Pages


Senin, 18 Mei 2015

Keberanian Banting Setir dari Karyawan menjadi Pengusaha

Saya punya teman dekat yang beberapa tahun lalu sering ketemu saya, dan setiap ketemu saya dia selalu curcol dan bilang bahwa dia mau banget jadi pengusaha. Dia sendiri 10 tahun di atas saya umurnya, dan dia adalah seorang senior manager di perusahaan multinasional. Jadi secara gaji, ngga perlu dikhawatirkan. Mobil kantornya aja BMW.

Saya sudah pernah sampe coba brainstorm sama dia berkali-kali, hingga akhirnya saya sempat buatkan draft Busines Plan untuk usaha yang dia mau geluti. Berdasarkan ide yang dia miliki, saya coba rangkum sedetail-detailnya, dan saya kasih dia pe-er untuk 'research' kecil-kecilan. Ngga mungkin juga saya yang ngerjain semua, karena soul sebuah usaha ya ada di otak dan hati si sang foundernya.

Pendek cerita, usaha ini ngga pernah dia coba. Dia sampai pada titik bilang, "Bill, elu udah bantuin gua banyak. Kayaknya emang gua ngga berani ninggalin corporate life. Elu ngga perlu bantuin gua lagi untuk supaya gua jadi entrepreneur."

Minggu lalu saya makan siang dengan seorang teman yang juga adalah seorang top eksekutif di perusahaan multinasional. Ceritanya beda sama cerita tentang teman saya yang barusan saya ceritain. Dia baru invest di sebuah klinik, dan dia ternyata baru resign dari perusahaan tempatnya bekerja sejak dia baru lulus kuliah sekitar 20+ tahun lalu! Yes, dia udah 20 tahunan lebih jadi karyawan, kerja di Amerika, Singapur, dan terakhir ditaro di Indonesia oleh perusahaannya. Dan, dia bulan Juli depan akan terbang ke Dubai bersama keluarganya untuk memulai hidup barunya. Jadi dia akan tetap sebagai shareholder di klinik yang ada di Jakarta, tapi di Dubai dia akan jadi entrepreneur juga, karena dia baru daftarin akte perusahaannya di sana.

Ketika ditanya oleh teman saya yang juga ikut lunch minggu lalu, "Kok berani?" Dia jawab: "Dia selama ini nabung banyak. Jadi ketika ada kesempatan temennya ngajak bisnis, dia punya modal untuk jadi pemodalnya." Dia juga bilang bahwa ngga akan pernah ada waktu yang tepat, ngga akan pernah ada kata "Saya siap" ketika harus resign dari perusahaan tempat kita kerja, dan banting setir untuk jadi entrepreneur.

Ini mengingatkan saya ketika saya resigned dari MRA Group. Jabatan tinggi, gaji dan bonus besar, kerjaan enak banget.. dan saya tinggalin itu semua demi merintis YOT dari nol. Apakah saat itu saya benar siap? Ngga. Tapi memang panggilan saya untuk merintis YOT dari nol lebih besar dan lebih bermakna buat saya dibandingkan saya melanjutkan hidup saya di corporate life.

Semua orang punya ceritanya masing-masing. Apa cerita Agan? Oh ya, kalau Agan milih untuk jadi profesional alias karyawan, NGGA ADA SALAHnya sama sekali loh ya. Kalau Agan jadi karyawan yang berintegritas, Agan juga mulia karena Agan memimpin banyak orang untuk membesarkan perusahaan tempat Agan bekerja.. ini juga berimpact terhadap banyak keluarga loh.

Kalau Agan mau jadi entrepreneur, dan sekarang lagi masih bekerja.. good luck! Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

See you ON TOP!
@BillyBoen

Founder & CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Co-Founder & Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab

Website: http://www.youngontop.com | http://www.yotnusantara.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

***cuma sisa 200 tiket untuk ikutan YOT National Conference 2015, info lengkap: www.youngontop.com/yotnc  (www.youngontop.com) (www.youngontop.com  (www.youngontop.com)) (www.youngontop.com  (www.youngontop.com) (www.youngontop.com  (www.youngontop.com))) . Dont miss it!
***download gnews, twitter search engine di Google Play untuk perluas wawasan Agan. FREE!
***buat CV berstandar internasional di CV.youngontop.com sekarang. Bisa didownload, email, print untuk lamar kerja. FREE!
Kalo ane mah udah niat jadi entrepreneur dari lahir
ane dah males jd karyawan mau banting setir nih.. mksh infonya
Quote:Original Posted By 7in4n
ane dah males jd karyawan mau banting setir nih.. mksh infonya


Ane juga sama gan
mau bikin usaha yang di kelola sendiri
Harus Berani MENCOBA !!


Quote:
RAHASIA SUKSES BANGSA JEPANG ---->> KLIK DISINI  (lalunaforex.blogspot.com)
Thq sharenya gan ...

ketika kita punya mimpi
jalan itu akan ada


tetap semangat
wih mantap emang kalo kita berani banting stir
ane mau siapin modal dulu gan
Inspire banget gan
banting setir memang sangat sulit
resiko gagal bisa bikin melarat kalau gapok 2juta dilepas gtu aja
kadang bentur dimodal kayak saya ini
Bagaimana sih cari ide supaya bisa membuat draft bisnis plan? terima kasih..
lagi ngumpulin niat sama modal dulu dah gan, kerjaan ane juga belum keliatan ini
kalo jalan ke duanya om bill..?apa memang harus milih salah 1 biarr fokuss?
Nggak ada waktu yang tepat, nggak ada yang bener2 siap, semuanya bener tuh
yg repot mau jadi pengusaha karena males bekerja
itu parahnya
jadi pengusaha ya kerja keras juga

males penyakit paling parah
waspadahlah
Intinya jgn terlalu banyak mikir atau jgn terlalu takut, tp disisi lain jg harus ada rencana yg matang sama plan B kalau gagal
Setuju banget gan, kalo dipikir memang kebanyakan orang belum siap ketika ia hendak memulai sebuah usaha namuk ketika ia mencobanya dan nantinya dihadapi masalah mau nggak mau dia harus siap. Sungguh menginspirasi sekali gan .
Quote:Original Posted By bumiramadhan04
kalo jalan ke duanya om bill..?apa memang harus milih salah 1 biarr fokuss?


kalo menurut ane pas merintis sih bisa sejalan kedua2nya...begitu salah satu udeh mulai membesar..pasti harus ada salah satu yang dipilih...ga akan bisa jalan 2-2nya kalo udah sama2 besar ( kalo megang sendiri ya usahanya ), just my 2 cents.
Thanks bro billy.. buat sharinnya.. sy juga mengidam2 kan bekerja sendiri,mendapatkan uang atas kerja dan usaha sendiri.. Skg sy bekerja di salah satu perusahaan r*k*k terbesar di indo.sembari mengumpulkan modal,smbl mencoba beberapa bisnis sampingan.. suatu saat pasti bs ky bro billy.. usaha ndiri.. thankssss brooo motivasinya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar