Pages


Selasa, 05 Mei 2015

Belajar Dari Kehidup Daun Yang Jatuh Ke Tanah !!!

Alhamdulillah HT 04 Mei 2015

Thanks Mimin Momod All Officer&Kaskuser
Semoga Trit Ts Bermanfaat & Menginspirasi Kehidupan Gansis



BismillahHirrohmanNirrohim
Assalamualaikum Warohmatullahi Waberokatuh
Selamat Datang Di Thread Unitedd
Mudah"han Tidak Repost


“Daun yang jatuh tak pernah membenci angin, dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan, mengikhlaskan semuanya.

Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus.

Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan. Biarkan dia jatuh sebagaimana mestinya. Biarkan angin merengkuhnya, membawa pergi entah kemana.”

Quote:Quote:Daun Kering Ini Tak Akan Pernah Membenci AnginnyaQuote:

Daun daun kering yang jatuh ke tanah tentu tidak akan menarik perhatian kita yang berjalan di dekat pohon yang menggugurkannya.Sebab memang secara lahiriah tidak ada yang ada istimewa untuk dilihat.


Akan tetapi dari daun daun kering itu sebenarnya kita bisa belajar beberapa hal:
1. Daun daun kering yang jatuh dan sengaja digugurkan oleh sang pohon , adalah pertanda bahwa sang pohon sedang melakukan proses penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang tiba tiba tidak banyak.menyediakan air baginya.Ini dilakukannya sepanjang masa kemarau sampai datang musim hujan.


Daun daun itu sengaja digugurkan untuk mengurangi hilangnya atau penguapan banyak air dari dalam tubuh pohon itu yang semakin kesulitan mendapatkan air ketika memasuki musim kemarau sehingga dengan cara tersebut pohon itu bisa terus hidup sampai datang musim mudah memperoleh air.


Dalam situasi kehidupan kita yang semakin berat bisakah kita mampu melepaskan segala sesuatu yang bisa menolong kita dari penguapan (pemborosan) sumberdaya yang kita miliki.Sebab dengan cara itu kita akan sanggup melewati masa masa berat dalam hidup.

2. Pada musim susah air (kemarau) pohon lebih memilih daun untuk digugurkan ,dan terus mempertahankan akarnya dalam situasi berat itu , karena memang akarlah yang bisa mencarikan air baginya untuk tetap hidup.

Kalau lah kita harus mengambil keputusan sulit dalam hidup ini , untuk bisa mempertahankan keberadaan diri dalam situasi kehidupan yang sangat berat, apakah kita bisa dengan tepat memutuskan untuk mempertahankan sebagian yang kita miliki agar dengannya kita terus bertahan hidup.

Dalam badai kesulitan hidup.yang begitu kuat menghantam kita, mungkin kita terpaksa kehilangan harta , kolega bahkan berpisah dari keluarga, tetapi kita harus tetap mempertahankan iman , cara berpikir dan bersikap positif serta seluruh karakter mulya kita agar tetap bisa bertahan hidup , bahkan sanggup tetap berprestasi.


3. Pada musim air mudah didapatkan lagi, maka pohon kembali menumbuhkan daun baru agar bisa membantunya mengelola memanfaatkan cahaya matahari sebagai energi baginya dalam proses yang dikenal dengan fotosintesis.

Bisakah kita juga berlaku bijak seperti itu ? Melakukan kembali sebuah pekerjaan yang tadinya kita tinggalkan karena keterbatasan sumberdaya yang dibutuhkan, dan baru melakukannya lagi ketika sudah belimpah sumber daya dengan cara mengajak kembali orang orang yang kompeten bekerja lagi bersama kita.
sumber  (www.masulum.com)

Quote:
1.Daun yang jatuh tidak pernah membenci angin

2.Daun tidak pernah berusaha melepas kan diri dari ranting (Kita tidak mungkin membebaskan diri dari masalah, karena masalah adalah penghormatan kepada kita)

3.Daun yang seperti diam tapi punya stomata dan akan selalu menurut dengan arah angin

4.Daun itu dapur nya tumbuhan

5.walaupun daun telah berpisah dengan ranting nya tapi daun tetap bisa memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar nya.
Quote:Daun selagi hijau bermanfaat bagi yang hidup dan sudah rontok ketanah juga masih bermanfaat untuk kehidupan
sumber  (heticutnstick.com)

Quote:Quote:Ciloteh Tanpa Suara - Belajar Dari Kehidup Daun Yang Jatuh Ke TanahQuote:

Waktu pagi tadi, saat saya melihat tanaman di halaman rumah sehabis ditimpa hujan kemarin malam terlihat masih ada tetes air yang melekat pada daun yang telah lama tidak terkena air hujan.

Sehelai daun adalah organ penting sebuah tumbuhan. Daun mampu memenuhi kebutuhan energi dirinya, menjadi dapur makanan bagi sebuah pohon tempatnya tertancap, dan mampu memberikan kesejukan bagi udara disekitarnya. Daun mampu melakukan semua itu secara kodrati.

Daun mampu menyesuaikan diri dengan kondisi alam sekitarnya. Saat musim kering, daun rela menggugurkan diri untuk menjaga air tanah tidak menguap sehingga tanaman tetap hidup. Pada daerah padang pasir, daun berbentuk ramping dan memiliki lapisan kutikula yang tebal sehingga air dalam sel-selnya tidak mudah menguap.

Saat asiknya saya memperhatikan tanaman tersebut, terdengar sapaan dari arah belakang saya “ itulah kehidupan, lihatlah warna daun ada yang hijau muda, hijau tua dan kekuning-kuningan dan akhirnya gugur “ ujar mertua saya H. Bustami Dt.Tunaro.

“ benar sekali pak, Daun tidak menunggu dewasa untuk dapat bermanfaat. Sejak daun muncul dari tunas kecilnya, dia sudah mampu berfotosintesis dan memberikan manfaat untuk dirinya, pohonnya dan lingkungan sekitarnya. Energi dari hasil fotosintesis dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan. Daun mampu bekerjasama. Sehelai daun bersama helaian-helaian daun lain saling mendukung untuk menjaga keberlanjutan proses alam. Semakin banyak daun tumbuh dan rimbun dalam satu pohon, semakin kuat akar mencengkeram tanah, semakin kokoh pohon berdiri dan semakin besar manfaat yang akan dirasakan oleh lingkungan. Sebagian banyak daun berwarna hijau, warna yang melambangkan keteduhan dan kesegaran. Daun tidak sekedar menjadikan hijaunya sebagai lambang, daun benar-benar mampu memberikan keteduhan dan kesejukan.” Ujar saya.

“ usia bapak sekarang telah 88 tahun, ibaratkan daun yang tidak hijau lagi telah kering dan keriput yang sebentar lagi akan gugur meninggalkan batangnya “ ujar mertua saya.

“ Bapak ibaratakan sebagai daun telah menjalani tugas kehidupan pada setiap tahapannya, sejak kecil telah mampu memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan sebagi pangulu suku, sebagai ayah dan sebagai mamak telah melakukan fungsinya dengan baik.” Ulas saya

“ nah di hari tua ini, inilah yang saya risaukan, apakah benar saya telah melakukan kebaikan buat diri sendiri, orangtua, kaum, keluarga dan bagi anak-anak dan lingkungan ditempat saya“ ucap mertua saya.

“ sebagai orangtua dan mamak, saya pikir sebenarnya sejak dulu bapak telah mampu membuat kebaikan dengan segenap kemampuan tenaga yang bapak punyai, dimana rumah anak dan kemenakan mampu bapak bangun dengan bantuan tenaga sendiri yang sekarang dapat memberikan keteduhan bagi mereka , itulah prinsip daun. Dimana sehelai daun mampu mengubah keburukan menjadi kebaikan. Pada siang hari, zat asam arang CO2 yang ada di udara diserapnya. CO2 digunakan oleh daun untuk proses 'memasak' yang dikenal sebagai proses fotosintesis. Keluarannya akan terdapat dua zat bermanfaat, yaitu energi (zat gula) dan oksigen O2. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan daun inilah yang menjadikan udara di sekitar daun pada siang hari menjadi terasa sejuk.” Tutur saya.

Kehidupan itu harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup itu harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup itu harus memahami, pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan, serupa dengan fungsi helai-helai daun yang memiliki dan mempunyai sesuatu, hingga pada akhirnya ia harus gugur dan jatuh ke tanah, lepas dari batang pohon yang kokoh sekalipun. Melayang mengikuti angin sebagai takdirnya. Entah ia jatuh pada tanah gersang, tanah subur, tanah berbatu, atau di atas jalanan, hingga ia langsung terlindas kendaraan-kendaraan yang lewat. Entah ia jatuh di atas permukaan air yang menghanyutkannya dan entah sampai kapan ia harus terhanyut. Semuanya entah, hingga mentari tidak bisa lagi membantunya membentuk klorofil-klorofil bagi daun-daun gugur itu.

Demikianlah filosofi daun. Daun itu hijau, indah, menghidupi dan menyegarkan. Dengan sifat-sifatnya yang berperan besar dalam penyelamatan bumi, maka berbagai upaya penyelamatan bumi disebut sebagai aktivitas hijau. Semakin banyak daun tumbuh, semakin hijau bumi dibuatnya, semakin nyaman bumi untuk ditinggali. Yang perlu diingat, bumi ini bukan warisan, melainkan kita meminjamnya dari anak-cucu dan penerusnya. Karena alasan itu, tentunya kita harus mengembalikan dalam kondisi sebaik mungkin pada saatnya kelak mereka hadir di bumi.

sumber  (id-id.facebook.com)

Spoiler for inspirasi:
Quote:

Quote:

Quote:

Quote:Begitulah Thread sederhana Ts, tentang kehidupan daun dan sepatutnya kita sebagai hamba Allah yang berfikir hendak nya bisa mengambil hikmah dari lingkungan sekitar kita.
Semoga bermanfaat, kalo ada salah" kata maafkanlah

Ts Berharap Dibantu


Kalo Trhead Ini Menarik, Boleh Dijadiin Rekomendasi HT

Recomend HT  (docs.google.com)

Reserved

Komentar & Pendapat KaskuserQuote:Original Posted By defecat
Daun yg sudah kering atau gak sanggup menahan angin pasti akan gugur
sama seperti manusia yg sudah pasti menuju kematian dan banyak nya cobaan bisa membuat orang jatuh dari kedudukannya / jabatannya
Quote:Original Posted By kalibaros
Daun yang gugur lama lama bisa membuat tanah subur



Mampir Juga Di Thread Unitedd Lainnya Quote:Fakta Fakta Bells Palsy Penyakit Yang Bikin Wajah Rano Karno Kaku Separuh  (www.kaskus.co.id) HT
Serangan Balik Indonesia Setelah Berasil Tolak Dubes  (www.kaskus.co.id) HT
Aneka Cara Australia Selamatkan Duo Bali Nine Dari Eksekusi Mati  (www.kaskus.co.id) HT
Aksi Memaafkan Paling Luar Biasa  (www.kaskus.co.id) HT
Potret Polusi Di Tiongkok Yang Mencengangkan  (www.kaskus.co.id) HT
Nge-Tweet Lion Air Sindir AirAsia  (www.kaskus.co.id) HT
7 Sifat Ahok Yang Tak Terduga !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Keindahan Dibalik Keangkeran Alas Purwo  (www.kaskus.co.id)HT
Penyebab Seseorang Gagal Kuliah & Cara Mengatasinya  (www.kaskus.co.id)HT
7 Persoalan Penting yang Dihadapi Perempuan Selain Tubuhnya !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Bahaya, Air Mineral Kemasan Botol Banyak Yang Palsu & Cara Membedakannya !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Jokowi Luncurkan Logo 70 Tahun Kemerdekaan RI  (www.kaskus.co.id)HT
Benarkah Pria Berubah Setelah Menikah ???  (www.kaskus.co.id)HT
Susahnya Pacaran Di Jakarta Dan Sekitarnya  (www.kaskus.co.id)HT
Inilah 10 Trisula Maut Sepak Bola Saat Ini  (www.kaskus.co.id)HT
Mengenal Orang Chinchorro, Pakar Mumi !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Rumor Mistis Indonesia yang Bikin Heboh Masyarakat Dari Masa ke Masa  (www.kaskus.co.id)HT
10 Bangunan Peninggalan Belanda Paling Megah Di Indonesia  (www.kaskus.co.id)HT
Api - Api Abadi di Dunia [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Menjawab Pamali yang Sering Dilontarkan Oleh Nenek Dengan Logika  (www.kaskus.co.id)HT
7 Hal Ini akan Terjadi Jika Mayat Manusia Tidak Dikubur  (www.kaskus.co.id)HT
Momen Masa Depan atau Masa Lalu Yang Bikin Kita Senyum Asyem Malu  (www.kaskus.co.id)HT
Penting !!! Ketahui Razia Polisi Resmi atau Tidak Di Siang Hari dan Malam Hari  (www.kaskus.co.id)HT
Gangguan Tidur yang Menakutkan [SEREM]  (www.kaskus.co.id)HT
Makanan Pernikahan Tradisional Paling Laris Manis  (www.kaskus.co.id)HT
Serupa Tapi Tak Serasa !!!  (www.kaskus.co.id)HT
Beginilah Astronot Jalani Rutinitas Sehari-hari di Antariksa [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air  (www.kaskus.co.id)HT
Saat di Luar Negeri, Hal Ini Bakal Bikin Gansis Kangen Indonesia  (www.kaskus.co.id)HT
Cara Penyajian Makanan Khas Indonesia Yang Bikin Nikmat Berlipat  (www.kaskus.co.id)HT
Demi Merubah Dunia, Anak Ini Harus Mati Muda  (www.kaskus.co.id)HT
Setiap 21 April, Indonesia Memperingati Selamat Hari Kartini [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
9 Alasan Bangga Menjadi Orang Surabaya  (www.kaskus.co.id)HT
Kenapa Era Kejayaan Motor 2-Tak Berakhir?! [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
Pelajaran Berharga di Balik Mengantri  (www.kaskus.co.id)HT
10 Tips Penting Ini Diwariskan Nenek Moyang Kita Sejak 100 Tahun Lalu  (www.kaskus.co.id)HT
Ajaib! 10 Makanan Ini Berbentuk Mirip dengan Organ Tubuh yang Memang Membutuhkannya!  (www.kaskus.co.id)HT
Nostalgia Sampul Buku & Mengingat Cara Menyampul Buku [PICT]  (www.kaskus.co.id)HT
7 Tokoh Indonesia Ini Membuktikan Jaman Dulu Itu Seru Banget & Bisa Menjadi Inspirasi  (www.kaskus.co.id)HT
Gaya Berenang dan Hubungannya dengan Kepribadian Gansis  (www.kaskus.co.id)HT
anew suka kata2 yg pertama
Daun yg sudah kering atau gak sanggup menahan angin pasti akan gugur
sama seperti manusia yg sudah pasti menuju kematian dan banyak nya cobaan bisa membuat orang jatuh dari kedudukannya / jabatannya
ane sukaknya belajar sama Guru gan yg udah sarjana , maaf ya
Daun yang gugur lama lama bisa membuat tanah subur
agak sedikit dipaksakan ya perumpamaannya
nice trit gan..
mantap gan tritnya

ijin pesan tmpt dulu di pejwan
Quote:Original Posted By emu99
anew suka kata2 yg pertama



Quote:Original Posted By defecat
Daun yg sudah kering atau gak sanggup menahan angin pasti akan gugur
sama seperti manusia yg sudah pasti menuju kematian dan banyak nya cobaan bisa membuat orang jatuh dari kedudukannya / jabatannya

bner gan, ane pajang
mkasih komentar nya

Quote:Original Posted By manggor18
ane sukaknya belajar sama Guru gan yg udah sarjana , maaf ya

hahaha..pastilah gan, tapi setidaknya kita bisa belajar jg di sekitar kehidupan kita di luar

Quote:Original Posted By kalibaros
Daun yang gugur lama lama bisa membuat tanah subur

bner gan, bisa di buat pupuk jg.

Quote:Original Posted By kazuteru
agak sedikit dipaksakan ya perumpamaannya

masa si gan, secara logika si g dech gan

Quote:Original Posted By crystalika
nice trit gan..

bantu ya
Quote:Original Posted By elvod
mantap gan tritnya

ijin pesan tmpt dulu di pejwan

siap, jngn lupa dibntu rekomend HT gan
keren kata- katanya bray Calon HaTe keknya
keren threadnya gan

semoga HT
Itu ilmu gravitasi
llz
Quote:Original Posted By angkatiga3
keren kata- katanya bray Calon HaTe keknya

aminnn..mudah"han gan
bantu di rekoment HT gan

Quote:Original Posted By vbten
keren threadnya gan

semoga HT

aminnn..
thanks gan

Quote:Original Posted By nafas.dewa
Itu ilmu gravitasi
llz

gravitasi??, bumi donk gan?
Puitis bener ente gan
oke ane belajar dari daun ..
Quote:Original Posted By unitedd

aminnn..mudah"han gan
bantu di rekoment HT gan


aminnn..
thanks gan


gravitasi??, bumi donk gan?


Iya lah
masak pelajaran ibu2 pkk?
wkkwkwkwkw
Quote:Original Posted By unitedd



bner gan, ane pajang
mkasih komentar nya

sama" gan
cendol belum masak gan
Quote:Original Posted By lily...allen
Puitis bener ente gan

bukan puitis gan, tapi noveltis

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar