Pages


Rabu, 29 Juni 2016

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia

Assalamualaikum wr.wb

Hallo agan semua
Semoga trit ini ga repost ya
Kalopun repost mudah-mudahan jadi nostalgia agan agan disini


Berhubung udah mau mudik nih, ane mau ngebahas nama-nama daerah yang mayoritas di kita itu kadang hanya menyebut “kulit luar”nya aja, alias terlalu general.


Masih gak mudeng gan?
Gini nih ane kasih contoh pake percakapan
Spoiler for Contoh:

A : Jojon
B : Usep
B : Jon lu mudik taun ini?
A : Mudik dong, gua udah beli tiket kereta nih
B: Wah asik nih, emang lu mudik kemana gitu?
A : Yoi sep, gua mudik ke jawa nih, keluarga disana udah pada nungguin, udah 3 tahun ga pulang. Hehe
B : Jawa? Jawa barat, timur, apa tengah nih?

Nah, sering kan gan kita denger bahkan ngalamin. Apalagi temen-temen kita banya orang luar daerah.
Sekarang ane coba ngerangkum beberapa tempat “general” yang sering disebutin orang di Indonesia
Spoiler for 1. JAWA:

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Wah ini mah udah paling mainstream deh, apalagi di daerah kaya Bandung atau Jakarta.
Dilingkungan kita pasti ada orang JAWA.
Padahal yah Jakarta Bandung itu masih termasuk didalam pulau Jawa itu sendiri loh
Nah, di Indonesia sendiri, penggunaan kata Jawa ini biasanya merujuk kepada daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Ane juga gatau nih kenapa bisa gitu, padahal masih ada loh jawa satu lagi, yaitu jawa barat. Hehe
Namun sepengalaman ane sih, kalo orang dari Yogyakarta biasanya ga nyebut mereka dari Jawa gan, biasanya ya mereka bilang dari Jogja (CMIIW)
referensi
Om Wiki


Spoiler for 2. BALI:


Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Siapa sih orang yang gak tau sama pulau eksotis ini, sampe ada orang bule yang nyangka kalo Indonesia itu Cuma Bali aja. Hehe

Sama seperti penggunaan kata jawa tadi, kalian pernah denger temen atau kerabat yang bilang mau liburan ke Bali? Sering ya
Nah menurut pelajaran IPS, Bali adalah nama sebuah pulau dan merupakan sebuah provinsi juga.
Kalau ada yang nyebut mau liburan ke Bali sih berarti general dong, sedangkan di Bali ada kota dan kabupaten semisal Denpasar, Tabanan, Klungkung dan lain sebagainya.
referensi
Om Wiki


Spoiler for 3. LOMBOK:


Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Masih tetanggaan sama Bali nih, dan nasibnya juga serupa sama Bali. Hehe

Kalo kata bang IPS, Lombok adalah sebuah nama pulau yang berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, pulau ini dibagi menjadi 4 Kabupaten dan Satu kota, yaitu Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, dan Kota Mataram.
referensi
Om Wiki

Spoiler for 4. PAPUA:

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Papua pun ternyata dipanggil serupa dengan kawan-kawannya diatas.
Teman-teman kita dari timur ini pun ya menyebut mereka berasal dari papua.
Pulau yang merupakan pulau terbesar kedua di dunia ini pun memiliki beberapa wilayah administratif seperti kabupaten Mimika dan Jayapura.
Tapi tetep aja orang sini mah bilangnya papua. Misalnya temen ane bapaknya tuh Polisi, Cuma dia di tugaskan di Timika. Tetep aja temen ane bilang bapaknya tugas di Papua. Hahaha

referensi
Om Wiki


Spoiler for 5. PADANG:

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Nah yang satu ini mah nama daerah yang identik banget dengan makanannya yang endes endolita alias mantap gan.
Sebut saja rendang. Hehe

Menurut eyang wiki, Padang adalah sebuah kota administratif yang merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Barat.
Banyak banget loh yang menggeneralkan kota ini, contohnya ya kaya kita nyebut orang minang itu orang padang, padahal padang itu Cuma salah satu tempat dimana orang minang itu berasal.
Karena suku minang itu bukan hanya dari kota padang saja,tapi dari kota-kota lain di sumatera barat juga.
referensi
Om Wiki


Spoiler for 6. LUAR NEGERI:

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Banyak orang Indonesia, mau itu ke London, ke Malaysia, ke Amerika atau negara lainnya menyebut negara negara di luar Indonesia adalah Luar Negeri.
Secara harfiah bener sih, karena negara-negara itu ada di luar negara ini, yang berarti ada diluar negeri. Tapi ya kan negara-negara tersebut punya nama loh gan.
Kadang di Kaskus juga banyak yang bandingin Indonesia sama luar negeri, luar negeri mah lebih bagus, atau di luar mah lebih keren lah, dan lain sebagainya, padahal hal tersebut ga jelas loh.
Walaupun misalnya mereka ingin membandingkan dengan negara-negara yang lebih maju misal eropa. Tapi penggunaan kata luar negeri itu terlalu umum gan, Timur Leste itu udah termasuk luar negeri Loh. hehe



Spoiler for 7. KELUAR DAN BIASA:

Tempat-Tempat "General" dalam Sebutan Masyarakat Indonesia
Ini mah additional aja gan, kata keluar terkadang menjadi sangat absurd ketika orang yang ditanya oleh kita mau kemana dan dia dengan entengnya menyebut “mau keluar dulu”.
Oh men, luar mana ya? Luar angkasa gitu? Luar WC? Apa luar mana nih.
Ada kata absurd juga yang merupakan hal misterius di bumi pertiwi ini,
ketika seseorang ditanya mau kemana atau lagi ngapai dan dia ngejawab “biasa” dengan muka tersenyum penuh arti.
Oh God, emangnya gue biasa ngintilin dia kemana mana gitu sampe gue tau ke”biasa”an dia. Fuck. Hahaha



Segimanapun juga ya beginilah negeri kita, negeri yang kaya akan budaya.
Berbeda beda tapi tetap satu jua kan

Oke gan, sekian trit dari ane,
Mohon maaf apabila ada yang tersinggung,
Silahkan kalo mau ada yang mau nambahin gan

Jangan lupa yang ijo atau yang merah nya gan
abu gosok juga tak apa
Spoiler for SUMUR:


-Hasil pemikiran ane dan bantuan Om Wiki
Reserved
atas ane maho
Simak
orang jawa barat mah gak pernah di panggil orang jawa yak wkwkwk,padahal masih di pulsa jawa juga

edited : kenapa ane malah ngetik pulsa
Emang harus detil yak? Kayaknya enggak harus sih kalo sama" ngerti
buat nambah pengetahuan
Pahami
yg penting jawab pertanyaan tmn
ane jg sering ditanya gt,ane jawab se singkat2nya aja
biar simple bray
misal kalo gua orang muara bungo,,
ente ngerti bray muara bungo dimana?
tapi kalo gua bilang gua orang jambi,,
ente pasti paham kan jambi dimana..
maka nya di simple kan bray biar lawan bicara ngerti
Bentar gan baca dulu
Indonesia banget gan..
Quote:Original Posted By pfapb
Simak

Monggo gan
Quote:Original Posted By kirashinigami
orang jawa barat mah gak pernah di panggil orang jawa yak wkwkwk,padahal masih di pulsa jawa juga

nah ga ngerti tuh ane juga .Jakarta juga di pulau Jawa gan
Quote:Original Posted By KaskuserSejati.
Emang harus detil yak? Kayaknya enggak harus sih kalo sama" ngerti

Ya enggak ada kewajiban mesti detil juga gan
Sing penting mudeng
Ane org depok ...
yg penting kan komunikasi nyambung
Tar kalau bilang liburan secara lengkap gitu tar dikepoin tetangga
TS nye kepo bued nih



Quote:Original Posted By isthatyoubb
Tar kalau bilang liburan secara lengkap gitu tar dikepoin tetangga


ga ane kepoin ko
Quote:Original Posted By Saranghea
biar simple bray
misal kalo gua orang muara bungo,,
ente ngerti bray muara bungo dimana?
tapi kalo gua bilang gua orang jambi,,
ente pasti paham kan jambi dimana..
maka nya di simple kan bray biar lawan bicara ngerti


setubuh gan...cari yg org lain gampang paham
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar