Pages


Sabtu, 16 April 2016

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"Quote:Selamat Datang Di Thread Saya Gan.............
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:No Repost ya....
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Berawal sering ngebaca thread di lounge kaskus yang ngebahas tentang profesi/pekerjaan pilot, akhirnya ane tertarik untuk ngebikin thread yang ngebahas pilot juga, cuman pilot yang ane akan bahas di sini bukan Pilot yang tugasnya nerbangin pesawat terbang atau malah Pilot yang buat nulis dibuku sekolah, Pilot disini Tugasnya membantu Kapten/Nahkoda kapal laut untuk melabuhkan cinta eh..maksudnya melabuhkan kapal gan.
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Selain pilot didunia Penerbangan Internasional istilah Pilot juga dikenal didunia Maritim Internasional, kalau didunia Maritim Indonesia kebanyakan menyebut istilah Pilot dengan istilah "Pandu Pelabuhan" kalau di dunia penerbangan mungkin tugasnya kurang lebih hampir sama seperti"Ground Marshall" secara kasarannya kalau Ground marshall ngebantu parkirin Pesawat, kalau Marine Pilot ngebantu parkirin kapal . Menurut sumber yang ane baca Pilot/Pandu di sini engga hanya berprofesi sebagai Pemandu bagi Kapal2 yang akan keluar masuk area pelabuhan, namun juga Pemandu bagi kapal2 yang melewati area khusus yang memerlukan bantuan Pilot/Pandu(Pilotting) seperti terusan atau kanal, alur laut sempit dan dangkal, mulut sungai, atau perairan yang sangat berisiko tinggi menyebabkan/terjadinya "kapal kandas"(grounding)
Spoiler for Pilot Lagi Kerja:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Pilotnya yang pakai seragam putih gan, doi lagi ngasih petunjuk mualim1 kapal jalan kebenaran (maksudnya jalur yg aman) agar kapal enggak kandas di tengah jalan, kalau dilihat dari warna cat kapal seprtinya kapal perang tuh.

Spoiler for Pilot Lagi Kerja:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Kalau yang ini pilotnya yang pake switer biru dongker, doi juga lagi ngasih petunjuk jalan kebenaran masuk ke pelabuhan ama si kapten kapal, kalau yang pake rompi ijo mungkin temennya si pilot keliatanya doi lagi curcol masalah gaji ama si mualim kapal.


Spoiler for Pilot Lagi Kerja:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Kalau yang ini ga tau lagi ngapain, yang penting keliatan lagi kerja gan


Spoiler for Pilot Lagi Senyum2:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Kalau yang ini doi lagi senyum2 ama kapten kapal gan, ane ga tau kenapa mereka bedua senyum2 gitu

lanjut kebawah gan

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Lanjut gan....Tugas utamanya Pilot disini membantu kapten kapal untuk mengarahkan kapal untuk memasuki atau keluar area pelabuhan, Pilot akan menuntun kapal2 yang akan atau dari pelabuhan untuk bisa melalui alur yang aman di areal pelabuhan. Ingat gan, dasar laut enggak selalu memiliki kedalaman yang sama loh. Misalnya suatu lokasi di areal pelabuhan memiliki kedalaman 25 meter, bisa saja tempat lain yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari situ ternyata hanya memiliki kedalaman 10 meter saja. Tentu saja ini akan membahayakan buat kapal yang tidak sering memasuki daerah perairan disitu, Nakhoda yang belum hapal seluk-beluk perairan setempat, memungkinkan bahaya yang terjadi seperti kapal terjebak dan kandas, dari sebab itu jasa Piloting sangat dibutuhkan di areal pelabuhan. Kandas cinta aje udah bikin repot perasaan apalagi kalau yang kandas kapal yang segede gaban bisa bearabe dah urusanya.

Maka dari itu gan...yang mau jadi Pilot bukan orang sembarangan loh...syarat menjadi pilot paling tidak
punya sertifikat kapten untuk kapal "Foreign going"(kapal yg beroperasi secara internasional), punya pengalaman yang lama di daerah yang menjadi tempat tugasnya(mungkin harus jadi asisten pilot dulu kali yah).... pantasan aja pilot/pandu rata2 udah pada berumur gan walaupun berumur tapi resiko pekerjaanya cukup ekstrem juga loh...liat aje dah ntar gimana para pilot harus susah payah naik/turun kapal yang membutuhkan jasa Piloting.....resiko juga berbanding lurus ama pendapatanya juga sih....
ngomong2 soal pendapatan, pendapatan maritime pilot juga ga kalah gede loh ama pendapatan Pilot pesawat, terutama untuk Pilot2 yang berdinas di area pelabuhan yang cukup sibuk... menurut sumber yang ane baca, pendapatan Pilot di wilayah "Florida" negara Mamarika sono berada direntang "$100.000 - $ 400.000 pertahun" kalau mau dirupiahin tinggal dikali'in aja ama 13rebu ketahuan tuh gajinya berapa
walaupun demikian pendapatan mereka tergantung oleh masing2 negara juga seh gan....ane engga tau Pilot di mari pendapatanya berapaan
Lanjut kebawah gan

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Lanjut ke gambar2 aktivitas ekstrem Pilot
Spoiler for Kendaraan Dinas Pilot (Pilot Boat):
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Ni kendaraan dinas yang biasa para Pilot pakai untuk menyambangi kapal2 yang perlu jasa doi, namanya Pilot Boat. Walaupun keliatanya kecil tapi larinya cukup kencang gan, Pilot Boat udah jadi kendaraan standar para Maritime Pilot di seluruh pelabuhan di berbagai negara.


Spoiler for Kendaraan Dinas Yang Lebih Gede dan Lebih Canggih:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Pilot Boatnya lebih gede lebih mantep dah, tapi itu kok.... yoi gan pilot biasanya punya helikopter juga, biasa dipake di pelabuhan2 yang sibuk dengan tujuan agar Pilot lebih cepet naek/turun dari kapalnya, jadi ga banyak antrean kapal yang nunggu giliran Piloting, atau bisa juga karena jarak antara Pilot Base(tempat mangkal Pilot) ama Pilot Boarding Area(lokasi kapal yang membutuhkan Piloting) cukup jauh, maka biar lebih cepet pake Helikopter dah.


Spoiler for Repotnya Naik Turun Kapal Pake Tangga Pilot :(:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"


Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Waktu pilot mau naik ke atas kapal pakai yang namanya tangga Pilot, lumayan serem loh apa lagi kalau kapal2 ukuran jumbo pas lagi ga ada muatannya, tingginya bisa nyampe lebih dari 10 meter loh, udah gitu pas cuaca kurang bersahabat bisa aja tu tangga/kapalnya goyang2 cukup beresiko juga kan.


Spoiler for Tangganya lebih Pendek, Tapi...:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Nah kalau yang ini tangganya lebih pendek, tapi yang namanya ujan2 pasti kan licin gan. Ati2 pak pilot takutnya jatoh


Spoiler for Naek ke atas Kapal Ga usah Pake Tangga Gan....:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Kalau yang ini naek ke atas kapal ga pake tangga tapi gelantungan pake helikopter . Nah loh lebih serem mana tuh?
kalau yang ini ga semua pelabuhan punya fasilitas helikopter cuma pelabuhan tertentu saja yang punya fasilitas ini...

Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Kalau yang ini pas beruntung kapalnya ada tempat parkir Helikopternya (Helipad) jadi ga perlu dah gelantungan pake tali


Spoiler for Kapal Selam Juga Pake jasa Pilot...:
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Ga cuman Kapal laut aja yang butuh Piloting, Kapal selam juga butuh jasa seorang Maritime Pilot buat masuk dan meninggalkan area pelabuhan.



Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Quote:Nah itu sedikit yang saya tau mengenai Maritime Pilot, sekiranya bisa menambah pengetahuan kaskuser, kalau ada yang mau menambahkan atau membetulkan tulisan TS dengan senang hati saya tambahkan atau betulkan, sekiranya ada tulisan TS yang kurang berkenan saya ucapkan minta maaf.
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

Silahkan dikomen dan dirate gan

SUMUR 1
SUMUR 2
SUMUR 3
Quote:Tambahan Dari Para Kasuser Gan...

Quote:Original Posted By luucheen
Pilot itu ga cuma bantu buat masuk/keluar pelabuhan aja, kaya di singapore stiap ada pergerakan dari kapal musti lapor contoh mau drop anchor mau shifting atau mau anchor up jg make pilot. Selain itu kalo masuk channel kaya Suez jg make pilot.
Syarat jd pilot ga harus jg punya ijazah kapten yg d maksud itu Deck Officer Class 1, Deck Officer class 2 jg bisa yang penting lulus tes aja.
Oh iya tugas pilot itu cuma advise, karena tetap ntr kalo terjadi apa2 tanggung jawab kapten bukan salah pilot.
Dan banyak ko pilot yang masih muda, di dalam atau di luar negri.
itu dulu info yg bisa gw kasih


Quote:Original Posted By 52aip
jadi pilot itu bertugas BUKAN mengambil alih tugas dan tanggung jawab nahkoda untuk menyandarkan kapal atau membawa kapal di alur perairan tsb,
tapi tugasnya adalah menunjukan kepada nahkoda atau perwira jaga tentang alur yg aman dilewati kapal dan intruksi untuk menyandarkan kapal dengan aman dan benar, makanya kalo ada keraguan dari Nahkoda harus meminta intruksi sejelas jelasnya dari pandu/pilot, karna kalo terjadi kecelakaan, kandas, tabrakan dll itu bukan tanggung jawab seorang pilot tapi tetap tanggung jawab nahkoda
CMIIW


Quote:Original Posted By BANNED.USER
kalo gaji pilot alias pandu di Indonesia sekitar 30 jutaan perbulan buat yg baru join di Pelindo...

btw, ane dulu jg kerja di bidang agensi kapal jadi udah biasa manjat tangga monyet dan itu seremmmm bgt.... apalagi kalo gelombang laut lg gak bersahabat bisa bisa kejepit diantara speedboat dan kapal besar... tewas dahhh


Quote:Original Posted By dancolahm
itu pak pandunya ngapa gelayutan di heli dah, ane dulu di newcastle australia ga sampe segitunya dan ttp bisa dikasi ijin landing walopun diatas palka ga ada tulisan/marking buat helinya. yg penting aman.
dan jadi inget juga pas masuk yokohama jepang, ada 2 pilot , yg senior sm junior. yg senior setelannya mirip aki2 mafia di jepang dah, pake jas yg panjang itu sm syal dan topi yg ky koboy itu tp ga terlalu lebar. cakeup dah.

1 lagi gan. di kapal biasanya ada kabin buat pilot (pilot cabin) gunanya buat si pilot yg satunya istirahat ketika pilot lainnya lg mandu kapal. biasanya klo masuk alur yg panjang ni jadi make 2 pilot, kyk ane dulu masuk ke nantong, cina yang 13 jam hahahaha


Quote:Original Posted By gentagemilang
cuma sekedar sharing pengalaman bukan niat pamer gan, dr pengalaman ane nguli di kapal pesiar pilot yg paling top menurut ane adalah pilot yg ada dipanama canal krn pilotnya bukan sekedar tau perairan sekitarnya tapi harus komunikasi sm tower pengatur, pilot kapal sebelahnya, operator mini train yg narik kapal pas kapal masuk lock. biar jelasnya liat foto yg ane comot dr mbah gugel. btw gaji maritime pilot dipanama canal paling kecil US $ 450.000/thn ente kaliin aja 13000 berapa tuh hasilnya

Spoiler for :
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"


Spoiler for :
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"


Spoiler for :
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"



deretan kapal yg nungguin masuk ke panama canal

Spoiler for :
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"




Quote:Original Posted By mbingtampan
Ane kerja di pelabuhan gan, jadi sedikit banyak tau masalah pilot / pandu ini. Di pelabuhan pandu itu ekslusif gan, kebanyakan mereka ex-nahkoda kapal yang udah ga mau berlayar lagi (istilahnya pindah ke darat), biar bisa deket sama anak istri. Yang jelas pandu gajinya mantabhs gan!!


Quote:Original Posted By br4v0d35tr0y3r
Pilot pandu kan gk hrus pandu kapal naik ke kapal besarnya tuh.. bisa aj kapal besarnya disuruh ngikutin rute kapal kecil yg ada di depannya.. kapal kecil itu yg dinamai pilot pandu


Quote:Original Posted By wintersora
akhirnya ada yg ngebahas tentang pandu/pilot .. ane tiap hari ktmu dan brurusan ama ni pandu .. ane tambahin ya gan.. klu di tempat ane yaitu palembang, pandu/ pilot laut dan pandu/pilot bandar.. bedanya pilot/pandu laut itu kerjanya memandu kapal dari laut/ambang luar sungai musi ke dalam perairan sungai musi ( biasanya sich sampai sungai gerong ) begitu sebaliknya dari perairan sungai musi sampai laut/ambang luar.. dan klu pandu bandar, sisanya dari tempat kapal berlabuh ke dermaga tujuan dan begitu sebaliknya.. contoh dari perairan pusri ke dermaga boom baru atw ke dermaga batu bara.. semoga di page one.. heheheh


Quote:Original Posted By revo2008
Keren gan

Kebetulan ane setiap saat berhubungan dengan maritime pilot atau kalau di pelabuhan indonesia disebutnya "Pandu" karena memandu kapal masuk ke area suatu pelabuhan.

Tidak semua pelabuhan wajib pandu gan, ada beberapa pelabuhan yang tidak wajib pandu dan biasanya hal tersebut sudah jarang di Indonesia karena setiap pelabuhan rata-rata wajib pandu demi keselamatan

soal gaji jangan ditanya hehehehee... (betul apa ndak Capt...?)

ada yg pengen jadi pandu atau marine pilot, sekolahnya ane tau gan? bisa PM ane hehehehe...




Quote:Sihlakan gan kalau ada yang mau nambahin lagi..
tanggung jawabnya besar yaak demi keselamatan dan kelancaran kapal kapal yang berlayar

Lebih serem yang gelantungan itu gan daripada yang pake tangga

calon HT neh
tu job gajinya berapa perbulan.....

yang pasti kudu bisa berenang
tangga pilot itu namanya tangga monyet ye gan?
Sama kaya navigator lah yaa bray..
keren gan pesawatnya
Ngebayangin turun atau naik pake tali dari heli. Rasanya kayak hidup dan mati
Ini beneran setiap naik harus pake heli?
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"
nambah pengetahuan ane
lanjutkan gan, baru tau ada pilot kapal
Quote:Original Posted By krugersyster
tanggung jawabnya besar yaak demi keselamatan dan kelancaran kapal kapal yang berlayar

betul gan, tapi profesi ini jarang diketahui banyak orang, ane aja baru tau juga

Quote:Original Posted By sensenapril

Lebih serem yang gelantungan itu gan daripada yang pake tangga


ane setuju gan,buat mereka mungkin udah terlatih dan biasa gan

Quote:Original Posted By semandau
calon HT neh

amin gan...kalau berkenan bisa dibantu

Quote:Original Posted By blontho
tu job gajinya berapa perbulan.....


100.000 sampai 400.000 us dollar pertahun berarti sekitar 8ribu - 30ribu us dollar perbulan
kalau dirupiahin bisa 100jutaan ampe 400jutaan perbulan gan
Quote:Original Posted By supermanbunting
yang pasti kudu bisa berenang

bukan cuman bisa aja gan, tapi juga harus hapal diluar kepala
Quote:Original Posted By 52aip
tangga pilot itu namanya tangga monyet ye gan?

waduh kalau itu ane kurang mengerti gan
terimakasih sudah mampir gan
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Sama kaya navigator lah yaa bray..

bisa juga bray atau lebih tepatnya macem juru kuncinya pelabuhan bray
Quote:Original Posted By nmostore
keren gan pesawatnya

lebih tepatnya pesawat helicopter gan
terimakasih udah mampir gan...
Quote:Original Posted By yama.yama
Ngebayangin turun atau naik pake tali dari heli. Rasanya kayak hidup dan mati

kalau ane ga berani bayangi dah, soalnya ane belum pernah ngerasain gan
Quote:Original Posted By benci.kaskus
Ini beneran setiap naik harus pake heli?
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"

itu kalau pelabuhannya nyediain heli, sayangnya ga semua pelabuhan nyediain fasilitas heli gan...terpaksa deh naik turun pake tangga
Quote:Original Posted By yurikoken
nambah pengetahuan ane

terimakasih udah mampir gan
Quote:Original Posted By bebekchan
lanjutkan gan, baru tau ada pilot kapal

siap gan , sama ane juga baru2 ini tau ada yang namanya pilot kapal
Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot" Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot" Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"
pada bisa renang kan yak?
Mungkin kurang lebih seperti ATC'O pada Airport yak
wah klo g da maritime pilot bisa kacau nih pelsbuhan
waah ane baru tau ada kerjaan keren ginian gan
ngeri ngeri sedap nih Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"


btw, ane nemu kaskuser brengsek nih gan, kerjaannya ngejunk mulu Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"
ini nih gan http://www.kaskus.co.id/profile/43621396 Mari Mengenal Profesi "Maritime Pilot"
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar