Pages


Jumat, 03 Juni 2016

Bagaimana Memposisikan Produk Semudah Mengeja A-B-C

Bagaimana Memposisikan Produk Semudah Mengeja A-B-C

Product positioning adalah mengenai apa yang terlintas di kepala konsumen, khususnya mereka yang menjadi target market utama kita gan, ketika mendengar nama kita dan produk yang kita jajakan, dan tentunya mengenai bagaimana kekuatan produk kita jika dibandingkan dengan kompetitor gan.

To make it shorter, product positioning adalah mengenai bagaimana cara mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap produk yang kita miliki gan. Sebagai contoh singkat, bagaimana GNEWS dengan fitur mutakhir yang kami buat yang kami namakan GNEWS Pro, kami posisikan sebagai “digital PR solution”, yakni one-stop solution untuk para praktisi khususnya di bidang PR dalam menjalankan aktivitas pekerjaannya, all-in-one hanya perlu memanfaatkan satu platform saja, yakni GNEWS Pro.

Masuk ke intinya, jadi bagaimana cara "product positioning" adalah sebagai berikut:

Bagaimana Memposisikan Produk Semudah Mengeja A-B-C

1. Mengetahui target market produk yang ditawarkan
Tentunya, kita sudah harus mengetahui siapa-siapa saja, atau perusahan apa-apa saja yang cocok dengan bisnis yang kita tawarkan. Sebagai contoh nih gan, misalkan agan punya produk aksesoris berupa kalung, gelang, atau cincin, berarti mostly targetnya pasti para wanita dong, dan tentunya agan juga harus bisa menyesuaikan harga produk tersebut dengan segmen-segmen yang menjadi sasaran agan dalam memasarkan produk itu.

Jangan sampai salah sasaran, yang ada nanti agan malah rugi...

2. Tahu siapa kompetitor kita, dan bagaimana kondisi ‘pasar’ tempat kita berkompetisi
Maksudnya, kita tentunya harus mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi kompetitor produk atau perusahaan tempat kita bernaung. Contohnya aja nih gan, agan jualan baju, nah agan semua mesti tau dong siapa-siapa aja sih yang lagi jadi ‘penguasa’ pasar sesuai dengan segmen dan target produk yang agan jual.

Yang mesti agan tau juga, keunikan atau kelebihan apa yang masing-masing kompetitor punya, nah dari situ jadi bisa tau deh gimana cara menyusun strategi biar produk-produk yang agan jual itu nggak kalah sama produk keluaran sebelah. Selain itu, perlu pengenalan mendalam mengenai kondisi ‘pasar’ tempat kita berkompetisi; bagaimana sumber daya yang terdapat di dalamnya, hingga strategi apa saja yang efektif dan efisien.

3. Tell unique stories
Saya boleh sedikit berbangga ketika pembicara sampai ke poin ini, di mana bahwa para PR dan Marcomm professionals harus memanfaatkan content marketing dalam ‘menjual’ produk. Jangan melulu menceritakan tentang hal-hal ‘berat’, tingkatkanlah intensitas menceritakan keunikan-keunikan atau fenomena yang terjadi di masyarakat, lalu kaitkan dengan keunggulan produk yang dihasilkan.

Sebagai contoh yang ane ambil nih, adalah aplikasi NTC atau Nike Training Club, yang seolah menunjang banget dengan apa yang sedang booming di masyarakat, yaitu olahraga. Gimana dengan keunggulan-keunggulannya, NTC memudahkan para user untuk bisa berolahraga tanpa harus ribet-ribet ke gym, bahkan bisa mencatat riwayat olahraga kita, dan bahkan bisa pasang target!

Nah, berkaca dari keunggulan NTC ini, alangkah baiknya kalau agan bisa mulai mencari nih apa yang jadi keunikan di masyarakat dan terus dikaitkan deh dengan keunggulan produk agan.

4. Bangun produk yang bersahabat dengan para konsumen
Fokuslah pada bagaimana membuat kehidupan para customer dan target pasar dari produk Anda menjadi jauh lebih mudah. Jika membangun sebuah search platform for news, buatlah agar platform tersebut bersifat user-friendly. Atau kalo kita bikin usaha sepatu misalnya gan, sepatunya tu yang gampang dibersihin dari debu dan kotoran.

Bagaimana Memposisikan Produk Semudah Mengeja A-B-C

Ingin memperoleh berita dari berbagai belahan dunia mengenai berbagai topik? Mudah saja! Silakan akses di http://gnews.id dan juga dapat Anda dapatkan berupa aplikasi di ponsel pintar kalian!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Young On Top National Conference 2016

"It's Time To Lead This Nation"

13 Agustus 2016 di Kartika Expo, Balai Kartini. Jakarta.

Yuk datang dan saksikan secara langsung kisah sukses dari para speakers. Akan ada networking lho disana, dimana kamu bisa saling kenal dengan peserta lain bahkan dengan pembicara juga setelah selesai event. Ga cuma networking untuk bisnis tapi bisa juga untuk jodoh lho.

Karena salah satu kunci sukses itu dapat kita capai dengan berkolaborasi dengan orang lain.

Untold story dari para speakers yang sukses ini bakal bikin kalian ga bosen dan ini adalah salah satu trigger baru semangat kalian untuk menggapai kesuksesan kalian di masa depan.

Daftar sekarang juga di www.youngontop.com/yotnc2016 atau hubungi 082311399330


Bagaimana Memposisikan Produk Semudah Mengeja A-B-C
bener gan
mantap infonya
Thanks for sharing gan, nice thread
et dah mash sepi
HT kok sepi, mejeng di pejwan ah

Btw ane pernah memposisikan dengan promosi produk ane (anti gores) di official trit yang ngebahas (jam tangan pebble) malah kena banned
mejeng...
Sip gan
Pelawan dulu gan, baru baca
Mejeng pejwan... Siapa tau sukses berbisnis
Product Positioning ya.. Gua jd ingat seminar marketing beberapa tahun lalu yg pernah gw ikutin.
Ada yg ingat iklan rokok Djarum, "saat santai, tenang tenteram dan damai.." Ingat kan?
Waktu itu iklannya menggambarkan masyarakat seperti nelayan, petani dan kelas buruh lainnya lagi asik santai sambil ngerokok dan ngobrol (waktu iklan rokok belum ngebanned tampilan rokok). Tapi ternyata survey Djarum, iklan itu responnya negatif. KENAPA? Karena rokok yg dipasarkan untuk kelas low-mid tsb, sudah positioning dgn tepat kan seharusnya.
Rupanya surveyee yg mereka tanyakan - tentunya kelas proletar - gk suka dgn iklan tsb,memperlihatkan kehidupan mereka yg sederhana dlm konteks negatif.
Hidup yg gk indah, dimana justru rokok pelarian mereka. Tapi iklan ini malah memperlihatkan kehidupan jelata mereka.
Produk positioning sesuai kelas konsumen itu penting, tp jg jgn lupa dgn citra dr produk itu sndiri.
Sebagai kebutuhan, atau keinginan.
gelar tiker biar bisa ikutan ngedengerin ocehan
Never give up
Beuh kut modal lebih utama gan
Trik marketing nih
mantab nih infonya
btw eventnya boleh jg tuh buat nyari koneksi bisnis
team ane lg bisnis start-up nih di indo, doa kan lancar
cendol bgt dah
nice sharing, pengen ikutan acaranya & pengen selfie ama pak Ahok
Salah satunya lewat media massa ya om billy.
Sip dah.
karena memang branding dari suatu produk, ya mesti mengena ke hati calon costumer. istilahnya mengerti dia lah
Quote:Original Posted By andrianalifi
HT kok sepi, mejeng di pejwan ah

Btw ane pernah memposisikan dengan promosi produk ane (anti gores) di official trit yang ngebahas (jam tangan pebble) malah kena banned


Yang sabar ya bos
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar