Pages


Senin, 02 Maret 2015

Budaya "Ngertakne" Untuk Menyambut Agan yang Rantau


Spoiler for Cek No. Repsol:

Spoiler for Alhamdulilah HT#7:

Alhamdulilah HT#7, 28 Feb 2015
Terima kasih ane ucapin buat Om Mimin, Om Momod dan semua Temen2 Kaskuser, Respect For All.

Quote:
Selamat siang gan, sist ketemu lagi sama ane… setelah sekian lama ga bikin trit ane coba berbagi pengalaman hidup ane tentang budaya “ngertakne” yang berarti menyambut tetangga, sodara, kawan yang baru pulang dari perantauan/Rantauers…. baik itu merantau dari luar negeri maupun merantau di kota2 besar di Indonesia, menurut ane ada poin2 penting dlm budaya “ngertakne” tersebut… fyi ane asli dr kota kabupaten di Jawa Timur yg skrg tinggal di perantauan, ane coba uraikan kalo ada yang kurang tambahin yo gan, sist ..

Quote:
Quote:1. Ngertakne adalah wujud bentuk kepedulian dlm hidup bermasyarakat.
Spoiler for Buka ::

Itulah makna hidup di pedesaan gan… dimana rasa kepedulian sangat amat tinggi, saat ada seseorang yg baru pulang dr rantau… saat itu juga akan berkumpul tetangga sodara dan semua utk sekdar menanyakan kabar si perantau juga skalian silaturahmi antar tetangga.


Quote:2. Rumah Perantau dlm sekejap menjadi penuh dengan tetangga.
Spoiler for Buka ::

Di sini tanpa di duga rumah yang sepi mendadak akan penuh dg tetangga mulai dari bapak2, ibum anak2… saling berinteraksi antar warga masyarakat tujuanya satu… menyambut kedatangan anak rantau setelah berjuang di perantauan.


Quote:3. Si Perantau sebelum plg biasanya sdh menyiapkan jajanan utk masyarkat yg datang utk acara “ngertakne” tersebut.
Spoiler for Buka ::

Biasanya anak rantau yang akan pulang paham nanti akan disambut di kampong oleh masyarakat sekitar rumahnya… kawan, sodara juga anak2… tak lupa akan menyiapan jajanan sebagai temen saat acara bercerita dg tetangga juga kawan.


Quote:4. Tetanga, sodara, anak2 kecil akan setia mendengarkan kisah “Si Perantau”.
Spoiler for Buka ::

tetangga sekitar yang sdh berkumpul di rumah si perantau… akan setia mendengar setiap kisah perantau selama di perantauan kadang di selingi canda tawa juga brisiknya anak2…. Sambil menikmati jajanan/oleh2 yang di bawa oleh si perantau.


Quote:5. Suguhan Kopi Kental dan Teh Manis yang ga ketinggalan.
Spoiler for Buka ::

Saat acara ngertakne itu biasanya ga luput oleh hadirnya kopi kental maupun teh manis … krn biasanya orang desa saat ngumpul kurang lengkap tanpa hadirnya segelas kopi dan sebatang rokok (bagi perokok). Di selingi makan jajanan smbil dengerin cerita si perantau.


Quote:6. Orang Tua jadi sumringah dan senyum lebar saat acara ngertakne tersebut.
Spoiler for Buka ::

Munurut ane inilah kebanggan sebagai orang tua gan…. Saat anaknya pulang, tetangga pada datang.. senyum mereka benar2 lepas… meski saat itu org tua jd lebih sibuk dg membuat kopi, nyari tiker atau bahkan nyiapin hal2 yg lain.


Quote:Pesan TS : Ane jadi pengin pulang kampung maneh gan….. liat senyum Bapak lan Simbok Ane…
Monggo yang mau nambahin gan … komen joss ane pejwan..


Quote:
DIharapkan komenya dan dibantu rate 5 yo gan...

Alhamdulilah kalo di kirim yg seger2 cendolnya


Recommend HT  (docs.google.com)

Quote:Sumur dari pengalaman TS, Gambar diambil dr Mbah Google sebatas utk melengkapi informasi
Quote:Mampir juga di trit ane mdh2an bermanfaat gan :
Modus dan Tehnik Pencurian Kendaraan Bermotor Agar Kita Lebih Hati2 dan Waspada  (www.kaskus.co.id)


Quote:Terima kasih atas kiriman Cendol dan Abu Gosoknya Gan n Sista
Spoiler for Buka ::


Quote:Komen2 Kaskuser :
Quote:Original Posted By rozestrada
rantauer aja dijemput masak kamu nggak

Quote:Original Posted By wulandamayasari
wah baru tau ane ada ritual kyk gitu juga
biasanya pulang ke rumah cuma rame ttangga aja yg dateng, tp ya cm kumpul2 trus nnya2.. malah brasa kyk tamu
nice inpoh gan

Quote:Original Posted By ladhaa
di kampung ane atau kluarga ane juga gtu gan , kalau ada orang yang pulang dari rantauan gak pernah ketemu musti langsung di krubung i gan , kayak apa aja ya gan ..
soal nya ane pengalaman pas bulek ane pulang dari sumatra gan ..

Quote:Original Posted By tonytedjo
Iya gan, didesa nenek ane kalo pas ane pulang kampung para tetangga banyak yang silahturahmi kerumah untuk menanyakan kabar ane. Cuman yang bikin gak enak banyak yang nanyain ke ane kapan kimpoi?

Quote:Original Posted By Hopkin
bener bgt gan. ane sebgai perantau juga sempet liat orang tua ane 'ngertakne' tp itu dlu klo sekarang sudah tidak dilaksanakan lagi didaerah ane

Quote:Original Posted By mamadou.sakho
ditempat gue masih ada adat begituan

Quote:Original Posted By 24najah
Budaya indonesia yang mulai luntur ini gan.... ikut sedih dengan ahlak kaum muda sekarang.... kenapa y kok jadi kurang berwibawa generasi muda sekarang?

Quote:Original Posted By redsofsi
Di kampungku udah ilang tradisi ini di generasi muda, kalo di generasi bapak ane masih ada. Inget dulu tiap bapak ane pulang dari rantau 3 malam pasti rame rumah. Tapi ibu ane jadi sebel, masa udah lama gak ketemu tapi digangguin temen ama sodara yang sering nongkrong di rumah ampe malam. Hahahaha

Quote:Original Posted By Qim4
Ini kerasa bingitz kang..jd inget kampung halaman

Quote:Original Posted By bayueverlasting
Nah budaya ini masih melekat di keluarga ane gan, budaya atau tradisi jawa emang beragam

Quote:Original Posted By noerzhidayat
Meskipun ae ga tinggal di pulau Jawa, ditempat ane tinggal tepatnya di kalimantan selatan, juga ada tradisi "ngertakne", kebetulan bokap ane asli dari jawa timur yg merantau ke kalimantan gan


Quote:Original Posted By mekanikkomputer
wow keren...jadi lebih bisa menjaga tali silaturahmi ya


Quote:Original Posted By dhikarizki46
Ngertakne. Baru tau ane nama acaranya, jadi inget dulu ane pulkam ke kampung emak ane pada banyak keluarga sekampung menyambut kedatangan keluarga emak ane setelah lama pergi merantau

Quote:Original Posted By adnanff
Emang budaya ini keren bgt gan
ane kalo misalnya mudik sekeluarga, pasti tetangga tetangga di kampung pada dtg, buat ngobrol ngobrol

Gacuma di jawa gan, pas ane mudik ke sumatra juga gitu kok


Quote:Original Posted By wahida866
wah dikampung ane masih ada tuh. apalagi orang yang baru pulang dari luar negeri, udah pasti deh rumahnya mendadak jadi rame.


Quote:Original Posted By keylacute
Uda menjadi tradisi gan.. Buat semua yg merantau... Ya ngga cuma dijawa aja sih ane sendiri bgtu gan klau pulkam suguhan macam2 dr berbagai makanan khas daerah ane sampai buah2 an include semua.. Hehehe emang kangen mungkin karena jauh jadi selalu wangi heheh.. By the way suasana nya juga yg selalu ngga pernah lupa .. Muantap TS

Quote:Original Posted By wansyach
Sama gan, di daerah ane juga beginian kalo menyambut anak rantau pulang palagi kalo dah bertahun² ga' pulang......sampe sekarang masih tuh.

Quote:Original Posted By gh0n1
dikampung ane juga gitu gan , indonesia kaya akan budaya


Quote:Original Posted By witraystore
klow di kmpng sya nmanya MERTAKKE gan

Quote:Original Posted By popopo12
Kampung halaman ane begini nih gan, duh jadi kangen maen kesana:')

Quote:Original Posted By ananghariyadi
Saya kalo pulang kampung juga gitu gan heheee
Mantap..

Quote:Original Posted By sukil
Yah mgkn sesuai dg yg ane pikirkan, semua perbuatan pasti ada konsekuensinya

Semakin maju peradaban kota tsb, maka semakin individualis org2nya

Page one gan, ni kata2 super mario bross

Quote:Original Posted By silentsant
TS nya asu bikin ane mewek.
Saran ane ke TS sering2 lah tengokin ortu di kampung. Soal nya kalo kyk ane ortu dah gak ada. Se sukses apapun kita di perantauan gak berarti apa2 tanpa melihat senyum mereka

Quote:Komen Kaskuser II :
Quote:Original Posted By goodkat666
jadi inget kampung halaman gan...
dikampung ane masih ada tuh yg kek gitu... dan biasanya pada pengen ngenalin anak cewek mereka ke ane....
ane sih demen demen aje dikenalin
cuma cewek ane kadang marah marah geje. secara kan cewek ane juga satu kecamatan cuma beda desa..
(semoga dia ga baca komen ane ini )

Quote:Original Posted By muhtadi83
Jadi inget dulu pas pulang ke kediri gan pasti banyak yang ngertakne,

Quote:Original Posted By wedcom95
Dikampung ane masih kental banget gan tradisi ini, cuma bedannya kalau perantau diluar jawa dan perantau dari luar negeri aja yang diadain acara ngertakne, kalau perantau masih di dalam pulau jawa si biasa aja ga diadain acara

Quote:Original Posted By bebekkecap
ane baru tau ngertakne walau gak pernah dilakuin di keluarga ane,
tapi ane ada cerita, gak tau ini ngertakne apa bukan, jadi ane ama temen temen komunitas motor touring ke jawa timur,
berhentilah di jawa tengah karena temen ane katanya disuruh mampir kerumahnya sekedar minum kopi,
begitu sampai gan
motor udah ada yang ngarahin, udah gitu begitu sampai dirumahnya udah ada petugas yang ngarahin ke hamparan tanah parkiran
kami kurang lebih belasan, dan semua tetangga keluar dengan senyum bersahabat yang belum pernah ane temuin di jakarta,
ini gw cerita agak merinding gan karna hangatnya sambutan luar biasa,
begitu sampai diteras rumahnya
disambutlah air putih dari kendi asli yang rasanya jauh lebih enak dari aqua, sejuk dan bikin nagih
setelah beberapa menit kluarlah piring piring
keluar sebakul nasi
dan keluar smua masakan mulai dari tempe tahu ikan ayam sayur dan sambel
itu ayam ngegorengnya kaya gimana ane bingung karena enaknya luar biasa
selesai makan keluarlah teko teko kopi dan teh
dalam hati ya ampun orang tua temen ane ini baiknya gak ketulungan
dan senyum tulusnya ituloh gak pernah deh kalian temuin
tiba kami melanjutkan perjalanan semua tetangga dari rumah rumah yang kita lewatin berdiri dan tersenyum ramah
senyuman penghantar kepergian kita melanjutkan turing dan sempat terdengar teriakan lembut "kapan kapan mampir lagi ya"
wuwww indahnya kalau ada seperti ini dijakarta


Quote:Original Posted By 18hen
sama gan, di kampung ane di jateng juga gitu,..tp bedanya ga ada acara makan besarnya,... setiap ane pulang kampung juga gitu gan, banyak tetangga yg pada dateng kerumah,.. salaman, dtanyain kabar, dsuruh nyeritain keadaan di rantau, dll sambil ngopi / ngeteh sama ngemil... padahal ane pulang kampung 5 - 7 bulan sekali,... prasaan tiap pulang kampung cerita2 ane sama, tp mreka tetep antusias ngedengerinnya... Yg buat ane seneng tuh bisa liat ibuk bapak ane yg bisa senyum lebar ddeket ane....Jadi rindu kampung

Quote:Original Posted By shiitdown8
Ane orang Jogja gan. Dulu budaya ini masih kental di masyarakat/daerah ane pas jamannya kakak ane merantau di Jakarta, ya 7-10 tahun yang lalu lah, pas dia dateng mudik gitu banyak lah tetangga yg ngumpul terus bagi2 oleh2. Laaahhh sekarang pas ane giliran yg merantau ke Jakarta udah gak ada lagi aka jarang bangetlah ada acara ngertakke gitu

Quote:Original Posted By ndaryatmo

Budaya ini Bagus gan, Ane orang Wonogiri. budaya ini juga berlaku dan ada namun sudah mulai luntur.
Sisi jelek budaya ini juga ada menurut saya.
Banyak perantau yang kurang berhasil jadi ogah pulang kampung, dan terkadang menghambat silaturahmi. Saat pulang kampung mau datang ke rumah paman, saudara jadi serasa enggan (malu kalau tidak bawa oleh2/ biasanya sih gula teh) jadinya pulang kampung gak kemana mana.
ary

Quote:Original Posted By aimar7
ini salah satu hal yg ane suka sg budaya masyarakat daerah. ane bukan orang rantau.... tp pernahlah dulu maen ke kp temen ane didaerah. ane dan temen ane yg punya kampung tsb dijamu habis2n dikampungnya. dari pagi bngn tidur sampai mau tidur lg pasti bnyk temenin

gak usah punya duit bnyk, mereka pun memberi hiburan kepada kami sendiri dg mengajak keliling kotanya dan menjamu kami di alun-alun. indahnya berbagi

Quote:Original Posted By abeyie
Nah budaya ini masih melekat di keluarga ane gan, jawa...

Quote:Original Posted By SuperAzzura
wah ini di kampung budayanya masih kentel..
tempat mbah ane di kampung kalo ada orang yg baru pulang dari ngerantau jg akan disambut dgn budaya ngertakne...


Quote:Original Posted By diemask
dibalik budaya "ngertakne" akan ada budanya wedangan gan... poin 5....

kalo mundur lg k jaman dulu akan ada juga budaya "udud rokok" , krn orang desa biasa rokoknya "nglinthing dewe" alias meracik rokok sendiri dr tembakau dan cengkih, bukan rokok bungkusan...

selain itu juga ada budaya "njaluk roti" , krn biasanya "mangan telo" atau ketela. .. haha...

tp uniknya, walaupun si pemudik yg biasanya berkorban ngasih minum dan makanan, mereka justru senang banyak tetangga yang kumpul. malah biasanya meraka para pemudik yg mempersilahkan utk mampir...

indahnya pedesaan

*pageone gan

Quote:Original Posted By luckie90
jadi teringat pulang merantau gan... ngertakne seperti sudah menjadi tradisi di desa ane. ngertakne tidak untuk yg pulang dari merantau gan, untuk orang yg pulang dari rumah sakit karena sudah sembuh juga gan.

Quote:Original Posted By fahroe
klo di tmpat ane ga sampe dibikn acara gitu, cukup ngertakne dgn silaturahmi aaja.

klo dalam kepemahaman ane. ngertakne berasal dari kata dasar 'ngerti' , dan imbuhan dibbelakangnya itu untuk menekankan kata kerja nya.

jdi ngertakne, di pergunakan untuk lebih ngerti atau menegaskaan kkabbarnya. ga harus orang pulang rantau. kadang klo ada issu / masaalah di keluarga / teman yg jauh / lama ga ada kabar, tiba2 ada kabbar yg ga enak. itu biasanya kita jg ngertakne ke pihak yg bersangkutan....

imho. cmiiw

Quote:Original Posted By gigihrizqi
kalo menurut ane, dalam bahasa jawa ngertakne itu berarti mengerti...
berarti orang yang terlibat dalam ngertakne itu pasti berbagi gan, biasanya sih cerita pengalaman pribadi terus ditanggepin sama pendengar atau temen yang diajak ngobrol itu. karena tuh ngobrol bisa jadi makan waktu, orang yang terlibat pastinya punya inisiatif buat nyediain cemilan atau minuman, biar tambah enak ngobrolnya... cmiiw gan
ane numpang ngasih excel ama ke ente gan...
maturnuwun postinge
*berbobot


Quote:Original Posted By hadato.47
Udah pernah ngerasain nih yg ky bgni. Tahun kmrn pas mudik k kampung banyak bgt yg dtg k rmh. Dr kampung sebelah jg pd dtg gan. Maklum ane udah 13 tahun d rantau baru pulang tahun kmrn. Senengnya itu bukan main pas ktmu trus ngobrol sma sodara, tetangga, temen" main. Dan ternyata d kampung ane udah banyak yg berubah Gan saking lamanya ane ngerantau. Hahaha

Jd pengen mudik lg nih

Quote:Original Posted By bothokp
klo tmpat ane terkenal dg istilah dun-dun'an gan.... tp udh jarang yg begituan krn tiap rumah pasti ada aja yg anggota keluarga nya ngerantau... #CMIIW

Quote:Original Posted By sanchan.egao
samaaa, ortu ane jg kalo pulang kampung gitu, dari gang orang2 udah pada nyambut dadah dadahin gituu.. serasa artis deh
pas udh sampe rumah, rumah jd rameeeee..

Quote:Original Posted By jubelhalal
ditempat gue masih ada adat begituan

Quote:Original Posted By esjebe
Threadnya bagus nih. Ane jd pengen ngerasain tradisi ngertakne gan. Ane jg anak rantau dan rumah ane bukan di pedesaan yg solidaritas dan rasa kekeluargaannya tinggi. Dulu pas awal2 kuliah, tiap ane pulang ke rumah, paling mentok ditanya kuliah gimana, udh semester berapa, udh punya pacar apa belom (ini miris nih krn dr dulu ampe skrg jawaban gw belom hahaha) ama enak gak kuliah di tmpat ane. Skrg tiap pulang, ditanyainnya kapan sidang dan kerja dimana, pdhal skripsi aja blom mulai dan kerjanya freelance dimana2 haha. Belom lg kalo minta dijelasin alasanya kenapa. monyong dah bibir ane. Tp kalo seru itu kalo pulangnya pas libur hari besar kaya lebaran dan natal. Temen2 perantau yg jg pulang pada rame tuh. Pasti hampir tiap hari jalan terus, dan yg pasti tuker2an cerita juga.

Quote:Original Posted By okewisnu
Ni Salah Satu Budaya yang harus dilestarikan Silahturahmi itu Penting ! Namun Sayang Skrng Bnyak Yang ninggalin munkin contohnya kek kampung ane dulu waktu bokap pulkam masih bnyak yang datengin skrng malah sedikit paling cuma tetangga yang akrab dan saudara aja itupun cuma sekalian lewat aja NAAS !

Mungkin juga karena udah bnyak yang rantau jadi udah biasa yang pulkam

Quote:Original Posted By hanifalwann
Alhamdulillah keluarga ane dikampung masih nerusin adat kaya gini gan, setiap emak bapak pulang kampung pasti sodara dan tetangga pasti mampir buat sekedar nanyain kabar

Quote:Original Posted By oelums
wah ane juga pernah ngerasain nih pas mudik dari kalimantan tradisi kayak gini perlu dilestarikan nice gan

Quote:Original Posted By ahmad13
dibalik rantau seseorang, banyak harapan dan do'a dari tetangga di kampung gan

makanya bener-bener yang ngerantau.
jangan kecewain mereka.

cek ane kirim cendol

Quote:Original Posted By zapagusta
kalo di kampung saya, "ngertakne" itu bisa disama-artikan dg "memastikan" Pak.. jadi ga cuma orang dari perantauan aja, tapi kadang juga orang sakit ato yg habis kena musibah.. tapi kalo di kampung saya gapake sedia makanan-makanan gitu.. yg ngelakuin juga biasanya cuma orang-orang yg punya kesadaran sama temen/tetangganya..

Quote:Original Posted By hydenisama
Dulu di daerah kampung halaman ortu ane di purworejo masih dilakukan gan, tapi sayangnya sekarang udah jarang..
Padahal budaya ini keren banget, sambutan hangat, silaturahmi, dan berbagi pengalaman


Quote:Original Posted By winson.glowin
Dengerin cerita si perantau is the best part


Quote:Original Posted By abu.raadhiyah
Ada rasa penasaran dengar cerita rantauers.
Waktu kecil dulu juga berharap oleh2nya...misalnya jam boy london dari rantauers malaysia


Wah baru tahu nih ane ada tradisi seperti ini..
seru ya ada tradisi seperti itu ane kangen pulang kampung jadinya gan
Quote:Original Posted By arindus
Wah baru tahu nih ane ada tradisi seperti ini..

kalo tinggal di kota ya ga ngerti gan... ini kebiasaan di pedesaan biasanya...
Quote:Original Posted By intanraden
seru ya ada tradisi seperti itu ane kangen pulang kampung jadinya gan

tapi kliatanya sista dah betah di perantauan ..
sensasinya kumpul2 itu lhoo yg ngangenin.... ehehehhe...
nice info gan, ane baru tau soalnya ane bkn perantau hehe
baru denger ane gan kata2 ini..

Spoiler for Jangan di klik gan:
Mampir gan ke thread ane yang lain:

GROSIRAN KAOS METAL, REGGAE, DISTRO  (www.kaskus.co.id)
budaya darimana tuh? ..
Quote:Original Posted By patpatgul
baru denger ane gan kata2 ini..
mosok gan ??

Spoiler for Jangan di klik gan:
Mampir gan ke thread ane yang lain:

GROSIRAN KAOS METAL, REGGAE, DISTRO  ("http)

kl agan di kota ya mungkin gan...
ya minimal skrg jadi ngerti gan..
suwun bantu rate yo gan...
keren gan disambut. kalo ane malah sebaliknya kalo pulang ke kampung halaman ane yg kunjungi rumah rumah sodara ane
Quote:Original Posted By barunemu.
budaya darimana tuh? ..


budaya jawa gan... khususnya tempat ane jawa timuran...
ane kalo pulkam diem2 gan, tau tau dah nongol. makanya ga ada yg nyambut.
kalo di daerah ane emang ada juga gan, mungkin beberapa tahun silam, apalagi yg datang orang yg sudah cukup di kenal di masyarakat dan sudah lama nggak pulkam
ane juga rantauers, walaupun masih muda, tapi budaya itu kayaknya udah luntur deh, ane pulang juga biasa aja, ya ada sih paling tetangga deket rumah aja apalagi ane pulang setahun sekali kadang malah setahun sampe 2 atau 3 kali, mungkin faktor itu juga sih ya..
btw nice thread gan
Seru juga kalau budaya ini dilestarikan..

Bikin seorang rantauer disitu sekaligus juga terbiasa menjadi story-teller ya
karena seperti diharuskan menceritakan kisahnya... dan ditanya2 kaya lagi press conference

Bagus juga sih, warga dapat cerita dari sumbernya langsung
bukan dari kabar burung ......
Jadi pengen balik dari perantauan gans
Iya gan, didesa nenek ane kalo pas ane pulang kampung para tetangga banyak yang silahturahmi kerumah untuk menanyakan kabar ane. Cuman yang bikin gak enak banyak yang nanyain ke ane kapan kimpoi?
keren gan

suasana jadi kliatan lebih guyub

Quote:[WOOW] MAKANAN Yang Harus DIHINDARI Sebelum MELAKUKAN SEKS   (goo.gl)

[HOT+] MISS UNIVERSE Ini Ketahuan Foto SYUR-NYA (+Pict)   (goo.gl)

[WOOW] FOTO HOT Para SALES Pakaian Dalam   (goo.gl)

bener bgt gan. ane sebgai perantau juga sempet liat orang tua ane 'ngertakne' tp itu dlu klo sekarang sudah tidak dilaksanakan lagi didaerah ane
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar