Pages


Selasa, 15 Desember 2015

Birokrasi, Kenapa Harus dibikin Ribet?





BIROKRASI DI INDONESIA: HARUSNYA BISA
GAMPANG TAPI DIBIKIN RIBET GAN

Quote:
Buat agan-agan yang udah dewasa pasti sering nih urus ini-itu di kantor pemerintahan.
Masih sering ngerasa dipersulit nggak sih gan?
Di thread ini ane bakal ngebahas ciri-ciri pelayanan publik di kantor pemerintah gan.
Ane nggak menutup mata kok gan kalo pelayanan publik sekarang udah lebih baik.
Cuma kita harus akui di beberapa tempat, praktik minus ini masih terjadi.
Jadi harapan ane, semoga aja thread ini sampe ke pejabat-pejabat pemerintah
sehingga mereka mau benahi pelayanan publik mereka.

Amiiiinnnn.




Ini dia gan ciri-ciri kalo kita lagi ada urusan ke kantor pemerintahan.

Quote:
1. Gak jadi-jadi dengan berbagai alasan



Sumber foto

Ini nih yang agan-agan pasti rasain kalo lagi berurusan sama kantor pemerintahan.
Contoh paling nyata kalo lagi urus KTP di Kelurahan gan.
Misalkan agan dateng siang nih sekitar jam 2. Besar kemungkinan tuh gan,
agan kagak dilayanin dengan alasan “masih istirahat siang mas…”, atau nggak alasan yang lain,
“udah kesiangan mas. tanggung udah mau pulang, besok balik lagi aja…”
Laahhh enak bener kayak kita gak punya kesibukan laen gan disuruh balik besok lagi.
Lagian jam 2 kan masih waktu kerja pakkk.



Quote:
2. Diping-pong



Sumber foto

Kalo yang ini bener-bener ngeselin gan. Kita dioper-oper alias diping-pong ke sana kemari.
Kita disuruh ke meja satu abis itu ke satunya lagi, trus ke satunya lagi dan ke satunya lagi.
Gitu aja terus sampe mimin beruban
Kalo lagi diping-pong gini ane sering ngerasa mereka nggak tau jobdesk
masing-masing gan. Jadi aja dah karena nggak mau pusing kita dilempar ke orang laen
supaya mereka nggak ribet. Bahkan ane pernah gan lagi urus KTP di Kelurahan,
ane diping-pong disuruh ke kecamatan!
Buseh dah ping-pongnya gak tanggung-tanggung udah beda tempat.



Quote:
3. Bolak-Balik Dokumen kurang



Sumber foto

Nah, ini juga penyakit lama kantor pemerintahan nih gan. Setiap kita dateng mau urus sesuatu,
sambutan awalnya bisa jadi “dokumen anu mana??”. Secara pribadi sih ane gak masalah
kalo balik lagi terus ambil kekurangan dokumen. Namanya juga ane yang salah kan ye kan?
Cuma yang jadi masalah di kantor pemerintahan tuh nggak pernah dijembrengin
secara lengkap syarat-syarat apa yang harus kita bawa.
Padahal kan itu informasi publik yah. Kita harus aktif sendiri gan tanya-tanya
syarat apa yang perlu kita bawa, jadi perlu bolak-balik sih.
Tentunya hal itu akan memakan waktu juga buat kita-kita yang sibuk ini

Nih, gan agan juga bisa cerita pengalaman agan yang pernah minta
data-data informasi publik ke kantor pemerintahan di link ini.



Quote:
4. Menunggu tiada akhir



Sumber foto

Kalo ini udah pasti pernah dialamin agan-agan pas ngurus sesuatu di kantor pemerintahan.
Kita disuruh nunggu gak jelas sampe kapan gan!
Ane paham sih banyak dokumen yang harus diperiksa sama petugas
sehingga butuh waktu buat nunggu.
Cuma yang ane bingung ini kan udah jadi penyakit lama.
Masa nggak ada pembenahan sih dari dulu? Sekarang kan udah jaman online yah.
Harusnya kalo kantor pemerintahan bisa adopsi teknologi ini pasti semua bisa serba cepat,
nggak membuat masyarakat nunggu lama lagi.

Coba cek link ini gan, kepolisian udah bikin sistem online buat urus SIM.
Kabar baik nih! Yang pernah urus SIM online bisa ceritain pengalaman agan di situ.


Quote:
5. Uang berbicara



Sumber foto

Ini dia gannnn ciri khas utama birokrasi Indonesia. Semua bisa beres kalo ada pelicinnya alias uang.
Jatohnya pungutan liar (pungli) nih gan. Ane dulu pernah urus SKCK di kepolisian gan.
Setelah ngeprin tuh surat yang emang cuma SELEMBAR, polisinya bilang “Rp 50 ribu mas buat biaya ngeprin…”.
Wkwkwkwk antara kesel dan pengen ketawa gan.
Ngeprin apaan coba Rp 50 ribu? Di kang fotokopi deket kampus2
mah ngeprin Rp 50 ribu udah bisa dapet skripsi gan!
Kayaknya pak polisinya harus cari alasan yang lebih tepat, misalkan buat bayar listrik komputer *lah
Nih buat yang pernah nyogok pas urus SIM, blak-blakan aja di sini.




Quote:
Sekian gan unek-unek ane soal birokrasi Indonesia.
Kalo agan-agan mau nambahin sesuai pengalaman pribadi komeng aja di bawah.
Sebagai bentuk rasa cinta kita ke Indonesia supaya pelayanan publik di negara ini jauh lebih baik.


ADA VIDEO PARODI NIH GAN SOAL RIBETNYA BIROKRASI.



Kalo petugas kantor pemerintahan masih
kayak video di atas sih udah kebangetan bangett

Biasanya pengen dikasih uang dulu tapi gengsi kayanya
Dan semuanya benar adanya

Tak heran jika orang asing bilang bahwa
"Negrimu seperti vampir, makan darah saudaranya"

Edit: ada tambahandari BUAT ELU ELU SEMUA

Quote:Original Posted By kandang.naga


Sekali lagi gua harus bilang bahwa ciri ciri di negara dunia ketiga seperti Indonesia yang katanya sedang berkembang itu selalu begitu (meski sebagian kecil sudah ada yang mulai professional). Ini negara korup...Negara dengan mental paling bobrok. karena sistem di atasnya juga emang bobrok dan dikelola oleh orang orang GOBLOK.

Kejadian menjijikan seperti apa yang dungkapkan oleh TS semata mata tujuannya adalah komersialisasi yang diterapkan secara massal dan sistematik. Ini sudah menjadi seperti kebiasaan yang dianggap lazim.

Mau ngurus sesuatu kalo mau cepet ya pake duit...Kalo gak pake duit ya dipersulit. yang seharusnya gak usah bayar maka akan dicari celahnya untuk dijadikan usaha sampingan. Kejadian seperti itu seringnya terjadi di level KELURAHAN, KECAMATAN, hingga KABUPATEN.

Seolah mereka para pegawai menganggap masyarakat Indonesia itu adalah orang orang bodoh semua yang bisa terus menerus dibodohi oleh aturan aturan brengsek yang mereka buat sendiri. Dari mulai ngurus KTP, SIM, AKTE AKTE, dan lain sebagainya. Bahkan hingga urusan adminsitrasi Puskesmas di desa desa hingga rumah sakit besar di seluruh Indonesia.

Tololnya lagi sampe proses kredit kendaraan pun dibuat seperti itu. Contoh soal inden misalnya : Kalo mau cepet ya harus bayar sekian ratus atau juta. Padahal unitnya banyak......Ada lagi yang lebih gooblok dari sejedar itu. Ketika ada orang mau beli kendaraan dengan cara kontan malah dipersulit (bahkan disengaja diarahkan setengah dipaksa untuk beli secara kredit). Ini kan GOBLOK namanya!



Intinya di negara seperti Indonesia, segala sesatu akan terus dicari celahanya untuk diuangkan.........BIROKRASI BRENGSEK yang dikelola oleh PEGAWAI PEGAWAI BRENGSEK menjadikan negara ini seperti negara BRENGSEK.

Lalu muncul sebuah pembelaan dari orang orang PICIK lagi LAKNAT : "Ahh itu kan cuma segelintir oknum.......Ah itu kan sudah jadi kebiasaan yang biasa saja".


Aaaah TAI KUCING!!!!


tapi perlahan lahan mulai membaik , alhamdulilah ,
Kalo nggak ribet,nggak ada yg untung gan
kata orang,,,,, "SELAMAT DATANG DI INDONESIA"
mangkannye Slank buat lagunye cong! BIROKRASI KOMPLEX
KAN SUDAH DARI SONO AJARANNYA "SEGALA SESUATU YG BISA DI BIKIN RIBET. BUAT APA DI PERMUDAH"
di buat ribet supaya ada oknum2 tertentu yg mengambil keuntungan
hahaha true sekali ini gan
harapan ane semoga dalam waktu dekat bisa lebih baik lagi pelayanannya
Quote:Original Posted By r0man0
KAN SUDAH DARI SONO AJARANNYA "SEGALA SESUATU YG BISA DI BIKIN RIBET. BUAT APA DI PERMUDAH"

^ Ini jawabannya
Selamat data di Indonesia, surga keribetan
Quote:Original Posted By approve.cc
tapi perlahan lahan mulai membaik , alhamdulilah ,


alhamdullilah yah gan
berubah ke yang lebih baik yah gan
Belum lulus uji komisi tuh
Quote:Original Posted By opini.id
BIROKRASI, KENAPA HARUS DIBIKIN RIBET?




Ini dia gan ciri-ciri kalo kita lagi ada urusan ke kantor pemerintahan.














kalo dibikin simpel,, susah cari celah untuk menarik pungutan liarnya soalnya gan
ujung2nya duid
klo gak ribet, gak dapet vulus gan
salah jokowi itu anjeng
kalau menurut ane sih tujuan birokrasi sebenarnya baik yaitu untuk menata sistem menjadi lebih baik dan untuk mempermudah pelayanan, akan tetapi faktanya di lapangan kebanyakan malah ribet ga jelas dan bahkan dijadikan kesempatan untuk mencari keuntungan pribadi oleh oknum tidak bertanggungjawab.
ya begitulah adanya gan..mau ga mau kita harus ngikutin....
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar