Berawal dari keinginan pemerintah Jokowi-JK yang berkeinginan untuk memindahkan Ibukota Negara, maka ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan bersama…
Thanks Sebelumnya Buat Mimin, Momod, dan Agan Sekalian
Quote:
http://vauzi.net/343-pemerintah-joko...alan-bun.html/
Bagian Kesatu:
PENDAHULUAN
Sebagaimana kita tahu Jakarta khususnya dan pulau Jawa pada umumnya adalah pusat dari kegiatan perekonomian di negara kita ini.Lebih dari *separuh* perputaran uang terjadi di sini,sisanya baru tercecer di kota-kota lain Propinsi dan Pulau Lain. Jadi bisa kita lihat dan tidak bisa dipungkiri salah satu penyebab belum meratanya perekenomian adalahkarena masih terpusatnya kegiatan perekonomian di Jakarta dan atau Pulau Jawa.
sumur
Quote:Ide pemindahan ibukota ke luar Jakarta sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru. Dengan pertimbangan keterbatasan yang dimiliki Jakarta, pada era tahun 1950an mantan Presiden Soekarno pernah melontarkan gagasannya untuk memindahkan ibukota ke Palangkaraya dengan berbagai alasannya. Selanjutnya, mantan Presiden Soeharto pun pada sekitar 15 tahun yang lalu pernah mewacanakan pemindahan ibukota dari Jakarta ke Jonggol.
Dalam konteks kekinian, urgensi pemindahan ibukota yang utama didasari atas berbagai keterbatasan dan persoalan yang membelit Jakarta sehingga dipandang tidak lagi ideal dalam menjalankan perannya sebagai pusat ekonomi, politik dan budaya.
Bagian Kedua:
PERMASALAHAN
PERMASALAHAN JAKARTA SENDIRI
Quote:1. Dari perspektif lingkungan,
selain memang topografi Jakarta merupakan dataran rendah, saat ini disadari bahwa kota ini sedang mengalami kemerosotan daya dukung lingkungan yang ditandai dengan berkurangnya cadangan air tanah, turunnya level permukaan tanah, kecilnya rasio antara ruang terbuka hijau dan ruang tertutup bangunan, instrusi air laut, banjir, kekeringan, polusi udara, air dan suara, semakin turunnya luasan daerah resapan, dan berbagai masalah lingkungan lainnya.
2. Dilihat dari perspektif manajemen perkotaan,
Jakarta merupakan salah satu kota dengan permasalahan yang sangat kompleks. Dari aspek demografi, over populasi menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan. Salah satu penyebabnya adalah adanya urbanisasi dalam jumlah yang besar setiap tahunnya.
3. Sementara itu sisi spasial kota memperlihatkan pola-pola yang tidak beraturan.
Rencana Tata Ruang Wilayah yang ada hanya sekedar menjadi dokumen; pembangunan sentra-sentra bisnis besar menggusur hak spasial pelaku ekonomi lemah; arah pembangunan keruangan tidak jelas dan saling tumpang tindih antara pusat bisnis dan residensial; urban sprawl, slum area dan keterbatasan ruang public
4. Pada sisi manajemen perkotaan yang lain,
terlihat pula adanya kegagalan pemerintah dalam melakukan pengelolaan sampah.
5. Permasalahan utama yang sedang menjadi sorotan adalah sistem transportasi massa yang memprihatinkan.
Dari sisi infrastruktur, terlihat dengan jelas buruknya infrastruktur transportasi Jakarta. Kecilnya rasio panjang jalan berbanding luas wilayahnya, kualitas jalan yang buruk, infrastruktur perkeretaapian yang menyedihkan, dan kendaraan umum yang sangat tidak terawatt, dan masih banyak lagi permasalahan transportasi yang membelit, pada akhirnya mengakibatkan kemacetan, kesemrawutan dan lebih jauh lagi berimplikasi pada gangguan pada sektor ekonomi, perusakan lingkungan, pemborosan sumber daya, dan meningkatnya gangguan kesehatan masyarakat baik fisik maupun psikologis.
http://adisuryanto69.blogspot.co.id/...erspektif.html
FAKTOR POLITIS, EKONOMIS, KETAHANAN, KETATANEGARAAN
Quote:Di samping alasan-alasan di atas, faktor politis, ekonomis, ketahanan dan ketatanegaraan pun menjadi hal yang tidak dapat dinegasikan
1. Posisi geografis
Jakarta yang berada di belahan barat kepulauan Indonesia mengakibatkan ketimpangan pembangunan yang berat ke barat.
2. Dalam bidang ekonomi,
wilayah Indonesia timur menjadi lebih tertinggal di banding Indonesia bagian barat. Ketertinggalan ini kemudian merembet ke semua indikator pembangunan. Padahal, dari sudut ketersediaan sumber daya, wilayah Indonesia timur menyimpan potensi yang besar.
3. Posisi Jakarta yang tidak berada di tengah cakupan wilayah Indonesia
menyebabkan pula kurangnya semangat kebangsaan dari penduduk yang letaknya sangat jauh dari pusat kekuasaan ini, seperti misalnya yang terjadi pada daerah terdepan, terluar dan perbatasan.
APABILA DIBIARKAN, HAL SEMACAM INI AKAN SANGAT BERBAHAYA TERUTAMA BAGI PERSATUAN DAN KESATUAN NKRI.
Bagian Ketiga:
KONSEP PERPINDAHAN IBUKOTA
Quote:Cloud Goverment kalau diterjemahkan bukan menjadi Negeri di Atas Awan (dibaca negeri mimpi), tetapi menjiplak konsep cloud computing yang merupakan teknik distribusi sumber daya komputasi untuk alasan percepatan, efisiensi, ketangguhan terhadap gangguan dan lain - lainyang tidak bisa didapat dari komputasi terpusat semacam mainframe. Dengan meniru teori distribusi sumber daya komputasi ini ,maka saya membayangkan penyebaran sumber daya pemerintahan negeri ini ke seantero wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Sederhananya konsep Cloud Goverment tidak hanya memindahkan ibukota negara dan seluruh aparat pemerintahan ke satu kota lain di pulau Jawa atau Pulau lainnya tetapi juga menyebar fungsi pemerintahan dan kementrian ke seluruh wilayah Indonesia.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/batutulis/...a83424148b458c
Quote:Menurut teori Backwash effect, maka pemindahan ibukota akan menimbulkan perubahan tujuan urbanisasi dari Jakarta ke ibukota baru yang akan di ikuti pula perpindahan pergerakan modal dan lain - lainnyayang akan tetap terpusat di sekitaribukota baru itu.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/batutulis/...a83424148b458c
Beradasarkan teori ini, maka tidak selalu ibukotanegara menjadi kota utama yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan. Dengan adanya beberapa kota yang menjalankan fungsi ibukota yang berbeda, Negara tersebut sering dianggap memiliki lebih dari satu Negara. Kota-kota semacam ini dikenal sebagai split capitals (Rawat,2005).
Contoh Negara Split Capitals:
Quote:1. Malaysia
Putrajaya berfungsi sebagai federal administrative centre of Malaysia. Kuala Lumpur tetap menyandang sebutan ibukota negara, menjadi tempat kedudukan parlemen sekaligus pusat komersial dan finansial Malaysia
2. Bolivia
La Paz merupakan ibukota administrative Bolivia semenjak 1989 Kota ini merupakan tempat di mana pemerintah eksekutif dan legislative berkantor. Sementara Sucre merupakan ibukota konstitutional Bolivia, menjadi tempat berkantornya bagian Judisial pemerintahan Bolivia, juga merupakan tempat di mana Mahkamah Agung Berada
3. Afrika Selatan
Ibukota administratif berada di Pretoria, Ibukota legislatif berada di Cape Town, sementara ibukota judisial berada di Bloemfountein. Hal ini merupakan hasil kompromi dalam pembentukan Union of South Africa pada tahun 1910
Contoh negara-negara yang telah memindahkan Ibukota Negaranya:
Quote:1. Brazil
Memindahkan ibukota Brazil dari Rio De Janeiro ke lokasi yang berada di tengah-tengah negara Brazil
Pemindahan ibukota Brazil ke Brasillia dianggap kurang berhasil karena lokasinya yang terlalu dipelosok, maka hanya sektor pemerintahan saja yang dapat hidup dan berkembang disana, sehingga dinamika kota disana cenderung statis. Hal ini bisa menjadi suatu hambatan dalam usaha mencari solusi pemerataan penduduk
2. New Zealand
Dengan memindahkan ibukota ke Wellington yang berlokasi di sebelah selatan North Island of New Zealand, lokasi ibukota ini akan lebih menjangkau penduduk di South Island (south inlander)
3. Kazakhtan
Untuk mengatasi ketimpangan regional, menyatukan masyarakat yang berbeda etnis, dan mengkonsolidasikan batas wilayah.
http://adisuryanto69.blogspot.co.id/2011/01/pemindahan-ibukota-dalam-perspektif.html
Bagian Keempat:
SKENARIO TERHADAP GAGASAN PEMINDAHAN IBUKOTA
1. Status quo
Quote:Status quo, di mana ibu kota tetap di Jakarta, masih dianggap sebagai salah satu skenario yang cukup realistis.
2. Skenario Pemisahan fungsi Ibukota
Quote:Menurut skenario ini, pusat pemerintahan sebaiknya dipisahkan dari ibu kota negara. Artinya, Jakarta akan tetap diletakkan sebagai ibu kota negara karena faktor historis, sebagai simbol.
3. Skenario Penyebaran Fungsi-Fungsi Pemerintahan atau Zona-Zona Pemerintahan
4. Skenario Pemindahan Ibukota Negara
Quote:Dalam skenario ini, akan dibentuk suatu Daerah Khusus Ibukota di tempat lain. Sebagaimana halnya DKI Jakarta, daerah ini akan memiliki berbagai fungsi sebagai ibukota sekaligus juga menjadi pusat perekonomian.
Skenario ini kurang begitu diperbincangkan, namun gagasan lain melakukan penyebaran fungsi pemerintahan dapat dipertimbangkan.
Bagian Kelima:
MENGAPA PEMERINTAHAN JOKOWI INGIN MEMINDAHKAN IBUKOTA KE PANGKALAN BUN
Spoiler for wacana2:
Kalo pengamatan ane -DANGKAL- ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan:
1. Cocok menjadi Kota Organik
Quote:Menurut Spiro Kostof (1991), Kota adalah Leburan Dari bangunan dan penduduk, sedangkan bentuk kota pada awalnya adalah netral tetapi kemudian berubah sampai hal ini dipengaruhi dengan budaya yang tertentu.
Quote:
Spoiler for ALASAN:
Elemen-elemen pembentuk kota pada kota organik, oleh kostol dianalogikan secara biologis seperti organ tubuh manusia, yaitu :
1. Square, open space sebagai paru-paru.
Secara teoritis yang dimaksud dengan ruang terbuka (open spaces) adalah: Ruang yang berfungsi sebagai wadah (container) untuk kehidupan manusia, baik secara individu maupun berkelompok, serta wadah makhluk lainnya untuk hidup dan berkembang secara berkelanjutan (UUPR no.24/1992)
Pangkalan Bun sendiri memiliki ruang terbuka yang masih luas loh gan, masih banyak ruang hijau yang dapat ditinggali berbagai makhluk hidup.
2. Center, pusat kota sebagai jantung yang memompa darah (traffic).
Pusat kota di Pangkalan Bun dapat dijadikan sebagai jantung dari kota ini sendiri
2. Jaringan jalan sebagai saluran arteri darah dalam tubuh..
Pangkalan Bun sudah memiliki jalur lintas kabupaten bahkan Provinsi
3. Kegiatan ekonomi kota sebagai sel yang berfikir.
Pangkalan Bun sendiri sudah memiliki jalur akses laut maupun udara sebagai akses perekonomian
4. Bank, pelabuhan, kawasan industri sebagai jaringan khusus dalam tubuh.
5. Unsur kapital (keuangan dan bangunan) sebagai energi yang mengalir ke seluruh sistem perkotaan.
1. Square, open space sebagai paru-paru.
Secara teoritis yang dimaksud dengan ruang terbuka (open spaces) adalah: Ruang yang berfungsi sebagai wadah (container) untuk kehidupan manusia, baik secara individu maupun berkelompok, serta wadah makhluk lainnya untuk hidup dan berkembang secara berkelanjutan (UUPR no.24/1992)
Pangkalan Bun sendiri memiliki ruang terbuka yang masih luas loh gan, masih banyak ruang hijau yang dapat ditinggali berbagai makhluk hidup.
2. Center, pusat kota sebagai jantung yang memompa darah (traffic).
Pusat kota di Pangkalan Bun dapat dijadikan sebagai jantung dari kota ini sendiri
2. Jaringan jalan sebagai saluran arteri darah dalam tubuh..
Pangkalan Bun sudah memiliki jalur lintas kabupaten bahkan Provinsi
3. Kegiatan ekonomi kota sebagai sel yang berfikir.
Pangkalan Bun sendiri sudah memiliki jalur akses laut maupun udara sebagai akses perekonomian
4. Bank, pelabuhan, kawasan industri sebagai jaringan khusus dalam tubuh.
5. Unsur kapital (keuangan dan bangunan) sebagai energi yang mengalir ke seluruh sistem perkotaan.
2. Memiliki keunikan yang khas:
Quote:Apa saja yang ada di Pangkalan Bun.
1. http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-B...-Pangkalan-Bun
2. Penejelasan tentang Pangkalan Bun
http://www.kaskus.co.id/thread/55879...t-indahnya-gan
3. Spread effect pergerakan transportasi, modal dan urbanisasi akan tersebar ke seluruh wilayah Indonesia.
Quote:Selain itu, jika terjadi disaster seperti banjir kemarin yang melumpuhkan kota Jakarta atau disaster yang lebih besar(amit2 semoga tidak terjadi) tidak akan melumpuhkan perekonomian dan kegiatan pemerintahan karena sumber daya yang tersebar.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/batutulis/...a83424148b458c
4. Keragaman suku di pangkalan Bun
5. Posisinya yang strategis di tengah Antara Timur dan Barat Wilayah Indonesia
Quote:
6. Minimnya Potensi Bencana Alam
Quote:Daerah kalimantan sendiri memang jarang terjadi bencana. Namun semua masih bisa terjadi dengan Kehendak Tuhan.
7. Dekat dengan Daerah Perbatasan Sehingga Meminimalisir Terjadi Sengketa Perbatasan
Bagian Keenam:
PERSIAPAN PEMERINTAHAN JOKOWI UNTUK MENJADIKAN P.BUN SEBAGAI IBUKOTA
KEPALA Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kalteng, M Hatta mengaku gembira. Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) -dengan ibukota kabupaten: Pangkalan Bun- akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan proyek strategis di Kalteng. Quote:Pasalnya, di daerah tersebut akan dibangun lima proyek strategis, berupa:
1. pelabuhan laut dengan kapasitas yang lebih besar,
2. bandara baru,
3. rel kereta api,
4. pabrik baja dan
5. kabel bawah laut.
Sumber Berita: www.teraskreasi.com
http://mediakalimantan.com/artikel-3...i-kalteng.html
Sebagai Persiapan Awal Sendiri Akan Terbentuknya Provinsi Baru Di Daerah Sekitar Pangkalan Bun
Hal ini juga turut memudahkan proses Pengembangan Wilayah Pangkalan Bun sebagai Ibukota Negara
Quote:
DPR telah mendukung wacana ini
http://www.antaranews.com/berita/473...ovinsi-kalteng
Hanau terletak 2 jam dari Pangkalan Bun
Sedangkan jarak Pangkalan Bun ke Ibukota Provinsi yang sekarang sekitar 10 jam perjalanan darat.
http://www.antarakalteng.com/berita/...akati-di-hanau
Trit HT dan lainnya:
ada yang mau jadi agen rahasia?
Sekilas tentang Pangkalan Bun
belajar hal baru kini jadi mudah
Sekilas tentang IPDN
Siapa aja Bisa Bikin Game HP
Fakta Psikologis
jalan pintas membentuk habit/kebiasaan
Fakta dengan ilustrasi unik
seni bermain pasir yang beda
cara praktis yang bikin betah ngantor
Khawatir Berlebih ternyata OCD!
Mimpi masa kecil yang tercapai?
Quote:
Trit Lain tentang Pangkalan Bun
1. Pangkalan Bun dan Segala Tempat Indahnya
2. Menjernihkan Sungai Arut, Pangkalan Bun
3. Pangkalan Bun tuan rumah Festival Keraton Nusantara 2016
Quote:KOMEN PEMIRSAH
Quote:Original Posted By DieriAj ►
setelah baca penjabaran dan alasan2 pendukung kenapa harus di pindahkan ibukotanya ane setuju banget gan, sudah seharusnya ibukota di pindah gan. dan pulau bun ane rasa cocok
Quote:Original Posted By idamic ►
kalo ane sih setuju* aje
Quote:Original Posted By zepboy ►
Udahlah pindahin aja pindahin. Pindah ke mana kek, biar Indonesia berkembang, ga stuck di Jawa lagi di Jakarta lagi.
Quote:Original Posted By GEMPAL00 ►
boleh boleh aja di pindah gan. bisa berpotensi mengurangi kepadatan di jakarta.
Quote:Original Posted By deathstiger ►
pindah aja nanti bisa di tata lagi ibukota nya
Quote:Original Posted By lokii.dijee ►
ane setuju-setuju aja gan
supaya gak timpang pembangunan
Quote:Original Posted By bgstyo ►
Selama baik sihh ane setuju gan, secara kalimantan tempatnya juga strategis, luas juga.. keep it up pak owi!
Quote:Original Posted By Ejakeren ►
ane setuju pangkalan bun menjadi pusat pemerintahan Republik . Pusat perekonomian biarlah Jakarta.
Quote:Original Posted By triace ►
ane setuju gan, biar jakarta sepi
Quote:Original Posted By kebonlangit ►
Tanah di p.bun uda mahal2 bre. Bukan ga mgkn ibukota bakal pindah.
tapi yg pasti pusat perdagangan pasti tetep di jakarta
Quote:Original Posted By torresnino ►
Ane sih setuju" aja gan, biar ga terlalu pengap tuh Jakarta. Biarlah cuma ekonomi yang ada di Jakarta.
Seperti di Amerika, ibukota Washington tapi ekonomi lebih banyak di New York dan LA.
Quote:Original Posted By pendekartakeran ►
ane setuju aja gan...biar punya view yang baru ..
Quote:Original Posted By lunpiasmg ►
semoga cepat terealisasi dah
Quote:Original Posted By apaliat.liat ►
kayak kata kang emil pusat pemerintahan sama pusat ekonominya harud beda tempat
Quote:Original Posted By jangan.mangut ►
Kalimantan relatif aman tuh dari sumber bencana alam...yg penting bikin saluran pembuangan airnya yg bener biar kaga banjir macem jkt
Quote:Original Posted By lunpiasmg ►
semoga cepat terealisasi dah
Quote:Original Posted By hound.dog ►
Plis pemerintah jangan cuma wacana saja, plis do it
Quote:Original Posted By nunogeograf ►
Pindahin aje ane ikhlas, klo perlu sekalian gubernurnye diangkut!!! BETAWI UDAH SUMPEK.
Quote:Original Posted By nightly. ►
ane setuju gan.. mengingat kota-kota lain apalagi yang dipelosok-pelosok belum dapat perhatian seperti disini..
INGAT, INDONESIA BUKAN CUMA PULAU JAWA
Quote:Original Posted By marywiguna13 ►
makanya ga aneh kalo orang-orang diluar pulau jawa ngerasa iri karena pembangunan terus menerus dilakukan disana tapi tidak merata hingga ke pulau lain.
kalo memang pemindahan ibukota bisa memicu pemerataan pembangunan hingga ke pedalaman, ya kenapa engga?
dan kalo dipikir pikir, Jakarta sepertinya sudah sedemikian njelimet dengan permasalahannya sendiri.
jadi mending kasih kesempatan ke yang lain untuk lebih modern seperti Jakarta ato bandung lah.
Quote:Original Posted By Dazes ►
ane tinggal dijakarta dan setuju gan. Kalau mau ya pindah, pasti bisa berkembang tempat tsb. Sayang banget kalau cuma jakarta yg maju, apalagi penduduknya uda padat
Quote:Original Posted By okfriyantinus ►
kota gw jadi ibukota negara....GW DUKUNG 100%
PANGKALAN BUN KOTA MANIS
Quote:
Quote:Original Posted By popocoy ►
Aduh kebanyakan mega proyek deh, sudah begitu maunya SEGERA SEGERA SEGERA.
Ane setuju IBUKOTA sudah PERLU PINDAH, tapi JANGAN SEKARANG.
Ada beberap kendala yang benar2 harus diperhatikan salah satunya adalah tanah di Kalimantan umumnya berlahan gambut, sehingga butuh engineering yang canggih agar bisa bangun gedung2 tinggi dan kuat menopang di lahan gambut, kalau tidak bisa bisa amblas infrastruktur2 di sana
Kalau mau merencanakan dengan matang, moggo silahkan, tapi jangan dieksekusi sekarang atau waktu dekat, karena ada satu lagi kendala teramat penting yang harus diperhatikan yaitu DANA.
Kondisi keuangan Pemerintah dan APBN saat ini masih belum sanggup untuk mengaplikasikan mega proyek pemindahan ibukota ini.
Kalau semua2x proyek mau dipaksakan jadi di periode 2016-2019, bisa collaps negara ini.
Untuk mewujudkan mega proyek kaya gini, gak akan cukup keluar uang hanya 50-100 triliun. Dana yg dibutuhkan bisa di atas 500 triliun (prediksi kasar ane) karena banyak sekali infrastruktur yang harus dibangun dari gedung2 Pemerintah, Perumahan2, Pelabuhan Laut, Bandara, Jalan2 Raya, sampai Sekolah,Universitas, Mall, Rumah Sakit, Kantor Polisi, Markas TNI dan tetek bengek yg lain.
Saat ini Indonesia sedang bangun infrastruktur gede2an di penjuru Indonesia, biarkan infrastruktur2 itu jadi dulu, biarkan duitnya dipake ke sana dulu.
Kalau Pemerintah memaksakan megaproyek Ibukota saat ini juga, hanya akan membuat Defisit APBN lewat dari 3% PDB dan itu akan melanggar UU Perbendaharaan dan UU Keuangan Negara. Pun, defisit yang besar itu akan berdampak pada kebutuhan UTANG PEMERINTAH yang semakin besar.
Jangan bilang DUITNYA ADA TINGGAL KERJA, karena DUITNYA KUDU NGUTANG DULU.
Penjelasan2 agan di atas dengan segala PROS nya memang sangat memikat dan bermanfaat tapi kalau dipaksakan dijalankan saat ini bisa membuat keuangan Pemerintah BERDARAH2.
Jangan sampai karena nafsu membangun yang terlalu besar malah membuat Indonesia ikut2an seperti Yunani dalam waktu 20 tahun ke depan,setelah megaproyek ini selesai.
Quote:Original Posted By Tiebo ►
sebenernya kalo presiden ngantornya mobile / pindah dari satu daerah kedaerah laen secara berkala... bs meningkatkan pembangunan daerah tsb.
misal 1 th di papua.. 1 th lagi di sulawesi... 1 th di ambon... 1 th di NTT (jawa, sumatera diskip aja)
jaman sekarang itu era digital... telekonference itu hal kecil...
kalo terpaksa harus rapat bertemu langsung, fasilitas penerbangan udh jauh lebih baik dibanding 20th lalu
infrastruktur pasti akan berkembang... presiden dekat dengan rakyat... rakyat senang...
Quote:Original Posted By rezasaurs ►
Kalo ane setujunya Indonesia pake sistem split-capital. Kalo soal nanti yang berfungsi jadi ibukota legislatif, dll dan yang mau ditaroh jadi nama ibukota resminya, Jakarta atau Pangkalan Bun, ane serahkan ke pemerintah aja.
IMO dimensi pulau Kalimantan yang luas dan ibukota antar provinsi yang berjauhan, serta langsung bertetangga dengan Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina menjadi keuntungan lebih. Selain nanti kalo2 urbanisasi terjadi di ibukota baru, pemerintah bisa ngebangun kota satelit dengan lebih leluasa disekitaran ibukota/diantara ibukota negara dan ibukota provinsi--jadi pembangunan bisa lebih tersebar; pemerintah juga nantinya bisa buat jalur penghubung antar negara, baik jalur kereta atau jalan raya (+ jembatan), sehingga diharapkan perekonomian pun bisa membaik--dengan kondisi SDM-nya harus sudah siap tentunya.
Quote:Original Posted By Albrastos ►
Ane setuju banget kl ibukota pemerintahan dipindah, tapi perekonomian tetap dijakarta aja gpp.
Kalo jadi di kalimantan, ane berharap desain tata kotanya sudah matang sekali, jadi gak kyk jakarta yang bentuknya udah ga karuan. Kalo tata kotanya apik dan arsi, kita juga gak perlu malu kalo ada wakil dari negara lain berkunjung. Akan lebih membanggakan kalo Indonesia bisa mempersembahkan lingkungan kenegaraan yang bebas polusi dan macet, menawan dan menarik. Kalo bisa sih ibukota nanti tetap dikelilingi sama hutan alam, knp? Pertama buat latihan TNI dan pertahanan alam. Jd kl ada yg nyerang (amit"), udah ada bentengnya. Kedua biar kl presidennya mau refreshing, gak perlu jauh" ke bogor, hahahah...
Memang Jakarta itu sudah rumit serumit-rumitnya. sebagai perbandingan, pengalaman ane travel ke medan dan riau, benar-benar berbeda suasananya. Sayangnya, daya tarik perekonomian dan gaya hidup di jakarta lebih menarik buat orang" non-jawa daripada kehidupan yang asri kyk di luar jawa.
Quote:Original Posted By transplant44 ►
ibu kota itu cuma simbol.
ngapain pindahin ibu kota?
yang semraut itu tatanan kota, semua kumpul dijakarta dari pusat ekonomi, pusat pemerintahan dll.
kalau mau pindahin tuh pusat pemerintahan jangan dijakarta lagi.
ane setuju & ngedukung kalo pusat pemerintahan dipindah ke kalimantan.
kenapa?
1. wilayah kepulauan kalimantan rentan sabotase negara tetangga.
2. pulau kalimantan satu satunya pulau diindonesia yang minim resiko terkena bencana alam kaya gempa bumi, gunung meletus, banjir dan bencana yg lainnya yang udeh hal umum terjadi dipulau lain.
3. Akses buat kepulau lain seperti sulawesi, papua, sumatera jawa dan sekitarnya ga terlalu jauh kaya sekarang dijakarta.
banyak nilai lebihnya deh semisal pusat pemerintahan dipindah.
tapi kalo pusat ekonomi, ibu kota or apalah yg dipindah, ga akan ada jaminan jakarta bebas dari yang disebut dipost 1
Trit Lain tentang Pangkalan Bun
1. Pangkalan Bun dan Segala Tempat Indahnya
2. Menjernihkan Sungai Arut, Pangkalan Bun
3. Pangkalan Bun tuan rumah Festival Keraton Nusantara 2016
Quote:KOMEN PEMIRSAH
Quote:Original Posted By DieriAj ►
setelah baca penjabaran dan alasan2 pendukung kenapa harus di pindahkan ibukotanya ane setuju banget gan, sudah seharusnya ibukota di pindah gan. dan pulau bun ane rasa cocok
Quote:Original Posted By idamic ►
kalo ane sih setuju* aje
Quote:Original Posted By zepboy ►
Udahlah pindahin aja pindahin. Pindah ke mana kek, biar Indonesia berkembang, ga stuck di Jawa lagi di Jakarta lagi.
Quote:Original Posted By GEMPAL00 ►
boleh boleh aja di pindah gan. bisa berpotensi mengurangi kepadatan di jakarta.
Quote:Original Posted By deathstiger ►
pindah aja nanti bisa di tata lagi ibukota nya
Quote:Original Posted By lokii.dijee ►
ane setuju-setuju aja gan
supaya gak timpang pembangunan
Quote:Original Posted By bgstyo ►
Selama baik sihh ane setuju gan, secara kalimantan tempatnya juga strategis, luas juga.. keep it up pak owi!
Quote:Original Posted By Ejakeren ►
ane setuju pangkalan bun menjadi pusat pemerintahan Republik . Pusat perekonomian biarlah Jakarta.
Quote:Original Posted By triace ►
ane setuju gan, biar jakarta sepi
Quote:Original Posted By kebonlangit ►
Tanah di p.bun uda mahal2 bre. Bukan ga mgkn ibukota bakal pindah.
tapi yg pasti pusat perdagangan pasti tetep di jakarta
Quote:Original Posted By torresnino ►
Ane sih setuju" aja gan, biar ga terlalu pengap tuh Jakarta. Biarlah cuma ekonomi yang ada di Jakarta.
Seperti di Amerika, ibukota Washington tapi ekonomi lebih banyak di New York dan LA.
Quote:Original Posted By pendekartakeran ►
ane setuju aja gan...biar punya view yang baru ..
Quote:Original Posted By lunpiasmg ►
semoga cepat terealisasi dah
Quote:Original Posted By apaliat.liat ►
kayak kata kang emil pusat pemerintahan sama pusat ekonominya harud beda tempat
Quote:Original Posted By jangan.mangut ►
Kalimantan relatif aman tuh dari sumber bencana alam...yg penting bikin saluran pembuangan airnya yg bener biar kaga banjir macem jkt
Quote:Original Posted By lunpiasmg ►
semoga cepat terealisasi dah
Quote:Original Posted By hound.dog ►
Plis pemerintah jangan cuma wacana saja, plis do it
Quote:Original Posted By nunogeograf ►
Pindahin aje ane ikhlas, klo perlu sekalian gubernurnye diangkut!!! BETAWI UDAH SUMPEK.
Quote:Original Posted By nightly. ►
ane setuju gan.. mengingat kota-kota lain apalagi yang dipelosok-pelosok belum dapat perhatian seperti disini..
INGAT, INDONESIA BUKAN CUMA PULAU JAWA
Quote:Original Posted By marywiguna13 ►
makanya ga aneh kalo orang-orang diluar pulau jawa ngerasa iri karena pembangunan terus menerus dilakukan disana tapi tidak merata hingga ke pulau lain.
kalo memang pemindahan ibukota bisa memicu pemerataan pembangunan hingga ke pedalaman, ya kenapa engga?
dan kalo dipikir pikir, Jakarta sepertinya sudah sedemikian njelimet dengan permasalahannya sendiri.
jadi mending kasih kesempatan ke yang lain untuk lebih modern seperti Jakarta ato bandung lah.
Quote:Original Posted By Dazes ►
ane tinggal dijakarta dan setuju gan. Kalau mau ya pindah, pasti bisa berkembang tempat tsb. Sayang banget kalau cuma jakarta yg maju, apalagi penduduknya uda padat
Quote:Original Posted By okfriyantinus ►
kota gw jadi ibukota negara....GW DUKUNG 100%
PANGKALAN BUN KOTA MANIS
Quote:
Quote:Original Posted By popocoy ►
Aduh kebanyakan mega proyek deh, sudah begitu maunya SEGERA SEGERA SEGERA.
Ane setuju IBUKOTA sudah PERLU PINDAH, tapi JANGAN SEKARANG.
Ada beberap kendala yang benar2 harus diperhatikan salah satunya adalah tanah di Kalimantan umumnya berlahan gambut, sehingga butuh engineering yang canggih agar bisa bangun gedung2 tinggi dan kuat menopang di lahan gambut, kalau tidak bisa bisa amblas infrastruktur2 di sana
Kalau mau merencanakan dengan matang, moggo silahkan, tapi jangan dieksekusi sekarang atau waktu dekat, karena ada satu lagi kendala teramat penting yang harus diperhatikan yaitu DANA.
Kondisi keuangan Pemerintah dan APBN saat ini masih belum sanggup untuk mengaplikasikan mega proyek pemindahan ibukota ini.
Kalau semua2x proyek mau dipaksakan jadi di periode 2016-2019, bisa collaps negara ini.
Untuk mewujudkan mega proyek kaya gini, gak akan cukup keluar uang hanya 50-100 triliun. Dana yg dibutuhkan bisa di atas 500 triliun (prediksi kasar ane) karena banyak sekali infrastruktur yang harus dibangun dari gedung2 Pemerintah, Perumahan2, Pelabuhan Laut, Bandara, Jalan2 Raya, sampai Sekolah,Universitas, Mall, Rumah Sakit, Kantor Polisi, Markas TNI dan tetek bengek yg lain.
Saat ini Indonesia sedang bangun infrastruktur gede2an di penjuru Indonesia, biarkan infrastruktur2 itu jadi dulu, biarkan duitnya dipake ke sana dulu.
Kalau Pemerintah memaksakan megaproyek Ibukota saat ini juga, hanya akan membuat Defisit APBN lewat dari 3% PDB dan itu akan melanggar UU Perbendaharaan dan UU Keuangan Negara. Pun, defisit yang besar itu akan berdampak pada kebutuhan UTANG PEMERINTAH yang semakin besar.
Jangan bilang DUITNYA ADA TINGGAL KERJA, karena DUITNYA KUDU NGUTANG DULU.
Penjelasan2 agan di atas dengan segala PROS nya memang sangat memikat dan bermanfaat tapi kalau dipaksakan dijalankan saat ini bisa membuat keuangan Pemerintah BERDARAH2.
Jangan sampai karena nafsu membangun yang terlalu besar malah membuat Indonesia ikut2an seperti Yunani dalam waktu 20 tahun ke depan,setelah megaproyek ini selesai.
Quote:Original Posted By Tiebo ►
sebenernya kalo presiden ngantornya mobile / pindah dari satu daerah kedaerah laen secara berkala... bs meningkatkan pembangunan daerah tsb.
misal 1 th di papua.. 1 th lagi di sulawesi... 1 th di ambon... 1 th di NTT (jawa, sumatera diskip aja)
jaman sekarang itu era digital... telekonference itu hal kecil...
kalo terpaksa harus rapat bertemu langsung, fasilitas penerbangan udh jauh lebih baik dibanding 20th lalu
infrastruktur pasti akan berkembang... presiden dekat dengan rakyat... rakyat senang...
Quote:Original Posted By rezasaurs ►
Kalo ane setujunya Indonesia pake sistem split-capital. Kalo soal nanti yang berfungsi jadi ibukota legislatif, dll dan yang mau ditaroh jadi nama ibukota resminya, Jakarta atau Pangkalan Bun, ane serahkan ke pemerintah aja.
IMO dimensi pulau Kalimantan yang luas dan ibukota antar provinsi yang berjauhan, serta langsung bertetangga dengan Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina menjadi keuntungan lebih. Selain nanti kalo2 urbanisasi terjadi di ibukota baru, pemerintah bisa ngebangun kota satelit dengan lebih leluasa disekitaran ibukota/diantara ibukota negara dan ibukota provinsi--jadi pembangunan bisa lebih tersebar; pemerintah juga nantinya bisa buat jalur penghubung antar negara, baik jalur kereta atau jalan raya (+ jembatan), sehingga diharapkan perekonomian pun bisa membaik--dengan kondisi SDM-nya harus sudah siap tentunya.
Quote:Original Posted By Albrastos ►
Ane setuju banget kl ibukota pemerintahan dipindah, tapi perekonomian tetap dijakarta aja gpp.
Kalo jadi di kalimantan, ane berharap desain tata kotanya sudah matang sekali, jadi gak kyk jakarta yang bentuknya udah ga karuan. Kalo tata kotanya apik dan arsi, kita juga gak perlu malu kalo ada wakil dari negara lain berkunjung. Akan lebih membanggakan kalo Indonesia bisa mempersembahkan lingkungan kenegaraan yang bebas polusi dan macet, menawan dan menarik. Kalo bisa sih ibukota nanti tetap dikelilingi sama hutan alam, knp? Pertama buat latihan TNI dan pertahanan alam. Jd kl ada yg nyerang (amit"), udah ada bentengnya. Kedua biar kl presidennya mau refreshing, gak perlu jauh" ke bogor, hahahah...
Memang Jakarta itu sudah rumit serumit-rumitnya. sebagai perbandingan, pengalaman ane travel ke medan dan riau, benar-benar berbeda suasananya. Sayangnya, daya tarik perekonomian dan gaya hidup di jakarta lebih menarik buat orang" non-jawa daripada kehidupan yang asri kyk di luar jawa.
Quote:Original Posted By transplant44 ►
ibu kota itu cuma simbol.
ngapain pindahin ibu kota?
yang semraut itu tatanan kota, semua kumpul dijakarta dari pusat ekonomi, pusat pemerintahan dll.
kalau mau pindahin tuh pusat pemerintahan jangan dijakarta lagi.
ane setuju & ngedukung kalo pusat pemerintahan dipindah ke kalimantan.
kenapa?
1. wilayah kepulauan kalimantan rentan sabotase negara tetangga.
2. pulau kalimantan satu satunya pulau diindonesia yang minim resiko terkena bencana alam kaya gempa bumi, gunung meletus, banjir dan bencana yg lainnya yang udeh hal umum terjadi dipulau lain.
3. Akses buat kepulau lain seperti sulawesi, papua, sumatera jawa dan sekitarnya ga terlalu jauh kaya sekarang dijakarta.
banyak nilai lebihnya deh semisal pusat pemerintahan dipindah.
tapi kalo pusat ekonomi, ibu kota or apalah yg dipindah, ga akan ada jaminan jakarta bebas dari yang disebut dipost 1
yang penting indonesia jadi lebih baik lagi gan
ke bp aja gan
bukan ibukotanya yg dipindahin.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
Quote:Original Posted By masmomon ►
bukan ibukotanya yg dipindahin.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
mirip mamarika kali ya,washington dc sama new york
bukan ibukotanya yg dipindahin.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
mirip mamarika kali ya,washington dc sama new york
yakin bleh. bakalan rusak p.bun kalo dijadiin ibukota.
kalo ane sih setuju* aje
biarin aja daah gan...
Udahlah pindahin aja pindahin. Pindah ke mana kek, biar Indonesia berkembang, ga stuck di Jawa lagi di Jakarta lagi.
bisa bisa makin abis hutan di kalimantan dibabat buat pemukiman
wah jauuhh
nanti jakarta gak ajdi ibukota lagi dong
nanti jakarta gak ajdi ibukota lagi dong
Quote:Original Posted By kirashinigami ►
mirip mamarika kali ya,washington dc sama new york
ndak usah jauh2
kayak tetangga sebelah rumah kl ma putrajaya.
mirip mamarika kali ya,washington dc sama new york
ndak usah jauh2
kayak tetangga sebelah rumah kl ma putrajaya.
Selama baik sihh ane setuju gan, secara kalimantan tempatnya juga strategis, luas juga.. keep it up pak owi!
ane setuju pangkalan bun menjadi pusat pemerintahan Republik . Pusat perekonomian biarlah Jakarta.
Quote:Original Posted By alva007 ►
yang penting indonesia jadi lebih baik lagi gan
Insya Allah bisa jadi lebih baik gan
yang penting indonesia jadi lebih baik lagi gan
Insya Allah bisa jadi lebih baik gan
puyeng baca nya ...
ane setuju gan, biar jakarta sepi
Pindah ke papua aja ibukota nya
Quote:Original Posted By masmomon ►
bukan ibukotanya yg dipindahin.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
iya bisa juga tuh gan kayak tetangga ya kan
Via: Kaskus.co.id
bukan ibukotanya yg dipindahin.
tapi pusat pemerintahannya aja.
biar jakarta jd pusat bisnis dan hiburan.
iya bisa juga tuh gan kayak tetangga ya kan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar