Pages


Jumat, 16 Oktober 2015

gitaris2 ini gak bisa baca notasi dan not balok, tapi awesome dahh

Sebagai musisi dunia, seharusnya sudah akrab dengan notasi musik. Soalnya, di dalam lagu pasti menggunakan notasi musik, yang dilambangkan dengan not balok atau angka.
Namun, membaca not balok bukan pekerjaan mudah. Terlebih, musisi dan gitaris ini kebanyakan belajar musik secara otodidak. Dan tentu saja bagi mereka, musik berasal dari pengolahan rasa, bukan olah mata. Nah, penasaran siapa saja mereka dan apa yang mereka ungkapkan dengan fakta ini?


John Lennon

Pentolan grup band legendaris dari kota Liverpool ini menjadi idola dunia pada tahun 70-an. Bahkan, pesona dan popularitas John Lennon dkk seakan tak lekang oleh waktu. Fakta menariknya, John ternyata tidak bisa membaca notasi lagu.
Quote:"Tidak ada dari kami yang bisa membaca (notasi) musik, tidak ada juga dari kami yang bisa menulisnya,"

ujar John saat diwawancarai majalah Playboy pada 1980.


Jimi Hendrix

Jimi Hendrix and The Experience menjelma jadi dewa gitar yang pernah hidup di bumi. Jimi sempat belajar dari para gitaris ternama, seperti Larry Lee dan James Nixon. Tak ayal, Jimi berhasil menjadi gitaris maha dahsyat. Jika tidak percaya, silahkan dengarkan Purple Haze dan Voodoo Child.
Meski dahsyat, ternyata pria bernama asli Johnny Allen Hendrix ini tidak bisa membaca notasi musik atau not balok.
Quote:"Sepenuhnya ia belajar otodidak, ketidakmampuan Jimi membaca notasi membuatnya lebih berkonsentrasi pada musik yang ia dengarkan," seperti di tulis di biografi resmi Jimi.


Eric Clapton

Eric Clapton berada di jajaran gitaris dunia yang melegenda. Eric sendiri tidak pernah belajar musik secara formal, alias ia belajar secara otodidak. Hal ini membuatnya tidak bisa membaca notasi musik. Ini baru diketahui ketika Eric menjadi bintang tamu di sebuah acara.
Quote:"Aku merasa sangat gugup, karena aku tidak bisa membaca musik, sedang mereka manggung dengan membaca kertas (notasi) musik," ujarnya.


Slash

Quote:ini Slash saat masih muda
Gitaris ini paling banyak diidolakan lantaran kepiawaiannya bermain gitar, baik saat bersama Gun n' Roses atau bersolo karir. Namun, Slash adalah salah satu satria bergitar yang tidak bisa membaca musik. Alih-alih ciut, Slash justru bangga karena tidak bisa membaca musik.
Quote:"Tidak, aku tidak bisa membaca musik," ujar Slash. Quote:"Aku bermain menggunakan telinga. Aku mencoba menciptakan dari apa yang aku dengar (kadang-kadang di dalam kepalaku) langsung menggerakkan tanganku bersama gitar," tambah Slash.


James Hetfield

Frontman Metallica ini sudah mengenal dengan gitar sejak masih kecil. Baginya, bermain gitar sudah seperti mainan sehari-hari. Tak ayal, kedahsyatan James Hetfield bersama gitar merupakan hal yang alami.
Tidak bisa membaca notasi sempat membuat James kesusahan juga, pasalnya ada momen ketika ia harus berkolaborasi dengan musik orkestra. Di dalam film dokumenter The Black Album, James mengaku tidak bisa membaca dan menulis not balok. Alhasil, ia pun harus memberi contoh nada lagu Nothing Else Matter kepada musisi orkestra yang diajak
berkolaborasi.



Dave Mustaine

Lahir dari keluarga yang hidup pas-pasan, Dave Mustaine harus pasrah saat tidak bisa mengikuti kursus musik. Meski begitu, Dave dan Megadeth berhasil membuktikan jika dirinya adalah salah satu gitaris terhebat.
Quote:"Aku belajar sendiri, sehingga tidak ada yang harus dipermasalahkan jika aku tidak bisa membaca (notasi musik)," ujarnya.


sumber:http://www.kacamatasejati.com/read/headline-news/2013/12/meski-buta-nada-musisi-ini-tetap-melegenda/

bleh donk minta
di yah

ada yg mau nambahin ?

Quote:Original Posted By trenis56
ane tambahi ya gan, semua itu salah gan merrka tidak bisa membaca not bukan berarti buta total namun mereka hanya tidak bisa mengharmonisasikan teori di setiap not berbentuk akord, so... Ngomongin otodidak
Ini yang sring menjadi kebanggaan di indonesia
Mereka mungkin memang bukan dari institusi musik tapi..siapa pembimbing mereka. ....dan perhatikan budaya musik itu dari mana dan dimana mereka berada
Ini yang sering orang salah paham gan, terutama james halfield frontman metalica, coba agan cari tau biografi resmi dari beliau, jangan liat sekedar quote quote saja
John frontman the B agan cari tahu lagi filosofi tentang beliau bagaimana proses belajarnya dalam bermusik. Jelas saja mereka bilang seperti itu karrna mereka tidak sepandai musisi klasik pada saat itu namun. ...!! Mereka paham progresi akort pengisian modus dalam setiap akort! !
Maaf ane hanya mau meluruskan tentang para musisi musisi yang di anggap otodidak, akhirnya banyak orang buntung ide untuk melanjutkan ilmu bermusiknya... Dan ending nya akan ada pembimbing.


Quote:Original Posted By kardonce
Talenta bermain musik itu anugrah, justru klo yg pd bs bc not balok basic nya ank kursus, mknya jrng musisi dunia yg jebolan kursus, dengan otodidak jati diri keluar, cara dia bermain gitar, pemilihan nada nya..knp slash, jimi hendrix, eric clapton dll d bilang dewa gitar, krn yg bs menciptakan nada seperti mereka ya cm mereka aj..mau musik nya ky apa dr karakter permainan ( ciri khas ), sound nya, lngsung tau oo si ini yg main..nah itu yg mahal d banding cm bs bc not balok..


john lenon keren gan
hebat bener ya bisa main musik tapi gak bisa bacq not balok
Quote:Original Posted By 303.red.303
john lenon keren gan


iyee gan
di donk gan
Quote:Original Posted By tyokira
hebat bener ya bisa main musik tapi gak bisa baca not balok


ya gan, pake pendengaran aja
ya gan
ga ada youtubenya gan
Quote:Original Posted By arie1972
ga ada youtubenya gan

ada kok
yah
awesome.....

gua jadi ingat thread kamfret yg bilang kalo anak band semacam harus ngerti not balok.... fuck yourself dina.permana...

Quote:Original Posted By Jihu
awesome.....

gua jadi ingat thread kamfret yg bilang kalo anak band semacam harus ngerti not balok.... fuck yourself dina.permana...



sebenarnya kalau bisa baca nada malah lebih bagus gan
ya gan
walahh ttnyata artis kelas dunia malah gg ngert not balok ya
Ternyata skillnya luar biasa ya
Yang penting prakteknya gan
Quote:Original Posted By andhine.licious
walahh ttnyata artis kelas dunia malah gg ngert not balok ya


pake feeling mereka gan
ya
Quote:Original Posted By si.juki
Ternyata skillnya luar biasa ya


Quote:Original Posted By Habybie
Yang penting prakteknya gan



benar gan
ya gan
Quote:Original Posted By yolandaime


Quote:Original Posted By yolandaime


Quote:Original Posted By yolandaime


gitaris kelas dunia emang beda gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar