Pages


Sabtu, 21 Mei 2016

Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia


Weleh weleh...
terima kasih mendalam kembali yang amat sangat banyak untuk momod/mimin yang udah mengangkat trit yang sederhana ini menjadi HOT TRIT tanggal 21 Mei 2016


Ini adalah HT ke-32 ane gan
Spoiler for Hot trit tanggal 21 Mei 2016:

Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia

Terima kasih juga untuk agan2/wati sekalian yang udah menyediakan waktunya untuk mampir ke trit ini, rating dan juga lempar cendolnya ke ane
Serba-serbi Kementrian di Republik IndonesiaKabinet Kerja RI yang dibentuk bulan Oktober 2014, sebelum reshuffle tahun 2015
Selamat pagi/siang/sore/malam untuk KasKuser semuanya...
Di trit kali ini ane ingin 'mengumpulkan' serba-serbi atau trivia mengenai Kementrian di Republik kita ini, mulai dari kabinet masa lalu sampai kabinet yang sekarang sedang bertugas. Di trit ini, ane gak membahas secara detail mengenai kinerja kementrian atau menteri masing-masing karena ane yakin di kamar lain sudah banyak trit yang membahas hal-hal tersebut... =) Juga, ane gak bermaksud untuk membahas lebih dalam mengenai sejarah dari masing-masing kabinet, dan apalagi sejarah dari berdiri atau bubarnya suatu kementrian tertentu. Benar-benar hanya trivia saja... Dan kalau sampai ada yang salah alias keliru alias kurang tepat, mohon koreksinya yah dari agan/sis sekalian. Dan kalau ada yang kurang, monggo bantu ditambahkan gan/sis... Berikut serba-serbinya:
Quote:
Spoiler for Berikut adalah daftar Menteri pada kabinet yang pertama kali sejak Indonesia merdeka:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Konon, kabinet yang bernama Kabinet Presidentilini hanya untuk sebuah formalitas saja dan belum bisa melaksanakan roda pembangunan dan pemerintahan mengingat situasi poleksosbud negara yang baru saja merdeka saat itu.
Quote:Dalam sejarah kita pernah memiliki Kabinet Seratus Menteri, yakni pada Pemerintahan Soekarno dan hanya bertahan selama 32 hari. Kabinet tersebut adalah Kabinet Dwikora II yang dibentuk pada tanggal 21 Februari 1966 dan berakhir pada 27 Maret 1966. Sampai saat ini, tidak pernah ada lagi kabinet pemerintahan RI yang memiliki menteri yang jumlahnya sampai 3 digit.
Spoiler for Presiden Soekarno melantik Kabinet Dwikora II:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Berdasarkan link ini, 'kehebohan' jumlah menteri yang fantastis itu sampai-sampai dinominasikan kepada Museum Rekor Indonesia sebagai kabinet dengan menteri terbanyak.
Quote:Maria Ulfah Santosoadalah perempuan Indonesia pertama yang meraih gelar sarjana hukum, memangku jabatan menteri dan anggota Dewan Pertimbangan Agung. Oleh Presiden Soekarno Maria Ulfah diangkat sebagai Menteri Sosial pertama RI.
Spoiler for 'Srikandi' MenSos pertama RI:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Pada Kabinet Pembangunan jilid pertama, Presiden Soeharto ternyata menjadi 'atasan dan bawahan' atas dirinya sendiri. Beliau merangkap jabatan sebagai Presiden RI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan.
Spoiler for Pelantikan Kabinet Pembangunan I:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Pembentukan Kabinet ini adalah pada tahun 1968 dan beliau merangkap jabatan sampai pada tanggal 11 September 1971 sebelum kemudian posisi Menteri Pertahanan dan Keamanan dipegang oleh Brigjen TNI Maraden Panggabean.
Spoiler for Jenderal Soeharto:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Kabinet Kerja versi Jokowi punya 8 Menteri Perempuan, terbanyak sepanjang sejarah. Para menteri perempuan itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti; Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi; Menteri BUMN Rini M Soemarno; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya; Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani; Menteri Kesehatan Nila F Moeloek; Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.Sumber
Spoiler for 'Srikandi' Kabinet Kerja Jokowi:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Kementerian Luar Negerimerupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Ketiga kementrian tersebut tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden. Sempat dibahas di berita ini gan.Quote:Pernah terbayang di benak agan/sis apabila Presiden dan Wakil Presiden pada saat yang bersamaan tidak dapat menjalankan tugasnya karena satu dan lain hal? Lalu siapa yang akan 'menggantikan' posisi mereka?
Menteri Luar Negeri secara bersama-sama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 8 Ayat 3
Quote:Banyak sekali kementrian yang mengalami perubahan nama/nomenklatur dan ada pula yang 'digabungkan' dengan kementrian lainnya. Namun, sejak awal berdiri negara, hanya ada dua Kementrian yang dibubarkan secara total, kedua kementrian tersebut adalah Kementrian Kemakmuran, dibentuk sejak proklamasi kemerdekaan (Kabinet Presidensial) dan dibubarkan pada Kabinet Natsir hingga sekarang. Satu lagi adalah Kementerian Penerangan, dibentuk sejak proklamasi kemerdekaan (Kabinet Presidensial) dan dibubarkan pada Kabinet Persatuan Nasional hingga sekarang.
Spoiler for Harmoko, Menteri Penerangan RI terlama (3 periode):
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Hanya ada tiga mantan Presiden RI yang pernah merasakan 'kursi menteri', mereka adalah Presiden Soeharto yang sempat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Presiden B.J.Habibie yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologidan juga Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi, dan juga Menteri Koordinator Bidang Politik Sosial dan Keamanan. Khusus untuk Pak Habibie, beliau adalah satu-satunya 'mantan menteri' yang pernah duduk di kursi Wakil Presiden dan kemudian Presiden.
Spoiler for Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono:
. Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Siapa bilang seseorang harus memiliki pangkat militer yang 'kece' untuk bisa duduk di kursi Menteri Pertahanan RI? Tercatat sejak reformasi tahun 1998, sudah ada 8 orang yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan hanya 3 saja yang memiliki pangkat di dunia militer, mereka adalah: Jenderal ABRI Wiranto, Jenderal TNI (HOR) Agum Gumelar, dan Menteri Pertahanan saat ini, Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu
Spoiler for Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Pada Kabinet Kerja versi Jokowi-JK 2014, ada beberapa Srikandi yang menjabat sebagai menteri perempuan pertama pada kementriannya. Mereka adalah Menteri Luar NegeriRetno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini SoemarnoQuote:Pak Sofyan Djalil bisa dibilang salah satu dari sedikit orang yang 'bolak balik' jadi Menteri. Sampai saat ini, tercatat beliau pernah menjabat sebagai:
1. Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, 2004-2007.
2. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, 2007-2009.
3. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, 2014-2015.
4. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, 2015.
Spoiler for Pak Sofyan Djalil:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Pada Kabinet Kerja bentukan Jokowi-JK tahun 2014 lepas, ada satu kementrian yang 'lahir kembali' sejak tahun 1967. Kementrian tersebut adalah Kementrian Koordinator bidang Kemaritiman (dan Sumber Daya)[B]. Tercatat, Ali Sadikin dan Jatidjan adalah dua orang yang pernah menjabat sebagai menteri urusan kemaritiman. Kementrian ini kemudian 'digabungkan' dengan Departemen/Kementrian Perhubungan dari Kabinet Ampera jilid II sampai Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Pak Rizal Ramli adalah Menteri Koordinator di kementrian ini pada saat ini.
Spoiler for Rizal Ramli:
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia


Quote:Sumber-sumber:
Sumber gambar kabinet kerja
Hasil dari ngobrol-ngobrol dan baca-baca ini itu juga... =D

Quote:Semoga menambah wawasan yah...!
Mohon ditambah kalau ada yang kurang / diralat kalau ada yang salah

Quote:Tambahan dari KasKuser:
Quote:Original Posted By sesova

Mungkin maksud TS Dari Menteri langsung Presiden,klo pak Habibie kan menteri,wapres trs presiden
Cmiiw
Btw TS mau nambahin dikit Menteri Pertama yg lahir di Republik Indonesia yaitu Akbar Tanjung(Menpora klo ga slah) kan sebelumnya pada lahir Hindia Belanda,,hehehe
Quote:Original Posted By sesova
Prof yg pertama jadi Menteri Soemitro Djojohadikusumo,,cmiiw

Spoiler for Hot trit ane lainnya gan/sis::

Indonesia sabet dua gelar di Singapore Open 2016 -> HT#31
Peta dunia dan ukuran yang sebenarnya-> HT#30
Kenapa yah paspor RI itu 'lemah'...?-> HT#29
Kewarganegaraan ganda: setuju atau tidak?->HT#28
Kumpulan cap paspor unik nih gan!-> HT#27
Edward Snowden, 'spesies' terbaru Indonesia-> HT#26
Patung Jenderal Besar Soedirman tidak hanya di dalam negeri-> HT#25
Prestasi Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Dunia dari masa ke masa-> HT#24
Legenda Bulutangkis Indonesia di BWF Hall of Fame-> HT#23
Raja Ampat dan TN Komodo masuk destinasi snorkeling terbaik di dunia -> HT#22
Arus bebas tenaga kerja terampil ASEAN, untung atau buntung...? ->HT#21
6 animator Indonesia yang mendunia-> HT#20
Nitya/Gresya juarai ganda putri Taiwan Open 2015! -> HT#19
Ini alasan Indonesia pantas bebas visa Schengen -> HT#18
Menengok keindahan Cayman Islands (Kepulauan Cayman), negeri tanpa 'pajak' di Karibia -> HT#17
Nama-nama tempat ini kadang 'tertukar' gan -> HT#16
Fakta unik lainnya tentang Rupiah -> HT#15
Frogdive, klub selam ekspedisi sejarah bawah laut Indonesia -> HT#14
(Nostalgia) Karir `Band Satu Juta Copy` Sheila on 7 (Infografis) -> HT#13
Negara lain pun jadi 'klien' PERURI -> HT #12
Dilema skripsi, dihapus atau tidak? -> HT #11
(sejenak direnungkan) 10 peribahasa terpopuler Indonesia -> HT #10
Mereka yang 'pertama' di Kabinet Kerja RI -> HT #9
Negara yang 'ter-' se-ASEAN -> HT #8
Patricia Yora, pilot cantik termuda kebanggaan Indonesia -> HT #7
Bali, sebuah pulau dengan berbagai penghargaan -> HT #6
Gedung Indonesia-1, calon gedung tertinggi di Indonesia -> HT #5
TNI menang mutlak di kejuaraan menembak di Australia -> HT #4
Lilyana/Tontowi juara ganda campuran Asia-> HT #3
Tengok wajah baru Paspor Republik Indonesia -> HT #2
SBY:Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia gan! -> HT #1 tapi udah ditutup


Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia

ntapz leh uga gan ane baca nanti
Sejarah nih... top
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia

ntapz leh uga gan ane baca nanti


itu ane sampe pake kaca pembesar gan buat baca komeng agan
Quote:Original Posted By sapson
Sejarah nih... top

ane malah lebih mengedepankan sisi trivia alias serba serbinya doang gan

kalo sejarah mah udah pasti ane pajangnya di kamar sejarah dan xenology...
monggo gan bantu rate juga kalo berkenan...
ora mudeng ...
Baru tau ane bree
Quote:Original Posted By charlies280590

ane malah lebih mengedepankan sisi trivia alias serba serbinya doang gan

kalo sejarah mah udah pasti ane pajangnya di kamar sejarah dan xenology...
monggo gan bantu rate juga kalo berkenan...


Yap... paham si... kalo kepanjangan gak nyaman


ada Ibu Susi sama Ibu Khofifah Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia
Quote:Original Posted By rizalshinoda
ora mudeng ...

monggo gan disimak dulu biar mudeng

Quote:Original Posted By jqwerty
Baru tau ane bree

sip gan, semoga menambah wawasan yah...
idupkan lagi kementrian penerangan.....

biar kaga banyak yg mbacot slenco....
waw jadi balik ke sejarah
mentri penerangan hehe,jadi dulu kalo ada mati lampu atau pemadaman ama PLN,komplain nya ke dia ya
Quote:Original Posted By sapson

Yap... paham si... kalo kepanjangan gak nyaman

sip gan... makasih yah ratenya...
Quote:Original Posted By ▄█▀ █▬█ █ ▀█▀
ada Ibu Susi sama Ibu Khofifah Serba-serbi Kementrian di Republik Indonesia

Bu Susi baru pertama kali ini menjabat sebagai menteri gan, dan beliau juga tercatat sebagai srikandi pertama yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan...
Sedangkan Bu Khofifah udah pernah jadi menteri, jamannya Gus Dur
jaman sd dulu di ujian ada pertanyaan nama menteri...sekarang ada ga y?
Dulu jaman orde baru anak sekolah disuruh ngapalin nama2 menteri, kalau sekarang keseringan reshuffle bakalan susah suruh ngapalin nama mentri
Quote:Original Posted By punkfajar
idupkan lagi kementrian penerangan.....

biar kaga banyak yg mbacot slenco....

=D
kalo nanti ada wacana penghidupan kembali menteri penerangan, bakalan ada yang komplen mengenai kemerdekaan berserikat, mengeluarkan pendapat baik lisan secara tulisan nih keliatannya...
Quote:Original Posted By kirashinigami
mentri penerangan hehe,jadi dulu kalo ada mati lampu atau pemadaman ama PLN,komplain nya ke dia ya


bukan atuh gan, kalo urusan listrik mah urusannya menteri ESDM alias energi dan sumber daya mineral
Klo kementerian sekarang namanya kabinet "gaduh"
Jaman sd ada tuh soal nama2 mentri
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar