Pages


Sabtu, 26 Maret 2016

Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang

Selamat Siang GanSis.

Kali ini Zound melaporkan untuk segenap Kaskuser di seluruh dunia.

Thread ini berawa dari ketika Ane pulang kantor bulan Februari lalu. Kondisi malam hari sekitar jam 8. Kala itu ane nyetir sendirian melewai jalan H.R. Rasuna Said arah ke Gatot Subroto. Ketika melewati perempatan Kuningan, tepat ketika hendak belok ke kiri, ane diberhentikan oleh seorang petugas polisi. Sedikit kaget, karena ane merasa gak melanggar kesalahan apapun, dan karena ane juga seorang pengendara taat, ane gak sedikit pun merasa khawatir. Surat-sura ane lengkap dari mulai SIM, STNK, dan Surat cinta pun ada.

Usut punya usut, Pak Polisi memberhentikan ane karena lampu sebelah kanan ane mati.
Kurang lebih begini percakapan Pak Pol dan Ane.

Spoiler for percakapan:
PakPol: Permisi mbak, lampunya mati yang kanan. Boleh liat surat-suratnya mbak?
Ane: Woh iya sebentar pak.. Lampu saya mati baru nih kayaknya, tadi pas jalan masih nyala..*sambil ngasih surat-surat*
PakPol : iya Mbak. Mbak saya tilang ya...
Ane: *dalam hati gondok karena pembelaan ane gak diterima* oke pak..
PakPol: *Ngeluarin Surat Tilang tapi gak kunjung menulis* Jadi mbak gapapa nih ya saya tilang?
Ane: Emangnya bisa gak ditilang pak?
PakPol: ya terserah mbak, kalo ditilang kena 150 ribu..
Ane : *mengernyit heran ama maksud pertanyaan Pak Pol* Yaudah tilang aja pak..
PakPol: Saya tilang nih ya?
Ane : *mulai kesel karena Pak Pol nanya mulu kayak karyawan baru* Iya pak, tilang aja...


Dikasihlah ane slip merah. Tanpa nawarin dulu mau slip yang mana. Ane saat itu lupa juga kalau kita mendingan pilh slip yang mana. yaudah ane tanda-tangan dengan pasrah dan menyerahkan SIM ane untuk ditahan. Dalam hati, ane empet berkecamuk malas ribet dan mau damai aja biar langsung kelar. Tapi ane pikir lagi, apa bedanya dong ane sama koruptor-koruptor yang ane benci itu, ane mending menjalani prosedur aja dah daripada biarin tu polisi makan duit haram.

Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang

Lalu melengganglah ane pulang ke rumah. Prosedur sidang tilang baru dilaksanakan 2 minggu setelahnya, biasanya memang hari Jumat Gan.
Saat Jumat yang dinanti tiba, berbekal izin datang siang sama bos Ane, ane datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (karena waktu itu ditilangnya di wilayah Jakarta Selatan) untuk menjalani sidang. Ini kali pertama ane sidang di PN Jaksel. Ditemani adek ane, ane pun mendarat sekitar jam 8 Pagi. Baru aja parkir, si tukang parkir udah nawarin calo.

Spoiler for percakapan 2:
TP: Mbak, mau dibantu mbak? Cepet mba ga sampe 5 menit
Ane: emang rame pak?
TP: wah rame banget mbak, bisa 2 jam antriannya..
Ane: dibantu emang berapa pak?
TP: 200 aja mbak cepet mbak..
Ane: *gw mau ikut prosedur yang bener ngapain juga pake calo* gak deh pak
TP: *mulai melas* 170 deh mbak, saya cuma buat beli minum
Ane: maaf pak, saya langsung aja


Dan gw pun melipir ke dalam. Membasmi calo itu sulit, meski PN Jaksel ini udah pampang tulisan se-gede-gede gaban untuk membasmi calo, tapi yaaa selalu ada aja caranya kan.

Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang

Masuk ke dalam, ane memang melihat antrian yang panjang banget. Mereka mengantri di depan ruang sidang sambil nunggu dipanggil. Jadi kita harus ambil nomor dulu Gan. Karena ane baru pertama, ane celingak-celinguk linglung aja sampai ada seorang bapak petugas yang ngasih tau kalau ada antrian khusus cewek. Ternyata, antriannya gak sepanjang antrian yang ane lihat tadi. Malah cenderung sepi.

Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang
Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang
Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang

Setelah ngantri, ane dikasih nomor tunggu, tapi bapak petugas yang di dalam loket nanya nama ane dan minta ane untuk tunggu sebentar. Setelah menunggu cuma 5 menitan, diapun minta ane bayar 100 ribu, dan setelah ane bayar, nomor antrian ane diambil lagi dan SIM ane dikasih. Sempat bengong sesaat karena ane gak tau langkah berikutnya apa yang harus ane lakukan, sampe bapak-bapak di sebelah ane negor.

Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang

Spoiler for percakapan3:
BB: Udah neng, boleh pulang.
Ane: lah udah kelar pak?
BB: Iya, udah dapet kan SIM nya?
Ane : Udah...
BB: Yaudah pulang...


Masih sambil agak bengong, ane pun ngeloyor pergi.

Itulah kisah ane saat ditilang dan nebus SIM. Intinya, ane cuma mau bilang beberapa hal :

1. Mengikuti prosedur yang baik memang ribet, tapi gak seribet yang kalian bayangkan kok. Ada kepuasan sendiri ketika kita berhasil terhindar dari godaan KKN.

2. Kemudahan pengambilan SIM udah disediakan untuk Sista, jadi jangan takut untuk urusin semuanya sendiri.

3. Pemberantasan KKN, damai atau apapun itu, termasuk calo, perlu didukung ama kita-kita juga Gan. Suka protes karena polisi bisa disogok? Ya Gan-Sis juga jangan ngajak damai dong! Protes calo mahal dan lain-lain, ya jangan pakai calo! Kalau jasa mereka udah gak dibutuhin lagi, dengan sendirinya mereka akan musnah dari muka bumi.

4. Akhir kata, hati-hati berkendara Gan-Sis! Lengkapi surat-surat, dan atribut keamanan, jangan bertingkah buruk di jalanan, karena yang bahaya bukan diri kalian aja, tapi orang lain juga.


Terima Kasih udah nyimak thread sederhana ane, sampai Jumpa.
Saya Zound melaporkan untuk KASKUS


Antrian Khusus Perempuan, Memudahkan Sista Sidang Tilang


ane bantu aje ye
biar gak umpek2kan nih ya, bagus juga idenye
oohh git ya sis. ane baru tau ada antrian khusus
kalau jujur malah lebih murah ya sis
mantabh dah ah
ane juga pernah gitu gan...

sama cuma seratus rebu
Ini nama nya bukan emansipasi wanita,kata nya mau emansipasi wanita biar bisa di samakan dengan laki laki,kalo gitu sono ngantri kaya laki laki lain nya
pake calo malah lebih gak capek ndan.
jadi lebih enak yah
tapi jangan sampai kena sidang tilang sih
antrEan
antrean khusus laki-laki adakah? khusus anak2? lansia? difabel?
Quote:Original Posted By blackfire666
Ini nama nya bukan emansipasi wanita,kata nya mau emansipasi wanita biar bisa di samakan dengan laki laki,kalo gitu sono ngantri kaya laki laki lain nya


faktanya di berbagai aspek, selain mendapatkan emansipasi, tapi mendapatkan "perlakuan" khusus.

Quote:Original Posted By blackfire666
Ini nama nya bukan emansipasi wanita,kata nya mau emansipasi wanita biar bisa di samakan dengan laki laki,kalo gitu sono ngantri kaya laki laki lain nya



kebangetan ente gan
kadang w merasa sangat tidak setuju kenapa adanya spot khusus untuk wanita seperti antrian khusus wanita, gerbong khusus wanita. wanita dan lansia atau penyandang disabilitas berarti lemah yah yg harus di priotaskan?? klo lansia dan penyandang cacat ok lah bisa ane terima kalo wanita... itu namanya diskriminasi.
Ehhh, diskriminasi ini namanya. Wanita atau pria sama2 salah, di tilang kok di beri kemudahan.
Jeuuh, besok2 muncul tuh calo khusus wanita biar cepet.
Yang ane gk suka itu. Tulisan polisi bagusin dikit kek kalo bikin surat tilang. Sok2an ngikutin tulisan dokter. Gk bisa kebaca tulisannya. Hebat itu hakimnya langsung tau pelanggarannya. Kitanya gk tau
nah itu dia... padahal hindari calo tulisan nya gede", tuh calo padahal di halaman pengadilan. tp napa ga di berantas sih ya
Sicalo itu diibaratkan jalan tikus gan
kalau ane sih mending jujur aja, dari pada bayar kecalo mending dipake ngopi sambil nunggu antrian
Hidup calo sist
wow
ini gender equality-nya dimana yak?
kesetaraan gender
gagal paham ane


ternyata di atas byk yg sekomeng ama ane

sepengetahuan ane, di beberapa negara eropa juga gak ada tuh antrian khusus wanita
ada juga khusus lansia, ibu hamil, ibu beranak dan penyandang disabilitas

apalagi sampe ada gerbong khusus wanita
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar