Pages


Minggu, 17 Mei 2015

Mengintip Istana-Istana Kerajaan Termegah yang Ada di Indonesia

Mohon dirate dulu gan
Semoga Threadnya bermanfaat


Istana-Istana Kerajaan Termegah yang Ada di Indonesia



Sebelum Indonesia resmi berdiri sebagai sebuah negara, banyak kerajaan-kerajaan berdaulat berada di Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut memiliki sistem pemerintahan sendiri layaknya sebuah negara. Bahkan sebelum masuknya kolonial ke Indonesia, masih banyak kerajaan-kerajaan di Indonesia yang berekspansi dengan menyerang dan menaklukan kerajaan lainnya demi memperluas wilayah kekuasaan. Barulah setelah masuknya kolonial-kolonial eropa ke Indonesia, hampir tidak ada lagi kerajaan-kerajaan yang melakukan ekspansi. Bahkan banyak kerajaan-kerajaan tersebut yang justru kehilangan eksistensinya sehingga tidak memiliki wilayah kekuasaan.

Dengan banyaknya kerajaan-kerajaan yang berdiri di Indonesia dimasa lalu, tentunya banyak hal yang diwariskan oleh kerajaan-kerajaan tersebut terhadap Indonesia. Contohnya dibidang arsitektur. Salah satu warisan kerajaan-kerajaan tersebut dibidang arsitektur adalah peninggalan istana kerajaan. Walaupun pada hakekatnya banyak istana-istana kerajaan di Indonesia yang tak terawat dan dibiarkan hancur begitu saja, namun sebagian masih ada yang berdiri megah.

Berikut ini adalah istana-istana kerajaan termegah yang ada di Indonesia :


Quote:Istana Siak Sri Inderapura
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kompleks istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi.

Istana Siak memiliki arsitektur bercorak Melayu, Arab, dan Eropa. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Lantai bawah dibagi menjadi enam ruangan sidang: Ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu untuk perempuan, satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta. Lantai atas terbagi menjadi sembilan ruangan, berfungsi untuk istirahat Sultan serta para tamu istana. Di puncak bangunan terdapat enam patung burung elang sebagai lambang keberanian Istana.


Quote:Istana Maimun
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan. Didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.


Quote:Istano Basa
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan tunggak tuo (tiang utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Harun Zain. Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama, tetapi di lokasi baru di sebelah selatannya. Pada akhir 1970-an, istana ini telah bisa dikunjungi oleh umum. Namun pada tahun 2007 istana ini kembali terbakar. Barulah pada tahun 2013 istana ini selesai dibangun secara keseluruhan.


Quote:Istana Malige
Spoiler for buka:


Istana Malige adalah istana yang didirikan oleh sultan Buton yang ke 37 bernama La Ode Hamidi. Menurut tradisi kesultanan Buton, setiap pangeran yang hendak diangkat menjadi sultan haruslah mampu membangun istananya sendiri. Kata malige sendiri bermakna mahligai.

Salah satu keistimewaan sekaligus juga keunikan bangunan Malige kesultanan Buton ini adalah tak digunakannya paku untuk membangun istana. Seluruh bangunan yang terdiri dari empat lantai terbuat dari kayu. Pasak dan struktur tiang-tiang penyangga yang kokoh tanpa paku, menunjukkan tingginya perhitungan dan akurasi arsitektur nenek moyang orang Buton. Sebuah mahakarya dan warisan budaya yang tak ternilai harganya.


Quote:Kedaton Kurtai Kartanegara
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:



Kedaton Kutai Kartanegara adalah istana milik Sultan Kutai Kartanegara yang terletak di pusat kota Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia. Istana ini selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2002 setelah dihidupkannya kembali Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Meski telah resmi menjadi milik Sultan Kutai Kartanegara, istana baru ini lebih difungsikan sebagai kantor lembaga kesultanan serta sebagai tempat pelaksanaan acara seremonial oleh Sultan atau Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.


Quote:Istana Kadriah
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Istana Kadriah merupakan sebuah istana megah yang berada dipinggiran sunga kapuas. Istana ini didirikan oleh Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri pada tahun 1771 M, dimana saat masih muda beliau merupakan pedagang yang sering bekerja sama dengan saudagar-saudagar dari berbagai Negara dan telah sering mengunjungi berbagai daerah di wilayah Nusantara. Setelah membangun istana kadriyah, Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri (1738-1808 M) dinobatkan menjadi sultan pertama di kota Pontianak.


Quote:Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.


Quote:Keraton Kesepuhan
Spoiler for buka:

Spoiler for interior:


Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya.

Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yang dikeramatkan yaitu kereta Singa Barong. Kereta ini saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untukdimandikan.

Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasanaraja.


Spoiler for buka:
Itulah sedikit ulasan tentang istana-istana kerajaan termegah yang ada di Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu menghargai dan mencintai berbagai kebudayaan hasil karya anak bangsa.


Istana maimun kaya mesjid ya bangunan nya
warisan dari sejarah bangsa yang besar. semoga kesampaian menikmati bangunan bersejarah ini secara langsung..
Istana negara di bogor dan jakarta ga masuk ya

Semoga aja istana2 tersebut tetap terjaga sampai nanti, karna itu merupakan aset budaya
istano basa super klasik ye gan. cb tambah pic dalemnya.
Yang dari sumbar paling epic ya
selama ini yg ane sering liat cm istana jogja aja nih, skrng nmbh info gan.
penasaran sama daleman Istana Siak Sri Inderapura
tongolin sekalian dong bro
Banyak amat Istana di indonesia ya

Indonesia memang kaya peninggalan sejarah dan budaya
wah bangunan tua semua gan,
dan masih berdiri kokoh walau jamannya udh berbeda.
oweee keraton kayogyakarta
Quote:Original Posted By rasuk
warisan dari sejarah bangsa yang besar. semoga kesampaian menikmati bangunan bersejarah ini secara langsung..


Emang belum ada diantara istana-istana terebut yang agan kunjungi?
Quote:Original Posted By antomulyo
Istana negara di bogor dan jakarta ga masuk ya

Semoga aja istana2 tersebut tetap terjaga sampai nanti, karna itu merupakan aset budaya


Itu bukan istana kerajaan gan
masukin list buat tujuan wisata, thanks infonya
Quote:Original Posted By cubluk666
istano basa super klasik ye gan. cb tambah pic dalemnya.


Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Yang dari sumbar paling epic ya


Sama gan. Ane juga paling suka dengan Istana yang dari Sumbar
istana cendana dimana cong
istana yg dibangun dari hasil korupsi bapak kau aSuhartoe
yang dari sumbar eksotis banget
Quote:Original Posted By FibyMelodic
penasaran sama daleman Istana Siak Sri Inderapura
tongolin sekalian dong bro

Nanti ane coba update lagi gan
Yang pertama megah banget yak
keren yg istano basa
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar