Pages


Jumat, 30 Oktober 2015

Benarkah Kita Dapat Melihat Sosok Astral Dari Cermin ?

SELAMAT DATANG AGAN-AGAN SEKALIAN
SEMOGA TULISAN KALI INI DAPAT BERMANFAAT DAN MENAMBAH WAWASAN

TERIMA KASIH KASKUS DAN PARTISIPASI KASKUSER SEHINGGAT JADI HT




Quote:
Apakah agan pernah mendengar mengenai cerita Bloody Mary? Legenda urban yang berasal dari Amerika, jika agan berdiri di depan cermin, sendirian, dalam gelap, dan mengatakan "BLOODY MARY, BLOODY MARY, BLOODY MARY" dan kemudian (diduga) seorang wanita muncul di cermin. Lalu ia akan melukai wajah agan. Jika itu nyata, maka hal tersebut haruslah dilarang.



Ada juga yang mengatakan bahwa jika kita melihat wajah kita di cermin dalam ruangan yang gelap kita (diduga) bisa melihat sosok astral yang konon katanya menjaga kita. Benarkah hal tersebut? Saya tidak akan mengatakan benar atau tidak, itu semua tergantung bagaimana agan percaya atau tidak. Saya hanya akan mencoba menggali mengenai hal tersebut berdasarkan sains (explained by science).


Spoiler for Caranya:

Ada berbagai macam cara yang pernah disebutkan orang mengenai bagaimana melihat sosok astral dari cermin. Yang saya sajikan disini adalah versi Mindhacks.

Untuk memicu ilusi tersebut yang agan butuhkan adalah menatap refleksi diri agan sendiri pada cermin di ruang remang-remang (maksudnya sedikit pencahayaan ya gan, bukan warung remang-remang ). Penulis sekaligus psikolog Italia, Giovanni Caputo, menjelaskan bahwa tempat yang baik untuk memicu ilusi tersebut adalah, agan membutuhkan ruang yang hanya diterangi lampu redup (ia menyarankan bohlam 25W kebawah), sedangkan agan menatap ke dalam cermin besar yang ditempatkan sekitar 40 cm di depan agan.



Agan hanya perlu menatapnya kurang lebih 1 menit (ada versi bermacam-macam mengenai durasi), ada juga yang mengatakan agan harus melihat diantara kedua mata agan, lakukan seperti yang agan nyaman saja, biasanya setelah hampir satu menit agan akan merasa melihat keanehan pada wajah agan.


Spoiler for Penelitian:

Penelitian pernah di ujicoba-kan kepada 50 orang.

Ketika telah dicoba selama kurang lebih 10 menit, peserta diminta untuk menulis apa yang dia lihat di cermin. Muncul deskripsi sangat berbeda di seluruh peserta dan termasuk: (a) perubahan bentuk pada wajahnya sendiri yang menjadi membesar (dilaporkan oleh 66% dari lima puluh peserta); (b) ada yang melihat wajah orang tua mereka (18%), di antaranya 8% masih hidup dan 10% sudah meninggal; (c) orang yang tidak dikenal (28%); (d) wajah seperti seorang wanita tua atau anak-anak (28%); (e) wajah hewan, seperti kucing, babi, atau singa (18%); (f) makhluk fantastis dan mengerikan (48%).



Caputo mengatakan bahwa efek dramatis mungkin disebabkan oleh kombinasi dari penyimpangan dasar penglihatan manusia yang mempengaruhi sistem penafsiran pada wajah-wajah tertentu. Inilah sebabnya mengapa kita bisa 'melihat' wajah di awan, pohon, atau bahkan dari hanya dua titik dan garis. Otak selalu 'mencari wajah' dan ada kemungkinan bahwa kita memiliki sistem deteksi wajah khusus untuk memungkinkan kita untuk mengenali individu yang wajahnya benar-benar hanya berbeda sedikit dari wajah dari orang lain.



Menurut pendapat Caputo, ilusi ini mungkin disebabkan oleh fluktuasi atau ketidakseimbangan tingkat rendah dalam stabilitas penglihatan mata kita, hal tersebut dapat membuat apa yang kita lihat bisa membuat kita melihat wajah.


Spoiler for Troxler Effect:

Sekarang coba agan tatap tanda + pada gambar dibawah ini selama 30 detik.


Setelah kurang lebih 30 detik, gambar lingkaran ungu disekeliling tanda + akan menghilang, jika tidak, silahkan agan coba lagi, mungkin agan salah menatapnya.

Fenomena Bloody Mary dan makhluk astral di cermin diduga disebabkan oleh hal yang sama dengan troxler effect ini.
Jika agan menatap sebuah objek tanpa bergeming, lama kelamaan pandangan agan pada objek tersebut akan terdistorsi dan berubah seperti efek blur. Sewaktu agan fokus pada tanda +, lingkaran ungu disekitar nya menghilang setelah 30 detik. Dan jika agan menatap wajah agan sendiri dicermin apalagi diruangan yang kurang pencahayaan, kemungkinan besar setelah beberapa lama seluruh wajah agan akan terdistorsi dan menjadi kabur.



Ketika wajah agan sudah terdistorsi (menghilang), saraf-saraf pada bagian otak kita yang berfungsi untuk mengenali bagian-bagian khas wajah manusia (yang membuat kita bisa membedakan wajah orang), secara otomatis akan berusaha mengirimkan informasi untuk mengisi "kekosongan" pada wajah dicermin.

Efek dari perubahan dari pengelihatan agan juga tergantung oleh keadaan sekitar agan (seperti pencahayaan dan jarak serta besarnya cermin) dan bagaimana keadaan mental dan kejiwaan agan saat melakukan permainan ini. Jadi dilihat dari sisi ilmiah, inilah menyebabkan fenomena tersebut terjadi. Apakah agan percaya atau tidak itu kembali kepada agan, bagaimana menyikapinya


Quote:SEGITU SAJA YANG BISA SAYA BAGIKAN. KALAU ADA SALAH DAN KEKURANGAN MOHON DIMAAFKAN.
MUNGKIN JUGA SUDAH PERNAH ADA YANG MEMBAHAS, ATAU SALAH KAMAR
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA

JANGAN TAPI SAYA TIDAK MENOLAK

Sumber Mindhacks
Workaholic


Spoiler for Bonus : Wanita Dalam Cermin:

Itulah kenapa ane kadang suka ngeri ama cermin
Spoiler for Komentar-komentar:

Quote:Original Posted By rainstormblues
hmmm...ane waktu kecil suka ngeliatin muka sendiri di cermin dan emang wajah ane jadi terlihat menyeramkan tapi pas berkedip jadi normal lagi


Quote:Original Posted By kamujahat21
Apa yg ada dihadapanmu hanyalah sebuah ilusi


Quote:Original Posted By soktempe
lah itu bener gan yang tanda ungu jadi ilang. ane fokus liat tanda +
kalo ane abis mandi lngsung bercermin, biar gmpang nyisir rmbt


Quote:Original Posted By simsimaa
ane pernah tuh gan,mau tidur ane minum air putih liat cermin kamar ane cm ad lampu tidur.
ane langsung kaget kyk bukan ane yg dicermin


Quote:Original Posted By tree-stroke
Ternyata ada penelitiannya.. juga ya gan....


Quote:Original Posted By dinot123
Ane pernah kaget gan pas ngeliat kaca ada cewe telanjang..
Eh ngga tau nya itu kaca jendela kamar mandi tetangga ane


Quote:Original Posted By kefett
otak selalu "mencari wajah" wah kyaknya bner tu,ntah sayur buah atau ada bencana(foto) msti wajah yg dicari


Quote:Original Posted By inggridpratiwi8
Mungkin saja bisa ... kalau kita merenung terus didepan cermin nanti akan kebayag sosok yang sangat jahat ... mugkin saja itu bukan mahkluk astral tapi memang setan yang ada dalam diri kita selama ini ... keluarkan setan itu !


Quote:Original Posted By enDesAndRo
Ane blum pernah nyobain gan.. Soalnya ane takut pas liat cermin ternyata muka ane jd berubah ke wujut aslinya klo ane sbenarnya masih kembaran 'Jony Depp'


Quote:Original Posted By arbreyyy
hmmmm seperti itu
pernah nyoba sih gue emang mukanya kyk jadi aneh apalagi kalo lebih dari 1 menitan gitu :belumtidur


Quote:Original Posted By inushiro
ane pernah, di kondisi siang waktu itu depan cermin, samping cermin ada jendela terbuka, jadi suasana terang waktu itu, pas lihat cermin tau2 ada pantulan di belakang sosok kaki sampai pinggang aja jalan ke arah ane, bukan wajah ya gan, cuma setengah badan


Quote:Original Posted By limrendi
ngeri nih dari dulu. ane kalo sikat gigi aja ga berani liat kaca di depan ane, nunduk. haha. trus cara kerja mata kita juga kadang suka aneh, kalo kelamaan ngeliat sesuatu bisa berubah.


Quote:Original Posted By 77bluemoon77
Ane tadi liat wajah ane lewat cermin. Fokus kira-kira 10 detik. Hasilnya wajah ane keliatan berubah serem gan...

Efeknya memang masuk akal. Tapi bukan berarti wajah kita berubah beneran gan...


Quote:Original Posted By Moleen
good explained gan..keren jd ada alasannya secara ilmiah..


Quote:Original Posted By alpenmanis
ini mah tergantung pikiran aja gan,,kemana pikiran kita disitulah kebawanya..


Quote:Original Posted By maskman13
ane kalo tidur lampu matiin cermin ane tutupin,suka ngeri ntar bangun tiba2 ada sesuatu lgi,
btw baru ane liat 20 detik Ungu2nya langsung ilang


Quote:Original Posted By FarroZ
apakah dengan menatap lama ke cermin tersebut juga mengakibatkan otak mmenjadi kosong dan seketika itu juga maka akan diisi oleh pikiran yang mengerikan


Quote:Original Posted By 7Side
anjrit Troxler Effect keren jugak yak...


Quote:Original Posted By yuniepunya
Otak menciptakan karakter yang mungkin paling kita takuti. Karena sugesti.. Apalagi menatap wajah kita sendiri di cermin, klo ane, itu menakutkan


Quote:Original Posted By rizkahgn
ane kalo liat diri ane lama lama kaya ngeliat kunti kalo ane ngga kedip kedip kadang ane ngeliat ke cermin ane kaya melotot padahal ane cuma diem wkwk ane ngeliat kecermin jaraknya 2 meter lebih lah


Quote:Original Posted By St.Love
efek perubahan dr penglihatan itu berbeda2 krn menurut ane tergantung dr itu org melihat barang/mahluk/apapun itu sebelumnya. semacam sugestinya..

jd klo tu org liat kucing trs sblm melakukan percobaan, maka pada saat percobaan dia seakan2 melihat bayangan kucing tsb... bgtu jg klo agan mgkn malemnya nonton film horror terus2an sampe pagi. trs malemnya agan coba liat cermin di remang2, yg terjadi mgkn akan ada penampakan susana atau apapun sesuai yg agan tonton..

menurut ane sih seperti itu gan *cmiiw

oiya yg gambar + bulet2 itu klo di mata ane ga sampe 10 detik pd ilang bulet2 pink nya n berubah jd cm 1 buletan ijo..

sama gak gan?


Quote:Original Posted By r.a.c.n
Gak heran ikan cupang liat cermin ngamuk-ngamuk ya gan


Quote:Original Posted By sakawuni
saya biasanya malem2 make cermin berani gara2 baca cerita beginian malahj sekarang gak berani
ada satu cermin besar dalam kamar saya terpaksa say tutup kain kalo gak dipakek


Quote:Original Posted By Allundra
boleh juga nih, keren nih...
nyobain aahh

blom lama ini jg ada thread ky begene neh, tp gak dibahas lengkap dr sisi psikologisnya


Quote:Original Posted By rendyconan
ane liat cermin biasa aja menurut ane kalo ada sosok mungkin ada kemungkinan si hantu emang keliatan atau emang si orang tersebut lagi mikirin hal serupa jdi dia pikir yang dia liat itu hantu


Quote:Original Posted By ms.tata
Bagus ini inponya...
Duluu waktu kecil pernah liat cermin buat sisiran tp mlh ada sis kunti nya di pojokan kmr.

So, ane g mw praktekin gan.. serem sendirian pula dirumah


Quote:Original Posted By jatishop.com
Ane tiap hari juga liat mahkluk di cermin gan. Tiap ane ngaca pasti lihat orang mirip banget kayak ane. Tapi tangan, mata, kakinya ketuker-tuker. Yang kanan jadi kiri, yang kiri jadi kanan.


Quote:Original Posted By jason.james
jadi kalo udah sekitar kurang lebih 30 detik, pantulan wajah kita akan kabur dan otak berusaha menemukan "wajah" lainnya
oke fix mulai sekarang tutupin cermin gede pake poster ato apa gitu


Quote:Original Posted By Vinz1306
Kalo menurut ane jgn percaya gituan gan, makanya pake cermin seperlunya aja, ga usah coba" penelitian begitu
Lagian udah ke sugesti juga kalo udah diniatin mau liat sesuatu di cermin


Quote:Original Posted By Okutet
iya gan..
hilang lingkaran bola di sekeliling tanda plus.
kok bisa ya?
herman saya


Quote:Original Posted By memetrivaldo
ane udah pernah nyoba gan,
natap cermin, fokus di titik aura kita (dahi antara mata)
anjer serem gan muka ane berasa muter2 ngeblur gitu


Quote:Original Posted By tantonapster
ane kalo liat liat ke cermin lama2 kok ada seperti sinar yang nylubungin badan ane ya gan.mula2 dari kepala terus amp badan.tu napa ya gan?


Quote:Original Posted By earth.to.sky
klo lama lama ngaca suka serem gan,apalagi klo sok sok-an mata pelan pelan dipelototin,lama lama makin serem sendiri
btw,kadang ane suka liat kaya sekelebatan lewat di belakang ane di cermin gan,halusinasi kah?


Quote:Original Posted By thedregen
kebanyakan nonton film horror
. . .
apalagi klo ada yg berkaitan dengan cermin
. . .
membuat kita jadi parno
. . .
dan otak kita tersugesti bahwa dengan cermin mungkin bisa terlihat mahluk astral.


Quote:Original Posted By Baringbing
Itulah kenapa ane kadang suka ngeri ama cermin


Ah sial, gagal pejwan
Quote:Original Posted By mr.sirait


Ah sial, gagal pejwan


Wkwkwkwk maap kakak
Mmm, ane rasa ga bisa gan diliat pake cermin. Drakula aja kalo ngaca ga ada bayangannya.
Nice thread gan
Sepertinya pernah...melihat sosok astral di kaca jendela (bukan cermin).
Klo pas lagi ngelamun atau blank mgkn lebih cepat terdistorsi ya penglihatannya
Quote:Original Posted By Baringbing


Wkwkwkwk maap kakak


Kadang-kadang memang kalau lagi natap cermin tidak mau lama-lama ya, apalagi cermin kamar mandi
Quote:Original Posted By mr.sirait


Kadang-kadang memang kalau lagi natap cermin tidak mau lama-lama ya, apalagi cermin kamar mandi


Apalagi kalo malem
Quote:Original Posted By Baringbing


Apalagi kalo malem


hmmm...ane waktu kecil suka ngeliatin muka sendiri di cermin dan emang wajah ane jadi terlihat menyeramkan tapi pas berkedip jadi normal lagi
Quote:Original Posted By rainstormblues
hmmm...ane waktu kecil suka ngeliatin muka sendiri di cermin dan emang wajah ane jadi terlihat menyeramkan tapi pas berkedip jadi normal lagi


Wajah saya juga, gan. Memang menyeramkan setelah saya lihat baik-baik, hehe
Ane malah ga berani liat kaca pas gelap
Bener gan kata orang dulu syaratnya harus botakin rambut sama alis trus ente liat ke cermin lagi
bisa gan
bisa gila
Wahhh... bahaya juga ye gan..
berarti jangan lama2 ya ngeliatin cermin gitu ya gan..
Segala sesuatu yang berlebihan mang tidak baik
ga brani liat cermin kalau ga idupin lampu gan
saya tidak tahu, jika bercermin saya terlihat tampan

mungkin bawah saya makhluk astral
ralat:
bawah saya tidak ada orang lagi berarti ini saya GEMBOK


salam TAMPAN
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar