Pages


Rabu, 30 Maret 2016

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Tau nggak gan event yang lagi banyak diminatin dan diobrolin sama masyarakat dunia? Event yang lagi ngetrend ini namanya HACKATHON. Yuuhuuuuu

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Kalo denger kata-kata "hack", biasanya otomatis kita akan langsung berpikir kalau acara ini akan hubungan sama komputer. Emang sih masih ada tipis-tipis kerabat sama komputer dan teknologi, tapi sekarang udah nggak komputer-komputer amat kok gan. Event besar ini udah berubah dari dunia kompetisi computer programming, menjadi tempat lahirnya inovasi penting dan berguna dalam berbagai industri. Acara ini akan mengundang masyarakat dari berbagai daerah untuk memecahkan berbagai masalah yang ada di dunia dan membuatnya lebih baik lagi lewat teknologi. Serta akan membuat suatu perubahan penting dalam berbagai sistem yang mereka tuju hingga dapat memberikan dampak besar pada dunia. Contohnya aja, acara Hackathon digunakan untuk membuat teknologi di bidang medis, membuat aplikasi gaya hidup, inovasi dalam media sosial, dan memecahkan berbagai isu lainnya. Hackathons ini juga masih terus berkembang ke berbagai industri lainnya lagi.

Oh iya gan, di Indonesia sendiri udah ada looh acara-acara Hackathon kayak gini. Contohnya aja ada Hackathon Merdeka, yang udah diselenggarain 3 kali. Dan di tahun 2015 lalu, Hackathon Merdeka 3.0, mengadakan acara ini dengan tujuan memabangun solusi IT untuk membantu memecahkan masalah korupsi dan integritas dalam masyarakat, institusi, dan pemerintahan Indonesia.

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Selain acara Hackathon Merdeka, ada juga Hackathon lain, dan kerennya lagi acara Hackathon satu ini dilaksanainnya di Istana Negara looh gan. Jadi nyesel ane waktu itu nggak ikutan acara ini, lumayan bisa brainstorming sambil jalan-jalan di Istana Negara gan Kalau acara ini diselenggarainnya semalem suntuk gan. Dan dalam acara Hackathon yang diadakan di Istana ini untuk membuat website atau aplikasi yang paling oke untuk memperingati 70 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Gimanaa gan acara Hackathon ini? Nggak cuma seru, tapi juga unik dan pastinya keren kan gan. Kita bisa ngumpulin dan saling sharing tentang ide kita, siapa tau ide ini nantinya bisa buat Indonesia atau bahkan dunia jadi lebih baik lagi. Acara ini tempatnya juga unik-unik gan. Masa bikin event di Istana Negara gan. Acara mana lagi tuh yang bisa diadain di Istana kayak gitu gan? heheh. Eh mau ikutan acara Hackthon kayak gini nggak gan? Ane sih pengen banget ikutan. Seru soalnya, kita jadi bisa brainstorming dan nuangin ide-ide gila dan kreatif Apa lagi sebentar lagi bakalan ada Hackathon lagi nih di Indonesia, nggak sampe sebulan lagi kook gan.

Ini diaa looh acara seruu yang nggak sampe sebulan lagi itu gan

Spoiler for FINANCIAL HACKATHON:
Financial Hackathonatau Finhacks 2016.

Finhacks ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan percepatan inovasi digital Indonesia di bidang financial technology (fintech). Hackathon ini pun diadakan untuk memberikan kesempatan kepada para inovator buat melahirkan berbagai produk digital di bidang finansial. Puncak acaranya akan diadakan pada tanggal 23-24 April 2016 dan bertempat di Segarra Beach Ancol, Jakarta dengan tema #HackByTheBeach. Asiik banget kan gan, acaranya diadain di pantai gitu, selama sehari penuh para pesertanya akan berkolaborasi untuk melahirkan aplikasi modern di bidang finansial. Mantaap kaan, sambil mikirin ide-ide baru sambil minum es kelapa ditemani debur ombak. Bahagiaanyaaa. Ide langsung lancar tuuh gan kalau suasananya kayak gitu

Tapi untuk ikutan Finhacks ini, kita harus daftarkan ide solusi pembayaran kita gan, dan di dalam satu grup yang isinya maksimal 5 orang. Terus kita daftarin deeh di situs www.finhacks.id. Nah kalau ide kita dinilai menarik dan penuh solusi oleh juri yang terdiri dari para praktisi TI, CTO dan CEO, daaan kita-kita bisa langsung ikutaan Hackathons ini deeh gan


Gimanaa seruu kan?? Langsung cus aja yuk bikin ide seru buat acara ini bareng ane gan


Kan udah sebentar lagi nih acara Finhacks-nya. Nah sebelum ikutan acara ini, ane punya beberapa tips juga nih buat agan yang pengen ikutan acara Hackathons ini. Mudah-mudahan bergunaa ya gaan


Quote:1. Kumpul-Kumpul sama Peserta dan Penyelenggara Sebelum Mulai Acara

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Sebaiknya kita kumpul-kumpul dulu sama para peserta lain dan pihak penyelenggara sebelum event ini dimulai gan. Loh emang kenapa kumpul dan ketemu dulu gan? Soalnya kita para peserta bisa saling menguatkan hubungan dan juga bertukar ide sebelum acara hackathons berlangsung. Biasanya dengan dipertemukan dulu gini bisa buat kita makin antusias dan seneng jalaninnya gan.



Quote:2. Cari Tau Dulu Tujuannya Gan

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Banyak banget alasan orang-orang untuk bikin acara Hackathons ini. Ada yang buat mecahin masalah, ada juga yang buat event ini untuk bikin suatu inovasi baru yang terbaik. Makanya gan kalo udah tau tujuan acara ini, kita bisa fokus nyari ide dan inovasi apa yang bakal kita berikan pas lagi acara gan. Selain itu juga memudahkan kita untuk melakukan riset yang terkait dengan tujuan acara ini. Kalo nggak tau tujuan acaranya, takutnya malah nggak enjoy dan nggak nyambung ide sama inovasinya gan.



Quote:3. Pahami Peraturannya

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!


Pastiin kalau kita itu udah tahu dan mengerti peraturan Hackathon-nya sebelum acara dimulai gan, supaya nggak salah paham. Dan peraturan in ipenting gan, kita bisa jadi tau misi, waktu yang dibutuhkan, batas software dan hardware yang akan dibuat, dan juga sumber atau data yang dapat kita gunakan ketika membuat sebuah produk.


Quote:4. Daya Energi dan Konektivitas Pastinya Penting

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Hackathons ini merupakan acara berbasis teknologi, kayaknya kalo bawa WiFi portabel oke juga gan. Takut-takut kalo internetnya tiba-tiba lelet atau mati mendadak. Kalo udah siap WiFi portabel enaknya kita jadi bisa cepet-cepet lanjutin gan. Jangan lupa juga bawa USB Port cadangan ya gaan. Siapa tau nggak cukup buat USB Port, jadi kita nggak bingung dan nggak ribet lagi gonta-ganti USB kita.



Quote:5. Ide Boleh Gila dan Unik tapi Realistis ya Gan

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Banyak ide-ide cemerlang yang muncul dari acara Hackahtons ini, dan hebatnya lagi ide itu bisa berkesinambungan dengan dengan bidang yang mereka fokuskan itu. Kita bisa menuangkan ide kita seunik mungkin, segila mungkin dan seliar mungkin, tapi tetep yang realistis ya gan. Jadinya ide kita itu bisa diterapkan serta diwujudkan dan menjadi inovasi yang benar-benar bermanfaat. Dan ide kita bisa membuat negara dan dunia ini jadi lebih baik lagi.



Quote:6. Jangan Lupakan Hal-Hal Kecil

Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

Seringkali kita malah lupa sama hal-hal kecil. Misalnya aja, makanan, minuman, tempat untuk menginap kalau Hackathons ini dilaksanakan lebih dari satu hari. Siapin cemilan kesukaan dan minuman ringan yang paling agan suka yaa. Supaya nggak kelaperan di tengah jalan dan malah nggak konsentrasi pas mikirin ide dan inovasi baru itu gan. Dan juga sebelum acara dimulai, kita juga cari tau di mana acara itu diselenggarakan. Jadi nggak perlu sibuk nyari-nyari lagi waktu acara udah mulai. Jadinya bisa lebih santai dan nggak terlambat gaan



Seruuu kaan gaan acara Hackathons kayak gini. Siapa tau aja nanti kita bisa buat inovasi baru yang menggelegaar dan berguna buat dunia. Kali-kali aja bisa jadi pemenang Nobel gan Ayoo gan tumpahin ide-ide kita supaya bisa buat dunia ini jadi lebih baik dan lebih nyaman untuk ditinggali . Gimanaa? Mau ikutan nggak gan acara Hackathons kayak gini? Seruu looh. Ane sih pengen banget ikutan. Bareng aja yuk gan.


Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!
pertamax
Seru kayanya ya gan,ane baca dulu gan..
waaahhh asik ya

Spoiler for mampir gan:
ikutan dah..
tau nya on off kan komputer doang bray
keren nih lomba Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!
seru kynya nih
Nyimeng gan...
Nyimak and Mejeng Pejwan
Ane Gaptek Orangnya Gan ,, Kaga ngerti gitu2an ....
Kayaknya seru nih !
whaini.... tapi ane gaptek gan....
gimana caranya nih kl pgn ikutan?


ngimpi kali ye ane bs ikut acra kya gini




Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!


"jangkrek, entuk pejwan maneh"
~Penyamun Family~


Sebelum Ikutan Hackatons, Ikutin Cara Asik ini Gan!

bawah ane mungkin salah satu perserta ini event
ane cuma bisa matiin ama ngidupin komputer doang
bukan bidang saiya nih bray.
Main game doang mah
W aje masih sibuk benerin lepy w ah elah
lomba berkreasi dan berinovasi yee
wah asik kayak nya


yg anak kuliahan,gabung sini,mari ngobrol seru breng mahasiswa lainnya di sini
enak aje lu mau gembok pejwan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar