Pages


Selasa, 06 Oktober 2015

Polisi yang Melakukan Pungli, Enaknya Diberi Hukuman Apa ya?



Quote:
Sumber Gambar tribunnews.com
Quote:Polisi sebagai aparat penegak hukum yang seharusnya bisa menjadi pelindung masyarakat, namun seringkali justru ‘menyerang’ masyarakat itu sendiri. Dengan berbekal pangkat dan jabatan yang disandangnya, mereka seolah-olah ingin menjadi sosok yang disegani dan ditakuti oleh masyarakat. Memang tidak semuanya sih, masih ada juga polisi baik yang berusaha tetap dijalurnya sebagai pengayom masyarakat. Namun dikarenakan kelakuan polisi nakal yang kerap bertindak tak pantas, sehingga mencoreng nama baik institusi kepolisian, polisi baik tersebut ikut terkena dampaknya juga. Masyarakat sudah terlanjur menilai bahwa yang namanya polisi itu pasti ga benar kelakuannya. Bisa inilah, bisa itulah. Padahal belum tentu juga. Disinilah perlu adanya peraturan yang tegas tentang hukuman terhadap polisi-polisi nakal tersebut. Selama ini hukuman yang berlaku, paling dimutasi atau diturunkan pangkatnya. Menurut ane, hukuman-hukuman semacam itu tidak memberikan efek jera. Terbukti masih banyaknya polisi yang melakukan pelanggaran atau perbuatan semena-mena terhadap masyarakat. Salah satu bentuk pelanggarannya adalah melakukan pungli [pungutan liar] yang tidak ada bedanya dengan preman-preman pasar. Peristiwa berikut sebagai contoh pungli yang dilakukan oknum polisi dan berhasil dibongkar oleh lelaki pemberani ini.

Quote:Elanto Kembali Beraksi, Kali ini Menggertak PolantasQuote:Gansis, masih ingatkah ente semua dengan sosok Elanto? Lelaki yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan medsos gara-gara aksinya menghentikan konvoi moge di Jogja. Kali ini dia beraksi kembali. Tapi bukan lagi moge yang menjadi targetnya, melainkan polantas yang kerap melakukan pungli terhadap sopir truk dan kernetnya. Berikut salah satu beritanya yang ane kutip dari Tribunnews.com
Quote:Sebelumnya Konvoi Moge, Kali Ini Polantas yang Digertak ElantoQuote:Elanto Wijayanto, pria yang namanya sempat menjadi perbicangan usai menghentikan konvoi rombongan motor gede (moge) di Yogyakarta kembali membuat aksi yang tak kalah beraninya.
Kali ini, ia mengunggah video aksinya saat membongkar aksi pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan oleh seseorang anggota polisi di Perempatan Jl Brigjen Katamso - Jl Parangtritis, Yogyakarta.
Dikabarkan kalau praktik 'tersebut kerap berlangsung di daerah tersebut.
Aksi ini sengaja dilakukan Elanto karena masih maraknya sopir dan kernet truk yang kerap memberikan uang kepada polisi yang berjaga di pos penjagaan itu.
Nyali Elanto memang patut diacungi jempol. Namun sayang, sang polisi yang sempat terekam tampaknya sudah paham bahwa aksinyatengah direkam dan memilih untuk pergi, setelah sebelumnya sempat berdebat dengan berbagai macam pembelaan normatif. Sumber

Quote:3 Video Aksi ElantoQuote:

Quote:

Quote:

Ane gregetan banget sama polantas-nya. Itu salah satu contoh bukti nyata bahwa oknum polantas masih ada yang suka mencari penghasilan tambahan di luar gaji resminya. Ane yakin di luar sana masih banyak kasus-kasus semacam itu yang seolah melenggang dengan tenang tanpa ada yang bisa berbuat apa-apa. Apa iya, kejadian pungli tadi lalu dilaporkan sebagai pencemaran nama baik? Wajah si polantas-nya jelas sekali terlihat di videonya, mari kita tunggu bersama aksi dan reaksi dari polda Jogja.

Quote:Trit tentang aksi Elanto memang sudah ada yang buat. Sedangkan trit ane kali ini lebih mem-fokuskan seputar hukuman-hukuman terhadap polisi atau polantas yang melakukan pungli.
Quote:Di negara kita, pungli dikategorikan sebagai tindakan suap menyuap. Antara pemberi dan penerima suap sama-sama mendapat ancaman hukuman 3 hingga 5 tahun penjara serta denda hingga 15 juta rupiah [3 tahun untuk penerima suap, dan 5 tahun untuk pemberi suap]. Hal ini tertuang dalam UU. No. 11 Tahun 1980 tentang tindak pidana suap.
Quote:Pasal 2
Barangsiapa memberi atau menjanjikan sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk membujuk supaya orang itu berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dalam tugasnya, yang berlawanan dengan kewenangan atau kewajibannya yang menyangkut kepentingan umum, dipidana karena memberi suap dengan pidana penjara selama-lamanya 5 (lima) tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp.15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Pasal 3
Barangsiapa menerima sesuatu atau janji, sedangkan ia mengetahui atau patut dapat menduga bahwa pemberian sesuatu atau janji itu dimaksudkan supaya ia berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dalam tugasnya, yang berlawanan dengan kewenangan atau kewajibannya yang menyangkut kepentingan umum, dipidana karena menerima suap dengan pidana penjara selama-lamanya 3 (tiga) tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp.15.000.000.- (lima belas juta rupiah).

Sepanjang pengamatan ane, hukuman di atas masih belum dijalankan secara maksimal. Sehingga tidak mengherankan aksi pungli yang dilakukan oknum polisi masih banyak terjadi. Sampai kapankah kejadian tersebut akan terus berlangsung? Apakah akan dibiarkan begitu saja? Ane menghimbau kepada jajaran institusi kepolisian agar benar-benar menegakkan UU tersebut. Setiap oknum anggota kepolisian yang terbukti melakukan pungli agar dijatuhi hukuman sesuai dengan UU. No. 11 tahun 1980 tadi.

Quote:
Sumber Gambar jateng.tribunnews.com

Quote:Kenapa sih, pungli yang dilakukan oknum polisi atau polantas masih kerap terjadi di negeri kita ini? Seperti yang telah ane singgung di atas, salah satu penyebabnya adalah ringannya hukuman yang dijatuhkan terhadap pelaku. Coba kalo hukumannya bisa lebih keras lagi, hukuman yang bisa menjadi efek jera terhadap pelaku. Menurut ane hukuman-hukuman berikut mungkin bisa menjadi efek jera terhadap para pelaku pungli
Quote:1. Hukuman Penjara yang Durasinya Sama Seperti Pembunuhan
Quote:Kalau hukuman untuk kejahatan pembunuhan diancam 15 tahun penjara. Coba deh kalau hukuman untuk kejahatan pungli juga sama durasinya. Ane yakin bisa jadi efek jera

Quote:2. Hukuman Diasingkan Ke Tempat Terpencil
Quote:Bisa diasingkan ke pulau terpencil yang tidak berpenghuni, di tengah-tengah hutan belantara atau mungkin di puncak gunung. Selama menjalani hukuman, tidak boleh ada alat komunikasi sama sekali. Dan pada saat akan menuju ke tempat pengasingan, kedua mata napi ditutup atau dibuat tak sadarkan diri dulu. Agar dia tidak mengetahui kemana lokasi pengasingannya.

Quote:3. Hukuman Dipajang Di Tempat Umum
Quote:Bisa dipajang di tepi jalan raya, stasiun kereta api, terminal bus atau mungkin di mall serta tempat-tempat umum lainnya. Jika si terhukum masih mempunyai rasa malu, tentu hukuman ini bisa menjadi efek jera. Tidak hanya memalukan dirinya sendiri tapi juga keluarganya.

Quote:4. Hukuman Membersihkan Toilet di Tempat-Tempat UmumQuote:Hukuman yang dijatuhkan tidak hanya satu hari dua hari saja, tapi bertahun-tahun. Selama menjalankan hukuman harus selalu diawasi anggota kepolisian lainnya
Quote:5. Hukuman Membersihkan Sampah Di Sungai-SungaiQuote:Sama seperti hukuman membersihkan toilet, pelaksanaannya selama bertahun-tahun serta diawasi. Lumayan kan, sungai-sungai bisa lebih bersih dari sampah.
Itulah tadi beberapa hukuman yang terlintas dipikiran ane agar dapat membuat jera para pelaku pungli. Masih ane pikirkan hukuman lainnya....mungkin gansis ada yg mau ikut nyumbang ide hukumannya? Sekali lagi ane menghimbau ke jajaran institusi kepolisian agar benar-benar memberi hukuman sesuai dengan apa yang tertuang dalam UU. No. 11 tahun 1980 tadi kepada semua oknum anggota kepolisian yang terbukti melakukan pungli. Dan buat pemerintah agar membuat aturan perundangan baru tentang hukuman tindak pidana suap yang lebih berat. Agar dapat memberi efek jera kepada setiap pelaku. Terimakasih

Quote:Update!!! Video Pungli yang Ada Di Daerah PrambananQuote:

Quote:Video kiriman Sriwidadi Nugroho itu diunggah oleh akun sosial Jogja Update, Sabtu (3/10), dan diberi judul Polisi Penindas Sopir. Video itu terjadi di perbatasan Jogja-Klaten atau daerah Prambanan Klaten Jawa Tengah. Polisi itu mengharuskan setiap sopir truk membayar pungutan liar alias pungli.

"Kalau terjang (alias tidak setor) kena Rp 100.000, tapi kalau berhenti (setor) Rp 20.000," kata salah seorang sopir dalam video berdurasi 1 menit 42 detik tersebut.

Netizen pun dibuat geram oleh aksi polisi dalam video itu. Dalam waktu satu hari saja, video tersebut telah dibagikan dan dikomentari ratusan orang.

"Polisi udah gak ada malunya. Udah sering video seperti ini di share di medsos tapi nggak ada perubahan sama sekali. Muka badak," kata @Awal Komaini mengomentari foto tersebut.

"Polisi memang begitu, perbatasan aceh/sumatera utara pun begitu," ujar Taufik menimpali.

"Mayan buat modal karaoke ntar malam," imbuh Dyah Setyaningtyas. Sumber

Quote:Mampir ke trit ane yg lain:
Spoiler for Trit ane yg lain:
[Mantabz Gan!] Beginilah Aksi Nekat KoPK, Demi Trotoar Tanpa Sepeda Motor
Beginilah Wujud Kanaba, Mesin Laundry dan Pengering Buatan Asli Orang Bantul
Inilah Dia, Tingkatan Barang-Barang KW yang Perlu Kita Ketahui
[Mantabz Dah] Beginilah Wujud Mobil Tenaga Surya Karya Mahasiswa ITS
[Perlu Diluruskan!!!] Revolusi Mental yang Telan 140 M, Bukan Hanya Buat Website Saja
Seniman ini Membuat Potret Wajah dari Lakban Packing
Inilah Seni Melukis yang Menjadikan Mata Sebagai Kanvasnya
Inilah Dia, Persahabatan Langka Antara Iguana dan Marmoset
Demi Sang Anak, Lelaki ini Menciptakan Jungkitan 'Terpanjang' di Dunia
Kisah Unik Dibalik Pembuatan Gembok Cinta Malioboro
Berbagai Permainan Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat dalam Bentuk Papan Permainan
[Mantabz Banget Dah] Inilah Dia, Penjahat Paling Bodoh dan Konyol
[Keren] Coffee Shop Bertemakan Laboratorium Kimia Ada di Turki
Jika Diperhatikan, Berbagai Hal Berikut Mirip Sekali dengan Donald Trump
Misteri Bagaimana Kunang-Kunang dapat Bercahaya Akhirnya Terungkap
[Social Experiment] Pemabuk Lebih Dihargai dari Tunawisma Anak Satu
Pasangan Online Berantem Gara-Gara Wajah di Foto Tak Sesuai dengan Aslinya
[Keren Gansis] Seni Memahat Di Ujung Pensil Karya Salavat Fidai
[Keren Plus Ngeri] Di Peru Ada Hotel Unik yang Menggantung Di Tebing
Desainer Grafis ini Mencocokkan Warna Pantone dengan Objek Kecil Di sekitarnya
[Inspirasi Bagi yang Mau Bikin Partai] Partai Politik Paling Aneh Di Dunia
Kontroversi Merek Pakaian GAP, Benarkah Singkatan dari Gay and Proud?
Berbagai Rilisan Musik Paling Unik yang Pernah Dilakukan oleh Musisi Indonesia
Mengenal BACA, Organisasi Moge Pelindung Anak Kecil Korban Penganiayaan
ECO WASH, Usaha Laundry Ramah Lingkungan ala Mahasiswa UMY
Seniman Graffiti Ini Senang Ngerjain yang Punya 'Kanvas'
Demam Terminator, Twitter Sarah Connor Kebanjiran Komen yang Salah Fokus

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

silahkan komengnya gansis plus ide hukumannya
Pengalaman Kaskuser

Quote:Original Posted By djamurmaugabung
Itulah polisi Indonesia...
Ane share aja nih masalah ane. Kebetulan ane suka kirim barang pakai mobil box. Memang kalau pake mobil angkutan seperti ini bisa jadi ladang polisi...

Contoh kasus ane:
1. Ditilang karena penumpang tidak pakai sabuk pengaman. OK. Ini salah ane. Tapi apa kesalahan aparat??
Yang ditilang adalah STNK dan kemudian kesalahan fatal adalah, berkas ane gak pernah masuk pengadilan. Ane selalu minta tilang, gak pernah mau sogok atau slip biru. Jadi langsung sidang pengadilan aja. Sampai 1 bulan berkas tidak pernah di pengadilan. Sampai akhirnya ane telepon polres, ternyata polisi sana bilang, berkas mobil angkutan tidak pernah masuk pengadilan dan ane di palak 150rb untuk titip sidang.
Di surat tilang, sampai berkas diambil ane gak pernah tau nama polisinya. Karena tulisannya urek-urek gak bener. Bukti tilang semua diminta sama polres. (Kejadian di: Gading Serpong Tangerang. Polres 3 raksa).

2. Ditilang lagi, karena memakai jalur kanan di BOR sentul. Kenapa ane pakai jalur kanan? Karena jalur kanan untuk mendahului. Di depan ane ada mobil mazda 2 dan truck yang kecepatannya dibawah 60 kmh. Padahal diaturan jalan tol, kecepanan minimal 60 kmh. Ane lihat spion kanan, ternyata sejauh pandangan mata tidak ada mobil sama sekali. Ane tekan switch sign kanan untuk menandakan pindah jalur. Setelah pindah jalur, mazda 2 itu pun ikut pindah jalur secara tiba-tiba, otomatis agak ngerem. Jadi untuk tarikan awal berat banget kalau pakai mobil box. Karena jalur kanan masih tidak ada mobil, ya ane terusin untuk nyusul truck tadi. Kecepatan saat nyusul kira kirat 70kmh.
Setelah berhasil nyusul, ane pindah jalur kiri lagi. Tiba2 di stop lagi sama PJR.
Lagi-lagi..... STNK yang ditahan. Ane minta slip merah. Kali ini ane minta nama, pangkat dan nomor anggota di tulis lengkap di surat tilang.
Dan ane tekan kan bahwa ane minta berkas masuk pengadilan apapun alasannya. Dan polisi tersebut menjamin akan masuk pengadilan.
2 minggu di tunggu pas tanggal sidang, berkas ane gak ada. SIALLLL..... Cari kemana?? Ane inget omongan polisi yang nilang ane: "Kalau mau cepat prosesnya datang ke pos aja pak". Ane bilang: "Pengadilan aja pak."
Lalu ane samperin lah ke pos polisi, ternyata.... ane ketemu komandannya dan dia yang kasih berkas ane dan minta 150rb lagi untuk titip sidang. Terpaksa ane bayar karena kalau mau sidang, surat tilang di ganti dan ane tunggu 4 minggu lagi... Kampret.
(Pos polisinya di BOR kearah sentul city setelah gerbang tol. Yang ada container).

3. Di stop DLLAJ saat ada pemeriksaan gabungan dengan polisi. Kejadian ini di Serpong.
Di stop dan petugas DLLAJ minta semua surat, kira2 percakapan seperti ini... (A= Ane ; D= Petugas DLLAJ)
D= Siang pak, bisa liat surat-surat nya?
A= Surat apa? Apa aja yang mau bapak lihat?
D= Semua nya...
** ane kasih buku KIR dan selagi mau mengeluarkan STNK
D= Bapak mau kemana? bisa minta surat bongkar muat?
A= Ke pasar lama... Surat bongkar muat ada pak... (Lalu ane kasih kartu kuning. SUrat bongkar muat sudah lama tidak ada diganti kartu SIPA)
D= Ini bukan bongkar muat
A= Di Bogor uda gak ada pak, gantinya ini..
D= Di Bogor masih ada, kalo di tangerang gak ada.
A= Hebat ya disini, peraturan gak sama semua. Harusnya lalulintas semua peraturan sama. Kalau bapak mau tanya sama yg di Bogor, saya telepon sekarang. (kebetulan ane ada sodara kerja di DLLAJ bogor).
D= Dengan enaknya tangan kanan masuk jendela ane sambil kembalikan buku KIR dan bilang: "Uang rokok aja"
A= Rokok apa? Rokok berapa harganya? Saya tidak merokok. (Emg ane gak merokok.. hehe)
D= Terserah pak, cepetan...
A= Saya gak tau rokok yang bapak maksud harganya berapa, bapak mau 1 bungkus atau 1 batang?
D= Berapa aja pak, yang penting uang rokok...
A= Ya sudah, ini. Saya mau jalan. (ane kasih 2ribu. Ane rasa cukup untuk 1 batang)
*** Pas mau jalan..
D= Nanti dilengkapi ya surat bongkar muatnya.
***ane rem lagi
A= Mending bapak main ke Bogor, nanti saya antar ke DLLAJ kota Bogor. Disana gak ada surat bongkar muat, semua diganti kartu SIPA. Kalau memang ada, pasti mereka sudah info ke saya. Di DLLAJ bogor ada saudara saya pak. Entah siapa yang mau nipu saya. Bapak atau DLLAJ Bogor...
D= ya sudah, jalan aja pak. Semoga selamat..


Maaf panjang Lebar. Dari pengalaman ane ini ane bisa simpulin kalau petugas dijalan memanfaatkan alasan apa aja untuk mendapat uang lebih. Ane sebagai pengendara mobil angkutan merasa agak khawatir kalau bertemu petugas.




disuruh jadi polisi tidur di jalan tol..
ga usah lama2 cukup 5 menit ajah
gablokin aja gan
di coli gan lalu pas mau muncrat di tahan... kita gretak dimuncratkan apa tobat pasti dia bilang muncratkan saja oh beybiiiiii
kagetin gan!!
buat balikin modal gan
ngomongin polishit ki cen ra ono entek e gan..
sempaaakkudaaah lah pokok e ono ne gur golek2 kesalahan
dikebiri gan.. hahah...
Quote:Original Posted By pintuz
disuruh jadi polisi tidur di jalan tol..
ga usah lama2 cukup 5 menit ajah

sadis amat ente gan....malah ane belum kepikiran tuh
Quote:Original Posted By ryuzaki2015
gablokin aja gan

wah ini dia mantabz juga nih
Quote:Original Posted By akunku.dibanned
di coli gan lalu pas mau muncrat di tahan... kita gretak dimuncratkan apa tobat pasti dia bilang muncratkan saja oh beybiiiiii

waduh...keenakan donk gan...kecuali kalo eksekutornya..mungkin baru bener
hahahaha....begitulah gan
Quote:Original Posted By fenny.aisyahh
kagetin gan!!

kagetin gimana maksudnya sis?
Quote:Original Posted By heru27mm
buat balikin modal gan
ngomongin polishit ki cen ra ono entek e gan..
sempaaakkudaaah lah pokok e ono ne gur golek2 kesalahan

kalo cara mendapatkannya ga bener seperti itu, ane yakin ga bakal terkumpul
Quote:Original Posted By rekberindo.com
dikebiri gan.. hahah...

sadis juga...ga kebayang jika polisi yg dikebiri jadinya
Di kasih RAT di perut tutupin sama ember besi, terus bakar embernya pake api.. Muncrat2 daah itu perut kakaq..
Digelitikin sampai lemes...
dimutasi ketempat yg gk semaju tempat tinggalnya biar ngerasain sakit dan belajar
Tabokin pantatnya sama orang 1 kota gan
Quote:Original Posted By cocacola
Digelitikin sampai lemes...


sampe kehabisan energi ya gan...hmm...boleh juga tuh
disuruh jadi maho gan

Horror kan pas nilang yg niup polkis banci kaleng
Di banned permanen aja gan
di kebiri gan
jngn diapa2in kasian gan
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar