask.us)
Nurul Habibah, Satpol PP Cantik Berhijab Buat Gemas Dunia Maya HT#6  (kask.us)
8 Penyebab Pria Takut Menikah HT#5  (kask.us)
Yang Kamu Rasakan Setelah Genap Setahun Berpacaran  (kask.us)
Kamikiri, Karya Seni Potong Kertas Keren Dari Jepang  (kask.us)
6 Tangga Super Cantik Yang Buatmu Tak Bosan Melangkah  (kask.us)
Senjata-Senjata Berteknologi Canggih Dimasa Depan  (kask.us)
Suntuk Dengan Rutinitas? Halau Saja Dengan Cara-Cara Ini!  (kask.us)
Inilah 13 Model-Model Drone Buatan Indonesia HT#4  (kask.us)
Inilah Benda-Benda Super Langka Yang Lebih Mahal Daripada Nuklir HT#3  (kask.us)
[FOTO] Momen-Momen Sedetik Yang Begitu Luar Biasa  (kask.us)
10 Tempat Berbulan Madu Paling Favorit di Dunia  (kask.us)
5 Tanda Lahir Paling Aneh Di Dunia  (kask.us)
MENGENAL CIRI CIRI TAHI LALAT BERBAHAYA PADA TUBUH HT#2  (kask.us)
Misteri `Batu Berjalan` di Lembah Kematian Terkuak  (kask.us)
Hidupmu Tak Berjalan Sesuai Harapan? Ingat Hal-Hal Ini Dulu, Yuk  (kask.us)
10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia  (kask.us)
17 Makanan Enak, Sehat, dan Murah yang Gampang dimasak HT#1  (kask.us)
Sebotol racun untuk semangat hidup  (kask.us)
Tips Agar Tidak Cepat Pikun di Usia Muda   (kask.us)
Fungsi Lain Kamera Ponsel   (kask.us)
10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Pembuatan Logo Perusahaan   (kask.us)
Jika Tahun 1945 Sudah Ada Facebook   (kask.us)


sakit hati ga masuk gan
Update
wah kudu ati2 nih gan kalau mau liburan le Indonesia
wew bnyak juga ya gan
kudu jaga kesehatan ni,
Quote:Original Posted By LeviTata
wew bnyak juga ya gan
kudu jaga kesehatan ni,


ente jaga ronda aja gan,ga usah jaga kesehatan
malaria di mari masih jadi momok gan
harus pintar-pintar bawa badan nih
Influenza jg ditakuti gan apalagi di 4 musim. Kalo di sini sakit flu biasa banget (and everyone in this country has got it), di negara 4 musim sangat ditakuti apalagi kalo musim dingin. Soalnya sekali hatching bisa berdarah idungnya gan krn tekanan

Ane heran juga pas baca orang luar takut banget kena flu sementara di sini biasa banget
Quote:Original Posted By arielashop
sakit hati ga masuk gan

Nggak lama lagi bakalan ada juga gan
Quote:Original Posted By Misael524288
Influenza jg ditakuti gan apalagi di 4 musim. Kalo di sini sakit flu biasa banget (and everyone in this country has got it), di negara 4 musim sangat ditakuti apalagi kalo musim dingin. Soalnya sekali hatching bisa berdarah idungnya gan krn tekanan

Ane heran juga pas baca orang luar takut banget kena flu sementara di sini biasa banget

Ia bener gan....disini mah kalau flu udah menjadi penyakit biasa..
ada yang ane baru tau gan
parasitnya
Sepertinya itu penyakit bukan di Indonesia aja
Semua negara pasti mengalamin seperti tu


Saya kurang setuju sama TS
demam berdarah ama malaria tuh gan didaerah2 terpencil

nyamuknya ampun dah

yang mau les gitar, search aj di kaskus "Les Privat / Group Gitar Akustik Bandung" dijamin nggak nyesel
yang mau belajar gitar GRATIS, search di youtube "teoakustikgitar" (selalu update tutorial baru lho)
--> Tutorial terbaru "See You Again - Wiz Khalifa aka sound track FF7"
--> Cocok banget buat perpisahan "Kita Selamanya - Bondan Prakoso"
Gambar2nya mengerikan gan
Ati2 ama gue bruz..kalau digigit ama ane bisa langsung rabies
wihhh .. masa si ga? bacanya jd mrinding sndri
ebola gan
angin duduk ga masuk gan ?
malaria
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar