Pages


Selasa, 19 Mei 2015

Tidak Kuliah = Tidak Keren, Begitukah?

Halo Agan dan Aganwati sekalian..
Disini ane mau share sekaligus mengeluarkan opini dan uneg-uneg ane nih..

Beberapa waktu silam, ane chatting sama seorang temen di dunia maya.

A= Ane
S= Stranger
Kita ngobrol dengan santai dan sedikit cair, karena pada dasarnya ane ga suka pembicaraan serius, jadi lebih ke banyak bercandanya.
Lalu sampailah pada saat ane ditanya ke bagian yang bikin ane mengerutkan kening.

Spoiler for Percakapan:
S= "Kamu kuliah dimana?"
A= "Oh, aku gak kuliah nih.. otak aku ga nyampe untuk duduk dibangku kuliah."
S= "Oo kerja"
A= "Iya kerja, kenapa?"
S= "Ga asik lo.."


Disitu ane langsung kaget dan langsung menutup chat dengan stranger itu.
Ga kuliah = ga asik? wah... wah... penerapan yang salah nih..

Demikian juga ketika ane reuni dengan temen SD ane..

A= Ane
TS= Temen SD
Spoiler for :
Quote:
TS= "Lama gak ketemu, kuliah dimana sekarang? jurusan apa?"
A= "Oh aku kerja, nggak kuliah..."
TS= "Oh, udah kerja..." (sambil perlahan menjauh dari ane.)



Disini ane makin merasa kalau anak yang gak kuliah itu kesannya kok tidak keren, tidak asyik, bodoh dll.

Agan dan aganwati sekalian yang baca trit ane ini, mungkin rata-rata sudah tidak duduk dibangku kuliah lagi atau ada yang lagi kuliah, mungkin ada juga adik SMP yang baca trit ane ini.

Ane punya pertanyaan: Memangnya kalau nggak kuliah itu buruk atau gak keren?

Bagi yang memilih bekerja daripada kuliah, kita pasti memiliki alasan untuk melakukan hal itu.
Bisa jadi diantaranya, kami merasa bahwa biaya kuliah terlampau tinggi dan kami tidak ingin membebani orangtua dengan memaksakan kehendak. Bukankah ada beasiswa? atau kuliah gratis? Ya, tidak semua anak bisa mendapatkan hal seperti itu bukan?
Bisa jadi juga kami memilih bekerja karena ada alasan lain, semisal mencari pengalaman atau ingin rehat dulu dari dunia buku dan pelajaran.


Beberapa opini ane yang bisa jadi motivasi bagi agan dan aganwati yang tidak duduk dibangku kuliah atau yang lulus sekolah langsung bekerja.

1. Langsung Dapat Kerja Selepas Lulus Sekolah.
Spoiler for Bisa Dapat Kerja Seusai Sekolah.:
Yang begini ini biasanya anak SMK atau STM, yang sudah ada keahlian khusus dan langsung direkrut oleh perusahaan-perusahaan
yang memerlukan jasa mereka. Jadi tidak perlu pusing-pusing memikirkan untuk cari kerja atau kesana-kemari untuk naruh lamaran kerjaan.
Dan kalau beruntung, bisa dapat kerjaan yang sesuai dengan keahlian atau passion, jadi bekerja dengan senang dan mudah menguasai kerjaan.


2. Bisa Membantu Orang Tua.
Spoiler for Bisa Membantu Orang Tua.:
Duh, tidak perlu diragukan lagi ya, yang namanya kerja pasti dapat gaji atau salary atau bayaran.
Code:
Ga ada kerja yang gratis di dunia, kecuali kerja bakti - Pak RT.

Hari gajian pasti dinanti-nanti oleh semua yang bekerja, nah bagi yang tidak melanjutkan kuliah, biasanya gajian sangat dinanti apalagi yang baru 2-5 bulan lulus sekolah. Dari uang gajian biasanya diberikan beberapa kepada orangtua, dengan alasan untuk membantu
meringankan beban orangtua, atau untuk biaya adik-adik (bagi yang punya adik masih sekolah juga.)
Dengan berpikiran, kalau kuliah terkadang memberatkan orangtua, karena biaya banyak. Maka bekerja adalah kebalikannya,
yakni meringankan beban orangtua, karena merasa bisa membantu ekonomi keluarga.


3. Bisa Dapat Pengalaman.
Spoiler for Bisa Dapat Pengalaman.:
Guru yang paling berharga adalah pengalaman, betul?
Nah dari bekerja, kita bisa dapat pengalaman yang macam-macam. Dari cara bekerja, sistem pekerjaan, lingkungan sekitar,
terkadang kita bisa memahami habbit dan watak seseorang teman kerja atau bos kita.
Kita juga jadi dapat banyak pengalaman, yang bisa menjadi bekal kelak ketika resign dan mau bekerja ditempat lain atau membuka
usaha sendiri.


4. Bisa Mengumpulkan Uang Untuk Kuliah.
Spoiler for Bisa Mengumpulkan Uang Untuk Kuliah.:
Nah, ini alasan beberapa yang lulus sekolah langsung kerja. Agar tidak memberatkan beban orangtua, bekerja dahulu dan
mengumpulkan dana untuk biaya kuliah. Jadi kuliah bisa dengan biaya sendiri, tanpa harus minta-minta.
Dan pastinya lebih bangga, bukan?


5. Bisa Membeli Apa yang Diinginkan.
Spoiler for Bisa Membeli Apa yang Diinginkan.:
Duh, ini mah rahasia umum. Dulu pas SMA lihat temen bawa motor keren, gadget bagus, sepatu keren. Kita mau beli tapi ga bisa minta sama orang tua. Nah, kalau sudah kerja, sedikit-sedikit apa yang diinginkan dulu pasti tersampaikan. Mau gadget? bisa, mau motor? bisa nyicil atau cash, mau sepatu bagus tinggal beli. Semua pakai uang sendiri, tanpa jadi anak manja minta kepada orang tua.


6. Bisa Menabung Untuk Usaha Sendiri.
Spoiler for Bisa Menabung Untuk Usaha Sendiri.:
Bagi agan atau aganwati yang sudah bosan bekerja menjadi karyawan/ti, membuka usaha sendiri adalah impian.
Nah dengan bekerja selepas sekolah, mengumpulkan uang sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, maka keinginan untuk membuka usaha sendiri pasti bisa terwujud. Dan bisa jadi agan atau aganwati sukses di kemudian hari (amin).


7. Bisa menghindari buku, tugas, dosen, matematika dll.
Spoiler for Bisa menghindari buku, tugas, dosen, matematika dll.:
Hehehe terkadang ada yang malas untuk ketemu tugas lagi, ketemu pelajaran lagi, maka bekerja jadi pelariannya.



Disini ane menekankan bahwa ane ingin menjelaskan kalau tidak kuliah itu tidak melulu tidak keren atau bodoh, kami-kita yang memilih jalan itu pasti punya alasan sendiri. Entah apapun alasannya, dan pastinya kami sudah memikirkan sebelum mengambil tindakan.
Terlebih apabila kendala pada masalah biaya, tidak mungkin memaksakan kehendak sementara kondisi ekonomi tidak memungkinkan (iya, alasan klasik- ekonomi). Untuk mendapatkan beasiswa atau kuliah gratis juga tidak mudah.
Tapi, kami juga tidak ingin bahwa pilihan kami ini dipandang sebelah mata oleh kalian yang mengenyam bangku kuliah.
Tidak semua yang lulus sekolah dan langsung bekerja itu bodoh karena tidak kuliah, tidak semua yang lulus sekolah dan langsung bekerja itu tidak keren karena tidak gaul seperti anak kuliahan.

Hanya karena tidak kuliah, lalu kalian berhak memandang kami sebelah mata?
Hmmm, coba berpikir dua kali ya
Bagi yang memilih bekerja selepas sekolah, kalian harus tetap semangat ya dan jangan putus asa dan juga jangan malas-malasan dalam bekerja.
Bersyukurlah karena banyak diantara kita yang kurang beruntung karena belum/tidak mendapat pekerjaan.
Dan selalu bijak dalam segala situasi.





Pesan TS:

Spoiler for Pesan TS:
Ane tahu konsekuensi dari trit ini akan ada barisan sakit hati yang mungkin tersungging karena trit ini, ane bikin trit ini dari sudut pandang ane. Jika ada yang merasa ane salah, silahkan dikoreksi maupun dipersalahkan. Ane tidak mengatakan bahwa yang mengenyam bangku kuliah itu buruk atau apapun. Justru jika diberi kesempatan ane ingin merasakannya (iya ane tidak mau munafik). Tapi apadaya, semua kembali ke alasan klasik. Anak yang kuliah itu juga hebat, mampu mengerjakan tugas, ikut sidang skripsi yang bikin deg-degan, siap ditolak dosen yang sakitnya lebih sakit dari ditolak gebetan, mampu menyerap ilmu lebih tinggi dari jenjang sekolah.
Dan apabila lulus dapat mengemban ilmu dengan baik dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Bener tuh kalo gak kuliah kan bisa membantu orangtua cari duit,tapi kalo mampu sih lebih baik kuliah
bantu rate za kk

ga juga. q kenal org yg cuma jebolan SMP tapi lebih pintar dr yg punya gelar sarjana S1 sekalipun

semangat kk!


Ga harus kuliah buat jadi pinter..
Dijalan aja aye bisa dapetin pelajaran berharga,yg bahkan kalo aye liat ga ada mata kuliah nya di univ manapun...
ga usah dihiraukan orang kek gitu, anggap angin lalu.
ane sih ga urus orang mau kuliah pa lngsung kerja kann dia jga yg jalanin, siapa tau orang yg diremehinnya itu bsa lbih sukses kedepannya.
tpi kalo kuliah keren juga kaya nya . . apalagi kalo biaya sendiri
Yg gak keren itu kuliah di luar kota, dikira ortu kuliah dengan bener padahal ngabisin duit doang foya2 party2 sama temen.

Yg gak keren itu gak kuliah kerja kaga, tiap hari makan tidur mulu, malam mabok pulang pagi.
Nice trit gan,
Brrti ane gak keren yah

------ Edited -----
Akhirnya ane pejwan di trit hate, jadi sekarang ane udah keren
ane merasa kebalikan nya malah
Mana yg lebih sejahtera hidupnya tamatan sma atau perguruan tinggi??

Mungkin krn anggapan itu..
ane kerja sambil kuliah ..

motivasi ane ,, allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu dan mengamalkan nya

tunttutlah ilmu sampai negeri china ..



wih HT euy Selamat TS Langsung daftar kuliah yah TS hehehe
Gans,
Kita ngobrol sambil ngopi aja biar gak salah faham

Jadi gini,
ane juga lulus SMA juga gak kuliah, ans kerja merantau ke Jakarta, kerja apa aja gan yg penting bs nyambung nyawa. ente pasti tahu ane milih kerja gara2 faktor ekonomi ane yg gk nyukupin. tp ane punya tekad gan harus bs kuliah. skip skip skip setelah 4 th kerja ane skrng udah dapet kerjaan agak lumayan dan bs kuliah ambil kelas sabtu dgn biaya sendiri. bukan soal keren gak keren gan, kalau kita udah kerja gengsi dll itu udah gak ada dipikiran, yg ada gmn caranya memperbaiki kualitas diri, jenjang karir dsb.

Nah bangku kuliah ini adalah salah satu cara untuk menuju ke jalan itu. inget gan salah satu cara ya bukan satu satunya cara.

kalau agan fokus ke kerjaan atau fokus ke usaha agan tp bs sukses tanpa bangku kuliah juga gak masalah. tp ingat kuliah tujuannya cari ilmu bukan cari ijasah ya...

Tapi coba agan bayangkan aja. Agan ga kuliah aja bs ngasilin duit entah kerja jd karyawan atau jd pengusaha kecil kecilan. bayangin gan kalau agan punya ilmu dasar dr bangku kuliah mungkin agan bakal lebih sukses lagi atas implementasi ilmu yg didapat kuliah. satu lagi gan, kuliah gak cuma ilmu aja, tp kita banyak belajar ttng organsasi, daoet relasi dan tentunya masa persahabatan yg indah.

agan pasti tahu apa maksud ane

Soal uang kuliah gan,
Kampus ane termasuk murah meriah tapi gak murahan, cdk google Universitas Pamulang, Youtube juga biar manteb. Sebulan cuma 400k untuk kelas eksekutif sabtu. Gaji ane umr jakarta. buat makan, kost, transport, sandang, pangan masih ada sisi ane cukupin buat bayar kuliah, catetan ane juga kirim ibu di kampung yg gak kerja ngerawat 2 adek ane masih kecil2 pada sekolah. pernah juga sempet dapet musibah gbs bayat kuliah gan, shock pengen cuti aja. tp selalu ada jalan keluarnya.Bukan pamer gan please ane juga orang susah perantauan. ane ngetik gini juga buat ente aja buat motivasi ente....

Kuliah,
juga gak mandang usia gan, ane umur 24 baru semester 4 gan. temen sekelas ane ada yg udah 34 th ada yg malah 40 th.

no ofense gan.


ane mau bantu agan biar bs kuliah gan, ane pernah ngalamin situasi hati seperti ente. agan udah kerja? domisili mana? kalau deket ane bantu gan biar bs kuliah di kampus ane,


semangat gan idup emang pahit, tp bikin senikmat kopi pait panas ketika kita sruput.....

edit ~



Ane gak tau nih trit jd HT. Maaf belum bs bls post satu satu. Buat tambahan info Unpam ada trit mabesnya di m.kaskus.co.id## kita juga punya web Kaskuser Unpam di www.fokusipk.org tp masih tahap pengembangan. Doakan aja ya

Di trit itu dijelasain smua alur pendaftaran, pembagian kelas, biaya dll.

Mlimpir aja ke sana agan atau sista yg pengen info lengkap.

Kalau yg pengen temenan sama ane gpp ane buka invite bbm 554D9B39.

Best regard,



wah, ane ga kuliah dan biasa aja gan..

udah bisa beli barang tanpa bantuan orang tua bikin ane bahagia...
Quote:Original Posted By imanine9
ane kerja sambil kuliah ..

motivasi ane ,, allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu dan mengamalkan nya

tunttutlah ilmu sampai negeri china ..



kuliah dmn om jgn2 satu almet nih
banyak jalan menuju roma gan,termasuk naek perahu kertas,,,,, ane dukung ente
Quote:Original Posted By zedaefide
Bener tuh kalo gak kuliah kan bisa membantu orangtua cari duit,tapi kalo mampu sih lebih baik kuliah


Iya gan, yg penting jangan memaksakan. Juga jangan memandang sebelah mata bagi yg tidak kuliah

Quote:Original Posted By cintabuatku


kuliah dmn om jgn2 satu almet nih


kampus biasa gan , gak tenar tenar banget ane sebutin kota nya ajah yah , tange*ang ..
rencana ane kerja ngumpulin uang buat kuliah
Quote:Original Posted By terrest
bantu rate za kk

ga juga. q kenal org yg cuma jebolan SMP tapi lebih pintar dr yg punya gelar sarjana S1 sekalipun

semangat kk!




Terimakasih sis
Quote:Original Posted By imanine9


kampus biasa gan , gak tenar tenar banget ane sebutin kota nya ajah yah , tange*ang ..



etdah agan ini.
kampus ane juga daerah sana gan

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar