Pages


Senin, 02 Maret 2015

Tips Mahir Menulis Lirik Lagu

  (www.kaskus.co.id)

Quote:5 Kriteria Mahir Membuat Lirik Lagu Yang Sempurna


Alhamdulilah Gan Setelah Kemarin Dapat HT Biaya Hidup Di Indonesia Lebih Mahal Ketimbang Di Amerika. Ko Bisa?  (www.kaskus.co.id) Sekarang Kebagian HT Lagi gan.!!
Makasih Untuk TMS, Kaskuser, Momod & Kaskus Officer...Semoga Kebaikan Nya Dilipat Gandakan Oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amiin..!!

Ini Penampakan HT nya gan..!!
Spoiler for HT Ke-17 Gan.!!:



Quote:

Selamat Pagi Agan-aganwati Semua, Semoga Hari ini Semua Berjalan Lancar & Berada Dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Ijinkan Hari Ini Ane Membuat Thread Lagi Ya Gan, Mudah2an Bermanfaat Juga Bisa Menjadikan Thread Ini Sebagai Wadah Diskusi Yang Mengacu Pada Kebaikan Kita Semua.
Thread Yang Ane Buat Kali Berhubungan Dengan Seni Membaut Lagu Gan, Yaitu Bagaimana Membuat Sebuah Lirik Lagu Yang Sempurna, Seperti Lagu2 Yang Sudah Beredar Di Indonesia Ini.
Bagi Agan-Aganwati yang Mungkin Suka Membuat Lagu (Walau Hanya Dengan Genjrengan Gitar Saja) Ane Pikir Harus Mengikuti Ini Gan, Karena Apa?? Lirik Dalam Sebuah Lagu Itu Sangat Penting. Karena Dalam Lirik Itu Ada beberapa Kriteria Yang Harus Bisa Menyampaikan Apa Yang Dinyanyikan Oleh Artisnya Tersebut.
Oke gan langsung aje ye kita bahas bareng-bareng..!!!




Sebelum melanjutkan sepertinya ane harus meyakinkan bahwa Thread yang ane buat gg berbau Repost ye gan..!!!
Spoiler for Cek Repost Disini Ye Gan..!!:



Quote:Ane ingin mengajak Agan semua untuk mengenali dengan baik dasar-dasar sebuah lagu, dimulai dari lirik. Bila Agan belum memahami lirik, tentu saja Agan akan kesulitan mencari lirik yang pas untuk lagu yang agan buat.
Ane contohkan ye gan...Sama seperti ketika Agan melakukan perjalanan. Agan bawa peta, tapi agan bingung tujuan ini kemana. Akibatnya, peta itu pun menjadi tidak berguna selama Agan tidak tahu tujuan.
Nah, oleh karena itu, Ane akan menjelaskan definisi lirik: apa itu lirik, apa fungsinya dalam sebuah lagu dan bagaimana kriteria lirik yang “sempurna”. Dengan memahami definisi ini, Agan akan tahu tujuan ketika menulis lirik sehingga tidak lagi kebingungan saat mencari lirik yang pas untuk lagu Agan.



Menurut Definisi Dari Om Wiki Seperti Ini Gan..!!
Quote:… a set of words that make up a song, usually consisting of verses and choruses. The meaning of lyrics can either be explicit or implicit.
Yang Jika Di Artikan Seperti Ini Gan..!!
… serangkaian kata-kata yang menyusun sebuah lagu, umumnya terdiri dari verse dan chorus. Arti dari lirik bisa disampaikan secara tersurat atau tersirat.


Quote:Dalam bukunya “Secrets of Songwriting”, Profesor Gary Ewer  (garyewer.wordpress.com) menulis:
A good lyric is usually one that says what it needs to in the most succinct way.
The importance of a weighty lyrics, though, depends on the purpose of the song. There are individuals and groups that produce songs with deep, insightful lyrics that can profoundly impress an audience. There are other composers writing songs where the main purpose is to get the listener dancing, and the lyric is about as deep as a mud puddle.
Developed properly, a good lyric will pull the listener along and keep them listening. A lyric that feels emotionally disorganized will simply sound “whiny” and “complainy”.
The best response will be if listeners find themselves saying, “Hey, I’ve been there!”


Yang Jika Diartikan :
Lirik yang bagus umumnya adalah lirik yang mengatakan apa yang perlu dikatakan dengan cara yang paling ringkas.
Namun, pentingnya sebuah lirik yang berbobot bergantung kepada tujuan lagunya. Ada individu dan grup yang menghasilkan lagu-lagu dengan lirik yang bermakna dalam yang bisa memukau pendengarnya. Ada juga penulis lagu lain yang punya tujuan utama membuat pendengarnya berdansa, dan liriknya bermakna sangat dangkal, sedangkal genangan air.
Lirik yang dikembangkan dengan sempurna akan menarik pendengar dan membuat mereka terus mendengar. Lirik yang terasa berantakan secara emosional akan terdengar seperti “merengek” atau “mengeluh”.
Respon yang terbaik adalah saat pendengar berkata, “Hei, aku pernah berada disana!”



Nah Dari Definisi Tersebut Sudah Bisa Disimpulkan Bahwa Lirik Itu Sangat Penting & Bisa Disimpulkan Lirik Dalam Sebuah Lagu Adalah Sebuah Helaan Nafas, Jika Tidak Ada Itu Sama Saja Lagu Tersebut Akan Mati.

Quote:Dan Inilah "5 Kriteria Mahir Membuat Lirik Lagu Yang Sempurna"
Quote:1. Bisa Menyampaikan Maknanya Dengan Cara Yang Ringkas

Berbicara tentang menyampaikan makna dengan ringkas, ada sebuah kutipan dari penulis Nathaniel Hawthorne  (en.wikipedia.org):
Quote:Easy reading is damn hard writing.
Artinya, untuk membuat suatu karya tulis gampang dibaca, dibutuhkan cara menulis yang susah. Rasanya terbalik bukan? Bukannya untuk membuat tulisan yang gampang dibaca itu gampang?
Tidak, membuat suatu karya tulis gampang dibaca itu tidak mudah. Butuh kemampuan menulis yang sangat fasih. Hal ini bisa Agan buktikan dengan pertanyaan yang sederhana:
Apakah Agan selalu bisa membuat lawan bicara Agan memahami maksud Agan dengan sempurna? Berapa kali Agan harus mengulang pernyataan Agan hingga lawan bicara mengerti maksud Agan?

Untuk bisa mengembangkan kemampuan berkomunikasi ini dibutuhkan usaha seumur hidup. Tidak ada satu “teknik” yang bisa menjadi jalan pintas. Agan harus mempelajari dan menerapkannya setiap hari dalam setiap komunikasi Agan dengan orang lain.
Namun, ada satu “strategi” umum yang bisa Anda gunakan untuk membuat tulisan atau lirik Anda lebih mudah dibaca: yaitu dengan cara mengurangi bagian-bagian yang tidak penting.

Dengan mengurangi bagian-bagian yang tidak penting dalam lagu, Agan akan mendapatkan bagian-bagian yang paling penting, sehingga tercapailah tujuan Agan untuk menyampaikan makna dengan cara yang ringkas.



Quote:2. Bobotnya Bergantung Kepada Tujuan Lagu Tersebut (apakah ingin bermakna dalam atau dangkal)

Kembali ke buku “Secrets of Songwriting” yang ditulis Prof. Ewer, soal bobot lagu beliau menulis:
Quote:Good text is vital to a good song. Good text doesn’t mean that it has to be a stunning poem. Good text means that it does what it was meant to do. Some text is extremely simple, and that simplicity may be exactly what the song needs.
Complexity in music is not necessarily a drawback. But losing your audience is.

Yang Jika Diartikan :
Quote:Kata-kata yang bagus sangat penting untuk membuat lagu yang bagus. Namun, kata-kata yang bagus bukan berarti kata-katanya bagaikan karya puisi yang memukau. Kata-kata yang bagus artinya kata-kata tersebut menunaikan tugasnya dengan baik. Ada kata-kata lagu yang sangat sederhana, dan bisa jadi kesederhanaan itu yang dibutuhkan dalam lagu.
Sebaliknya, kerumitan dalam musik bukan berarti hal yang buruk. Hal yang buruk adalah kehilangan pendengar Anda akibat kata-kata yang terlalu rumit (atau terlalu sederhana).


Bisa Agan lihat, kata-kata (atau bobot lagu) sangat dipengaruhi tujuan semula Agan membuat lagu. Apakah Agan ingin mengajak pendengar untuk memikirkan sesuatu yang serius seperti kritik sosial (mirip lagu-lagunya Iwan Fals)? Ataukah Agan ingin mengajak pendengar Agan untuk sekedar melepaskan beban hidup dan berdansa sebentar??
Tentunya Tidak Dong.....!!!



Quote:3. Mampu Menarik Pendengar Untuk Mendengar dan Terus Mendengar

Quote:Sebenarnya, ini adalah salah satu kriteria yang secara tidak sadar sering diabaikan oleh para pembuat lagu dalam Menulis Lagu. Ketika mereka membuat lagu karya mereka, dan mencoba dipublikasikan. Kadang publik berpikir “Sebenarnya lagu ini ditulis untuk siapa?”
Berangkat dari pengalaman, menurut ane satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menulis lagu untuk orang lain. Artinya, kata-kata yang Agan tulis bukan sekedar untuk memuaskan diri Agan saja, tapi Agan juga harus berpikir apakah kata-kata ini bisa dipahami oleh orang lain? Apakah kata-kata ini menceritakan apa yang dialami orang lain dalam hidup mereka?
Ketika Agan menulis lagu untuk diri sendiri (tanpa memikirkan kebutuhan orang lain atau pendengar Agan), yaa satu-satunya orang yang tertarik mendengar lagu Agan adalah diri sendiri juga. Cobalah gunakan kedua pertanyaan di atas untuk menilai apakah lagu Agan bisa menarik perhatian pendengar atau tidak.



Quote:4. Tidak Berantakan Secara Emosional (Tersusun Secara Rapi)

Maksud berantakan disini adalah alur jalan ceritanya lompat-lompat atau tidak nyambung antara satu bagian dengan bagian lainnya. Perpindahan dari satu ‘adegan’ ke adegan lainnya masih terasa terpotong-potong. Efeknya ke pendengar adalah lagunya terdengar “merengek” atau “mengeluh” sehingga mereka jadi tidak tertarik.
Sebenarnya, cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengandalkan logika. Dengan menilai hasil lirik Agan dan melihatnya dari segi logika, Agan bisa menilai apakah secara logika, alur jalan ceritanya nyambung atau masih terputus-putus.
Sebagai Contoh Ane Sertakan Ye Gan..!!!
Quote:CHORUS
kembalilah kasih
Jangan kau lepaskan cintamu seperti ini
Sesulit apapun telah kita lewati
Demi kasih ini
Haruskah berakhir begini

Saran Yang Ane Mau Untuk Di Edit :
CHORUS
Kembalilah Kasih
Jangan kau lepaskan cintamu
Setelah semua yang kita lewati
Haruskah berakhir seperti ini?


Kenapa ane melakukan edit seperti di atas? Karena setelah emosi “ragu-ragu” di verse, emosi di chorus adalah “meminta kepastian”, oleh karena itu penggunaan “Kembalilah Kasih” di awal chorus sudah pas (memberikan kesan membujuk yang paling kuat) dan didukung dengan jumlah baris yang simetris (4).



Quote:5. Mampu Membuat Pendengar Berkata, “Lagu Ini Gue Banget!”

Ini sebenarnya adalah sasaran utama lagu yang ditulis untuk jadi komersial. Kata-kata “Lagu ini gue banget!” adalah penghargaan yang tertinggi yang bisa diberikan seorang pendengar kepada pembuat lagunya (selain artis dan musisi yang menampilkannya, tentunya).
Agar sasaran ini tercapai, keempat kriteria lirik sempurna yang sebelumnya harus terpenuhi semua. Itu pun baru dari segi penulisan lirik, belum dari segi cara lagu itu ditampilkan atau dimainkan, dan belum lagi memperhitungkan kepiawaian para musisi (bila dibawakan di atas panggung) atau kemampuan tim produksi di studio (bila direkam di studio).

Quote:Siapapun yang Agan hendak capai dengan lagu Agan, Agan harus bisa membuatnya merasa lagu Agan adalah "Dia Banget." Dengan cara ini, akan menjadi jauh lebih mudah bagi Agan untuk menjual lagu Agan, atau untuk menawarkan diri menjadi songwriter yang terikat kontrak di label rekaman, bila itu memang tujuan Agan.



Nah Sekarang "Apakah Agan Dalam Membuat/Menulis Sebuah Lirik Lagu Selalu Memikirkan Itu???
Selain Lirik Yang Penting Yang Harus Bisa Menyampaikan Suatu Pesan, Juga Harus Didukung Dengan Musik Arr Yang Bagus, Juga Sound Nya & Tentunya Produksi Yang Oke..!!!
jangan Patah Semangat Ye Gan "Keep Spirit"


Quote:Sekian Dulu Ye Gan, Mudah2an Bermanfaat..!!
Jika Ada Yang Mau Menambahkan Silahkan, Nanti Ane Taroh Di Pejwan






Rekomendasi Hot Thread Ya Gan...!!!  (docs.google.com)

Sumber : Disini  (mahirmenulislagu.com)
Dan
Coba Share Dari Pengalaman ane & Thank Om Google


Enjoy..!!!
Reserved..!!
Ninggalin jejak dolo bay
Thank gan share-nya. kebetulan ane suka nulis lagu nih, tp masih berantakan.

sayang ane kagak berbakat bikin lagu bray
Lebih suka bikin puisi dari pada lirik lagu
Quote:Original Posted By boldies.99.
sayang ane kagak berbakat bikin lagu bray

Waduh sayang juga ye gan....

Quote:Original Posted By the.fly.
Lebih suka bikin puisi dari pada lirik lagu

Sok buatlah gan. karena puisi juga harus bisa menyampaikan dalam tulisan nya. hampir sama pungsinya dengan lirik lagu.

bisa tersampaikan maknanya kepada yang mendengar gan.....
nice share, ane mau nulis lagu nih
Quote:Original Posted By curut77
bisa tersampaikan maknanya kepada yang mendengar gan.....

Bener tuh gan..!! Thank dh mampir gan...
Bagus juga materi thread nya gan
.ane pribadi dulu bikin lagu pasti selalu harus nyesuain sama aransemen lagunya,
Pernah bikin lirik tema sedih dengan nada ambil mayor , jadi aneh ngedengernya

Intinya ane kalau bikin lagu kadang pernah ane alamin , kalau lagu metal ane ga begitu musingin
Karena suara vokal groll ane ga neken di lirik tapi aransemen lagu
coba praktekin gan
lehhhhh uga lau gan
udah bosen dengan lagu lagu sekarang




ngisi survey dapat hadiah  (goo.gl)
ga bisa bikin lagu
ga bakat bikin lagu
dan ga ada niat buat bikin lagu
cuma mau dengerin lagu aja, tapi lagu jaman dulu, jaman orang tua ane masih remaja

Quote:Original Posted By dopoj0npen
Bagus juga materi thread nya gan
.ane pribadi dulu bikin lagu pasti selalu harus nyesuain sama aransemen lagunya,
Pernah bikin lirik tema sedih dengan nada ambil mayor , jadi aneh ngedengernya

Intinya ane kalau bikin lagu kadang pernah ane alamin , kalau lagu metal ane ga begitu musingin
Karena suara vokal groll ane ga neken di lirik tapi aransemen lagu

Sudah coba di produksi gan?? Ayo dong ane mau liat & denger nih karyanya..!!!
Emang susah ye gan, kebanyakan artis juga mereka bantuan para sastrawan untuk membuat lirik.
Thank dh mampir gan.

Keren gan..ane akan lebih sering nih buat lagu dengan kriteria yg agan sebutkan.
enak juga jd songwritter yak
Lirik hiperbola,sama penggunaan sinonim kata baku gan
lumayan nich info nya gan....
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar