Pages


Selasa, 05 Januari 2016

Agan Takut Operasi Patah Tulang? Tradisional atau Operasi?




Spoiler for Thread Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Upaya Revolusi Mental:


Spoiler for Alhamdulliah HT Pertama Ane. Thanks Mimin :):

Quote:Ketika anda atau kerabat anda mengalami patah tulang, tentunya ingin sekali patah tulang tersebut segera sembuh tanpa ada komplikasi yang menyertai. Untuk mencapai itu semua kita harus tentukan pilihan yang tepat untuk mengobati patah tulang. kepada siapa kita percayakan pasien patah tulang untuk mendapat pengobatan dan perawatan. dukun atau dokter?

Quote:Sebagai tambahan pengetahuan disini terlebih dahulu akan saya jelaskan mengenai Prinsip pengobatan patah tulang. Prinsip pengobatan patah tulang yaitu mengembalikan posisi tulang patah ke posisi semula sebelum dia patah atau disebut dengan istilah reposisi, setelah posisi sudah benar seperti semula lalu mempertahankan posisi tersebut sambil menunggu proses penyembuhan patah tulang (immobilisasi) agar tulang tersebut dapat tersambung dengan posisi yang benar. Reposisi dan immobilisasi ini dapat dilakukan secara operasi (pasang pen) maupun tidak operasi (pemasangan gips).

Quote:Kemungkinan Resiko yang Agan Dapat Jika Berobat Secara Tradisional
Di Indonesia, kita sering mendengar istilah dukun sangkal putung (dukun patah tulang), dan mungkin saja beberapa dari kita atau saudara kita pernah berobat ke dukun sangkal putung tersebut. Biasanya mereka yang berobat ke dukun sangkal putung ini karena alasan biaya pengobatan dan operasi orthopaedi/tulang yang relatif mahal, selain itu juga karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai ilmu medis dan bingung mengenai langkah atau pilihan yang tepat untuk mengobati patah tulang. Pada kenyataannya pengobatan yang dilakukan dukun sangkal putung pun mengikuti prinsip pengobatan patah tulang secara kedokteran, yaitu reposisi (dengan diurut ke posisi semula) dan immobilisasi (ditopang/ diganjal dengan bidai). Namun yang perlu digaris bawahi ketika anda melakukan pengobatan ke dukun patah tulang antara lain :

Quote:1. Bagaimanakah kesempurnaan reposisi yang dilakukan dukun patah tulang, apakah tulang tersebut benar-benar telah kembali keposisi semula. Pada dasarnya semua patah tulang akan mengalami proses penyembuhan dan menyatu kembali, namun bila posisinya tidak tepat, maka tulang akan menyambung dengan keadaan miring / bengkok atau malah tidak dapat menyatu sama sekali, sehingga dapat menimbulkan kecacatan atau penyembuhan patah tulang yang tak sempurna. Berdasarkan apa yang saya lihat, tidak sedikit pasien-pasien patah tulang yang sebelumnya berobat ke dukun sangkal putung (karena reposisi yang kuranga tepat), ketika datang ke Rumah Sakit pengeluh anggota tubuh yang tadinya patah kok terlihat bengkok atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan setelah di rongsen terlihat penyembuhan tulang menyatu dengan tidak tepat atau bengkok sehingga kemudian harus tetap menjalani operasi kembali untuk meluruskan tulang tersebut.
Quote:2. Bagaimanakah komplikasi dan faktor penyulit yang menyertai ? Komplikasi patah tulang seperti contohnya infeksi pada patah tulang terbuka maupun tertutup, dimana dalam hal ini memerlukan pemberian antibiotik yang adekuat, sehingga tidak terjadi proses infeksi bakteri yang dapat berakibat fatal, sampai kematian.

Quote:3. Memang tidak semua patah tulang itu berat, dan pada umumnya, dukun patah tulang dapat menangani patah tulang yang bersifat tertutup dan sederhana, karena pada patah tulang terbuka, dan lebih berat tetap memerlukan tindakan operasi.
Quote:4. Bagaimana pertanggungjawaban medis seorang dukun patah tulang terhadap pasiennya. Beberapa dukun sangkal putung memang menggunakan juga fasilitas kedokteran seperti foto rontgen, obat-obat antibiotik, dan obat-obat penahan rasa sakit. Namun biasanya setelah penggunaan fasilitas kedokteran tersebut, maka biaya pengobatannya pun menjadi tetap mahal.


Quote:Biaya Operasi Patah Tulang Mahal?
Ditinjau dari segi biaya, memang pengobatan operasi orthopaedi/ bedah tulang memakan banyak biaya, sehingga bagi masyarakat golongan ekonomi yang rendah sangatlah sulit untuk mendapatkan pengobatan ini, dan terpaksa menjalani pengobatan alternatif dukun patah tulang, dengan resiko hasil dari proses penyembuhan patah tulang yang terkadang kurang sempurna untuk kasus kasus tertentu bahkan jika dibiarkan saja bisa menjadi suatu kecacatan. Dan bila ingin diperbaiki, akan tetap memerlukan tindakan operasi, sehingga biaya yang diperlukan dan waktu yang terbuang akan lebih banyak dibandingkan penanganan secara kedokteran dari sejak awal terjadinya patah tulang. Lain halnya jika anda langsung mempercayakan kepada dokter ahli orthopaedi atau bedah tulang, Jika diperlukan (sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan patah tulang) dengan melakukan operasi sang dokter akan melihat langsung tulang yang patah dan saat itu juga dengan jelas dan tepat tulang yang patah tersebut disambung dengan berbagai peralatan medis yang canggih, sehingga tulang yang patah akan tersambung dengan tepat.


Quote:Tenang.. Masih Ada Jasa Raharja.
UU No 34 Tahun 1964 Jo PP No 18 Tahun 1965

Quote:Korban Yang Berhak Atas Santunan, adalah pihak ketiga yaitu :

1.Setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menimbulkan kecelakaan yang menjadi korban akibat kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan tersebut, contoh : Pejalan kaki ditabrak kendaraan bermotor
2.Setiap orang atau mereka yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak, dimana pengemudi kendaran bermotor yang ditumpangi dinyatakan bukan sebagai penyebab kecelakaan, termasuk dalam hal ini para penumpang kendaraan bermotor dan sepeda motor pribadi

Quote:Tabrakan Dua atau Lebih Kendaraan Bermotor

1.Apabila dalam laporan hasil pemeriksaan Kepolisian dinyatakan bahwa pengemudi yang mengalami kecelakaan merupakan penyebab terjadinya kecelakaan, maka baik pengemudi mapupun penumpang kendaraan tersebut tidak terjamin dalam UU No 34/1964 jo PP no 18/1965
2.Apabila dalam kesimpulan hasil pemeriksaan pihak Kepolisian belum diketahui pihak-pihak pengemudi yang menjadi penyebab kecelakaan dan atau dapat disamakan kedua pengemudinya sama-sama sebagai penyebab terjadinya kecelakaan, pada prinsipnya sesuai dengan ketentuan UU No 34/1964 jo PP No 18/1965 santunan belum daat diserahkan atau ditangguhkan sambil menunggu Putusan Hakim/Putusan Pengadilan

Quote:Kasus Tabrak Lari
Terlebih dahulu dilakukan penelitian atas kebenaran kasus kejadiannya

Quote: Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Kereta Api

Berjalan kaki di atas rel atau jalanan kereta api dan atau menyebrang sehingga tertabrak kereta api serta pengemudi/penumpang kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan akibat lalu lintas perjalanan kerata api, maka korban terjamin UU No 34/1964
Pejalan kaki atau pengemudi/penumpang kendaraan bermotor yang dengan sengaja menerobos palang pintu kereta api yang sedang difungsikan sebagaimana lazimnya kerata api akan lewat , apabila tertabrak kereta api maka korban tidak terjamin oleh UU No 34/1964


Quote:Takut ah Gan Kalo Operasi.. Serem.. (Operasi itu sakit gak sih?)
Berdasar pada pengalaman saya,saya pernah mengalami patah tulang pada bagian paha kiri bagian tengah dan juga patah pada bagian pergelangan tangan (tangan saya bengkok),sebelum saya melakukan operasi saya merasakan nyeri yang amat sangat pada pergelangan tangan saya,saya pinta untuk segera operasi tetapi tidak bisa langsung karena ada beberapa prosedur yang harus di lakukan sebelum operasi.
Detik-detik operasi akan saya jalani,saya dibius lewat lubang infus.Pada saat itu saya di bius total,alias saya tidak sadar sama sekali dan saya tidak merasakan apapun,seperti tidur lah rasanya.Setelah saya sadar,saya masih bingung saya ini sudah di operasi apa belum? cepet banget rasanya (padahal kata ibu saya,saya di operasi selama kurang lebih 6 jam) dan gak berasa apa-apa dan alhamdulliah nyeri yang ada di pergelangan tangan saya hilang setelah operasi.


Quote:Dokter Bilang Sudah Harus Lepas Pen,Wajib Gak sih Gan Lepas Pen Itu?
Ketika saya berkonsultasi dengan dokter spesialis Orthopedi,kata beliau jika pada masa "pertumbuhan" pen yang tertanam di tulang ini bisa menghambat pertumbuhan tulang,maka dari itu WAJIB lepas pen jika dokter sudah menyatakan tulang yang patah telah tersambung secara sempurna,pada umumnya jangka waktu untuk bisa lepas pen ini 1tahun, lama tidaknya penyambungan tulang itu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : Usia,Makanan yang di konsumsi,Lokasi Tulang yang patah, dsb.

Soal Biaya Angkat Pen? Tenang Gan,BPJS Siap Menanggung Biaya Operasi Angkat Pen agan kok!



Quote:Kesimpulan :
Tidak semua jenis patah tulang memerlukan operasi, untuk mengetahui apakah perlu operasi atau tidak maka diperlukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemeriksaan penunjang berupa foto rongsen. Pada kasus kasus yang ringan boleh boleh saja mempercayakan kepada dukun patah tulang dengan syarat setelah dilakukan pembidaian harus tetap dilakukan foto rongsen untuk mengetahui apakah posisi tulang yang patah sudah tepat atau belum, jika belum tepat segera diperbaiki, karena apabila tidak tepat dan sudah terlanjur menyambung akan diperlukan operasi untuk memperbaikinya.

Quote:Pesan dari TS :
1.Serahkan pada ahlinya,Berdoa kepada yang Maha Kuasa.
2.Takut Operasi? ya elah gan jangan sampek deh hal-hal yang fatal terjadi akibat hal sepele seperti rasa takut.
3.Gak ada gan di dunia ini orang yang sakti,tinggal bilang bim sallambim terus tulang agan bisa nyatu kembali,jangan kepancing sama testimoni orang2 yang berobat ke sangkal putung lalu sembuh, tulang mereka belum tentu patah,mangkanya bisa pulih kembali.Karena pada dasarnya tulang kita bisa menyambung sendiri setelah patah atau retak secara alami TAPI untuk memastikanya menyambung dengan sempurna maka jika tulang agan patah maka agan harus WAJIB Operasi
4.Hal tentang ranah operasi,kalau dokter sudah mendiagnosa dan berkata "Harus Operasi" maka agan nurut aja deh, kalau mau sembuh secara maksimal, udah percayakan saja pada Ahlinya!
5.JIka agan mempunyai temen atau kerabat dekat yang mau operasi atau mengalami patah tulang,Agan-agan wajib deh hukumnya untuk merekomendasikan pengobatan modern alias Via Pengobatan Kedokteran
6.Ane ga minta cendol atau minta pulsa gan (?) ane cuma minta Agan-agan Komeng+Rate trit ini agar trit ini kesundul.Dengan kesundulnya trit ini semoga saja banyak yang berubah pikiran dan mau melakukan operasi and finally sembuh deh penyakit Agan
7.Setelah membaca thread ini,Ane harapkan Agan-agan yang belum daftar BPJS cepet-cepet deh Daftar! kalau ga daftar rugi sendiri deh ente


Quote:Sumber Terpercaya :
Pengetahuan Dasar Tentang Operasi dan Pengobatan Tradisional
Informasi Tentang Jasa Raharja
Informasi Tentang BPJS
Pengalaman Pribadi



Spoiler for Komentar Penting Para Kaskuser.:
Quote:Original Posted By zing_rays
Share aja gan

dulu ane fraktur tulang kering bagian bawah, frakturnya pecah/remuk bukan retak/patah biasa, kena juga anklenya dan frakturnya terbuka...

dibawa ke tukang tulang... gak sanggup dianya.. dibawa ke puskesmas malah dirujuk rumah sakit...

jadilah ane di operasi... Alhamdulillah ane dapet askes sama jasa raharja...
jadi kalo agan kecelakaan (amit-amit) mending urus aja sama polisi jangan damai ditempat biar bisa urus jasa raharja...

total biaya operasi ane 22 juta, 10 juta ditanggung jasa raharja, 5 juta ditanggung askes.. jadi cuma bayar 7 juta...

biasanya tukang tulang itu cuma melayani fraktur yg gak terbuka... dan cuma yg patah/retak biasa, gak melayani remuk / patah spiral...


Quote:Original Posted By ikymaru90


Bisa gan.. trgantung operasinya
Kalau cma pasang pen atau cabut pen bpjs kelas 3 jg bisa.. tpi klu transplantasi tulang itu yg mahal.. harus pkai bpjs kelas 1 gan.. tpi smua ditanggung bpjs.. dokternya bilang sma ane gan kya gtu.. klu tanpa bpjs sekali transplantasi tulang butuh 75jt atau 100jt 1alatnya... begitu gan..
Kalau ane dibandung rumah sakit hasan sadikin.. kalau jakarta kurang tau gan..


Quote:Original Posted By calondokter1403
Satu lagi gan....
Ada komplikasi yang namanya compartment syndrome. Itu komplikasi yang sering terjadi akibat salah pengobatan. Compartment syndrome itu kondisi dimana tercekiknya organ penting (pembuluh darah dan syaraf) karen pembengkakan yang terjadi. Nah biasanya klo di pengobatan tradisional suka lupa komplikasi ini. Jadi sering banget tuh di bebat kenceng banget sampe memperparah kondisinya. Akhirnya jaringan yg ujungnya malah jadi mati. Dan paitnya mesti amputasi. Banyak banget kejadiannya gan... Mudah2an jadi masukan buat agan2 supaya lebih bijak milih cara pengobatan... Tengkyu gaann....


Quote:Original Posted By cultrave
Adek ane ga lama ini patah tulang bahu kiri men.Gegara numbur tmnnya yg tinggi gede pas maen basket.
Pas disekolah kira2 blm patah, baru bengkok men.
.
Nah setibanya dirumah sakit,malah diurut sama guru olahraganya.Adek ane kesakitan.Kata gurunya, "Tahan, jgn dilawan".
.
Pas di ronsen ternyata PATAH!

Ortu ane pusing men operasinya 25 jt.
BPJS belum ngurus lagi...
jadi ibu ane ngadep ke pimpinan regionalnya BPJS.Alhamdulillah dikasih semacem skrip sementara utk BPJS berlaku 10 hari.
.
Dah.Semenjak itu men ane ga percaya sama yg namanya tukang urut.
.
Pilem okelah dibajak
Lagu juga banyak gretongan
Software apalagi
Kalo anak?
Kalo mamen udh berkeluarga dan mampu, masa mau anaknya cacat nanti gegara ngehemat beberapa jt?


Quote:Original Posted By revilfold
Setuju sama agan, kalau buat patah tulang ringan saya rasa boleh boleh saya dipercayakan ke tukang urut atau sangkal putung tapi kalau untuk yang udah berat harus dipercayakan ke dokter yang ahlinya karna mereka udah sekolah bertahun tahun buat menangani patah tulang dan pastinya sudah sangat berpengalaman.

Ane baru patah tulang sekitar 6 bulan lalu gan, patah 4 bagian di tangan kanan tepatnnya ditulang radius ulna. Awalnya ane ogah buat operasi jadi putuskan buat pengobatan tradisonal, udah 3 bulan ane liat kok ini tangan kanan aneh bentuknya dan ane coba ke rs buat foto rotgen ternyata tulang ane posisinya belum bener huhuhu. Akhirnya ane putuskan buat dioperasi, ini udah jalan 3 bulan gitu setelah operasi.
Waktu ane siap dioperasi ane dimarah sama dokternya gara gara ane ke pengobatan tradisional
Tapi syukur sekarang udah bener posisinya gan hehe


Quote:Original Posted By monyetzzzz
Ane pernah patah gan... Kalo boleh saran sih pilih dukun tulang.. Tp yg udah terbukti.. Dan tergantung patahan jg... Kalo sekedar patah dan retak dukun tulang... Tp kalo udah patah menebus daging .. Ya ke dokter lha sama patah remuk serpihan... Itu jg harus ke doktoer dioperasi...
Cara taunya jenis patah apa ya di rontgen
Trus ane sndiri nyimpen pen dr kelas 5 sd ampe skrg..
Alasannya gada biaya.. Dan jg katanya pen itu dah di selimuti kalsium yg tumbuh mnjadi tulang.. Jd kalo yg mau buka pen jgn ampe telat.. Kalo kalsiumnya udh ngikut ke pen lepasnya suaah lg.. Dan membuat setidaknya tulang retak kalo dioperasi lg...
Pejwan kalo berkenan


gw waktu kecil patah tulang tangan kanan , trs dibawa ke tukang urut dan sembuh
tukang urutnya emg udah terkenal sih di daerah ane ...
Semoga aja nggak terjadi terjadap aku
Soalnya ngeri bener, 2 2 nya ngeri amat
Semoga aja tidak terjadi terhadap aku
Reserved
Temen Gue Dah 4 x Patah Tulang Gan !
wah mending pake yang medis aja deh
Dengarkan Suara tulang yg patah... Krrraakkk!!!!!!
kalo patah hati gmn gan
iya gan, itu semua ada kelebihan dan kekurangannya antara tradisional sm yg skrng.


ane prnh ngbrol sm tukang pijet tradisional dan dia juga buka praktek ahli tulang, ktanya klo tradisional itu ga langsung ke bagian yg patahnya dulu, tp ke pangkal2 tulangnya. dr urat2 nya gitu lah supaya bener dulu trus udh itu mulai ke tulangnya tp hati2 banget. abis itu tunggu deh kedepan perkembangannya, katanya sih lebih cpet yg tradisional drpd operasi. CMIIW
Terkadang gegara sistem administrasi yg ribet, masyarakat lbh memilih sangkal putung coy.... Terutama orang di desa2, kelas menengah ke bawah.
Quote:Original Posted By frozentuna31
Temen Gue Dah 4 x Patah Tulang Gan !


Wah parah amat tuh gan
Hobbynye matahin tulang yak gan temen elu
asal jangan patah hati gan
Kalo cuma dislokasi atau geser sih gak perlu sampe operasi juga, tinggal ditarik atau dipijet dikit juga sembuh...
Tapi kalo sampe fraktur/retak atau malah sampe kepisah, mending dibawa ke rumah sakit aja daripada cuma dipijet2, analoginya kek kaca pecah tapi pengen dibetulin dgn cara dielus2
Ane bntar lagi mau operasi transplantasi tulang panggul gan.. doain ya agan2 smuanya...
Si TS dapet topik dari pengalaman pribadi yak? :v

Btw nyimak dulu
Quote:Original Posted By estidi
Kalo cuma dislokasi atau geser sih gak perlu sampe operasi juga, tinggal ditarik atau dipijet dikit juga sembuh...
Tapi kalo sampe fraktur/retak atau malah sampe kepisah, mending dibawa ke rumah sakit aja daripada cuma dipijet2, analoginya kek kaca pecah tapi pengen dibetulin dgn cara dielus2


Analogi ente masuk banget gan
tergantung berobatnya dimana. alhamdulillah ibu dan sepupu ane sukses di pengobatan alternatif
Quote:Original Posted By ikymaru90
Ane bntar lagi mau operasi transplantasi tulang panggul gan.. doain ya agan2 smuanya...


Amin semoga lancar gan
Btw doa'in juga gan ini thread jadi rame
Mending kedukun patah saja





Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar