Pages


Rabu, 04 Mei 2016

Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Assalamualaikum agan sista
Semoga selalu dilimpahkan rahmat oleh Tuhan yang maha Esa. Amin..
And welcome to my thread

Alhamdulillah jadi HT
The Power of Anak Tengah nih
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Spoiler for Anak tengah:
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Anak sulung sering disebut-sebut sebagai andalan keluarga. Anak bungsu selalu menjadi anak yang paling manis dan dianggap paling butuh perlindungan di rumah.
Lalu bagaimana dengan anak tengah? Banyak yang membahas tentang suka dukanya menjadi anak bungsu, atau anak sulung. Apakah dari kalian pernah terbesit bagaimana suka dukanya menjadi anak tengah?
Kami memang seperti terlupakan.
Dalam dunia psikologi ada istilah yang hanya dialami oleh anak tengah dalam keluarga. Namanya adalah middle child syndrome atau sindrom anak tengah. Menurut Alfred Adler, pakar psikologi dan penulis buku-buku tentang kepribadian, Middle Child Syndrome atau sindrom anak tengah adalah sindrom yang hanya dialami oleh anak tengah dalam keluarganya, contohnya anak kedua dari 3 bersaudara.
Kali ini ane mau berbagi sedikit hal-hal yang dirasakan oleh anak tengah, berdasarkan pengalaman TS dan melakukan riset kecil-kecilan kepada teman-teman yang juga anak tengah, serta mencari referensi ilmiah tentang hal ini.
Oke langsung aja kita bahas, apa saja sih suka dukanya.
Ane mulai dukanya dulu ya gan. Karena suka diawal tapi duka di akhir itu nyesek.

Spoiler for Dukanya Menjadi Anak Tengah:

Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Spoiler for 1. Sering Merasa Terlupakan:
Sebagai anak tengah sering merasa bahwa perhatian orangtua lebih tertuju pada kakak atau adik bungsu. Kakak yang sekaligus anak pertama biasanya mendapatkan perhatian karena anak sulung selalu dianggap anak yang paling sering diandalkan sehingga mereka selalu menjadi prioritas. Sedangkan sang adik sebagai anak bungsu selalu dimanja dan mendapatkan perhatian lebih extra, karena mereka adalah anak paling kecil yang dirasa paling lemah dan paling butuh perlindungan. Dan bagaimana dengan anak tengah? Mereka seringkali merasa terlupakan.

Spoiler for 2. Sering Mengalah:
Anak tengah pasti akan merasakan dimana mereka selalu mendapatkan barang-barang bekas sang kakak. Dan mengalah kepada adik adalah sebuah keharusan.
Atau ketika kita lagi berantem sama kakak, seringkali akan terdengar ceramahan seperti ini "Hormatilah kakakmu"
Lalu ketika berantem sama adik maka kalimat ini yang akan didapatkan "Ngalah dong sama adikmu"
Aku anakmu juga kan maaaak.

Spoiler for 3. Paling Gampang Kena Marah:
Menurut pengalaman TS pribadi, anak tengah sering kali kena marah atau omelan khas ibu atau mungkin ayah. Hal ini (menurut asumsi TS) mungkin disebabkan karena ibu sedikit males untuk mengomeli kakak sulung yang sudah gede dan sudah agak susah diatur. Sementara bagaimana dengan si bungsu? Ibu merasa paling nggak tega nih kalau harus mengomeli si bungsu. Karena anak bungsu akan selalu menjadi anak kecil yang manis unyu-unyu menggemaskan dalam keluarga kita. Apalagi katanya anak bungsu sering menjadi anak kesayangan ibu. Benar tidak ya

Spoiler for Sukanya Menjadi Anak Tengah:

Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Spoiler for 1. Paling Dekat Dengan Saudara:
Anak tengah adalah anak yang paling fleksibel. Kenapa? Karena anak tengah bisa sangat dekat dengan kakak. Juga bisa sangat dekat dengan adik. Sementara jarang sekali si bungsu dekat dengan si kakak sulung.
Seperti halnya TS. Ane dekat banget sama kakak, dan adik. Tapi adik tidak terlalu dekat sama kakak. Jadi ane merasa paling banyak temannya. Kalo ane lagi butuh teman curhat yang dewasa atau butuh perlindungan ane pergi ke kakak. Tapi kalo ane lagi pengen main dan seru-seruan ane bisa bareng sama adik. Lumayan juga bisa nyuruh-nyuruh dikit . Dan terkadang menjadi orang yang dibtuhkan oleh adik itu menyenangkan

Spoiler for 2. Menjadi Lebih Mandiri:
Seringkali anak tengah merasa perhatian orang tua lebih tertuju pada anak sulung dan anak bungsu. Namun ada hal positif dari kondisi ini, yakni anak tengah akan menjadi pribadi yang mandiri dan melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa mengandalkan orang tua.

Spoiler for 3. Pencipta Damai:
Anak tengah tak jarang menjadi penengah ketika adik sedang bertengkar dengan kakak, atau terjadi komunikasi yang buruk seperti perbedaan pendapat dan pandangan disebabkan oleh jarak usia yang cukup jauh. Pada situasi ini anak tengah sering dapat diandalkan untuk mengatasi masalah ini, karena anak tengah paling tahu cara melakukan pendekatan dengan sang kakak, dan juga berkomunikasi yang baik dengan sang adik.

Pada dasarnya orang tua selalu akan memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Memberikan kasih sayang yang sama tanpa membeda-bedakan. Hanya saja terkadang seorang anak tetap saja merasa iri dan selalu merasa kurang diperhatikan.
Pokoknya orang tua kita yang terbaik. Bahagiakan orang tua. Hormati kakak dan sayangi adik kita. Hidup anak tengah.
Terimakasih sudah meluangakan waktu membaca thread anak tengah ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum
Spoiler for Sumber:
https://m.brilio.net
Opini TS dan beberapa teman


Tambahah dari anak tengah of kaskuser yg inspiratif

Quote:Original Posted By GlinDingaN
ane anak tengah bray, dan ane merasa jadi anak tengah itu baik2 aja selama pribadinya bisa menangkap dan mencerna keadaan
nilai plusnya itu banyak menurut ane, contohnya bisa menjadi pengamat yang baik di dalam lingkungan keluarga,
bisa lebih bijaksana karena keadaan dan masih banyak lagi


Quote:Original Posted By ayumu07
justru kalau ane bersyukur jadi anak tengah bisa memberi dan meminta. kalau ada apa-apa minta ke kakak dan bisa juga memberi ke adek. jutsru ane jadi belajar banyak hal, misalkan kalau kakak ane suka ngatur2 ane ntar ke adik ane justru ane malah kagak pernah ngatur2 hidup adek ane soalnya ane sendiri ngerasain kalau diatur-atur itu kagak enak


Quote:Original Posted By screamo37
ane anak kedua dari 3 bersaudara, pengalaman ane jadi anak tengah ya ane merasa kurangnya perhatian dari orangtua saat sekolah dulu gan. apa-apa yg diduluin & yg dibanggain kakak ane terus. entah itu kendaraan, sekolah, pinternya, dan lain sebagainya. alhasil ane cari masalah terus di sekolah sampe pindah sekolah beberapa kali, merubah ane menjadi seseorang yang gampang emosi, sensitif, dll.

lulus sekolah, ane langsung kerja. sempet iri sama kakak yang lulus sekolah dikuliahin. tapi ane sadar kalo ekonomi keluarga ga sebaik saat kakak lulus dulu. dan semenjak ane sadar, ane punya motivasi & ambisi (positif) buat ngalahin/ngelebihin kakak ane. alhamdulillah sekarang ane kuliah semester 7 sambil kerja, yah walaupun belum seberuntung pekerja yg gajinya umr, ane bersyukur karena semua yg ane alamin udah buat ane menjadi orang yang kuat

Quote:Original Posted By version-9.99
Lebih cepat dewasa gan
Bisa memposisikan diri sebagai kakak atau pun adik
Bisa Menyesuaikan dengna lingkunagn baru lebih cepat

Btw ane anak tengah, dua kaka cowok, dua adik cewek...hahaha

Quote:Original Posted By hemuhemu14
ane pas kecil jg mikir gitu gan, serba g adil,
tpi semakin kesini ane malah lebih dkt sama ortu, krna kta ortu mereka baru sadar klo trnyata anak tengah nya lah yg sesungguhnya paling maniz..hehehe..

Quote:Original Posted By renoiqbalsah
Betul banget gan. ane ngalamin sendiri.

Tapi ane malah jadi anak yg paling bebas berkarya dan banyak pengalaman.

Quote:Original Posted By gemblongaddict
ane anak ke 2 dari 3 bersaudara gan hehe,
enaknya tuh jadi anak tengah menurut ane paling bebas gan hehe.
kalo anak pertama dituntut ortu jadi contoh yang baik, anak terakhir di manja cenderung ortu ane jadi protektif.
Nah anak tengah di bebasin aja gitu

Quote:Original Posted By tEnSzz
salam jari tengah, eh maaf, maksudnya salam anak tengah

ane rasa penjelasan ts 80% bakalan terjadi dan di rasain oleh anak tengah di seluruh dunia, *lebay mode on

ane juga ngerasain gan, dari yg harus ngalah sama kakak dan adik, sang kakak bagai dipuja, si adik di manjanya minta ampun,

lah gwww gmn

tp ane percaya tuhan punya rencana sendiri yg tidak diketahui hambanya, jadi ingat surah al-baqarah 30 "aku mengetahui apa yg tidak kamu ketahui" (Please Correct me if i'm wrong)

mungkin hasilnya benar, tempaan mentalnya, menjadikan anak tengah mandiri,kuat, tidak manja, dan bisa merasasakan/mendalami perasaan orang lain,

Quote:Original Posted By ibamfx
anak tengah ini rawan kurang perhatian mas broo

jadi anak tengah ini rata2 lebih cepat dewasa, karena dia pandai memahami kondisi, tapi tergantung juga sih, banyak anak tengah yang akhirnya merasa kurang perhatian dan terasingkan di tengah2 keluarganya, macem macem

jadi kalau agan2 disini ada yang anak tengah, sebaiknya akan belajar memahami kondisi, lebih pengertian dan tidak menuntut atau mencari2 perhatian,, karena dengan demikian mas bro akan bisa leibh dewasa dari kakak atau adik mas bro,
Utamakan Positif thinking selalu bray, gw jamin ga akan temuin duka menjadi anak tengah...
Ane anak tengah, ya kadang Ane pernah mengalami seperti yg disampaikan TS, tp menurut Ane wajar dan anak sulung atau bungsu jg pernah mengalaminya.
Wah ade gw tuh
Ane anak pinggir gan
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Utamakan Positif thinking selalu bray, gw jamin ga akan temuin duka menjadi anak tengah...

Iya gan setuju deh

Quote:Original Posted By benci.kaskus
Ane anak tengah, ya kadang Ane pernah mengalami seperti yg disampaikan TS, tp menurut Ane wajar dan anak sulung atau bungsu jg pernah mengalaminya.

Semua memang pasti ada suka dan dukanya. Pokoknya bagaimana menjalaninya aja dengan positif
enak sih jadi berasa punya kakak dan punya adik
Quote:Original Posted By boneyuun
Suka Duka Menjadi Anak Tengah
ane anak emak gan
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

bisa menjaga perdamaian, kayak pasukan PBB
Quote:Original Posted By petapa.genit.
Ane anak pinggir gan


Pinggir apa gan? Pinggir kali? apa pinggir pantai?
Ane bukan anak tengah, tapi anak bungsu, dan ane bersyukur, banyak sukanya ketimbang dukanya
untung ane anak pertamax gan
Quote:Original Posted By budakbaleg
enak sih jadi berasa punya kakak dan punya adik


Iya gan. Berasa complete deh
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

bisa menjaga perdamaian, kayak pasukan PBB



iya keren kan gan
biasanya lebih sukses dalam hal ekonomi
Biasa nya sering dapat barang bekas pakai dari yg atas
wkkwkkawa bener banget gan. ane tambahin nih. kalo disuruh2 pasti yg kena anak tengah. karena anak yg paling gede kan masa iya disuruh2 kan gimana gt katanya. dan kalo yg kecil, dia ga mau disuruh dan dimaklumi, dan akhirnya gue yg ngalah (
Quote:Original Posted By jehanfilah
wkkwkkawa bener banget gan. ane tambahin nih. kalo disuruh2 pasti yg kena anak tengah. karena anak yg paling gede kan masa iya disuruh2 kan gimana gt katanya. dan kalo yg kecil, dia ga mau disuruh dan dimaklumi, dan akhirnya gue yg ngalah (


Iya kadang suka gtu. sabar ye gan
berasa sperti terjepit di tengah2 gan
maju kena mundur jg kena
Ga juga tuh, ane anak tengah tapi malah kyk di istimewakan deh..ga pernah iri juga sama adek kakak
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar