Pages


Rabu, 28 Oktober 2015

Sepak Terjang Perusahaan Militer Swasta (PMC)

SELAMAT DATANG AGAN-AGAN SEKALIAN
SEMOGA THREAD KALI INI BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN


Quote:Perusahaan militer swasta (bahasa Inggris: Priivate Military Company, PMC) adalah perusahaan atau korporasi yang menyediakan jasa dan keahlian yang berhubungan dengan bidang militer atau bidang sejenisnya. Perusahaan seperti ini juga dikenal sebagai korporasi militer swasta, firma militer swasta, penyedia jasa militer, dan secara luas sebagai industri militer swasta. Jasa-jasa yang ditawarkan perusahaan militer swasta antara lain adalah jasa logistik, pelatihan militer, pertahanan, serta jasa keamanan.

Jasa PMC umumnya digunakan sebagai pendukung bagi operasi resmi suatu angkatan bersenjata, namun sering juga digunakan untuk pribadi, misalnya sebagai bodyguard atau pengawalan bersenjata. PMC merupakan lembaga sipil yang diberi wewenang kerjasama dengan unit-unit militer di dalam negerinya atau bahkan negara lain yang disetujui oleh departemen pertahanan. PMC biasanya dipakai pada area dengan konflik intensitas rendah, ketika pemakaian angkatan bersenjata penuh dapat merugikan secara ekonomi, diplomatik, atau politik. Namun, perusahaan-perusahaan ini juga bekerjasama dengan negara-negara untuk menyediakan pelatihan militer dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertahanan.



Perusahaan militer swasta misalnya menyediakan perlindungan untuk presiden Afganistan, membangun penjara di Guantanamo Bay, serta penerbangkan helikopter dan pesawat terbang untuk menghancurkan tanaman coca di Kolombia. Mereka juga mengoperasikan sistem intelijen dan komunikasi di United States Northern Command di Colorado, yang bertanggung jawab untuk merespon kepada serangan terhadap Amerika Serikat. Perusahaan-perusahaan ini juga melatih tentara dan militer di negara-negara seperti Nigeria, Bulgaria, dan Taiwan. Industri militer swasta sudah menjadi industri yang menghasilkan lebih dari $100 juta per tahun.


Spoiler for Konvensi Jenewa:

Perusahaan militer swasta juga dikenal dengan kontraktor militer swasta, namun istilah ini lebih ditujukan untuk seorang individual yang dipekerjakan atau dikontrak oleh perusahaan militer swasta.

Perusahaan militer swasta sering masuk dalam kategori yang sama dengan kontraktor pertahanan, namun kontraktor pertahanan lebih terfokus kepada penyediaan perangkat keras dan peralatan militer, serta tenaga manusia yang mendukung perawatan peralatan tersebut. Sedangkan perusahaan militer swasta menyediakan tenaga manusia yang terlatih secara operasional dan taktis, termasuk pengalaman bertempur.



Konvensi Jenewa Ketiga (GCIII) tahun 1949 tidak menyatakan perbedaan antara kontraktor pertahanan dan perusahaan militer swasta, konvensi tersebut hanya mendefinisikan kategori kontraktor persediaan. Bila seorang kontraktor persediaan dilengkapi kartu identitas lengkap dari angkatan bersenjata yang mempekerjakannya, mereka harus diperlakukan sebagai tahanan perang kalau tertangkap. Namun, apabila seorang kontraktor melakukan pertempuran, kontraktor tersebut dapat diklasifikasikan sebagai tentara bayaran. Kontraktor yang tertangkap sebagai tentara bayaran akan kehilangan haknya atas status tahanan perang.

Quote:Melalui Konvensi Jenewa 1949, dunia mencoba menggaris bawahi pengertian mercenary (tentara bayaran). Berikut kutipan Protocol Additional dari Geneva Convention (GC) pada tanggal 12 Agustus 1949 dan terkait dengan Protection of Victims of International Armed Conflicts (Protocol I), tertanda 8 Juni 1977.


Pasal 47
Tentara bayaran

Tentara bayaran adalah orang yang:

-direkrut secara khusus baik di dalam maupun luar negeri untuk bertarung dalam sebuah konflik bersenjata
-benar-benar mengambil bagian secara langsung dalam konflik-konflik
-mengambil bagian dalam konflik-konflik secara khusus untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan bahkan dijanjikan, oleh salah seorang pihak dalam konflik tersebut, kompensasi materiil yang berjumlah besar, melebihi jumlah yang dibayarkan kepada para pejuang yang berpangkat setingkat di angkatan bersenjata pihak tersebut.
-bukan berkewarganegaraan sama dengan salah satu pihak dalam konflik tersebut maupun penduduk suatu wilayah yang dikuasai salah satu pihak.
-bukan anggota angkatan bersenjata salah satu pihak; dan
-belum pernah dikirim oleh sebuah negara yang bukan salah satu pihak dalam konflik untuk melaksanakan sebuah tugas resmi sebagai bagian dari angkatan bersenjata ini.



Spoiler for Rekrutmen dan Gaji:

Dipulangkannya ribuan tentara AS dan Inggris dari pos-pos luar negeri, bubarnya AB Uni Soviet, dan menggunungnya senjata-senjata yang mereka tinggalkan telah membuat sejumlah Negara di liputi kegentingan. Potensi alam dari negara-negara yang di liputi kegentingan inilah yang selanjutnya diincar banyak Negara berpengaruh dan menjadi lahan dollar bagi PMC-PMC kelas dunia.

Dengan adanya perusahaan militer swasta, banyak laporan akan adanya eksodus dari pasukan khusus di seluruh dunia, masuk ke perusahaan militer swasta. Special Air Service Britania Raya, Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat, serta Joint Task Force 2 Angkatan Darat Kanada. dilaporkan telah kehilangan anggotanya yang keluar untuk bekerja di perusahaan militer swasta. Perusahaan militer swasta menawarkan gaji sampai $100.000 per tahun, yaitu dua sampai tiga kali lipat gaji anggota pasukan khusus di negara maju.



Pihak-pihak PMC yang kini banyak bertugas di berbagai wilayah konflik seperti; Balkan, Irak, Afghanistan, dan Afrika tak terlalu peduli dengan segala resiko dan konsekuensi yang harus mereka tanggung. Mereka bahkan tak takut kehilangan nyawa, karena sejak awal, mereka telah menyepakati akan menanggung seluruh konsekuensi dari profesi tersebut. Ini juga mereka terima karena mereka sadar dengan kondisi pekerjaan yang menjadi spesialisasi mereka.



Di antara spesialisasi pekerjaan PMC adalah; penyelenggaraan pelatihan tentara/polisi, pengawalan VVIP, pengamanan konvoi kendaraan, analisis Intelijen, perawatan pemeliharaan alat utama sistem senjata, penyiapan markas militer, dan menjadi operator pengiriman logistik militer.


Spoiler for David Stirling, Sang Penemu:

Meskipun tentara bayaran telah ada kurang lebih sejak perang diciptakan, penciptaan perusahaan militer swasta modern biasanya dihubungkan dengan Kolonel David Stirling. Stirling adalah Perwira Skotlandia dan seorang militer yang terampil.Bahkan sebelum ia mulai berkecimpung dalam bisnis tentara bayaran, ia telah menciptakan sesuatu yang disebut SAS, yang mungkin agan kenal sebagai salah satu yang paling elit unit pasukan khusus di dunia.



Setelah Stirling meninggalkan dinas kemiliterannya setelah Perang Dunia II, ia pindah ke Afrika dan mendirikan Capricorn Afrika, sebuah gerakan masyarakat untuk mendukung keharmonisan antar ras disana. Namun, takdir telah memilih jalan lain baginya. Tak lama, ia mendirikan Watchguard International Ltd, sebuah perusahaan komersial yang membantu unit keamanan kereta api untuk negara beberapa negara Arab dan Afrika. Watchguard, didirikan pada tahun 1960, biasanya dihubungkan sebagai perusahaan militer swasta modern pertama di dunia.


Spoiler for Blackwater:


Blackwater USA adalah korporasi militer swasta yang terdiri dari lima perusahaan:
Blackwater Training Center, Blackwater Target System, Blackwater Security Consulting, Blackwater Canine (K-9), dan Blackwater Air (AWS). Blackwater memiliki fasilitas pelatihan lengkap di North Carolina dipimpin Gary Jackson yang merupakan mantan NAVY SEAL. Blackwater di kalangan pengguna Amerika Serikat sudah dikenal sangat luas. Blackwater banyak membantu Departemen Pertahanan AS, Departemen Luar Negeri AS dan Departemen Transportasi AS. Termasuk perusahaan-perusahaan raksasa di Amerika Serikat dan negara-negara sahabat Amerika Serikat di seluruh dunia.



Dalam kontrak sesuai keahliannya, Blackwater bertanggungjawab untuk menjadikan pemesan memiliki kecakapan dalam tugasnya. Untuk mempertinggi kepercayaan pelanggan terhadap Blackwater, di North Carolina dibangun fasilitas lengkap pelatihan yang disebut Blackwater Academy. Terdiri dari sejumlah lapangan tembak indoor maupun outdoor seluas 24 km persegi.



Pada Maret 2004, Blackwater menerima kontrak mengawal pengapalan makanan ke Fallujah, Irak, di mana kemudian empat orang dari mereka diserang dan terbunuh di Fallujah.
Blackwater merupakan perusahaan yang merangkap sebagai mitra CIA dalam peperangan. Termasuk di Timur Tengah.




Spoiler for DynCorp:

DynCorp, perusahaan kontraktor militer swasta (PMC) yang bermarkas di Reston Virginia Amerika Serikat (AS) ini memiliki unit-unit usaha yang tidak hanya berbau operasi bersenjata. Diantaranya siap menerima kontrak pemeliharaan pesawat-pesawat milik angkatan udara bahkan menerbangkannya. Seperti halnya yang dilakukan di Kolombia.




Sedangkan soal pengawal bersenjata, pada tahun 2004 DynCorp mengirim para pengawal bersenjata (armed bodyguards) ke Afganistan untuk melindungi presiden Hamid Karzai. Untuk order ini mereka menerima bayaran dari kantor State Departement AS. Pada 15 Oktober 2003, tiga operator DynCorp terbunuh dalam serangan bom di Jalur Gaza. Saat itu mereka bertugas sebagai pengawal diplomat AS. Perusahaan ini memiliki 23.000 personel karyawan.




Perusahaan ini memang bisa mengerjakan segala macam kontrak yang berkaitan dengan keamanan yang akan dikerjakan oleh contract field teams (Tim Kontraktor lapangan). Khususnya guna mendukung militer AS. Mereka dilibatkan di Bosnia Herzegovina, Somalia, Angola, Haiti, Kolombia, Kosovo dan Kuwait. Di Afghanistan selain mengawal Karzai, DynCorp juga melatih polisi lokal setempat. Mereka juga aktif di Provinsi Chapare, Bolivia dengan tugas memberangus ladang kokain. Dengan kata lain DynCorp merupakan satu dari 25 PMC yang dipercaya pemerintah AS.



Pada Maret 2003, Dyn Corp memperoleh suntikan dana (diakuisisi) dari PMC terbesar, Computer Sciences Corporation (CSC) sekitar 914 juta dolar AS. Pada saat diambil alih, DynCorp memiliki 26.000 karyawan dan 95% kontrak-kontrak dengan pemerintah AS.


Spoiler for RQ (Related Questions):

*
Di mana perusahaan militer swasta / tentara bayaran mendapatkan peralatan dan senjata mereka ?

Baik yang disediakan oleh perusahaan PMC itu sendiri (seperti yang Blackwater biasa lakukan) yang berasal dari pasar gelap, seperti agan pernah dengar "this is America, we can buy anything" atau mereka mengeluarkan daftar senjata itu dan disetujui pemerintah.




*
Apakah ada perbedaan antara kontraktor dan tentara bayaran?

Mungkin ada yang bingung, kontraktor apa bedanya dengan tentara bayaran. Tidak ada istilah yang pasti, walaupun diatas sudah dijelaskan.

"Kontraktor "adalah istilah umum sementara " tentara bayaran " artinya lebih spesifik. Sebuah pemerintahan dapat mengadakan kontrak dengan" kontraktor " untuk berbagai layanan yang berkaitan dengan operasi militer. Sementara, seorang tentara bayaran merupakan jenis yang lebih spesifik dari kontraktor, yaitu, seorang individu yang disewa khusus untuk menjadi prajurit tempur dan hal itu hanya untuk uang, tanpa memperhatikan loyalitas yang dan kesetian pada pihak mana mereka harus bertempur.

*
Saya mau jadi tentara bayaran gan, dan bekerja di PMC, bagaimana caranya?

Kunjungi website nya, biasanya terdapat email mereka, coba dikirim via email. Mereka bukanlah pasukan 'top secret' tapi sudah dikenal dunia, Kemungkinan akan diterima lebih besar jika agan seorang anggota angkatan bersenjata apalagi dari pasukan elit TNI atau POLRI. Tapi yakin mau berkhianat?


Quote:
Demikianlah, tanpa diketahui banyak orang PMC memang telah menjadi salah satu perusahaan kelas dunia yang paling sukses dan memikat disamping prostitusi dan judi. Uang tidak saja mengalir pada si empunya perusahaan, tetapi juga pada karyawannya. Seorang mantan prajurit kesatuan elite yang bekerja di salah satu PMC misalnya, mengaku terperangah dibayar 14.000 poundsterling tiap bulan. Bagi dia, ini berarti tujuh kali lipat dari gaji bulanan yang ia terima saat masih bekerja di kesatuan militer.

Walaupun begitu, banyak juga peran yang dipikul PMC, di satu sisi mereka adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pengawalan dan operator instalasi megaproyek militer. Namun pada dasarnya, mereka tidak lebih dari perpanjangan tangan negara-negara besar yang memiliki banyak kepentingan. Mereka juga seolah tak peduli akan kehadiran mereka pada negara yang selalu dirundung konflik.


Quote:SEGITU SAJA YANG BISA SAYA BAGIKAN. KALAU ADA SALAH DAN KEKURANGAN MOHON DIMAAFKAN. MUNGKIN JUGA SUDAH PERNAH ADA YANG MEMBAHAS, ATAU SALAH KAMAR
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA

JANGAN TAPI SAYA TIDAK MENOLAK

Sumber : ListverseWikipediaQuora


Spoiler for BONUS : MERCENARIES:
RESERVED
ane mau jadi tentara bayaran gan :
daftarnya gimana yah
Blackwater dah ganti nama jadi The Academi
ada yang ahli senjata biologis juga sepertinya....jadi bomb s*eks
*liat gambar terakhir
Kaya assasin gitu ya gan ? kalau perusahaan swasta yg ngebuat senjata itu termasuk juga ga gan ?
Quote:Original Posted By didntcare
ane mau jadi tentara bayaran gan :
daftarnya gimana yah


Wah, beresiko gan. Paling tidak agan juga punya pengalaman sebagai anggota angkatan bersenjata.
gan, kerjaan ny bener2 antara hidup dan mati yah gan. kyk di film2 aj
keren yaaaa
Manteeeeeep bener gan, akhirna request PMC beneran dibikin lho... PMC mank keren2 bngt kya di film A-Team itu, sayang di Indonesia blom ada ya gan...
Quote:Original Posted By trunkz.14
Manteeeeeep bener gan, akhirna request PMC beneran dibikin lho... PMC mank keren2 bngt kya di film A-Team itu, sayang di Indonesia blom ada ya gan...


Oh gan yang req ya? Saya lupa ID nya yang req, pokoknya ada yang req seingat saya, makanya saya buat. Ada juga sih setahu saya jasa pengamanan menggunakan senjata tapi jarang dipublikasikan, dan biasanya pengamanan menggunakan senjata kebanyakan dilakukan oleh anggota dari organisasi itu sendiri (baca : anak buahnya yang bersenjata)
Nyimak dolo gan
Quote:Original Posted By trunkz.14
Manteeeeeep bener gan, akhirna request PMC beneran dibikin lho... PMC mank keren2 bngt kya di film A-Team itu, sayang di Indonesia blom ada ya gan...


Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menyatakan penggunaan jasa pengamanan pribadi (swakarsa) yang membawa alat paksa atau senjata harus mengantongi izin dari petugas kepolisian bagian bimbingan masyarakat (Bimas).

"Petugas pengamanan sendiri membawa alat paksa harus terdaftar," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar di Jakarta, Selasa.

Baharudin mengatakan kepolisian memberikan pengawasan terhadap penggunaan jasa pengawalan dan pengamanan pribadi.

Jasa pengamanan itu, antara lain satpam, petugas keamanan dalam, hansip, satuan polisi pamong praja, serta pengawal pribadi yang membawa senjata api.

Baharudin menyatakan lembaga maupun orang yang mengajukan jasa pengamanan harus minta izin dan melampirkan surat tugas, serta terdaftar di kantornya.






"Kemudian polisi akan menseleksi orang yang akan memberikan pengawalan melalui pelatihan," ujar perwira menengah kepolisian itu.

Terkait adanya jasa pengawalan pribadi secara ilegal, Baharudin menyatakan hal itu diperbolehkan, namun tidak boleh melakukan tindak pidana termasuk membawa senjata api maupun senjata tajam.

"Jika terbukti membawa senjata (alat paksa) akan dikenakan undang-undang darurat," kata Baharudin.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan memerintahkan pengawalan terhadap pemohon jasa pengamanan pribadi berdasarkan surat perintah

Mantep om, keluar jga trit PMCna...
Keren2 bngt klo PMC itu ya...
Apakah yg dipakai ama artis2 terkenal hollywood itu ya PMC ini?
Quote:Original Posted By trunkz.14
Manteeeeeep bener gan, akhirna request PMC beneran dibikin lho... PMC mank keren2 bngt kya di film A-Team itu, sayang di Indonesia blom ada ya gan...


Quote:Original Posted By kenshin.14
Mantep om, keluar jga trit PMCna...
Keren2 bngt klo PMC itu ya...


Yang kemarin req sebenarnya siapa, ya? Haha
Okelah, yang penting sudah jadi. Semoga bermanfaat.
Quote:Original Posted By maranima
Apakah yg dipakai ama artis2 terkenal hollywood itu ya PMC ini?


Itu sih, Penske Media Corporation, ya?
Quote:Original Posted By mr.sirait




Yang kemarin req sebenarnya siapa, ya? Haha
Okelah, yang penting sudah jadi. Semoga bermanfaat.


Ah si om skill intelejenna kurang ni... Kuduna bisa analisis dunk sapa request, sama apa ga orngna...
Tpi keren om, ane mank dri dlu demen bngt ma PMC, sipil tpi skill setara militer, ya krna beberapa mantan militer ya om... Trus biasana pake mobilna Opel or Chevrolet Blazer tu om klo PMC...
Quote:Original Posted By mr.sirait


Itu sih, Penske Media Corporation, ya?


Oh jadi beda lagi ya gan

Gajinya 2-3X lipat pasukan khusus di negara maju
Widih tentara bayaran ternyata...di indonesia belom ada yak jasa seperti ini?
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar