Pages


Minggu, 27 Desember 2015

Inilah Empat Nilai Filosofis di Balik Sedapnya Rendang Gan



Menu Masakan Padang Yang Satu ini Bener-Bener Bikin Ketagihan kalo Lagi di Rumah Makan Padang, Suka Rendang Juga Gan ?


Quote:
Spoiler for HT ke #6 Ane Gan:


Makasih Mimin & Momod Yang Udah ngemilih nih Thread buat jadi Hot Thread Sore ini Pas di Satu Bulannya Umur ID Jeansobek, Buat Semua Kaskuser makasih juga dah mampir di Mari Baca-Baca.


Siapa yang tidak mengenal rendang? Rasanya saat ini tidak ada orang yang tidak mengenal makanan yang telah mendunia ini. Makanan yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat ini sejenis gulai daging yang dimasak dengan bumbu khusus. Rendang mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan menggugah selera siapapun yang mencium aromanya.

Karena kelezatannya, rendang dinobatkan menjadi 50 most delicious food yang digelar oleh CNN International pada tahun 2011.

Namun, apakah agan tahu bahwa dibalik nikmatnya rendang ternyata tersimpan filosofi yang kuat pada setiap bahan yang digunakan. Sesuai daerah asalnya, proses pembuatannya dilakukan dengan adat istiadat Minangkabau.

Rendang memiliki filosofi bagi masyarakat Sumatera Barat, yaitu musyawarah dan mufakat, yang berangkat dari 4 bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minangkabau, berikut ulasanya lengkapnya Gan, Cekidot !

Quote:
1. Dagiang (daging sapi)

Daging merupakan lambang dari “Niniak Mamak” yang mana dalam adat istiadat Minangkabau niniak mamak merupakan pemimpin dalam suku adat. Niniak mamak merupakan satu kesatuan dalam penghimpunan penghulu dalam suatu kenagarian di Minangkabau yang terdiri dari datuak-datuak kepala suku atau penghulu suku, dimana mereka berhimpun dalam kelembagaan Kerapatan Adat Nagari (KAN).
Spoiler for Ilustrasi:

Dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, niniak merupakan pemimpin suku adat, tempat bertanya atau pembuat keputusan-keputusan adat di Minangkabau. Sama halnya dengan daging yang merupakan unsur utama dan paling penting dalam rendang.


Quote:
2. Karambia (kelapa)

Kelapa merupakan lambang dari Cadiak Pandai atau kaum intelektual di Minangkabau Gan.

Cadiak pandai merupakan kumpulan orang-orang pandai atau yang disebut cerdik cendikia di masyarakat Minangkabau, dimana mereka memiliki kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual.
Spoiler for Ilustrasi:

Di Minangkabau cadiak pandai berfungsi meneliti (memeriksa) dan menentukan standart kelayakan setiap kebijakan mengenai pewarisan, pelaksanaan dan pemecahan masalah syara’ dan adat yang sudah dilaksanakan anak kamanakan (masyarkat adat) ,apakah menguntungkan atau merugikan masyarakat.


Quote:
3. Lado (cabai)

Lado di Minangkabau melambangkan Alim ulama yang sangat tegas untuk mengajarkan tata aturan agama bagi setiap masyarakat Gan.

Alim ulama merupakan pemimpin masyakarat Minangkabau dalam hal agama yang memiliki pengetahuan dan ilmu lebih dalam hal agama dimana alim ulama mendapatkan kedudukan di masyarakat murni karena ilmunya.
Spoiler for Ilustrasi:

Alim ulama sangat berperan dan sangat dibutuhkan dalam kelangsungan hidup beragama masyarakat Minangkabau. Hal ini diungkapkan dalam pepatah adat yaitu adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Alim ulama berfungsi sebagai pembimbing dan pembina masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.


Quote:
4. Pemasak (bumbu)

Bumbu-bumbu yang menjadikan merupakan lambang dari seluruh masyarakat Minangkabau.
Spoiler for Ilustrasi:

Dimana masyarakat berfungsi menjalankan dan mempraktekkan aturan adat yang telah dibuat dan disepakati bersama oleh pemimpin-pemimpin adat.


Gimana Gan ? Ternyata Rendang yang Menjadi andalan Rumah makan Padang ini memiliki Filosofi yang Menakjubkan. Jadi laper nih, Betewe segini dulu ya Threadnya dan mudah-mudahan dapat menjadikan sebuah inspirasi yang berguna buat kita sebagai penikmat Rendang Gan.

Jika ada yang merasa Urang Awak dan mengerti betul tentang isi Info di atas sudi kiranya untuk mengoreksi kalo-kalo ada yang kurang pas. Sumber By Liputan6.Com
tamboh ciek da
Ada bumbu rahasianya kagak nih rendang? Kok enak banget yah brayy?

May the greget force be with you
Jadi pengen makan

Sayang rendang mahal
Bagus juga nilai dari filosofi nya rendang yak
Quote:Original Posted By kamujahat21
Jadi pengen makan

Sayang rendang mahal

Kurang doyan rendang soalnya agak alot.
Mahal, iya sih.
Tapi ane mau jadi vegan aja.
Paporit nih rendang....

Kalo makan rendang pasti ada yang nyelip digigi...

Ajib,,, bisa dibuat film nih


Quote:Original Posted By mrautumn

Kurang doyan rendang soalnya agak alot.
Mahal, iya sih.
Tapi ane mau jadi vegan aja.


Maksud ente vegan
Yang Penting Rendang Is The Best Food In The World
terlepas dr segala filosofi dari imajinasi manusia, rendang emang favorit ane 10 rb udah kumplit sama es teh

salam GUNCANG
akhir bulan gan, budget cuman nyampe indomie goreng rendang
Sedap nih rendang... apalagi rendang buatan emak ane
rendang oohh rendang kau mengalihkan duniaku
Dagiang mahal pusiang pala ambo
Quote:Original Posted By kamujahat21
Maksud ente vegan

Vegetarian.
pesenan tetap ane gan kalau ke rumah makan padang.





Enaaak rendang
Tapi mahal

Apalagi kalo makannya ditemenin Cabe2an, Pedes
Quote:Original Posted By mutenroshi23
tamboh ciek da


Penikmat Rendang juga nih Agan ini
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar