Pages


Minggu, 17 Januari 2016

Apa yang Harus Agan Lakukan Ketika Menghadapi Serangan Mendadak?


fotonya punya @komikazer



Serangan teror yang baru aja dialami Jakarta pada Kamis, 14 Januari 2015 cukup membuat Indonesia dan dunia gempar. Ledakan granat dan aksi baku tembak antara polisi dan pelaku di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat menyisakan banyak cerita aksi heroik, juga perasaan panik, takut dan sedih yang bercampur aduk.



Banyak juga yang menyayangkan aksi masyarakat yang menantang bahaya dengan berkerumun di tempat kejadian, ataupun menyebarkan berita hoax yang memperkeruh suasana. Pagi kemarin kondisi Jakarta mendadak mencekam. Beberapa teman ane dipulangkan dari kantornya, bahkan ada yang diliburkan juga pada hari ini. Orang-orang tengah memulihkan keterkejutannya akan peristiwa kemaren, beberapa masih mengatasi trauma, sementara sebagian lainnya berdoa untuk kedamaian.

Panik adalah sebuah perasaan yang wajar timbul jika Agan mengalami situasi penyerangan seperti itu. Dalam kondisi panik, orang cenderung tidak bisa berpikir secara jernih, terkadang, kepanikan itu sendiri dapat membahayakan Agan. Ane kali ini ingin berbagi artikel menarik yang ane temukan, mengenai cara menghadapi situasi teror yang bisa saja dialami siapa saja tanpa tahu waktu dan tempatnya. Artikelnya ada di mari. Artikel ini dibuat sehabis serangan yang terjadi di Paris gan, tapi menurut ane, bisa kita terapkan di Jakarta juga, atau di mana aja untuk lebih waspada nantinya.


Hal yang Harus Agan Lakukan dalam Menghadapi Serangan Mendadak

Quote:Bersiap Untuk Kemungkinan Teburuk



Waspada itu perlu gan, dalam tahap yang gak berlebihan tentunya. Beberapa orang yang menjadi saksi serangan di Paris mengatakan bahwa mereka mengira suara tembakan sebagai suara kembang api. Mungkin hal itu yang bikin mereka telat bertindak. Menururt John Leach, seorang survival psychologist dan military survival instructor, hal seperti ini adalah hal tipikal yang sering terjadi. Orang yang tidak menyangka akan terjadi penembakan akan menganggap bahwa suara tembakan itu sebagai hal lain karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Quote:"We respond to the model in our head and we don't respond directly to the environment and that is what makes us vulnerable. The time it can take to understand what is happening can be lethal. But if someone has already thought through a few worst-case scenarios then this process will be quicker. All you need to ask is - if anything goes wrong, what is my first response going to be?

"Kita merespon terhadap model di kepala kita dan kita tidak merespon langsung terhadap lingkungan dan itulah yang membuat kita rentan. Waktu yang dipakai untuk memahami apa yang terjadi bisa jadi membunuh. tapi jika seseorang sudah berpikir kemunngkinan terburuk, maka proses ini akan lebih cepat. Yang kamu butuhkan adalah bertanya - jika sesuatu yang salah terjadi, apa yang akan menjadi respon pertama saya?"

- John Leach, psikolog/instruktur pertahanan diri militer


Memang mudah untuk kita duduk di restoran atau bioskop tanpa memperhatikan di mana letak pintu keluar darurat gan. tapi, mengetahui letaknya akan menyelamatkan hidup agan. Jadi jangan menyepelekan hal kecil ini Gan. setiap agan ke gedung mana aja, penting untuk tau di mana pintu darurat berada. Dalam serangan di Gedung konser di Bataclan misalnya, pihak keamanan memimpin sekelompok orang ke pintu keluar darurat di kiri panggung.


Quote:Bereaksi dengan Cepat



Kebanyakan orang akan terlalu bingung untuk melakukan apapun ketika sedang menghadapi serangan. Menurut Leach, setelah ia melihat situasi-situasi yang mengancam jiwa di berbagai belahan dunia, hanya 15% orang yang akan merespon dengan cara yang bisa menyelamatkan mereka. Sementara hampir 75% orang hanya akan terlalu kebingungan oleh apa yang terjadi di sekitar mereka. 10% lainnya akan melakukan reaksi yang membahayakan diri mereka atau bahkan orang lain. Tindakan tegas akan menyelamatkan diri Agan. Tapi memang alamiahnya orang akan nunggu orang lain untuk bertindak duluan.


Quote:Buat Kemungkinan Agan Menjadi Target Menjadi Lebih Kecil



Quote:
"Where there's cover from sight, there's cover from fire,"
"Saat ada yang menghalangi pandangan, maka ada penghalang dari tembakan"

-Ian Reed, mantan tentara Inggris, instruktur militer, kepala eksekutif Formative Group Security firm


Hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi sejauh-jauhnya dari bahaya, agar agan tidak menjadi target. Bukannya malah mengerubungi tempat kejadian gan! Hal ini bisa dilakukan dengan segera tiarap, atau mencari tempat bersembunyi atau berlindung di balik sebuah barang atau penghalang yang keras. Pilihan yang terbaik adalah tembok. Atau mobil juga bisa gan, meskipun gak semua mobil anti peluru, tapi daripada gak ada sama sekali. Pergi sejauh mungkin dari pandangan pelaku akan mengurangi resiko agan menjadi target dan mengurangi kemungkinan terkena peluru nyasar.


Quote:Melawan



Melawan pelaku penembakan pernah berhasil dalam beberapa situasi. Tapi jangan pernah agan melakukan ini tanpa memiliki kemampuan yang cukup gan, malah akan menambah resiko. Karena penyerang mungkin saja memiliki rekan tim, atau bahkan membawa bahan peledak di badannya.

Misalnya yang terjadi pada Adel Termos yang menyelamatkan nyawa banyak orang di Beirut setelah ia menangkap pengebom dari belakang. Tapi jaket dengan bom yang dipakai pelaku meledak dan menewaskan Termos dan pengebom. Juga kejadian di Thamrin kemaren di mana pelakunya penembakan juga membawa bom bersamanya yang kemudian jatuh dan meledak. Jadi harus hati-hati dan jangan gegabah gan.

Yah, meskipun melawan itu berbahaya, tapi kita harus siap untuk melawan jika itu dibutuhkan. Kalo udah kepepet banget gan.


Quote:Sehabis Kabur



Setelah seseorang berhasil kabur dari situasi buruk, sangat penting untuk tetap waspada gan. Pergi sejauh mungkin dan bersembunyi di balik sesuatu yang keras atau pergi ke tempat aman yang paling dekat untuk minta pertolongan sama yang berwajib. Ingat gan, jangan malah deketin tkp untuk foto-foto


Quote:Menolong Satu Sama Lain



Yang terakhir, dalam situasi seperti ini agan perlu untuk menolong satu sama lain. Bekerja sama dengan orang lain akan meningkatkan kemungkinan bertahan lebih besar dan cara paling cepat dan paling efektif untuk evakuasi adalah dengan bekerja bersama-sama. Jadi saling mengarahkan ke jalur evakuasi yg benar dan gak serampangan. Contohnya aja abang gojek yang kemaren dengan sigap nolongin mbak-mbak yang kena ledakan. Abang itu langsung mengarahkan mbak ke tempat yang lebih aman, karena pasti mbak nya shock dan bingung harus ngapain


Itulah gan beberapa cara jika agan mengalami suatu serangan mendadak. Semoga aja gak kejadian ya gan, semoga kita semua selalu dalam kedamaian dan semoga bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Sekian dari ane, Ane gak mengharapkan kecuali agan maksa. Tapi kalo di-share dan rate lebih bagus biar banyak yang baca dan bisa menerapkan dalam kewaspadaan. Jakarta Berani! Indonesia berani juga!
Semoga bermanfaat! Damai selalu Indonesia!
Pertamaxx
nyimak gan
tiarap gan
Tiarap lalu kabur
atas ane MAHO gan

kalo ane langsung cari tempat aman gan
survival mode on...
Aslinya kemarin parah banget. situasi belum steril massa segitu banyak udah mendatangi tkp
ane reflek pasti kabur
nyiapin martil coy buat getok palanye..

lanjut coy..
Widih
setiap berpergian berdoa dulu Insya Allah aman



Quote:Original Posted By approve.cc
ane reflek pasti kabur


Sudah kuduga, emang dah naluri banget.
Kabur aja deh
serangan apa dulu en ni ada banyak macem serangan kalo yang kaya kejadian kemarin udah pasti cepet2 berlindung cari tempat aman

kalo serangan ganas di tempat bobo udah pasti harus serang balik ...............udah ntu aja .........
Entah kenapa ane pengen komen....

TIARAAAPPPPPPP..........!!
Nice tips gan. Kalo serangan mendadak dari pacar minta segera dinikahin gimana gan?
berdoa aja smoga selamat
jerit jerit gan
kalo punya amunisi hadapi, kalo gak ada yo kabur
lari bray
Versi anak SD: Lari sambil teriak "Emak!!!"
Versi orang biasa: Liatin aje sama kek yang laen
Versi alay: Selpi sambil ditodong bedil
Versi polkis: Gaya baku tembak cem roulette die kata...
Versi hero: Nolong sesama

bree...
Quote:Original Posted By kamujahat21


Sudah kuduga, emang dah naluri banget.
Kabur aja deh


manusiawi
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar