Pages


Kamis, 21 April 2016

Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar

Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar

Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar

Kali ini ane akan membagikan tentang kegundahan ane di thread yang sederhana ini. Berawal dari kegundahan ane tentang mahasiswa-mahasiswa yang kehilangan semangat dan kepercayaannya kepada sistem perkuliahan. Bagaimana tidak jika dosen yang sebagai pengajar kita sering sekali adsen dan mengganti di hari atau jam lain seenaknya sendiri.

Menurut ane sih ga papa gan, klo hanya sekali dua kali. Nah klo berkali-kali pastinya akan membuat mahasiswa semakin tidak rajin untuk hadir kuliah, karena merasa tidak tipedulikan oleh dosen tersebut. Ane sharing-sharing dengan teman ane memang ada beberapa dosen yang rajin dan jarang sekali absen tpi banyak juga yang absen seenaknya sendiri, baik kampus negeri maupun swasta tidak jauh berbeda. Pastinya ketika kuliah agan pasti bersyukur karena dulu waktu SD sampai SMA guru agan rajin dan bertanggung jawab untuk hadir mengajar murid-muridnya. Nah untuk itu kali ini ane akan membagikan pendapat ane tentang hal ini :

Spoiler for satu:
1. Buang Waktu Mahasiswa
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Ketika mahasiswa telah menunggu lama akan datangnya seorang yang akan mebagi ilmu, ternyata orang tersebut batal hadir dan kita telah menggu lama antara 20 sampai 2 jam. Nah coba bayangin gan klo agan seorang mahasiswa yang sedang berjuang menyisihkan waktu berkerjanya untuk datang ke kampus dan saat itu juga ternyata dosen tidak datang, kan sayang banget gan waktunya, toh biasanya mahasiswa kaya gini juga kerja untuk membayar kuliahnya.

Spoiler for dua:
2. Menurunkan Semangat Belajar Mahasiswa
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Di saat ada mahasiswi manis yang lagi rajin-rajinnya ngerjain makalah untuk di kumpulkan keesokan harinya, ternyata si dosen absen dan tugas tersebut dikumpulkan di hari lainnya. Pastinya taulah gan rasanya udah ngerjain sampai begadang-begadang dan besoknya ternyata belum dikumpulkan.

Spoiler for tiga:
3. Kepercayaan dari Mahasiswa Berkurang Kepada Sistem Kuliah
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Dari saking seringnya dosen kosong jadinya para mahasiswa merasa tidak dapat ilmu dari kuliahnya. Nah kadang karena alasan ini pula banyak mahasiswa yang memutuskan untuk berhenti kuliah karena dia merasa lebih banyak mendapatkan ilmu di dunia luar dari pada di kuliahnya

Spoiler for ketiga:
4. Mahasiswa Menjadi Tidak Produktif
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Mahasiswa biasanya juga mengembangkan kemampuannya di luar perkuliahan, misalnya wirausaha atau lain-lain. Tapi ketika datang kekampus hanya menuggu-menuggu dan menunggu.

Spoiler for kelima:
5. Karena dosen di bayar
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
Quote:Original Posted By benci.kaskus
Menurut Ane kalo sesuai dg judul "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar" isinya seharusnya adalah karena DOSEN DIBAYAR!

Orang tua agan banting tulang buat bayarin kuliah, malah tuh dosen tidak profesional tidak mengajar. Padahal tuh dosen makan gaji tiap bulan.

Di kampus Ane pernah ada dosen sering absen mengajar sehingga kita mahasiswanya keteteran, akhirnya kita laporin deh tuh dosen dan dimutasi ke tempat lain. Dosen kok mental absenan.
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar


tambahan dari agan benci.kaskus


Yah akhir kata semoga dosen-dosen di indonesia kedepannya lebih bertanggung jawab pada jam mengajarnya. Karena mahasiswa juga harus menaati kontrak kuliah yang di berikan dosennya. Untuk agan yang punya pengalaman lain silahkan di bagi gan, nanti ane taruh pekiwan. mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.

Sumur : Dari pemikiran dan kegundahan ane gan

Kalau Berkenan :
Spoiler for awas gan:
Bagi Cendolnya gan Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar


Spoiler for Curhatan Mahasiswa:
Quote:Original Posted By reagannnn
buang waktu mahasiswa, kan jadi males datang kalo dosen absen tros


Quote:Original Posted By pfapb
Gue males masuk kelas


Quote:Original Posted By lunaticfringe
w sukanya ke kantin gan
ada banyak kue enak enak
sama kaka kaka


Quote:Original Posted By dfrns
Mahaciswa juga jadi ga ter motipasi gan
Dosen aja males


Quote:Original Posted By Boyz.
ane pernah tuh gan tiap ane dateng mau kuliah dosennya gak ada giliran ane ga dateng ehh dosennya ada.. kan jadi alpha ane


Quote:Original Posted By approve.cc
ada dosen yang jrang masuk , sekali masuk mahasiswa gak ada eh ngambek :nyantai


Quote:Original Posted By annanizsa
Yang ngeselin lagi, dosen yg materinya belum kelar gara2 sering gak masuk biasanya deket2 uts minta make up class.. udah gitu suka seenaknya ngatur jadwal.


Quote:Original Posted By i624
apapun alasannya, dosen wajib masuk karena mahasiswa membayar... Kalau sibuk, dan ngak punya waktu ya jangan ngajar...
Dateng ke kampus jauh2, cape, pake ongkos, ngak produktif, nungguin di kelas, ternyata ngak dateng.. kan rese banget..
Ada juga dosen yg sibuk banget, kalau masuk pun telat sejem.. alasannya proyek pemerintahan, dll. Mending kalau enak ngajarnya


Quote:Original Posted By himamaula
alhamdulillah kalau di kampus ane dulu dosennya rajin-rajin gan. karena kalau ada dosen yang gak rajin langsung dimintain kuliah tambahan sama mahasiswa nya



Quote:Original Posted By selaonsepen
wah, kalau ane kuliah di PTN papan atas. dosen ngga pernah absen dan ane pun ngga pernah absen



Quote:Original Posted By navi3
iya juga ya kalo dosen absen bikin buang waktu sama makan gaji buta sih dosen



Quote:Original Posted By iman07021997
sedih gan dulu dosen ane udah tau ngambil Doktor di negri sebrah malah ngambil kelas, jadi kita kena imbasnya kuliah kosong tugas menumpuk



Quote:Original Posted By reale
mahasiswa atau dosen ya harusnya sama2 jangan sampe absen
kecuali dalam beberapa kondisi ya, kan ga mungkin wajib dateng 100% juga



Quote:Original Posted By misigi
kalau di sekolah mah ane senang guru gak masuk. nah ini kalau di kuliah udh datang jauh" bayaran mahal pas sampe ke kampus eh dosen nya kg ada. trus kuliah pengganti nya jg di jam" yg ane malesin utk belajar....



Quote:Original Posted By the.mr.doa
Tugas jadi numpuk gan dan tugas yg d kerjakannya jg ga ngerti wong blum pernah di ajarin sm dosennya

Trus ane pernah waktu ngampus pulang pergi udh jaraknya jauh (Sumedang-Bandung) trus bela"in berangkat subuh (krna masuk jadwal pagi) pas nyampe kampus dosennya absen lalu minta kelas pengganti pas ane bentrok sm keperluan lain

Tpi enaknya bebas bisa nongkrong d kantin kl ngga main kmna nongkrong" dan kl lgi males"nya balik lgi k rumah lanjut molor



Quote:Original Posted By lolly.cat
Dosen ane nih gan udah ga pernah masuk matre pula.. Mending kalo ga masuk beberapa kali nah ini 1 semester kagak masuk.. Gue kira dia udah mati gan..tapi masi hidup ternyata.. Dan kalo ngasi nilai pelit gaan.. Dia kasi nilai dgn cara jual buku.. Yg beli buku sih aman dapet B(gak pernah gan dia kasih nilai A) , tp kalo gak beli ya C..
Di tambah tuh dosen mau mulusin skirpsi kalo di suap gan di beliin tas branded (kalo kagak kasi pelicin alamat deh skripsi kacau, banyak kating gw yg S1 sma S2 jd korban ni dosen)..
Dan parahnya lagi tuh orang ga mau bales sms kalo ga di isiin pulsa gan.. Minimal gocap lah kalo ceban doi ga respon..
Udah di tegur rektor gan tp masih aja gituuu..
Di kasi kritik negatif ga mempan gaan gile kan..



Quote:Original Posted By hirudora
bener th..masuk seenaknya..baru masuk 3x pertemuan langsung uts/uas sedeng dosen ane kadangan



Quote:Original Posted By mac021
setuju banget nih gan... sering banget ketemu dosen macam kayak gini..


Quote:Original Posted By achiiaaa
Buang buang ongkos gan ,udah jauh2 dateng ke kampus ,dosennya gak masuk ,mending kalau ada dosen pengganti mah :tear



Quote:Original Posted By mumiarhz
Iya gan jadi ga efektif gitu waktunya, malah jadi buang buang waktu ga jelas, mau ini itu kan tanggung ya kalo info dari dosennya ga jelas. Paling males kalo ada jadwal pengganti yg pake waktu santai atau hari libur



Quote:Original Posted By artwing
Ane pernah dapat dosen tipe ini waktu kuliah.
Dibelain masuk, eh doi jarang masuk.
Begitu ane yang ga masuk, coret sana sini.
Setelah ane cari tahu, ternyata dosen dapat uang berdasarkan absensi dan berita acara perkuliahan yang terisi tiap mengajar.
Dan voila, walaupun sampai 5 pertemuan absen, kok berita acaranya penuh terus? Wah ni orang minta gaji penuh biar ga pernah ngajar.
Ane dan teman-teman sepakat untuk menghentikan aksi ini.
Setiap dosen ga masuk, kami coret di berita perkuliahan dengan isi berita "Perkuliahan diliburkan, tidak ada dosen."
Alhasil dosen tsb kelabakan dan sempat marah.
Kami pun mengancam, "Sekali lagi anda tidak masuk, silakan berhadapan dengan dekan atau rektor kami."
Akhirnya dia sering masuk juga, walaupun sering bolos juga.
Di akhir cerita ternyata doi berhadapan sama rektor juga. Mungkin dari kelas lain yang dia ajar yang merasa sebal juga seperti kami.

Tapi di semester berikutnya, dia masih mengajar.
Mungkin dia jera... semoga.


Kok jadi cerita ya :



Quote:Original Posted By blue.hamster
gw juga bingung kalo kpsong luntang-lantung gak jelas, paling ngeceng di kantin terus cao



Quote:Original Posted By ramirez96
Bener tuh gan ane udh bangun pagi buru2 ke kekampus ternyata dia gak masuk, giliran ane nyantai berangkatnya tuh dosen udh ada di kelas



Quote:Original Posted By budakbaleg
kalau dosennya bener, biasanya minta ganti jam ke hari lain. tapi jarang sih yg kyk gitu



Quote:Original Posted By twiguard14
gaji buta yah mungkin ibaratnya



Quote:Original Posted By bintarsam
macem-macem dosen itu ya.. kadang ada yg msknya telat nanti keluarnya juga telat , ada yg ngasih tugas kgk liat sikon , ada yg nyuruh mahasiswa gk telat tp dosennya telat jg dan gk ada yg brani mbantah ,
Nikmati aja gan HIDUPP MAHASISWA



Quote:Original Posted By isn23
paling kesel kalo dosen yg sering absen, trus pertemuan berikutnya minta tambahan jam lagi buat ganti jam kosong sebelumnya.
kan pening juga kuliah 2 X 45 menit X 2



Quote:Original Posted By ic7404
jadi inget semester kemaren h-10 lebaran masih sisa 6 pertemuan praktikum 6 praktikum biasanya 2 percobaan. sehari langsung 6 praktikum itu. dari pagi sampe malem jam 7 laporannya cuma dikasih waktu 3 hari. biasanya satu percobaan abis 20 halaman kertas folio. ini 12 percobaan X 20 lembar = 240 lembar folio dalam 3 hari . ini semua karena dosennya ya begitulah


makanya dedek dedek yang masih SMA jangan seneng belom lulus UN aja udah coret-coretan sambil nunggingin bokong hahaha curhat



Quote:Original Posted By kresmane
kalo sekali dua kali gpp sih gan
Disini ada yg sedetikpun ga lewat (widih bahasanya )
Tapi absen ga selamanya jelek ko gan
di tempat ane ada satu dosen yg 50:50 masuknya, cuma sekalinya masuk ngajarnya beda dan lebih paham sama mahasiswa.
Kesel juga gan, pulang-pergi ke kampus ane abis 4 jam lebih (naek bus antarkota) pas matkul 1 taunya ga dateng..
#SaveMahasiswaAntarKota



Quote:Original Posted By d.narita
saat ane mahasiswa dan belum mengerti ttg "kehidupan dosen", semua yang agan tulis itu benar.
ane juga sering jengkel sama dosen yang PHP
waktu s1, lumayan banyak mahasiswa yang nyambi kerja.
Ketika tau mereka bela2in perjalanan dari luar kota ke kampus demi kuliah
terus tiba2 dosen nda masuk itu bener2 dah, ane kasihan bgt sama dia

Nah beda lagi ketika ane jadi asisten dosen.
(emang benar, kita harus mengalami dulu baru mengerti)
Ternyata dosen juga gila2an jadwal nya (Terutama dosen yang berpengaruh di masyarakat maupun kampus itu sendiri)
Dosen juga tidak hanya membagi ilmu, tapi mereka juga dituntut untuk meneliti dan mengabdi ke masyarakat
Mereka kalang kabut juga atur jadwal mereka, dan mereka juga aslinya nda mau ganti2 jadwal
karena bakal merusak waktu yang sudah mereka tata.

Dosen seperi ini SANGAT BISA dimanfaatkan gan,,
Coba didekati. Mungkin agan bisa ikut proyek yang manfaatnya banyaaak banget.
Agan bisa dapat koneksi kerja, dapat tambahan uang jajan (tp jgn terlalu ngarep ya ), ide untuk judul skripsi/thesis,
dan terutama pengalaman.

Tetap semangat, teman2 kaskuser



Quote:Original Posted By jason.james
wah true bgt nih gan, mudah-mudahan kebaca sama dosen ane yg suka absen


Quote:Original Posted By anvel273
bagi orang orang yang kuliah malem itu bagaikan libur tersendiri bisa istirahat setelah kerja, walau buang buang waktu ke kampus yang taunya dosennya gak ada



Quote:Original Posted By cobacoba.coba2
udah naek ke lantai 4, eh dosennya kaga dateng .. cape2in gua aja naek tangga ..



Quote:Original Posted By asbakwireless
Kl ane sk seneng gan.. sk ane ganti sm hal2 yg positif..
nongkrong, ngopi,
atau hajar plng sekalian gan



Quote:Original Posted By lokiloki91
gue dulu kalo dosen gue gak ngajar malah seneng, soalnya digantiin sm asdos dia yg cakep gak konsen gue kuliah, pas uas tau2 dapet c



Quote:Original Posted By NichoMarpaunk
emang gan

ada dosen ane jarang bgt masuk, sekalinya masuk mahasiswa suruh presentasi

kalo nilai aman ya bodo amat lah..

lah ini, diaksih C semua hampir sekelas



Quote:Original Posted By nathanielz
bener tuh gan
kita udah capek2 datang, keluar waktu tenaga, biaya, masa dosen gak dateng dah
ato baru sampe kampus, tiba2 ada pengumuman mendadak dari dosen kalo kelasnya KP
wanjer bener dah




Spoiler for Curhatan Dosen:
Quote:Original Posted By airie
Sy masih belum paham kenapa dosen tega seperti itu..padahal mereka pernah menjadi mahasiswa..sy skarang adalah dosen, memahami keinginan para mahasiswa karna mengajar pada jam atau jadwal merupakan hak para mahasiswa serta kewajiban sy..nah buat TS coba dicari tahu apa sie penyebab dosen yg meninggalkan mahasiswany..apa karena hobby..


Quote:Original Posted By freeday98
Begini aja dek biar enak
Kami para dosen memiliki kewajiban untuk mengabdi bukan hanya pada para mahasiswa, tp jg masyarakat
Tergantung skala prioritasnya
Dan kurang tepat jika berkeluh kesah masalah absensi


Ada pertanyaan?

Pertanyaan kami kepada siapa lagi kami berkeluh kesah, jika ada mahasiswa yg juga sama sibuknya dengan pak dosen (sibuk berbakti kpd ortunya untuk cari ilmu, sibuk bekerja untuk bayar kuliah) dan mahasiswa tersebut masih mennyempatkan diri untuk datang kuliah, tpi kenyataannya dosennya absen,

Gimana nih pak?


Rekomended HT
diaman kan untuk update
buang waktu mahasiswa, kan jadi males datang kalo dosen absen tros
Gue males masuk kelas
w sukanya ke kantin gan
ada banyak kue enak enak
sama kaka kaka
Quote:Original Posted By lunaticfringe
w sukanya ke kantin gan
ada banyak kue enak enak
sama kaka kaka


sambil berburu senpai ya gan
Mahaciswa juga jadi ga ter motipasi gan
Dosen aja males
Quote:Original Posted By reagannnn
buang waktu mahasiswa, kan jadi males datang kalo dosen absen tros


itu juga yang ane rasain gan
belum pernah kuliah jdi gak tau,tau nya jdi kuli
ane pernah tuh gan tiap ane dateng mau kuliah dosennya gak ada giliran ane ga dateng ehh dosennya ada.. kan jadi alpha ane
Quote:Original Posted By fummy.
belum pernah kuliah jdi gak tau,tau nya jdi kuli


tinggal nambahin ah nya aja gan

Judul tritnya "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar". Namun isinya kurang ngena gan, memang benar sih dampaknya ke mahasiswa seperti yg agan deskripsikan. Tp menurut Ane kalo sesuai dg judul "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar" isinya seharusnya adalah karena DOSEN DIBAYAR!

Orang tua agan banting tulang buat bayarin kuliah, malah tuh dosen tidak profesional tidak mengajar. Padahal tuh dosen makan gaji tiap bulan.

Di kampus Ane pernah ada dosen sering absen mengajar sehingga kita mahasiswanya keteteran, akhirnya kita laporin deh tuh dosen dan dimutasi ke tempat lain. Dosen kok mental absenan.
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
betul gan paling kesel uda buru2 ke kampus takut telat, eh dosennya ga masuk
Quote:Original Posted By Boyz.
ane pernah tuh gan tiap ane dateng mau kuliah dosennya gak ada giliran ane ga dateng ehh dosennya ada.. kan jadi alpha ane

minta no telp dosennya aja gan, siapa tau bisa kenalan sma anaknya
Quote:Original Posted By benci.kaskus
Judul tritnya "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar". Namun isinya kurang ngena gan, memang benar sih dampaknya ke mahasiswa seperti yg agan deskripsikan. Tp menurut Ane kalo sesuai dg judul "Ini alasan kenapa dosen seharusnya tidak boleh absen mengajar" isinya seharusnya adalah karena DOSEN DIBAYAR!

Orang tua agan banting tulang buat bayarin kuliah, malah tuh dosen tidak profesional tidak mengajar. Padahal tuh dosen makan gaji tiap bulan.

Di kampus Ane pernah ada dosen sering absen mengajar sehingga kita mahasiswanya keteteran, akhirnya kita laporin deh tuh dosen dan dimutasi ke tempat lain. Dosen kok mental absenan.
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar


Nice gan, ane tambahin

Biasanya yg kek gt,yang gajinya udah otomatis.masuk ga masuk gaji tetep
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
ikutan ngikik aja den ane
Quote:Original Posted By takulincik
Biasanya yg kek gt,yang gajinya udah otomatis.masuk ga masuk gaji tetep

jadinya milih ga masuk aja yah gan
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Ini Alasannya Kenapa Dosen Seharusnya Tidak Boleh Absen Mengajar
ikutan ngikik aja den ane


ikutan bagi pengalaman juga boeh gan

Quote:Original Posted By alisnya.tebal
diaman kan untuk update


good job gan nice share bro
pejwan closed
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar