Pages


Sabtu, 16 Januari 2016

Yuk mengenal alat transportasi dan mainan baru "Smart Balance Wheel"

"SMART BALANCE WHEEL"



Spoiler for Intro:
INTRO

Halo gan, agan-agan pasti pernah lihat donk saat di Car Free Day atau mungkin di Mall saat orang semua pada jalan ada orang yang meluncur bebas dan kencang tanpa bergerak sama sekali kakinya dengan alat mungil dibawah kakinya? Iya mungkin mereka pada main Smart Balance Wheel.



Ini mainan sekarang lagi booming-boomingnya dan ngetren banget diluar negeri dan Indonesia, karena dipakai artis kaya Justin Bibir , Chris Brown, Wiz Khalifa, Jamie Foxx dll juga artis Indonesia kaya Rafi Ahmad, dll juga pernah muncul di acara Dasyat, dll.





Spoiler for Penjelasan:
APA ITU SMART BALANCE WHEEL?

Buat yang belum tahu apa itu SMART BALANCE WHEEL saya beri penjelasan singkatnya menurut saya ya?



Smart Balance Wheel / Kadang disebut Mini segway, Mini Scooter, Two Wheel Electric Wheel. Untuk nama sendiri sebenarnya tidak ada nama 'resmi' dari sananya. Oleh karena itu orang-orang menyebutkan namanya berdasarkan bentuk dan fungsi alat ini. (Kadang diluar negeri biasanya pada bilang Hoverboard, walaupun kita semua tahu benda ini tidak melayang, hoverboard digunakan karena latah/pemasaran saja biar orang pada penasaran, jadi saya menolak menggunakan kata ini ) adalah suatu alat transportasi jarak dekat dimana kita menggunakannya sambil berdiri dan mengontrol gerakan alat dengan kaki dan keseimbangan tubuh kita. Alat ini menggunakan giroskop untuk membantu dalam menyeimbangkannya. Smart karena alat ini sudah menggunakan teknologi pintar dalam penerapannya, terutama untuk mekanisme pergerakan mesin didalam bannya.
Permainan ini relatif mudah dimainkan oleh siapa saja. Hanya butuh rata-rata 10 menit pertama untuk yang pertama kali mencoba, emang awalnya sulit tapi setelah dapat feelingnya dan sedikit latihan berikutnya sangat mudah untuk dimainkan.
Alat ini bisa dimainkan hingga 3 jam sampai baterai habis, setelah itu hanya dengan di charge selama 2 jam, alat ini siap dimainkan lagi dengan jarak hingga 30 KM atau lebih.
SBW (Disingkat) ini bisa melaju hingga kecepatan 20 KM/Jam tetapi hanya jika anda telah ahli menggunakannya dan hanya bisa di permukaan licin dan datar seperti di Mall, untuk kecepatan normal biasanya rata-rata 10 KM/Jam. Berat maksimum untuk memainkan alat ini adalah 100 KG dan minimum 20 KG. Sebenarnya bisa saja lebih dari 100 KG tapi akan mempengaruhi kinerja motor dan bisa patah apabila dipaksakan, dan mengapa butuh minimal 20 KG juga karena sensor juga membutuhkan berat minimum untuk mendeteksi pergerakan kaki. Namun tetap mainan ini bisa dimainkan segala usia mulai dari anak 5 tahun hingga 50 tahun asal kaki masih kuat menopang. SBW ini rata-rata memiliki berat 10 KG sehingga cukup berat untuk dibawa dengan tangan tetapi akan lebih ringan apabila dibawa dengan menggunakan tas jinjing. SBW ini juga bisa mendaki maksimal dengan kemiringan hingga 30 derajat.
Rata-rata untuk di indonesia sendiri yang dipasarkan atau banyak dipakai adalah SBW dengan ukuran ban 6,5 Inchi, dengan tipe ban keras dan solid jadi tidak perlu khawatir ban kempes. Ada juga tipe dengan ban 10 Inchi dengan ban yang bisa dipompa. Keuntungan ban 10 Inchi karena lebih besar sehingga lebih enak digunakan untuk permukaan jalan yang kasar atau bahkan offroad sekalipun, jadi bisa jalan di trotoar, jalan umum atau rumput lebih nyaman dibandingkan dengan ban 6,5 Inchi.
Untuk ban 6,5 Inchi biasanya telah memiliki speaker bluetooth sehingga kita bisa memutar musik favorit dari handphone. Dan juga termasuk remote control untuk mematikan dan menghidupkan SBW juga mengatur kecepatan dan tombol mute.

Karena alat ini memakai batere, jadi tentu saja ini ramah lingkungan karena tidak ada emisi dan karena sistem charge cukup sekali beli tidak perlu mengeluarkan duit sepeserpun untuk pemakaiannya, dan karena mesinnya didalam kalau bermain ini suaranya nyaris tidak kedengaran



Spoiler for Cara kerja:
BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Pertama mari kita lihat dulu isi dalamnya



Pada dasarnya, SBW ini bergerak berdasarkan sensor yang terletak diatas dalam tempat pijakan kaki yang tersedia, disaat kaki kita dibagian tumit dan ujung depan memberikan beban, sensor akan memberikan perintah ke prosesor dan menggerakkan motor yang tertanam didalam kedua roda alat ini.



Roda menjadi tempat kerja motor listrik. Disini terdapat sensor kemiringan dan kecepatan. Yang mendeteksi rpm (putaran per menit) dari tiap roda dan mengirimkannya ke giroskop dan kontrol kecepatan yang ada di papan, yang terletak di bagian utama, tepat di sebelah roda.



Giroskop dan kontrol kecepatan papan menerima informasi RPM dan kemiringan dari sensor dalam roda, dan mengirimkannya ke prosesor utama.
Logic Board / Prosesor adalah "otak" dari alat ini, dan itu di mana komputer prosesor secara real time memberikan status alat ini, kecepatan bepergian, dan kecepatan relatif dan kemiringan roda per individu. Ini juga mengontrol manajemen daya dari papan, dan apakah anda berada dalam "mode pemula" (sehingga membatasi kecepatan maksimal papan) atau jika alat ini "terkunci" oleh remote.



Ini mungkin adalah bagian yang paling pintar dari papan: bantalan tekanan yang ada 2 disetiap pad injakan.
Ketika anda menginjak sensor ke depan, saklar depan didorong ke bawah, dan sensor LED inframerah dan sensor inframerah akan bereaksi
Selama sensor mendeteksi cahaya, Logic board akan "memberitahu" motor untuk diam. Tapi ketika cahaya terganggu (karena saklar didorong turun oleh berat badan anda), papan memberitahu motor untuk berputar dalam arah tertentu.
Jadi, misalnya, jika anda memutar kiri, kaki anda mengaktifkan saklar kanan depan, membuat roda berputar tepat ke depan, sementara kaki kiri anda mengaktifkan kembali meninggalkan switch yang ada, membuat roda kiri belakang berputar.

Sensor kemiringan di roda memberitahu giroskop seberapa jauh ke depan anda bersandar. Giroskop menyampaikan informasi ini kepada Logic Board.
Semakin anda bersandar ke depan, semakin cepat Logic Board memberitahu motor untuk berputar, untuk semacam "mengejar" dengan pusat gravitasi. Ini sederhana (namun sangat pintar), mekanisme ini yang memungkinkan anda untuk mengontrol kecepatan jelajah dengan berat badan Anda.



Spoiler for Cara bermain:
BAGAIMANA CARA MENGGUNAKANNYA?

Melalui digambar ini dapat dijelaskan bagaimana cara bermain alat ini





Intinya, saat anda telah menaiki alat ini, kontrol untuk bergerak maju, kanan kiri, belakang itu terletak diujung kaki alias tumit dan jari-jari kaki, juga bisa dibantu oleh kemiringan badan kita, apabila ingin maju kita bisa menekan jari kaki kita kanan dan kiri kedepan secara bersamaan, bisa juga dengan mencondongkan badan ke depan. Sangat sederhana.



Spoiler for Harganya?:
HARGANYA BERAPA?

Untuk harga sendiri di Indonesia berkisar antara 4 sampai 8 jutaan, silahkan cari di FJB atau toko online untuk lebih jelasnya


Spoiler for Asal Usul:
SEJARAH

SBW ditemukan dengan nama "Smart S1" oleh Chic Robotics, sebuah perusahaan teknologi China yang berdiri tahun 2013, dan bekerjasama dengan Zhejiang University dari sana kemudian diproduksi massal oleh perusahaan-perusahaan yang ada di China dan saat ini telah merambah ke Amerika.
Kembali ke masalah nama, kadang kita mendengar diluar negeri terutama USA mereka menyebutnya IO Hawk, PhunkeeTree dll termasuk di Indonesia beberapa distributor melabel nama merk/perusahaan mereka untuk menjual produk ini, Pada dasarnya, pabrikannya sendiri dari China tidak memberi nama resmi produk ini, sehingga para penjual/ distributor bebas menamai produk ini.



Ironisnya, sang penemu alat ini, Shane Chen, justru tidak bisa menikmati uang hasil keringatnya. Chen yang tinggal di USA pergi ke China untuk melihat cerita yang sebenarnya karena ia mendengar kabar bahwa alat termuannya ternyata telah membuat milyaran uang di Cina. Hovertrax perusahaan dia sendiri tidak banyak mendapatkan keuntungan, meskipun barang mereka memiliki kualitas sangat baik. Menurut dia, justru yang tiruan, murahan dan berkualitas buruk yang lebih laku di pasaran.
Chen sedih ketika ia berkata, "Saya mengunjungi beberapa pabrik tiruan. Mereka benar-benar berterima kasih kepada saya untuk memiliki imajinasi untuk menciptakan itu. Mereka mengerti mereka telah melanggar paten saya tapi mereka tahu tidak ada yang bisa saya lakukan".
Ketika wartawan bertanya kepadanya mengapa ia tidak membuat banyak uang jika produknya saat ini sedang populer, dia mendesah dan mengatakan bahwa penemu tidak selalu beruntung. Dia mengatakan bahwa hanya ada beberapa penemu yang benar-benar membuat uang dari penemuan mereka dan dia bukan salah satu dari mereka.
Ia juga mengatakan dalam konferensi pers ini bahwa ia memiliki beberapa penemuan lain yang ia akan meluncurkan dalam waktu dekat. Kali ini dia akan sangat berhati-hati tentang tindakan pembajakan.


Apabila saya ada salah informasi tolong diberitahu biar saya koreksi, terima kasih

FOTO DAN GALLERY

Oh iya buat pengenalan saya juga post foto-foto dan video saya main

Spoiler for Foto dan video saya:

Mejeng dulu gan

Yang saya pakai adalah tipe Transformer warna Gold dengan ban 6,5 Inchi

1 lagi


Smart Balance Wheel action at CFD Dago Bandung

Smart Balance Wheel run and shopping at Mall



Berikut adalah berbagai tipe dan bentuk-bentuk SBW yang telah beredar dipasaran

Spoiler for Berbagai model dan tipe SBW:

Model yang paling banyak dipakai, tidak ada nama resmi, sebut saja model BASIC
Ukuran Ban 6,5 Inchi
Model/ Tipe ini dijual di Indonesia

Model Transformer, kadang dijual dengan variasi LED light disamping kanan kiri atas
Ukuran Ban 6,5 Inchi
Model/ Tipe ini dijual di Indonesia

Model Buffalo
Ukuran Ban 10 Inchi
Tipe ban pompa
Model/ Tipe ini dijual di Indonesia

Model Z2
Ukuran ban 6,5 Inchi
Model/ Tipe ini dijual di Indonesia

Model Bumblebee
Ukuran ban 6,5 Inchi
Model/ Tipe ini dijual di Indonesia

Model tidak diketahui
Ukuran ban 6,5 Inchi
Belum tahu apakah sudah dijual di Indonesia

Model tidak diketahui
Ukuran ban 6,5 Inchi
Belum tahu apakah sudah dijual di Indonesia

Model Twinkle
Ukuran ban 6,5 Inchi
Belum tahu apakah sudah dijual di Indonesia

Model tidak diketahui
Ukuran ban 6,5 Inchi
Belum tahu apakah sudah dijual di Indonesia

Model Z1
Untuk anak-anak
Ukuran lebih kecil




Serunya main SBW kalau ramai-ramai


Penasaran isi dalemannya bagaimana? Tonton videonya gan


Perbandingan ban 10 Inchi dengan 6,5 Inchi


UPDATE!

Spoiler for Yuk lihat pabriknya:
Karena lagi booming dan populer hingga menghasilkan banyak uang di China, banyak pabrik-pabrik bermunculan memproduksi produk ini, yuk lihat bagaimana cara pembuatan dan produksinya










Spoiler for Jenis dan inovasi gyroscope ride:
Karena banyak yang bertanya, untuk alat/ mainan dengan bantuan giroskop ini memang sudah banyak diantaranya yaitu :

1. Segway (Two wheel scooter with controller stick)



2. Air Wheel (One wheel scooter)



3. Ryno (One Wheel Bike)



4. Skate Wheel (One Wheel Skate)



5. Board Wheel (Four Wheel Board)





Apabila agan punya alat/ mainan ini silahkan bisa gabung ke komunitas Smart Balance Wheel Indonesia di facebook

https://www.facebook.com/groups/211347185875793/

atau bisa ke thread hobby di

http://www.kaskus.co.id/thread/56953...suk-dimari-gan

Jadi saya pengen tahu, di daerah Bandung siapa lagi yang punya dan mana tahu pengen main bareng, saya sih biasa mulai sering main di CFD Dago, CFN Asia-Afrika dan di Mall BIP dan PVJ gitu
Buat agan-agan yang dikota lain yang pengen nyari temen dikotanya juga silahkan nimbrung disana, kita juga bisa saling bahas tentang mainan yang satu ini

Terima Kasih!



kereen gan
btw mahal ga tuh ?
Selalu aja jadi teknologi baru
cocok ngaspal di jkt gak yah
APA KATA KASKUSER?
Spoiler for Komentar kaskuser:


Quote:Original Posted By congpall
Kalo hujan gimana? harus berteduh ya?
Yang terbaru sudah ada yang waterproof jadi bisa ujan-ujanan juga makenya
Quote:Original Posted By jonblue
keren juga gan buat belanja di mall cocok nih biar gak capek jalanya klo drumah susah makenya

iya gan sudah cek video ane belanja ke mall pake itu belum? seru lho
Quote:Original Posted By iyansomnia
ini nih yang di mana2 diributin gegara make istilah hoverboard..

ane lebih mendukung isitilah smartwheel daripada hoverboard,karna hoverboard seharusnya ngga ada roda (wheel)

hahaha saya termasuk yang menolak memakai istilah hoverboard, kalau hoverboard ya melayanglah gak ada roda kaya hoverboard mcfly dari back from the future, itu orang2 luar aja yang kekeuh makenya :P
Quote:Original Posted By FajarHiryawan
ane dah nyoba...dan bisa...gampang adaptasi nya cepet....trs gua tanya harganya berapa....4jutaan....
hmmm...motor sexond bisa 2jt 3jt....#gagalbeli.. hahhaaaa
motor curian kali harga segitu gan, murah amat 2 juta motor seken apaan?
daripada beli motor seken kalau hanya untuk jarak dekat enakan pake ini gan
Quote:Original Posted By mhaboevz
pas lagi cfd kalo batrenya abis gimana tuh gan? btw bisa bikin keringetan juga emank?
ada peringatan gan kalau batere mau habis, ane mau gak pernah ampe habis banget, kalaupun habis batere atau mati ya tinggal masukin tasnya terus dijinjing, simple
Nah jangan salah gan, emang kelihatannya ini alat buat orang jadi pemalas, tapi kalau main ini agak 2 jam, kaki bisa lemes juga karena ini mainnya pake kaki, saya main di CFD keringatan abis
Quote:Original Posted By jatheg
Mainan horang kayah

Saya aja nabung gan biar bisa beli ini, gak kudu kaya kok asal niat
Quote:Original Posted By bothokp
Ntar lama2 ngegantiin motor, kesian juga tukang parkir 2000..

justru ane senang ngetroll tukang parkir supermarket datang kesana pake ini
Quote:Original Posted By Veurumi
kalo yang gemuk terus pake ginian makin males jalan nantinya

sayangnya ini dirancang gak buat orang gemuk
Quote:Original Posted By F4thuRz
Keren gan

Tapi dengan harga segitu mending beli Sepeda Gunung dengan spek yang keren banget
Langsung goes ke lembang

Hahaha sepeda gunung udah ada, inikan buat jarak dekat gan bukan jarak jauh apalagi offroad
Quote:Original Posted By dimponta
kalau off road bisa kah?? kalau hujan juga

offroad bisa untuk ukuran yang besar gan, kalau hujan gak bisa saat ini belum dibuat yang waterproof tapi kedepannya kemungkinan ada

Quote:Original Posted By zielaron
btw kecepatan maksimalnya berapa km/jam gan?
kalo bias nyampe 60km/jam worth lah harga segitu

20 km doank gan, kalau 60 km/jam bahaya gan secara ini alatnya kecil dan buat jarak dekat bukan buat ngebut, kalau mau yang agak kencang pake segway offroad gan
Quote:Original Posted By dosantos
pernah liat yupi jkt48 maen ginian

iya emang lagi rame artis pake ginian
Quote:Original Posted By wennot
maenan yang lagi nge hits, tapi jgn kebanyakan pake mainan gini, ntar kaki mubazir gan ga di pake buat jalan!
wkwkwk
hahaha jangan salah gan, main ginian bisa buat capek kaki juga lho kalau dipakai terus selama 2 jam
Quote:Original Posted By bluekutut
nah ini hoverboard.. tp kok ga melayang

ini bukan hoverboard gan karena ada rodanya dan gak melayang
Quote:Original Posted By ronaldidin
nih yang kemaren meleduk bukan gan

iya sempat ada beberapa kasus yang meleduk dikarenakan :
1. Over charge, ditinggal semalam coba
2. Kualitas/ Batch produknya dapat dari produsen yang jelek
Quote:Original Posted By sarera
cangih banget ya gan ...
itu cocok buat di areal jakarta gan ..
bisa menerobos kemacetan
tapi harga nya ya mantab juga ya gan

Haha cocok aja asal jalannya mulus tapi macet gimana mau lewat gan, kalau lewat trotoar agak susah mainnya
Quote:Original Posted By www.tetuku.com
Penemunya apa gak punya hak paten koq bisa ngenes gitu

Sepertinya punya, cuma ane gak tahu gimana paten di china sana ampe bisa kebablasan gitu
Quote:Original Posted By sultonuton
wkwkeke mulai latah deh. brey ntu mah kaga cocok di endonesah

jalanan di negara kita ini bolong2 kaya muka abg labil yg jerawatan
Hahah sebenarnya cocok aja kalau dimaininnya di mall atau jalan utama yang mulus gan

Quote:Original Posted By anak.kunci
udah uji emisi belum tuh gan..
emisi apaan gan, inikan pake batere, dan gak ngeluarin duit lagi

Quote:Original Posted By LaSeixas
oh, ini udah lama sebenernya, udah dari tahun lalu,
dulu di sebut hooverzip, kebetulan udah lama punya...

gw punya ini sama zipwheel, tp lebih enak zipwheel bisa dipake dimana aja,
kalo ini hanya di indoor / jalan halus aja krn menggunakan ban mati dan kecil...

baru sekarang booming nya ya? hehe...
hooverzip? saya googling kok gak keluar apa-apa ya gan? itu nama dari mana gan?
kalau zipwheel itu nama lain dari airwheel/uniwheel kan? saya juga sempat tertarik beli itu cuma melihat bentuknya saya lebih tertarik sama yang sekarang ini Emang yang itu lebih enak bisa dipakai dimana saja dibandingkan ini yang terbatas medan jalannya
Kalau soal booming si sebenarnya juga sudah dari tahun kemaren, karena kita baru ganti tahun gan, di Indonesia sendiri mulai ramenya juga belakangan ini gan
Quote:Original Posted By chaysetan
hahaha asik nih, coba bisa lebih jauh lagi jaraknya rame nih kyknya

Mau seberapa jauh gan? Ini saja 30/40 km sudah cukup jauh gan, kalau mau jauh lagi ntar adanya kaki agan yang gempor makenya
Quote:Original Posted By firman0723
Wah kalo di bandung ada yg jual kgk gan ? ane nyari hoverboard juga nih

Ada di PVJ tuh
Kita sebut saja SBW gan karena ini pake roda dan tidak melayang

Quote:Original Posted By bayuimade
mereka menyebutnya hover padahal roda masih napak di tanah

makanya ane juga pertama kali dengarnya juga ngakak, maksa banget nyebutnya hoverboard
Quote:Original Posted By Jokiez
masih asyikan naik sepedah

coba dulu gan baru komentar
Quote:Original Posted By bayuimade



hoverboard yg bs jalan di jalan umum blom di ciptain. Adanya yg pke medan magnet yg mesti jalan d jalur khusus. Alat nya dah pernh d coba sma tony hawk

iya, itu hoverboard magnetik dengan medan jalan terbatas
Quote:Original Posted By Aink23


Ane minggu kemarin jalan2 ada yg jual di PVJ gan, kisaran 3,5jt klo ga salah...

iya sudah makin murah sekarang
Quote:Original Posted By ronimuliawan
di Indonesia belum di jual bebas ya?

sudah gan, bisa cek FJB dan toko-toko di Jakarta dan Bandung
Quote:Original Posted By you9a
Sekarang udah ketinggalan gan karna udah ada yang lebih keren yang menggunakan 1 ban dan bisa di tenteng kemana mana.. Kalo gak salah namanya ninebot one. Cuma harganya yang bikin mikir seharga motor

Bukan ninebot one gan tapi itu biasanya disebut zipwheel, uniwheel atau lebih sering airwheel, itu juga udah lama gan keluarnya dibanding ini, dan dibandingkan SBW itu produk gak terlalu rame dipakai di Indonesia IMHO
Quote:Original Posted By gancek
mahal bgt, di bahrain cuma 1.5jt'an-3jt maximall

Haha ya itu tergantung distributor nya mainin harga gan, emang ane dengar dari china sananya ini malah cuma modal 1 juta doank aslinya, karena booming dimark up habis-habisan
Quote:Original Posted By malinkundang56
mainan ini paling gw benci..... modern sih modern. Tapi buat malas untuk olahraga jalan atau lari

Hahaha jangan benci gan, main kaya ginian capek juga lho kalau lama-lama, bisa bikin kaki gempor
Quote:Original Posted By emfo
kerennn.. tp ada jg gan yg kaya otopet gt...

iya itu seri mini segwaynya ada tongkat pengendalinya

Quote:Original Posted By Agungnovus
Foto nya di depan kampus ane

Barang ginian susah di aplikasikan di Indonesia, jalan buat kendaraan nya aja masih banyak yang rusak, apalagi buat pejalan kaki
Hahaha numpangg parkir disana soalnya
bener sekali, saya juga main ini di kampus, CFD dan mall saja, buat jalan umum ampun deh

Quote:Original Posted By twisctre
Semoga dibuka penyewaannya tuh gan, paling nanti saingan sm mobil mobilan bocah di mall.

HAHAHA cerita lucunya saya sempat dilarang main didaerah yang nyewain mobil-mobilan dan binatang2 buat bocah itu di mall karena bocah-bocah pada pengen main ini jadinya
Quote:Original Posted By csd_suhardi


Udah diprediksi gan, ane pernah liat ilustrasi org jadi malas bergerak ken kemudahan teknologi, orgnya jadi obesitas, kaki jadi kecil dan sulit berjalan krn kebanyakan duduk.

Itu film wall-e gan, yang orang cuma duduk di kursi bergerak ampe jadi obesitas Kalau ini gakkan bisa karena kita berdiri dan capek juga mainnya bukan cuma duduk doank

Quote:Original Posted By basri1096
ininih yg sering ndimainim ama youtubers ama viners di Amerika sono, padahal dah lama ane pengen tau nih benda apa namanya, kirain bener hoverboard hehehe
Iya emang banyak youtubers ama viners upload video mereka pake ini di Ameriki sono, yang pasti bukan hoverboard

Quote:Original Posted By willywinarta
not cool, ga kayak skateboard

pastinya jauh dari skateboard
ini skateboard versi pemalasnya
Quote:Original Posted By N2DRapper
Keren ui. Beli dimana ya? Harga berapa? Alat kaya gini ga bakal deh kena razia. ekwkwkw
Sudah dijawab dithread gan coba baca lagi, gakkan kena razia, adanya polisi melongo liatnya

Quote:Original Posted By modisstore
waktu itu liat org pake yg ada pegangannya gan. itu smart wheel jg bkn ya?

Itu smartwheel juga, cuma versi mini segwaynya, dikendalikan pake pegangan/tongkatnya itu bukan pake kaki lagi
Quote:Original Posted By khand


rencana mau beli buat pergi kerja jdnya santai...tp kykny ga memungkinkan, jalan2 djkt banyak lobang&polisi tidur...ahahhaaaa

kalau masih jarak-jarak 20km bisa kok gan, jalan-jalan jakarta kan lumayan bagus kalau ada polisi tidur atau lubang bisa diangkat ini terus dipake lagi

Quote:Original Posted By vhesckot_1601
ngeri kena paku bro

gak pernah ada yang komplen ini kena paku, karena bannya solid dan mati alias gak pake angin-anginan jadi gakkan ada cerita ban bocor

Quote:Original Posted By merconbanting
sepertinya ts airsofter juga ya?

Haha yang tahu airsoftgun pasti bisa lihat dari gear dan avatar saya


Widih
mantep gan.ane pengen buat alat anti maho ah




Mahal juga yak.. batrenya awet kga? Ntar dipake sebulan dah ngedrop


kalau laju bisa tuh bawa ngebut ke kampus
harganya pasti masih mahal yh
jadi pengen cobain
Keren gan.

Dikomplek ane bocahnya pada main ginian.

Quote:Original Posted By aldianzie
Mahal juga yak.. batrenya awet kga? Ntar dipake sebulan dah ngedrop


Lumayan gan karena masih teknologi baru, tapi ini harganya sudah makin lama makin turun karena sudah banyak yang buat dan permintaan pembeli juga tinggi Baterenya awet saya bilang, saya udah make sebulan masih aman-aman saja, asal di charge rutin dan sesuai batas

Quote:Original Posted By mutenroshi23
kalau laju bisa tuh bawa ngebut ke kampus

Saya juga ke kampus pake ini kok gan, gak perlu laju-laju, enjoy the ride
Quote:Original Posted By bingungapain
harganya pasti masih mahal yh

Lumayan gan, tapi tetap harga tergantung kebutuhan, toh HP atau kamera 6 juta juga dibilang murah kalau emang suka
Liat d edge baros ada yg punyatuh maenan di lobby mulu jd ngiler


Btw brp yah yg gni?
Tinggi ane 180 bb 100 ambrol ga ya?
ijin nyimak aja dulu dah bray

_________
edited :


harganya mahal kagak ye gan ?
itu yang pernah dipake deni cagur di dahsh*t ya
pernah tu ada yng nawarin waktu ane di jec tapi ane kgak brani takut jatoh akhernya kaka ane yng make bentar
Quote:Original Posted By mutenroshi23
kalau laju bisa tuh bawa ngebut ke kampus


buat boncengan bisa kaga ye gan
Quote:Original Posted By teengkuu
pernah tu ada yng nawarin waktu ane di jec tapi ane kgak brani takut jatoh akhernya kaka ane yng make bentar


takot jatuh
Quote:Original Posted By akasih
Liat d edge baros ada yg punyatuh maenan di lobby mulu jd ngiler


Btw brp yah yg gni?
Tinggi ane 180 bb 100 ambrol ga ya?
Harga ada sudah ane tuliskan di atas gan coba dibaca lagi, kalau badan bener beratnya ampe 100 kg-an si saya gak rekomended gan, takut patah nanti karena barangnya juga kecil gak dirancang buat yang terlalu berat, kalau soal tinggi gak masalah mau ampe 2 meter juga

Quote:Original Posted By ciuni
ijin nyimak aja dulu dah bray

apanya yang disimak brayy?
Quote:Original Posted By greenlazer
itu yang pernah dipake deni cagur di dahsh*t ya

iya udah banyak dipakai artis-artis gan
Quote:Original Posted By teengkuu
pernah tu ada yng nawarin waktu ane di jec tapi ane kgak brani takut jatoh akhernya kaka ane yng make bentar

Iya banyak kok yang jual di Mal-mal karena emang enaknya main disana
Quote:Original Posted By ciuni


buat boncengan bisa kaga ye gan

kagak bisa gan cuma 1 orang, karena cuma dirancang buat transportasi 1 orang, kalau boncengan adanya patah
Quote:Original Posted By mutenroshi23


takot jatuh

sama kaya naik motor juga pasti awalnya takut jatuhkan?
Penemunya kasihan ndak dapet rewardnya orang lain yang dapet
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar