Pages


Senin, 04 Mei 2015

Seperti Apa Galaksi Bima Sakti ?

Seperti Apa Galaksi Bima Sakti ?
Quote:Assalamualaikum Wr. Wb
Quote:
Spoiler for Galaksi Bima Sakti:

Spoiler for Cek Repsol, Mohon maaf jika ada kesamaan:

Quote:Terima kasih kepada mimin, momod, dan para kaskuser yang ada di alam semesta. Atas bantuannya thread ketiga ane di nobatkan jadi HT
Spoiler for Hot Thread:

Quote:Inilah thread ketiga gue. Kali ini gue ingin menjelaskan tentang galaksi Milky Way atau Bima Sakti. Rumah bagi tata surya kita. Agan pasti pernah menonton film Interstellar, film yang menceritakan perjalanan antar galaksi.
Spoiler for Guardians of the Galaxy:
Dan film Guardians of The Galaxy, film yang menceritakan perang antar galaksi. Tapi bukan itu yang dibahas. Disini gue akan membahas mengenai Galaksi yang sebenarnya. Tanpa menunggu lama, langsung saja kita meluncur ke TKP.


Quote:1. Penjelasan Dark Matter dan Dark Energy

Sebelum membahas Galaksi, kita akan membahas mengenai dark matter atau materi hitam. Materi ini merupakan materi terbanyak dan penyumbang massa pada galaksi.
Spoiler for Ilustrasi Dark Matter:
Apa itu Dark Matter ?
Dark matter merupakan materi yang tak terlihat namun memiliki massa.
Ibarat agan punya sebuah mobil, dan mobil itu ditimbang. Anggap aja hasil timbangannya 700 Kg. Kemudian agan mencopot semua komponen yang ada di dalam mobil seperti ban, mesin, jok, dan lain-lain. Lalu agan timbang semua masing-masing komponen satu persatu. Berat masing-masing komponen kemudian agan dijumlahkan semuanya, lalu didapat hasil 500 Kg. Maka dari hasil kedua pengukuran tersebut terdapat selisih 200 Kg. Selisih 200 Kg tersebut merupakan massa dari dark matter.
Hal seperti ini terjadi saat astronom ketika mencoba mengukur massa total dari galaksi. Mereka mengatakan kalau ada materi lain yang tak terlihat tapi mempunyai massa. Teori mengenai dark matter inilah yang mereka ciptakan.

Apa itu Dark Energy ?
Kalau agan melempar batu ke atas (menjauhi pusat gravitasi), maka batu akan melambat dan kembali jatuh (mendekati pusat gravitasi). Itu merupakan keadaan normal. Namun jika ada dark energy, maka batu yang dilempar ke atas akan semakin cepat dan menjauhi pusat gravitasi.
Dark Energy merupakan energi yang bersifat tolak-menolak melawan gaya gravitasi (kalau gaya gravitasi itu sifatnya tarik-menarik)
Hal inilah yang terjadi saat astronom mengamati bintang yang ada di galaksi lain. Bintang tersebut bergerak menjauhi pusat galaksi dengan pergerakan yang semakin cepat. Tak ada sesuatu yang terlihat mempengaruhi pergerakan bintang tersebut. Kemungkinan ini adalah efek dari dark energy.

Dua teori ini baru muncul beberapa tahun terakhir. Keberadaannya masih misterius dan belum bisa dipastikan. Para astronom masih memperdebatkan masalah itu.


Quote:2. Mengenal Galaksi Bima Sakti

Galaksi adalah kumpulan dari beberapa benda angkasa dan materi yang terikat oleh suatu pusat gravitasi lalu membentuk suatu sistem.
Galaksi Milky Way atau Bima Sakti merupakan tempat bersemayam tata surya kita. Galaksi ini termasuk jenis galaksi spiral. Materi penyusun galaksi terdiri dari gas antarbintang dan dark matter (materi gelap). Galaksi bima sakti memiliki tebal 1.000 tahun cahaya dan diameter 100.000 tahun cahaya.
Spoiler for Penampakan:
Pada pusat galaksi terdapat sebuah supermassive black hole, yaitu black hole yang mempunyai massa ribuan kali dari massa matahari. Black hole itu bernama Sagitarius A*.
Dengan adanya black hole pada pusatnya, galaksi bima sakti bisa saja melahap galaksi lain yang lebih kecil.
Kalau diperhatikan dengan seksama, bima sakti mempunyai lengan. Berikut gambar yang menunjukkan lengan-lengannya.
Spoiler for Ilustrasi Lengan Galaksi Bima Sakti:



Quote:3. Dimana Tata Surya Kita ?

Pada Galaksi Bima Sakti terdapat 200-400 milyar bintang, termasuk bintang yang terdekat dengan bumi yaitu matahari. Jarak matahari ke pusat galaksi adalah 27.700 tahun cahaya.
Disinilah letak kita didalam bima sakti. Hanya berupa debu di angkasa.
Spoiler for Bumi di Galaksi Bima Sakti:
Kalau dibandingkan, bumi itu hanya sebesar sel, galaksi bima sakti itu sebesar Amerika Serikat.

Agan pasti berpikir kalau matahari itu hanya diam. Itu salah besar, sebab matahari juga bergerak mengorbit pusat galaksi. Kecepatan orbit matahari adalah 217 Km/detik. Waktu yang dibutuhkan matahari dalam sekali orbit adalah 225-250 juta tahun. Melihat dari umur bima sakti, matahari telah melakukan 20-25 kali putaran sejak pertama kali bima sakti terbentuk.
Pada Galaksi Bima Sakti juga terdapat ribuan planet. Dan mungkin ada sekitar ratusan planet yang mirip bumi dan juga berpenghuni (mungkin tempat tinggal alien).

Tata surya kita mengorbit pada pusat galaksi yang merupakan sebuah black hole.
Pertanyaannya, mengapa tata surya kita tidak terhisap oleh gravitasinya ?
Karena tata surya kita terletak di luar horizon peristiwa atau di luar daerah bahaya dari black hole.

Satu lagi yang mau ane kasih tau, kalau semua semua gambar yang menampakkan galaksi bima sakti secara keseluruhan adalah gambar tipuan, termasuk gambar ilustrasi yang ada di atas thread ane. Jangankan untuk memfoto keseluruhan bima sakti, untuk mencapai tepi bima sakti, umur manusia gak akan mampu walaupun pergi dengan kecepatan cahaya. Jarak bumi ke tepi bima sakti sekitar 22.000 tahun cahaya. Namun jangan kecewa, bima sakti juga bisa dilihat dari bumi dengan mata telanjang. Berikut adalah gambar penampakan asli bima sakti dari bumi.
Spoiler for Penampakan 1:

Spoiler for Penampakan 2:
Spoiler for Penampakan 3:
Cahaya yang paling terang dilangit itu yang merupakan pusat galaksi bima sakti.


Quote:4. Galaksi Tetangga

Galaksi tetangga yang dekat dengan bima sakti adalah galaksi Andromeda. Galaksi ini berjarak 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi ini dapat dilihat dengan mata telanjang dilangit utara pada bulan September, Oktober dan November. Andromeda akan terlihat lebih cerah dibanding bintang lainnya. Ini gambar yang menunjukkan galaksi andromeda dari bumi.
Spoiler for Galaksi Andromeda:
Sama seperti bima sakti, galaksi ini merupakan galaksi spiral. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang dan ribuan planet. Kemungkinan disana juga terdapat planet yang berpenghuni. Saat ini dideteksi, andromeda tengah bergerak mendekati bima sakti dengan kecepatan 300 Km/detik. Kemungkinan 3 milyar tahun lagi akan terjadi tabrakan antar galaksi andromeda dengan bima sakti.
Ini adalah gambar asli dari galaksi andromeda yang dirilis NASA.
Spoiler for Ini real gan:



Quote:5. Teleskop Hubble

Pasti agan bertanya, bagaimana cara mengambil foto yang jaraknya jutaan tahun cahaya ?
Jawabannya adalah teleskop Hubble.
Spoiler for Penampakan:
Teleskop ini merupakan teleskop antariksa yang mengorbit bumi. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1990, teleskop hubble telah mendapatkan gambar 5.500 galaksi di alam semesta. Ukurannya sebesar sebuah bus. Teleskop ini mampu melihat benda angkasa sampai milyar tahun cahaya. Kalau agan penasaran dengan teleskop hubble, agan bisa menonton filmnya yang berjudul Hubble 3D.
Spoiler for Filmnya gan:



Quote:
Spoiler for Tambahan Kaskuser:

Quote:Original Posted By jogjawiy
dalam alquran Allah berfirman : {وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَـا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ}
Yang artinya kurang lebih bahwa matahari itu mengorbit/ bergerak pada lintasanya, itulah takdir yang maha perkasa lagi maha tahu.

Ane pribadi sering bertanya tanya bagaimana kok matahari itu mengorbit juga, yg ane pelajari selama ini adalah matahari sebagai pusat tatasurya diam ditempatnya dan bintang2 dan planet lah yg mengorbit mengelilingi matahari, bahkan dalam artikel yg ane baca, satu abad yg lalu ilmuwan menyimpulkan bahwa matahari itu diam, tidak mengorbit ataupun berotasi dan materi dari matahari itu tetap dan tidak berkurang, dan ternyata sebenernya 14 ABAD silam sudah disampaikan dalam alquran bahwa matahari itu bergerak/ mengorbit pada lintasanya!! Dan baru-baru ini saja manusia mengetahuinya.
Maha benar Allah dengan segala firmanya


Quote:Original Posted By blacktuesday
sedikit tentang Hubble Telescope gan.... diluncurkan tahun 90. tahap peluncuran sukses. tahap pertama saat Hubble nyampe di luar angkasa, dia harus membuka kedua panel suryanya gan, agar dia tetap di posisi yang diinginkan (ibarat jangkar pada kapal). panel pertama sukses, panel kedua macet dan gak bisa membuka sebagaimana mestinya. gak tau apa yang dilakukan di control room (Huston, kalo gak salah) akhirnya panel kedua berhasil terbuka. setelah itu, hasil foto pertama Hubble gak jelas gan, itu karena kaca (gak tau apa namanya) ada defect atau cacat. saat itu Amerika putus asa, mereka berasusmi bahwa project mereka gagal total. pada tahun 1993 (kalo gak salah) meluncurlah pesawat ruang angkasa dengan misi memperbaiki Hubble, dan ada akhirnya mereka berhasil. dan pada saat mereka menerima hasil foto setelah perbaikan, semua kru merasa takjub dan tak percaya akan keadaan alam semesta kita ini. di situlah mereka mengukir sejarah....

sumber: National Geographic Channel

Quote:Original Posted By kens99
Di alquran juga sudah dijelaskan pada 14 abad silam gan.. jauh sebelum ada teleskop hubble.

Buka surat Lukman ayat 29, bunyinya :

"Tidakah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukan malam ke dalam siang dan memasukan siang kedalam malam dan Dia tundukan matahari dan bulan masing masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan"

Ada beberapa surat jg di Alquran yg menjelaskan klo matahari dan bulan itu mengorbit, misalnya surat Az zumar ayat 5 dan surat Yunus ayat 5.

Subhanallah...
page one dong TS klo berkenan

Quote:Original Posted By kaskade10
sekedar informasi aja di alquran ditulis kalo alam semesta ini semuanya tadinya hanya sebesar kepalan tangan kita atau sebesar bola tennis . dengan massa yang maha dahsyat padat kemudian meledak dan jadilah berbagai galaxy yang saat ini ada . efek dari ledakan itukan meluas , nah sampai saat inni pun alam semesta masih mengembang atau meluas akibat ledakan yang terjadi . teori namanya BIG BANG THEORY boleh agan google .

bahkan teori ini pun di benarkan oleh einstein bahwa alam semesta masih mengembang padahal alquran telah menjelaskannya berabad2 sebelumnya . nah pas alam semseta ini meledak kan dijelaskan dari alquran kao tidak salah bagaikan bunga mawar yang sedang mekar . tidak lama teleskop hubble mengambil gambar adanya ledakan di alam semesta yang membentuk bunga mawar .



Quote:Sekian dulu thread gue. Terima kasih bagi agan yang telah meluangkan waktunya untuk membaca thread ane. Jika berkenan, kasih ane. Ane juga gak nolak kalo ditraktir pake yang masih segar. Jangan kasih ane karena ane gak makan yang begituan.

Quote:Kalau inpoh dari ane berguna, mohon rekomendasikan thread ane jadi Hot Thread  (docs.google.com)
Quote:Isi kulkas gue baru dua
Quote:
Pertamax udah habis
Gan ada penelitian makhluk lainnya di galaksi kita ga gan.? ane jadi penasaran gan.. udah ada yang membuktikan.?
waduh keren gan
ane demen nih
Quote:Original Posted By shoshoten
Gan ada penelitian makhluk lainnya di galaksi kita ga gan.? ane jadi penasaran gan.. udah ada yang membuktikan.?


ada tuh mahluk lain yg hidup di bikini bottom
woow
Alien pada ngaskus juga ga ya gan??




Yg ane bingung ntu foto ngambilnya gmn? Ktanya butuh beribu tahun cahaya tp dgn teknologi kita yg baru 1 abad ja udh bisa dpt tuh foto
Quote:Original Posted By tomokazu
ada tuh mahluk lain yg hidup di bikini bottom

bikini bottom tu yg di spongebob itu ya?
baru sadar kalau artinya gak bagus untuk anak-anak
keren banget gan.. ini baru bias buat belajar.. bagus gan..
Wah keren gan, syg ane blm pernah liat langit yg bertaburan bintang gitu :sedih
wow...bumi cuma sebesar kuman.....kita cuma nothing....
Lengkap sekali
Memang benar untuk berpergian antar planet mesti melewati wormhole untuk mempersingkat waktu
Kalau tidak untuk ke galaxy andromeda butuh 2,5 juta tahun cahaya
busyett.. planet terbesar pun ga ada apa2nya apalagi bumi
keren gan fotonya
astronomi...selalu menarik untuk di pelajari....
Leh uga trit ente bred
nice inpoh gan

Spoiler for foto bugil indonesia 18+:
ane selalu tertarik sama bahasan tentang luar angkasa kayak gini gan. makasih gan. btw alien mungkin memang benar-benar ada gan, meski belum pernah ada publikasi keberadaan mereka sama sekali. bisa dilihat dari batuan asteroid yang pernah jatuh ke bumi, di permukaannya ada fosil mikrobakteri. terus di peninggalan-peninggalan kuno kayak mural/ukiran di piramida atau lembaran papirus ada sosok asing yang sepertinya bukan manusia maupun makhluk dari bumi. beberapa gambar bahkan menunjukkan piring terbang yang tentu saja bukan pesawat di jaman kita karena jaman dulu mana ada pesawat.

kemarin sempat ada trit yang bahas soal kemungkinan adanya alien sih.
Kok agan kayak promosi film ya
bakal ane subscribe kalo mau dilanjutin gan
moga2 aja teknologi Nasa suatu saat bisa memotret kehidupan di luar sana.
ane penasaran, kira2 mirip kita apa ngga ya
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar