Pages


Senin, 04 Januari 2016

Tempat dan Situasi Paling dibenci oleh Sopir Pemula Baru Bisa Bawa Mobil (Plus Tips)

Quote:

Thanks to : Mimin, KASKUS.Officer, Momod (all room), dan KASKUSer sedunia^^



Quote:

Halow apa kabar bray......? Ketemu lagi sama gua pria nyaris paling ganteng se-KASKUS raya.

Di hari kedua di tahun 2016 ini gua mau sedikit berbagi cerita tentang kegelisahan dan kegondokan yang sering dialami oleh para sopir pemula (khususnya mereka yang baru bisa nyetir mobil dengan transmisi manual). Jadi gini bray :


Biasanya orang yang baru belajar bawa mobil bakalan ngerasa sumringah kalo nemu jalanan yang lurus, lebar dan sepi. Hatinya selalu berharap "Mudah mudahan gua gak nemu truk gandengan dan pasar tumpah". Maklumlah bray namanya juga baru belajar nyetir. Orang gua aja dulu gitu kok......


Tapi yang namanya jalanan sama aja kaya hidup bray, kagak lurus melulu, kagak mulus melulu. Pasti ada bolak belok dan nanjak turunnya.....Nah pertanyaannya adalah apakah mereka yang baru belajar bawa mobil siap kalo nemu jalanan yang macet, penuh belokan, apalagi nemu tanjakan dan turunan yang curam?

Berikut adalah beberapa tempat dan situasi yang biasanya paling dihindari dan paling dibenci oleh sopir pemula dan mereka yang baru belajar bawa mobil. Langsung aja bray kita ke TKP.....



UPDATE :

Quote:Ketemu emak emak bawa motor



Hahahahahaaa baru aja belajar bawa mobil, tiba tiba ketemu atau papasan sama emak emak bawa motor? Mendingan lu pinggirin mobil terus cari warung kopi dulu...Kalo ada laut mendingan lu berenang aja sekalian

Inilah dia makhluk terindah ciptaan Tuhan, paling kita sayangi. Sekaligus paling menjengkelkan kalo doi lagi bawa motor. Pokoknya emak emak bawa motor adalah si penguasa jalanan dan lu kudu ngalah. Ngelawan lu pasti dikutuk jadi batu.

Bawa motor di tengah mulu, diklaksonin pura pura budek, disuruh minggir malah ke tengah, mau ke kanan malah ngasih sein kiri, belok kiri malah ngasih sein kanan.....Bingung kan lo?



TIPS :


Spoiler for :
Asli kali ini gua bener bener gak punya tips apapun kecuali lu berdoa sama Tuhan, SEMOGA KITA SEMUA DISELAMATKANdan kembali ke rumah masing masing dengan selamat....




Quote:1. Jalan penuh dengan kelokan tajam



Nah, setau gua bray.....mereka yang baru belajar bawa mobil biasanya paling males kalo nemu jalanan yang banyak belokannya. Tapi gua maklum bray namanya baru belajar bawa mobil mungkin rada rada keder atau sedikit grogi.

Buat para sopir pemula yang baru belajar bawa mobil situasi seperti ini memang agak bikin repot. Soalnya harus sedikit hati hati, ngeri kalo beloknya tekor atau tiba tiba nongol mobil gandengan dari depan.....



TIPS :

Spoiler for :


1. Intinya lu kudu fokus dan konsentrasi. Perhatikan "blind spot" yang bisa menghalangi pandangan lo ke depan ketika belok ke arah kanan.

2. Perhatikan posisi mobil supaya tetap di lajurnya (gak terlalu tengah dan gak terlalu pinggir). Ini penting ketika lo melewati banyak belokan yang samping kiri lu adalah jurang. Patokannya adalah garis tengah jalan aja (kalo ada).


3. Setelah mulai faham, coba lu pelajari tentang teknik line "Turn in and Apex". Maksudnya titik dimana lu harus masuk dan keluar pada setiap tikungan.






Quote:2. Nemu pasar (tumpah) rame banget



Pas lagi enak bawa mobil tiba tiba di depan ada pasar tumpah rame banget. Pedagang kaki lima sampe maju ke bahu jalan. Emak emak seliweran bawa belanjaan bolak balik nyebrang jalan. Bikin deg degan aja bray......

Inilah salah satu lokasi atau titik dimana para sopir pemula yang baru belajar bawa mobil bakalan gondok setengah mati.....

Pegimana kagak deg degan bray...? Namanya baru belajar bawa mobil liat pasar tumpah rame banget kan serem bray. Salah salah malah nyerempet pedagang kaki lima, becak atau gerobak cilok



Quote:3. Parkir di atas gedung lantai paling atas



Elu tau dong kalo di mall atau gedung gedung tertentu biasanya suka ada parkiran (parking deck spiral) yang di atas?! Nah bagi orang yang baru bisa bawa mobil ini adalah salah satu tempat parkir paling dibenci gak ketulungan.....

Gimana kagak gedek bray? Lu bayangin aja mereka harus naekin mobilnya muter muter gedung sampe ke atas. Dalam situasi seperti ini biasanya udah kepikiran yang jelek jelek aja. "Waduh nanjak kagak ya? Mundur kagak ya?"



TIPS :

Spoiler for :


1. Sebetulnya melalui ramp sama aja kaya lu ngelewatin jalan yang menanjak atau menurun. Bedanya cuma pada ruang gerak mobil lo yang sedikit lebih terbatas, terutama buat ramp berbentuk spiral yang membutuhkan fokus lebih dalam.

Perhatikan baik baik lebar jalan, trotar, tinggi atap dan dinding kanan kiri lo (jangan sampe tekor atau nyerempet). Sisanya lu cuma butuh sedikit keahlian dalam memainkan irama gas dan kopling. Secara umum tekniknya sama aja kaya di tanjakan biasa.

Saat mobil lo udah melaju di ramp parkir, pastikan mobil berada di tenaga puncak mesin. Kalo mobil bertransmisi manual, pake gigi 1 atau 2 supaya mobil lo gak meluncur terlalu cepat saat jalannya menurun.

Dan saat menanjak, lepas aja pedal kopling dan injek pedal gas sesuai kebutuhan. Jangan terlalu dalam nginjak pedal gas karena bisa mengakibatkan mobil terpental. Jangan terlalu sedikit juga, soalnya bisa bikin mesin mobil lo mati mendadak.

Ingat! Hindari menggunakan metoda ‘setengah kopling’ dalam waktu relatif lama. Soalnya bisa bikin plat kopling cepat panas dan bau terbakar

Terus kalo mobil bertransmisi otomatis pegimana? Pertama pastikan tuas persneling bukan di posisi D (drive). Tempatkan posisi transmisi di L (low) atau 1. Prinsipnya sih sama aja kaya mobil bertransmisi manual yang pake gigi 1. Maksudnya biar gampang saat nanjak dan bisa menahan laju mobil lebih baik saat menurun.




Quote:4. Ketemu jalan sempit panjang banget



Hahahaaaa ini dia bray salah satu titik yang juga dibenci sekaligus paling dihindari oleh mereka yang baru bisa bawa mobil....

Ini kenyataan bray bukan omong kosong. 90% lebih orang yg lagi belajar bawa mobil biasanya suka bingung plus deg degan kalo harus lewat jalanan sempit yang cuma bisa dilewati satu mobil doang. Pas nemu jalan beginian kebanyakan orang yang baru bisa bawa mobil mikirnya gini : "Kalo pas di tengah tengah papasan sama mobil pegimana gua mundurnya?"



TIPS :

Spoiler for :
Sebetulnya caranya gampang gampang aja bray. Lakukan aja hal ini :

1. Sebelum masuk gang atau jalanan sempit (cukup satu mobil doang). Lu pastikan dulu kalo di depan gak ada mobil yang mau lewat. Saat lo mulai masuk gang tersebut, lu gak usah repot repot nengok kanan kiri karena takut body mobil kena tembok. Cukup lu liat satu dinding aja (mau yang kanan atau kiri terserah lo).


2. Kalo ternyata pas di tengah tengah lu papasan. Mendingan lu gak usah mundur, suruh aja mobil di depan lo yang ngalah buat mundur. Bilang aja lu lagi belajar gitu...:




Quote:5. Ketemu macet total di tanjakan jalan layang



Panik, bingung kudu nginjek gas, kopling, dan pedal rem ......Di gas kekencengan takut nabrak mobil depan, lupa ngerem ngeri mundur terus nabrak mobil belakang. Mesin mobil mati melulu. Terus lu mau ngapain bray? Dorong aja bray wakakaakakakak

Ini dia bray salah satu titik dan situasi paling "mengerikan" buat pemula yang baru bisa bawa mobil. Lu "kejepit" di tengah tengah tanjakan jalan layang (khususnya jalan layang Tomang). Di sinilah nyali lu diuji.......Sebuah situasi yang akan bikin lu tegang dan keringetan.

Ngoahahaaha gua pernah bray ngalamin yang ini....Kampret bener dah bray. Lagi belajar bawa mobil mau masuk tol dalam kota di Tomang. Tiba tiba pas mau nanjak macetnya minta ampun.....



TIPS :

Spoiler for :
Kalo ngadepin situasi kaya begitu lu gak usah panik bray. Lakukan aja hal ini :

1. Kalo di tanjakan tinggi macetnya panjang dan lama mendingan lu netralin gigi mobil dan tarik rem tangan. Jangan lupa lu tarik nafas juga....


2. Kalo macetnya biasa (singkat), coba lu pake teknik "Setengah Kopling". Caranya lu injek setengah gas dan setengah kopling (pake perasaan). Mobil gak akan maju dan gak akan mundur.

Pas mau jalan lagi, lepasin atau angkat pedal kopling pelan pelan, sambil menekan pedal gas. Cuma aja cara ini relatif bikin bensin lu boros dan bikin kampas kopling cepet aus...




Quote:6. Jalanan nanjak melulu kena macet pula



Belajar bawa mobil transmisi manual di tanjakan Puncak Bogor, Puncak Habibi Sukabumi, Kelok 9 Sumatra Barat, dan tanjakan tanjakan ekstrim lainnya? Ngoahahahaaa iya kalo jalannya lancar...Lah kalo pas macet jalannya kaya keong? Kalo gua sih mendingan pura pura mati bray...

Kaki bergetar, keringet dingin bercucuran........Inilah situasi yang bakal dirasakan oleh kebanyakan orang yang lagi belajar bawa mobil di tanjakan yang curam dan panjang. banyak belokannya pulak...



TIPS :

Spoiler for :
Lakukan saja teknik seperti di nomor 5






Quote:Ngoahahahahaaaaa..........

Oke bray sementara itu aja dulu cerita yang bisa gua bagi. Kalo ada yang punya pengalaman seru dan menegangkan seputar belajar bawa mobil, lu bisa share dimarih bray....




Quote:Beberapa foto dan video diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.
KOMENTAR KASKUSER SEPUTAR PENGALAMAN BELAJAR BAWA MOBIL DI KONDISI YANG MENJENGKELKAN


Quote:Quote:Original Posted By The.Onymus
Saat tanjakan sering mesin mobil mati dan yg dibelakang antrinya panjang.

Tipsnya Gampang:
Pertama. jangan panik.
Kedua. injak rem diikuti dgn menarik rem tangan.
Ketiga. buka pintu mobil dan turun.
Minta maaf di mobil belakang. Dan bilang lo baru belajar bawah mobil


Quote:Original Posted By MG1
Klo ane dulu waktu pertama kali bisa bawa mobil, ane bisa dibilang nekat... mau halangan kayak gmn ane lalui dengan santai dan mudah... tp hanya satu yg paling bikin ane jengkel, ketika harus nyalip ibu" pake motor... mnurut ane ini ujian terberat ane... paling berat meenurut ane... diklakson ga ngerespon tuh ibu, di salip dar i kanan dia ikut ke kanan, dari kiri sama jg... yaudah ane menyerah...

Klo yg kedua sih, pas tanjakan kena macet, pas di gas lupa nurunin gigi perseneling al hasil mati mesinnya, di belakang udh banyak kendaraan, dan banyak motor yg nyempil di blakang mobil ane.. makin bikin panik, ane berharap ane bisa jadi hulk aja klo ud gini, turun dari mobil angkat mobilnya ketempat yg lebih rata...


Quote:Original Posted By nickhan
jadi inget pertama kali ane baru bisa nyetir gan.. ane nyetir otodidak, g ada yg ngajarin, bisa sendiri keseringan naek angkot duduk di depan, liatin abang sopir maenin gas kopling rem nah pas ane kerja, ane coba2 merasakan nyetir pake mobil kantor, dan ternyata ga sesulit yg ane bayangkan..

waktu itu ane nekat bawa mobil dari tempat ane kerja (bondowoso) pulang ke malang, jalannya komplit gan, ada kelok2nya pas keluar kabupaten, ada pasarnya, ada jalan sempit, ada macet di jalan tanjakan hahaha

sumpah 5 jam ane nyetir basah keringetan takut nabrak


Quote:Original Posted By Uesugikenshin
paling males kalo ketemu pasar tumpeh
udah sempit + banyak orang + banyak pedagang.
nyenggol orang lagi jalan atau nabrak grobak kan brabe


Quote:Original Posted By gaarafox
pas mo naik kapal ferry gan.. lebih horror lagi gan, sempit nanjak pula..


Quote:Original Posted By tacticool
harus berbalik (u turn) di jalanan padat bgt.. pada ga mau kasih jalan dan ngeri tekor atau nyenggol kendaraan lain


Quote:Original Posted By killerpizza
kalo macet tanjakan di rem tangan terus mau jalan, enakan pake rem tangan aja gan, sambil gas sama kopling biasa nginjek pas mau maju awal terus rem tangannya di lepas dikit dikit enakan gitu daripada nginjek kopling setengah, ngabisin kopling cepet aus ane dulu sering di omelin kalo nginjek setengah kopling, kalo tanjakan gitu, udah panik di omelin lagi


Quote:Original Posted By tabcapslock
Baru mau belajar Bawa Mobil nemu Thread bermanfaat,Thanks


Quote:Original Posted By emvi74
Jadi keinget pas kejebak macet arus balik d daerah malangbong.
Pas nanjak kena macet, keringet dingin
Untung aman2 aja


Quote:Original Posted By mdepay
Wah ane belajar nyetir pas dikampung, jalannya sempit klo papasan sama mobil lain suka keringetan belum lagi nanti lewatin pasar
Dan 1 lg klo hari libur ditanjakan suka macet sama kendaran dari kota yg mau liburan


Quote:Original Posted By Rikidroid
Udah 13 tahun ane bisa nyetir gan, tp bila ketemu no 2,4,5,&6 ttp aja ane stres. .


Quote:Original Posted By run.exe
macet d tanjakan itu yg paling sesuatu.. antara setengah kopling ato rem tangan.. tp temen ane bilang pilih yg menurut lo paling gampang aman dan lo yakin..


Quote:Original Posted By PLUR.
Solusinya paling enak pura2 mobilnya macet aja bray,nunggu sampai lancar,enth itu brapa hari nunggunya,sembari nunggu jln lancar kan bisa ke warkop dulu,atau misalnya kmlamn bisa cari hotel dulu dan tinggal aja mobilnya di jln biar di bkr orang bnyak


Quote:Original Posted By nyateee
Ane yang sama sekali belom mulai belajar nyetir mobil kok malah jadi agak anu ya gan padahal ibu ane udah nyuruh belajar aja biar cepet2 bisa nganter2 doi...


Quote:Original Posted By andreshinthink
Wktu awal2 ane malah deg degan am yg namanya lampu kuning dlm keadaan ane masih agak jauh
Mw genjot tkut tiba2 merah
Mw ngerem lampu kuningnya agak lama
Serba salah wktu it


Quote:Original Posted By kebonlangit
Ane baru bisa bawa mobil gan. Paling males kalau masuk mall. Ga pede parkir masuk mall nya. Bener kata agan. Uda kepikiran yg aneh2 aja. Masuknya nanjak gak ya. Macet di tanjakan gak ya. Parkirnya ntar susah gak ya. Yang lebih parahnya lagi, saking grogi ane ampe kepikiran parkirnya ntar lewat mana ya. Wkwkwk pdhl tinggal ikutin jalan aja.


Quote:Original Posted By findo45
kalo ane baru pertama belajar paling susah nanjak ..udah itu macet lagi
sampe2 gemetaran kaki



Quote:Original Posted By kirina
Makanya waktu disuruh belajar nyetir mobil gw nolak gan, belum punya nyali.
Gw mah motor juga baru bisa


Quote:Original Posted By expert23
wkwkwk ane bray bacanya sumpah memang bener banget, jangan yang baru belajar bray ane aja yang udah lama tetap keringetan kalo nemu momen2 seperti ntu terutama ditanjakan curam yang macet pula.


Quote:Original Posted By kirashinigami
waktu belajar mobil manual,ane paling nervous kalo ketemu jalan nanjak terus macet/padat merayap. susah ngatur kopling,gas,sama rem wkwkwk.
kalo udah ketemu kayak gitu,tarik rem tangan terus kasih deh setir nya sama yang ngajarin


Quote:Original Posted By rondeanget
Pengalaman ane yg gak terlupakan.
1. Pertama belajar pake mobil temen xenia langsung dilepas dijalan. Alhamdulillah ga nabrak. Setelah itu hari berikutnya pake mobil sendiri tanpa pamit ortu. Haha
2. Bawa mobil ortu langung ke semarang jarak dari kota ane sktr 3 jam kalo naik mobil. Itu trrmyata macet parah pas perbaikan jalan. Dan parahnya lagi macetnya di kawasan pabrik. Dan lebih parah abis nya lagi. Macetnya pas tanjakan. Dan itu bener bener ujian cobaan yang ngak mungkin bisa ane lupain. Baru kmrn belajar. Hari itu udh bgtu cobaannya.
Tp kalo ditanya temen. Gw bilang udh santai aja. Aman kok. Pdhl dalam ati ane. Mampus nih kalo macet ditanjakan. Ane murni cuman ngandalin insting ane. Alhamdulillah selamat sampe rumah.
Nah sampe rumah baru deh jujur kalo dari semarang. Hahaha
Itulah pengalaman greget ane


mntap kandang naga
Passs banget ini tips buat ane, tsnya emang the best
..
Ts nya
mantap bray ane gak bisa nyetir mobil, jadi penumpang aja deh
top abisssss
Quote:Original Posted By thonyorz
top abisssss


di DP ada yg baru bray
Hati hati ,konsentrasi ,waspada, tahan emosi mamen
ane malah ngakak liat foto ente bray
udah lupa rasanya belajar nyetir dl gimana
Pasar tradisional ama terminal koh

Owe paling benci doelo pas belajar nyetir nemu tempat gituan
Sebagai klonengan paling berbahagia sekaskus raya gua juga pernah merasakan betapa tegangnya ketika belajar bawa mobil manual nemu tanjakan tinggi. Macet pulak
hehe...jadi teringat waktu dulu belajar nyopir...ane dulu groginya waktu di tanjakan & belajar parkir
blum punya mobil bray..
Ts nya baru bisa nyetir ya...
belajar bawa mobil pas di parkiran spiral muter2 mendingan gua disuruh panjat pinang jja bray
Oh jadi gitu toh .. Iyak sih bener juga..
gile yg no1 butuh skill bree
amit amit bray serem klo nanjak malah malah mundur
gambarnya bagus gan..
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar