Pages


Minggu, 27 Desember 2015

Jangan Pernah Berkata Begini Kepada Para "SENIMAN"




Quote:

Alhamdulillah HT pertama ane gan, makasih buat semua agan/sista yang mendukung thread ini


Hallo agan/sista yang berbahagia, setelah ber abad-abad ane kagak bikin thread akhirnya kesampaian juga nih bikin thread lagi semoga pertemuan kita kali ini bisa saling bermanfaat ya gan

Sebelumnya ane minta maaf kalo dari beberapa kata ane di thread ini ada yang menyinggung dan salah maklum ane masih muda dan belum berpengalaman yang tinggi, jadi tolong bantu komen aja ya gausah di timpuk



YU LANGSUNG TO THE POINT

Quote:

Gan sebagaimana makhluk hidup yang lainnya, para seniman-seniman pun memiliki hati nurani dan jiwa yang suci oleh karena itu tidak heran jika seniman2 yang selalu berekspresi diri dan berambut gondrong bak Limbad pun dapat merasakan sakit hati layaknya manusia2 lainnya. Dan dibawah ini ada beberapa Kata yang dapat menyinggung perasaan para seniman versi ane sendiri gan cekidot !!!!


1. "Gambarin Gue dong"

Quote:"Eh Tong, wuiiihhh gila gambaran lu keren benerr, gue mau dong di lukisin wajah gue niih yang ganteng bisa kan hehe""Ihh hebat bisa tolong gambarin aku juga ga? gambarin dongg plisss""tong besok gue ultah nih tolong gambarin wajah gue yahh" Sepintas sih terdengar wajar dan no problem gan, tapi gan kata kata yang kaya gitu tuh bisa menyinggung perasaan seniman kalo mereka minta nyantai alias GRATIS. Asal agan tau ya Membuat karyaseni/Gambar itu adalah sebuah karya yang sangat mahal gan, itu melibatkan berbagai pihak gan seperti Ide, Seni, Mod, Pensil, Pulpen, Keringat, Ketelitian, Otak Kanan, Gorengan, Koka Kola, Pengserut, Penghapus, Dan juga Waktu gan !!! jangan pikir semua itu sepele, Ane harus menghabiskan waktu lebih dari 1minggu hanya untuk menyelesaikan satu karya saja dan itu menghabiskan setengah isi dari drawing pen, beberapa kuota internet, waktu buat pacar ane , dan juga tenaga. maka tidak jarang banyak seniman yang merasa tidak di hargai jika karyanya di minta dengan harga yang gratis . Memang mudah sih gan kita haya perlu menolak permintaan2 itu, tapi sulit bagi kita menolak karena ada rasa "tidak enak" kepada sang peminta tsb.

Spoiler for Artist Working:



2. "Ahh Gambaran lu masih kalah sama gambar si otong"

Quote:""Gambaran loe bagus tapi ga sebagus gambaran si otong ahh""cara lu ngegambar aneh ya ga sebagus cara si otong ngegambar""liat nih gambaran si tong lebih baguss, ahh lu kalah" Pada dasarnya Semua Manusia punya karakter yang berbeda2, begitu pun saat para seniman berekspresi gan, masing2 seniman memiliki karakter nya masing2 tidak semua seniman memiliki karakter/cara mengambar yang sama (kecuali buat anak2 yang baru bisa menggambar biasanya mereka akan menjiplak gambarnya dngan gambar orang lain). Jadi jangan menghina karya seseorang hanya karena karyanya tidak sama dengan karya orang lain yang menurut mu lebih bagus. karena setiap seniman memiliki karakternya masing2 dan manusia penikmat seni pun memiliki selera dan tipe nya masing2 jadi jika ingin memberikan nasihat/dorongan jangan dengan cara membandingkan dengan karya org lain, coba aja dengan memujinya lalu katakan apa yang kurang dari karyanya ituu

Spoiler for Karya Kerby Rosanes Seniman Doodle Filipina:

Spoiler for Karya Rival Ronaldi Alias TS :malu:



3. "Gambar Apaan Ini Abstrak, Ga jelas"

Quote:Buat yang satu ini sudah jelas dong ya gan, kata2 yang merendahkan dan menjelekan karya sang seniman, jelas hal ini akan membuat sang seniman sakit hati gann Jangan pernah menghina atau merendahkan karya para seniman gan seperti yang ane jelasin di nomor 2 bahwa setiap Seniman mempunyai karakternya masing2, jika Jean Francois Millet memiliki Aliran lukis Romantisme, maka berbeda dengan William Hogarth yang beraliran lukis Naturalisme. Jika Ryan Riyadi adalah seniman mural terkenal dari indonesia, maka berbeda dengan Kerby Rosanes seniman doodle art dari filipina. Masing masing memiliki aliran seninya masing2 jadi kita harus saling menghargai semua itu gan jangan menghina/merendahkan karya mereka gan karena karya mereka itu tulus dari hati mereka.

Spoiler for Pablo Picasso seniman beraliran kubisme:

Spoiler for Affandi Seniman beraliran ekspresionisme:



4. "Gambar doang Paling Harganya Cuma Berapa"

Quote:"Gambar kaya gitu doang mahal banget sih" "Cuma lukis paling modalnya cuma seberapa" "gambar gitu paling modal pensil 4 rebuan" Gan jangan Sepelekan Profesi para seniman, Modal dari para seniman tu ga murah, lebih Mahal dari jajan gorengan pinggir jalan nih gan ane kasih tau buat seniman SKETCH mereka harus beli pensil minimal 4 gan dengan ukuran tebal yang berbeda2 dan tiap pensil tuh bisa ngilangin uang -+ Rp.5000 jadi total bisa sampe 20rb belum lagi beli brush juga pengserut dan penghapus, ditambah harga kertas sketch yang bagus bisa sampe 9000rb per lembarnya (ukuran A2). Untuk seniman Lukis mereka bisa lebih mahal gan karena beli Kain Kanvasnya yang paling kecil aja udah 30rb ke atas blm lagi Cat acrylic nya 1 warna = -+25rb belum beli brush nya berbagai ukuran dan 1 brushnya bisa mencapai harga -+15rb itu semuanya masih harga standar gan, kalo yang kualitasnya lebih bagus lagi itu bisa lebih dari harga normal blm lagi harga IDE dan SENI nya yang patut untuk di hargai dengan harga yang pantas
Spoiler for pensil berbagai ukuran:

Spoiler for Cat acrylic yang mahal :


KARENA HT TS UPDATE NIH

5. "seniman profesional tuh ga liat contoh tau"

Quote:MAHO : "tong gila gambar lu keren banget!! ga kepikiran nih sama gue, gue ga bisa deh gambar sebagus gambaran loe"
TS : "Ahh bisa aja lu tong "
MAHO : " nih gambar loe liat contohnya kagak ??"
TS : "Iya tong tuh buat bikin gambar tuh ane searching dulu gambar aslinya di mbahgugel hehe"
MAHO : "Yahhh gue kira kagak, kalo giu mah gue juga bisa tong"


Gan kadang banyak orang yang (maaf) yang ga ngerti seni mereka biasanya beranggapan bahwa menjiplak dan melihat contoh object tuh sama gan. Nih gan ane kasih tau ya kalo menjiplak itu sama aja kaya fotocopy gan, persis dan tidak membeda2 kann. kalo agan gambar satu object dan agan lukis dengan melibatkan teknik melukis (menggunakan skala, ukuran, komposisi warna, shading, garis, sudut pandang, titik hilang, dll) itu namanya bukan menjiplak gan, agan tau Leonardo Da Vinci ? dia adalah bapak seniman yang terkenal dengan lukisan monalisanya, dan dia tetap memerlukan contoh object yang ada di depannya untuk di lukis gan (bukan di jiplak). Semua seniman mungkin pada awal belajar memang melakukan menjiplak pada saat kecil gan, tapi saat sudah dewasa dan sudah mendalami seni, mereka akan menciptakan seni mereka sendiri dan tidak lagi menjiplak,

Spoiler for Menjiplak:

Spoiler for Melukis Suatu Contoh Object:


6. "Seniman Dapet Uang Dari Mana"

Quote:Jangan pikir bahwa menjadi seniman adalah profesi yang rendah, dan jangan salah gan menjadi seorang seniman itu menguntungkan dan bisa mendatangkan uang yang banyakk. nih gan kelebihan menjadi seorang seniman. Seorang seniman itu bebas dari stress dan bisa membatasi jam kerjanya sendiri gan (semuanya tergantung dari tiap2 senimannya).Seniman itu selalu bahagia, bahkan disaat mereka sedih pun mereka akan bergerak mengambil senjata2 nya untuk berekspresi (meluapkan amarah/emosinya kedalam seni) dan disaat mereka melakukan hal itu mereka akan merasa bahagia kembali. dan darimana para seniman mendapatkan uang ? seniman musik (musisi) mereka mendapatkan uang dari lagu yang mereka ciptakan, para seniman lukis (pelukis) mereka mendapatkan uang dari penjualan lukisan2nya (biasanya harganya ratusan juga gan ) dan juga para arsitek mereka sudah jelas mendapatkan uang dari penjualan konsep2 arsiteknya dan mereka dibayar lebih mahall. dan ingat satu hal, jika di dunia ini tidak ada seniman, maka dunia ini akan suram dan menyeramkan, tidak ada keindahan (masih ada keindahan dari karya2 tuhan ko gan/sist tenang )
Spoiler for artistgetmoney:

Spoiler for Arsitek:





gan segitu dulu dari ane sebetulnya masih banyak yang mau ane sampai kan tapi berhubung tubuh ane sudah tidak kuat berada di depan layar, jadi mungkin next ane bisa update lagi ya gan aamiin

Nah agan/sista yang berbahagia, sudah sepatutnya kita menghargai perasaan tiap2 insan yang ada di muka bumi ini, dan ingan mulutmu harimau mu, apapun yang agan/sista ucapkan jangan sampai perkataan agan sista itu menyinggung perasaan orang lain, kita harus selalu menjaca perkataan kita

Mohon maaf apabila TS ada salah kata atau salah persepsi tolong di benarkan dengan cara memberikan komentar di bawah, apabila ada yang tersinggung TS mohon maaf, TS tidak punya maksud untuk menyinggung agan/sista

Tolong bantu
juga TS minta ini
Jangan timpuk TS dengan ini ya


Quote:BONUS DARI TS
Spoiler for Beberapa Karya tangan TS:

Spoiler for Karya TS:

Spoiler for Karya TS:

Spoiler for Karya TS:

Spoiler for Karya TS:

Spoiler for Karya TS:


Karya Para Seniman Kaskuser gan
Quote:Original Posted By irwanshohibi
Spoiler for Cek gambar:


ane pake unipin kalo gambar gan

Quote:Original Posted By Pazonda95


oohhh begitu ya...
klo utk menggambar teknik mungkin masuk akal juga,
tp gambar realis disini tujuan hanya untuk dinikmati / dipajang, ya jatuhnya seni rupa deh...bukan seni terapan
tp mmg semua bergantung ke dia sendiri

sblmnya ini karya teman ane yg dimaksud gan...
ini waktu UTS kuliah menggambar mobil
Spoiler for :

Credits by Hernanda Maherditia

dia realis mmg jago...gambar mobil itu cuma pake 2B ama 7B
ane aja masih kalah halus
Spoiler for :



Quote:Original Posted By mooniequeenie
Ane juga seniman pemula

Dulu ane ga bisa gambar sama sekali, sampe akhirnya ane jatuh cinta setengah mati sama seseorang. Ane setengah mati belajar sketsa wajah dan alhamdulillah ada hasilnya

Nih ane share satu gambar ane yang agak 'normal' masih jelek

Gambar ane kebanyakan telanjang, hehe



Emang sih, enak banget bisa gambar tuh, kayanya jadi bebas sebebas-bebasnya. Kalonada yang minta gambarin.sih masih ane layanin (bayar tapi ). Kalo yang suka nyela tuh yang pengen ane tabokin

Quote:Original Posted By dhikafyn

btw ini karya ane gan hehehe background art buat film animasi hehehe



Para kaskuser pun setuju gan

Quote:Original Posted By approve.cc
Setiap keindahan adalah seni

Quote:Original Posted By Pazonda95
wah pas banget nih trit ini buat ane....
ane ngambil jurusan desain grafis, tapi makin kesini lbh seneng bermain seni rupa

mmg kesel ga main2 klo misalnya org awam bilang
"ah elah...gambar doang...apa susahnya..."

Padahal dalam batin ane
Menggambar itu sama susahnya setara mengerjakan pelajaran Kimia+Matematika+Fisika dalam satu waktu sekaligus

Bener ga?
kalo ane sih merasa iya

CMIIW

Oh iya satu lagi,
biasanya orang seni identik dengan rambut gondrong (malah gondrongnya ga maen2, cowo rambutnya bisa kek Anggun C. Sasmi )
klo org awam ngeliat, past udh mikir yg jelek2




Quote:Original Posted By auzanoor
Kebebasan adalah seni. Mereka punya jalan sendiri sendiri ternyata. Mereka juga punya pendapat sendiri tentang seni yang mereka ciptakan. Mereka perlu diapresiasi gan, tanpa mereka kita mungkin kurang berwarna. Ide ide mereka yang menghias langit langit dunia dengan goresan dari tangannya.

Quote:Original Posted By asianboy168
Kalau Gak Bisa Menghargai Seniman Lebih Baik Diam Gan...


Quote:Original Posted By kruingputih
Sebenernya kemampuan sang seniman yg patut kita hargai. Seni itu gak bisa diukur pake meteran (gak ada standar). Hasil karya seniman itu manifestasi dri kemampuan dari sang seniman. Walaupun nilai rupiah sebuah karya seni susah utk diberikan (karena tdk ada standar), tp bukan berarti sang seniman berpantang memberikan nilai rupiah utk karya seninya. Betul tak? Betul..betul..betul

Quote:Original Posted By lebah.ganteng
Waah kebetulan niih blm lama ngalamin yg kayak TS jabarkan....
Ane pernah bikin lukisan psychedelic dan kebetulan ada yg nyeletuk (kek nya msh anak2 alay gitu) kalo lukisan ane itu abstrak gaje gitu katanya... Sumpaah nusuk bgt gan, kalo seandainya dia tau cara bikin lukisan macem psychedelic itu kayak gimana, pasti udh diem seribu kata tuh orang

Salam GANTENG

Quote:Original Posted By mukamukaos
ane juga anak seni, rasanya pengen ane tonjok orang yg bilang kek gitu. Apalagi cara ngomongnya itu belagu kek dia yg paling tau dan paling bisa. Wake up man! ini seni, bukan sesuatu yg tiba2 jatuh dari langit. Dikira gampang kali buat 'sebuah karya seni'

Quote:Original Posted By olanyu
jangankan yang pake kanvas gan... temen ane seorang WPAP er gan... dia aja marah kalo karyanya ga dihargai




bukan hanya seniman senirupa/pelukis aja gan, nih musisi juga berkata
Quote:Original Posted By cultrave
Iye gan bener bgt
Pernah misal lagi remix lagu trus kasih snippet versionnya.
Ada aja alay yg ga ngerti langsung judge sekena jidad.
"Alah bikin musik apa susahnya? cuma maen software gitu.."
Nih ane kasi tau.
Minimal 1 tahun sampe bnr2 nguasain DAWnya.Belum lg plugin eksternal yg muahal ga ketulungan disamping DAWnya yang ga kalah mahal.
Komposisi nada, tempo, automation, filter, mixing, mastering, banyak dah yg kudu dipelajarin.

Aplg kalo ketemu yg minta aransemen lagu scr gratis.NGOK!
Minta tampol sampe goblok





Alhamdulillah TS jadi malu

Quote:Original Posted By sherz
keren gan karya TS

klo TSnya open commision boleh lah kabar kabari


TS juga manusia biasa yang mempunyai kesalahan, alhamdulillah ada kaskuser yang membenarkan kesalahan TS gan
Quote:Original Posted By bennyvintage
menjiplak itu melihat "lukisan"/sesuatu yg sudah di buat org lain dari object aslinya. Kalau gw liat aliran lukis lu... Lu aliran yg RAWAN menjiplak! coz? Aliran lu aliran yg hitam putih kalau bahasa kampretnya ya singlecolour. Buanyak bgt yg membuat lukisan seperti itu. Beda lagi dengan single colour yg melukiskan suatu sifat asli. Misal: lu gambar obama gitu. (Ane yakin 80% ente kaga bisa) . segala sesuatu itu ada ilmunya... Kalau kita buka google trus kita NYONTEK dengan alesan mencari object lukisan itu berarti kita BELUM seniman. Memang seniman itu bakat, tetapi menjadi seniman itu perlu ilmu perlu sekolah. Affandi contoh... Biar dia udah sangat nyentrik dan mempunyai gift bawaan lahir gitu dia tetap sekolah tinggi seni. Basuki abdullah, joko pekik... Jangan ngomongin davinci dulu.

Jadi poinnya kita perlu melihat KARYA kita sebelum menentukan apakah kita pantas melabeli diri kita sendiri dengan kata" seniman/artist. Kalau cuman modal kuota dan pengsil dan kita sudah ngaku" seniman itu menurut saya lucu. PAGE ONE




Bener gan
Respect
Trus gue kudu bilang kamujahat21 itu maho ?
Yaa maho

Karya ts bagus juga
Setiap keindahan adalah seni
itu beneran kata-kata yang menyakitkan ya gan...
hargailah semua karya seni seorang seniman
selama memang kita tidak bisa membuatnya
kecuali kalo emang kita lebih senior siih
keren gan karya TS

klo TSnya open commision boleh lah kabar kabari
gan TS... "Gambarin Gue dong"

bener banget gan, nanti si seniman marah
Iya gan jangan pernah banding bandingi karya seniman satu dengan lain nya
Intinya saling menghargai
ane gak pernah ngomong gitu gan ke mereka
"Gambarin gue dong" (gretongan)

Ya jelas aja si seniman marah.. harga kanvas, kuas sama cat saja udah brp.. apalagi cat ma kuas made in eropa..






Kalo yg ga boleh dikatain ke Maho apa btw?
seni adalah suatu mahakarya abadi...
Ane setuju sama TS! Ane sering kasih tau para alay, untuk bisa menghargai karya orang! tapi malah bilang ga terima kritik..


Pemikiran alay masih bebal dan primitif
Quote:Original Posted By kamujahat21
Intinya saling menghargai


Bukan minta dihargai, tapi cukup dimengerti aja bray..
wah menghina tuh,

kayaknya semua profesi kalau dapat hinaan macam itu sudah pasti marah lah.
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8


Bukan minta dihargai, tapi cukup dimengerti aja bray..


Bener gan.

Tapi tapi, ini apaQuote:Original Posted By ilhamramadhani8
Ane setuju sama TS! Ane sering kasih tau para alay, untuk bisa menghargai karya orang! tapi malah bilang ga terima kritik..


Pemikiran alay masih bebal dan primitif


Gembok dah
jangan ada yg bikin marah kamujahat21

Mulai skrg kamujahat21 saya angkat jd Asisten Admin.

ANCAMAN BANNED bagi yang menyakit hati kamujahat21

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar