Pages


Kamis, 05 Mei 2016

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Alhamdulillah #HT-1
Spoiler for Hot Thread 4-5-2016:
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!


Spoiler for No Repost diantara kita gan:
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!


SNORKELING menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati keindahan alam bawah laut dan keragaman biota yang hidup di dalamnya.

Berbeda dengan diving, agan nggak harus mengantungi sertifikat untuk snorkeling. Resikonya relatif lebih kecil karena snorkeling hanya di permukaan dan jika harus menyelam pun tak begitu dalam. Meski begitu, bukan berarti snorkeling benar-benar bebas resiko.

“Selain arus bawah (laut), ada hewan-hewan laut berbahaya yang harus kita waspadai saat snorkeling,” kata M Syaiful Anwar atau kerap disapa Ipung, pemandu wisata Pulau Pahawang, Lampung.

Doi nyebutin, beberapa hewan laut yang harus diwaspadai antara lain bulu babi, ikan batu, pari, ubur-ubur, bulu seribu dan ular laut. Berikut ulasannya gan!


Spoiler for 1. Bulu BABI:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Bulu babi, atau landak laut (Echinoidea) merupakan hewan laut berbentuk bulat, kecil dan dipenuhi duri yang dapat digerakkan. Mereka biasa tinggal di lautan dangkal hingga kedalaman 5.000 meter. Umumnya mereka berwarna kehitaman, hijau kusam, coklat, ungu biru, dan merah.

Bulu babi memiliki duri yang khas dengan panjang sekitar 1-3 centimeter (cm), tebal 1-2 mm, dan cukup tajam. Pada genus Diadema yang biasa hidup di perairan tropis, durinya amat tipis dan panjangnya dapat mencapai 10-30 cm.

Duri bulu babi akan menimbulkan luka menyakitkan ketika menembus kulit manusia, namun tidak terlalu berbahaya jika segera dikeluarkan.

Tetapi apabila dibiarkan tetap terbenam di kulit, bisa menimbulkan pembengkakan dan infeksi. Beberapa famili bulu babi di perairan tropis seperti Diadematidae dan Echinothuriidae dikenal memiliki duri beracun.




Spoiler for 2. Ikan batu:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Ikan batu (Synanceia verrucosa) merupakan spesies ikan karnivora dengan duri berbisa. Ikan ini biasanya hidup di karang dan berkamuflase sebagai batu. Biasanya ikan ini berwarna coklat atau kelabu dan mungkin memiliki beberapa semburat kuning, oranye, atau merah. Panjangnya sekitar 30 hingga 40 cm.

Ikan batu merupakan salah satu jenis ikan paling beracun di dunia. Pada bagian punggungnya terdapat 13 duri yang masing-masing memiliki dua kantong racun.

Tertusuk duri beracun ikan batu dapat menyebabkan shock, kelumpuhan, bahkan menyebabkan kematian jaringan. Keracunan dalam dosis besar dapat berakibat fatal bagi manusia, terutama anak-anak, lansia dan orang-orang dengan sistem imun yang lemah.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika tertusuk duri ikan batu yaitu dengan merendam anggota tubuh yang tertusuk di dalam air hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu denaturasi protein dalam racun.



Spoiler for Pari:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Kebanyakan pari memiliki satu atau lebih stinger (alat penyengat pada pari) berduri sebagai alat pertahanan diri. Panjangnya dapat mencapai 35 cm dengan dua kelenjar racun di bagian bawahnya.

Meskipun pari tidak agresif menyerang manusia, namun jika mereka tak sengaja terinjak, mereka bisa menyengat. Kontak dengan stinger menyebabkan trauma lokal, nyeri, bengkak, kram otot karena racun, dan kemudian dapat mengakibatkan infeksi bakteri atau jamur.

Cedera ini sangat menyakitkan, meski jarang mengancam jiwa, tetapi stinger yang menembus area vital dapat berakibat fatal.




Spoiler for 4. Ubur-ubur:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Ubur-ubur sudah lama dikenal sebagai hewan laut yang berbahaya. Hewan yang termasuk dalam kelas Scyphozoa ini memiliki tubuh berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh.

Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian.




Spoiler for 5. Bulu seribu:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Bulu seribu (Acanthaster planci) atau juga dikenal sebagai crown of thorns seastar merupakan salah satu bintang laut terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya, bintang laut ini memiliki banyak duri beracun di sekujur permukaan tubuhnya.

Bentuk tubuh bulu seribu pada dasarnya sama dengan bintang laut lain, dengan piringan pusat dan lengan-lengan yang menyebar. Mereka biasanya berwarna kalem seperti coklat muda, abu-abu atau hijau. Namun ada pula yang berwarna mencolok sebagai peringatan di beberapa bagian tubuh mereka.

Bulu seribu memang tidak memiliki mekanisme untuk menyuntikkan racun, namun duri-durinya yang mengandung saponin, jenis glikosida yang dapat menyebabkan iritasi pada kelenjar lendir dan menghancurkan butir darah.

Jika tertusuk, dapat menyebabkan rasa nyeri yang menyengat dan dapat bertahan selama beberapa jam, perdarahan terus-menerus karena efek hemolitik saponin, mual, dan pembengkakan jaringan yang dapat bertahan selama seminggu atau lebih.

Jika ada fragmen duri yang tertinggal di dalam jaringan kulit kita, harus dilakukan pembedahan untuk mengangkatnya demi menghindari kondisi fatal.




Spoiler for 6. Ular laut:

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

Ular laut (Hydrophidae) merupakan anak suku dari suku ular berbisa Elapidae yang semuanya hidup di dalam laut. Bisa ular laut memiliki kekuatan 60 kali bisa ular kobra dan mengandung enzim perusak layaknya jenis ular Elapidae.

Ular ini memiliki mulut yang sangat kecil dibandingkan ular jenis lainnya, sehingga biasanya manusia tergigit di daerah ujung jari. Ular laut menjadi ancaman bagi para penyelam karena racunnya sangat kuat.

Pada beberapa kasus, penyelam yang tergigit ular laut mengalami kegagalan fungsi jantung dan meninggal sebelum sempat mencapai permukaan air.


Spoiler for tambahan:

Quote:Original Posted By naufan11001
Wah izin nambahin gan..
Ada satu lagi hewan laut yg musti diwaspadai gan, namanya karang api...
Karang api terkenal sengatannya gan klo kesentuh biasanya tapaknya itu kaya luka bakar.
Kakak kelas ane pernah tuh kegores ni karang pas diving...
Makanya ketika snorkeling alangkah baiknya jangan suka nyentuh atau pegang hewan laut terutama jenis karang gan...
Ya liat aja soalnya niat kita snorkeling kan nikmati alam bawah laut..
Bisa aja karang yg d sentuh itu jenis karang api soalnya warnanya itu kan mencolok jadi bagi yg gk tau main sentuh aja..
Tips sedikit aja klo kena karang api itu sama kaya sengat ubur" jadi luka yg kesengat dilumurin pake cuka gan..
Oh ia klo agan maen k pantai n gk sengaja nginjek bulu babi cara obatinnya duri yg nancap di bawah kulit musti diancurin dulu gan dengan cara dipukul" terakhir klo udah ancur bancur pake air amoniak yg ada alias air kencing gan...
Ya lebih bagus sih katanya pake air kencing orang lain...
Hahahah

ini penampakannya
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!
Quote:Original Posted By stanXX
Ane pernah kena bulu babi jg tuh pas lg snorkeling di Pulau Sepa, Pulau Seribu dulu. Lgsg dikencingin, syukurnya ga knp2 ga demam2 jg, lgsg lanjut maen snorkeling lg

Cakep2 gan biota lautnya dan masih bersih banget sampe ane nemu kuda laut jg!

Oh ya ane inget jg 1 hewan yg berbahaya yg sering jg nongol di sktr pantai yg bersih dan eksotis, mgkn bisa ditambahkan gan krn ga ada di list ente

Ane pernah ngeliat lgsg jg lg berenang2. Cakep bener nih ikan ane jaring tp lolos
Untunglah ga berhasil ane tangkep, klo ga ane pegang tuh dl

Spoiler for Lion Fish aka Ikan Singa:
Ikan berduri bernama lionfish alias ikan singa ini kerap menyengat para penyelam.
Keberadaan lionfish ini cukup mengkawatirkan para pakar ekologi laut, sebab mereka lumayan memusnahkan spesies asli lainnya. Seekor lionsfh bisa menghasbiskan 20 ekor ikan kecil dalam tempo 30 menit.
Selain beracun, ikan ini juga membunuh mangsa atau musuhnya dengan duri panjang di sekitar tubuhnya. Kasus serupa juga terjadi di Afrika, ikan Nile Perch sudah memusnahkan lebih dari 200 spesies ikan langka. Menurut World Conservation Union, kasus itu masuk dalam 100 daftar invasi spesies terburuk di dunia. Ikan singa beracun selama ini terkonsentradi di Bahama, dimana mereka juga memangsa semua anak-anak ikan. Ilmuwan yakin bahwa ikan ganas ini pertamakali terbawa ke Atlantika pada tahun 1992 saat terjadi topan Andrew. Spesies ini tidak secara agresif menyerang manusia, namun sekali menggigit maka racunnya sangat fatal. Ikan sepanjang 18 inci ini bergerak secara perlahan dan suka di kedalaman laut. Maka yang paling berpotensi terkena racunnya adalah para penyelam.

Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini![/url]





testimoni dan tips dari agan-agan kaskuser :

Quote:Original Posted By christ_freeze
paling aman, jangan pegang apa2 kalo snorkeling.. ngerusak habitat mereka juga.. pegangan tangan pasangan aja..


Quote:Original Posted By invi0
Wah ane sering banget nih nemuin binatang2 itu pas main di laut, apalagi pas air surut.
Kalo ular laut itu demennya di rerumputan, jadi hati2 aja, kalo bulu babi itu biasa suka diem di dekat karang, nah ubur2 yang parah, kalo kena itu bakalan gatel2 (nih ane aja ngetik ini sampe merinding, bayangin gatal2 nya)

Nah kalo ikan batu itu emang bahaya gan, bokap ane pernah kena, dan alhasil tangannya bengkak sampe bbrp hari. Pokoknya semua bahaya gan, kebetulan ane anak pantai hahaha jadi taulah sikit2 masalah binatang2 kawai itu hahahaha


Quote:Original Posted By drew_beh
Tambahin dong TS, Anemon Itu loh tempat ikan badut sembunyi. Kalo kesengat tuh Anemon rasanya sakit + panas selama 2 hari di bagian yg kesengat.



Trust me gw dah 4x kesengat gegara nangkep ikan badut pake tangan kosong



Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
klo itu sih, binatangnya masih bisa di antisipasi bray.. Sebenernya ada yg lebih ngeri bray, ane pernah kelilipan jembut bray..



Quote:Original Posted By kojekbr
Ikan batu itu yg susah dihindarin gan bener-bener ga keliatan sama sekali. FYI nih kalo kata orang pulau ikan lepuh (re:ikan batu) biasanya kalo abis nyengat dia langsung ngambang alias mati dan jantungnya bisa buat penawar bagian tubuh yg kena sengat.


Quote:Original Posted By aiiiss8
Ane pernah ngeliat langsung orang kena bulu babi gan. Ngeri coy. Nempel semua di telapak kaki. Susah lagi kalo udah nancep buat di ambil


Quote:Original Posted By dhimashary
Sebenernya kalo kayak sejenis ular laut kalo kita gak ganggu dia juga ngumpet kan ya?
Soalnya ane sering snorkeling di pantai krakal jogja, (masih di pinggiran pantainya gak ketengah) nah pas snorkel ga liat ular, tapi pas air surut di lobang2nya liat ada ular
Dan enaknya lagi di krakal ga ada bulu babi ayo gan mampir ke krakal jogja! wkwk promo


Quote:Original Posted By orochimori
Jangan lupa stingernya Manta Ray (Pari Manta) yang ngebunuh Steve Irwin gan, Pari itu bisa mematikan juga, tapi yang paling repot emang lepu baru sih, krn selain tersamar juga, dia biasa nongkrong juga di padang lamun dangkal.. Dimana orang biasanya jalan di perairan dangkal kaya gitu


Quote:Original Posted By sapipenghancur
Intinya sih gan, kalo kena racun di laut langsung rendem pake air panas, jgn lupa siap sedia cuka juga.

Pengalaman ane waktu diving di bali. Waktu itu ane sama temen2 mau naik ke permukaan dengan cara megang tali yg emg udah ada disana dari dulu. Begitu ane pegang, gatau ada apaan, tiba2 tangen ane kesengat perih banget. Jadi kayanya di tali itu ada semacem tumbuhan/hewan kecil yg nempel disana. Pas nyampe darat, tangan ane nyut2an parah dan melepuh. Langsung aja dikasih cuka dan dipipisin, sakitnya ilang timbul gitu selama 2-3 harian

Jd kalo lg diving atau snorkeling jangan suka pegang2 sembarangan ya gan~ takutnya apa yg agan pegang beracun. Mending pake sarung tangan kalo diving~


Quote:Original Posted By j0k3r_ci
ular laut memang bahaya gan, ngeri tuh
tapi ada yang lebih bahaya lagi gan, 'ular'nya TS lebih ganas kekna hehehe



Quote:Original Posted By ceuhay008
untung mantan ngga hidup di laut gan, kalau hidup di laut bahaya tuh racunnya bisa membawa ke kenangan masa lalu


Quote:Original Posted By batiskursi88
pengalaman teman ane di pantai pandawa bali gan.. disana banyak bulu babinya gan jadi hati -hati disana kalau bisa dipinggir pinggir aja.. kalau keinjek bulu babi, kaki jadi kayak polkadot hitam terus sakit gan..


Quote:Original Posted By poca.poci
yg enak tuh snorkling deket cewe duh2 nempel2 kek prangko


Quote:Original Posted By KACANG.ITEM
di bali waktu snorkeling byk ceweknya gan... segerr mata


Quote:Original Posted By arch.brother
Ular kasur juga bahaya tuh gan



Sekian trit singkat dari ane, semoga menambah pengetahuan kita gan


SUMBER
SUMBER GAMBAR
ular laut paling harus di waspadain gan Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini! Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!
Ga ada contoh gambarnya yaa bray..?
TS pelit ngasih gambar nih, kan gak semua Kaskuser tau hewan2 tsb.

Nih contoh Bulu Babi, tp bukan Bulunya Babi!
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

ane sukanya apaan yak?
Bulu babi paling sering ditemuin gan
ane pernah lagi belajar snorkeling pas sadar dibawah ada bulku babi langsung panik ane gan
Ane ga pernah snorkling gan tapi ane tau itu hewan laut yg bahaya semua. Btw nice inpoh
Bulu babi sama ular laut tuh bahaya banget, tapi ane belum pernah snorkeling
orang lain yang kencing pas snorkling jg bahaya bray
reserved
ular laut yg bisa gerak-gerak n keras itu gan mksdnyaa?
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Ga ada contoh gambarnya yaa bray..?


baru ane rapiin gan sorry masih berantakan tadi hehe
Quote:Original Posted By benci.kaskus
TS pelit ngasih gambar nih, kan gak semua Kaskuser tau hewan2 tsb.

Nih contoh Bulu Babi, tp bukan Bulunya Babi!
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!


thx gan udah bantu nambahin gambar
serah gan, enak juga foto yg bareng ikan pari ntu ahaha
Trio ubur-ubur juga patut diwaspadai ya
Quote:Original Posted By ularpiton
Bulu babi paling sering ditemuin gan
ane pernah lagi belajar snorkeling pas sadar dibawah ada bulku babi langsung panik ane gan


trus ente tangkep ga tuh bulu babi? katanya sih enak gan... 11-12 sama dagingnya laah
juga gan
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Gemar Snorkeling? Waspadai 6 Hewan Laut Ini!

ane sukanya apaan yak?

sabeb gan asal jgn ular yg bergerak dalam celana aja

Quote:Original Posted By chococrazy
Ane ga pernah snorkling gan tapi ane tau itu hewan laut yg bahaya semua. Btw nice inpoh

jangan coba-coba ditangkep gan apalagi dimakan



Quote:Original Posted By ki.co
Bulu babi sama ular laut tuh bahaya banget, tapi ane belum pernah snorkeling

kalo ular kadut bahaya juga ngga gan?

Quote:Original Posted By mbewehkill666
orang lain yang kencing pas snorkling jg bahaya bray

anjay itu ngeselin, pengen ane isep aja rasanya eh mksdnya ane usir


itulah kenapa ane ga suka sama laut
klo itu sih, binatangnya masih bisa di antisipasi bray.. Sebenernya ada yg lebih ngeri bray, ane pernah kelilipan jembut bray..

Via: Kaskus.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar