Mengenal kereta-kereta komuter di Indonesia
PROLOG
Quote:Gue udah singgah di beberapa kota dengan kereta api dan mengenal layanan kereta api di beberapa provinsi dengan segala kurang dan lebihnya. Buat yang menyangka kereta komuter cuma ada di Jabodetabek, SALAH!
Hampir semua daerah operasi KAI punya kereta komuter, di mana definisi komuter adalah yang jarak tempuh lurusnya maksimal 75 km, juga terminusnya harus di kota-kota penyangga. Beberapa lokalan semacam Rangkasbitung dan Cikampek sebenarnya disebut komuter bukan KA lokal, apalagi penumpangnya emang banyakan komuter ke Jakarta sih
Nah ini dia daerah operasi dan divisi regional KAI yang punya komuter atau kereta jarak tempuh pendek. Ada daop dan divre yang nggak punya. Penasaran? Baca sampai bawah jangan ngejunk doang bisanya
Ada yg nanya nih daop ama divre apaan bedanya
Quote:Original Posted By cp9201 ►
divre itu apaan gan? bedanya sama daop apa?
Divre: Divisi regional, biasanya ini meliputi 1 provinsi dan dibentuk pada jaman pasca Belanda. Saat ini cuma ada di sumatera
Daop: daerah operasi, ini dari peninggalan pembagian Belanda klo ga salah. Dan pembagiannya berdasarkan patokan kota terdekat. Saat ini cuma ada di Jawa
KAI skrg ada 9 daop dan 4 divre. Anak railfan biasanya ngebedain daop dan divre itu: jawa dan luar jawa.
Daop I Jakarta
Quote:Semua udah tau, angkutan komuter di sini adalah KRL Commuter Line, di mana dijelasin di sini bisa kepanjangan Tapi gue jelasin dulu secara singkat buat temen temen yang di luar jangkauan KRL dan masih bingung. Kok di luar jangkauan? Banyak daerah Jabodetabek yang jauh banget dari stasiun soalnya, jadinya gak pernah naik KRL
KRL Commuter Line itu kereta yang pake tenaga listrik yang dialirkan dari pantograf (lihat bagian yang gantung ke kabel di foto kereta), nah disebut komuter karena terjauh ke Maja (±55 km dari Tanah Abang). Keretanya didatangkan dari Jepang dan ada yang dibuat INKA dengan teknologi Jerman.
Nah, ada kereta lokal berlokomotif yang bisa digolongkan ke komuter karena jaraknya kurang dari 75 km. Ke depannya keretanya juga akan diganti KRL kok, yang duluan dan sudah ada infrastrukturnya yang Rangkasbitung dan Cikarang.
RUTE:
KRL Jakarta Kota-Bogor, Bogor-Manggarai-Duri-Jatinegara, Manggarai-Duri feeder, Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang-Maja, Manggarai-Jatinegara-Cakung-Bekasi.
Lokalan/odong-odong yang seharusnya komuter: Kemayoran-Cikampek, Kemayoran-Cikampek-Purwakarta, Angke-Duri-Rangkasbitung.
Pengembangan jaringan
Penggantian dengan KRL untuk rute ke Rangkasbitung dan Cikarang-Cikampek, pembukaan KA Rangkasbitung-Labuan (dihitung komuter karena banyak yang pp dari Labuan ke Serang naik bis), pembangunan Jakarta MRT timur barat dan utara selatan untuk menjangkau daerah Sawangan, Parung, Karawaci, Balaraja, Cikarang, Bekasi Utara
TARIF:
KRL: 2000 untuk 25 km awal, 1000 nambah 10 km. Oktober 2016 harga tiket akan naik 1000.
KA Lokal: 5000 atau 7500 ya buat semua lokalan. Yang jelas kalo mahal awas digeruduk warga Tambun
GALERI
Lokalan Rangkasbitung, Rangkas Jaya
Patas Purwakarta
Bojonggede Ekspres, sudah almarhum, disimpan di Purwakarta kayaknya
JR205, orang kalo bayangin KRL sekarang terlintasnya biasanya yang ini
Quote:Original Posted By chilipeppers ►
Kereta yg selalu penuh
Nice inpo gan
Btw ane pernah lihat bangkai KRL di Purwakarta
Daop II Bandung
Quote:
Baraya Geulis
Jalur komuter ini nggak banyak yang tahu selain penduduk Bandung itu sendiri. Nama kereta yang melayani adalah KRD Bandung Raya, disebut juga KRD Baraya. Saat ini tarifnya sudah satu tiket, meskipun masih dibedain antara AC dan Non AC.
Asal tahu, dulu kelakuan penumpang kereta komuter Bandung mirip Jakarta, ada atapers dan gelantunganers juga. Pernah lihat sendiri dari pintu kereta
Rute:
Padalarang-Bandung-Kiaracondong-Cicalengka-Nagreg-Cibatu Garut (gak bercabang bray ngakak)
Lokalan Cibatu rutenya Purwakarta-Cibatu.
Tarif: kalo gak salah flat 1500 bisa dari ujung ke ujung, lokalan cibatu kalo nggak salah goceng
Pengembangan Jaringan:
Cikudapateuh-Ciwidey, Gedebage-Tanjungsari-Sumedang, Padalarang-Cianjur via Ciranjang
Penggantian menjadi KRL
GALERI
Rancang Geulis
Modelan jadul
Lokalan Cibatu Terowongan Sasaksaat
Daop VI Jogja featuring Daop V Purwokerto
Quote:Ini jalur komuter paling maju selain Jabodetabek, dan yang kedua dijadikan KRL, meski mundur setahun kabarnya . Layanan kereta di sini macem-macem dan beda-beda tarif, maksimal 20 ribu untuk rute sama
Tujuan Favorit di mari adalah Solo dan Jogja lah ya, 60 km 1,5 jam tapi masih ada aja lesehaners macam KRL jaman jahiliyah
Prameks
Sriwedari jadi Prameks
Joglokerto
Quote:Original Posted By monkeyboyz ►
joglokerto itu relasi antar daop gan
daop pwt dan jogja
tiket 20rb buat joglokerto yg jogja solo itu cuma bisa di beli 2 jam sebelum keberangkatan
Jenis Kereta:
Prameks/Prambanan Ekspres: KRD Elektrik bekas KRL Holec/Kaleng
Joglokerto: ditarik lokomotif
Batara Kresna: Solo Balapan-Wonogiri
Rute:
Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan
Pengembangan:
Yogyakarta-Magelang, Yogyakarta-Bantul
Pengaktifan lagi stasiun kecil untuk penumpang KRL nantinya
Quote:Original Posted By squid.yantz ►
Tambahan gan
Koleksi ane, Batara Kresna a.k.a Railbus Solo, relasi Purwosari - Wonogiri, 2x keberangkatan dr PWS 06.00 dn 10.00, dr WNG 08.00 dn 12.15, tiket rp 4000 doang, jalanya 20km an aja soalnya lwt tgah kota dan tujuannya bwt wisata sih
Daop IV Semarang
Quote:Di sini kereta komuter baru hadir tahun 2014, gara-gara permintaan tinggi akibat Semarang makin macet. Dulunya nggak ada karena budaya orang Semarang beda dengan Jakarta, lebih malas naik umum lho, mungkin karena puanase edan ya
Rute:
Kamandaka: Weleri-Semarang Poncol (hitungannya bukan kereta komuter karena dari Purwokerto via Prupuk-Tegal, tapi perjalanan Weleri-Semarang komuter karena masih metropolitan Semarang)
Kedung Sepur: Semarang Poncol-Ngrombo (Grobogan), aslinya Semarang-Solo
Tarif: 10 ribu bisa Semarang-Solo, aslinya mahall 25 rebu
GOKIL GAK KOMUTER KAYAK GINI DAPET BEKASAN KUALANAMU
Dari luar biasa aje
Daop VIII Surabaya
Quote:
Susi/Surabaya Sidoarjo
Layanan komuter di sini sudah ada dari jaman Belanda sama kayak Jabodetabek, sedihnya karena sempat nggak laku jadinya banyak yang dimatikan. Ketika Surabaya makin muacettt, diputuskan untuk membuka lagi jalur jalur komuter.
Rute:
Surabaya: SuSi/Surabaya-Sidoarjo, SuMo/Surabaya-Mojokerto, “feeder” Sidoarjo-Tarik, SuLam/Surabaya-Lamongan, Bojonegoro-Surabaya
Malang: Penataran (agak overlap definisi 75 km, tapi karena rame juga yg ngelaju ke sini jadi gw masukin)
Tarif: 4000
Keberangkatan Susi: cuma tiga, yang ngantor cuma satu, jam 5 pagian
SuSi lagi
Komuter Sulam tujuan Lamongan
Komuter Surabaya Mojokerto/SuMo/Surokerto
KRD (?) Bojonegoro-Sby
KA Penataran
Quote:Original Posted By acebee ►
komuter Susi sekarang tarif nya jadi 5 rebu gan
nambahin di daop8 ada KRD Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo rangkaian kepunyaan Dipo SDT
KRD Kertosono relasi Surabaya Gubeng-Kertosono
Daop III Cirebon
Daop VII Madiun
Nggak punya gan...
Daop IX ada yang nambahin ni
Quote:Original Posted By DM.CINTADAMAI ►
Daop IX punya pandanwangi bre jember - banyuwangi. Kereta paporit anak banyuwangi yg kuliah di jember
Dulu ada probowangi sebelum trayekny diperpanjang sampe.sby
Daop VIII juga ada krd jenggala mojokerto-sidoarjo
Ada juga krd bojonegoro relasi sidoarjo-bojonegoro
Divre I Sumut Aceh
Quote:Namanya Sri Lelawangsa untuk Medan-Binjai. Sekarang pakai KRD, dulu pake lokomotif katanya. Maaf kalo kurang tau
Sri Lelawangsa
Rute:
Binjai-Medan-Tebing Tinggi (artinya nyaris seluruh jalur aktif yang ada, btw semua kereta sumut mentok di Rantauprapat )
Medan-Kualanamu (banyak yg request nih)
Galeri
Anjlokan Sri Lelawangsa di Stasiun Medan
Inside
KA Putri Deli, berfungsi juga sebagai "komuter" ke Tebing Tinggi
KA Kualanamu, pisah sama jalur ke rantauprapat di stasiun Bandar Khilapah klo gak salah
Divre II Sumbar
Quote:
Namanya KA Sibinuang. Agak aneh, ini kereta penumpang yang sering dipake melaju. Fasilitas setara KA ekonomi di Jawa, melayani rute sekitar 60 km. Sama lah dengan jangkauan KRL Jabodetabek saat ini ke Maja, Lebak
Rute: Padang-Pariaman
Tarif: 4000 (buju buseet naik KRL tenabang-maja jarak kurang lebih sama habis 6000 )
KA Sibinuang
Divre III Sumsel
Quote:
Layanan yang tersedia hanya Kertalaya Railbus. Railbus adalah kereta KRD (mirip mirip KRL cuma pake diesel) dengan gerbong dikit (palingan cuma dua). Sebenarnya ini bukan komuter tapi kereta mahasiswa Unsri , hanya ada satu layanan di sini yaitu Kertapati-Indralaya. Kereta komuter juga dibilang baru di sini, soalnya selama ini dikuasai kereta Lampung dan Babaranjang, angkutan batubara dan kereta terpanjang di Indonesia
Nahh, gue berharap gak cuma kota kota ini ada komuter. Nantinya setiap kota besar punya. Kan enak ke mana mana naik sepur kan
KOMUTER YANG AKAN ADA SEIRING PENGEMBANGAN REL KA DI LUAR JAWA DAN REAKTIVASI JALUR MATI (Amin)
Komuter Pekanbaru
Komuter Makassar/Mamminasata (kereta komuter Indonesia pertama pakai sepur/gauge 1435 kayak di luar negeri)
Komuter Banda Aceh
Komuter Bandar Lampung/Tanjungkarang
Komuter Batam
Komuter Palembang Raya (integrasi dengan LRT)
Komuter Balikpapan
Sekian dulu trit dari gue, kalo ada temen temen dari railfans yang mau koreksi silakan, gue terbuka kok meski gue lebih spesialis di KRL karena sering naik. Haruslah penumpang KRL dan KAJJ saling menghormati
BTW gue kasih bonus ya buat para railfans
KRL Inka Bombardier
Ini ada yang rekam dari yg seharusnya gerbong cewek, btw jarang jarang cewek railfan makanya jarang ada yang ngerekam aktivitas masinis di dalam
Stasion Hall Bandung
Koreksi
Quote:Original Posted By guatelitenan ►
Itu yg lewat Prupuk Kamandaka tujuan akhir st.Tawang SMG berangkat dr st.Purwokerto,
Kalau Kaligung Mas st terakhir cuman sampai st.Tegal berangkat dr st.Tawang SMG.
Sekedar koreksi kalau Kamandaka kepunyaan Daop V Purwokerto.
Quote:Original Posted By kartaindra ►
yg DAOP6 seringnya ya prameks utk tujuan solo-jogja ato sebaliknya, tp biasanya byk kehabisan klo gak beli 1jam sblm keberangkatan (weekend)
salam dari DAOP 6 gann
PROLOG
Quote:Gue udah singgah di beberapa kota dengan kereta api dan mengenal layanan kereta api di beberapa provinsi dengan segala kurang dan lebihnya. Buat yang menyangka kereta komuter cuma ada di Jabodetabek, SALAH!
Hampir semua daerah operasi KAI punya kereta komuter, di mana definisi komuter adalah yang jarak tempuh lurusnya maksimal 75 km, juga terminusnya harus di kota-kota penyangga. Beberapa lokalan semacam Rangkasbitung dan Cikampek sebenarnya disebut komuter bukan KA lokal, apalagi penumpangnya emang banyakan komuter ke Jakarta sih
Nah ini dia daerah operasi dan divisi regional KAI yang punya komuter atau kereta jarak tempuh pendek. Ada daop dan divre yang nggak punya. Penasaran? Baca sampai bawah jangan ngejunk doang bisanya
Ada yg nanya nih daop ama divre apaan bedanya
Quote:Original Posted By cp9201 ►
divre itu apaan gan? bedanya sama daop apa?
Divre: Divisi regional, biasanya ini meliputi 1 provinsi dan dibentuk pada jaman pasca Belanda. Saat ini cuma ada di sumatera
Daop: daerah operasi, ini dari peninggalan pembagian Belanda klo ga salah. Dan pembagiannya berdasarkan patokan kota terdekat. Saat ini cuma ada di Jawa
KAI skrg ada 9 daop dan 4 divre. Anak railfan biasanya ngebedain daop dan divre itu: jawa dan luar jawa.
Daop I Jakarta
Quote:Semua udah tau, angkutan komuter di sini adalah KRL Commuter Line, di mana dijelasin di sini bisa kepanjangan Tapi gue jelasin dulu secara singkat buat temen temen yang di luar jangkauan KRL dan masih bingung. Kok di luar jangkauan? Banyak daerah Jabodetabek yang jauh banget dari stasiun soalnya, jadinya gak pernah naik KRL
KRL Commuter Line itu kereta yang pake tenaga listrik yang dialirkan dari pantograf (lihat bagian yang gantung ke kabel di foto kereta), nah disebut komuter karena terjauh ke Maja (±55 km dari Tanah Abang). Keretanya didatangkan dari Jepang dan ada yang dibuat INKA dengan teknologi Jerman.
Nah, ada kereta lokal berlokomotif yang bisa digolongkan ke komuter karena jaraknya kurang dari 75 km. Ke depannya keretanya juga akan diganti KRL kok, yang duluan dan sudah ada infrastrukturnya yang Rangkasbitung dan Cikarang.
RUTE:
KRL Jakarta Kota-Bogor, Bogor-Manggarai-Duri-Jatinegara, Manggarai-Duri feeder, Tanah Abang-Serpong-Parung Panjang-Maja, Manggarai-Jatinegara-Cakung-Bekasi.
Lokalan/odong-odong yang seharusnya komuter: Kemayoran-Cikampek, Kemayoran-Cikampek-Purwakarta, Angke-Duri-Rangkasbitung.
Pengembangan jaringan
Penggantian dengan KRL untuk rute ke Rangkasbitung dan Cikarang-Cikampek, pembukaan KA Rangkasbitung-Labuan (dihitung komuter karena banyak yang pp dari Labuan ke Serang naik bis), pembangunan Jakarta MRT timur barat dan utara selatan untuk menjangkau daerah Sawangan, Parung, Karawaci, Balaraja, Cikarang, Bekasi Utara
TARIF:
KRL: 2000 untuk 25 km awal, 1000 nambah 10 km. Oktober 2016 harga tiket akan naik 1000.
KA Lokal: 5000 atau 7500 ya buat semua lokalan. Yang jelas kalo mahal awas digeruduk warga Tambun
GALERI
Spoiler for :
Lokalan Rangkasbitung, Rangkas Jaya
Patas Purwakarta
Bojonggede Ekspres, sudah almarhum, disimpan di Purwakarta kayaknya
JR205, orang kalo bayangin KRL sekarang terlintasnya biasanya yang ini
Quote:Original Posted By chilipeppers ►
Kereta yg selalu penuh
Nice inpo gan
Btw ane pernah lihat bangkai KRL di Purwakarta
Daop II Bandung
Quote:
Baraya Geulis
Jalur komuter ini nggak banyak yang tahu selain penduduk Bandung itu sendiri. Nama kereta yang melayani adalah KRD Bandung Raya, disebut juga KRD Baraya. Saat ini tarifnya sudah satu tiket, meskipun masih dibedain antara AC dan Non AC.
Asal tahu, dulu kelakuan penumpang kereta komuter Bandung mirip Jakarta, ada atapers dan gelantunganers juga. Pernah lihat sendiri dari pintu kereta
Rute:
Padalarang-Bandung-Kiaracondong-Cicalengka-Nagreg-Cibatu Garut (gak bercabang bray ngakak)
Lokalan Cibatu rutenya Purwakarta-Cibatu.
Tarif: kalo gak salah flat 1500 bisa dari ujung ke ujung, lokalan cibatu kalo nggak salah goceng
Pengembangan Jaringan:
Cikudapateuh-Ciwidey, Gedebage-Tanjungsari-Sumedang, Padalarang-Cianjur via Ciranjang
Penggantian menjadi KRL
GALERI
Spoiler for :
Rancang Geulis
Modelan jadul
Lokalan Cibatu Terowongan Sasaksaat
Daop VI Jogja featuring Daop V Purwokerto
Quote:Ini jalur komuter paling maju selain Jabodetabek, dan yang kedua dijadikan KRL, meski mundur setahun kabarnya . Layanan kereta di sini macem-macem dan beda-beda tarif, maksimal 20 ribu untuk rute sama
Tujuan Favorit di mari adalah Solo dan Jogja lah ya, 60 km 1,5 jam tapi masih ada aja lesehaners macam KRL jaman jahiliyah
Prameks
Sriwedari jadi Prameks
Joglokerto
Quote:Original Posted By monkeyboyz ►
joglokerto itu relasi antar daop gan
daop pwt dan jogja
tiket 20rb buat joglokerto yg jogja solo itu cuma bisa di beli 2 jam sebelum keberangkatan
Jenis Kereta:
Prameks/Prambanan Ekspres: KRD Elektrik bekas KRL Holec/Kaleng
Joglokerto: ditarik lokomotif
Batara Kresna: Solo Balapan-Wonogiri
Rute:
Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan
Pengembangan:
Yogyakarta-Magelang, Yogyakarta-Bantul
Pengaktifan lagi stasiun kecil untuk penumpang KRL nantinya
Quote:Original Posted By squid.yantz ►
Tambahan gan
Koleksi ane, Batara Kresna a.k.a Railbus Solo, relasi Purwosari - Wonogiri, 2x keberangkatan dr PWS 06.00 dn 10.00, dr WNG 08.00 dn 12.15, tiket rp 4000 doang, jalanya 20km an aja soalnya lwt tgah kota dan tujuannya bwt wisata sih
Daop IV Semarang
Quote:Di sini kereta komuter baru hadir tahun 2014, gara-gara permintaan tinggi akibat Semarang makin macet. Dulunya nggak ada karena budaya orang Semarang beda dengan Jakarta, lebih malas naik umum lho, mungkin karena puanase edan ya
Rute:
Kamandaka: Weleri-Semarang Poncol (hitungannya bukan kereta komuter karena dari Purwokerto via Prupuk-Tegal, tapi perjalanan Weleri-Semarang komuter karena masih metropolitan Semarang)
Kedung Sepur: Semarang Poncol-Ngrombo (Grobogan), aslinya Semarang-Solo
Tarif: 10 ribu bisa Semarang-Solo, aslinya mahall 25 rebu
GOKIL GAK KOMUTER KAYAK GINI DAPET BEKASAN KUALANAMU
Spoiler for :
Dari luar biasa aje
Daop VIII Surabaya
Quote:
Susi/Surabaya Sidoarjo
Layanan komuter di sini sudah ada dari jaman Belanda sama kayak Jabodetabek, sedihnya karena sempat nggak laku jadinya banyak yang dimatikan. Ketika Surabaya makin muacettt, diputuskan untuk membuka lagi jalur jalur komuter.
Rute:
Surabaya: SuSi/Surabaya-Sidoarjo, SuMo/Surabaya-Mojokerto, “feeder” Sidoarjo-Tarik, SuLam/Surabaya-Lamongan, Bojonegoro-Surabaya
Malang: Penataran (agak overlap definisi 75 km, tapi karena rame juga yg ngelaju ke sini jadi gw masukin)
Tarif: 4000
Keberangkatan Susi: cuma tiga, yang ngantor cuma satu, jam 5 pagian
Spoiler for :
SuSi lagi
Komuter Sulam tujuan Lamongan
Komuter Surabaya Mojokerto/SuMo/Surokerto
KRD (?) Bojonegoro-Sby
KA Penataran
Quote:Original Posted By acebee ►
komuter Susi sekarang tarif nya jadi 5 rebu gan
nambahin di daop8 ada KRD Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo rangkaian kepunyaan Dipo SDT
Spoiler for kereta nya:
KRD Kertosono relasi Surabaya Gubeng-Kertosono
Spoiler for kereta nya:
Daop III Cirebon
Daop VII Madiun
Nggak punya gan...
Daop IX ada yang nambahin ni
Quote:Original Posted By DM.CINTADAMAI ►
Daop IX punya pandanwangi bre jember - banyuwangi. Kereta paporit anak banyuwangi yg kuliah di jember
Dulu ada probowangi sebelum trayekny diperpanjang sampe.sby
Daop VIII juga ada krd jenggala mojokerto-sidoarjo
Ada juga krd bojonegoro relasi sidoarjo-bojonegoro
Divre I Sumut Aceh
Quote:Namanya Sri Lelawangsa untuk Medan-Binjai. Sekarang pakai KRD, dulu pake lokomotif katanya. Maaf kalo kurang tau
Sri Lelawangsa
Rute:
Binjai-Medan-Tebing Tinggi (artinya nyaris seluruh jalur aktif yang ada, btw semua kereta sumut mentok di Rantauprapat )
Medan-Kualanamu (banyak yg request nih)
Galeri
Spoiler for :
Anjlokan Sri Lelawangsa di Stasiun Medan
Inside
KA Putri Deli, berfungsi juga sebagai "komuter" ke Tebing Tinggi
KA Kualanamu, pisah sama jalur ke rantauprapat di stasiun Bandar Khilapah klo gak salah
Divre II Sumbar
Quote:
Namanya KA Sibinuang. Agak aneh, ini kereta penumpang yang sering dipake melaju. Fasilitas setara KA ekonomi di Jawa, melayani rute sekitar 60 km. Sama lah dengan jangkauan KRL Jabodetabek saat ini ke Maja, Lebak
Rute: Padang-Pariaman
Tarif: 4000 (buju buseet naik KRL tenabang-maja jarak kurang lebih sama habis 6000 )
KA Sibinuang
Divre III Sumsel
Quote:
Layanan yang tersedia hanya Kertalaya Railbus. Railbus adalah kereta KRD (mirip mirip KRL cuma pake diesel) dengan gerbong dikit (palingan cuma dua). Sebenarnya ini bukan komuter tapi kereta mahasiswa Unsri , hanya ada satu layanan di sini yaitu Kertapati-Indralaya. Kereta komuter juga dibilang baru di sini, soalnya selama ini dikuasai kereta Lampung dan Babaranjang, angkutan batubara dan kereta terpanjang di Indonesia
Nahh, gue berharap gak cuma kota kota ini ada komuter. Nantinya setiap kota besar punya. Kan enak ke mana mana naik sepur kan
KOMUTER YANG AKAN ADA SEIRING PENGEMBANGAN REL KA DI LUAR JAWA DAN REAKTIVASI JALUR MATI (Amin)
Komuter Pekanbaru
Komuter Makassar/Mamminasata (kereta komuter Indonesia pertama pakai sepur/gauge 1435 kayak di luar negeri)
Komuter Banda Aceh
Komuter Bandar Lampung/Tanjungkarang
Komuter Batam
Komuter Palembang Raya (integrasi dengan LRT)
Komuter Balikpapan
Sekian dulu trit dari gue, kalo ada temen temen dari railfans yang mau koreksi silakan, gue terbuka kok meski gue lebih spesialis di KRL karena sering naik. Haruslah penumpang KRL dan KAJJ saling menghormati
BTW gue kasih bonus ya buat para railfans
Spoiler for bonus:
KRL Inka Bombardier
Ini ada yang rekam dari yg seharusnya gerbong cewek, btw jarang jarang cewek railfan makanya jarang ada yang ngerekam aktivitas masinis di dalam
Stasion Hall Bandung
Koreksi
Quote:Original Posted By guatelitenan ►
Itu yg lewat Prupuk Kamandaka tujuan akhir st.Tawang SMG berangkat dr st.Purwokerto,
Kalau Kaligung Mas st terakhir cuman sampai st.Tegal berangkat dr st.Tawang SMG.
Sekedar koreksi kalau Kamandaka kepunyaan Daop V Purwokerto.
Quote:Original Posted By kartaindra ►
yg DAOP6 seringnya ya prameks utk tujuan solo-jogja ato sebaliknya, tp biasanya byk kehabisan klo gak beli 1jam sblm keberangkatan (weekend)
salam dari DAOP 6 gann
oh gitu ya bray baru tau ane dah
ane taunya cuma putri deli gan
Quote:Original Posted By nagie ►
oh gitu ya bray baru tau ane dah
Selama ini tahunya cuma commuter line ya
oh gitu ya bray baru tau ane dah
Selama ini tahunya cuma commuter line ya
serasa berbau2 dejavu ane dah ini sumpah, apa ane dari masa depan
Gan itu keren banget yg di sumsel
keren ya ..
pengen nyoba yg solo semarang
pengen nyoba yg solo semarang
masih jadi pengguna komuter
Quote:Original Posted By succesor ►
serasa berbau2 dejavu ane dah ini sumpah, apa ane dari masa depan
Lah ini versi lebih lengkap kalopun repost juga, semua daerah di Indonesia yg dilayani kereta api ini bedanya
serasa berbau2 dejavu ane dah ini sumpah, apa ane dari masa depan
Lah ini versi lebih lengkap kalopun repost juga, semua daerah di Indonesia yg dilayani kereta api ini bedanya
Kereta pepsodent ama abal2 gak dimasukin gan yang bisa di taekin diatas nya
ini merakyat banget
Quote:Original Posted By climberrock ►
Kereta pepsodent ama abal2 gak dimasukin gan yang bisa di taekin diatas nya
EH BUSET PEPSODENT
Djole nih bonus
Atapers gebleg nih bonus
Dari jerujinya kayakya di Pasming
Quote:Original Posted By corteco ►
jadi asli orang mana nih gan
Tanah Jawa gan
Kereta pepsodent ama abal2 gak dimasukin gan yang bisa di taekin diatas nya
EH BUSET PEPSODENT
Djole nih bonus
Atapers gebleg nih bonus
Dari jerujinya kayakya di Pasming
Quote:Original Posted By corteco ►
jadi asli orang mana nih gan
Tanah Jawa gan
medan perapat gadak ya
Quote:Original Posted By twisctre ►
EH BUSET PEPSODENT
Nama beken nya dulu gan taun 90an kereta jakarta-bogor tiket masi 200 perak
EH BUSET PEPSODENT
Nama beken nya dulu gan taun 90an kereta jakarta-bogor tiket masi 200 perak
Quote:Original Posted By twisctre ►
Lah ini versi lebih lengkap kalopun repost juga, semua daerah di Indonesia yg dilayani kereta api ini bedanya
lanjutkan bre semoga Hate
ntaps dah hate
gembok
Via: Kaskus.co.id
Lah ini versi lebih lengkap kalopun repost juga, semua daerah di Indonesia yg dilayani kereta api ini bedanya
lanjutkan bre semoga Hate
ntaps dah hate
gembok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar