Pages


Rabu, 30 Desember 2015

Pengaruh Suatu Warna Dalam Dunia Bisnis

Bismillah



Terima kasih mimin, momod, officer, kaskuser udah jadiin thread ane HT ke-12. Semoga bermanfaat buat semuanya
Spoiler for bukti:




Quote:
Pembukaan

Halo ketemu lagi ama ane
Ini adalah thread ane tentang warna yang ketiga, semoga bermanfaat ya hehe



Kita semua pasti udah mengenal warna dan pasti kita memiliki warna kesukaan. Percaya atau tidak, suatu warna dapat mempengaruhi kondisi psikologis kita seperti mempengaruhi mood, membentuk mental, serta mengembangkan jiwa anak ( kayak yang ane bahas di thread warna ane sebelumnya disini ).
Nah, dalam dunia bisnis warna ternyata juga memberikan peranan penting lho bro sist. Mau tau gimana peranannya? Yuk kita bahas lebih dalam lagi dibawah. Cekidot!


Quote:
Pengaruh Warna Terhadap Konsumen

Warna dalam media komunikasi non-verbal menjadi metode yang paling cepat memberikan kesan, menyampaikan pesan, dan mengekspresikan suatu makna. Dalam dunia bisnis warna dianggap sebagai “the silent sales person” yang mampu menarik minat para pembeli.
Warna menjadi salah satu daya tarik utama bagi setiap calon pembeli yang hendak membeli sebuah produk. Sebuah warna haruslah digunakan dengan penuh pertimbangan terhadap bisnis dan apa yang akan dijualnya. Salah satu alasannya adalah untuk lebih meningkatkan penjualan produk di pasar.
Warna sendiri jika kita terapkan dalam konsep berbisnis akan memberikan pengaruh terhadap konsumen, karena :

1. Warna Memberikan Cerita



Jika kita hendak mendirikan suatu toko dengan tema tertentu misal kita akan membuka suatu toko tanaman maka baiknya kita memberikan warna yang bertema dengan alam seperti hijau. Atau misal kita hendak mendirikan suatu toko mainan anak-anak/bayi, maka baiknya warna yang diberikan adalah warna cerah dengan motif warna-warni atau warna pastel. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengenali dan mengingatnya.

2. Memberikan Kenyamanan Kepada Konsumen



Warna yang sesuai dengan tema akan memberikan kesan indah dan nyaman bagi pelanggan yang datang. Mereka akan merasa datang ke tempat yang benar saat mereka butuh sesuatu. Warna yang sesuai dengan konsep dan pernak pernik tambahan akan memberikan kesan nyaman dan betah bagi pelanggan yang datang. Mereka seolah–olah ingin datang kembali dan menikmati suasana yang ada di toko ente.

3. Dapat Menarik Konsumen



Dengan memberikan warna yang cerah atau menarik, maka konsumen dapat tertarik untuk melihat produk tersebut karena warna memiliki daya tarik yang kuat. Mereka akan terlebih dahulu melihat warna yang ada, selanjutnya baru melihat bentuk dari produk tersebut.
Sebagai contoh penggunaan warna kuning dalam suatu produk. Warna ini akan memberikan daya tarik tersendiri terhadap suatu produk karena warna kuning adalah warna yang pertama dirangsang oleh retina manusia.

4. Membangun Pengenalan Merek



Merek menjadi pengenal sebuah produk di masyarakat. Untuk itu terkadang sebuah merek akan dibuat desain logo yang menarik dengan warna khas dimana nantinya akan digunakan pada kebutuhan penjualan suatu produk. Warna inilah yang akan membantu konsumen membedakan berbagai macam merek dan produk serta juga kualitas dari masing-masing produk yang dikeluarkan oleh merek tersebut.

5. Warna Memberikan Emosi Tersendiri



Penggunaan warna harus benar–benar disesuaikan dengan jenis dan fungsi dari produk yang dijual. Jangan sampai warna yang digunakan salah peletakannya dan memberikan emosi negatif bagi yang melihatnya. Selain mempengaruhi emosi, dijamin produk yang dijual tidak akan laku di pasaran.


Quote:
Hubungan Warna Dengan Konsumen

Di dunia ini terdapat beberapa tipe konsumen dilihat dari cara membelinya. Warna dapat membantu menarik konsumen berdasarkan tipenya untuk menghampiri toko ente atau bahkan membantu meningkatkan penjualan. Beberapa tipe konsumen diantaranya adalah :
1. Tipe Impuls Buyer
Artinya adalah seorang pembeli yang spontan. Mereka tidak akan ragu membeli barang apapun yang dipajang selama mereka menyukainya walaupun mereka harus berhutang atau menggunakan kartu kredit. Untuk tipe pembeli seperti ini, warna yang cocok adalah: orange kemerahan, hitam atau biru terang.

2. Tipe Budget Ketat
Artinya konsumen memiliki dana yang terbatas untuk belanja. Tipe seperti ini biasanya memiliki perencanaan keuangan yang ketat dan mampu menahan dirinya untuk tidak membeli jika memang harganya tidak sesuai dengan mereka. Untuk pembeli seperti ini, warna yang sesuai adalah: hijau kebiruan dan biru gelap / biru laut.

3. Tipe Tradisional
Ini adalah tipe pembeli yang lebih memilih cara transaksi tradisional. Tipe pembeli seperti ini biasanya jarang dalam melakukan transaksi online dan tidak memiliki kartu kredit. Mereka membeli sesuai kebutuhan dan jika tidak cocok mereka akan meninggalkannya. Untuk menarik tipe seperti ini agar mau melakukan transaksi di toko ente, gunakanlah warna:  pink, biru langit, dan merah mawar.


Quote:
Infografis

Sebuah studi menyatakan 93% konsumen memilih produk karena tampilannya. Hal ini disebabkan sebagian besar manusia adalah tipe visual/penglihatan. Manusia secara psikologis lebih menyukai hal-hal yang enak dipandang mata. Faktor lain pemilihan produk adalah teksturnya sebesar 6% dan 1% lagi untuk baunya.
Warna juga membantu sebuah brand dapat teringat mudah oleh konsumen hingga 80%. Terasosiasinya sebuah brand dapat membantu peningkatan kepercayaan dari konsumen.
Untuk lebih mudah berikut ane sajikan infografisnya mengenai warna dalam dunia bisnis :



Berdasarkan penelitian di Amerika (tetapi juga berlaku di dunia), suatu warna memiliki peranan penting masing-masing dalam menarik suatu konsumen :



Infografis dibawah ini sesuai dengan tipe konsumen yang ane sebutin diatas tadi :




Quote:
Merek yang Sudah Identik Dengan Warna

Beberapa merek sudah memiliki warna khas dan sudah melekat di pikiran kita. Hal ini menunjukan betapa pentingnya peranan sebuah warna dalam pengenalan suatu merek / brand terhadap konsumen dan memiliki dampak positif terhadap penjualannya.
Berikut ane coba sebutkan beberapa merek yang sudah melekat bersama warna khasnya di benak kita :
Spoiler for 1. Merah:

Coca Cola


Semua pasti langsung ingat kan kalo coca cola itu identik dengan warna merahnya. Begitu ente liat botol dengan label berwarna merah tanpa melihat mereknya pun ente pasti langsung nyebutnya coca cola.

Spoiler for 2. Biru:

Pepsi


Banyak perusahaan yang menggunakan biru sebagai warna logonya. Salah satunya pesaing coca cola ini menggunakan warna biru sebagai warna mereknya. Mungkin untuk mengingatkan konsumen agar tidak tertukar, dan warna merah dengan biru memang kontras

Spoiler for 3. Hijau:

Starbucks


Jika kita melihat sebuah cafe dengan warna hijau, atau payung hijau besar di cafe sebuah mall atau pinggir jalan pasti kita langsung terlintas starbucks. Yah, starbucks sudah melekat di pikiran kita dengan warna hijaunya.

Spoiler for 4. Oranye:

J.Co


Produk donat asli Indonesia ini menggunakan warna oranye sebagai warna perusahaannya. Mulai dari payung besarnya, sampai ke kerdusnya mereka menggunakan warna oranye. Jika sekilas kita melihat kerdus berwarna oranye, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah J.Co.

Spoiler for 5. Kuning:

DHL


Perusahaan kargo internasional asal Jerman ini justru malah berani dalam memilih warna. Tak ayal jika kita melihat sebuah mobil atau truk paket di jalan berwarna kuning pasti kita langsung mengingat DHL. Yang terjadi justru bukan aneh atau lucu, tapi malah menjadi lebih melekat dalam pikiran kita dan khas.

Spoiler for 6. Hitam:

Adidas


Perusahaan ini justru lebih memilih warna gelap sebagai warna logo dan warna dalam tokonya. Produk olahraga identik dengan two tone dalam pewarnaan toko dan logo yaitu hitam dan putih. Terlihat lebih elegan dan mudah untuk mengingatnya.



Quote:
Penutup

Nah itu tadi pengaruh warna dalam dunia bisnis bro sist. Kurang lebih kesimpulannya adalah :
1. Warna untuk menarik konsumen
2. Agar mudah diingat
Jadi buat ente yang mau berbisnis, pikirkan matang-matang warna apa yang mau dipake untuk produk dan mereknya biar konsumen cepet tertarik dan gampang ingetnya bro sist



Sesudah dibaca, kalo menurut agan menarik, bisa dibantu rekomennya ya
Spoiler for Rekomen HT:


jangan lupa di ya gan, untung-untung dikasih yang seger
Tapi jangan ane juga

Makasih banyak yang udah kasih cendol n abu gosok ane, semoga rezekinya makin lancar
Spoiler for Bukti:






Silahkan mampir juga ke thread ane yang lainnya gan sist
Quote:Asal Penamaan Warna Dalam English (Hot Thread)
7 Barang Koleksi dengan Nilai yang Semakin Tinggi (Hot Thread #2)
Macam-Macam Klub Sepak Bola yang Bermarkas di London (Hot Thread #3)
Kumpulan Kisah Pengendara Motor yang Menyelamatkan Binatang (Hot Thread #4)
Solusi Mengatasi Kebosanan di Kereta Api (Hot Thread #5)
Mengenal Sejarah dan Arti Bendera Negara Skandinavia (Hot Thread #6)
Kecelakaan Kereta Api vs Kendaraan Lain : Penyebab dan Tips Menghindarinya (Hot Thread #7)
Ternyata Bikin Area Parkir Gak Bisa Sembarangan Lho (Hot Thread #8)
Mengapa Dunia Anak Selalu Penuh Warna? (Hot Thread #9)
Pejabat Negara di Dunia yang Bergaya Hidup Normal (Hot Thread #10)
Kumpulan Berita Hoax yang Menghebohkan di 2015 (Hot Thread #11)
Yuk Mengenal Cat yang Dapat Berubah Sendiri
Inilah Tempat Bersarang Kuman di Supermarket
Macam-Macam Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Gunung
Keindahan Seni Dekorasi dari Kabel Dinding
Apa Sih Susahnya Jujur?
Kenapa Hanya Brasil yang Berbahasa Portugis di Amerika Latin?
Deretan Pelatih yang Dipecat Selama Tahun 2015

Spoiler for sumber:

Tambahan Kaskuser

Spoiler for Tambahan:

Quote:Original Posted By untungsuryanata
tambahan gan

abaikan pajero ane gan
Coba perhatikan warna kepiting rebus itu
Klo pekerja tanbang pasti ngerti itu exavator pasti produk HITACHI

Quote:Original Posted By skarhabek
kalau menurut ane Merah itu melambangkan kemewahan gan. konsumen yang boros pasti suka warna merah, merasa duitnya banyak dan ingin dimanjakan. lihat saja kantor pusat nestle dekorasinya juga dominan merah. merah juga melambangkan dominasi dan keberanian. toh yang yang suka bikin sesuatu produk yang macho cobain deh pake warna merah sama kombinasi hitam. pasti keren jadinya

Quote:Original Posted By unclefuncky
Sebagai tambahan. Warna juga mempengaruhi selera makan. Contohnya warna merah, kuning dan orange. Di teliti warna tersebut meningkatkan nafsu makan, ane lupa sumbernya darimana. Terus warna yang mengurangi nafsu makan itu warna biru dan unggu.

Kalo nafsu birahi. Sumpah ane gak tahu..

Quote:Original Posted By darthvader.
Nambahin gan. Pemilihan warna untuk branding

Quote:Original Posted By Doraemon18
kebetulan gue kerja di bidang arsitektur... IMO, milih warna itu susah bagi gue
karena mempengaruhi psikologi juga.. termasuk warna2 lampu..

klo kayak rumah2 makan fast food gitu, identik dengan warna2 cerah,,
karena nambah nafsu makan dan juga secara ga langsung bikin orang ga betah.. jadi habis makan, trus pulang..
ini juga ngaruh sama cycling / perputaran orang yg dateng dan pergi.. cepet cyclingnya.. dan biasanya
ngaruh jugas ama harga makanannya..

kenapa klo di cafe2 yg kadang "lampunya remang2" kok makanan dan minumannya "mahal"?
karena suasana interior cafe dibuat yg senyaman mungkin, dan pembeli pun merasa nyaman klo lama2 disana..
jadi cycling pembeli datang dan pergi ga cepet... so, klo jual makanan dan minuman mahal kan serasa sebanding

ini pemikiran gue aja ya sebagai desainer
CMIIW

btw nice thread lho TS


mantap gan
ijin baca dulu
makasi infonya gan
Spoiler for :
Pageone !
bener gan...
warna bikin sesuatu jadi menarik..

begitupun cinta..
tanpa cinta hidup seperti tak berwarna






Salam compret-oncom dijepret
Kelimax ?
kalo masuk toko yang warna warni kesannye rame, gak ngebosenin gan
atas ane lama2 kaya kamujahat bener
Ane bukn pujangga yg ngrrti da faham arti serta makna gan
fengshui dan hongshui
tambahan gan

abaikan pajero ane gan
Coba perhatikan warna kepiting rebus itu
Klo pekerja tanbang pasti ngerti itu exavator pasti produk HITACHI
coba warnanya item doang gak seru lah gan
bener gan, warna memang menarik konsumen.

Apalagi keselarasan warna.

Tapi suka bingung ama banyak warna
Lu detail banget dah coy

Mantep gw bantu rate.ya coy
kalo denger ijo inget gojek ane mah....
Bener Gan Warna Bikin Konsumen Nyaman.
Quote:Original Posted By untungsuryanata
tambahan gan

abaikan pajero ane gan
Coba perhatikan warna kepiting rebus itu
Klo pekerja tanbang pasti ngerti itu exavator pasti produk HITACHI


oiya gan ane inget hitachi warnanya begitu.
oke thanks gan tambahannya
Quote:Original Posted By acnojr
Lu detail banget dah coy

Mantep gw bantu rate.ya coy


makasih banyak ya bray
Mantab
Pejwan digembok oleh jendral
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar