Pages


Senin, 21 Maret 2016

#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)

Quote:Original Posted By nvrsurrender
Ini nih ane demen, setuju banget..
Di zaman skrg ini byk bgt motivator bahkan bermunculan akun2 sosial media yg dorong kita buat jd pengusaha bla bla bla..sebelum baca trit agan ane udh sering pikirin itu, toh kalo dasarnya kita jago jd pegawai ya knp ga kita jalanin aja ga perlu maksain jd pengusaha, kita kan hidup dengan caranya masing2..nice trit gan


Quote:Original Posted By kungguru
Mantapp!! Motivasi out of the box terbaik yg pernah ane baca

Makasih gan udh ngingetin ane apa arti syukur, bahagia, dan hidup

Sesuai hukum LOA, apa yg kau pikirkan itu yg kau dapat


Quote:Original Posted By yankcan.2nd
SR Comment

Terimakasih pencerarahannya, gan..
Ane lagi ada masalah seketika semua sirna, seketika semua ego ane sirna dan ane mawas diri..


Quote:Original Posted By minimiki2
anjrit gue jd inget lagi wktu awal2 ikut training motivasi smpe termotivasi sampe punya usaha, sukses, bangkrut, sukses lg, bangkrut lagi and thread ini yang ingetin ane lagi untuk program pikiran lagi. anr baca thread ente kayak ane lagi baca buku yg pengen ane baca, pelan2 sambil dihayatin

ane tunggu updatean anjritnya gan.

salam anjrit


Quote:Original Posted By minimiki2
anjrit gue jd inget lagi wktu awal2 ikut training motivasi smpe termotivasi sampe punya usaha, sukses, bangkrut, sukses lg, bangkrut lagi and thread ini yang ingetin ane lagi untuk program pikiran lagi. anr baca thread ente kayak ane lagi baca buku yg pengen ane baca, pelan2 sambil dihayatin

ane tunggu updatean anjritnya gan.

salam anjrit


Quote:Original Posted By Wrongdna123
Anjrit..
Bacaan bener di minggu pagi. hahah.
Thread pertama yang gue kasih rate 5.haha




Quote:Original Posted By manuslav
update gan.. ane gak bosan bacanya . silahkan .. mau thread ini sepi apa nggak jangannkepengaruh dalam pikiran..




#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)

#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)
Thanks banget buat yang udah kasih cendol, rate 5 dan abu - abu nya


Quote:

Helo gan/sis, Izinkan gue buat menyampaikan pemikiran yang didasari oleh pengalaman yang gue dapat dan kepekaan yang gue fokuskan untuk melihat pengalaman itu agar bisa gue jadikan pelajaran buat diri gue sendiri dan mudah - mudahan bisa juga buat agan n sista jadikan pelajaran

Motivanjrit yang bakalan lo baca ini, bukan berasal dari kata - kata gue sendiri, tapi berasal dari orang - orang yang gue temui di kehidupan gue, yang pernah kasih motivasi ke gue, terus gue pilih yang paling "Anjrit" dan gue ceritakan disini dengan gaya bahasa gue sendiri. Karena menurut gue belajar yang paling enak itu ya belajar dari pengalaman.

Okay gan, sis, semoga kalian bisa menikmati.



"Bersyukur dengan apa yang kita miliki" (Kalimat motivasi yang mainstream dan Abstrak)

#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)



Gue pernah mengikuti sebuah training Neuro Linguistik Programing (NLP) di daerah Jakarta selatan.Sebelumnya Buat yang belum tau NLP, NLP itu adalah suatu program untuk personal empowerment/personal development yang menurut gue cukup berguna untuk diamalkan di kehidupan sehari -hari meskipun NLP inimasih dianggap pseudoscience (seolah - olah ilmiah) dan pernah dikategorikan sebagai invensi terburuk oleh siapa gitu gue lupa namanya tapi lumayan buat belajar.

Ya kalau mau tahu lebih jelas dan detail silahkan coba untuk di googling sajalah apa itu "NLP", Karena gue menulis ini bukan untuk menjelaskan tentang "NLP", tapi yang mau gue bahas disini adalah salah satu materi di NLP yaitu Bersyukur. Okay, mungkin kalian semua sudah sering mendengar kalimat motivasi seperti apa yang gue bold diatas, Tapi kali ini gue boleh dong menjabarkan kalimat diatas agar lebih aplikatif, gak abstrak dan bisa digunakan dikehidupan sehari - hari sekaligus membawakannya dengan gaya komedi sesuai selera gue dan bahasa gue sendiri.

Kita balik lagi ke tema awal. "Bersyukur", ini kata - kata abstrak banget ya? tapi mudah - mudahan gue bisa menjelaskan nya dengan contoh yang bisa kalian mengerti.

Saat gue ikutan training NLP, hal yang paling gue ingat adalah ketika Mentor NLP nanya ke semua peserta training

"Siapa disini yang mau bahagia?"

ya otomatis semua peserta termasuk gue angkat tangan. Setelah itu si Mentor melanjutkan ucapannya

"Kalian baru mau? baru kepingin bahagia? berarti selama ini kalian belum bahagia dong?"

Jujur, kalimat sekaligus pertanyaan kedua si mentor itu bikin gue dan peserta lain diam seribu bahasa. Dalam hati gue

"Kampret! bener juga nih orang."

Setelah dijelaskan panjang oleh si mentor, akhirnya gue nemu point nya "kenapa selama ini gue gak bahagia?" Jawabannya tentu berlawanan dengan kata "bersyukur" ini, Gue belum bisa merasakan kebahagiaan yang konsisten karena Pikiran gue kemana - mana, gak ada pada saat ini dan gue selalu menunggu kebahagiaan itu datang sendiri. Dan hal itulah yang menjadi dasar ketidakbersyukurannya gue terhadap apa yang gue sudah miliki saat ini (Omongan gue ribet banget kaya make up cewek pas mau kondangan).

Tapi beneran, pertanyaan ini buat gue sedikit menyadari bahwa penyebab gue selalu dapet kebahagiaan yang semu ya ITU TADI. Gue selalu mikir kalo mau bahagia gue harus punya usaha yang beda dari yang lain, menghasilkan keuntungan yang banyak, dari situ gue harus kebeli mobil, rumah pribadi, biar keluarga gue bahagia, terus baru gue bisa ngerasa bahagia. <--(Ini manusiawi bro!)

Tapi sekali lagi gue sadar, kalo gue mikir gitu terus kayanya jarak antara Gue dan Bahagia itu jauh banget.

Code:
Gue -> Usaha gue -> Penghasilan gue -> Kendaraan gue -> Rumah gue -> Kebahagiaan keluarga gue -> 
Kebahagiaan gue.


sebegitu jauhkah pikiran gue menjauhkan gue dengan kebahagiaan gue? hmmm, okay kesadaran pertama mulai terbentuk di dalam diri gue, Namun kampretnya lagi itu mentor NLP ngomong lagi, ditambahin lagi sama dia dan tau gak lo dia bilang apa?

Quote: Sadar atau tidak, yang manusia kejar dan ingin dapatkan itu cuma rasa. Bahagia itu rasa kan? yap, hanya sebatas rasa! dan manusia selalu butuh rasa. Apa setelah mendapatkan itu semua manusia akan merasa bahagia? belum tentu! apabila memang manusia itu bahagia, apa manusia itu bisa merasa puas? bisa mempertahankan kebahagiaannya? belum tentu juga!

Sebenarnya ada cara paling jitu yang banyak disepelekan oleh kebanyakan manusia, yaitu MERASA CUKUP. Dengan merasa cukup manusia bisa mencangkup rasa bahagia yang kualitasnya lebih baik dan expirednya lebih lama dibanding dengan manusa yang gak ada puasnya dalam mengejar kebahagiaan.

Nah, cara agar kita selalu merasa cukup adalah bersyukur atas apa yang sudah dimiliki.


Masih abstrak ya? Gue belum menjelaskan gimana sih cara kita bersyukur? okay tunggu update-an gue selanjutnya
Reframe adalah cara bersyukur yang simple

#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)


Reframing itu cara paling simple agar manusia bisa bersyukur setiap waktu, setiap saat setiap momen, bahkan kalian yang baca ini bisa langsung praktek.

Secara bahasa, Reframe itu adalah membingkai kembali. Nah, apa sih yang harus kita bingkai kembali? tentu jawabannya "Masalah", karena masalah ada karena persepsi dan pendapat kite - kite dalam menilai sesuatu. contoh kalo disebutkan kata "Pisau" pasti ada yang berpendapat bahwa pisau itu tajam dan bahaya, namun ada juga yang berpendapat bahwa pisau itu sumber rezeki, berguna dan bermanfaat. yah pokoknya gitu lah.

Kalau contoh di atas itu bukan reframe ya, tapi hukum relatif, kalo reframe itu gimana? gini deh gue kasih tau contohnya:

Misalnya orang berangkat ke kantor, di perjalanan kejebak macet, yang kebanyakan dilakukan orang - orang ketika ada dalam keadaan ini rata -rata mengeluh kan? pertanyaannya kenapa bisa mengeluh? karena raganya di jalanan tapi pikirannya udah di kantor. contohnya:

"Gila, jalanan macet parah! gue bisa telat nih sampe kantor, kena tegur boss atasan lagi deh, bisa di potong dah gajih gue."


cara mereframe bila contohnya menghadapi keadaan ini adalah: Tarik pikiran yang tadinya dikantor menjadi dijalanan saat itu, lihat ke diri sendiri, dan cari apa yang bisa disyukuri saat itu.

contoh:

"Syukurlah, gue masih punya kerjaan, punya kiendaraan buat ke kantor, punya penghasilan,"

Nah cara nya reframe itu gampang - gampang susah, biasanya tergantung mood, tapi dilatih setiap hari pasti jadi kebiasa. coba paksain bersyukur walaupun saat itu hati sedang kalap dan gak tau siapa yang mau disalahkan.

Tarik pikiran lo, jangan biarkan melayang kemana - kemana, apalagi kalo sampe berpikiran menakutkan dan menghawatirkan apa yang belum tentu kejadian. karena kalo begitu terus, lo bakal rugi. yang pertama, kalo misalnya yang lo takutin gak kejadian, lo udah buang - buang tenaga buat mikirin hal negatif yang belum tentu terjadi, apalagi kalo sampe kejadian,2 kali rugi

Contoh - Contoh reframing yang lain:

Quote:Dapet tempat parkir yang jauh dari pintu masuk
"Syukurlah gue masih punya kaki buat jalan"


Quote:Kesandung sampe terjatuh
"Syukurlah, gue masih bisa bangun lagi"


Quote:Diselingkuhin pacar
"Syukurlah, gue jadi tau sifat aslinya dia, berarti dia gak cocok buat gue"


Quote:Sakit
"Syukurlah, jadi bisa istirahat


itulah sedikit penjabaran tentang cara bersyukur yang simple, tunggu update-an ane selanjutnya gan n sis

UPDATE!

Lakukan Apa Yang Bisa Dilakukan!

#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)


Gue mau cerita, dulu gue gaya - gayaan buka usaha mie ayam dengan sistem franchise atau waralaba. Gue ambil satu karyawan dari kampung. Awal buka sepiii banget, tapi oke lah gak apa - apa namanya juga awal. singkat cerita usaha gue itu tutup alias bangkrut dalam waktu 4 BULAN karena Alhamdulillah gue kebanyakan nomboknya selama usaha gue berjalan .

Dari kegagalan itu gue dapet point pelajaran lagi.

Pertama: emang gue gak ada minat di usaha makanan
kedua: ekspektasi gue ketinggian
ketiga: usaha gue bukan usaha yang bisa gue lakuin.

Gue sadar, bakat gue adalah pemasaran online, via chat. gue ngerasa gue jagoooooo banget kalo ngemeng via chat.
Dari mulai ngadalin gebetan sampe meyakinkan dan dapet client gue di usaha sekarang, semua via chat.
Usaha yang gue lakuin adalah usaha yang bisa gue jual via chat.

Apapun. Dari mulai jadi calo property, jualan rokok import, konsultan penganalisa kehidupan dan masa depan orang lewat nama dan tanggal lahirnya, sampai bisnis advertising lewat socmed.

Alhamdulillah gue dapet client dari mulai karyawan, hacker internasional sampai pejabat.
sumpah enak banget kalo lo usaha atau kerja yang sesuai sama kemampuan lo.

Bukan sombong nih, gue setiap bangun tidur, cek WA itu pasti ada yang chat "Udah ane transfer ya gan"

Bahagia gak sih rasanya bangun tidur dapet uang?

Itu dia, gue ngelakuin apa yang bisa gue lakuin. fix

Out of the box? itu gak pasti bro! kasian tubuh lo pasti capek kalo lo out of the box
yang harusnya dilakukan itu ya yang bisa lo lakukan dan innovasi terus hal yang bisa lo lakukan itu.

Shit lah motivator - motivator yang maksa lo buat jadi pengusaha, padahal basicnya lo jago banget berkarir dan jadi karyawan, ya gak?

Gini deh contohnya: lo berminat banget jadi pengusaha, tapi sekarang lo udah nyaman jadi karyawan. Lo coba - coba buat baca buku - buku tutorial jadi pengusaha, Dan disetiap buku itu pasti ada perintah dari penulis ke para pembacanya untuk ACTION!! lah, lah, lah? apa - apaan ya kan? pasti yang baca bingung, "gue mau action kaya gimana?" , ujung - ujungnya yang baca beralasan "Yaudah, gue kerja dulu, kumpulin modal, abis itu gue buka usaha" hayooo ngaku?

TAPI.....

Alasan kerja dulu, ngumpulin modal abis itu buka usaha gak sepenuhnya salah, bahkan kalo menurut pendapat gue pribadi alasan itu bener banget. beneeeeer banget, kenapa? lo bisa kumpulin modal buat usaha, tapi lo jangan berhenti kerja. kan lo bisa investasi aja tuh ya kan?
Franchise kek, nanem saham di usaha temen yang udah berjalan stabil kek, atau apapun yang menguntungkan. kan enak? harian dapet bulanan dapet, ya gak?

Bro, gan, sis, maksain itu gak enak.

Yang enak itu kalo lo ngelakuin apa yang emang bisa lo lakuin dan lo kembangin

Tunggu update-an gue selanjutnya ya



UPDATE!

Ingatlah!

Ingatlah!

Gue punya istri yang kadang - kadang ngeselin banget bro. Bahkan pernah gue konflik dengan istri gue sampai hampir cerai.

ini beneran, kejadiannya baru kemarin, bulan juni 2015. 1 bulan gue pisah ranjang sama istri gue.

Tapi sekarang ini gue udah baik - baik aja bro, gue bahkan tiap hari romantis - romantisan sama istri gue di kamar sampai terjadilah ......... hehe udah ah ntar jomblo iri.

Mungkin ada pertanyaan.

"Kenapa bisa bro pisah ranjang sampe sebulan?

Kenapa gak jadi cerai bro?"

oke jawabannya adalah karena gue MENGINGAT.

Gue bisa pisah ranjang sampai 1 bulan karena selama 1 bulan itu, Gue selalu MENGINGAT hal - hal negatif, hal - hal yang membuat gue harus menyalahkan istri gue.

Gue gak jadi cerai, karena gue MENGINGAT hal - hal indah yang pernah gue lakukan dengan istri gue.

yap! rasa yang kita rasakan kita itu tergantung apa yang kita ingat.

Kalo lo mau sedih, marah, galau setiap saat gampang kok, inget aja hal - hal yang pernah buat lo merasa gitu.
misalnya:

Ditinggal pacar nikah
Ditipu orang
Ditilang pak polisi
Diomongin gak enak sama orang lain.
Dibanding - bandingin dengan orang lain.

gampang kan? dengan mengingat itu semua kuat - kuat, pasti rasa yang dulu pernah lo rasakan itu muncul lagi.

Kalo cara "sedih setiap waktu" kaya contoh di atas tadi aja SEGAMPANG ITU.

BERARTI SEGAMPANG ITU JUGA LO BISA MERASA SENANG, BAHAGIA, CERIA setiap saat!

Inget aja kuat - kuat hal - hal yang pernah buat lo bahagia, senang dan ceria. nanti rasa itu muncul lagi!

Gampang kan?

Tapi tetap bro, lo harus hidup di saat ini! jangan terlalu menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

lah kalo kaya gitu? ngapain tadi gue kasih saran buat inget - inget lagi yang dulu ya?

Maksudnya gini, kalo lo inget hal yang bikin lo sedih SAAT INI, lo bisa menghadirkan lagi rasa itu di SAAT INI.

Begitu juga kalo lo inget hal - hal menyenangkan dalam hidup lo, lo bisa menghadirkan lagi rasa senang dan bahagia di saat ini. hingga lo bisa melihat kembali sebab kenapa lo bisa mendapatkan akibat "merasa senang" dan lo lakukan lagi sebab itu untuk mendapatkan rasa senang yang dulu pernah lo dapatkan.

Hidup itu bukan hal yang darurat bro! santai aja, dengan santai dan relax lo bisa bertanggung jawab dengan diri lo sendiri dan hal yang harus lo tanggung jawabkan dengan relax dan santai juga.

tetap ingat bro!

Ingatlah!



Update!

Perhatikan dan Jaga Pikiran




Kemarin (17 Januari 2016) buyut nya istri gue yang berusia 95 tahun dipanggil oleh Yang Maha Kuasa (Semoga diterima olehNya segala amal ibadah beliau).

Nah ketika lagi dalam suasana berkabung, gue mendengar istri gue ngobrolin sesuatu sama tante nya yang lagi bunting.

Mereka berdua lagi debat kusir tentang "orang hamil itu boleh atau nggak ngelayat dan ngeliat mayat."

Istri gue bilang boleh, namun tantenya istri gue yang lagi hamil menuruti perkataan suaminya yang katanya "Gak boleh! nanti bisa sawan."

Bini gue yang lagi duduk tepat disamping gue langsung nanya ke gue.

"Boleh gak sih say?" tanya bini gue.

Dengan nada males, ya gue jawab aja

"Tergantung pikiran kalian masing - masing. Kalo lo mikirnya boleh ya boleh, kalo lo mikirnya gak boleh ya gak boleh. Boleh atau gak boleh ya tergantung pikiran masing - masing."

Akhirnya mereka berdua diam sejenak dan bini gue nyeletuk

"iya juga sih."

Hehe padahal gue jawab males - malesan, namun disini gue dapet poin gan. Kalo pikiran itu gampang banget terpengaruh.

Tantenya istri gue yang tadinya gak berpikir sama sekali kalo ibu hamil bisa sawan ketika mendekati mayat, mendapat pengetahuan absurd itu dari suaminya sendiri.

(Sawan menurut KBBI artinya Berbagai - bagai penyakit. *biasanya datang dengan tiba - tiba, menyebabkan kejang, dsb.*)

Apa yang bakal kejadian kalo si tantenya istri gue yang lagi bunting itu ngedeketin mayat?

Ya mungkin bisa jadi dia "sawan" bro, karena sebelumnya ia sudah meyakini apa yang dibilang suaminya.


Maka dari itu choiiyy, Perhatiin dan jaga pikiran itu penting banget.

Karena kalo kata si Richard Brodie (designer microsoft) dalam buku nya "Virus Of The Mind" yang kemarin gue baca, hidup ini banyak virusnya. Dan yang paling bahaya itu Virus Akal Budi yang ada gara - gara Memetika.

Memetika apaan si? coba explore bro di search engine.

Perhatikan dan jaga terus pikiran kite!

Kalo ada pengetahuan baru yang "penting" , coba telaah dulu, jangan lu telen mentah - mentah.

Kritis itu penting untuk sesuatu yang belum meyakinkan.

Kaya contoh:

Lu dapet info dari orang kalo lu mau kaya, lu tulis aja di kertas, tempelin di tembok apa keinginan lu, pakein gambar, terus lu pandang baca setiap hari.

Gue pernah cari tau hal itu, dari beli - beli buku yang berhubungan sama itu info sampe ikut seminar.

Nah ternyata setelah jelas, gue yakin kalo nulis gitu emang bener bisa bikin kita kaya.

Kenapa gue yakin? Karena memang ternyata gak cuma nulis yang diajarin, setelah nulis ada sesuatu hal yang harus kita lakukan, apa itu?

USAHA! KERJA!

iya kan ? wong lu pasti juga disuruh action kan sama si penulis?



nulis - nulis keinginan, mimpi, harapan, yang sering disaranin oleh buku - buku pseudoscience itu ternyata cukup melatih kita untuk membuat target dan fokus aja.

Jadi hasil lo kerja atau usaha ketahuan.

sering ada nasihat kaya gini:

"Jangan takut bermimpi!"

ya emang ngapain takut? orang mimpi juga kadang dateng sendiri.

hehe

intinya disini ya biar kita sama - dama dapet poin aja, Kalo jaga pikiran dan perhatikan pikiran kita sendiri itu pentingnya bukan main.

Mudah terpengaruh bisa menjadi penyakit terbahaya tapi bisa juga jadi obat dari penyakit diri dan pikiran yang selama ini diderita.

Tergantung mudah terpengaruhnya dalam hal apa?

iya kan?

Masih ada niat gue untuk banyak - banyak update di thread ini kok.

Tunggu aja ya
Program


#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!)



Waktu gue ke Colombo, Sri lanka. Gue nginep di hotel yang tepat di sebrang hotel itu ada pantai.

Waktu gue keluar hotel buat jalan - jalan ke pantai, gue harus nyebrang dulu lewat jalan raya.

Dan pas gue liat jalan raya gue lumayan terkesima karena pengendara disana rapi gan dalam menggunakan fasilitas jalan raya, jarang ada serabat - serobot, kebut - kebutan dan nyenggol.

Gue lumayan tertarik untuk eksplore negri ini di internet, setelah gue eksplore ternyata sri lanka itu jajahan inggris loh.

Gue eksplore lagi di internet tentang negri jajahan inggris, eh ada artikel yang banding - bandingin negara bekas jajahan inggris dan belanda.

Gue dapet poin gan dari artikel - artikel yang gue baca karena gue inisiatif buat explore.

Poin nya adalah:

"Betul banget penjajah itu emang udah hengkang, tapi ada satu yang mereka tinggal agar negara yang mereka jajah tetap terjajah (bisa dikendalikan) walau tanpa mereka duduki kembali. apa yang mereka tinggalkan itu? Program dan Sistem."

Tapi gue bukan mau jelasin panjang lebar dari awal program terbentuk sampe sekarang. Gue mau beralih topik aja deh tapi masih nyambung sama judul dan alur tulisan. hehe

Nah, BTW program apa sih?

Gini gan, kalo gue perhatiin kebanyakan orang di Indonesia, zona nyaman dan aman untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi karyawan dan mendapat gajih? iya kan?

Nah mungkin nih sebab dari kebanyakan orang di Indonesia berpendapat bahwa menjadi karyawan dan mendapat gajih itu aman, karena kebanyakan orang Indonesia sudah dibiasakan dari SD - Kuliah dengan program pendidikan disini yang memang kalau diperhatikan mirip sama pas lagi ngantor.

programnya: Jadwal masuk diatur, Nunggu tugas dari guru atau dosen, ngerjain, dapet nilai, selesai, pulang. besok gitu lagi

Bayangin berapa tahun kita dididik dan dibiasakan untuk seperti itu? Jadi SANGAT WAJAR apabila kebanyakan orang kita milih ngantor daripada bikin kantor. hehe

Dan rasanya kurang tepat kalau ada yang menyuruh orang keluar dari zona nyaman dan aman nya hanya untuk materi yang lebih banyak yang mengembel - embelkan kebahagiaan.

Walaupun gue bukan karyawan, Tapi gue sangat mendukung karyawan yang memang nyaman sebagai karyawan. Karena Gue juga butuh karyawan dan gue sih berharap jangan sampe mereka terpengaruh kaya gue buat jadi entrepreneur (Gue terpengaruh karena gue gak nyaman jadi karyawan)

Ok, balik lagi ke masalah program. Btw, gue punya anak laki - laki juga turut gue program.

Salah satu programnya adalah gue biarkan anak gue yanh usia 3 tahun melek teknologi, karena dia hidup di zaman ini.

Jadi nonton yout*be, main laptop itu gak apa - apa, tapi tetap gue control. Dan gue ajak ngobrol kaya gue ngomong sama orang (misalnya kata "Takut." ya gue bilang "Takut." bukan "atut." , "Berenang" ya ngomongnya "berenang." bukan "belenang/bewenang.") Alhasil anak gue bisa ngomong huruf "R" dan bicara jelas dan lugas di usia 3 tahun kurang, disaat teman - temannya ngomong masih belum jelas.

Dan yang paling gue larang untuk anak gue lakukan adalah mendengar lagu "balonku ada 5." Loh? Kenapa?

Tanya kenapa? Karena di lagu balonku mengajarkan anak bahwa hatinya akan kacau apabila ia kehilangan satu materi, dan memegang erat - erat materinya yang lain yang masih ada (bukan disyukuri)

Beneran loh, bukan lebay, ini program, anak gue bakal inget sampe gede tuh bunyi lagu kalo dia dengar berulang - ulang. Kalo baru kehilangan 1 balon aja udah disuruh kacau hatinya, apalagi kehilangan yang lain yang lebih berharga?

Itu salah satu contoh kecil dari beberapa program yang gue tanamkan dari sekarang, mumpung masih kecil.

Program itu relatif bro, bisa jadi sangat baik kalo kita mengerti, bisa jadi sangat membahayakan kalau kita bodoamat sama program di hidup kita sendiri.

Gue sadar gue dari kecil gue diprogram sama orang tua gue, lingkungan gue, teman - teman gue, guru - guru gue, dll.

Cuma yang gue lakukan adalah memfilter program - program yang udah masuk ke dalam hidup gue.

yang baik gue ambil, yang kaga berguna gue lempar - lemparin.

(Gue gak heran kalau anak zaman sekarang banyak yang suka galau, kenapa? mungkin salah satu penyebabnya mereka hafal lagu - lagu galau diluar kepala alias udah kena diprogram. )

Nah, hal pertama untuk menghindari atau menghapus program buruk yang ada dihidup lo itu adalah lo SADARI kalo lo itu dari kecil sampe sekarang selalu ada aja program yang masuk.

Entah dari lagu, iklan, buku yang lo baca, nasihat orang tua, pamali, tradisi, makanan dan minuman yang lo konsumsi, dsb.

Kalau lo udah sadar selama ini lo diprogram, lo bisa selektif dalam memilih program buat hidup lo sendiri.

Tunggu update gue selanjutnya ya



materi jadi patokan? materi jadi ukuran? Siap - siap jadi budak ambisi

Gue punya guru sekaligus sahabat yang bergelar Master Agama lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Qur'an.

Menganut paham islam ke arah moderat. (btw guru gue banyak gan, ada yang menganut paham kejawen, ada yang nasrani, ada yang mengambil paham buddhist.)

Guru sekaligus sahabat gue itu jarang permasalahkan perbedaan pendapat, menghindari perdebatan, dan selalu share yang menurut gue bermanfaat dan aplikatif banget buat kehidupan di zaman sekarang.

Dalam setiap share nya, seolah beliau selalu membuat 'meme' "Udah lah pastiin aja dulu diri lo bakal ke surga, daripada lo sibuk memastikan orang masuk neraka."

Beliau pernah cerita bahwa kuliah yang paling beliau suka itu riset dan penelitian, Karena di mata kuliah itu nilainya bagus - bagus.

beliau cerita ke gue , beliau bilang beliau pernah mengadakan riset di kota A dan desa B (sebut saja gitu biar gampang).

Di kota A banyak kasus perceraian
Di Desa B jarang banget perceraian
Alasan perceraian 'KATANYA' karena masalah ekonomi.

PADAHAL

Di kota A itu penghasilan penduduknya kalau diambil jumlah rata - rata, hasilnya diatas UMR

Di desa B itu penghasilan penduduknya rata - rata dibawah setengahnya UMR

nah untuk itulah penelitian itu coba diadakan denan tujuan menarik benang merah dan menyambungkan (kalo bahasa sekarang Cocoklogi. )
ke dalam sisi keagamaan (namanya juga kuliah di bidang keagamaan.)

Point nya yang gue dapet dari cerita guru gue itu, ternyata hidup kita itu tergantung patokan bro, dan dari patokan itu akan tercipta yang namanya Ambisi

Kalo patokan nya materi, ya siap - siap jadi budak materi

Patokan yang cocok apaan si? Jujur aja ane bilang patokan yang baik itu jadi pelayan Tuhan, Diakui hamba oleh Tuhan dengan cara bermanfaat buat orang lain, punya tujuan mulia untuk menjadi manfaat positive bagi sesama makhluk. (kamprettt gue kaya orang bener aja )

Tapi beneran gan, bayangin aja Bumi ini emang kata lo sempit gitu? luas banget gan. sumber daya dimana - mana, Mengkhawatirkan kehidupan sendiri di bumi ini sama aja kita megang uang 100rb, tapi takut kelaparan di warteg kharisma bahari

ya itu kan bagusnya, mendingan, TAPI gue sendiri yang menyarankan aja belum sepenuhnya bisa begitu.

masih usaha, niat mah ada.

contoh kemarin gue denger ada saudara yang nganggur, cowok masing single, dia pinter juga pemasaran online nya, gue modalin 800rb buat bikin online store, dan biar saudara gue yang nganggur yang kelola.

Yah baru bisa gitu aja si gue, belum kaya nadiem makarim yang menurut gue udah jadi manfaat buat orang banyak dengan go-jek nya.

tunggu update gue selanjutnya gan.



Keren gan, bahagia itu gak perlu dijemput tpi dibuat sendiri .

Btw, GUE<<< itu siapa?

ANJRITTTT HT 21MARET2016

Updatenya anjrit banget


BEDA



Sudah jadi hal yang manusiawi kalau setiap orang ingin menunjukan sesuatu yang unik dan berbeda ke publik. Makannya sebuah trend - trend baru banyak yang menjadi hits dan digandrungi, "MUNGKIN" dengan alasan bahwa "dengan jadi yang baru maka gue akan beda." Apa yang terjadi setelahnya? semua orang malah ikutan dan hal itu jadi mainstream.

"Berbeda" hayo ngaku lo lo semua pengen berbeda kan dari yang lain? mau jadi yang lebih baik dari orang lain?."

Gue sering banget setiap hari disajikan informasi oleh media dan lingkungan tentang "perbedaan".

- perdebatan
- pro dan kontra
- Percaya dan ragu
- kritis dan asal terima

Dan masih banyak lagi yang semuanya itu mengandung perbedaan.

Sampai tercipta yang namanya "netral" dengan tujuan menjadi diantara "persamaan" dan "perbedaan." tapi tetap aja itu cara yang digunakan agar mereka jadi beda.

(halah ngemeng apaan sih gue ribet bener kaya teori konspirasi. )

Unik, kita semua mau jadi yang unik.
Namun banyak yang salah kaprah dalam bertindak menjadi unik. (menurut gue loh ya )

Contoh, pernah gak sih punya temen atau saudara atau mungkin malah ini terjadi di diri lo sendiri, ketika ada suatu hal yang lagi booming, banyak orang yang mengikuti atau sependapat, ia justru jadi orang yang berbeda dengan pendapatnya yang kontra dengan tujuan ya itu tadi "berbeda." tapi malah banyak yang gak suka? gak punya pendukung? akhirnya ia anggap dirinya pintar dan orang lain gak ngerti jalan pikirannya?

hehehe

gue nih bro , gue yang sudah pernah jadi orang yang berbeda kaya gitu.

namun jadi orang kaya gitu tanpa tau triknya hanya menciptakan kontroversi. Cukup rasanya gue sok cerdas dengan beralasan bahwa orang - oranglah yang ngerti jalan pikiran gue.


Namun gue tetap gak mau jadi yang sama dengan mayoritas dan kebanyakan orang hanya untuk mendapat dukungan semata.

Maka dari itu gue tahu bahwa gue harus menjadi diri sendiri dengan megarahkan pikiran ke arah positif.

Memandang sisi putih disaat setitik kesalahan dari suatu kejadian dijadikan mayoritas sebagai lingkaran besar berwarna hitam, membuat penentangan dengan kedok menyetujui dan pembawaan yang menyenangkan di momen yang tepat. sehingga sesuatu gak merasa ditentang, karena sejatinya apapun gak suka kalau ditentang. iya kan?

Dengan begitu gue bisa menjadi yang unik, berbeda dan tetap mendapat banyak dukungan dari orang - orang karena 'keresahan' mereka diwakilkan

itu kunci agar keunikan yang ada di diri lo keluar tanpa membuat orang merasa ditentang pendapatnya.

1. Jadi diri sendiri

Jadi diri sendiri gampang, lakuin apa yang lo suka dan jangan lakuin apa yang lo gak suka (tanpa melanggar norma yang ada) misalnya lo gak suka dimarahin? ya jangan jadi pemarah!

2. Pura - Pura setuju

Pikiran orang kan beda - beda, kalo gue sih pas lagi dialog sama orang dan orang itu bahas hal yang sebenernya janggal dihati gue, gue iya - iya aja dan gue tambahin hal yang menurut gue bener dan gue tau.

3. Pembawaan yang menyenangkan

Gue punya temen, orangnya suka bercanda, suka bikin gue ketawa dan gue ngerasa nyaman kalo lagi ngobrol. Walaupun yang diomongin itu aib - aib gue sendiri. Gak tau kenapa gue gak marah dan malah ngetawain aib - aib gue juga, mungkin karena pembawaan dia menyenangkan. pasti diantara lo lo disini punya deh temen kaya gitu.

4. Selesaikan Keresahan

Ini dia value special yang bisa bikin kita dinilai unik dan beda. Lo tau Kaskus kenapa jadi top forum? FB laris manis? Gojek dimana - mana? karena niat awal para founder - foundernya adalah menyelesaikan keresahan.

Andrew darwis dan kean dean menyelesaikan keresahan mahasiswa Indonesia yang ada di U.S biar bisa komunikasi. Dan sekarang kaskus luar biasa kan? lo aja sekarang lagi buka

Mark Zuckenberg juga hampir sama alasannya dengan Andrew dan Kean Dean kenapa dia buat FB.

Nadiem Makariem juga tuh, Tukang ojek jadi bener - bener bermanfaat banget di kota - kota besar.

Gak tau ya kalo Motivanjrit mah hehehe

Tunggu update-an gue yang baru ya masih mau update terus nih hehe


nice bray
nunggu update'nnya
Anjrit
gara gara Motivanjrit
ane nyadar gan
ANJRIT sesepele itukah penyebab ketidakbahagiaan? keren penjabarannya antimainstream
hmm.. bagus juga sih..
update lagi dong, penasaran..
Anjritt
Gue tunggu update-an ANJRIT selanjutnya, udah gue rate 5 ya gan
Cukimay
Anjey anti mainstream bingitz
waah bagus nih tulisan ente, ane tunggu apdatenya, biar gk haus cek kulkas ye dari ane.
Anjrit lu gan
gue tunggu update-nya
keren parah
Quote:Original Posted By bhineksa


Iya, gue itu ane


Cie cie, tambahin ya, pasti HT#MOTIVANJRIT# Motivasi Yang Bisa Bikin Lu Bilang "Anjrit" (UPDATE!).
Ane merasa balik kejaman 2013, dimana thread motivasi banyak mendominasi
Anjroot
Haha.. Antimaintsream nih motivator nya, ane biasanya paling males ketemu trid motivasi2an
Quote:Original Posted By asttfs44
nice bray
nunggu update'nnya


siap

Quote:Original Posted By articamarketing
Anjrit
gara gara Motivanjrit
ane nyadar gan


emang dari dulu ente kesurupan gan?

Quote:Original Posted By BariFYI
ANJRIT sesepele itukah penyebab ketidakbahagiaan? keren penjabarannya antimainstream


sebenernya masih banyak, cuma tunggu update-an nya aja

Quote:Original Posted By joane313
hmm.. bagus juga sih..
update lagi dong, penasaran..


pasti ane update gan

Quote:Original Posted By i.p94
Anjritt


Salam Anjrit gan

Quote:Original Posted By cirvanz.store
Gue tunggu update-an ANJRIT selanjutnya, udah gue rate 5 ya gan


Makasih banyak rate 5 nya gan

Quote:Original Posted By untungsuryanata
Cukimay
Anjey anti mainstream bingitz


makasih gan udah

Quote:Original Posted By amarugo
waah bagus nih tulisan ente, ane tunggu apdatenya, biar gk haus cek kulkas ye dari ane.


makasih banyak gan

Quote:Original Posted By Promote
Anjrit lu gan
gue tunggu update-nya
keren parah


jangan marah gan

Quote:Original Posted By esmod1
Anjroot


Anjrit gan, Anjrot mah Anj*ng ngecrot

Quote:Original Posted By nikamayo
Haha.. Antimaintsream nih motivator nya, ane biasanya paling males ketemu trid motivasi2an


Ya kalo gak bisa jadi yang terbaik, jadilah yang beda itu prinsip ane gan


wanjritt bersambung

gemboked
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar