Pages


Minggu, 10 Mei 2015

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Ngapain Sih? [BUAT YANG GALAU JURUSAN]

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Itu Ngapain Sih? Masak Masak Ya? [BUAT YANG GALAU JURUSAN]

A : Bro lo jurusan mana sekarang?
B : Jurusan ITP (ilmu dan teknologi pangan) gw sob
A : Ohh ITP, asik dah jadi chef pas lulus
B : ................

Itu pertanyaan sering banget gw dapet semasa gw baru masuk ITP. Bayangin deh kalo lulusan ITP jadinya chef semua, itu chef-chef di hotel pada punya gelar S. Tp (sarjana teknolog pertanian) semua gw rasa wahahahaha



Ada beberapa ekspektasi dan realita-realita hidup seorang mahasiswa ITP yang bakalan gw bahas disini, gw yakin pasti lo gak tau.. Check it out!


1. Siapa bilang lo jadi chef doang? Lo bisa jadi lebih dari itu..

Spoiler for Ilustrasi:

Jujur waktu pertama gw masuk ITP, gw kira gw bakal jadi chef loh. Dan jadi chef ini cita cita gw dari bocah, gara-gara keseringan nimbrung bareng nyokap nonton aroma (90`s kids pasti tau ). TERNYATA pas gw masuk, gw bisa jadi lebih dari seorang chef.

WHY?

Semasa perkuliahan gw diajarin banyak banget cara membuat produk-produk yang biasa kita lihat di supermarket, kayak minuman teh, jus, minuman bersoda, snack, dan masih buaaaaanyaaak banget. Without technology and knowledge about foods, those foods won`t have a long shelf life, dan itu bener banget. Gw diajarin juga gimana tuh produk bisa bertahan bisa sampai bulan bahkan sampai tahunan (gila ye, makanan sampe kuat tahunan, jago juga ye ).

Selain masa simpan yang jadi concern kita, masalah pengembangan produk juga gak kalah asik sob. Sekarang produk makanan tuh udah banyaaak banget jenisnya gak perlu khawatir lo bakalan bosen. Hal sederhana contohnya segala sesuatu yang instan, kayak bubur instant. Kebayang gak sih lo sekarang udah ada bubur instant? praktis banget kan? nah itu salah satu hasil dari produk-produk pengembangan dari ITP. Simple but worth a million dollars loh .

Spoiler for Laper ih:

Kalo gak ada ITP, bisa-bisa kita sekarang masih makan singkong + gigitin tebu kali .


2. Apakah kita jadi petani?

Spoiler for Ilustrasi:

Sampai sekarang gw masih yakin kalo ada yang beranggapan kalo kita itu kerjanya jadi petani

REALITANYA GIMANA GAN?

Kita diajarin juga tentang ilmu pertanian, tapi bukan sebagai petani yang langsung bekerja di ladang gitu, itu profesi pak tani sama bu tani. Kita belajar tentang raw material handling yang otomatis kita harus tau kondisi lingkungan penanaman, cara penanaman dan pemanenan suatu komoditi agar kualitasnya prima. Biar kebayang gw kasih contoh deh.

Spoiler for Pisang:


Contohnya adalah teknik handling pisang yang udah dipanen. Di ITP kita diajarin pola respirasi suatu tanaman pangan, dengan belajar itu, kita bisa tau kondisi apa yang bisa menyebabkan tuh pisang busuk lebih cepet. Kalo kita beli satu sisir terus pas diperjalanan yang busuk cuman dua sih gak apa apa, nah kalo pabrik belinya sampe puluhan ton, berapa coba yang busuk kalo kita gak belajar itu. Penting kaan ilmu dan teknologi pangan itu? bukan jadi petani kalo kita hehe

3. Kuliah di ITP? Asiiiik Bisa Kayak Pak Bondan Winarno, maknyuus~

Spoiler for Pak Bondan:

Siapa sih yang gak kenal Pak Bondan? Beliau dulu yang selalu menghiasi tv gw saat gw baru pulang sekolah, pokoke maknyuss~ . Ada yang bilang juga kalo anak ITP itu selalu makan-makan aja kerjaannya. Buktinya gw semasa kuliah berat gw naik 10 kg .

EMANG IYA BENERAN?

Spoiler for Sensory analysis:

Iya beneran, lo bakal nyicip-nyicip suatu makanan, tapi...... lo gak sekedar cuman bisa bilang enak, gak enak, gak gurih. Lo harus mampu mendeskripsikan itu sebenernya ada rasa apa aja dalam suatu makanan dan harus mampu menuliskan tingkatannya. Kegiatan yang baru gw jelasin itu namanya sensory analysis sob. Dan lo harus tau, gaji orang yang punya sertifikat panelis terlatih (lidahnya sensitif abis) gaji bisa diatas 15 juta sebulan sob, dan itu part time . Gile masih bisa disambi kerjaan lain tuh, ++ gajinya.

Jadi kalo misalkan lo duduk sebelahan sama anak ITP yang jago analisis rasa dan terjadi percakapan kayak gini jangan kaget :

A : Bro enak ye coklatnya, mahal sih lumayan
B : Iye enak banget bro, rasanya itu little bit milky, medium roast dan ada rasa cooked flavor sedikit
A : ....................

Spoiler for Testimoni Agan Agan:
Quote:Original Posted By wendims
Thread mantap nih..
Gw sendiri lulusan Teknologi Pangan UNPAD, Jatinangor.

Walaupun dulu gw pas awal milih jurusan ga kebayang gimana aplikasi jurusan ini, tp gw ga pernah nyesel sama pilihan gw..

alhamdulillah sekarang kerja jadi Research & Development (R&D) di salah satu Perusahaan Pangan..
Pekerjaan gw sehari-hari ngeracik2 formula produk, ngembangin konsep makanan yang disukain konsumen..
And this is the very fun part, gw dibayar buat makan dan nyobain sampel produk dengan macem2 flavour, warna & bentuk yang gw buat..
YUP, gw dibayar buat makan.. hahahaha..
This is totally my dream job

So, buat yang masih bingung milih jurusan apa, jgn ragu pilih Teknologi Pangan..
Industri Pangan akan semakin besar kedepannya, dan Food Technnologist akan semakin dicari



Quote:Original Posted By irfanthar
brada brada semua pasti pernah nonton reportas* in*estigasi kan ? yang di tr*ns7 itu loh brad, kan suka ada yg ngetes kandungan kandungan makanan beracun itu, nah itu anak2 ITP brad

sumber : temen ane yg di ITP Unpad


Quote:Original Posted By redlovekita
Top Markotop Threadnya
Ane juga lulusan Teknologi Pangan, alhamdulillah sekarang kerja di level manajerial sebagai Quality & Food Safety pada perusahaan pangan multinasional

Bukan hanya nge-racik pangan tapi kita juga diajari bagaimana membuat pangan yang berkualitas dan amam untuk dikonsumsi.
Nge-racik maupun memproduksi makanan bukan hanya tentang organoleptik produk aja (rasa, aroma, warna dll) tetapi kualitas dan keamanan pangan yang dihasilkanpun perlu untuk diperhatikan. Ditunjang dengan berbagai kebijakan perdagangan dunia yang selalu menggembargemborkan "QUALITY AND FOOD SAFETY PRODUCT" tidak heran jika jurusan teknologi pangan menjadi jurusan yang sedang naik daun.

Buat yang masih belum menentukan jurusan kuliah, teknologi pangan bisa dijadikan sebuah pilihan yang tepat, mengingat semua orang pasti akan butuh pangan dan berbagai inovasi dan kualitas.

Bravo Food Technologist !!!



Quote:Original Posted By decca
kalo di kampus ane dulu ini namanya TPG gan. Teknologi Pengolahan Pangan. Sekarang berubah nama jadi ITP. Masih satu fakultas sama ane. Gelarnya juga masih sama, S.TP. Sarjono Teknologi Pertanian


Yang ini kocak banget
Quote:Original Posted By zoronazoro
A : Bro enak ye coklatnya, mahal sih lumayan
B : Iye enak banget bro, rasanya itu little bit milky, medium roast dan ada rasa cooked flavor sedikit
A : ....................

ngga kebayang kalo ane punya temen kayak gini hahahaha



Ada yang nanya nih hehe
Quote:Original Posted By mysticfalls8
masak-memasak juga ga gan? btw kalo ente dikasih tugas, tugasnya ngapain aja? kalo kita mau apply ke suatu pekerjaan, bs lamar kerja dmn gan? sori banyak nanya ehehe

Masak-masak sebenernya gak sih gan.. tapi kita lebih bagaimana cara membuat suatu produk yang masa simpannya bisa lama, contoh susu kedelai kemasan, mie kuning telor kemasan (kayak ind*mie), roti, kornet kemasan kaleng dll.. Jadi masak-masaknya bukan kayak chef restoran, tapi lebih masak-masak produk yang memang daya tahannya bisa lama.. Tapi manfaatnya kita belajar ITP juga luas gan, bisa diaplikasiin sama masak-masak sehari-hari seperti misalkan kita mau masak daging, tapi gak mau pake MSG sachet gitu.. Tinggal pake sayuran yang alaminya mengandung MSG deh, yaitu jamur salah satunya.. gituu hehe.. Jadi kita tau komposisi suatu bahan pangan kita, jadi intake yang kita terima seimbang gitu gan.

Untuk tugas kita relatif sih gan tiap universitas, kalo ane sih sering dikasih tugas review jurnal penelitian tentang food science deh.. Tapi jangan takut dulu, baca jurnal penelitian asik kalo udah kuliah, jadi lebih tau kitanya

Kalo pekerjaan ini nih yang luas banget, kita bisa kerja dibagian QC (quality control), QA (quality assurance), RnD (Research n Development), formulator junior/senior (yang ini kalo formulasi produk baru berhasil, gajinya lumayan nih.. bonusnya ++ hehe) atau bisa juga jadi sensory analis.. Selama kita masih makan dari tanaman dan hewan, bukan batu hehe, pekerjaan buat kita masih terbuka lebar

Naaah ini ada yang di flavor house, kepikiran mau kerja disini juga ane
Quote:Original Posted By Bonavite
Haii agan2 sesama food technologist,

Ane juga alumni teknologi pangan nih, di daerah karawaci sana. Kebetulan sekarang ada di salah satu flavor house.

Bener banget tuh yang ditulis, kebanyakan menganggap kita sebagai chef, tapi sebenernya kita lebih dari itu. Kalo agan2 tau kuliner yang pake efek2 ajaib yng istilah kerennya "molecular gastronomy" itu bisa dipelajari di jurusan food technology. Slah satu yang paling gampang contohnya poping bubble yang ada di minuman2 mal itu loh. Kebayang ga bikinnya? digigit meletus, isinya cairan manis yang memanjakan lidah....

Ini jurusan menarik banget gan, bayangin aja agan akan mempelajari hal2 yang tiap hari lu smua makan dan cicipi, kurang menarik apa coba? Ente bakal jadi kepo deh sama produk2 yang di supermarket, produk A mengandung ini, produk B mengandung itu. Bakal jadi pilih2 makanan nanti, hahaha...

Jadi kalo yang demen makan trus demen chemistry, ini jurusan cocok banget buat agan...

Molekular gastronomy yang pernah gw liat produknya tuh 'Choco Dragon Breath' di salah satu restoran molecular gastronom di Jakarta.. Jadi dinginin coklatnya pake nitrogen cair, pas kita emut dimulut langsung keluar asep layaknya naga dan itu aman Unik ya


Yang minat kerja jadi auditor juga bisa nih
Quote:Original Posted By bautangan
Bisa jadi Auditor juga loh untuk bisnis sertifikasi produk pangan. Menejer divisi tetangga gue kebetulan lulusan ITP.
Kalo lagi jajan bareng, beliau selalu kasih kode kalo makanan yang kita pesen ga layak konsumsi.

Nanti kita bisa jadi auditor untuk sertifikasi HALAL, sertifikasi ISO, banyak deh.. Dan Gaji seorang auditor yang kompeten + kerjanya di perusaaan multinasional, gajinya sangat memuaskan ..

Just Info nih gan, setelah UU no 33 tahun 2014 keluar yang menjelaskan tentang masalah kehalalan produk pangan di Indonesia harus punya sertifikasi halal semua pada tahun 2016, ini bisa jadi peluang.. Auditor bakalan dibutuhin dimana-mana mengingat masih banyak resto di Indo belum ada sertifikat halalnya


Quote:Original Posted By rain.danna
Salam kenal Gan, ane alumnus Teknologi Hasil Pertanian, masih saudara dan setanah air ama Teknologi Pangan. Ane sepakat ama yang agan tulis, bahkan bisa lebih luas lagi cakupanntya. Food Industri ga akan pernah mati selama manusia masih membutuhkan makan. Beli kendaraan dan properti bisa nyicil,, beli makanan? Ga bisa...

Bagaimana menentukan tanggal expired date, bagaimana cara mengihitung kalori, mengetahui proses pencernaan secara in vitro dan in vivo, belajar mikrobiologi pangan, mengenal bahan tambahan makanan, mainan dengan produk produk baru, dll dll.

Semua anak THP/TP pasti kenal ama Pak FG Winarno, bacaannya jurnal Food Science, pernah denger tentang PATPI. Sedikit koreksi aja tentang panelis terlatih, kebetulan ane pernah ikut pelatihan panelis menjadi terlatih, dan sekarang lagi belajar ilmu tea tasing.. Kalau gaji itu relatif tergantung perusahaannya Gan... Ada perusahaan yang mewajibkan seluruh Dep. Quality Control menjadi panelis terlatih. Tetapi kalau gaji ya ikut dengan grade dan jabatan Gan,

Page One gaaan,,, kalau boleh



Quote:Original Posted By Chriz93
wah baru kali ini saya nemu thread yang bahas jurusan teknologi pangan
saya juga mahasiswa teknologi pangan di WIDYA MANDALA gan (sapa tau ada anak widya mandala yg kaskuser juga)

emang banyak yang ngira masuk jurusan teknologi pangan ntar ujung-ujungnya jadi chef, tp ternyata ga juga kok. bisa lebih luas dari sekedar chef. kita bisa ngeracik sendiri makanan yang sesuai untuk diet kita, ya itung2 jadi ahli gizi untuk diri sendiri

untuk gelarnya sendiri (katanya) mulai tahun ini bukan S.TP lagi gan, tapi jadi S.T #CMIIW

untuk temen-temen yang lagi cari jurusan kuliah dan pingin coba hal baru, ga ada salahnya masuk jurusan Teknologi Pangan. Serious but Fun!

Salam Food Technologist!


Ini cowok beruntung banget ceweknya lulusan pangan, dijamin lo punya istri yang mengerti lo banget.. Makanan yang gak bisa ngomong aja diperhatiin banget, apalagi orang yang disayang coba hahaha.. Tapi beneran, lo bakalan hidup sehat sama doi, siap-siap kena omel kalo makannya sembarangan gan
Quote:Original Posted By sarapunjadi
kebeneran cewe ane lulus kmren di ftip unpad .
cewe ane urusan nyawah (padi) dan analisis makan jd ahlinya.
ane pun makan jadi diperhatiin mana yang boleh mana yang jangan. huahahaha





Oiya gan kalo lo penasaran sama penjelasan gw diatas, gw ada video di youtube yang ngejelasin tentang ekspektasi dan realitas di ITP, serius gw RECOMMENDED banget nih video, sama kayak penjelasan gw, biar kebayang yang gw jelasin itu apa hihi.

Expectation vs Reality of Studying Food Science  (www.youtube.com)

Quote:Original Posted By sidarta626

...

Sampai sekarang gw masih yakin kalo ada yang beranggapan kalo kita itu kerjana jadi petani, wih enak aja kita dibilang nyangkul-nyangkul wkwkwkwk .

...



Kesannya hina banget jadi Petani om?


Yah, gimana pertanian kita mau maju.. kalo mahasiswanya aja udah terdoktrin kalo jadi petani itu sesuatu yg hina.

Padahal kalau Pertanian suatu negara itu maju pesat, itu bisa bikin negara mandiri loh.. gak perlu pusing2 import or tergantung bahan baku dari luar..
kalo perlu kita yg export ke semua negara.

Sory kalo komen gw mungkin terdengar agak saklek..







jujur gan dulu ane pengen banget nih masuk jurusana yang berbau tanaman tanaman
tapinya ga boleh sama orang tua ane






Spoiler for "Custom Kartu Flazz dan Emoney":
Hallo gan sist makasih udah mau buka spoilernya ane mau nawarin custom gambar Flazz BCA dan Emoneynya Mandiri nih, 100% legal kok minat silahkan mampir ke trit FJB ane >> http://kask.us/hZ6cZ
Iya gak apa-apa gan. Sebenernya itu cuman joke kok gan, soalnya banyak orang mengira ilmu dan teknologi pangan bakalan kerja sebagai petani yang kita tau pasti cangkul-menyangkul, dan gw gak menyatakan itu suatu yang hina kok hihi.. Realitanya aja, untuk kita nih yang masih muda apakah mau kita bekerja seperti itu

Nah itu gan, kita harus bisa lebih maju nih di dunia kepanganan, termasuk pertanian harus lebih dimajukan.. karena negara negara maju sudah meminimalkan tenaga manusia untuk bisa bertani. kita harus bisa seperti itu nanti dimasa depan yang tentunya akan dipegang sama kita-kita ini. Sukses bareng bareng gan , kita rebut lagi gelar 'swasembada' buat Indonesia
Quote:Original Posted By ghostsword
jujur gan dulu ane pengen banget nih masuk jurusana yang berbau tanaman tanaman
tapinya ga boleh sama orang tua ane






Spoiler for "Custom Kartu Flazz dan Emoney":
Hallo gan sist makasih udah mau buka spoilernya ane mau nawarin custom gambar Flazz BCA dan Emoneynya Mandiri nih, 100% legal kok minat silahkan mampir ke trit FJB ane >> http://kask.us/hZ6cZ


Iya gan seru loh padahal.. gw jadi agak kritis milih-milih makanan hehehe

Gk bsa di edit tuh kta2 yng menghina petani ya.
Btw semua jurusan bagus kok asal kitanya aja yng hrus enjoy
wah baru tau ane gan
Quote:Original Posted By anadalobureng
Gk bsa di edit tuh kta2 yng menghina petani ya.
Btw semua jurusan bagus kok asal kitanya aja yng hrus enjoy


iya harus enjoy biar bisa memberikan yang terbaik

mungkin harus dicermati sih gan gimana gw menulisnya, jangan asal baca komen yang sudah ada hehe.. Ada perbedaan antara penggunaan kata 'identik' dengan 'mengina' gan hehe.. Gw gak menyatakan petani itu hina kok, tapi memang seorang petani itu di negara kita masik identik dengan cangkul menyangkul tanah, belum semuanya menggunakan alat otomatis.. Dah gak usah perlu diperlebar hehe..

yang dikritisi jangan hal yang kayak gitu, tapi kontennya lebih baik biar dapat manfaatnya
bisa icip icip makanan
Quote:Original Posted By sky48
bisa icip icip makanan


iya gan paling seru kalo praktikum.. Abis testing produk makanannya melimpah gan
ane lulusan smk teknologi pangn .tpi skrng keja jdi buruh pabrik .haha tragis .
Wah mantap nih
Ane baru tau
Quote:Original Posted By zigot86
ane lulusan smk teknologi pangn .tpi skrng keja jdi buruh pabrik .haha tragis .


iya gak apa apa kok gan, ilmu yang didapetin tentang pangan pokoknya jangan hilang hehe.. soalnya bakalan bermanfaat banget, diaplikasiin tuh gan pas udah punya keluarga yaa.. hehe biar sehat semua
Quote:Original Posted By black.bullet
Wah mantap nih
Ane baru tau


iya gan pasti banyak yang baru tau ini hihi

temen gw dulu ada yang masuk itp di ipb
gw kira sekolahnya nyangkul-nyangkul gitu, ternyata doi bikin-bikin produk makanan
ihh enak yah makan molo
wooa jurusan yang bakal ane pilih pas sbmptn nih, favorit ane
mencerahkan sekali gan
gitu ya gan...
nice inpoh
Semoga kita semua sukses gan
teshdjf
edit >>> page wan ditutup, mantera sukses
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar