Pages


Selasa, 29 Desember 2015

Mengapa Kita Sering Mendengar HOAX!

Spoiler for HT:

HT Keenamx Ane Thx buat Mimin, Momod dan para Kaskuser lainnya..


Pernahkan agan mempertanyakan kebenaran suatu berita baik itu di televisi atau media seperti internet..?

Mungkin kita sudah sering mendengar berita hoax di internet baik itu portal berita atau forum, namun kita bertanya-tanya mengapa berita hoax tersebut tetap ada dan terus bermunculan. Apakah ini semua disengaja? Kenapa seolah-olah media tidak pernah kehabisan berita hoax untuk diperlihatkan kepada publik. Apakah kepercayaan masyarakat sudah bukan hal yang penting? Atau memang sejak awal media hanya mementingkan kepentingan bisnisnya tanpa peduli dampaknya pada masyarakat.

Kenyataannya adalah “Media memberikan apa yang Anda mau”.


Tayangan yang sering kita lihat di televisi adalah “tayangan yang ingin masyarakat tonton”,
berita yang sering kita lihat di media adalah “berita yang ingin masyarakat dengar”, dan
acara yang sering kita lihat di berbagai media adalah “acara yang ingin kita konsumsi”.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa konten edukatif kurang begitu populer dibandingkan dengan hiburan & sensasi khususnya di Indonesia.
Mengapa program televisi yang ada begitu buruk, acara-acara tidak berkualitas, tayangan yang kurang mendidik dan sebagainya? Beberapa dari kita berpikir bahwa media ingin membodohi masyarakat, karena biaya produksi yang murah, karena media hanya peduli rating & share, karena media hanya peduli profit dan sebagainya. Tapi jika agan berpikir lebih kritis sebenarnya media memberikan apa yang Anda mau. Media memberikan sesuatu dengan tujuan supaya “orang menonton” yang artinya mereka memberikan apa yang Anda inginkan, jika agan ingin sesuatu yang berbeda maka media akan memberikannya. Jika masyarakat ingin sesuatu yang berbeda mereka akan mendapatkannya. “The ugly truth is” apa yang ada di televisi/media adalah apa yang masyarakat inginkan. Mayoritas masyarakat di Indonesia ingin menonton itu.
Quote:“Society want to turn on the television and turn off their brain. And that’s what they get.”
Lalu pertanyaannya adalah apa hubungannya dengan berita hoax yang sering kita dengar..? Apakah masyarakat ingin mendengar hoax..? Mari kita pelajari sedikit demi sedikit disini.

Kenyataan/realita yang ada di dunia maya (televisi, media, internet, dll) hampir tidak ada hubungannya dengan fakta, ingat bahwa media adalah “bisnis” yang bidang utamanya adalah “entertainment”. Disini kita harus sadar terlebih dahulu bahwa saat Anda memasuki dunia maya artinya agan masuk ke dunia “bisnis entertainment” dan kenyataannya adalah hampir tidak ada fakta dalam dunia “entertain”, it’s all scripted, setting and played by entertainer. Semua itu sudah menjadi paket untuk kita konsumsi, apapun yang kita lihat disana adalah apa yang “media ingin Anda lihat”, semuanya ada dalam kontrol media dan kita hanya punya 2 pilihan yaitu menontonnya atau tidak.

Kembali lagi pada pertanyaan, lalu mengapa kita sering mendengar berita hoax? Tugas media adalah memberikan apa yang Anda mau, maka media akan mempelajari, meneliti, dan menganalisa apa yang ingin masyarakat dengar. Berikut hal-hal yang ingin masyarakat dengar:

Quote:– Berita yang heboh/ramai/tren atau sedang menjadi perbincangan (crowd effect)


Orang suka melihat sesuatu yang heboh atau berkumpul di suatu keramaian, dan itu sangat wajar. Ketinggalan sesuatu yang sedang tren/populer tentunya membuat kita tidak nyaman dan terkadang dapat berbahaya (kurang update terhadap informasi).

Sekarang agan mengerti mengapa “Farhatbass” bisa sering nongol di berita.


Quote:– Berita yang negatif


Orang-orang suka melihat konflik, berita yang negatif dan kontroversi akan lebih mengundang perhatian ketimbang berita positif atau kejadian yang biasa-biasa saja. Apalagi jika konflik tersebut dapat mempengaruhi kehidupan Anda (contoh: begal). Judul headline “Begal ada disekitar kita” tentu akan lebih menjual ketimbang “Begal sudah mulai berkurang” dan kita sangat mudah terpancing dengan berita yang dapat mempengaruhi bahkan mendesak kehidupan kita.

Sekarang Anda mengerti mengapa banyak isu rasis, agama, politik, dan sebagainya.


Quote:– Berita yang mendukung apa yang telah kita percayai (the effect of confirmation)


Peneliti mengungkapkan bahwa jika suatu fakta mendukung apa yang kita telah percayai maka kita akan mudah menerimanya. Sesuatu yang bertolak belakang dengan apa yang kita percayai akan sulit diterima dan cenderung diabaikan.

Itulah sebabnya ramalan seperti nasib atau zodiak lebih dipercaya jika hasil yang kita dapat sesuai dengan keinginan kita. Percayakah Anda dengan karakter berdasarkan golongan darah? Percaya atau tidak, media/berita memainkan permainan yang sama.


Tentu tidak semua berita yang kita dengar adalah hoax, tapi dengan membaca artikel ini agan bisa sedikit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Lalu kembali muncul pertanyaan apa untungnya menyajikan berita hoax kepada masyarakat? Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, media (televisi, internet, koran, dan semua media lainnya) adalah “bisnis” dan agan adalah konsumennya, media memberikan apa yang konsumen inginkan, produk dari media adalah “perhatian agan”, agan dapat dengan mudah menghancurkan media dengan cara tidak memberi perhatian agan, namun media sangatlah pintar memainkan ketiga poin diatas, mereka akan menyajikan suatu isu yang sedang hot/heboh dan cenderung negatif tanpa perlu berlawanan dengan apa yang telah agan percayai.


Jika agan ingin menghentikan program TV yang tidak berpendidikan cukup abaikan dan jangan menonton acara tersebut. Jika agan tidak ingin melihat berita negatif/hoax di internet dan social media cukup abaikan berita tersebut (beberapa dari kita malah ikut berkomentar bahkan share berita tersebut).

Penjual rokok tidak akan menjual rokok jika tidak ada pembelinya, penjual narkoba tidak akan menjual narkoba jika tidak ada penggunanya, dan hal tersebut juga berlaku pada bisnis media. Agan punya kekuatan untuk mengubah.



Quote:Sumur:
http://solusik.com/mengapa-kita-seri...r-berita-hoax/


Kunjungi juga thread ane yang lain:
Quote:Bagaimana Cara Mencari Passion Anda - Hot Thread !!
Jangan Membahagiakan Semua Orang - Hot Thread !!
Pentingkah IQ untuk Kesuksesan - Hot Thread !!
Mengapa Agan Tidak Bisa Mendapatkan yang Agan Inginkan - Hot Thread !!
9 Tipe Entrepreneur di Asia - Hot Thread !!
Mencari Tahu Apa yang Ingin Agan Lakukan Dalam Hidup
Tips Buat Agan yang Hanya Lulusan SMA
Bagaimana Cara Mencari Jodoh Agan
" hoax " bukannya itu gan .. yang klo kita mau ngeludah dahak itu

hoaxx .. cuuuh
Karena Suka Kurang Cross Check Lagi Gan !
widih
bner juga ya gan.d segala media banyak bgt berita hoax lucu nya bnyk yg percya
Sikapi dengan bijak, salam internet sehat!

‪#‎StopHoax‬
‪#‎StopPembodohan‬
KARNA KEBEBASAN BERLEBIHAN,

lihat aja, apalagi di FACEBOOK yg notabenenya sosmed terbesar diindo.

HOAX nya gak tanggung tanggung.


Noh liat CHINA, alias tiongkok. FB diblokir, malah yg laku weabo, atau bsa disebut kaskus nya china
jangan mudah langsung percaya dengan berita......
hoax itu berita / info bohong bray
salam kegelapan bray
jangan percaya sama berita yang belum diketahui asalnya gan.
Kek fpnye udin gambut yak bree...
denger dari radio gan
Quote:Original Posted By kamujahat21
KARNA KEBEBASAN BERLEBIHAN,
lihat aja, apalagi di FACEBOOK yg notabenenya sosmed terbesar diindo.
HOAX nya gak tanggung tanggung.
Noh liat CHINA, alias tiongkok. FB diblokir, malah yg laku weabo, atau bsa disebut kaskus nya china


Setuju Sama Jendral, Terlalu Banyak Medsos Sekarang Ini, Tanpa Ada Aturan Dan Pengawasan Ketat, Jadilah Banyak Hoax Hoax Hoax...
Berita Hoax emang mangtapz gan..
Mejeng ahhh
kalo di kaskus kbanyakan no pics = hoax

udah ntu aja ........................
Quote:Original Posted By kamujahat21
KARNA KEBEBASAN BERLEBIHAN,

lihat aja, apalagi di FACEBOOK yg notabenenya sosmed terbesar diindo.

HOAX nya gak tanggung tanggung.


Noh liat CHINA, alias tiongkok. FB diblokir, malah yg laku weabo, atau bsa disebut kaskus nya china


Nah menurut mitos yg beredar ente itu cewek? Bnr apa kaga?
Hoax = bohong
Hoax sama aja penipuan
Sikapi informasi yg didapat dgn bijaksana dan tidak langsung mudah percaya gan krn asumsi tiap orang berbeda bisa terjadi penggiringan opini.
Beri cendol trit ini maka besoknya kamu akan menemukan keberuntungan yang tidak disangka sangka
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar