Diskon, Diskon, Diskon! Awas Jebmen Diskon!
[ HT#007 ]
Halo man-temans, gan and sista...ISKRIM is baaack!
Kali ini ane mau bahas mengenai Diskon. Mumpung daya beli masyarakat Indonesia yang akan merayakan hari besar umat Islam, Lebaran, biasanya daya beli akan meningkat dengan tajam, membeibi buta karena baru aja dapet THR . Dan pada akhirnya diskon pun menjadi sebuah fenomena tersendiri bagi sebagian besar pecinta diskon terutama kaum ibu-ibu dan kaum igo kekunoan dan kekinian. DISCOUNT 10%, DISKON 50%, DISCOUNT 99%...! Terpampang dengan jelas dan menyilaukan mata yang melihatnya. Wow sangat menggoda isi kantong bukaaan?
Diskon/ Rabat/ Potongan harga, menjadi salah satu daya tarik penjual untuk mendatangkan pembeli dan mempercepat perputaran uang bagi penjualnya. Namun diskon dalam perkembangannya menjadi salah satu trik marketing cerdas dengan cara-cara yang kadang diluar dugaan pembeli. Ada kebahagiaan dan kekecewaan di dapat oleh pembeli/ konsumen, campur aduk. Kenapa, karena sudah menjadi rahasia umum kalau diskon kadang menjadi sebuah kamuflase bahkan jebmen untuk menarik pembeli. Harga dinaikkan terlebih dahulu baru di diskon, atau pemberian diskon diwaktu waktu yang tidak terduga menjadi salah satu cara terbilang unik dan nyeleneh, tapi itulah salah satu jebmen yang kadang membuat konsumen kecewa berat, merasa di tipu rasanya sudah sering terdengar, merasa beruntung itu terkesan jarang terdengar . Namun dari itu semua ada juga yang memang penjual memberikan diskon sesuai dengan keadaan kondisi barang dan kebutuhan barang tersebut
Berbicara tentang diskon, nyok kita mengenal macam-macam diskon biar kita lebih cermat, memahami biar nggak merasa di jebak oleh penjual. Langsung baca kebawah yah gan...
DISKON BERSYARAT
Quote:
Diskon bersyarat adalah diskon yang diberikan kepada pembeli dengan syarat-syarat tertentu telah ditetapkan penjual. Diskon bersyarat biasanya banyak digunakan oleh para grosir untuk mendorong para konsumennya melakukan pembelian dalam jumlah lebih besar. Diskon bersyarat juga digunakan untuk merayu pembeli agar melakukan pembelian secara tunai. Pembeli akan mendapat potongan harga tertentu apabila telah mempercepat atau melakukan pembayaran utang masih dalam waktu potongan sesuai dengan ketentuan dalam syarat pembayaran.
DISKON TUNAI
Quote:
Diskon tunai adalah potongan harga yang diberikan kepada pembeli dari harga resmi yang tertera pada label harga. Biasanya diskon dilakukan saat pembeli membayar di kasir.
DISKON KREDIT
Quote:
Diskon kredit adalah potongan harga yang diberikan karena pembeli membayar utang pembelian dalam masa potongan tunai sesuai dengan syarat pembelian yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya adalah 2/10, n/30. 2/10 artinya pemotongan pembelian akan dberikan sebesar 2% apabila pembeli dapat melunasi utangnya dalam jangka waktu 10 hari. n/30 hari artinya jangka waktu kredit dilunasi selambat-lambatnya 30 hari terhitung sejak tanggal transaksi jual beli terjadi.
DISKON PLUS
Quote:
Diskon plus adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang besarnya diskon sebanyak dua macam. Misal, suatu produk bertuliskan diskon 50% + 20% , hal tersebut yang disebut diskon plus. Diskon tersebut bukan berarti diskonnya 70%, tetapi harga beli dipotong dengan 50%, kemudian harga yang didiskon dipotong lagi 20%. Diskon plus banyak digunakan di mal yang menjual produk fashion. Diskon yang memberikan potongan harga besar seperti ini merupakan diskon yang banyak diminati pembeli. Nah, disini terkadang pembeli suka nggak nyadar dianggapnya diskon plus itu berdasarkan total pembelian dalam sekali pembelian, padahal diskon plus akan didapat setelah melakukan pembelian sebanyak dua kali. Jadi secara halus pembeli dipaksa membeli produk sebanyak dua kali. Bukannya jadi irit, tapi kita jadi lebih boros.
DISKON KUPON
Quote:
Diskon kupon adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang mempunyai kupon pembelian. Diskon kupon dapat diperoleh dari brosur atau koran. Selain itu, diskon kupon juga dapat kita peroleh melalui internet.
DISKON ANGGOTA
Quote:
Member discount adalah diskon yang berlaku untuk anggota tertentu, dan bagi yang tidak menjadi anggota tidak mendapatkan diskon. Konsumen yang telah terdaftar menjadi anggota pada waktu melakukan transaksi mendapatkan diskon khusus sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku. Dengan adanya kartu member, pembeli dipaksa untuk menjadi member secara halus dengan iming-iming diskon. Padahal dengan menjadi member kita juga dikenakan biaya bulanan atau tahunan untuk membuat kartu member, kemungkinan biaya kartu member itulah untuk menutupi harga diskon yang diberikan oleh pembeli. Jadi mungkin kalau di hitung-hitung harga diskon yang didapat pembeli sama saja tidak ada diskon! Namun sebelum menggunakan, perhatikan juga, seberapa jauh selisih diskon dengan tanpa kartu member. Kalau tidak berbeda, buat apa menjadi member!
UP TO DISCOUNT
Quote:
Up to discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang jenis diskonnya bermacam-macam dengan diskon maksimal seperti yang dicantumkan. Up to discount banyak diterapkan pada produk fashion. Misalkan diskon Up to 70% ini artinya diskon maksimal mencapai 70% saja. Secara gak sadar pembeli menganggap semua barang di diskon 70%, padahal mungkin diskon terbanyak hanya 15%.
CLEREANCE DISCOUNT
Quote:
Clereance discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli dengan besarnya diskon disesuaikan dengan kemauan pembeli. Maksudnya, pembeli diberi kebebasan untuk menawar harga yang tertera di label atau harga yang ditetapkan oleh si penjual. Clereance discount biasa diterapkan di pasar tradisional. Dalam diskon ini pembeli harus memiliki kejelian dalam memenangkan penawaran. Seni menawar merupakan gabungan dari pengetahuan, bernegosiasi, dan bahasa tubuh. Contohnya adalah di pelelangan pasar ikan dan pasar umumnya pun bisa saja terjadi.
DISKON TIME LIMIT
Quote:
Ini biasanya diterapkan oleh mall dan hypermarket tertentu, dengan diskon dengan waktu tertentu dan sangat terbatas, diharapkan pembeli akan datang di jadwal yang di tentukan. Produk yang di tawarkan pun memang terbatas. Penawaran dengan waktu yang terbatas dan jumlah produk yang terbatas inilah terkadang pembeli jadi kurang akal sehatnya untuk melakukan pembelian. Berkesan terburu-buru, dan ini memang tujuan yang di buat oleh penjual. Dari beberapa kasus yang merugikan pembeli misalnya dalam pembelian online, dengan penawaran harga diskon yang fantastis, misalkan diskon 99% pembeli diberikan waktu yang sangat singkat, sedangkan produk hanya tersedia 1 buah saja. Setelah waktu yang ditunggu-tunggu ternyata sudah ada langsung pemenangnya. Disinilah salah satu kelemahan transaksi via online, pembeli lain yang ingin mendapatkan diskon tersebut tidak bisa memonitor transaksi yang berjalan, semua transaksi terjadi dan dikontrol oleh admin pemilik website tersebut. Adakah kecurangan orang dalam? Bisa saja terjadi.
DISKON UNDANGAN
Quote:
ISeperti namanya, diskon undangan hanya diperoleh pembeli setelah mendapatkan undangan untuk membeli produk diskon yang ditawarkan penjual. Diskon udangan biasanya juga hanya berlangsung di jam dan waktu tertentu. Dengan adanya undangan inilah, pembeli yang tadinya tidak ada hasrat membeli tiba-tiba ada keinginan untuk membeli produk dengan iming-iming diskon.
! TIPS BIJAK BELANJA DENGAN HARGA DISKON !
1. PILIH BARANG DENGAN HATI-HATI
Saat memberikan diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang sudah rusak. Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata, misalnya sobek kecil, kotor, atau jahitan tidak rapih pada pakaian. Pedagang biasanya memanfaatkan momen diskon untuk `membersihkan` barang-barang yang rusak dari tokonya. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang, karena sebagian besar toko memiliki aturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.
2. PERGI BERBELANJA DENGAN BANYAK WAKTU
Belanja saat ada diskon membutuhkan energi ekstra dan waktu luang. Pasalnya, para pemilik toko biasanya menyatukan seluruh barang diskon di rak-rak tanpa terorganisir dan kategorisasi. Semua ditumpuk jadi satu hingga menggunung. Disinilah kita memerlukan banyak energi untuk membongkar semua rak agar bisa menemukan barang-barang yang kita sukai dan butuhkan. Jangan pernah berbelanja dengan terburu-buru.
3. BUAT BUDGET
Sebagian besar barang yang dijual saat ada diskon cenderung murah. Potongan harga bisa jadi membuat kita tidak berpikir panjang dalam membeli barang. Alhasil, ada banyak barang yang tidak kita butuhkan `nangkring`di keranjang belanjaan dan siap-siap mengeluarkan uang lebih banyak. Jadi sebelum belanja, tetapkan anggaran belanja dan tuliskan barang-barang apa saja yang akan Anda beli dalam satu daftar belanjaan. Bijak dan berpeganglah pada budget yang sudah dibuat!
4. JANGAN MEMBAWA ANAK KECIL SAAT BELANJA DISKON
Ramainya toko, banyaknya orang berlalu lalang serta sempitnya ruang gerak, kondisi itu akan menjadi sangat tidak nyaman jika kita membawa anak kecil. Biasanya akan mengganggu kosentrasi kita untuk memilih produk diskon dan akhirnya barang yang kita pilih suka tidak sesuai dengan pilihan dan kebutuhan kita.
5. JANGAN MEMBELI BARANG DARI SATU TOKO
Menjelang lebaran, ada banyak toko dan mal yang memberi diskon secara bersamaan. Itu berarti Anda memiliki banyak pilihan. Jangan habiskan uang di satu toko karena Anda akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah. Biasanya satu toko memang ada diskon yang sangat murah tapi di produk salah satunya harga lebih mahal dari toko lainnya. Datangi beberapa toko, catat dan bandingkan.
6. MEMBELI BARANG YANG AKAN DIBELI DENGAN HARGA PENUH
Sebelum kita putuskan untuk membeli barang diskon ini, coba fikir kembali apakah kita benar-benar membutuhkan barang ini atau tidak, kalau memang iya segera bayarkan ke kasir dan segera berlalu, dengan berlama-lama kita akan jadi laper mata melihat harga diskon lain yang belum tentu kita butuhkan.
KESIMPULANNYA ADALAH
Ingat, tidak ada satupun perusahaan/ penjual yang mau merugi atau menurunkan keuntungan dengan menjual barangnya di harga sangat murah begitu saja. Karena itu, kuncinya adalah, bijak dan berhati-hatilah dalam memanfaatkan diskon, dan berbelanjalah sesuai dengan apa yang kita butuhkan saja...SALAM ISKRIM!
tukang cari ide: dirisendiri
tukang gambar: oom gogel
tukang ambilin air: sumur, sumur 2
[ HT#007 ]
Halo man-temans, gan and sista...ISKRIM is baaack!
Kali ini ane mau bahas mengenai Diskon. Mumpung daya beli masyarakat Indonesia yang akan merayakan hari besar umat Islam, Lebaran, biasanya daya beli akan meningkat dengan tajam, membeibi buta karena baru aja dapet THR . Dan pada akhirnya diskon pun menjadi sebuah fenomena tersendiri bagi sebagian besar pecinta diskon terutama kaum ibu-ibu dan kaum igo kekunoan dan kekinian. DISCOUNT 10%, DISKON 50%, DISCOUNT 99%...! Terpampang dengan jelas dan menyilaukan mata yang melihatnya. Wow sangat menggoda isi kantong bukaaan?
Diskon/ Rabat/ Potongan harga, menjadi salah satu daya tarik penjual untuk mendatangkan pembeli dan mempercepat perputaran uang bagi penjualnya. Namun diskon dalam perkembangannya menjadi salah satu trik marketing cerdas dengan cara-cara yang kadang diluar dugaan pembeli. Ada kebahagiaan dan kekecewaan di dapat oleh pembeli/ konsumen, campur aduk. Kenapa, karena sudah menjadi rahasia umum kalau diskon kadang menjadi sebuah kamuflase bahkan jebmen untuk menarik pembeli. Harga dinaikkan terlebih dahulu baru di diskon, atau pemberian diskon diwaktu waktu yang tidak terduga menjadi salah satu cara terbilang unik dan nyeleneh, tapi itulah salah satu jebmen yang kadang membuat konsumen kecewa berat, merasa di tipu rasanya sudah sering terdengar, merasa beruntung itu terkesan jarang terdengar . Namun dari itu semua ada juga yang memang penjual memberikan diskon sesuai dengan keadaan kondisi barang dan kebutuhan barang tersebut
Berbicara tentang diskon, nyok kita mengenal macam-macam diskon biar kita lebih cermat, memahami biar nggak merasa di jebak oleh penjual. Langsung baca kebawah yah gan...
DISKON BERSYARAT
Quote:
Spoiler for :
Diskon bersyarat adalah diskon yang diberikan kepada pembeli dengan syarat-syarat tertentu telah ditetapkan penjual. Diskon bersyarat biasanya banyak digunakan oleh para grosir untuk mendorong para konsumennya melakukan pembelian dalam jumlah lebih besar. Diskon bersyarat juga digunakan untuk merayu pembeli agar melakukan pembelian secara tunai. Pembeli akan mendapat potongan harga tertentu apabila telah mempercepat atau melakukan pembayaran utang masih dalam waktu potongan sesuai dengan ketentuan dalam syarat pembayaran.
DISKON TUNAI
Quote:
Spoiler for :
Diskon tunai adalah potongan harga yang diberikan kepada pembeli dari harga resmi yang tertera pada label harga. Biasanya diskon dilakukan saat pembeli membayar di kasir.
DISKON KREDIT
Quote:
Spoiler for :
Diskon kredit adalah potongan harga yang diberikan karena pembeli membayar utang pembelian dalam masa potongan tunai sesuai dengan syarat pembelian yang telah ditentukan sebelumnya. Contohnya adalah 2/10, n/30. 2/10 artinya pemotongan pembelian akan dberikan sebesar 2% apabila pembeli dapat melunasi utangnya dalam jangka waktu 10 hari. n/30 hari artinya jangka waktu kredit dilunasi selambat-lambatnya 30 hari terhitung sejak tanggal transaksi jual beli terjadi.
DISKON PLUS
Quote:
Spoiler for :
Diskon plus adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang besarnya diskon sebanyak dua macam. Misal, suatu produk bertuliskan diskon 50% + 20% , hal tersebut yang disebut diskon plus. Diskon tersebut bukan berarti diskonnya 70%, tetapi harga beli dipotong dengan 50%, kemudian harga yang didiskon dipotong lagi 20%. Diskon plus banyak digunakan di mal yang menjual produk fashion. Diskon yang memberikan potongan harga besar seperti ini merupakan diskon yang banyak diminati pembeli. Nah, disini terkadang pembeli suka nggak nyadar dianggapnya diskon plus itu berdasarkan total pembelian dalam sekali pembelian, padahal diskon plus akan didapat setelah melakukan pembelian sebanyak dua kali. Jadi secara halus pembeli dipaksa membeli produk sebanyak dua kali. Bukannya jadi irit, tapi kita jadi lebih boros.
DISKON KUPON
Quote:
Spoiler for :
Diskon kupon adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang mempunyai kupon pembelian. Diskon kupon dapat diperoleh dari brosur atau koran. Selain itu, diskon kupon juga dapat kita peroleh melalui internet.
DISKON ANGGOTA
Quote:
Spoiler for :
Member discount adalah diskon yang berlaku untuk anggota tertentu, dan bagi yang tidak menjadi anggota tidak mendapatkan diskon. Konsumen yang telah terdaftar menjadi anggota pada waktu melakukan transaksi mendapatkan diskon khusus sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku. Dengan adanya kartu member, pembeli dipaksa untuk menjadi member secara halus dengan iming-iming diskon. Padahal dengan menjadi member kita juga dikenakan biaya bulanan atau tahunan untuk membuat kartu member, kemungkinan biaya kartu member itulah untuk menutupi harga diskon yang diberikan oleh pembeli. Jadi mungkin kalau di hitung-hitung harga diskon yang didapat pembeli sama saja tidak ada diskon! Namun sebelum menggunakan, perhatikan juga, seberapa jauh selisih diskon dengan tanpa kartu member. Kalau tidak berbeda, buat apa menjadi member!
UP TO DISCOUNT
Quote:
Spoiler for :
Up to discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli yang jenis diskonnya bermacam-macam dengan diskon maksimal seperti yang dicantumkan. Up to discount banyak diterapkan pada produk fashion. Misalkan diskon Up to 70% ini artinya diskon maksimal mencapai 70% saja. Secara gak sadar pembeli menganggap semua barang di diskon 70%, padahal mungkin diskon terbanyak hanya 15%.
CLEREANCE DISCOUNT
Quote:
Spoiler for :
Clereance discount adalah diskon yang diberikan kepada pembeli dengan besarnya diskon disesuaikan dengan kemauan pembeli. Maksudnya, pembeli diberi kebebasan untuk menawar harga yang tertera di label atau harga yang ditetapkan oleh si penjual. Clereance discount biasa diterapkan di pasar tradisional. Dalam diskon ini pembeli harus memiliki kejelian dalam memenangkan penawaran. Seni menawar merupakan gabungan dari pengetahuan, bernegosiasi, dan bahasa tubuh. Contohnya adalah di pelelangan pasar ikan dan pasar umumnya pun bisa saja terjadi.
DISKON TIME LIMIT
Quote:
Spoiler for :
Ini biasanya diterapkan oleh mall dan hypermarket tertentu, dengan diskon dengan waktu tertentu dan sangat terbatas, diharapkan pembeli akan datang di jadwal yang di tentukan. Produk yang di tawarkan pun memang terbatas. Penawaran dengan waktu yang terbatas dan jumlah produk yang terbatas inilah terkadang pembeli jadi kurang akal sehatnya untuk melakukan pembelian. Berkesan terburu-buru, dan ini memang tujuan yang di buat oleh penjual. Dari beberapa kasus yang merugikan pembeli misalnya dalam pembelian online, dengan penawaran harga diskon yang fantastis, misalkan diskon 99% pembeli diberikan waktu yang sangat singkat, sedangkan produk hanya tersedia 1 buah saja. Setelah waktu yang ditunggu-tunggu ternyata sudah ada langsung pemenangnya. Disinilah salah satu kelemahan transaksi via online, pembeli lain yang ingin mendapatkan diskon tersebut tidak bisa memonitor transaksi yang berjalan, semua transaksi terjadi dan dikontrol oleh admin pemilik website tersebut. Adakah kecurangan orang dalam? Bisa saja terjadi.
DISKON UNDANGAN
Quote:
Spoiler for :
ISeperti namanya, diskon undangan hanya diperoleh pembeli setelah mendapatkan undangan untuk membeli produk diskon yang ditawarkan penjual. Diskon udangan biasanya juga hanya berlangsung di jam dan waktu tertentu. Dengan adanya undangan inilah, pembeli yang tadinya tidak ada hasrat membeli tiba-tiba ada keinginan untuk membeli produk dengan iming-iming diskon.
! TIPS BIJAK BELANJA DENGAN HARGA DISKON !
1. PILIH BARANG DENGAN HATI-HATI
Saat memberikan diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang sudah rusak. Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata, misalnya sobek kecil, kotor, atau jahitan tidak rapih pada pakaian. Pedagang biasanya memanfaatkan momen diskon untuk `membersihkan` barang-barang yang rusak dari tokonya. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang, karena sebagian besar toko memiliki aturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.
2. PERGI BERBELANJA DENGAN BANYAK WAKTU
Belanja saat ada diskon membutuhkan energi ekstra dan waktu luang. Pasalnya, para pemilik toko biasanya menyatukan seluruh barang diskon di rak-rak tanpa terorganisir dan kategorisasi. Semua ditumpuk jadi satu hingga menggunung. Disinilah kita memerlukan banyak energi untuk membongkar semua rak agar bisa menemukan barang-barang yang kita sukai dan butuhkan. Jangan pernah berbelanja dengan terburu-buru.
3. BUAT BUDGET
Sebagian besar barang yang dijual saat ada diskon cenderung murah. Potongan harga bisa jadi membuat kita tidak berpikir panjang dalam membeli barang. Alhasil, ada banyak barang yang tidak kita butuhkan `nangkring`di keranjang belanjaan dan siap-siap mengeluarkan uang lebih banyak. Jadi sebelum belanja, tetapkan anggaran belanja dan tuliskan barang-barang apa saja yang akan Anda beli dalam satu daftar belanjaan. Bijak dan berpeganglah pada budget yang sudah dibuat!
4. JANGAN MEMBAWA ANAK KECIL SAAT BELANJA DISKON
Ramainya toko, banyaknya orang berlalu lalang serta sempitnya ruang gerak, kondisi itu akan menjadi sangat tidak nyaman jika kita membawa anak kecil. Biasanya akan mengganggu kosentrasi kita untuk memilih produk diskon dan akhirnya barang yang kita pilih suka tidak sesuai dengan pilihan dan kebutuhan kita.
5. JANGAN MEMBELI BARANG DARI SATU TOKO
Menjelang lebaran, ada banyak toko dan mal yang memberi diskon secara bersamaan. Itu berarti Anda memiliki banyak pilihan. Jangan habiskan uang di satu toko karena Anda akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah. Biasanya satu toko memang ada diskon yang sangat murah tapi di produk salah satunya harga lebih mahal dari toko lainnya. Datangi beberapa toko, catat dan bandingkan.
6. MEMBELI BARANG YANG AKAN DIBELI DENGAN HARGA PENUH
Sebelum kita putuskan untuk membeli barang diskon ini, coba fikir kembali apakah kita benar-benar membutuhkan barang ini atau tidak, kalau memang iya segera bayarkan ke kasir dan segera berlalu, dengan berlama-lama kita akan jadi laper mata melihat harga diskon lain yang belum tentu kita butuhkan.
KESIMPULANNYA ADALAH
Ingat, tidak ada satupun perusahaan/ penjual yang mau merugi atau menurunkan keuntungan dengan menjual barangnya di harga sangat murah begitu saja. Karena itu, kuncinya adalah, bijak dan berhati-hatilah dalam memanfaatkan diskon, dan berbelanjalah sesuai dengan apa yang kita butuhkan saja...SALAM ISKRIM!
tukang cari ide: dirisendiri
tukang gambar: oom gogel
tukang ambilin air: sumur, sumur 2
KOMENTAR NTAPS PARA KASKUSER..lehuga!
Quote:Original Posted By vertikaldash ►
ketika agan beli barang dengan diskon 80% itu bukan berarti agan hemat 80% tapi agan udah boros sebanyak uang yang dikeluarkan
Quote:Original Posted By unfollow.me ►
sering nih krimm, barang didiskon harga nya jadinya 500rb, padahal aslinya 450rb. banyak yg percaya lagi
Quote:Original Posted By prayogot ►
Sebulan sebelom puasa 99k
Awal bulan puasa udah 129k
Deket lebaran 300k diskon 50%
Quote:Original Posted By cocodot86 ►
ane biasa liat harganya bukan diskonnya
Quote:Original Posted By whiteboycanjump ►
Typical orang indonesia, gan. Ramadhan harusnya disibukin ibadah ini malah sibuk belanja.
Gampang ditepu lagi
Quote:Original Posted By iwan123cabbage ►
Kenyataanyya diskon emang cuma tipuan mata doank atau kenikmatan semu, bilang diskon sampe 50 atau 70% tapi harga nya ditinggiin dari awal atau diskon gede buat barang kedua yang sebenernya cuma subsidi silang doank atau dari awal udah dimahalin. Ane pernah beli barang diskon 50%barang kedua. Pas ane liat dihari biasa yg tanpa diskon ternyata sama aja ckckck
Quote:Original Posted By saitamakan ►
diskon hanya manipulasi
harga asli 100rb, deket lebaran naek jadi 200rb terus di diskon 50%
Quote:Original Posted By pulpe ►
awas,,, diskon".... tauny sama kayak harga normal...... yg penting terlihat diskon....... harus tau harga pasar barang......
Quote:Original Posted By mbahsedenk64 ►
karena dulu gw pernah PKL di salah satu toko baju terkenal (baru 2 minggu, langsung pindah tempat) jadi gw tahu permainan diskon disana
ternyata barang yg didiskon itu justru harganya lebih tinggi dari barang asal, contohnya harga satu kaos pas masih asal sekitar 30rb trus beubah jadi 50-60rb setelah dipasarkan di toko tentunya harga dinaikkin sesuai diskon yg tertera. CMIIW
Quote:Original Posted By bluekutut ►
Diskon di indo ini lebih banyak curangnya.. mereka mark up harga dulu gede gedean trus di kasih label diskon deh..
jatoh jatohnya kadang sama aja bahkan ada yang lebih mahal .. :cih
Quote:Original Posted By ibamfx ►
pusing brooo, banyak banget jenis discount nya,
yang jelas kebanyakan pembeli hanya liat ada discount, klik beli, eh pas ditotal ternyata discount discoun dengan syarat khusus, mau batal itu udah terlanjur suka, mau diterusin beli itu sedikit kecewa karena nggak dapat discountnya,,
ini skrg para e-commerece ini pinter baik mainin psikologi calon buyer yak, mulai dari diskon, smp iklan barang yang muncul terus menerus dari barang yang pernah kita view , yang awalnya nggak jadi beli, karena sering liat iklannya jadi beli dah
Quote:Original Posted By ronaldzanny ►
Kalo mau diskon sblmny bandingin dulu harga aslinya .. kan bs browsing atau cari di lapak lain harganya untuk perbandingan.. klo untuk baju dll emng menggoda sih.. tp diskonny kudu yg masuk logika contoh.. baju merk ini harga 450rb model biasa aja ga kliatan mahal di diskon 50% jd 225rb.. klo dipikir" kemahalan buat baju biasa aja hrg sgtu ya ga jd beli deh.. klo ane lbh seneng beli baju yg ga ada diskon alias.. di bandrol harganya langsung murah jleb... ky kemarin ane beli baju di 61 tuh cmn 55rb bajunya bagus haha.. klo sgtu barang bermerk harga di bawah hrg distro abal abal.. worth it lah
Kaya bini ane kmrn belanja.. baju.. beli baju bagus cmn 50rb ky harganya klo di mall mall 200-300rb..
Yg jelas beli barang mending jgn yg diskon .. tp yg obral yg udh di bandrol murah
Quote:Original Posted By andry_cakep ►
Hati hati dengan diskon sbg berikut
Pembelian kedua diskon 50% krn g sadar diskon hanya 25%
beli 2 gratis 1,diskon hanya 30%
cashback 500rb untuk pembelian minimal sekian, diskon dihitung g lebih dr 10%
Kemudian sebelum Belanja diskon besar di mall atau dept store besar, cek dulu dengan Harga d dept store kecil, atau pasar tradisional. Karena sering kali setelah diskon harga masih lebih mahal dibandingkan pasar tradisional.
Contoh, beras 5kg harga setelah diskon 70rb, padahal di pasar tradisional hanya 58rb. Bukan menipu tuh supermarket, tp mereka mempunyai kebijakan ambil untung yg tinggi
Quote:Original Posted By agnmul ►
Waktu ane kuliah dulu juga dibahas nih gan masalah diskon... Udah ada itungannya masing2, logikanya ga mungkin orang jualan pengen rugi...
Quote:Original Posted By petrawaww ►
kalo di l*z*d* harga nya di naikin dulu supaya kesan diskon besarnya dapet
suplemen yg biasa ane beli harga 800k, disana 1jt disc 20%..hahahaha
Quote:Original Posted By chiibisuke ►
waduh berarti selama ini ane dikadalin
baru tau ternyata diskon plus itu bukan ditambahin
makasih atas pencerahannya gan
baru tau ternyata diskon plus itu bukan ditambahin
makasih atas pencerahannya gan
Quote:Original Posted By purelight123 ►
duh jadi inget promo buy 1 get 1 powerbank ternama di prj.. salahnya ane nggak cek harga dulu. jadinya ane beli deh tuh promo dengan harga promo = harga asli 2 item tersebut
asli jebmen gan
Quote:Original Posted By koproljoni ►
kebetul;an ane lg butuh sendal baru, jd kmrn ke mal. yg ane liat sepnjg wiken kmrn, hmpir smua mall ngadain acara diskon shoping jor2an.. semua toko nempel tulisan SALE gede2, tp pas ane masuk ngak ada tuh yg didiskon? plg cuma 1-2 brg yg harganya dikurangin dr harga asli? tp tetep aja yg belanja nyemut n antri gila2an di kasir..
ternyata dikasih iming2 beli 1jt cashback 100k, beli vocer belanja 800k bisa buatr belanja 1jt.. ini yg ngedorong org2 jd kalap belanja, ambil brg2 yg sebetulnya ngak mereka butuhkan. biar ngepas2in kuota 1jt itu..
lah ane cuma butuh sendal 100k, kudu ambil brg2 laen biar pas 1jt buat dpt cashback 100k, begitu??
ati2 ibu2 bpk2, duitnya dipegang kencengan dikit, jgn mau diporotin utk brg2 yg sbtulnya ngak dibutuhkan..
Quote:Original Posted By koproljoni ►
kebetul;an ane lg butuh sendal baru, jd kmrn ke mal. yg ane liat sepnjg wiken kmrn, hmpir smua mall ngadain acara diskon shoping jor2an.. semua toko nempel tulisan SALE gede2, tp pas ane masuk ngak ada tuh yg didiskon? plg cuma 1-2 brg yg harganya dikurangin dr harga asli? tp tetep aja yg belanja nyemut n antri gila2an di kasir..
ternyata dikasih iming2 beli 1jt cashback 100k, beli vocer belanja 800k bisa buatr belanja 1jt.. ini yg ngedorong org2 jd kalap belanja, ambil brg2 yg sebetulnya ngak mereka butuhkan. biar ngepas2in kuota 1jt itu..
lah ane cuma butuh sendal 100k, kudu ambil brg2 laen biar pas 1jt buat dpt cashback 100k, begitu??
ati2 ibu2 bpk2, duitnya dipegang kencengan dikit, jgn mau diporot utk brg2 yg sbtulnya ngak dibutuhkan..
Quote:Original Posted By andarbens ►
diskon upto90% tapi tulisan upto nya kecil banget nyempil terus yg tulisannya gede cuma tulisan diskon 90% yg matanye rabun pasti kena jebmen ginian nih
Quote:Original Posted By dhit0 ►
mantep infonya nih gan..
yaah.. bahasa marketing emang begitulah.. tricky.. terutama di indonesia ya
Quote:Original Posted By yogard182 ►
yak discount up to itu sering bgt digunakan distro2 gak laku, discount up to 80% tapi paling mentok disc 20% aja
== STOP PRESS!! ==
pengakuan seorang penjual dan urang dalam nih gan
------------------------------------------------------------------------
Quote:Original Posted By uzugrowl ►
Mau gimana lagi bray orang yg belinya pada bego
Ane jualan kaos merek A harga 60rb
Sebelah jualan merek B yg harganya cuman 50rb
Tapi doi jual harga 120rb diskon 50% jika beli 2ptg
Kelabakan ane jelasin ke konsumen, mereka kaga percaya gan suer meski ane dah buka-bukaan
Walhasil ane off dulu jualannya dr pada mesti
tipu-tipu
Tapi kalau kantong lg skarat, ane kadang ikutan
Quote:Original Posted By jazzkaur ►
Sharing pengalaman aja gan. Ane karyawan garment baju cewe gan. Kita jual barang2 kita di dept store seluruh indonesia seperti mata*ari, s*go,cen*ro,met*o, za*ora dan seluruh dept store lokalan indonesia dengan sistem consignment.
Disini ada MoU antara toko dan supplier untuk sharing diskon. Misal diskon 20% sistem sharingnya 13% ditanggung supplier 7% ditanggung dept store. MoU ini termasuk mengatur jadwal diskon utk 1 tahun.
Nah disini ane mau jelasin kalo barang masi sebatas diskon 20% - 30% itu kita ga naikan harga dulu sebelum di diskon. Kenapa ane bilang gitu ? Karena barang yg akan di diskon 20% - 30% adalah barang yg masi masuk dalam kondisi new arrival dengan kondisi stok ribuan di counter atau di gudang toko jadi ga mungkin kita ganti barcode harga / price tag utk naikin harga di setiap barang. Dan barcode / price tag itu dikirim dari supplier/pabrik masing2 barang tsb. Jadi kebayang kan kalo cuma untuk diskon segitu doang kita ganti price tag naik harga.
Kalo utk diskon 50%, SP (special price), B1G1 (buy 1 get 1), 70% dst memang ada beberapa brand yang naikin harga dulu. Tp ane berani jamin ga semua seperti itu. Kenapa ? Karena garment tmpat ane kerja tidak melakukan hal itu. Brand lain yang jd kompetitor brand ane pun tidak melakukannya. Alasannya sama, tidak efisien mengganti price tag / barcode harga.
Sebenernya supplier ga akan rugi dengan diskon gan karena harga jual adalah harga modal dikali 4 / dikali 5. Misal harga modal baju kaus 45rb, jadi harga jual adalah 45rb x 4 : 180rb.
Tepatnya gini gan, dinaikan 4x - 5x itu bukan waktu diskon. Itu harga normal alias harga jual sebelum diskon. Jadi kalo ada barang 200rb itu harga modalnya 50rb. Klo agan belinya pas ga ada diskon, agan bayar di kasir 200rb. Nah kalo agan beli pas diskon 20% jadi 200rb - 20% : 160rb. Jadi kalopun di diskon 70% tuh barang, konsumen bayar 60rb dan supplier masih untung karena harga modal cuma 50rb. Makanya ane bilang banyak brand yg ngerasa ga perlu naikin harga pas diskon. Karena mereka udh ngambil untung sampai 5x lipat di harga jual tanpa diskon. Hehe
Oh ya gan, harga modal itu termasuk didalamnya hitungan harga bahan pakaian, gaji seluruh karyawan (trmasuk SPG/SPB), ongkir, margin diskon dll. Makanya ane bilang diskon pun supplier ga akan rugi.
Tips utk agan/sista yang suka beli barang obral, SP (special price), B1G1 (buy 1 get 1), 70% ++ dst, ane akuin barang tersebut banyak yg dicampur barang reject,grade B, atau cacat produksi. Karena biasanya barang2 tersebut di taro di dalam wagon (keranjang besar untuk barang obral) yang biasanya kapasitas 2000 - 5000 potong pakaian, makanya supplier mencampur barang bagus (tapi sudah lama atau tidak laku) dengan barang cacat utk memenuhi isi wagon tsb.
Oh ya, perbedaan harga sejauh ini di Papua aja gan. Berdasarkan kesepakatan seluruh harga di mat*hari jayapura ditambah 20rb. Berlaku untuk semua brand di dept store tsb.
Sekian gan. Maaf belepotan.
Quote:Original Posted By the.darn.knight ►
lagi pada rame mal mal nih
pada berburu diskon
budaya baru buat ngabisin THR
korban kapitalisme, ditanemin mindsen haurs ngabisin THR
...update
Diskon everywhere
Diskon entu permaenan peritungan sales handal,
Bawah gue sales sandal rematik
pangeran pewayangan
Bawah gue sales sandal rematik
pangeran pewayangan
cari sempak diskon nih
Diskon, diskon emang bahaya bre, apalagi kalo lagi ngegame eh tiba2 diskonek bikin sebel
ahh ,, bukan anak keduitan
ane nyari nya diskon cuci gudang
Pemandangan waktu rahmadan
biasanye emak2 kalo diskon kalap bang
diskon bertapi,atau diskon jebmen
Quote:Original Posted By nasgorbasi ►
cari sempak diskon nih
sempak kalo diskon cuma separoh aja dapetnya gor!
cari sempak diskon nih
sempak kalo diskon cuma separoh aja dapetnya gor!
Kupon Gratis 200rb,,
tapi bisa di pakai untuk pembelian 300rb,,
ava-avaan itu
tapi bisa di pakai untuk pembelian 300rb,,
ava-avaan itu
diskon, kata2 yg bikin cewek dan emak2 lupa daratan
Dari semua definisi itu menurut ane ngga ada yg jebmen. Cukup jelas semua kok.
Ibu ibu biasa nya yg suka berburu discount. Apalagi sekarang udh mau lebaran, pasti mall selalu di penuhin ibu ibu
Quote:Original Posted By mbewehkill666 ►
Diskon, diskon emang bahaya bre, apalagi kalo lagi ngegame eh tiba2 diskonek bikin sebel
didiskon koneksinya yah gan
Diskon, diskon emang bahaya bre, apalagi kalo lagi ngegame eh tiba2 diskonek bikin sebel
didiskon koneksinya yah gan
Laper mata kalau banyak diskon. Belanja bisa bikin emosi setelah semua beres baru nyadar uang di dompet sudah habis. He..he..he... ane pernah denger kalau barang yang udah didiskon itu pasti udah dinaikan harga jualnya, bener ndak bre ?
pesta diskon
Genvok Iskrim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar