Pages


Jumat, 15 Mei 2015

Istilah-istilah anak sekolah 80-90 yang sudah nyaris punah

Istilah-istilah anak sekolah jaman 80-90an

Wilkommen, Welcome, Selamat Datang, Irrashaimase!

Spoiler for pembuka:

Quote: Ayo Support Threat bermutu, dengan meninggalkan jejak!

Jangan lupa


Cikuuuuuyyyyy Trit ane HT dunk!!! Alhamdulillah, dapet dua trit jadi HT





Spoiler for repost checker:

Quote:Kemungkinan Thread ini repost, tapi ah .. ente boker juga repost ... niru orang-orang sebelom ente


Buat agan-agan yang udah setengah tuwir (kayak ane) dan masuk sekul di jaman 80-90an, pasti banyak mengenang nostalgia indahnya masa-masa sekul pada tempoe itoe.

Kalau dibandingin sama sekul jaman sekarang, dimana teknologi udah nguasain bumi (semenjak negara api menyerang) .. beda banget deh pokoknya. Ga ada lagi, lempar-lemparan kertas berisi tulisan nembak cewek. Ga ada lagi nongkrong di pinggir jalan bawa-bawa penggaris baja buat tawuran (buset! STM banget).

Ini ane kembalikan memori, masa-masa jaya tersebut. Beberapa hal yang identik dengan anak sekolah di tahun segitu.

1. Rugos

Spoiler for rugos:

credit: mamanatrixie, photobucket


siapa yang ingat, ngabisin waktu dari siang ketemu sore (bolos mek!) di toko stationery buat nyari-nyari jenis rugos yang cocok buat tugas artikel.

begitu dapet, langsung beli serenceng. Gosok ampe marong!

Yang sebel, stok masih banyak, tapi huruf "A" udah ga ada ... wuakakakaka ... terpaksa beli lagi di toko!.

2. Pulpen Rapido/Rotring

Spoiler for rotring:

credit: Cafrey, photobucket


Butuh bikin lingkaran? jangan khawatir, pake jangka Rapido. Pulpen ukuran 0.5, putar bleh! jadi! jaman segitu belom ada komputer, bikin geometri masih manual. ati-ati aja, jangan ampe tintanya meleber kemana-kemana.

Spoiler for ukuran:

credit: wekojati, wordpress


3. Mading

Spoiler for mading:


Punya artikel menarik seputar pacaran? atau tips sama trik ngerjain tugas fisika? bikin artikel aja di mading .. jangan lupa hubungi pihak OSIS buat izin nempel itu artikel di bilboard sekolah.

Kalo jaman sekarang si tinggal ketik aja di Fisbuk trus di tag-tagin tuh temen-temen, jaman dulu mana ada Fisbuk?

Tapi kayaknya belom lama ini ane masih liat ada mading, di sekolah-sekolah. Bagus, berarti the art still live on. hehe

4. Kliping Koran

Spoiler for Kliping:

credit: contohsimpel,blogspot


Apes, udah ga suka sama Fisika, gurunya killer pula, eh pas pembagian kelompok dapet tugas ngumpulin klipping di koran. Tema nya tentang "Sains di kalangan remaja" ... bujugbuset, terpaksa ngerogoh kocek buat beli koran lampu merah .. atau ngumpulin dulu deh di masjid abis jumatan.

Anak sekarang disuruh bikin kliping koran, paling jawabnya "A elah pak ... gugling aja kenapa si?! nyusahin orang aja"

5. Kartu pos

Spoiler for postcard:


cie .. cie .. cie ... hari raya dah deket nih, mo ngucapin selamat ah sama ayang... pake whatsapp aja kali ya... iye sekarang, dulu boro-boro! SMS aja belom ada .... kartu SIM aja masih 100 rebuan, yang punya Hape udah orang paling kaya sejagat. telepon umum, jauh mesti jalan dulu ke pasar, dah gitu kalo yang angkat bokapnya bisa hatam ini hubungan.

pake cara aman lah, kartu pos brur! beli segepok di kantor pos, atau di warung kalo ente lagi hoki biasanya ada. jangan lupa pake perangko Cang Ato yang cepe-an.

Spoiler for perangko:


6. Penggaris Alfabet

Spoiler for penggaris:


Mo ngerjain tugas yang kreatif tapi ga punya dokat? yang jual rugos jauh? ya pake alternatif 2 deh, pake penggaris alfabet aja. Ini biasanya senjata wajib anak STM (selain penggaris baja tentunya).


7. Sepatu Warrior

Spoiler for warrior:


credit: olx


Waktu jaman ane Esempe, sekolah ane wajibin pake sepatu Warrior, Nah ga tau neh, sekolah laen begitu juga apa kagak. Trus ga tau juga apa anak jaman sekarang masih pada pake ini sepatu.

yang pasti, ini sepatu penuh nostalgia. soalnya kaki ane pernah kecebur lobang WC di toilet sekolah (yang udah pasti jorok pol) dan nyangkut ga bisa keluar. bisa bayangin pas keluar itu sepatu dah kaya gimana bentuknya. tapi mo dibuang sayang, mo beli baru ga ada duid jadinya pake aja terus

8.Ding dong

Spoiler for mahluknya:

credit: baca aja tuh di imagenya


Spoiler for koinnya:


Guru ga masup neh, jam kosong. Bucat yuk! kita ke dingdong! hehehehe ....

Sebenernya ini di luar skup thread, tapi ane koq ngerasa masa sekolah ane dulu ga lepas ya dari yang namanya dingdong. Cs ane soalnya nongkrongnya di tempat dingdong, sembari malakin anak SD.

Jaman itu yang koinnya masih pake duit cepe-an wayang. Tapi beberapa lama kemudian berubah menjadi pake koin khusus.

Quote:tips & trik maen dingdong cepe ampe sepuasnya.

gan ente mau tau ga caranya duit cepe bisa dipake maen dingdong ampe kojor?
1. gunting selotip kecil aja, kira-kira 1 centi
2. tempelin tali di duit cepe, pake selotip
3. pilih dingdong yang rada-rada ujung biar ga keliatan yang jaga
4. masukin duit, trus tarik lagi, masukin lagi, begitu seterusnya berkali-kali
5. setelah dapat 100-200 credit, tarik tali kuat-kuat.
6. enjoy!



9. Stensilan

Spoiler for beneran mo buka gan? parno loh:
Spoiler for yakin?:
Spoiler for Sekali lagi, yakin gan?:
Spoiler for Beneran lo ya?:
Spoiler for Buka deh ....:


ini adalah bentuk sarana per-lendiran yang paling kuno di jagat dunia pendidikan. Memang ga ada hubungannya secara langsung sama dunia pendidikan.

Tapi anak sekolah mana di jaman 80-90an yang ga pernah baca stensilan Enny Arrow???

NGAKU!!!!!! AYO NGAKUU!!!



Penutup:

Well, kemungkinan masih banyak juga hal-hal yang terkait sama anak sekolah jaman segitu, yang kelewat sama ane. makanya ane minta masukkannya dari para agan sekaligus, buat di update kapan ane punya waktu.

Untuk sementara sekean dulu aja lah.



jangan lupa komeng ma cendol, gan.

Tambahan : Waduh banyak yang tanya umur ane nih, sensitif tauk wakwkawkakwak .... ane masih pertengahan kepala 3 gans!! emang aja dulu ane masuk SD terlalu cepet, jadinya masih ngalamin diatas semua.
komeng epic dan masukan-masukan:

Quote:Original Posted By curut77
sampul buku tue ketinggalan


Spoiler for sampul:


Wuakakakakak, bener gan. Sampul buku coklat. Dulu jaman ane sampulnya masih coklat polos. yang mesti ngelipet sama selotipin sendiri.

Tapi nyari gambarnya di google kagak ketemu huauhuahuahua. thx gan

Quote:Original Posted By pecintamushroom
Penggaris Kayu Killer Epic 1 Meter
Spoiler for penggaris:



Beneran gan, tapi kayaknya ini ampe sekarang juga masih ada.

Dulu jaman ane esempe ini penggaris dipanggil To Liong To (Pedang Pembunuh Naga) sama anak-anak, hueuheuheuhueh.

Quote:Original Posted By nikuma
Jadi teringat waktu sma thn 80 an,
1. Memble vs Kece
2. Jijay Bajay
3. Stensiil Anny Arrow dan nick carter
4. Akhiran Dong...(contoh apanya dong)
5. Akhiran Ni yeeee
6. Ngehi.....(kata jorok)



Agan ini adalah contoh mahluk pra sejarah yang seharusnya sudah dimuseumkan wuakwuakua. Itu yang ane BOLD ane masukin pijwan.

Quote:Original Posted By titikoma
tipeX yg ama thinner nya misah gan, kudu ngoplos sendiri....


yang ini gan ??

Spoiler for batman robin:


Dynamic Duo neh gan!!


Quote:Original Posted By ephie90
wesel ?



wesel mah buat lepel mahasiswa kayanya om, yang udah jauh di rantau. kalo anak sekolahan biasanya jarak sekolah masih bisa dijangkau kaki, paling top pake sepeda BMX.

Ane sempet kepikiran naro wesel, tapi ntar kita coba liat animo agan-agan yang laen.

Quote:Original Posted By utun_
mesin ketik


mesin ketik si ampe sekarang juga masi dipake gan, kebetyulan ane PNS (tapi ane anti korupsi gan). untuk instansi pemerintah, mesin ketik masih dipake terus, karena ada pemberkasan yang memerlukan pengisian manual.

Quote:Original Posted By bruist
ini gan pantograph





Apaan neeeh gannn!!!!

Quote:Original Posted By 999999999
Koin gantung aka KG dimana gan? Masukin lah


gambarnya dong gan? ano malah ga tau

Quote:Original Posted By keparat.** SENSOR **
anak sekarang masi pake penghapus ginian kaga ya..??



ane masukin pejwan gan. wkwkwkwkwk ane trauma sama benda ini. pernah kemakan sama ane, sampe ane mesti klinik sekolah.

Quote:Original Posted By humbang-30
Ini gan kerokan kaca



Agan pasti penjahat kelaminnya yang sering ngintipin rok cewek pake rautan ini wajwakwakwakwakwak

Spoiler for PK:


Quote:Original Posted By rajagodzilla
Masih inget ga anak sekolahan yang ngoleksi kertas binder warna-warni, berasa paling kece abis

Gadget paling kece cuma Pager, itupun yang punya udah tergolong wah bin mewah...

Jir Rotring tuh tools ngegambar yang gw pake waktu SD.
Dulu mah masih murah, sekarang dah langka, susah banget nyarinya.
Sekali ada juga mahal

Inget hal-hal berbau 90s jadi sadar kalo sekarang gw dah ga terlalu muda lagi


binder warna warni tu yang mana siy gan? mungkin yang biasa ngoleksi anak cewe kayanya... yang cowok mana mau ambil pusing sama yang kaya gitu, jadinya gak ngerti.

Quote:Original Posted By babelapak
Tambahin gan :

Sepatu karate ala brucelee
Tas gunung merek Alpine
Tas koper merek President
Hapusan bentuk mickey mouse
Rautan bulat yg ada kaca nya



sepatu bruce lee kalo di ane disebutnya sepatu Big Boss gan, rautan dah masuk. Kalo tas koper President kayaknya biasa dipake sekolah-sekolah necis aja. buat yang sekolah semi inpres kayak sekolah ane, masih pake tas bebas gan. huehuehuehueh

Quote:Original Posted By xxx00000xxx
ini nih yg dulu konon bs menghapus tinta pulpen, tapi ternyata cm menhancurkan kertas

Spoiler for legend:


pejwan gan


Penghapus mustika LV.9999
wah ane bingung sama nama yg no 1 gan.. kykny bukan jaman ane tuh..








mimi bukan robot...
wah jadi kangen waktu bikin kliping koran gan





Spoiler for "Custom Kartu Flazz dan Emoney":
Hallo gan sist makasih udah mau buka spoilernya ane mau nawarin custom gambar Flazz BCA dan Emoneynya Mandiri nih, 100% legal kok minat silahkan mampir ke trit FJB ane >> http://kask.us/hZ6cZ
gw rasa untuk kartu pos tingkat sekolah mungkin udah hilang.. tapi tiap lebaran kantor gue beli kartu pos ampe 200 lembar bray dan kantor gue kebanjiran kartu pos ampe 100 lembar bray jadi mungkin anak sekolah gak menghargai tapi kite2 org kantoran masih menghargai banget kok...
polpen rotring jg keren tuh di jaman dulu itu... nih TS bapa2 mude juga nih kyknya udh mo 40 ye mas
sering pake rugos buat kasih nama gan
haha mading inget jaman SMP dulu, begadang sampai subuh demi lomba mading
Mading masih lestari gan
semua pernah ane alamin gan..

aje gile... nostalgila beud dah yg kliping koran.. ga ngumpulin, paha kena pukul penggaris kayu

Spoiler for penggaris kayu :

penggaris killer sepanjang 1 meter... masih ada ga ye ni penggaris??

Quote:Original Posted By ragingblaze
gw rasa untuk kartu pos tingkat sekolah mungkin udah hilang.. tapi tiap lebaran kantor gue beli kartu pos ampe 200 lembar bray dan kantor gue kebanjiran kartu pos ampe 100 lembar bray jadi mungkin anak sekolah gak menghargai tapi kite2 org kantoran masih menghargai banget kok...
polpen rotring jg keren tuh di jaman dulu itu... nih TS bapa2 mude juga nih kyknya udh mo 40 ye mas


hush .... usia boleh tua, tapi jiwa muda terus lah bro!
wesel ?

Quote:Original Posted By ephie90
wesel ?



wesel mah buat lepel mahasiswa kayanya om, yang udah jauh di rantau. kalo anak sekolahan biasanya jarak sekolah masih bisa dijangkau kaki, paling top pake sepeda BMX.

Ane sempet kepikiran naro wesel, tapi ntar kita coba liat animo agan-agan yang laen.
baca sambil ngakak sendiri, gara2 inget umur
wah barang barang bokap ane tuh
dingdong game kesukaan ane gan
penggaris alphabet,kliping koran,mading sih masih ada gan
RUGOOOOOOOOOOOOOOOOSSSSSSSSSSS
ane udah lama ga denger nama itu gan
baru denger lagi gara2 thread TS...
bener2 gan bakalan musnah deh tuh kata-katanya
dah jarang lihat rugos jaman sekarang
Quote:Original Posted By ularpiton
RUGOOOOOOOOOOOOOOOOSSSSSSSSSSS
ane udah lama ga denger nama itu gan
baru denger lagi gara2 thread TS...
bener2 gan bakalan musnah deh tuh kata-katanya


Quote:Original Posted By next*banned*
dah jarang lihat rugos jaman sekarang


emang udah ga ada lagi yang jual kayaknya, di toko buku juga dah ga ada. sedih juga si ...
MADING...
dulu sering buat bareng temen2 ane.
bisa jadi salah satu media buat pedekate juga lewat puisi yg ditempel di mading
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar