Pages


Rabu, 20 April 2016

"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??
Quote:
Dibaca dulu aja gan, kalo berkenan dan berguna, cendolnya dianter pake gojek
PENTING !! TS SAMASEKALI GK ADA NIAT JUALAN ATO PROMOSI APAPUN,
"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??


Quote: Sebelomnya makasi buat momod yang mengijinkan ane untuk sekedar sharing..

ane mau intro dulu gan, saya seorang Karyawan di suatu perusahaan swasta, pendidikan terakhir S1 jurusan Ekonomi dan setelah nabung, saya memutuskan melanjutkan pendidikan S2 di salahsatu universitas di Tangerang, secara kebetulan saya dapat tempat kerja yang jam kerja nya flexible dengan jadwal kuliah (dan setumpuk tugas-tugasnya), lingkungan yang mendukung dan teman-teman yang supportive,.


Quote:
Kali ini TS mau sharing mengenai Macro Economy atau Ekonomi Makro, Langsung aja menuju DATA,
Spoiler for Data BI Rate 2008-2011:
Trend BI Rate pada tahun-tahun tersebut cenderung mengalami penurunan setelahResesi global yang dialami negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika (if you remember, theres global even named The Subprime Mortgage)."Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

Spoiler for Data BI Rate 2015-2016(Triwulan I):
Berikut Data Trend BI rate sampai bulan Maret 2016."Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??
apa sih yang kita alami selama 2015 ?? berikut TS jabarkan secara singkat
  • Januari 2015, Ketua KPK Bambang Widjojanto Ditangkap, tapi sampai hari ini KPK masih ada dan terus menangkap tikus-tikus yang gerogotin duit negara, Maju terus KPK.
  • Febuari 2015, Indonesia Menghukum mati narapidana Warna negara Australia, sampai Perdana Mentrinya "ngambek" apa dampaknya ?? nyaris TIDAK ADA.. we are strong as a country, don't undersestimate us brother !!
  • Agustus 2015, Perayaan HUT Indonesia ke-70.
  • di bulan yang sama, Rupiah melemah ke angka Rp 14.000,- per USD.
  • September 2015, Persib Bandung memenangkan Piala Presiden 2015.






Quote:Trus apa sih pengaruh nya BI Rate turun ini, koq tabelnya gk enak banget dibaca, grafiknya turun itu, artinya pertumbuhan ekonomi menurun donk ??

Jangan salah gan, dengan penurunan BI Rate ini artinya peluang justru semakin terbuka untuk beberapa sektor, saya kasih sedikit contoh :
  1. Ngambil Kredit makin terjangkau dengan bunga rendah, seperti contoh si Alvin di Thread saya sebelumnya, Baca thread nya biar bisa dapat gambaran + inspirasi nya.

  • Penurunan BI Rate juga menguntungkan dari segi Perusahaan, sektor Marketing secara spesifiknya, sales akan makin banyak jualan, dan agan-agan yang kerja di sektor ini seharusnya sudah mulai merasakan dampaknya, contohnya pengambilan Mobil atau kendaraan bermotor lain nya, tingkat Bunga yang di tawarkan oleh perusahaan Leasing, cenderung turun dan meringankan konsumen.
  • Dikutip dari Det*k.com : "Rata-rata suku bunga Kredit Modal Kerja Rupiah diperkirakan turun 14 bps menjadi 13,19 % per tahun dan suku bunga Kredit Konsumsi rupiah turun 8 bps menjadi 15,21 % per tahun,sebut hasil survei Bank Indonesia (BI)", artinya kredit untuk usaha Mikro juga akan membaik, berikut dilampirkan data dari 3 Bank ternama di Indonesia :

  • Spoiler for Bank Mandiri:
    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

    Spoiler for BCA:
    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

    Spoiler for BRI:
    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??



    Saran saya : Mulailah tentukan pilihan.


    Bagi agan-agan yang sepantaran dengan saya (28 tahun), saran saya : lihat pengalaman 4-5 tahun lalu :
    1. Apakah kita melewatkan peluang usaha ?? adakah teman yang mulai usaha Online Shop nya tahun 2011 dan sekarang sudah bisa jalan-jalan keluar negri, sementara kita Stuck di kantor senin-jumat ??
    2. Lihat teman investasi Rumah, yang sekarang nilainya udah 2 atau bahkan 3x lipat ?? mulailah investasi yang nemambah Asset (Cerita Alvin)
    3. Mengapa ada teman yang sekarang posisinya sudah supervisor, bahkan manager, sedangkan kita masih jadi staff, bekerjalah semaksimal mungkin saat faktor external mendukung.



    Bagi agan-agan yang masih kuliah, saran saya :
    1. Kuliahlah sebaik mungkin, IP itu tidak penting untuk orang seperti saya yang sudah punya pengalaman kerja, tapi bagi kalian yang "new entry" IP lah satu-satunya hal yang dilihat oleh perusahaan.
    2. Mulailah mengembangkan diri agar menjadi pribadi yang ber-Value.
    3. Tentukan apa yang akan kalian ingin lakukan 3-5 tahun kedepan,
    Mau buka usaha ?? carilah informasi mengenai pasar.
    Mau berkarir ?? mulailah cari informasi perusahaan besar yang menyedikan peluang karir (dithread selanjutnya TS akan bahas lebih jauh tips and trick wawancara dan presentasi)



    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

    Sumber
    Detik.com
    Wikipedia
    Bank Mandiri
    BCA
    BRI
    Pengalaman Pribadi.


    Please Comment dan Rate 5 gan, n kalo membantu, TS juga siap dikirimin Cendol

    Tambahan gan, terima kasih atas positifnya respon agan-agan sekalian, juga mohon maaf kalo bahasa yang saya gunakan masih berantakan, saya akan belajar menulis lebih giat agar maksud dan tujuan TS menulis lebih bisa diserap dengan baik oleh agan-agan sekalian.

    ini satu dari sekian banyak komentar bermanfaat dari agan-agan sekalian :

    Quote:Original Posted By farisan99

    Negeri kita ni udah di doktrin dengan slogan "AYO MENABUNG", dengan embel2 bunga gede. toh kenyataannya nabung juga dapet berapa? return dikit, krn ada biaya macem2, pajaknya, administrasinya, sama aja boong kaalo return yg didapet dikit.

    seharusnya slogan negeri ini ganti ama "AYO BERINVESTASI", jangan cuma ngajarin anak hanya nabung n numpukin kekayaan doang buat pribadi, tapi gimana memanfaatkan uang yg ditabung tersebut menjadi suatu yang bisa menguntungkan. ya investasi lah, apapun bentuknya. mau bikin usaha, pasar modal, dll

    monggo gan, Dicendolin agan farisan99 nya.
    Pengalaman bermanfaat dan patut dicontoh :
    Quote:Original Posted By stanXX
    Bener gan, well at least bwt org2 yg mau berusaha, ulet, dan terutama Tuhan berkehendak, pasti makin maju

    Ane pendidikan S2 lulus 2010 (26 thn saat itu). Merangkak dari posisi bawah (di beberapa perusahaan), kemudian mengecap posisi manajerial di perusahaan penerbitan buku slm 3 tahunan (sejak 2011). Tahun 2013 ane mulai usaha online kecil2an sbg sampingan, kemudian turning point tahun 2014 ane memberanikan diri resigned (stlh stucked dg kerja kantoran yg gitu2 doang dan ga ada peningkatan kompensasi despite the fact ane udah kontribusi besar meningkatkan laba perusahaan sampe 200% lebih (ane salah 1 think tank dan yg memproduksi intelektualnya produk2 perusahaan).

    Tp sblm resigned ane udah mantep krn langganan ane udah makin banyak, bukan modal nekat doang

    Puji Tuhan gan, dg bantuan kredit bank jg sbg modal awal, omset ane per tahun skrg udah ratusan juta (ga enak ngomongnya berapa gan ). YOY (Year on Year) omset naik terus, dari yg dulu awalnya ga sampe 1jt per bulan, skrg udah puluhan juta per bulan

    Lmyn lah bwt nabung2 rencana masa depan...

    Oh ya, jangan lupa bersedekah dan jangan pelit sm org lain (terutama yg membutuhkan) gan, dijamin Tuhan ga bakal 'pelit' ke ente! Setidaknya itu yg ane rasain sih

    I maybe not the richest man in this country, but I'm definitely happier than before, karena bisnis ane adalah salah 1 passion ane jd enjoy bgt ngerjainnya ky maen2 aja

    Quote:Original Posted By famifami
    ane buka usaha sejak 2012 tak disangka jadi supliyer, padahal itu cuma sampingan, sebelumnya pekerjaan utama setelah mundur dari staff pabrik buka kantin di sekolah SMP, itu lucky atau karna faktor itu ya, kok kridit banknya nominal sama ya gak turun ?
    gak apalah yang penting dapat payung gratis dari banknya..hehe

    molai teko nol utang bank, bondo kecap nang CS banknge aku iki jancok

    padalan jurusan kuliahe T.Industri


    Komentar bermanfaat :
    Quote:Original Posted By krupukmlempem
    Sekarang kayaknya pemerintah ngedukung masyarakat buat jadi pengusaha..
    Kita liat aja bunga KUR dgn maks sampai 500jt bunga cuma 9% p.a ...
    Dan terakhir kmarin salah satu bank bumn ngasi kredit produktif ato kredit buat usaha sampai dgn 5milyar bunganya juga udh single digit a.k.a dbwh 10% p.a...
    Ayo..yang mau jadi pengusaha..udh dbantu banget nih..hehehe...

    Quote:Original Posted By iprit
    Sudah 7 tahun ekonomi dunia masih belum sembuh dari sakitnya, indikasinya lihat suku bunga bank central mereka nyaris 0% malah ada yg sampai minus %. Di harapkan masyarakat tidak menaruh uangnya di bank tapi di putar dunia usaha, tapi gak jalan juga.
    Indonesia belakang ini ada aliran dana asing yg di bilang hot money (dana asing yg masuk ke instrumen keuangan, seperti saham, obligasi infonesia, dll, pokoknya yg bukan naroh modal buat usaha disini). Dana asing masuk buat, rupiah sedikit menguat, bi rate turun, nanti pas hot money pada balik ke luar negeri, rupiah lemah, bi rate naik lagi.
    Ekonomi Indonesia sedikit banyaknya tergantung ekonomi dunia, kita ekspor hasil bumi/komoditi, harga dunia komoditi lagi tidak bagus, indikasi ekonomi kita masih lesu, indikasinya phk naik, permintaan barang sekarang turun...
    Tahun 2016 tahun sulit, lebih bijak menggunakan uang dan jangan menambah utang untuk konsumsi..


    The Fact :
    Quote:Original Posted By deuculs
    Yang jelas kopi ABC harganya naik gan setelah 10 tahun bertahan di 1000 rupiah

    Quote:Original Posted By azerta
    emang bener kok bukan katanya sebenernya.

    middle class indonesia emang baru booming gila2an, spending power indonesia lumayan diperhitungkan kok. liat aja isi plaza indonesia yang tiap tahun nambah terus high class branded storenya, sampe pada ngantri yang mau pasang toko di PI. untuk high-end luxury store, jakarta udah hampir setara sama singapore, dan kedepannya kalo harvey nichols, la rinascente nyusul galeries lafayette buka di jakarta, lewat dah itu singapur masalah barang2 branded

    yang agak murahan, tapi bukti yang lebih kuat kalo middle class indonesia booming, ya menjamurnya toko2 kaya Zara, mango, Uniqlo sama H&M, yang gak mungkin kalo gak ada pembelinya . atau yang lebih keliatan lagi, menjamurnya starbucks dimana2

    gak ngerasain bukan berarti gak terjadi lho ya


    Tambahan Data :
    Quote:Original Posted By androgormaxxx


    Ane tambahin gan, semoga menambah wawasan.
    Sumber langsung dari Rakor BI..
    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??
    "Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??"Katanya" Ekonomi membaik, koq hidup saya gini-gini aja ??

    Semoga membantu bahasan n khasanah keilmuan..
    Mksh
    Quote:Macro Economy atau Ekonomi Makro

    ane di jurusan ips tp kyknya belom belajar jd kurang paham aneb bantu aja dah gan
    Gw kok gini gini Ja
    Yg membaik ekonominya orang gan TS
    Kalo TS gk mau gini2 aja,ya kerja keras donk
    Ekonomi secara keseluruhan, bukan ekonomi perorangan. Dihitung dari rata2 pendapatan keseluruhan tiap daerah. Yang kaya dapet untung 1 milyar perbulan, yang miskin rugi 1 juta perbulan. Ga keliatan jelas. Kalo ditung ya pasti ekonomi naik secara keseluruhan.
    Sedikit suntikan ilmu buat saya tentang mata kuliah ekonomi karena saya baru dapet yang mikro hahaha..
    Weh om di the lounge sekarang?
    katanya krisis, tapi yang nongkrong di emol banyak. katanya membaik, tapi gaji kayanya segini aja. ga ngeluh sih, jalani aja dan berusaha dan berdoa.
    Kurang paham dengan maksud bi rate
    hidup itu pilihan kk

    hidup didunia beda dengan di akhirat
    didunia kita butuh materi untuk memenuhi kebutuhan
    semangat kk :
    klo beras 1000 sekilo.. bengsin 1000 seliter... sekolah di biayai pemerentah...
    ane rasa gaji yang cuma 2jt sebulan bisa buat bangun rumah.. liburan rutin tiap bulan... bisa bli mobil... dan pasti awet muda
    reserved buat bacaan besok
    alhamdulillah. dapet ilmu banyak. ane jadi tambah ngerti sekarang. hehe
    kerja kerja ayo kita kerja
    waduh gan ane gak ada niatan buat ngambil mobil/motor. jadi gak ngaruh dong gan?
    Yang sabar ya gan
    cewek ane kerja di financial industry, ane di cekokin data2 begini mulu sama doi

    ane secepatnya mau mulai kpr buat rumah gan, doain ya
    Kalo kata ane mah gan.
    Ini gak terlepas dari teori Pareto.
    20/80.
    Sama gan, ekonomi kita membaik tapi dari total 100% perbaikan tersebut 80% dinikmati oleh 20% orang.
    Ane agan dan agan2 yg lain gak termasuk yg 20% tersebut.
    Sekarang yg patut kita pikirkan adalah gimana kue perbaikan ekonomi tersebut kita bisa cicipin.
    Gak usah banyak2 0.001% aja udh cukup buat sampe kita mati secara nominal.
    Maklumi gan.
    Kemakmuran kita sudah diwakili oleh mereka yang mengaku-ngaku 'wakil rakyat'...
    Via: Kaskus.co.id

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar