Pages


Kamis, 21 Januari 2016

Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Quote:Gan, ada yang berkecimpung di dunia pendidikan, nggak? Kalau ada, apakah agan merasakan hal yang sama?

Jujur ane belum lama berkecimpung di dunia pendidikan. Tapi, ada hal yang membuat hati seperti tersayat. Sebegitu bejadkah perkembangan zaman?

Ane menggunakan kata bejad setelah melihat dan merasakan sendiri bagaimana drastisnya perubahan siswa siswi era kekinian. Dulu, zaman ane SD tahun 90an, murid-murid sangat khidmat terhadap guru. Tapi, siswa zaman sekarang malah menjadikan guru mereka sebagai bahan bullyan

Berikut beberapa hal yang ane alami dan rasakan selama menjadi seorang pengajar di sebuah sekolah dasar, gan:


Quote:Murid menertawai kekurangan guru



Agan masih ingat pepatah "guru kencing berdiri, murid kencing berlari"?

Pepatah di atas nampaknya menekankan bahwa guru harus sempurna karena ia digugu dan ditiru. Lantas ketika seorang guru sudah berusaha bersikap baik, tapi perilaku murid (maaf) berantakan, apakah guru masih harus dipersalahkan? Mungkin saja perilaku tidak baik itu diwariskan oleh guru informal macam orangtua di rumah.

Di tempat ane mengajar, ada seorang guru yang memiliki kekurangan fisik. Beliau bertutur bahwa dirinya sempat menjadi bahan tertawaan siswa saat sedang upacara. Hal itu berlangsung cukup lama. Sungguh miris keadaan siswa yang seperti itu. Mereka tidak bisa belajar berempati terhadap kekurangan orang yang ada di sekitarnya.


Quote:Menulis kalimat ejekan



Tidak hanya menertawai kekurangan fisik gurunya, siswa juga berani menuliskan kalimat ejekan secara terang-terangan di lembar jawaban ujian tengah semester.

Bisa agan bayangkan bagaimana hancurnya moral anak bangsa jika terhadap gurunya saja mereka nggak punya tata krama. Maka nggak aneh juga jika belakangan ini marak pemberitaan murid membunuh teman satu sekolahnya karena terhadap yang lebih tua saja mereka berani menunjukkan sikap seperti itu.


Quote:Mengejek guru secara lisan



Rupanya tulisan kurang cukup buat anak murid zaman sekarang dalam mengekspresikan rasa tidak suka mereka terhadap guru. Seringkali mereka mengejek guru di dalam kelas

Ejekan itu berupa panggilan tidak hormat seperti Mr Bean atau mengganti nama panggilan dengan kata tidak pantas.


Quote:Sekian dulu tret ane, gan. Semoga tret singkat ini bisa jadi gambaran singkat buat agan sekalian bahwa kondisi generasi penerus bangsa sangatlah memprihatinkan. Dan semua kejadian di atas (sekali lagi) dilakukan oleh siswa sekolah dasar, gan. Jadi bisa dibayangkan juga kemungkinan yang terjadi di level yang lebih tinggi.

Jangan cuma jadi pembaca sunyi, ya! Komen agan sangat berarti buat menciptakan sebuah diskusi
So, ditunggu komen dan share pengalamannya, gan!

Jangan lupa ritual Kaskuser untuk dan bagi serta HINDARI pelemparan
reserved!

Quote:Original Posted By kazehaya.waifu
Astagfirullah, kalian yang bilang klo guru itu dibully karena sifatnya yg nyebelin coba deh hatinya dipake. biar gmanapun guru itu orang tua kita disekolah, sejahat jahatnya guru gak ada yg pengen muridnya bodoh. skrg klo orang tua kalian salah lantas apa boleh kalian menghina mereka? yg namanya menghina itu salah apapun alasannya. jgn sibuk bikin pembenaran utk dosa.

kalian blm pernah ngerasain gmana jadi guru kan? jadi guru itu gak gampang, kuliahnya itu susah. tanggung jawabnya itu berat. gak smua orang bisa dan MAU jadi guru.

dan tolong bangett yg bilang guru gajinya enak, tunjangan dsb.. coba buka mata kalian.. brp gaji guru honorer? ada yg cuma 300rb itupun masih dipotong.. brp gaji guru di swasta perjam nya? ada yg cuma 15rb..
guru emg harus jadi contoh yang baik tp inget guru juga manusia, yg bisa salah dan marah. guru juga butuh makan dan punya keluarga.
emg ada guru yg salah, tp tolong ingatkan dgn cara yg baik, didoakan dsb. boro2kan? guru dateng aja gak diacuhkan, guru menerangkan gak didengarkan, guru marah dilawan. tolong lah kita sama2 saling membantu.. baik murid dan guru. saya pribadi guru yg sangat ingin murid2 saya jd sukses, menjadi kebanggaan bangsa.. begitupun dgn guru2 lain diskokah saya. bahkan ada guru yg rela gajinya buat bayaran skolah muridnya.. tp entah mengapa setelah dilakukan berbagai cara masih ada pula murid yg etika nya kurang.. kita hanya bisa berdoa.. sekian dr saya trims


Quote:Original Posted By adie9695
Kata siapa gaji guru gede gan, klo d sekolhan elit emang mungkin. Tpi agan coba cek gajih guru d daerah" brpa saya banyak punya teman yg propesinya jdi guru gaji x ad yg cuma 250/bln


Quote:Original Posted By Jonga23
Selama ane di Thailand, setiap mulai tahun ajaran baru, setiap siswa harus melakukan "wai", semacam sungkem. Gurunya duduk di kursi, siswanya berlutut, menyentuh ujung kaki guru- guru satu sekolah. Begitu juga pas perayaan hari Guru, mereka melakukan hal yang sama. Mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi. Dan itu membuat orang Thailand sangat respek ke gurunya.
Nah, bagaimana kalau hal baik seperti itu diterapkan di Indonesia ya?


Quote:Original Posted By wildgrass
Karena saya bukan lagi seorang murid/siswa, tapi seorang wali murid, maka saya akan mencoba melihat dari sisi lain.
Jujur, saya juga sering kesal ketika melihat anak sekolah jaman sekarang, banyak dari mereka yang kurang menghargai gurunya. Memang tidak semua, tapi lumayan ekstrim perbedaan cara pandang siswa sekarang ke guru dibandingkan siswa jaman dulu.
TETAPI...kenapa demikian?
Karena saya juga melihat (banyak) guru yang tidak seperti guru jaman dulu. Lihatlah, guru anak saya bermain gadget didalam kelas, tpai galaknya minta ampun sama siswanya. Lihat guru jaman sekarang, lebih memberati siswa dengan tugas, PR dan belajar supaya siswa bisa dan mampu. Kentara sekali bahwa siswa kurang mendapat pengajaran di kelas. Seingkali ketika anak saya kesulitan mengerjakan PR, saya tanya mana catatan tadi pagi? Jawabnya... sama bu guru suruh baca modul dan cari di internet. Jujur, anak saya adalah anak yang tekun dan rajin belajar. Anak saya tidak akan berbohong atas jawabannya....

Jadi, mari kita sama sama bercermin. Apa yang salah di jaman sekarang ini? Kalau menurut saya adalah SISTEM PENDIDIKANNYA yang salah. Pendidikan yang mengutamakan sains dan bukan lagi budi pekerti. Siswa ditekan untuk menjadi anak pintar dan bukan anak yang berbudi pekerti luhur.



Quote:Original Posted By coolish
ane guru gan, n kebetulan ane jga punya kekurangan gan, badan ane lumpuh separuh, jdi gerak ane kaya orang stroke

tapi alhamdulillah ane belum pernah dapet ejekan secara langsung gan, adanya ane dapet dari temennya yg ngejek itu

sejauh ini ane sih membiarkan saja, soalnya ane ga dengerin langsung, diterima sebagai guru mereka aja ane udah bersyukur gan, berkaca dari para calon mertua yg ga ada yg mau nerima ane (malah curcol)

tapi setelah ane kasi masukannya ga ada lagi tuh ane dengerin ejekan lagi, alhamdulillah

ohya, ane guru bahasa inggris gan, n jga pernah dipanggil Mr.bean karena ane minta dipanggil mister sma siswa/i


Quote:Original Posted By Dewainside
halo gan..sebelumnya salam kenal..
ane juga berkecimpung di dunia pendidikan lumayan baru,baru sekitar 10 tahunan..

nah ane pernah ikut seminar dan ada salah satu peserta bertanya mirip seperti yang agan keluhin skrng..
jawaban sang narasumbernya (mantan rektor UNJ) beliau menerangkan..
intinya kita wajib menjadi suri tauladan,,jd sebelum mengecap murid yg tidak tidak kita harus berkaca pada diri sendiri apakah kita sudah memberi yang terbaik untuk murid(disini saya tidak menjelekan anda atau guru guru yg ada disekolah anda)..yang kedua apabila kita sudah semaksimal mungkin memberikan yang terbaik tetapi hasilnya tidak atau diluar harapan kita..jalan keluarnya hanya satu..
SABAR dan TAWAKAL..

berarti kita orng yg terpilih dari sekian banyak guru yg terpilih..karena maju mundurnya murid itu kembali lagi ke diri kita apakah kita menyerah atau terus berusaha melakukan yg terbaik..

Terima kasih

Pejwan kalo berkanan buat pembelajaran yg lain juga


Quote:Original Posted By pckaleng
ngak heran gan kl liat generasi alay sekarang
didukung dengan tontonan televisi sekarang pada ancur semua
biasa gini dampak dari kebebasan mengeluarkan pendapat, berekspresi (red: liberalism)


mana ada lagi sekarang tontonan yang punya nilai moral, adat kesopanan timur (red: indonesia)
palingan TVRI, itu juga berapa KK sih yang masih nonton TVRI dirumahnya
palingan india, telenovela, film turki ama sinetron alay bin sesat dan menyesatkan
belum acara dangdut yang isinya juga caci maki, bullying dengan dalih becanda, teman dll


kl mau menghasilkan generasi seperti 90-an atau lebih baik lagi ya STOP nonton TELEVISI
mending maen kelereng, tangkap ikan laga/cupang, maen karet maen galasin, maen petak umpet, mandi di kali, tangkap ikan di got
maen bola di lapangan, main hujan, maen kertas gambar, maen monopoli, etc

ah sudahlah


Quote:Original Posted By camen_rider
ane jadi inget jaman ane dulu, walo murid gak suka sama guru, gak akan pernah diketawain di depan, palingan hanya ngomongin di belakang. terus begitu uda dewasa mereka2 ini malah bilang nyesel ngatain guru di belakang, karena sang guru bener2 pahlawan tanpa tanda jasa...
gaji gak seberapa, namun harus beban mental ngajarin beratus murid...belom lagi kalo rumah mereka jauh2...
ane sempat ngajar anak kuliahan tahun 2011, betapa ane kesal gan, melihat mahasiswa yang seharusnya sudah dewasa namun bersikap layaknya anak SD, merengek gak mau dikasih tugas bahkan ada yg ngedumel keras2 ngomong "EMANGNYA KITA GAK PUNYA KEHIDUPAN???"
ya Allah.......ini hanya tugas sketsa 1 lembar...SATU LEMBAR... untuk seminggu meeeen!!! masih ngomong kayak gitu!!! kaga tau apa para dosen ini pagi2 dari daerah uda jalan demi ngajar kalian!!! dan kalian masih protes!!!!!! ane dulu malah ditugasin 1 hari 10 sketsa!!!!!! SEPULUH SKETSA!!!!! total 70 sketsa gaaaan!!!!!!! ane akhirnya gak kuat mental ngajar, jadinya ane berhenti gan...

anak2 jaman sekarang ini udah harus dididik dari kecil utk menghargai orang, sebagaimanapun orang lain memiliki kekurangan...jangan cuma dijejelin pake gadget, baju2 overpriced dsb, harus diajari attitude tuh!!


Quote:Original Posted By xhylo
ini bener banget gan, ane ga tau agan berkecimpung di dunia pendidikan bagian mananya,
tapi kalo ane jadi guru les di suatu lembaga bimbel
karena ukuran badan ane yang (agak) besar (sedikit)
ane dikatain "GENDUT" pait banget rasanya
pertama masuk ane santai2 aja tapi ketika kita lagi pingin serius karena materinya ga masuk2 ke anak
otomatis kt harus "menjaga" wibawa kita (bukan jaim) tapi seharusnya emang ada "gap" antara kita dengan si anak untuk situasi-situasi penting dan serius. becanda boleh tapi jangan kelewatan
kalo dihukum fisik ntar katanya menyakiti anak, bawa2 orang tuanya, padahal anaknya kurang ajar
pepatah bilang kalau guru adalah pengganti orang tua di sekolah. ane yakin kalo di rumah si anak level kurang ajarnya sama dengan di sekolah juga dihajar sama orang tuanya.

belom lagi kalo anaknya yang ga bisa alias nilai jelek
kita yang disalahin, mereka mah woles2 aja.
kalau budaya ini diteruskan bisa berabe dunia pendidikan, makin takut calon2 tenaga pengajar yang mau jadi guru

penting diajarkan budaya untuk menghormati
bukan diajarkan main smartphone atau tablet!!


Quote:Original Posted By badb0i
mama dan bapak gw profesi nya guru, asli dah asal kaskuser tau hidup guru itu ngepas secara ekonomi. kalau ortu ga ngantisipasi dengan berdagang pas pulang ngajar sich dapur gak bakal ngebul, terlebih guru guru honorer, masih inget dulu guru SMA ane naik sepeda ontel karena masih honor, sementara murid murid naik motor. Pernah ketemu guru ketika SMA main gampar gamparin murid nya kalau gak ngerjain tugas atau di kasi tugas gak bisa, ada yang pake penggaris mukulin betis. Biasa nya kita kasi julukan tapi kalau sampe ada guru yang kelainan fisik gak pernah tu kita sampe membully, sekarang dikit dikit ortu bisa ngadu ke polisi,Padahal gak sedikit ada siswa yang berani mukul guru karena dendam di luar sekolah loh.kalau guru di kasi julukan di bully verbal, sebenarnya bisa guru laporin ke polisi tapi kenapa gak ada kasus guru laporin ke polisi ya? apakah karena sayang? padahal sebenarnya guru lah yang lebih banyak memperhatikan murid dari pada ortu memperhatikan anaknya. terlebih ortu yang bekerja, bisa liat anak nya cm dari jam 7 sampe jam 10 malam, mana pernah tau kalau anaknya itu di sekolah nakal. dulu cita cita anak TK Polisi, dokter, guru. tapi udah gede susah nyari orang yang mau jadi guru karena susah buat hidup nya.

sorry berantakan ngetik nya


Quote:Original Posted By suponk
Kalo ane rasa itu karena masyarakat kita sendiri gan.

Ane lihat terutama jaman sekarang memang pendidikan etika udah mulai hilang.

Menurut ane yang jadi biang keladi adalah kesibukan orang tua dan lingkungan pertumbuhan anak, yang notabene adalah dasar pendidikan karakter dan etika anak.

Sekarang ga usah guru gan. Kita bicara peraturan deh, yang jelas2 tertulis ada hukumannya. Lihat aja gimana sekarang orang kalau berlalu lintas udah seenak dirinya sendiri, trobos lampu, langgar rambu, lawan arah, ga punya SIM, dll. Apalagi yang aturannya ga tertulis seperti menghargai orang lain, menghormati orang lain, dlsb yang tidak tertulis gan.

Kalau mau masa lalu itu kembali, ane rasa generasi-generasi baru harus dilatih gan, untuk sadar kalau sikap kita ke sesama itu harus dijaga, APALAGI untuk orang-orang yang berjasa mendidik kita, seperti orang tua dan guru.

Saran ane sendiri ke agan, ingat gan, agan itu panutan. Murid2 agan masih bisa mencontoh dari agan. Jangan ikut menjadi contoh yang buruk bagi mereka, bimbing mereka agar menunjukkan sikap dengan budi pekerti baik dan taat peraturan gan.

gak bakalan berkah ilmu nya murid yang suka membully guru nya
yg tukang bully dosaa
alhamdulillah sampe sekarang ane ga pernah ngebully guru
poin satu & dua belum pernah saia temuin...
poin tiga sesekali pernah, biasanya karena kesal sama guru ybs
Yaa kalo menurut ane gan membully yg berhubungan dengan ras dan fisik menurut ane jelas keterlaluan lah gan. Gausah guru deh orang yg profesi nya selain guru juga gaberhak buat digituin. Yang menurut ane harus ditekanin utk jaman sekarang adalah saling respect aja gan, ane sekolah di skolah swasta dan menurut ane guru yg gila hormat itu udah bukan masanya gan. Karena ane sering nemuin kasus dimana guru gila hormat dan itu sebenarnya yg buat kita sebagai murid akhirnya membenci itu guru.
Sekarang sebagai murid "wajib" menghormati guru tetapi dengan batas kewajaran lah gan gabisa seenaknya mentang2 guru bisa berbuat sesuka mereka, karena kita sebagai siswa akan hormat apabila guru menghargai kita gan.
Pahwalan tanpa tanda jasa memang cocok dibenamkan untuk guru, tetapi apabila pahlawan terlalu gila akan kehormatan?
berat gan. ane ngajar SD ga kuat, udah pamit.
anak sekarang tata kramanya nol.

skrg ngajar di kampus, lebih enak, mereka udah bs diajak mikir
Guru sekarang tuh, ah sudahlah
kalo yang banyak ane liat di kota ane sih biasanya siswa ngomngin atw njelek-jelekin guru kalo perilaku tu guru emang jelek atw nyebelin di mata siswa" itu, kalo nggak wloupun dia ada cacat fisik jstru mlah simpati
ya kalo muridnya membully guru atau menyebut gurunya dengan sebutan aneh, itu dikarenakan sikap guru itu sendiri. di sekolah ane contohnya, ada guru mata pelajaran dia kalo ngajar pasti malas malasan, cuman ngasih tugas doang trus dia malah sibuk dengan gadgetnya bahkan dia pelit sama nilai. menurut ane ini yg memancing murid untuk menyindir guru tersebut.
Quote:Original Posted By zero.hunter123
Yaa kalo menurut ane gan membully yg berhubungan dengan ras dan fisik menurut ane jelas keterlaluan lah gan. Gausah guru deh orang yg profesi nya selain guru juga gaberhak buat digituin. Yang menurut ane harus ditekanin utk jaman sekarang adalah saling respect aja gan, ane sekolah di skolah swasta dan menurut ane guru yg gila hormat itu udah bukan masanya gan. Karena ane sering nemuin kasus dimana guru gila hormat dan itu sebenarnya yg buat kita sebagai murid akhirnya membenci itu guru.
Sekarang sebagai murid "wajib" menghormati guru tetapi dengan batas kewajaran lah gan gabisa seenaknya mentang2 guru bisa berbuat sesuka mereka, karena kita sebagai siswa akan hormat apabila guru menghargai kita gan.
Pahwalan tanpa tanda jasa memang cocok dibenamkan untuk guru, tetapi apabila pahlawan terlalu gila akan kehormatan?

Konsep gila hormat yang agan maksud itu kayak apa, ya? Kok ane gagal paham
Ane gapernah ngebully guru gan
Ane jg Di dunia pendidikan..sampai saat ini sih blm nemuin sampai separah itu..cm kalo anak yg ngomong nya ga sopan ada sih cm msh wajar lah.. Menghindari sampai seperti itu,kalo anak dah keliatan ga sopan,maka sikap tegas hrs Di berikan..
Ya gitu lah anak jaman sekaranggan, ane pas praktek mengajar

Ada anak yg ngacung2in sapu, ga mau kelasnya dimasukin sama ane & temen ane

Pas diteriakin aja baru mewek, lemah lembut mah kagak mempan

Padahal anak2 jaman dulu, liat guru aja takut gan. Dipelototin guru aja udh mau nangis

alhamdulillah ane pernah brantem sama guru sosiologi waktu sma .
maaf ya pak muridmu ini
guru kencing berdiri, murid kencing berlari = murid niru lebih yang dilakuin gurunya
atw karma krn kelakuannya masa lalu pada gurunya
Pahlawan tanpa tanda jasa itu jaman dulu gan, sekarang gaji guru gede, keseringan pada males lagi....
Pejwan closed
Sofar di kelas/sekolah ane blm ad yg ampe keterlaluan kek gt gan, kl pun ada, pasti ane tindak lebih tegas, (peringatkan)
Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar